Hari Kebahagiaan Sedunia, Ini 5 Cara Menjadi Lebih Bahagia

Washington – Hari ini adalah Hari Kebahagiaan Sedunia (20 Maret). Tapi jika Anda tidak merasa bahagia, jangan khawatir, karena Anda sebenarnya bisa belajar untuk menjadi pribadi yang lebih bahagia.

Seperti halnya para musisi dan atlet terus berlatih untuk belajar, berkembang, dan berhasil, begitu pula yang mesti Anda lakukan jika ingin bahagia.

“Berbahagia bukanlah sesuatu yang terjadi begitu saja, Anda perlu latihan supaya lebih mahir melakukannya,” kata Laurie Santos, profesor psikologi dan sains kognitif di Universitas Yale, Amerika Serikat.

Santos adalah sosok yang pantas untuk menunjukkan kita cara lepas dari kemurungan: kelasnya “Psikologi dan Hidup yang Baik” adalah mata kuliah paling populer dalam 317 tahun sejarah Yale, dan memecahkan rekor pendaftaran di universitas tersebut ketika lebih dari 1.200 mahasiswa mendaftar.

“Sains telah membuktikan bahwa bahagia membutuhkan upaya sadar. Tidak mudah memang, butuh waktu,” kata Santos, tapi itu bisa dilakukan.

Dan inilah caranya lima latihan dari Profesor Santos untuk menjadi lebih bahagia:

1. Buatlah daftar hal-hal yang Anda syukuri

laki-laki bahagiaBersyukurlah akan orang-orang dan hal-hal baik dalam hidup Anda. (Getty Images)

Santos meminta para mahasiswanya menulis hal-hal yang mereka syukuri setiap malam, selama sepekan penuh.

Ini menjadi “daftar syukur” mereka.

“Mungkin terdengar sederhana, tapi kami mendapati bahwa mahasiswa yang secara rutin melakukan latihan ini cenderung lebih bahagia,” kata Santos.

2. Tidur lebih lama, dan lebih berkualitas

TidurOrang yang cukup istirahat adalah orang yang lebih bahagia. Usahakan tidur delapan jam semalam. (Getty Images)

Tantangannya ialah tidur delapan jam setiap malam, selama seminggu.

Latihan sederhana ini ternyata yang paling sulit dilakukan, menurut Santos.

“Mungkin tampaknya konyol, tapi kami tahu bahwa tidur lebih lama dan lebih berkualitas mengurangi peluang Anda menderita karena depresi dan meningkatkan sifat positif Anda,” kata Santos.

3. Meditasi

meditasiMeditasi itu wajib tidak perlu pergi ke spa cukup 10 menit di tempat manapun yang cukup tenang. (Getty Images)

Bermeditasilah 10 menit dalam sehari, setiap hari.

Santos mengatakan bahwa saat ia masih mahasiswa, meditasi rutin membuatnya merasa lebih baik.

Setelah ia menjadi profesor, ia merujuk mahasiswanya pada berbagai studi yang menunjukkan bagaimana meditasi dan aktivitas lain yang melibatkan seluruh perhatian Anda bisa membantu Anda menjadi lebih bahagia.

4. Habiskan lebih banyak waktu bersama keluarga dan kawan-kawan

BerkemahHiduplah di saat ini dan habiskan waktu bersama orang-orang yang Anda sukai. (Getty Images)

Menurut Santos, ada semakin banyak penelitian baru yang menunjukkan bahwa menikmati waktu berkualitas bersama teman dan keluarga membuat Anda lebih bahagia.

Menghabiskan waktu dengan orang yang kita sukai atau yang dalam ilmu psikologi disebut “hubungan interpersonal dan koneksi sosial yang sehat” meningkatkan kesejahteraan Anda secara signifikan.

Tak perlu sering-sering, kata Santos, hanya pastikan bahwa kalian “hidup di saat ini, menyadari bahwa kalian sedang menghabiskan waktu bersama, perhatikan bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda”.

Konsep tentang waktu sangat penting bagi kebahagiaan Anda: “Kita sering mengaitkan kekayaan dengan berapa banyak uang yang kita miliki,” tambah Santos, “tetapi penelitian menunjukkan bahwa kekayaan lebih terkait erat dengan berapa banyak waktu yang kita miliki. “

5. Kurangi jejaring sosial, perbanyak kehidupan sosial

BerenangSingkirkan ponsel Anda dan berkegiatanlah secara aktif. (Getty Images)

Media sosial bisa memberi kita rasa kebahagiaan palsu, kata Santos, dan penting untuk tidak tersapu olehnya.

“Penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang yang paling banyak menggunakan jejaring sosial seperti Instagram, cenderung kurang bahagia daripada mereka yang tidak terlalu sering menggunakannya.”

Jadi kini Anda tahu caranya:

Jika Anda benar-benar ingin bahagia dalam hidup, mulailah dengan menjadi lebih bersyukur, tidur yang cukup di malam hari, benahi pikiran Anda, berkumpul dengan orang-orang yang Anda suka dan istirahat dari media sosial.

Profesor SantosProfesor Santos dan para mahasiswanya. (Yale University OPAC)

Jika cara ini ampuh bagi mahasiswa Yale, ia juga bisa ampuh bagi Anda.

(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cara Membuat Aquarium Unik, Agar Sudut Ruangan Menjadi Lebih Hidup

Cara membuat aquarium yang unik dan sederhana bisa kamu coba sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah kamu dapatkan. Membuat sendiri aquarium dapat menghasilkan aquarium yang sesuai dengan kreasi dan kreatifitasmu. Kamu bisa menambahkan sendiri hiasan, ukuran aquarium dan ikan yang akan kamu masukkan dalam aquarium buatanmu sendiri.

Dilansir Liputan6.com, Selasa (19/3/2019) ada cara membuat aquarium yang unik yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan sebelum membuat aquarium antara lain:

– Kaca

– Lem silikon sebagai lem perekat kaca

– Alat lem tembak

– Cutter

– Lakban penggaris

– Spidol

– Alat pemotong kaca

– Obeng

Demikian bahan-bahan yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Setelah kamu mengumpulkan semua bahannya, berikut cara membuat aquarium yang bisa kamu simak langkah-langkahnya:

1. Tentukan terlebih dahulu bentuk aquarium yang akan kamu buat. Untuk kamu yang masih pemula dalam membuat aquarium sendiri, sebaiknya membuat bentuk aquarium berbentuk kotak atau persegi.

2. Tentukan ukuran aquarium yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini penting dipertimbangkan sesuai dengan kaca yang kamu miliki dan ukuran sudut ruangan yang akan kamu letakkan aquariummu.

3. Cara membuat aquarium selanjutnya adalah memotong kaca untuk aquarium. Setelah memutuskan bantuk dan ukurannya, kini kamu bisa memotong kacanya. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan yakni:

– Potong kaca dengan alas yang datar.

– Kaca yang akan kamu potong telah kamu tandai dengan spidol dan penggaris agar ukuran kaca tidak salah.

– Berikan carian pemotong kaca pada alat yang kamu gunakan untuk memotong kaca.

– Kamu bisa memotong kaca dengan hanya mengikuti garis yang telah kamu buat. Cukup ikuti garis hingga meningkalkan guratan pada kaca lalu getok dengan palu sehingga kaca akan terbelah.

– Kempulkan potongan-potongan kaca ditempat yang aman di atas alas datar.

Menag Lukman: Menjadi Menteri Adalah Ujian

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan, jabatan menteri yang disandangnya adalah suatu ujian. Apakah kepercayaan dan amanah yang ada di pundaknya pada akhirnya khusnul khatimah atau tidak.

“Saya menjadi menteri hakikatnya adalah amanah. Sebenarnya saya sedang diuji,” kata Lukman di acara Darul Akhyar Open Registration Day 2019 and Inspiring Dialogue di Pondok Pesantren Pesantren Darul Akhyar di Parung Bingung Depok, Minggu (17/3/2019).

Dikutip dari kemenag.go.id, Lukman Hakim menyatakan, ketika diberi amanah sebagai Menteri Agama, itu berarti dirinya sedang dalam ujian.

“Sebenarnya, santri bisa menjadi apa saja. Jabatan bukan menjadi satu-satunya medan perjuangan. Santri bisa menjadi guru, ustaz, birokrat, itu semua sama mulianya, selama jabatan yang kita sandang mampu menebarkan kemaslahatan bagi sesama,” ujar dia.

Sebelumnya, Lukman menyampaikan rasa penyesalan mendalam dan permohonan maaf atas keterlibatan dua pejabat Kemenag dalam operasi tangkap tangan (OTT) KPK di Surabaya, Jumat 15 Maret 2019. 

“Kementerian Agama menyadari betul kekecewaan dan kemarahan masyarakat atas peristiwa OTT oleh KPK. Untuk itu, Kementerian Agama menyampaikan penyesalan dan permohonan maaf yang sebesar-besarnya,” ujar Lukman  di Kantor Kemenag, Jakarta, Sabtu 16 Maret 2019.

Dia mengaku prihatin, kecewa, sedih, dan marah dengan terjadinya peristiwa OTT KPK tersebut. Hal itu, kata dia, mengisyaratkan bahwa praktik korupsi masih terjadi.

“Upaya pemberantasan korupsi tidak boleh surut, bahkan harus terus diperkuat dan didukung oleh semua komponen bangsa,” lanjut Lukman.

Wajah Berubah Menjadi Dono, Aliando Syarief Cukur Alis dan Potong Bulu Mata

Tak cukup sampai di situ, Aliando Syarief juga harus mencukur alis tebalnya, serta memotong bulu matanya yang lentik.

Setelah selesai, ia masih harus memakai gigi palsu. Bagaimana reaksi Aliando saat pertama kali melihat perubahannya yang begitu drastis.

“Lucu, lucu deh melihat wajah sendiri, malah ketawa menghibur diri sendiri,” katanya, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/3/2019).

Akankah Atiqah Hasiholan Alih Profesi Menjadi Penyanyi Dangdut?

Liputan6.com, Jakarta Aktris cantik Atiqah Hasiholan tampil apik dalam sebuah pementasan drama musikal Puisi-Puisi Cinta bertajuk Cinta Tak Pernah Sederhana di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat, Jumat 15 Maret 2019. Dalam pagelaran itu dirinya pun pertama kali menyanyi dangdut.

Namun semua itu bisa dilakukan Atiqah Hasiholan dengan baik. Diakui meski bukan seorang penyanyi dirinya mengaku banyak melakukan latihan.

“Ya di sini memang latihan nyanyi, nyanyi sendiri memang belum pernah, dangdut juga belum pernah, banyak gerakan fisik juga. Jadi ya kita latihan aja sih, membiasakan diri,” ujar Atiqah Hasiholan.

Demi mendalami karakternya, istri dari Rio Dewanto ini pun banyak menonton aksi-aksi para penyanyi dangdut pantura di YouTube. Sementara untuk menjadi perempuan malam, Atiqah mengaku sudah terbiasa karena sudah berberapa kali memerankan karakter tersebut.

“Beberapa kali waktu itu di film sama teater bukan jadi pedangdut tapi perempuan di dunia malam, jadi aku mengambil referensi-referensi itu juga. Tapi kalau untuk dangdutnya itu sendiri memang khusus baru pertama kali ini, jadi ya nontonin dangdut-dangdut pantura lah segala macam,” jelas Atiqah Hasiholan.

Mendiang Stan Lee Kembali Menjadi Cameo di Avengers: Endgame

Avengers: Endgame disebut sebagai akhir dari seri Avengers. Feigi sebelumnya telah berbicara tentang pentingnya sekuel Avengers: Infinity War.

“Ini akan membawa Anda pada hal-hal yang belum pernah Anda lihat dalam film superhero. Ini adalah final,” jelas Feigi. (Antaranews.com)

Hati-Hati, Baret Kecil Menjadi Awal dari Timbulnya Karat

Liputan6.com, Jakarta – Baret pada bodi mobil sering dianggap sebagai hal yang sepele dan dibiarkan oleh pemiliknya. Namun, baret ternyata bisa menjadi penyebab timbulnya karat.

Menurut laman resmi Auto2000, ibarat luka terbuka di kulit manusia, ini merupakan pintu masuk terbentuknya karat.

Biasanya baret di bodi mobil tersebut membuat lapisan pelindung di bodi mobil jadi menghilang. Akibatnya, panel bodi tidak lagi terlindungi dari proses oksidasi lingkungan di sekitar mobil. Apalagi kalau garasi mobil lembab.

Selain baret bodi mobil, karat juga bisa disebabkan oleh air laut. Kandungan mineral berupa garam merupakan katalis yang sangat ampuh untuk mempercepat proses tumbuhnya karat di bodi mobil.

Begitu juga dengan air hujan. Meski kandungan garamnya tak setinggi air laut, tapi kandungan mineral lain dalam air hujan juga tinggi. Mineral punya sifat korosif dan perlahan mengikis lapisan cat.

Deretan Zodiak Ini Diklaim Akan Menjadi Ayah Terbaik, Kamu Termasuk?

Liputan6.com, Jakarta – Membina sebuah rumah tangga tentu tidak mudah dilakukan. Diawali dengan menyatukan dua manusia dengan sikap, sifat, dan pemikiran yang berbeda. Meskipun berbeda, mereka tetap dapat saling mendukung dalam setiap aspek kehidupan, termasuk dalam mengurus anak.

Sabar, dapat diandalkan, disayangi oleh anak-anaknya, dan membawa ketentraman dalam rumah menjadi kriteria yang wajib dimiliki para pria. Tak hanya sebagai sosok suami, seorang wanita juga mengidamkan pria yang bisa menjadi ayah yang baik bagi keluarga kecilnya kelak.

Ternyata ada sejumlah zodiak yang diklaim akan menjadi ayah terbaik. Penasaran zodiak apa saja? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Rabu (13/3/2019).

1. Taurus

Jika kamu membutuhkan sosok yang sabar, Taurus sangat cocok untuk menjadi pasanganmu. Pemilik zodiak ini dikenal sabar, tak heran jika dia nantinya bisa menjadi ayah terbaik bagi anak-anakmu. 

Membesarkan buah hati memang bukan perkara mudah. Tentu memerlukan kesabaran, karena kelincahan anak-anak akan menguras tenaga dan emosi. Nah, dengan kesabaran yang dimiliki Taurus, tentu bisa menghadapi berbagai kondisi dalam rumah tangga.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

Benarkah pernikahan yang di atas 7 tahun terancam membosankan dan mulai banyak kasus perselingkuhan?

5 Cara Menjadi Artis Buat Kamu yang Suka Dunia Entertainment

1. Audisi

Dunia hiburan tidak hanya sebatas hubungan artis dan penggemarnya. Di balik acara televisi yang beragam, ada banyak agensi manajemen artis sebagai naungan para artis Tanah Air.

Contoh agensi manajemen artis di Indonesia adalah 8 Management yang dipimpin oleh Jusuf Long. Selain itu, ada pula Zema Management, Twentyone Millimeters Management, Platinvm Indonesia dan banyak lainnya.

Biasanya agensi-agensi tersebut akan membuka audisi untuk merekrut artis-artis baru. Untuk itu, kamu harus selalu update jadwal audisi yang mungkin akan diadakan agensi favoritmu.

Pencarian bakat berupa audisi juga mungkin diadakan oleh stasiun televisi Tanah Air. Bahkan, majalah-majalah terkenal pun memiliki peluang besar untuk merekrut seseorang untuk menjadi artis.

Selain agensi, stasiun televisi, dan majalah terkenal, kamu juga bisa menilik jadwal ajang pencarian bakat lain seperti Indonesian Idol, X-Factor Indonesia, Indonesia Mencari Bakat, atau ajang lain yang sesuai dengan minat kamu.

2. Foto Model

Pada poin pertama cara menjadi artis, telah disebutkan bahwa majalah-majalah terkenal mungkin akan mengadakan audisi untuk merekrut model baru. Biasanya, syarat yang dibutuhkan adalah postur tubuh yang ideal serta ekspresi muka yang fleksibel sesuai arahan sutradara.

Dengan menjadi seorang foto model, pintu gerbang menjadi artis akan semakin terbuka lebar. Tidak harus secara instan menjadi artis, karena lewat foto model kamu bisa dilirik oleh produser terkenal berkat keahlianmu dalam bergaya.

3. Portofolio

Selain tiga cara menjadi artis di atas, kamu juga bisa melamar langsung ke sejumlah agensi dan manajemen artis yang sudah terkenal namanya. Lamaran dapat berupa portofolio yang berisi rekam jejakmu dalam dunia seni serta biodata dan profil diri secara lengkap.

Portofolio tidak hanya melulu coretan tinta yang ditulis di atas kertas. Kamu bisa melampirkan video dirimu saat berakting ataupun suara emasmu saat bernyanyi. Portofolio dapat dikirim langsung ke perusahaan melalui pos. Namun bisa juga melalui email karena teknologi kini sudah semakin maju.

4. Terima Peran Figuran

Tidak ada yang instan di dunia ini. Begitu juga dengan cara menjadi artis terkenal. Kamu boleh berharap namun harus tetap bisa dilogika. Misalnya adalah dengan menerima peran-peran figuran. Seperti peribahasa ‘berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian’, kamu harus sabar menunggu waktu bersinarmu.

5. Magang dengan Artis

Cara menjadi artis yang ke-lima ini mungkin terdengar asing di telinga kamu. Tapi kamu bisa mengajukan diri sebagai seorang asisten artis terkenal agar bisa tertular.

Kamu bisa mengajukan lamaran kepada artis pilihanmu. Dengan cara menjadi artis yang satu ini, kamu akan bertemu dengan banyak orang yang berkutat di dunia hiburan.

Ragam Inovasi Kecamatan Lengkong Bandung Menjadi yang Terbaik

Bandung – Kecamatan Lengkong memiliki sejumlah inovasi yang patut dibanggakan. Selain menjadi kecamatan terbaik pertama pada tahun 2018 kemarin, Lengkong berturut-turut masuk dalam peringkat 10 besar dari penilaian kinerja camat. Sistem kerja kolektivitas dari seluruh masyarakat dan aparatur menjadi upaya mereka untuk menjadi kecamatan terbaik.

Camat Lengkong, Tubagus Agus Mulyadi, mengatakan inovasi yang menjadi unggulan dari kecamatan ini dari pelaksanaan Program Inovasi Pemberdayaan Pembangunan Kewilayahan (PIPPK). Mereka meraih penghargaan inovasi dari PIPPK Award.

“Angka partisipatif kami dari tahun pertama sebanyak 18 Miliar, tahun kedua 9 miliar, tahun ketiga 9 miliar, dan tahun keempat 19 miliar,” katanya, dalam Bandung Menjawab, Selasa (5/3/2019).

Bentuk partisipasinya seperti penataan infrastruktur yakni pembuatan co working space di kecamatan, sistem pelayanan yang baik seperti ada loket pelayanan pelanggan, juga antrean khusus lansia dan difabel.

Prestasinya ini mengantar mereka untuk berkompetisi di tingkat provinsi yang akan diwakili oleh Kelurahan Cijagra atas nama Kota Bandung.

“Kelurahan Cijagra disulap menjadi bagus dan kami melakukan banyak inovasi. Keberadaan infrastruktur di kantor layak dilombakan,” jelasnya.

Dari segi pariwisata, Lengkong menjadi salah satu destinasi wisata baru di Kota Bandung. Potensinya yang cukup besar dalam menyokong pariwisata terlihat dari jumlah hotel yang mencapai 67 tempat dan 400 kuliner yang bermacam-macam.

Bahkan, Tubagus mencanangkan wisata kuliner dan wisata hijab sebagai destinasi anyar di Kecamatan Lengkong.

“Salah satunya pembuatan area revitalisasi Taman Pers menjadi wisata kuliner. Ada lokasi yang sudah dilakukan di Jalan Buah Batu, Toserba Griya sudah bersih dari PKL. Kami tata sehingga mereka berada di atas Griya. Di taman bobotoh ada 45 PKL yang puluhan tahun bersarang di sana, sekarang sudah jadi kosong sebagai ruang publik,” katanya.

Belum lagi beberapa kawasan wisata yang unik dan menarik. Seperti perajin knalpot yang berjejer di Jalan Sadakeling. Camat merencanakan supaya kawasan itu menjadi Kampung Knalpot.

Kecamatan akan membuat reklame sebagai informasi kepada masyarakat bahwa kawasan tersebut merupakan kampung knalpot. Kemudian kampung knalpot akan dibuatkan koperasi untuk pendanaan mereka dan keberlangsungan ekonomi.

“Karena mereka beberapa kesulitan modal,” ujarnya.

Untuk merealisasikan Bandung unggul dan agamis, Lengkong mempunyai Kampung wisata religi di kampung toleransi Jalan Lengkong Kecil, Kelurahan Paledang.

Di sana terdapat kehidupan beragama yang tinggi serta ditunjang infrastruktur yang memadai. Seperti tiga tempat ibadah yaitu gereja, masjid, dan vihara tua yang saling bersampingan

“Konon itu vihara pertama di Kota Bandung,” ucapnya.

Satu lagi, Kecamatan Lengkong mempunyai Kampung Wayang Urban di Jalan Pangarang, Cikawao. Tempat itu sudah banyak dikunjungi oleh turis Belanda untuk belajar dan melihat aktivitas belajar Wayang Golek. Ke depan, kawasan itu bakal ditata dan dipersiapkan supaya memiliki homestay bagi para pelancong untuk menikmati pengalaman dan aktivitas berbeda saat berlibur di sana.

Baca berita menarik ayobandung.com lain di sini