Menjajal MRT Jakarta, Moda Transportasi Baru di Ibukota

Pemandangan berbeda ketika perjalanan dari Stasiun Senayan menuju Stasiun Sisingamangaraja. Sebab ini perpindahan dari stasiun bawah tanah ke stasiun layang.

Dari pemandangan yang gelap karena terowongan, mulai dari Stasiun Sisingamangaraja sampai Stasiun Lebak Bulus tampak jajaran gedung dan rumah-rumah di Ibukota.

Penumpang yang ikut ujicoba juga tak segan mengabadikan momen di dalam kereta ataupun di kawasaan stasiun. Mulai dari kereta datang, suasana di dalam kereta, pemandangan di luar kereta hingga saat pemberhentian setiap stasiun.

“Aduh merasa norak kaya baru pertama naik MRT. Tapi ini kebanggaan, akhirnya di Jakarta punya MRT seperti di negara maju,” kata seorang warga bernama Yogi.

Kedatangan kereta dan keberangkatan susuai dengan jadwal yang telah tertuliskan di penampang informasi setiap stasiun. Sehingga penumpang tak perlu risau ketika tertinggal rangkaian kereta.

Direktur Utama (Dirut) PT MRT Jakarta, William Sabandar mengatakan waktu antar atau headway MRT Jakarta hanya setiap 10 menit sekali selama pengoperasian. Sementara itu untuk tarif MRT, dia belum mengetahui secara pastinya.

“Masih pembahasan pemerintah sama DPRD, usulan itu Rp 8.500 sampai Rp 10 ribu per 10 kilometer,” kata William di Gedung Wisma Nusantara, Jakarta Pusat.

Sementara itu, sejumlah penumpang uji coba publik kereta MRT mengaku tidak terlalu mempersoalkan usulan tarif saat pengoperasian. Irfan salah satu warga Jakarta Timur mengaku tak mempersoalkan bila tarif di ketok palu Rp 8.500 ataupun Rp 10 ribu.

Menurut dia, tarif tersebut masih terbilang murah bila dibandingkan di Singapura. Sebab di sana, sekali perjalanan untuk empat atau lima stasiun dapat dikenakan biaya 2 dollar Singapura atau setara Rp 20 ribu.

“Asal fasilitas masih seperti ini, murah banget. Apalagi ada wacana Jaklingko, itu bagus banget, Rp 10 ribu udah cukup,” ucapnya.

Hesty warga Kebon Nanas, Jakarta Timur juga menilai tarif Rp 8.500 sangatlah murah dengan berbagai fasilitas yang ada. 

“Cukup, terlalu murah kasihan perawatannya dengan baik. Rp 8.500 wajar banget, maeih terjangkau, siapa takut,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *