Menko Darmin Minta Dubes Turut Perkuat Hubungan Dagang

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pemerintah sedang menyiapkan beberapa kebijakan baru. Kebijakan ini bertujuan untuk menghadapi gejolak perekonomian global dan untuk mempermudah iklim investasi.

“Masih ada lagi yang baru dilakukan dan akan dilakukan dalam minggu-minggu mendatang,” kata dia, di Acara ‘Penandatanganan Kerjasama Investasi dan Pembiayaan,’ di Hotel Inaya, Bali 11 Oktober 2018.

Meskipun demikian, Mantan Gubernur Bank Indonesia ini masih enggan membeberkan secara rinci terkait kebijakan-kebijakan tersebut.

“Macam-macam. Saya selalu nggak nyaman menjelaskan yang belum selesai. Dalam waktu dekat mungkin beberapa minggu kita sudah akan selesai dengan sejumlah kebijakan. Ada tiga (kebijakan) barangkali,” kata dia.

Dia menegaskan, pemerintah terus berupaya melindungi perekonomian domestik sekaligus mendorong naiknya investasi. Beberapa kebijakan di antaranya adalah penerapan Online Single Submission (OSS) dan kebijakan B20.

Hal ini, kata Darmin, perlu dilakukan untuk menjaga agar perekonomian Indonesia tetap dapat berkinerja baik di tengah ketidakpastian ekonomi global.

“Sudah mulai dengan membangun OSS, untuk memudahkan perizinan, kita memberikan insentif perpajakan. Kita sudah umumkan pelaksanaan B20 secara menyeluruh, dan masih ada lagi,” ujar dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Memerlukan entrepreneur yang makin banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *