Liburan ke Rusia, Zaskia Sungkar dan Irwansyah Mengunjungi Red Square dan Masjid Katedral

Liputan6.com, Jakarta Zaskia Sungkar dan Irwansyah memilih berlibur ke Rusia, setelah baru-baru ini menghabiskan waktu di Belanda. Seakan tidak ingin melewatkan waktu luangnya pasangan ini mengisi kebahagiannya dengan jalan-jalan ke luar negeri.

Dalam unggahan foto di instagram ‘@zaskiasungkar15’, mereka berdua terlihat sangat menikmati liburannya dengan berkunjung ke tempat bersejarah di Rusia. Meski belum dikaruniai buah hati mereka terlihat bahagia menjalani kehidupan bersama.

Pasangan yang sudah delapan tahun menikah ini memilih Red Square, Moskow sebagai destinasi pertama. Zaskia dan Irwansyah terlihat berfoto bersama di sepanjang jalan Red  Square atau Lapangan Merah yang dipenuhi dengan salju.

Melansir dari laman resmi Mossow, Selasa (12/3/2019), Red Square memiliki cerita sejarah yang unik. Pada abad pertengahan, tempat tersebut adalah perkampungan kumuh yang menampung para pedagang di jalanan, pengemis, bahkan pemabuk dan penjahat. dengan nama Trinity Square

Pada abad ke-20 nama Red Square muncul dengan sendirinya. Tempat itu dikenal dan digunakan sebagai arena parade militer resmi yang menunjukkan kepada dunia kekuatan pasukan bersenjata Rusia yang waktu itu masih bernama Uni Soviet. Pada 2000, pernah digelar parade untuk menandai peringatan 55 tahun berakhirnya Perang Dunia Kedua.

Namun sejak Perestroika (reformasi politik dan ekonomi) dan Uni Soviet pecah menjadi beberapa negara, Red Square semakin banyak digunakan untuk konser musik rock, pertunjukan musik klasik besar dan acara hiburan lainnya yang berskala besar termasuk peragaan busana hingga festival seni sirkus.

Sekarang banyak orang berkunjung ke Red Square, Moskow termasuk Zaskia Sungkar dan Irwansyah. Tempat ini dikenal dengan keindahan arsitektur dengan variasi unik dengan berbagai cerita sejarah kelam.

Safari Nonstop di Jabar, Ma’ruf Amin Optimistis Raih Suara 60 Persen

Liputan6.com, Jakarta – Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin mengakhiri safari politik 5 hari nonstop, Jumat (1/3/2019). Safari sang kiai lebih banyak mendatangi kota dan kabupaten di Jawa Barat, diawali di Cirebon, menyusuri Kuningan, Banjar, Pangandaran, sampai Ciamis.

Dengan adanya safari politik ini, Ma’ruf optimistis target 60 persen yang telah ditetapkan tim kampanye Jawa Barat.

“Saya kok optimis ya melihat trennya itu terus naik. Tren di Jabar terus naik,” kata Ma’ruf di Majenang, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (1/3/2019).

Ma’ruf Amin menuturkan kekalahan petahana Joko Widodo (Jokowi) saat Pilpres 2014 lalu karena banyak masyarakat Jawa Barat termakan hoaks. Karenanya, Mustasyar PBNU itu menyampaikan klarifikasi dan bantahan atas fitnah dan kabar bohong kepada masyarakat. Adapun hoaks yang kerap menyerang Jokowi adalah isu-isu agama.

“Sebab bagaimanapun masyarakat itu kalau diberi pencerahan dia bisa dapat memahami gitu. Karena itu sangat optimis,” katanya.

2 dari 3 halaman

Rebut Swing Voters

Selain itu, safari politik ini untuk menjaga suara yang sudah dipegang. Ketum MUI itu menyebut menjaga masyarakat agar tidak terprovokasi.

Kedua, untuk merebut suara yang masih mengambang atau belum tentukan pilihan. Caranya dengan kampanye keberhasilan Jokowi dan kembali menepis isu-isu hoaks.

“Tentu saja kita tidak ingin apa yang sudah kita ada di tangan kemudian diambil orang apalagi caranya dengan cara hoaks, nah ini yang kita hilangkan,” imbuhnya.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Sering Pusing Mendadak? Ini 8 Kemungkinan Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin pernah merasa pusing secara tiba-tiba. Penyebabnya tidak hanya karena satu hal tapi mungkin ada beberapa hal lain.

Berikut beberapa pemicu pusing mendadak yang mungkin tidak diduga. Selengkapnya seperti dilansir Huffington Post (1/3/2019).

1. Berdiri terlalu cepat

Ketika Anda bangun terlalu cepat dari posisi duduk atau berbaring, peredaran darah Anda belum bergerak secara lancar di area kepala.

“Secara medis, ini dikenal sebagai ‘hipotensi ortostatik’, di mana ada penurunan tekanan darah secara drastis ketika Anda berdiri,” ungkap kata dokter kebidanan dan kandungan asal California, Amerika Serikat, Sherry Ross.

2. Permasalahan di telinga bagian dalam

Penyebab umum vertigo menurut ahli saraf dokter Ilan Danan karena Benign Paroxysmal Positional Vertigo atau yang disingkat BPPV. “BPPV disebabkan oleh tidak berfungsinya saluran telinga bagian dalam secara sementara, yang mengakibatkan pusing parah dan gerakan mata yang tidak terkendali secara cepat. Hal ini dikenal sebagai nystagmus,” imbuhnya.

Menurut dokter Katharine Miao, pasien vertigo merasakan pusing makin hebat bila saat dirinya bergerak. Dalam beberapa hari kondisi ini bisa sembuh tapi bisa juga diberikan pengobatan.

2 dari 3 halaman

Migrain

Constantine Palaskas, seorang otolaringologi (dokter khusus pengobatan penyakit telinga, tenggorokan, kepala, dan leher) di Swedish Neuroscience Institute, Seattle, Amerika mengatakan bahwa migrain yang tidak lazim mungkin penyebab pusing tiba-tiba.

“Migrain adalah gangguan yang sangat umum, dan walaupun biasanya ditandai dengan sakit kepala, sejumlah besar penderita migrain mungkin menemukan dirinya berjuang melawan vertigo karena migrain,” ucapnya.

4. Gula darah rendah

Gejala ini juga disebut sebagai hipoglikemia. Memiliki gula darah rendah juga dapat mengakibatkan Anda menjadi lebih sering marah, merasa kedinginan, berkeringat, dan detak jantung menjadi cepat. Untuk mengatasinya, disarankan untuk memakan makanan yang seimbang dengan protein dan karbohidrat.

5. Tekanan darah rendah

Richard Wright, seorang ahli jantung di Santa Monica, Amerika mengatakan bahwa tekanan darah diukur dengan ‘sistolik’ (tekanan darah berada di angka atas yaitu 120) dan ‘diastolik’ (tekanan darah berada di angka rendah yaitu 80).

Wright menambahkan bahwa alasan paling umum seseorang menjadi pusing atau pingsan adalah karena tekanan darah sistolik terlalu rendah untuk memungkinkan aliran darah yang cukup ke otak.

“Ini biasanya terjadi ketika tekanan sistolik kurang dari 80,” katanya.

3 dari 3 halaman

6. Umur

“Ketidakseimbangan benar-benar umum pada orang tua karena penurunan penglihatan, [serta] telinga dan otak,” kata dokter THT, Anil K. Lalwani di New York, Amerika.

7. Kurang minum

Harvard Health menyatakan bahwa ketika tubuh Anda tidak mendapatkan air yang cukup akan membuat volume darah akan turun dan dapat menurunkan tekanan darah serta menghalangi otak untuk mendapatkan darah yang cukup.

8. Kekurangan zat besi

Palaskas kembali mengungkapkan bahwa tingkat kekurangan zat besi sering dikaitkan dengan anemia. Jika hal ini terjadi, Anda dihimbau untuk mengunjungi dokter kepercayaan untuk melakukan tes darah guna mengukur tingkat zat besi dalam tubuh Anda.

Selain itu, dihimbau juga untuk mengonsumsi makanan seperti kacang merah, bayam, atau makanan yang mengandung zat besi.

Penulis: Dara Elisabeth

Sambangi Indonesia, Carles Puyol dan Alessandro Del Piero Semarakkan Tur Trofi Liga Champions

Jakarta – Carles Puyol dan Alessandro Del Piero memeriahkan tur Piala Liga Champions di Indonesia. Keduanya bakal hadir saat Si Telinga Besar dipamerkan di tiga kota.

Ketiga kota yang akan disambangi tersebut adalah Jakarta pada 11 sampai 12 Maret, Surabaya dari 13 sampai 14 Maret, dan Bali dari 16 sampai 17 Maret 2019.

Acara yang dipersembahkan oleh Heineken itu akan dilaksanakan di Lotte Shopping Avenue (Jakarta), Surabaya Town Square (Surabaya), dan Finns Recreation Club (Bali).

Dalam waktu dua hari di setiap kota, penggemar sepak bola dapat mengabadikan diri dengan trofi asli Liga Champions, serta bertemu dengan legenda Carles Puyol (di Jakarta dan Surabaya) atau Alessandro Del Piero (di Bali).

“Kami sangat senang bisa mengadakan tur trofi Liga Champions ke Indonesia tahun ini,” ujar Mariska Van Drooge, Marketing Director of PT Multi Bintang Indonesia Niaga, bagian dari HEINEKEN company.

“Acara ini menjanjikan pengalaman unik bagi para penggemar sepak bola di luar Eropa untuk bertatap muka dengan trofi Liga Champions yang asli dan bertemu Puyol dan Del Piero di kota asal mereka. Ini tentu akan menjadi ‘Unmissable Moment’ yang sayang untuk dilewatkan,” lanjutnya.

Tahun ini, tur trofi Liga Champions yang dipersembahkan Heineken akan mengunjungi tujuh negara, yaitu Afrika Selatan, Namibia, Indonesia, Mozambik, Tiongkok, Nigeria, dan Amerika Serikat.


Sumber: Bola.com

7 Tempat Wisata Palembang yang Kekinian

Jakarta – Kota Palembang di Sumatera Selatan dikenal akan berbagai adatnya maupun kuliner pempek yang khas. Wisata di Palembang juga tidak ketinggalan indah.

Anda bisa menikmati makanan yang nikmat dan lezat bahkan sudah populer hingga ke seluruh pelosok Indonesia. Nah, jika memiliki rencana untuk pergi ke kota Palembang maka tidak sah rasanya jika Anda tidak pergi ke beberapa tempat kekinian yang ada di kota itu.

Selain dikenal sebagai Kota Pempek, Palembang juga punya banyak tempat wisata yang tidak kalah seru dan kece. Mulai dari wisata pantai Palembang, tempat kekinian di Palembang, sampai tempat-tempat bersejarah yang sekalian menjadi tempat wisata edukasi.

1. Wisata Alam Hutan Punti Kayu

Satu-satunya wisata hutan di Palembang yang sedang hits dan kekinian yang banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan dan masyarakat sekitar yakni Hutan Punti Kayu. Hutan ini terkenal akan berbagai keindahannya dan luasnya yang kurang lebih 50 hektare. Objek wisata ini cukup populer dengan berbagai fasilitas yang lengkap dan cukup menghibur. Tempat hiburan yang disediakan di antaranya adalah jembatan kayu, perahu, taman, atraksi gajah, berkuda, dan fasilitas lainnya. Terletak di Jalan Kol. Burlian, Karya Baru, Alang Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan, tempat wisata itu bisa dikunjungi dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

2. Palembang Bird Park

Ingin mengajak si kecil menikmati suasana menyenangkan dan berwisata edukasi burung? Anda bisa langsung datang ke Palembang Bird Park. Tempat ini dapat menjadi destinasi wisata untuk menikmati kicauan burung dan berinteraksi dengan burung secara langsung. Anak-anak sudah pasti senang ketika diajak ke sini, karena dapat berinteraksi langsung dengan berbagai jenis burung yang terbang bebas dan menyenangkan. Tentunya menjadi pengalaman yang tak terlupakan untuk Anda dan keluarga. Ada banyak jenis burung di lokasi wisata ini dan Anda pun bisa mengenali jenis-jenis burung. Tentunya bisa menambah pengetahuan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi Anda. Palembang Bird Park berlokasi di Jalan Gubernur H.A. Bastari, Jakabaring, Kawasan Opi Mall, sebelah Waterfun, Sungai Kedukan, Rambutan, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

3. Air Terjun Maung

Apabila ingin berwisata ke area yang terbuka dan menikmati keindahan alamnya, maka Anda wajib mengunjungi salah satu tempat wisata bernama air terjun yang ada di Palembang. Tempat ini banyak dikunjungi wisatawan karena airnya yang jernih dan banyak dinikmati oleh para pengunjung

Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini maka langsung kunjungi area tersebut di Desa Padang Muaro Duo Kecamatan Gumay Ulu, Lahat, Palembang. Jika Anda sudah sampai ke lokasi air terjun ini, sepanjang perjalanan akan melewati kebun kopi dan hutan dengan medan yang curam. Anda harus hati-hati ya saat di tempat ini.

Tempat wisata ini cocok bareng teman-teman dan sahabat. Namun kurang pas untuk keluarga terutama yang sudah berusia lanjut.

4. The Amanzi Waterpark

The Amanzi Waterpark merupakan destinasi terbaru di Palembang yang cukup banyak dikunjungi saat liburan. Bisa dikatakan wisata kekinian masyarakat Palembang. Waterpark yang belum lama dibuka ini terdapat berbagai jenis permainan yang menyenangkan dan menarik perhatian wisatawan. Lokasi ini berada di Jalan Tembus Alang-Alang Lebar KM. 12, Talang Kelapa, Alang Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Anda bisa menikmati berbagai wahana di antaranya Zimba dan Cora Pool, The Falls dengan seluncuran sepanjang 90 meter dan ketinggian 14 meter, The Raft dengan panjang 120 meter dan ketinggian 12 meter, Kilimmanjaro Tower, kolam arus River Nile sepanjang 500 meter serta deretan wahana lainnya yang bisa Anda nikmati jika berkunjung ke sini.

5. Fantasy Island Palembang

Fantasy Island Palembang merupakan objek wisata terbaru yang menawarkan aneka permainan lengkap layaknya The Amanzi waterpark. Namun di sini khusus bagi Anda yang tidak ingin membayar tiket terlalu mahal. Karena Fantasy Island Lembang menawarkan tiket yang murah dengan beragam permainan seru serta fasilitas yang tidak kalah dengan waterpark lainnya.

Anda bisa menikmati permainan seperti kolam luncur, kolam arus, hingga sungai tsunami yang mendebarkan. Untuk balita juga disediakan kolam khusus dengan kedalaman air 50 cm saja yang sudah pasti aman. Pengunjung yang tidak mau basah, bisa menikmati permainan kereta gantung. Namun Anda harus membayar biaya tambahan untuk menaiki wahananya. Jika ingin tidak terlalu ramai, Anda bisa berkunjung ketika weekday. Sedangkan jika ingin ramai Anda bisa datang saat weekend.

6. Kambang Iwak Family

Ingin berkunjung ke tempat yang indah nan eksotik bersama keluarga ataupun kekasih? Tidak masalah karena Anda bisa berkunjung ke Kambang Iwak Family yang terletak di danau yang berada di pusat kota. Tempat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Rindangnya pepohonan memberikan kesejukan ketika di pagi hari. Sementara pemandangan di malam hari terlihat semakin berwarna dengan air mancur warna-warni yang begitu menggoda.

Saat datang ke sini usahakan jangan musim hujan karena pemandangan danau akan tertutup kabut. Selain itu ketika musim hujan angin akan berhembus cukup kencang dan dingin.

7. Pulau Kemaro

7 Tempat Wisata Palembang yang KekinianFoto: (Raja Adil Siregar/detikTravel)

Pulau yang terletak tidak jauh dari Jembatan Ampera ini menjadi tempat wisata di Palembang yang wajib untuk Anda kunjungi. Apalagi jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata yang memang kekinian ataupun masuk ke dalam tempat wisata favorit yang Instagramable. Anda juga bisa melihat bagaimana adat dan tradisi dari masyarakat Tionghoa berperan banyak dalam bangunan dan pulau ini. Banyaknya anak-anak muda yang berlibur bersama teman-teman serta sahabatnya saat berkunjung, menjadikan Pulau Kemaro ini cukup populer.

Pengunjung yang datang ke sini pasti mengabadikan momen mereka dalam sebuah gambar. Sudah pasti menjadikan Pulau Kemaro menjadi terkenal dan menjadi tempat kekinian di Kota Palembang.

Tempat kekinian memang lebih banyak menarik wisatawan. Namun harus diingat bahwa ketika Anda memutuskan untuk wisata maka jangan hanya berlibur atau berfoto saja. Kenali juga makna dari tempat liburan yang Anda kunjungi dan jaga agar tidak buang sampah atau merusak tempat tersebut.

Itulah deretan tempat wisata yang bisa dinikmati atau Anda kunjungi saat datang ke kota Pempek ini. Mulai sekarang tidak ada lagi alasan atau rasa bingung untuk pergi ke Palembang. Jadi segera pesan tiket ke Palembang! (nwy/rdy)

MFC Kembali Digelar, Cari 16 Anak Terbaik dari 5 Kota Besar

Jakarta – MILO kembali menggelar Football Championship untuk usia dini. Kali ini, ajang dengan nama MILO Football Champioship (MFC) 2019 akan digelar dengan kick off di Jakarta, Sabtu (2/3).

Turnamen U-12 ini sendiri  sudah digelar dalam beberapa tahun terakhir. Ajang ini akan kembali mencari anak-anak terbaik dari Indonesia yang akan mendapatkan kesempatan untuk bertemu idolanya di FC Barcelona.

Satu yang membedakan MILO Football Championship kali ini dengan tahun-tahun sebelumnya adalah masuknya Surabaya sebagai kota penyelenggara final regional, membuat pencarian bakat dan turnamen sepak bola U-12 ini akan digelar di 5 kota besar, termasuk 4 kota yang setiap tahun sudah menjadi penyelenggara, yaitu Jakarta, Makassar, Medan, dan Bandung.

Sebelumnya fase penyisihan sudah dilakukan 20 kota, yaitu Jakarta Timur plus Jakarta Pusat, Jakarta, Selatan, Jakarta Barat, Tangerang Selatang, Bandung plus Cimahi, Purwakarta, Bekasi, dan Cirebon pada 9-10 Februari 2019. Sementara di Medan, Binjai, Tebing Tinggi, Deli Serdang, Surabaya, Sidoarjo, Malang, Gresik, Makassar, Bone, Bantaeng, dan Pare-Pare digelar pada 16-17 Februari 2019.

Kick-off final regional MILO Football Championship 2019 digelar di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Sabtu (2/3/2019). Turnamen digelar selama dua hari dan akan melibatkan tiga pelatih, yaitu Zainal Abidin, dan dua mantan pemain nasional, Kurniawan Dwi Yulianto, dan Ponaryo Astaman.

Sementara itu, final regional Medan dan Bandung akan digelar bersamaan pada 9-10 Maret 2019. Sementara untuk Surabaya akan digelar pada 23-24 Maret, dan Makassar menjadi kota terakhir yang menggelar Milo Football Championship 2019 pada 6-7 April 2019.

Kurniawan pun menegaskan format pertandingan yang digunakan di MILO Football Championship kali ini akan mengikuti Filosofi Sepak Bola Indonesia yang digagas PSSI.

“Saya, Ponaryo, dan Coach Zainal, akan menjadi tim scouting. Kami akan menggunakan format 7 lawan 7 sesuai dengan filanesia dari PSSI,” ujar Kurniawan Dwi Yulianto di Kantor Bola.com, Kamis (28/2/2019), siang.

Sementara itu, Ponaryo Astaman menegaskan proses scouting akan digelar di 5 kota besar yang menjadi tuan rumah final regional. Mantan kapten Timnas Indonesia itu pun mengungkapkan kriteria pemain yang akan dicarinya bersama Kurniawan dan Zainal Abidin.

“Proses talent scouting dilaksanakan dari semua final regional MILO Football Championship. Jadi pemain-pemain terbaik akan diambil dari lima kota besar itu. Untuk kriterianya, bukan hanya keterampilan individu yang kami cari, tapi bagaimana mereka bisa bertanding sebagai sebuah tim,” tegas Ponaryo di Kantor Bola.com.

2 dari 3 halaman

Peserta Perempuan Lebih Banyak di MILO Football Championship 2019

Kurniawan Dwi Yulianto yang sudah menjadi instruktur dalam MILO Football Championship dalam beberapa tahun terakhir mengungkapkan akan ada kuota khusus bagi pesepak bola perempuan di edisi kali ini. Dari talent scouting yang dilakukan di lima kota besar, akan diambil 16 pemain terbaik untuk mengikuti MILO Football Camp, di mana 4 pemain di antaranya harus perempuan.

“Kami memperbanyak peserta perempuan di edisi kali ini. Untuk 16 pemain yang terpilih mengikuti camp harus ada empat pemain perempuan yang dilibatkan. Setelah itu akan ada dua perempuan dari delapan pemain yang akan berangkat ke China,” ujar Kurniawan Dwi Yulianto.

16 pemain terpilih dari talent scouting di MILO Football Championship 2019 akan mengikuti MILO Football Camp pada 22-27 April 2019. Dari pemusatan latihan tersebut akan dipilih delapan pemain terbaik, dengan dua pemain di antaranya perempuan, untuk berangkat ke China mengikuti MILO Champions Cup, bersaing dengan peserta MILO Football Championship di negara-negara lainnya pada Juli 2019.

3 dari 3 halaman

Jadwal MILO Football Championship 2019

Jakarta: 2-3 Maret 2019

Medan: 9-10 Maret 2019

Bandung: 9-10 Maret 2019

Surabaya: 23-24 Maret 2019

Makassar: 6-7 April 2019

Banyuwangi Kolaborasi dengan Du’anyam untuk Perkuat Pengrajin Lokal

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi melakukan berbagai upaya untu terus memperkuat pengrajin lokal mereka. Salah satu caranya adalah bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang pemberdayaan lokal.

Terbaru, Pemkab Banyuwangi berkolaborasi dengan perusahaan bisnis sosial, Du’anyam. Perusahaan ini merupakan pemegang lisensi sekaligus produsen suvenir Asian Games 2018. Produk-produk kerajinannya juga telah diekspor ke berbagai negara.

“Kita memang harus kolaborasi untuk terus memperkuat para pengrajin lokal. Ini Du’anyam digerakkan anak-anak muda hebat yang punya perspektif pasar dan kewirausahaan sosial bagus. Jadi kita ingin melibatkan untuk memberdayakan pengrajin lokal,” ujar Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, seperti dikutip dari merdeka.com (28/2/2019).

Ia bertemu langsung dengan dua pendiri Du’anyam, yakni Hanna Keraf dan Azalea Ayuningtyas. Keduanya berkeliling di Banyuwangi beberapa hari untuk bertemu dan memetakan potensi kerajinan karya UMKM-UMKM lokal.

“Nanti berkala dibikin workshop. Dalam rangkaian Festival Bamboo pada Juni mendatang. Du’anyam akan memberi perspektif pasar dan ekosistem bisnis ke para pengrajin lokal. Membakar kembali semangat komunitas lokal agar lebih berdaya,” ucap Anas.

Founder dan CEO Du’anyam, Azalea Ayuningtyas, mengatakan bahwa pihaknya akan berkeliling mengunjungi sejumlah pengrajin di Banyuwangi untuk mencari potensi dan menjajaki kerja sama dengan para pengrajin di Banyuwangi. Du’Anyam juga akan memberikan pendampingan kepada para pengrajin Banyuwangi. 

“Pendampingannya meliputi standardisasi kualitas, quality control, packaging, hingga pengiriman. Kami lebih mencari komunitas pengrajin yang belum mandiri, sehingga ada proses pemberdayaan nantinya,” kata dia.

Azalea menambahkan, selama di Banyuwangi pihaknya tidak melewatkan kesempatan mengunjungi sejumlah sentra pengrajin, seperti pusat kerajinan bambu di Desa Gintangan. Desa Gintangan sendiri dikenal sebagai basis pengrajin bambu. Desa tersebut memasok kerajinan bambu untuk berbagai daerah di Indonesia. Bahkan, hasil olahannya sudah diekspor ke sejumlah negara, seperti Jepang, Brunei Darussalam, Thailand, dan Maldives.



(*)

Usai Kunjungi Muslim Xinjiang, Ini Langkah Delegasi Indonesia

Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) beserta Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah mengunjungi Provinsi Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China, pekan lalu. Kunjungan itu memberikan sebuah perspektif dan harapan terkait kebebasan beribadah bagi muslim Uighur.

“Setelah kami lakukan kunjungan, mendengar, melihat dan berinteraksi dengan masyarakat lokal itu terutama dengan yang mengikuti kegiatan vokasi menyimpulkan antara lain konstitusi Republik Tiongkok sangat sekuler, artinya memberi kebebasan kepada warga negara untuk beragama atau tidak,” kata Ketua Bidang Luar Negeri MUI Muhyiddin Junaidi saat dihubungi, Selasa (26/2/2019).

“Kedua, dia memisahkan antara agama daripada masalah pemerintahan. Jadi agama itu masalah pribadi, urusan publik ini tak punya urusan dengan agama,” sambungnya.

Selama di China, delegasi Indonesia diberi kesempatan untuk melakukan serangkaian pertemuan dengan para tokoh ulama, tokoh masyarakat, serta kunjungan ke Xinjiang Islamic Institute beserta beberapa masjid. Delegasi juga sempat mengunjungi balai latihan vokasi yang ada di Xinjiang.

“Balai latihan ini yang disinyalir sebagai kamp konsentrasi atau re-education center,” tuturnya.

Junaidi melihat sikap pemerintah China ini tak terlepas dari trauma dengan peristiwa teror yang terjadi di Negeri Tirai Bambu tersebut. Balai latihan latihan tersebut berisi pria dan wanita yang disinyalir terpapar radikalisme.

“Secara garis besar dipahami bahwa konstitusi China itu sangat mudah disalahtafsirkan. Jadi umat Islam itu tidak boleh menerapkan agamanya dengan baik di ruang publik. Maka tidak diperkenankan pakai jilbab atau salat di ruang publik. Kalau ketahuan, dimasukkan ke kelompok radikal. lalu dimasukkan ke dalam kamp vokasi itu, dianggap tidak nasionalis,” ucap Junaidi.

Balai latihan ini banyak diisi warga muslim Uighur. Mereka diberikan pelatihan keterampilan di sana. Fakta yang didapat di sana, para peserta latihan memang tidak bisa beribadah secara bebas di ruang publik termasuk di balai latihan tersebut.

“Kalau orang puasa, salat, dianggap radikal. Di kamp itu tidak boleh. Mereka baru bisa salat, baca Alquran itu jika sudah pulang ke rumahnya. Masalah agama masalah pribadi, tidak boleh ditunjukkan di publik,” ujarnya.

Jika melanggar aturan tersebut, berpotensi dimasukkan ke dalam kategori radikal hingga berujung dimasukkan ke dalam balai latihan. Junaidi mendapati kebebasan beribadah bagi muslim bisa dilakukan di dalam lembaga pendidikan khusus muslim atau masjid.

Kondisi ini tentu saja membuat seorang muslim serba terbatas dalam beribadah. Dia mengatakan jika hal ini diteruskan berjalan, pendangkalan akidah agama jadi sebuah keniscayaan.

“Tapi apa yang terjadi kalau ini terus berjalan? Pendangkalan akidah. Karena agama akan tercabut dari akarnya. Apalagi di China itu ditetapkan orang tua tidak boleh memaksakan anak beragama kecuali sudah 18 tahun. Padahal dalam Islam dianjurkan mengajarkan agama kepada anak sejak dini,” ungkapnya.

Junaidi berpendapat, dibutuhkan kearifan untuk memahami kondisi ini. Pasalnya, jika dibandingkan dengan konstitusi di Indonesia, situasi kebebasan beragama memang betul-betul kontras.

Menurutnya, dibutuhkan pendekatan persuasif agar pemerintah China bisa memberikan ruang beribadah yang lebih baik bagi muslim yang ada di sana. Selain itu, dia berharap lembaga keagamaan juga dilibatkan dalam memberikan tafsir ‘radikal’.

“Kami berharap pemerintah China memberi kesempatan kepada umat Islam untuk melakukan ibadah ritual di sela mereka mengikuti pelatihan. Peserta juga berhak mendapatkan makanan muslim. Kedua agar CIA (China Islamic Association) itu diikutsertakan dalam proses pengeluaran fatwa soal radikalisme, sudut pandang agama. Ketiga kita minta dan berharap agar Pemerintah Tiongkok tidak menggeneralisir umat Islam yang menjalankan ibadah terkait radikalisme,” papar Junaidi.

Hal senada diutarakan Ketua PBNU Robikin Emhas. Robikin berharap organisasi keagamaan dan pihak terkait lainnya dilibatkan dalam menetapkan indikator ‘ektremis’ dan ‘radikal’. Sehingga tidak ada orang yang menjalankan agama dengan baik namun masuk kategori radikal.

Robikin yang juga ikut dalam delegasi menyatakan turut senang karena pemerintah China berkomitmen untuk antiradikalisme dan antiterorisme. Dia juga mendukung program deradikalisasi yang dijalankan. Meski begitu, dia berharap pemerintah China memberi jaminan kebebasan beribadah.

“Kami amat sangat berharap jaminan konstitusional warga negara untuk memeluk agama, bisa menjalankan peribadatannya sesuai agama masing-masing. Kami paham pemerintah Tiongkok memisahkan agama dan negara. Tetapi karena kebebasan beragama dijamin konstitusi diharapkan warga negara juga diberi kebebasan menjalankan ibadah,” tutur Robikin.

Sebagai tindak lanjut atas kunjungan ini, Robikin mengatakan delegasi akan menyampaikan hasil kunjungan ke pemerintah. Hingga kemudian catatan dan harapan bisa disampaikan ke otoritas China.

“Insyaallah baik PBNU, Muhammadiyah, MUI punya pandangan sama dan gagasan sama sebagai follow up. Akan menyampaikan kepada pemerintah RI, dan pemerintah RI menyampaikan ke Tiongkok baik langsung maupun lewat kedubes. Tentu penyampaiuan dengan tetap menghormati konstitusi yang berlaku di sana,” tutur Robikin.

Selain mengunjungi balai latihan dan Xinjiang Islamic Institute, delegasi Indonesia juga sempat salat Jumat di salah satu Masjid Jiamai di Hotan, bertemu Gubernur Daerah Otonom Uighur Xinjiang Shohrat Zakir, mengunjungi museum barang antik, hingga menyaksikan kesenian tradisional Uighur. Sebelumnya di Beijing, delegasi juga sempat berbincang dengan Ketua China Islamic Association dan Dubes RI untuk China merangkap Mongolia Djauhari Oratmangun.

(jbr/knv)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Helikopter yang Dinaikinya Jatuh, Menteri Pariwisata Nepal Tewas

Kathmandu – Sebuah helikopter yang membawa Menteri Pariwisata Nepal dan rombongannya jatuh di area perbukitan di sebelah timur negara itu. Total tujuh orang, termasuk sang menteri, yang ada di dalam helikopter itu meninggal dunia dalam insiden ini.

Seperti dilansir AFP dan lokal Nepal, The Himalayan Times, Rabu (27/2/2019), insiden ini terjadi saat helikopter milik Air Dynasty tipe AS350 itu terbang dari distrik Taplejung menuju wilayah Terathum. Menteri Pariwisata Nepal, Rabindra Adhikari, bersama enam orang lainnya ada di dalam helikopter tersebut.

“Sebuah helikopter yang membawa Menteri Pariwisata Nepal telah jauh,” sebut Menteri Dalam Negeri Nepal, Prem Kumar Rai, kepada para wartawan setempat.

Baik pihak Air Dynasty maupun Otoritas Penerbangan Sipil Nepal, seperti dilansir The Himalayan Times dan NDTV, mengonfirmasi bahwa keseluruhan tujuh orang yang ada di dalam helikopter itu tewas. Otoritas Penerbangan Sipil Nepal yang dikutip kantor berita India, ANI, menegaskan bahwa Menteri Adhikari termasuk dalam korban tewas.
Helikopter itu dilaporkan jatuh di area Sisne Khola, yang berjarak 6 mil laut dari Taplejung, pada Rabu (27/2) sekitar pukul 13.30 waktu setempat.

Sesaat setelah helikopter itu dilaporkan hilang, warga lokal di area Pathibara melaporkan kepada polisi soal kemunculan kobaran api besar. Pejabat Taplejung, Anuj Bhandari, menuturkan bahwa warga setempat melaporkan suara dentuman keras yang diikuti kepulan asap dan kobaran api di lokasi.

Identitas orang-orang di dalam helikopter itu diidentifikasi sebagai pilot Kapten Prabhakar KC, pengusaha pariwisata Ang Tshiring Sherpa, personel keamanan Arjun Ghimire, Wakil Sekretaris kantor Perdana Menteri Yubaraj Dahal, Wakil Direktur Jenderal Otoritas Penerbangan Sipil Nepal (CAAN) Birendra Shrestha, dan Insinyur CAAN Dhruba Das Bhochhibhaya, serta jurnalis setempat Laxmi Gautam.

Diketahui bahwa Menteri Adhikari bersama para pejabat lainnya baru saja mengunjungi Kuil Pathibhara usai menghadiri acara di Chuan Danda di area Panchthar untuk menginspeksi pembangunan bandara setempat. Helikopter itu terjatuh sesaat setelah lepas landas dari kuil tersebut. Penyebab jatuhnya helikopter belum diketahui pasti.

Kondisi cuaca yang tidak baik menghambat upaya evakuasi jenazah korban. Dua helikopter lainnya dikerahkan ke lokasi, sedangkan dua helikopter dari Militer Nepal baru bergerak ke lokasi untuk membantu evakuasi.

Menyusul insiden ini, Kantor Perdana Menteri dan Dewan Menteri Nepal langsung menggelar rapat kabinet darurat di kediaman resmi Perdana Menteri di Baluwatar.

(nvc/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Menanti Buah KTT Jilid 2 Donald Trump dan Kim Jong-un di Vietnam

Liputan6.com, Hanoi – Pertemuan jilid dua antara pemimpin Amerika dan Korea Utara, Donald Trump dan Kim Jong-un di Vietnam tinggal hitungan jam. Kedua orang nomor satu di negaranya itu sudah tiba di Hanoi sehari sebelum jadwal bertemu pada 27 Februari 2019.

Trump mendarat Selasa 26 Februari 2019 malam, setelah terbang bersama Air Force One dari Washington. Sementara Kim Jong-un tiba lebih awal, menempuh perjalanan kereta api selama dua setengah hari dari Pyongyang.

[embedded content]

“Terima kasih untuk semua orang atas sambutan yang luar biasa di Hanoi. Kerumunan yang luar biasa, dan begitu banyak cinta!” twit Trump setelah mencapai hotelnya di Hanoi dari bandara seperti dikutip dari Channel News, Rabu (27/2/2019).

Sebelumnya, Kim juga mendapat sambutan serupa dari penduduk setempat yang bersemangat ketika ia mengunjungi kedutaan Korea Utara di bawah pengamanan ketat.

Diplomasi internasional atas kedatangan mereka disambut gembira oleh kerumunan penonton yang bersemangat dan melambai-lambaikan bendera di seluruh ibu kota Vietnam.

“Trump adalah seseorang yang memiliki karakter kuat. Kata-katanya diikuti oleh tindakan,” kata seorang warga Hanoi, Le Dinh Hung, yang membawa lukisan Trump yang ingin dia berikan kepadanya.

Presiden AS berharap pertemuan ini mampu mendorong pemimpin Korea Utara yang tertutup lebih akrab untuk mencapai kesepakatan mengenai persenjataan nuklir. Tetapi banyak agenda dari jadwal mereka masih diselimuti misteri, sementara pertemuan puncak tersebut didahului oleh sejumlah negosiasi awal.

Menurut pemberitaan yang beredar, pertemuan Donald Trump dan Kim Jong-un dimulai dengan percakapan singkat diikuti dengan makan malam pada hari Rabu. Kemudian mereka akan melanjutkan pembicaraan lebih lanjut pada hari Kamis, membangun kelanjutan pertemuan pertamanya di Singapura Juni lalu.

Pertemuan pertama itu membuahkan pernyataan samar-samar soal janji “menuju denuklirisasi penuh di semenanjung Korea”. Kali ini Trump khususnya menghadapi tekanan untuk memberikan hasil nyata terkait hal tersebut.

Kendati demikian sisi positifnya, sekitar setahun Korea Utara tak mengguncang tetangganya dengan uji coba roket dan nuklir.

Tetapi negara yang terisolasi itu tidak melakukan apa pun untuk mengembalikan persenjataan yang telah dibangunnya, dan penasihat intelijen Trump sendiri mengatakan Kim tetap bertekad untuk mempertahankan satu senjata yang ia yakini dapat menjamin kelangsungan rezimnya.

Dan ketika Trump meninggalkan Singapura dengan mengklaim bahwa Korea Utara “tidak lagi menjadi ancaman nuklir”, para analis menampik hal itu sebagai “benar-benar salah” dan Pyongyang diyakini telah menghabiskan waktu campur tangan dengan diam-diam memperluas kemampuannya.

Kali ini sang Presiden AS, yang meninggalkan gelombang pasang masalah hukum dan politik di Washington, berharap ia dapat membuahkan hasil baik dari KTT di Vietnam.

‘Cemooh Berakhir Cinta’

Jauh sebelum pertemuan pertama Trump dan Jong-un, keduanya kerap saling mencemooh. Sang pemimpin Korut pernah disebut sebagai rocket man dan dibalas dengan “dotard”. Sekarang pemimpin AS itu malah berbicara tentang “cinta” di antara mereka.

Dan menjelang pertemuan puncak Donald Trump menyarankan bahwa jika Utara menyerahkan senjata nuklirnya, itu dapat mengubahnya dari negara benteng yang terisolasi menjadi harimau ekonomi Asia – seperti Vietnam, negara komunis yang merangkul kapitalisme dan mengubur konfrontasinya dengan Amerika Serikat.

Tetapi Korea Utara dinilai sebagai negara dengan investasi paling rendah di dunia oleh perusahaan penilaian risiko global Verisk Maplecroft.

“Dengan denuklirisasi penuh, Korea Utara akan dengan cepat menjadi kekuatan ekonomi,” twit Trump. “Tanpa itu, lebih dari itu sama saja.”



Saksikan juga video berikut ini:

2 dari 2 halaman

Donald Trump di Tengah Ambisi Nuklir Korut, Siapa Kuat?

Para pengkritik Trump mengatakan dia sangat ingin berurusan dengan Kim Jong-un sehingga bisa mewujudkan banyak keinginannya untuk menjadi berita utama, meski membahayakan sekutu lamanya Korea Selatan dan Jepang. Seperti saat di Singapura, ketika Trump mengejutkan para jenderalnya dengan mengumumkan penangguhan latihan militer dengan Korea Selatan – sesuatu yang sangat diinginkan Korea Utara.

Tetapi para analis mengatakan hal demikian tak bisa lagi diterapkan oleh Donald Trump.

“Jendela untuk kemajuan diplomatik dengan Korea Utara tetap tidak akan terbuka tanpa batas. KTT kedua … harus menekankan substansi lebih dari sekadar pamer,” kata Kelsey Davenport dari Asosiasi Kontrol Senjata.

Bagi Washington, KTT ini idealnya termasuk membuat Kim membongkar fasilitas nuklir utama di Yongbyon, mengizinkan para inspektur internasional datang, atau bahkan menyerahkan daftar lengkap semua aset nuklir negara itu – sesuatu yang secara tegas ditolak oleh warga Korea Utara.

Sebagai imbalannya, Trump diyakini mempertimbangkan bantuan dari sanksi internasional yang tangguh. Pembukaan kantor penghubung diplomatik adalah kemungkinan konsesi AS lainnya.

Dan Trump dapat melangkah lebih jauh dengan membuat pernyataan simbolis yang sangat besar bahwa Perang Korea 1950-53 berakhir, setelah permusuhan berakhir dengan gencatan senjata tetapi tidak ada perjanjian damai.

Namun, setiap langkah potensial penuh dengan bahaya.

Korea Utara telah terbukti selama bertahun-tahun ahli dalam merangkul presiden Amerika sambil terus mengejar ambisi nuklirnya.

Dan Trump yang jarang dikendalikan tampaknya meremehkan perkiraan itu sebelum ia terbang ke Vietnam, menekankan bahwa penangguhan uji coba rudal dan nuklir yang berkelanjutan adalah yang paling penting, dan menunjukkan bahwa diperlukan lebih banyak KTT untuk mencapai hasil maksimal.

“Aku tidak ingin memburu siapa pun. Aku hanya tidak ingin menguji,” kata Trump pada akhir pekan. “Selama tidak ada pengujian, kami senang.”