Menjaga Kelestarian GT-R seri R33 dan R34, Ini yang Dilakukan Nissan

Liputan6.com, Jakarta – Nissan memiliki cara untuk melestarikan mobil sport legendarisnya, yakni GT-R seri R33 dan R34. Cara yang dilakukan pabrikan asal Jepang itu adalah dengan menjamin ketersediaan spare part tetap terjaga.

Melalui NISMO Heritage Parts Program, sekitar 160 komponen tersedia mencakup bagian mekanikal, elektrikal sampai panel bodi. Sebenarnya, program semacam ini pernah berjalan tahun lalu. Saat itu dikhususkan bagi GT-R R32 dengan membuat lagi 80 komponen anyar.

Agar terealisasi, Nissan memanfaatkan betul anak perusahaannya: Nissan Motorsports International Co. dan Autech Japan, Inc. Tujuan utamanya, mendukung kepemilikan mobil performa tinggi dari Nissan yang produksinya sudah lama berhenti. Program R32 mendapat sambutan sangat positif. Dan banyak permintaan untuk tambahan onderdil serta model lain.

Maka berlanjutlah membuatkan parts model Skyline GT-R yang lebih muda, R33 dan R34. Peluncuran program ini bakal dilaksanakan di NISMO Festival. Contoh onderdil yang dibuat, dipajang beserta daftar lengkap komponen tersedia.

Total 160 unit onderdil dibuat tergolong lengkap untuk mobil yang sudah pensiun 20 tahun lalu. Tidak hanya komponen besar, misal panel bodi dan interior, detil kecil untuk mesin, transmisi dan kelistrikan juga disediakan. Untuk R32 juga mendapat tambahan jenis onderdil. Selain bagian-bagian terpenting, komponen yang sulit dicari seperti tombol power window sampai regulatornya juga ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *