Kisah Anak Difabel yang Diam-diam Punya Kehidupan Online Menakjubkan

Oslo

Robert dan Trude meratapi kehidupan sepi dan terkungkung yang mereka pikir dijalani Mats, anak mereka yang difabel. Namun ketika Mats wafat, pasangan itu baru sadar bahwa banyak orang di Eropa menyalakan lilin tanda berkabung untuk putra mereka.

Artikel ini pertama kali terbit di situs radio Norwegia, NRK.

“Pola pikir kami sangat tradisional. Kami tak ingin dia mengubah atau mengacaukan ritme kesehariannya.”

Duduk di sebuah kafe dekat kantornya di alun-alun kota Oslo, Norwegia, Robert Steen (56) memaparkan betapa ia kerap khawatir jika anaknya tak kunjung terlelap hingga tengah malam.

“Jika melihat ke belakang, saya rasa kami seharusnya lebih tertarik pada gim, dunia di mana putra kami menghabiskan hampir seluruh waktunya,” kata Robert.

“Karena kami tak punya ketertarikan itu, kami kehilangan kesempatan untuk mengetahui yang tidak kami pahami,” tuturnya.

Robert menyampaikan kata-kata terakhir tentang Mats akhir tahun 2014 di sebuah kapel di satu pemakaman di ibu kota Norwegia.

Di antara mereka yang duduk mendengarkan pidato itu, termasuk sanak famili dan sejumlah tenaga medis yang mengenal dekat Mats, ada sekelompok orang asing.

Hanya Robert yang pernah bertemu mereka. Itu pun baru sekali: malam sebelum pemakaman.

Beberapa tahun di akhir hidupnya, Mats hampir tidak pernah meninggalkan ruang bawah tanah di flat milik keluarganya.

Jadi cukup aneh bahwa ada orang-orang tak dikenal datang ke pemakamannya. Mats sendiri bahkan tidak pernah berjumpa dengan mereka.

Sebelum kematiannya, tamu-tamu yang berduka itu tidak mengenal Mats sebagai Mats, tapi Ibelin, seorang keturunan ningrat, perayu ulung, dan detektif.

Beberapa orang asing yang menghadiri pemakaman itu tinggal di dekat rumah Mats, tapi sebagian lainnya datang dari jauh. Kedatangan mereka dilandasi satu tujuan: meratapi kawan baik.

Di upacara pemakaman, salah satu dari orang asing itu tampil ke depan dan memberi sepatah kata. Ia berkata bahwa banyak orang di Eropa berkumpul dan menyalakan lilin untuk Mats.

Nasib telah tersurat di bintang-bintang, dan kenyataan tercantum dalam DNA-nya.

Mats, yang berlarian keliiling rumah sambil mengenakan mahkota saat ulang tahun keempat pada Juli 1993, akan menghadapi kenyataan bahwa ia bakal segera lumpuh.

Robert dan Trude mendengar vonis medis itu pada Mei 1993 di Rumah Sakit Ulleval.

Mereka belakangan paham mengapa putra mereka selalu jatuh dari ayunan dan menyakiti diri sendiri.

Sama halnya dengan kenapa Mats tidak memanjat tangga papan luncur di taman anak-anak, meski ia gemar merosot.

Juga penyebab Mats kerap menekuk lutut seperti orang tua saat beranjak dari posisi duduk dan alasannya tak berusaha berlomba dengan anak-anak seusianya.

Tim dokter berkata kepada Robert dan Trude bahwa Mats mengidap duchenne muscular dystrophy (DMD), sebuah gangguan yang menyebabkan pengenduran otot dan kerap menyerang anak laki-laki.

Gen dalam tubuh Mats mengandung kekeliruan yang mencegah ototnya berkembang secara normal. Itu pula yang akhirnya menghancurkan otot-ototnya.

“Setelah kami menidurkan Mats, malam itu kami memanggil dokter. Kami mendapat hak istimewa itu. Kami dapat menelepon dokter kapan pun kami membutuhkan informasi,” kata Robert.

Bersama Trude, Robert berbicara kepada dokter via telepon selama lebih dari setengah jam. “Setidaknya (penyakit) ini tidak akan membunuh anak saya!” kata Robert.

“Dokter terdiam beberapa saat, lalu berkata, ‘Tidak, tapi pengalaman kami menunjukkan, pasien kami yang menderita penyakit ini tidak akan bertahan lebih dari umur 20 tahun,'” tuturnya.

Robert terdiam. “Mats mampu mencapai 25 tahun.”

Di kediaman keluarga di Ostensjo, sebelah tenggara Oslo, Robert dan Trude mengupayakan segala cara untuk putra mereka.

Mats diyakini tidak akan menjalani kehidupan normal seperti yang ada dalam bayangan orang tuanya. Dia akan mati muda dan dipisahkan dari mereka tanpa memberi arti apapun kepada dunia.

Namun seluruh anggapan itu keliru.

Jika DNA telah merancang kehidupan kita sebelum kita dilahirkan, mampukah kita memilih masa depan kita sendiri?

Faktanya, Mats menemukan jalan keluar dan menciptakan sosok baru atas dirinya sendiri.

Di awal dekade 2000-an, Robert dan keluarganya pindah ke sebuah rumah di Langhus, sebelah selatan Oslo. Rumah itu dirancang agar ramah kursi roda.

Walaupun Mats diizinkan bermain konsol permainan grafis Game Boy selama libur sekolah, sosok Mario Bros tetap tak dapat memahami rasanya menjadi sosok yang berbeda.

Mats terus duduk di kursi roda bersama asisten yang mendampinginya ke mana pun.

Robert dan Trude terus memikirkan aktivitas yang mungkin disenangi Mats pada waktu senggang, terutama ketika kawan-kawan sekelasnya bermain sepakbola atau berlarian di luar ruangan.

Barangkali gim online? Robert memberi Mats kata sandi komputer keluarga. Dan sejak saat itu, sebuah dunia yang baru terbuka bagi anak berusia 11 tahun tersebut.

“Selama 10 tahun terakhir hidupnya, Mats bermain antara 15 ribu hingga 20 ribu jam. Itu setara dengan bekerja penuh waktu selama 10 tahun,” kata Robert.

Namun gim itu ternyata menimbulkan percekcokan dalam keluarga.

“Ketika perawat datang pukul 10 malam, Mats sudah tidur. Pekerjaan mereka mengawasi Mats di tempat tidur, bukan memaksanya untuk tidur.”

“Mats protes, ogah-ogahan mengikuti perintah itu,” ujar Robert.

Mats ternyata telah berevolusi menjadi pemain gim. Dan pemain gim tidak tidur sebelum larut.

Lantas siapakah Mats selama jam permainan itu? Dia menjadi Lord Ibelin Redmoore dan kadang-kadang Jerome Walker.

“Ibelin dan Jerome adalah perpanjangan diri saya. Mereka mewakili sisi lain kepribadian saya,” tulis Mats.

Mats membenamkan diri ke planet Azeroth dalam gim populer World of Warcraft.

Azeroth adalah dunia fantasi yang mistis. Terdapat sejumlah benua, lautan, hutan, tebing dan tanah datar, perkampungan serta kota.

Mats menghabiskan hampir seluruh waktunya di sebuah wilayah yang bernama Eastern Kingdoms.

Sebagai pemain gim online, Anda akan memahami dunia itu satu per satu, seperti halnya Anda mengenal dunia nyata secara fisik.

Di dunia khayalan itu terdapat tempat untuk berwisata, wilayah dan kota yang akan Anda kuasaisebagian lebih baik dibandingkan lainnya.

Di area tertentu, Anda wajib berhati-hati, sementara di wilayah lainnya Anda akan dengan senang hati menjelajah. Anda akan menemukan penginapan di suatu kawasan, lalu bertemu orang-orang baru yang menarik.

Begitulah semestinya dunia berjalan. Dan seperti itu pula Azeroth bergulir.

Mats menempuh perjalanan hidupnya di sana dan menemukan lingkaran pertemanan dengan orang-orang menyenangkan.

“Saat saya melewati ruang bawah tanah Mats pada siang hari, gordennya tertutup. Itu adalah kepedihan yang saya ingat betul,” ucap Robert yang bekerja di bagian keuangan kantor wakil wali kota Oslo.

“Oh tidak, saya pikir dia belum memulai harinya. Saya sedih karena dunianya sangat terbatas.”

Tapi mereka yang tak bermain gim tidak dapat melihat gambaran utuhnya. Mereka tidak tahu bahwa gim lebih dari sekadar menembak dan mendapatkan poin.

“Kami pikir ini semua hanyalah permainan. Kami kira itu sebuah kompetisi yang seharusnya dimenangkan,” kata Robert.

Lalu muncul pula persoalan ritme sirkadian di tubuh Mats, di setiap waktu selama 24 jam kesehariannya.

“Kami tidak mengerti mengapa sangat penting bagi Mats untuk terus online saat petang dan malam.”

“Tentu saja orang tidak bermain pagi atau siang hari karena itu adalah waktu di mana mereka berada di sekolah atau tengah bekerja.”

“Kami awalnya memahami semua ini setelah ia wafat. Di akhir hayatnya, kami masih berkeras ia harus tidur jam 11 malam, seperti orang-orang normal lainnya,” ujar Robert.

Lisette Roovers adalah salah satu kawan Mats di dunia gim online yang berasal dari Breda, Belanda. Ia hadir dalam pemakaman Mats tahun 2014.

Lisette juga datang ke Norwegia untuk mengunjungi temannya, Kai Simon Fredriksen, yang juga bermain gim online bersama Mats.

“Saya mengenal Mats bertahun-tahun. Sangat mengejutkan mendengar kabar ia meninggal dan itu berdampak pada saya,” kata Lisette.

Lisette kini berusia 28 tahun. Ia berumur 15 tahun ketika bertemu Mats yang kala itu berusia 16 tahun. Atau tepatnya, ketika karakter gim Lisette, Rumour, bertemu Ibelin.

“Kami bertemu di Goldshire,” kata Lisette.

“Itu bukan tempat yang nyaman lagi, tapi saat itu Goldshire adalah kampung kecil yang menyenangkan, di mana Anda bisa bertemu karakter baru yang menarik.”

“Saya mencari seseorang untuk bermain. Di antara mereka yang di duduk di api unggun adalah sosok yang belakangan saya kenal sebagai Ibelin,” kata Lisette.

“Sayaatau Rumourbertingkah laku impulsif. Saya keluar dari semak-semak dan merebut topi Ibelin. Kami berdiri dan saling menatap beberapa saat, lalu saya kabur membawa lari topinya.”

Lisette tersenyum kecil.

Mats juga menulis perjumpaan pertamanya dengan Lisette di sebuah unggahan blog berjudul Love.

“Di dunia yang lain ini, seorang anak perempuan tidak akan melihat kursi roda atau hal-hal lain sebagai pembeda. Mereka akan menemukan jiwa, hati, dan pikiran saya yang hidup dalam tubuh yang kuat dan cakap,” tutur Mats.

“Untungnya, hampir sebagian besar karakter di dunia virtual ini terlihat menawan,” tambahnya.

Di sisi lain, Lisette berkata, “Mats adalah kawan baik, kadang-kadang ia teman yang sangat dekat.”

“Kami saling bertukar pesan tentang apapun, tapi dia tidak menceritakan kondisinya. Saya kira kehidupannya sama sepertinya saya, contohnya kami sama-sama membenci sekolah.”

Tapi ada hal-hal yang sempat tidak mereka sepakati.

“Dia menulis bahwa ia membenci salju, sedangkan saya menyukainya. Saya tidak mengerti bahwa ketidaksukaannya itu berkaitan dengan kursi roda. Saya tidak tahu sama sekali,” kata Lisette.

Kecintaan Lisette pada gim membuat orang tuanya khawatir. Mereka takut studinya terganggu dan Lisette tak akan memiliki kehidupan sosial.

Keputusan yang diambil orang tuanya adalah memutus akses Lisette kepada gim online. “Dijauhkan dari kawan-kawan di permainan itu sangat berat bagi saya,” tuturnya.

Namun Mats bersiasat untuk melanggengkan perkawanan itu. Meski ia tak menemukan Lisette di gim itu, Mats berkomunikasi dengannya melalui saluran lain.

“Dia menulis surat yang sangat serius untuk orang tua saya dan mendorong mereka memahami betapa penting gim itu bagi saya. Saya menyimpan surat itu,” kata Lisette.

Robert dan Trude tahu putra mereka saling berbalas pesan dengan seseorang bernama Lisette.

“Mats sempat berbicara tentang karakter gim itu sejumlah avatartapi kami tidak memperhatikan secara khusus. Dia cerita pada kami tentang Rumour, dan tentang hal-hal lainnya,” kata Robert.

“Dia atau Lisette mengirimnya kado, termasuk pada hari ulang tahunnya. Itu sangat menyentuh dan kami menggodanya. Dia tersipu dan sangat malu.”

“Kami pikir Lisette adalah teman baik karena hadiah-hadiah itu. Anda bisa menyebut kado itu sebagai bukti nyata pertemanan.”

“Kami tidak menyebut orang-orang yang bersentuhan dengannya sebagai kawan. Kami menyebut mereka avatar. Persepsi kami tentang pertemanan sangatlah tradisional,” ujar Robert.

Dalam gim World of Warcraft, Anda dapat bermain sendiri atau bergabung dengan orang lain dan membentuk kelompok atau serikat.

Mats adalah bagian dari kelompok seperti itu yang bernama Starlight. Kawanan itu berisi 30 anggota.

“Tidak ada yang hanya sekadar menjadi anggota Starlight,” kata Robert yang kini memahami gim itu.

“Untuk menjadi anggota, Anda harus direkomendasikan seseorang yang telah lebih dulu masuk. Anda harus lulus masa percobaan selama satu hingga dua bulan,” ujarnya.

Starlight bertahan selama lebih dari 12 tahun dan kelompok ini masih aktif hingga kini.

“Starlight adalah grup yang spesial karena terus bersama dalam waktu yang sangat panjang. Itu barangkali didasarkan pada pertemanan yang sangat mendalam,” kata Robert.

Kai Simondikenal sebagai Nomine dalam permainan ituberusia 40 tahun. Ia adalah pemimpin Starlight.

Setiap tahun sejak Mats meninggal tahun 2014, Starlight menggelar peringatan khusus untuk mengenang kawan mereka itu.

Tahun 2018, saat tengah mengenang Lord Ibelin Redmoore, Kai Simon berkata kepada rekan-rekannya agar lebih fokus berlari dan berenang.

“Ibelin adalah seorang pelari,” kata Kai. “Sangat penting baginya untuk berlari dan berbagi pengalaman berlari itu dengan orang lain.”

Apakah Kai tengah berbicara tentang Mats atau karakter yang dimainkan Mats? Mungkin itu tidak penting. Barangkali memang seperti itu jika seseorang telah menyatu dengan karakter permainan.

Pada musim panas tahun 2013, Mats berusia 24 tahun. Keluarganya berlibur di Mallorca, Spanyol, sementara ia tak bisa ikut plesir dan tinggal di ruang bawah tanah bersama pendampingnya.

Mats sama sekali tidak boleh sendirian. Selama bertahun-tahun ia memiliki pendamping yang berbeda-beda, termasuk pamannya.

Mats beruntung, beberapa pendampingnya juga punya kesenangan yang sama terhadap gim online.

Ketika orang tuanya berada di Spanyol, Mats memulai blognya yang berjudul Musings of Life (Renungan Hidup). Dalam unggahan berjudul My Escape (Pelarian Saya), dia menulis tentang kehidupan di Azeroth.

“Keterbatasan saya tidak dipersoalkan, belenggu saya hancur dan saya bisa menjadi siapapun yang saya inginkan. Di sana saya merasa normal,” tulisnya.

Mats membagikan tulisannya itu kepada para anggota Starlight. Satu per satu. Itulah proses bagimana mereka akhirnya mengetahui kondisi yang dihadapi Mats dalam dunia offline.

Lisette mengingat kembali saat-saat ia membaca blog milik Mats pertama kali.

“Saya tumbang. Hati nurani saya terluka karena saya beberapa kali menggodanya di permainan gim dan tak pernah betul-betul sengaja melakukannya.”

“Lalu saya berpikir, ‘Apakah saya harus mengubah perilaku terhadapnya?’ Namun saya memutuskan tetap bersikap seperti biasanya. Dia juga menuliskan itu sebagai keinginannya.”

Tanggal 18 November 2014, Mats meninggal.

Dalam kondisi kritis, Mats dilarikan ke rumah sakit. Dokter sempat berhasil membuat kondisinya stabil dan mempertimbangkan untuk memulangkannya.

Namun belakangan seluruh keluarga Mats diminta segera datang ke rumah sakit.

“Dia berada di lantai empat, di ruangan di ujung koridor. Setiap detik sangat berharga. Koridor itu sangat panjang,” kata Robert.

Robert dan istrinya, Trude, datang terlambat.

Foto yang diabadikan Robert memperlihatkan seorang anak muda yang pucat dengan rambut berombak. Foto itu menggambarkan mata, hidung mancung dan mulut yang selama ini selalu ditutup masker pernafasan.

Mats terlihat seperti tengah tertidur pulas.

Beberapa tahun sebelum itu, Lisette membuatkan Mats sebuah gambar. Ibelin menopang Rumour. Syal menutup hidung dan mulut Ibelin.

“Mats menerima gambar itu melalui email,” kata Robert. “Sekarang gambar itu tergantung di tembok rumah kami.”

Sehari setelah Mats wafat, seluruh keluarganya berada di rumah. “Bel terus berbunyi, karangan bunga dan tetangga berdatangan. Kami menangis,” kata Robert.

Robert memikirkan orang yang harus ia beri kabar tentang kematian Mats. Dia mengingat para pemain gim dan mencari cara berkomunikasi dengan mereka secara langsung.

“Sebelum Mats meninggal, saya tidak pernah berpikir dapat memiliki kata sandinya.” Tapi kini Robert sangat membutuhkannya.

“Ketika itu, pikiran saya lalu tertuju pada blognya.”

Faktanya, Mats pernah memberi ayahnya kata sandi untuk masuk ke blognya. Saat itu, tujuannya agar Robert dapat terus-menerus memeriksa seberapa sering unggahan Mats dibaca publik.

“Anda tidak tahu siapa yang berperan dalam kehidupan anak Anda jika Anda tak mengenal dunia digital mereka,” kata Anne Hamill alias Chit, pakar psikologi berusia 65 tahun asal Inggris, yang juga berstatus anggota Starlight.

“Buat kesepakatan dengan anak Anda tentang bagaimana berkomunikasi dengan kawan-kawan dunia digital mereka, kalau-kalau sesuatu terjadi.”

“Kalau tidak, mereka memiliki sekelompok teman yang akan terus bertanya-tanya tentang apa yang terjadi,” kata Anne.

Di akhir unggahan blog tentang kematian Mats, Robert menuliskan alamat email bagi siapapun yang ingin berkomunikasi dengannya.

“Saya menulis itu lalu menangis. Saya mengetuk tanda ‘terbitkan’. Saya tidak tahu apakah akan ada balasan yang masuk sampai email pertama datang, sebuah pesan belasungkawa dari salah satu anggota Starlight.”

“Saya membaca email itu keras-keras, ‘Sangat pedih menulis pesan untuk seseorang yang tidak pernah saya temui, tapi sangat saya kenal.’ Pesan itu menghadirkan kesan mendalam,” ujar Robert.

Setelah itu datang lebih banyak pesan berisi ucapan duka cita dan tentu kehidupan Mats dalam permainan online itu.

“Mats melampaui batasan fisik dan memperkaya banyak orang di dunia,” begitu salah satu pesan itu.

“Kepergian Mats sangat memukul saya. Saya tak dapat menuliskan kata-kata betapa rindunya saya pada dia.”

“Saya tak percaya satupun orang di Starlight. Tapi jika saya harus memilih, saya hanya akan mempercayainya,” demikian pesan lain untuk Mats.

Ketika Starlight mengetahui kematian Mats, mereka mengumpulkan uang sehingga mereka yang berkantong tipis berkesempatan pergi ke Norwegia untuk menghadiri pemakaman.

Robert berkata, keluarganya sangat tersentuh.

“Kami mengangis dan terus menangsis akibat kebahagiaan emosional yang datang dari kenyataan tentang kehidupan Mats.”

“Dengan kawan-kawan yang nyata, orang-orang baik yang sangat peduli dan bersedia datang dari negara lain untuk melihat pemakaman orang yang tidak pernah mereka temui. Ikatan itu sangat kuat,” kata Robert.

Lisette datang dari Belanda. Begitu pula Anne yang terbang dari Inggris, Janina dari Finlandia, dan Rikke dari Denmark.

Atas nama anggota Starlight, Kai yang asli Oslo juga menggelar kebaktian.

“Saat kita berkumpul di sini, sebuah lilin dinyalakan bagi Mats di Belanda. Lilin lain dihidupkan di pusat Irlandia, dan di sebuah perpustakaan di Swedia.”

“Peringatan terhadapnya dilakukan di salon kecantikan di Finlandia, kantor pemerintahan di Denmark, dan banyak tempat di Inggris.”

“Di seluruh Eropa, Mats diingat oleh lebih banyak orang dibandingkan mereka yang punya kesempatan datang ke pemakaman ini.”

“Saya bertemu Mats di dunia di mana tidak ada persoalan tentang siapa dirimu, tubuh seperti apa yang kamu miliki atau bagaimana kamu terlihat di dunia nyata, di balik papan tuts,” ujar Kai.

“Di dunia itu, yang terpenting adalah sosok apa yang kamu pilih dan bagaimana kamu bersikap terhadap orang lain.”

“Yang menentukan siapa dirimu, adalah apa yang ada di sini (Kai meletakkan tangannya ke tempat peribadatannya) dan di sini (Kai menyentuh hatinya).”

Dalam blog miliknya, Mats menulis tentang monitor komputer yang ditatapnya hampir seumur hidupnya, “Ini bukan monitor, ini adalah gerbang ke manapun hatimu berkehendak.”

Vicky Schaubert bekerja untuk stasiun radio publik milik pemerintah Norwegia, Norsk rikskringkasting (NRK) di Oslo. Anda dapat membaca karyanya melalui tautan ini.

Kredit foto paling atas: Blizzard Entertainment/Patrick da Silva Saether/NRK


(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

7 Destinasi Seru Terinspirasi Film, dari Mission Impossible hingga Marlina Si Pembunuh dalam 4 Babak

Liputan6.com, Jakarta – Film tak hanya menampilkan cerita menarik, tetapi latar tempat syuting bisa menjadi elemen pemikat mata penonton. Bahkan karena film, sejumlah tempat di dunia bisa dikenal khalayak luas dan bahkan menjadi kunjungan wajib pelancong.

Tak melulu film asing, film Indonesia juga menjadi media promosi efektif tempat wisata yang tak boleh dilewatkan. Anda pasti masih ingat bagaimana Laskar Pelangi mengubah Belitung dari tempat yang tak dikenal menjadi populer bagi turis, terutama dari dalam negeri.

Selain film itu, masih ada destinasi liburan seru yang terungkap lewat film. Laman pemesanan hotel, Agoda merunut sejumlah tempat wisata yang terinspirasi film blockbuster dan sayang untuk dilewatkan.

1. Mission Impossible: Fallout

Jika Anda senang menjadi pahlawan super selama satu atau dua hari, berkunjunglah ke Queenstown, Selandia Baru, tempat Mission Impossible: Fallout merekam adegan aksi helikopternya. Cobalah berwisata naik helikopter dan nikmati olahraga ekstrem Selandia Baru lainnya, mulai dari bungee jumping hingga ski helikopter.

2. Jurassic Park: Fallen Kingdom

Jika Anda lebih menyukai Sci-Fi dan kesempatan untuk bertemu dinosaurus di dunia modern, pergilah ke Oahu, Hawaii yang menjadi lokasi syuting Jurassic Park: Fallen Kingdom.

Destinasi ini tidak hanya menjadi latar belakang yang menawan untuk syuting film tentang makhluk yang telah punah, tetapi juga bagi para pelancong yang mencari tempat liburan yang dikelilingi oleh laut, gunung berapi, olahraga luar ruangan dan alam yang asri.

3. Crazy Rich Asian

Crazy Rich Asians, film komedi romantis yang seluruh pemainnya berdarah Asia itu membuat banyak pelancong berduyun-duyun mengunjungi Singapura. Film ini berlokasi di beberapa titik di Singapura, mulai dari Gardens by the Bay hingga deretan jajanan kaki lima di Newton Food Centre.


2 dari 3 halaman

4. Black Panther

Black Panther merekam adegan pertarungan di kasino yang epik dan kejar-kejaran mobil di Busan, Korea Selatan, sebuah kota yang bisa dibilang lebih indah di malam hari daripada di siang hari.

Meskipun kasino bawah tanah yang glamor itu tidak ada di kehidupan nyata, Anda tetap bisa berpura-pura menikmatinya di salah satu lounge koktail atau klub malam Busan yang megah. Di siang hari, kunjungilah pantai, sumber air panas, kuil, dan tempat-tempat pemujaan di Busan yang tak terekam di film.

5. A Star Is Born

City of Angels alias Kota Los Angeles menjadi latar belakang banyak adegan dalam pembuatan ulang (remake) film A Star is Born, drama romantis tentang musisi country berpengalaman yang ketenarannya dikalahkan oleh pasangannya yang kariernya terus menanjak.

Di sepanjang film, banyak adegan konsernya yang terkenal direkam di sejumlah tempat di Los Angeles, termasuk gedung konser musik Greek Theatre berkapasitas 5.870 kursi, Regent Theatre yang klasik, serta Shrine Auditorium, gedung bersejarah di mana banyak ajang penghargaan film dan musik telah diadakan.

6. Bohemian Rhapsody

Jika Anda lebih suka musik rock klasik daripada country, film biografi pemenang penghargaan yang berkisah tentang salah satu band rock terbaik sepanjang masa ini harus ada dalam daftar film wajib tonton Anda.

Film Bohemian Rhapsody banyak mengambil adegan pertunjukan Live Aid band Queen di Stadion Wembley. Merupakan rumah bagi sepak bola Inggris, Wembley juga masih menjadi salah satu tempat paling populer bagi artis-artis besar untuk tampil.

3 dari 3 halaman

7. Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak

Film yang dibintangi Marsha Timothy sebagai pemeran utama itu berhasil menangkap gambar-gambar cantik Tanah Sumba yang misterius dan berbukit-bukit di Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Ikuti perjalanan Marlina dengan menunggangi kuda melintasi padang rumput sebelum mengunjungi desa-desa di puncak bukit dan rumah-rumah adat yang dijaga oleh makam-makam megalitik yang menarik.

Pulau yang memiliki sedikit penghuni ini juga merupakan tujuan ideal bagi para pencinta alam yang dapat menikmati danau, air terjun dan taman nasional yang indah di pulau tersebut.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Bijih Uranium Ditemukan di Museum Grand Canyon, Wisawatan Dalam Bahaya

Liputan6.com, Arizona – Selama hampir 20 tahun, tiga dari lima ember cat (setara dengan 19 liter air), ditempatkan di dekat pameran taksidermi di gedung koleksi museum Taman Nasional Grand Canyon, Arizona, Amerika Serikat.

Ketiga ember itu, ternyata, tidak berisi pewarna tembok, namun bijih uranium –batuan alami yang kaya akan uranium, mengeluarkan radiasi yang berpotensi berbahaya bagi makhluk hidup di Bumi. Tak ada satu pun orang yang mengetahui isinya sebelum ini.

Elston “Swede” Stephenson, seorang manajer kesehatan dan kebugaran di taman South Rim, adalah orang yang mengklaim menemukan uranium tersebut. Selanjutnya, ia mengabarkan ke publik melalui serangkaian email ke Kongres, rekannya di National Park Service dan staf di koran The Arizona Republic.

Stephenson memperingatkan bahwa ribuan pegawai, wisatawan, dan kelompok sekolah yang mengunjungi pameran tersebut antara tahun 2000 dan 2018, kemungkinan terpapar dengan radiasi yang berbahaya, terutama anak-anak yang duduk selama 30 menit di sekitar uranium.

Bocah-bocah ini mungkin telah terjangkit sekitar 1.400 kali dosis radiasi yang aman, yang distandarkan oleh Nuclear Regulatory Commission, Stephenson menulis. Namun, beberapa ahli menegaskan bahwa penilaian Stephenson tidak berdasar.

“Jika waktu yang dihabiskan di dekat bijih itu pendek, kemungkinan ada sedikit alasan untuk khawatir,” Bill Field, seorang profesor Kesehatan Kerja dan Lingkungan di University of Iowa, mengatakan kepada Live Science dalam email, sebagaimana dikutip pada Jumat (22/2/2019).

Seiring waktu, uranium dapat terurai menjadi bahan radioaktif seperti radium, dan melepaskan gas berbahaya seperti radon. Studi tentang penambangan uranium telah menunjukkan bahwa kontak yang terlalu lama dengan produk peluruhan uranium dapat meningkatkan kemungkinan terkena kanker.

Menurut F. Ward Whicker, seorang ahli radioekologi dan profesor emeritus di Colorado State University, bijih uranium mampu memancarkan partikel gamma –jenis radiasi yang paling berbahaya.

“Jumlah paparan radiasi dari sumber terestrial alami dan sinar kosmik galaksi, jauh lebih tinggi daripada yang disadari kebanyakan orang,” kata Whicker kepada Live Science dalam email.  “Kehidupan berkembang di lingkungan radiasi konstan ini, karena mekanisme perbaikan DNA beroperasi secara efisien dan cepat dalam sel –asalkan intensitas paparan radiasi berada dalam level tertentu.”

Modi Wetzler, seorang profesor kimia di Clemson University yang mempelajari limbah nuklir, mengatakan kepada The Arizona Republic bahwa, di samping membahayakan tubuh jika dihirup, namun sinar gamma mudah diserap dan tidak berbahaya bila jumlahnya hanya beberapa inci di udara, atau bahkan di luar lapisan kulit mati seseorang.

Setelah seorang remaja dengan sebuah konter Geiger (alat yang digunakan untuk mendeteksi dan mengukur radiasi pengion) secara tidak sengaja menemukan ember bijih di museum pada Maret 2018, Parks Service meluncurkan penyelidikan singkat untuk menguji tingkat radiasi di dalam dan sekitar gedung.

Menurut laporan mereka (yang dikutip Stephenson dari The Arizona Republic), kontak langsung dengan bijih uranium menghasilkan tingkat radiasi kira-kira dua kali lipat dosis tahunan aman yang dipatok oleh Nuclear Regulatory Commission.


Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Langkah Selanjutnya

Bijih uranium telah dibuang di tambang uranium terdekat. Sementara itu, Park Service, U.S. Occupational Safety and Health Administration dan Arizona Bureau of Radiation Control sekarang menyelidiki museum dan bangunannya.

Menurut Emily Davis, Grand Canyon National Park Public Affairs Officer, tingkat radiasi di lokasi tersebut normal dan aman.

“Sebuah survei baru-baru ini dari fasilitas pengumpulan data museum Taman Nasional Grand Canyon menemukan tingkat radiasi di sana masih bertaraf rendah –jumlah yang umumnya ada di lingkungan– dan di bawah tingkat kepedulian terhadap kesehatan dan keselamatan masyarakat,” Davis mengatakan kepada NPR.

“Tidak ada risiko berbahaya saat ini untuk karyawan publik atau Grand Canyon. Fasilitas pengumpulan data museum masih terbuka untuk umum dan rutinitas kerja terus berjalan seperti biasa.”

Meskipun mungkin tampak diabaikan, bijih uranium diduga meningkatkan kadar radon di dalam gedung museum, kata Field kepada Live Science.

“Fasilitas itu harus melakukan pengujian radon,” ungkap Field. “Namun, dalam jangka panjang, potensi paparan dari radon, dari sumber alami di tanah dan batuan di bawah fasilitas tersebut, kemungkinan akan menjadi sumber radiasi terbesar bagi masyarakat dan pekerja.”

Pakistan Beri Kado Pistol Emas ke Putra Mahkota Saudi

Liputan6.com, Islamabad – Pemerintah Pakistan nampaknya ingin memberikan kesan mendalam bagi Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS).

Selain menyambut kedatangan dengan potret diri MBS berukuran besar yang menjadi sorotan dunia, baru-baru ini terkuak satu kado mewah yang diberikan oleh Islamabad.

Tidak tanggung-tanggung, Pakistan memberikan pistol berlapis emas. Benda berharga itu diberikan saat kunjungan kenegaraan MBS beberapa hari lalu. Hal ini menjadi sorotan dunia, setidaknya sejak dilaporkan oleh CNN pada Rabu 20 Februari 2019.

Senjata yang diberikan Pakistan adalah Heckler & Koch MP5, senapan mesin ringan buatan insinyur Jerman, dikutip dari CNN, Jumat (22/2/2019).

Tampak emas dilapiskan pada badan senapan mesin. Di permukaan itu, terukir pola yang sangat unik dan tidak biasa. Kesan emas yang berkilau bersanding dengan warna hitam senapan yang sangat gagah.

Sebelum Pakistan memberikan pistol emas sebagai kado kunjungan, Riyadh dan Islamabad telah sepakat setidaknya dalam dua hal penting.

Pakistan dan Saudi menyepakati perjanjian investasi senilai US$ 20 miliar (sekitar Rp 281,27 triliun) pada Minggu 17 Februari 2019.

Selanjutnya, MBS mengabulkan permohonan Pakistan untuk membebaskan 2.100 warga negaranya yang ditahan di penjara Saudi. Hal itu disampaikan oleh Menteri Informasi Pakistan Fawad Chaudry.


Simak pula video pilihan berikut:

2 dari 2 halaman

Misteri Pemberian Pistol Berlapis Emas

Belum diketahui alasan mengapa Islamabad memilih memberikan kado senjata yang unik dan mewah tersebut.

Publik dapat saja menerka-nerka, kemungkinan adanya hubungan antara hadiah mewah dengan kebaikan MBS mengucurkan dana investasi kepada Pakistan dalam jumlah besar. Di samping itu, bisa pula sebagai ungkapan rasa syukur atas keputusan pembebasan 2.100 narapidana Pakistan.

Namun yang lebih penting, hingga saat ini masih menjadi misteri apakah ada hubungan yang signifikan antara kado senjata mahal tersebut dengan kontroversi keterlibatan MBS dalam kematian jurnalis Jamal Khashoggi.

Khassoggi sendiri dibunuh secara misterius di konsulat Istanbul pada Oktober lalu. Para pejabat intelijen AS mengatakan bahwa pembunuhan tidak mungkin dilakukan tanpa sepengetahuan MBS.

Meskipun demikian, pemerintah Arab Saudi telah membantah berulang kali keterlibatan sang putra mahkota. Otoritas negeri minyak juga mengatakan telah menghukum 11 tersangka yang terkait dengan kasus tersebut.

Cara Mengganti Nama Facebook Lewat PC dan HP, Tanpa Ribet

Liputan6.com, Jakarta Facebook merupakan salah satu media sosial yang dapat mempermudah kita untuk selalu berhubungan dengan kerabat, keluarga ataupun orang baru yang belum kita kenal. Berbagai fitur di jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg memudahkan kita untuk terhubung meski pun ada hambatan jarak. 

Tak bisa dimungkiri, Facebook kini telah menjadi salah satu platform media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia. Bahkan, beberapa orang diantaranya menjadikan akun Facebook-nya dengan nama panggilan agar terkesan unik.

Namun. beberapa di antara mereka yang merasa bosan dengan nama panggilan, ingin mengubah kembali menjadi nama asli di Facebook. Jika kamu sudah mulai bosan dengan nama Facebookmu ,kamu bisa menempuh cara mengganti nama Facebook.

Bagaimana cara mengganti nama Facebook? Kamu saat ini sedang berada di laman yang tepat, karena pada artikel ini akan membahas cara mengganti nama Facebook. Cara mengganti nama Facebook bisa dibilang cukup sederhana, simak cara mengganti nama Facebook baik-baik yaa

Berikut  Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/2/2019) cara mengganti nama Facebookyang bisa langsung kamu coba!

2 dari 5 halaman

Cara mengganti nama Facebook lewat PC

1. Cara pertama yang harus dilakukan adalah beranjak ke situs web Facebook

2. Lalu, buka menu drop-down, berbentuk ikon panah yang ada di sudut kanan atas

3. Kemudian, klik settings (pengaturan)

4. Pada direktori General, klik opsi tulisan name (nama)

5. Selanjutnya, kamu bisa mengubah nama sesuai yang diinginkan

6. Terakhir, klik “Review Change”

Perlu diketahui, selain bisa mengubah nama, kamu bisa juga menambahkan nama tengah (opsional) dan nama belakang yang telah tersedia.

3 dari 5 halaman

Cara mengganti nama Facebook lewat HP

Selain mengubah nama melalui desktop, ada cara alternatif lain yang dapat dilakukan melalui smartphone Android dan iOS. Berikut langkah–langkah yang dapat dicoba :

1. Buka aplikasi Facebook di smartphone

2. Kemudian, klik tombol menu yang berada di sudut kanan atas

3. Lalu, geser ke bawah sampai menemukan “Pengaturan & Privasi”

4. Klik “Pengaturan”

5. Selanjutnya, klik “Informasi Pribadi”

6. Pilih “Nama”

7. Kemudian, kamu bisa mengubah nama sesuai yang diinginkan

8. Dan terakhir, klik “Review Change”

Sama seperti desktop, kamu bisa menambahkan nama tengah (opsional) dan nama belakang.

4 dari 5 halaman

Penggunaan Nama Faceboook

Facebook adalah suatu komunitas tempat semua orang menggunakan nama yang mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebaiknya nama pada profil Facebokmu merupakan nama yang digunakan teman-temanmu untuk memanggil kamu dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan nama asli, tentunya akan mempermudah temanmu untuk menemukanmu.

Nama ini juga harus terlihat pada tanda pengenal atau dokumen dari daftar tanda pengenal Facebook. Kamu bisa menuliskan nama panggilan sebagai nama depan atau nama tengah jika merupakan variasi dari nama yang sebenarnya (misalnya Bob untuk Robert).

Kamu juga dapat mencantumkan nama lain di akun Facebookmu (misalnya: nama gadis, nama panggilan, nama profesional).

Profil Facebook hanya untuk penggunaan individu. Kamu dapat membuat Halaman untuk sebuah bisnis, organisasi, atau gagasan. Dan hal yang penting yang harus diingat adalah dilarang berpura-pura menjadi apa pun atau siapa pun, karena menjadi dirimu sendiri tentu lebih baik.

5 dari 5 halaman

Aturan nama yang diizinkan di Facebook

Namun, Facebook juga memiliki peraturan ketika ingin mengganti nama dala akunnya. Banyaknya kasus, penyamaran, penipuan membuat Facebook menerapkan aturan dibawah ini. Dalam proses penggantian nama Facebook tidak boleh mencantumkan:

1.   Simbol, angka, penggunaan huruf besar yang tidak sewajarnya, pengulangan karakter, atau tanda baca.

2. Karakter dari beragam bahasa.

3. Gelar apa pun (misalnya: profesional, keagamaan).

4. Kata atau frasa umum, bukan nama.

5. Kata yang menyinggung atau menyiratkan sesuatu yang tidak pantas.

Jika kamu tidak bisa mengganti nama di laman Facebookmu, mungkin kamu telah melakukan beberapa kesalahan sebagai berikut

1. Nama kamu tidak mematuhi kebijakan dalam aturan penggantian nama Facebook di atas

2. Kamu baru saja mengubah nama akun Facebookmu dalam 60 hari terakhir atau kamu terlalu sering mencoba mengubahnya.

3. Kamu sebelumnya diminta untuk mengonfirmasikan namamu di Facebook.

4. Namamu tidak cocok dengan nama yang muncul pada item di daftar tanda pengenal Facebook.

Namun, jika kamu tetap mengalami masalah saat penggantian nama akun Facebookmu. Kamu bisa mengisi formulir untuk meminta perubahan nama dan mengonfirmasikan namamu. Atau kamu bisa mengunjungi link berikut

https://www.Facebook.com/help/contact/1417759018475333

Nah, uraian diatas adalah cara mengganti nama Facebook yang bisa kamu praktikan.  Amat sangat mudah bukan?  Jangan lupa untuk memperhatikan aturan nama Facebook yang telah berlaku seperti tulisan di atas. Jika kamu mengalami kendala, langsung mengubungi Facebook untuk meminta memperbaikinya.  Selamat mencoba!

3 Cara Memblokir FB Sendiri Permanen atau Semetara, Mudah dan Cepat

Liputan6.com, Jakarta Facebook (FB) adalah salah satu media sosial paling populer. Tak bisa dipungkiri, hampir semua orang terkoneksi di jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg tersebut. Berbagai fitur di Facebook memang memudahkan kita untuk keep-in-touch lagi dengan teman lama, keluarga jauh, atau teman-teman dekat di sekitar kita. 

Namun, sejak munculnya soal kebocoran data di Facebook. Di AS, data privasi pengguna Facebook dibocorkan dan disalahgunakan untuk mempengaruhi suara politik dari masyarakat, dan akan berimbas besar ke hasil pemungutan suara di Pemilu Presiden 2016 lalu. Tentu ini adalah sesuatu yang mencoreng nilai demokrasi.

Parahnya, Facebook menyatakan ada 10 negara yang disinyalir datanya disalahgunakan oleh Cambridge Analytica, dan di antara daftar tersebut ada Indonesia. Namun kini Facebook tak lagi semenyenangkan dulu. Banyak hal yang membuat makin lama kita makin malas berjejaring lagi di Facebook.

Sudah banyak kampanye bergulir untuk memboikot Facebook, senada dengan tagar #DeleteFacebook yang telah jadi tren global. Menghapus akun Facebook pun telah dilakukan oleh banyak sekali pengguna di seluruh belahan dunia.

Setelah melihat perkembangan Facebook saat ini apakah kamu masih ingin menggunakan Facebook?

Apakah kamu ingin tahu cara memblokir akunmu Facebook sendiri baik sementara atau permanen? Berikut liputan6.com rangkum cara memblokir FB sendiri baik secara permanen atau sementara.

2 dari 4 halaman

A. Cara memblokir FB sendiri ‘permanen’ lewat PC atau Laptop

Umumnya cara memblokir akun Facebook secara permanen ini akan memakan waktu selama 14 hari hingga 90 hari, tergantung banyaknya pos yang kamu kirim di Facebook selama kamu jadi pengguna.

Untuk lebih aman, kamu juga disarankan untuk ‘download copy’ atau unduh salinan berbagai pos di Facebook kamu mulai dari kiriman Wall personal, foto, dan profil. Caranya, tinggal masuk ke menu pengaturan, lalu pilih “unduh salinan” yang berada di paling bawah, lalu klik “unduh arsip”.

Ini cara memblokir FB sendiri permanen lewat PC atau Laptop.

1. Buka browser kamu dan login pada halaman Facebook seperti biasa. Lanjut dengan mengunjungi halaman berikut ini https://www.facebook.com/help/delete_account.

2. Di sini kamu bisa melihat halaman yang terbuka berdasarkan link yang telah disebutkan sebelumnya. Klik tombol Hapus Akun Saya.

3. Setelah itu akan muncul konfirmasi untuk mengisi password dan kode yang disediakan. Setelah kamu mengisi keduanya, klik tombol OK. Bagian ini akan mengonfirmasi jika kamu benar-benar ingin memblokir FB sendiri secara permanen.

4.  Jika kamu sudah yakin, klik OK. Akun kamu sudah berhasil diatur dalam perintah pemblokiran.

5.  Kemudian, akan terdapat informasi yang diberikan oleh Facebook atau pemberitahuan bahwa kamu masih dapat membatalkan tindakan pemblokiran akun Facebook kamu.

6.  Caranya dengan login ke Facebook seperti biasa dalam kurun waktu 14 hari ke depan. Jika kamu tidak login sama sekali selama 14 hari tersebut maka akun Facebook kamu akan diblokir  secara permanen atau selamanya.

7.  Setelah melakukan langkah di atas, Facebook otomatis mengembalikan ke halaman awal sebelum login.

3 dari 4 halaman

B. Cara memblokir FB sendiri ‘sementara’ lewat PC atau Laptop

Bagi kamu yang berencana untuk memblokir akun FB hanya untuk sementara waktu. Berikut langkah-langkah yang harus kamu ikuti.

1.  Buka browser pada PC atau Laptop. Lalu login akun Facebook yang akan kamu blokir.

2.  Pada halaman Beranda, klik tanda panah bawah di akhir menu dan kemudian pilih pengaturan.

3.  Kemudian kamu akan mendapati halaman Pengaturan Umum Akun dan Klik Edit pada bagian Kelola Akun.

4.  Setelah itu akan muncul pengaturan di bawah Kelola Akun. Pada bagian Nonaktifkan akun kamu, klik tulisan Nonaktifkan akun kamu yang berwarna biru.

5.  Langkah selanjutnya adalah kamu kamu harus memberi alasan menonaktifkan akun Facebook. Kamu bisa memiliih bermacam alasan dan setiap alasan yang kamu pilih, jangan lupa untuk menjelaskannya pada kolom yang ada tulisan harap jelaskan lebih lanjut.

6. Kamu juga dapat mencentang bagian tolak email, jika kamu tidak ingin ada inbox yang masuk ke email kamu dari Facebook nantinya. Kemudian, klik tombol Tutup.

7. Kemudian akan muncul kotak dialog yang akan meverifikasi kamu kembali. Jika yakin untuk menonaktifkan akun Facebook kamu, klik tombol nonaktifkan Sekarang.

8. Selanjutnya ini akan terlihat info bahwa akun Facebook kamu telah berhasil dinonaktifkan sementara.  Namun, untuk mengaktifkannya kembali, Anda bisa login seperti biasa.

4 dari 4 halaman

C. Cara memblokir FB sendiri lewat Hp Android

Nggak jauh berbeda dengan PC/laptop, cara memblokir facebook sendiri melalui aplikasi dan browser di Android juga bisa kamu dilakukan.

1. Buka aplikasi Facebook pada Android kamu, dan login. Klik pada menu tiga garis horizontal.

2. Lakukan scrolling ke bawah, pilih Settings & Privacy.

3. Pilih Account Settings.

4. Klik opsi General.

5. Klik Manage Account.

6. Klik Deactivate untuk menonaktifkan akun.

7. Pilih alasan menonaktifkan akun sementara. Jangan lupa untuk mengisi alasannya pada kolom yang tersedia di bawah opsi.

8. Centang untuk menolak email dari Facebook dan klik tombol Deactivate.

9. Akun kamu sudah berhasil dinonaktifkan sementara.

10. Klik OK untuk keluar dari akun.

Sandi: Sulit Cari Buah Lokal, Tapi Buah Impor Banyak

Banyuwangi – Cawapres nomor 02 Sandiaga S Uno mengunjungi Banyuwangi, Jawa Timur. Dalam kunjungannya pria yang beken disapa Sandi ini bicara sulitnya buah lokal bersaing dengan impor.

Pasangan dari Capres Prabowo Subianto ini juga prihatin dengan harga buah naga yang anjlok.

“Kami sangat kesulitan mencari buah lokal, tapi buah impor banyak sekali. Menurut saya ini ada yang salah dalam kebijakan penanganan buah impor,” ujar Sandiaga yang diamini oleh para petani Buah naga dan jeruk di Desa Wringinpitu, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi, Kamis (21/2/2019).


Menurut Sandi buah lokal kaya dengan vitamin dan bagus untuk kesehatan. Selain lebih fresh, harga buah lokal lebih murah dan bisa meningkatkan taraf hidup petani lokal. Sandi mencontohkan buah Naga.

“Buah naga sangat bagus untuk tubuh kita. Banyak vitamin dan jika kita konsumsi buah lokal pasti bisa membantu para petani. Jika Insyaallah terpilih, sektor pertanian akan kita prioritaskan. Jangan sampai harga anjlok petani merugi” kata Sandi.

Sandiaga juga sempat mendengarkan aspirasi para petani yang kesulitan dengan mahalnya harga pupuk, harga panen yang anjlok dan kurangnya diversifikasi hasil panen pertanian khususnya buah naga dan jeruk.

“Kami sangat terpukul dengan anjloknya harga buah naga. Saya pernah menjual buah naga yang terlalu matang Rp 500 kilogram. Hasilnya saya belikan sarung untuk ibadah. Sarungnya saya bawa ini. Dengan kerendahan hati sarung ini saya berikan ke Pak Sandiaga saja,” ujar Sulistio, salah satu petani buah naga di Banyuwangi.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga sempat memanen buah naga di salah satu kebun warga. Sandiaga terjun langsung ke kebun membaur dengan masyarakat.

“Pasti kami akan pedulikan nasib para petani ini. Jangan sampai ada harga yang membuat petani rugi. Jika kita terpilih, akan ada pabrik besar yang akan menampung panen petani dan masyarakat juga nanti bisa membuat usaha yang baik. Kita akan kawal mulai dari kebun, kemasan, hingga panen. Seperti Oke Oce yang sudah berhasil kita terapkan di Jakarta,” kata Sandi. (hns/hns)

Gerindra Tepis Fadli Copy-Paste Incognito Jokowi: Jangan Kebakaran Jenggot!

Jakarta – Belakangan ini, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengikuti gerak-gerik capres petahana Joko Widodo (Jokowi). Setelah mengikuti gaya Jokowi pangkas rambut di Garut, Fadli meniru kunjungan incognito Jokowi ke Tambak Lorok, Semarang. Apa maksud Fadli?

Anggota Badan Komunikasi DPP Partai Gerindra Andre Rosiade tak sepakat jika Fadli disebut meniru Jokowi. Menurutya, Fadli hanya menjalankan tugas sebagai anggota Partai Gerindra maupun anggota Dewan.

“Biasa saja, tidak usah ada yang kebakaran jenggot dengan yang dilakukan Bang Fadli itu,” kata Andre kepada wartawan, Kamis (21/2/2019).


Andre menyebut kunjungan Fadli ke Tambak Lorok sebagai anggota Dewan sudah sesuai dengan kerja pengawasan terhadap pemerintah. Dia menyebut Fadli tertarik untuk mengetahui dampak dari kunjungan incognito Jokowi. Kunjungan Fadli ke Tambak Lorok dikatakan Andre sebagai anggota Dewan.

“Saya rasa yang dilakukan Bang Fadli sebagai anggota DPR itu hal-hal yang wajar-wajar saja, beliau ingin mengawasi pemerintah dengan mengecek incognito Pak Jokowi yang ‘legendaris’. Dia bilang hanya berdua sama supir, tanpa pengawalan. Ternyata dibilang ada pengawalannya,” sebut Andre.

“Ini kan menarik ya, sehingga mungkin Bang Fadli jadi penasaran, beliau sebagai anggota Dewan bertugas mengawasi pemerintah melakukan dan mengecek apakah memang kunjungan Pak Jokowi ke Tambak Lorok sudah memberikan added value, manfaat bagi masyarakat atau nelayannya semakin makmur, semakin baik nasibnya di sana atau memang masih susah,” ucap Andre.

Soal Fadli yang ke Garut dan melakukan cukur rambut seperti Jokowi, Andre mengatakan hal itu dilakukan demi mengecek klaim Jawa Barat sudah dikuasai sang petahana. Menurutnya, kunjungan Fadli ke Garut sebagai anggota partai.

“Kalau ke Garut kan Bang Fadli ingin menyatakan, waktu itu ada klaim Jawa Barat khususnya Garut sudah mendukung Pak Jokowi sepenuhnya. Bang Fadli ingin membuktikan, ternyata klaim Jabar sudah menang, Garut dimenangi Pak Jokowi ternyata kan pepesan kosong. Biasalah Bang Fadli sebagai waketum kami, sebagai wakil ketua DPR bertugas, baik mengecek soal klaim di Garut maupun mengecek kinerja Pak Jokowi di incognito itu sebagai pimpinan DPR RI. Bagian dari dinamika politik Indonesia,” sebutnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Fadli Zon dikritik copy paste oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi saat mengunjungi Nelayan Tambak Lorok, Semarang. Mendapat komentar itu, Fadli Zon mengaku tidak masalah.

Menurut Fadli Zon, kedatangannya ke nelayan Tambak Lorok, Semarang adalah kebetulan ketika dia melakukan kunjungan ke Semarang.

“Tadi datang ke sana kebetulan dekat wilayah itu, ya mampir, yang mana sih yang disebut Tambak Lorok, ooh itu, terus berdialog dengan nelayan. Juga tidak ada rencana, namanya juga Go Show,” ungkap Fadli Zon.
(gbr/fdu)



<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Legenda Nyi Roro Kidul Diangkat Jadi Film Lukisan Ratu Kidul

Liputan6.com, Jakarta – Kisah legenda Nyi Roro Kidul tidak lama lagi akan diangkat ke layar lebar. Dee Company dan Blue Water Film, menggarap sebuah film baru berjudul Lukisan Ratu Kidul.

Film Lukisan Ratu Kidul dibintangi oleh Ussy Sulistiawaty, Teuku Zacky, dan Wafda. Namun dalam film ini, sang sutradara tidak terlalu memfokuskan kepada sosok Nyi Roro Kidul, tetapi lebih kepada lukisannya yang melegenda.

“Kita bukan ngomongin sejarah Nyi Roro Kidul. Kita bicara lukisannya gabungin ke horor modern style. Jadi it’s all about lukisannya itu,” kata sang sutradara, Ginanti Rona, saat ditemui di XXI Metropole, Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Sang produser film Lukisan Ratu Kidul menambahkan bahwa lukisan yang selama ini dikenal orang itu memang menyimpan banyak misteri. Kisah seputar Nyi Roro Kidul memang sudah banyak diangkat menjadi film, namun untuk lukisannya secara khusus, belum ada yang mengangkatnya. Berangkat dari situ lah film ini dibuat.

2 dari 3 halaman

Fenomenal

“Lukisan ini sudah sangat fenomenal ya. Menarik tentunya sebuah lukisan diangkat ke sebuah film,” kata sang produser, Dheeraj Kalwani.

3 dari 3 halaman

Sinopsis

Film Lukisan Ratu Kidul sendiri menceritakan tentang sebuah keluarga yang beranggotakan Dimas, Astrid dan Sandra. Teka-teki muncul setelah kakek Dimas, Rusdi Sudibyo, pelukis ternama di era 80-an meninggal.

Dimas mengajak keluarganya pergi mengunjungi rumah sang kakek. Berbagai adegan menegangkan pun mulai terjadi. Film Lukisan Ratu Kidul dijadwalkan akan tayang pada 4 April 2019 mendatang.

Kunjungi Dhani di Rutan Madaeng, Fadli Zon Soroti Over Capacity

Surabaya – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon selama dua jam lebih kunjungan kerja (kunker) di Rutan Klas I Surabaya, Medaeng, Sidoarjo dan sekaligus mengunjungi Ahmad Dhani. Fadli Zon prihatin melihat kondisi Rutan Medaeng.

“Saya keliling melihat semua tempat yang over capacity luar biasa. Kalau saya disini, ini over capacity hampir 500 persen, yang harusnya untuk 550 orang menjadi 2779 orang. Ini luar biasa menurut saya, tapi ini terjadi dimana-mana,” kata Fadli Zon usai kunker di Rutan Klas I Surabaya, Medaeng, Sidoarjo, Rabu (20/2/2019).

Fadli Zon menjelaskan para tahanan yang menghuni Rutan Klas I Surabaya, Medaeng, didominasi perkara narkoba, kemudian disusul oleh pidana umum. Selain itu jumlah tahanan dan petugas perbandingannya jauh.

“Lebih dari 1700-an perkara narkoba, selebihnya pidana umum. Petugas juga relatif tidak terlalu banyak dibanding jumlah orang ini. Sehingga rasionya 1 banding 120-an, petugas juga hanya 129 orang,” ungkap Fadli Zon.
Selama mengelilingi 10 blok yang ada di dalam Rutan Klas I Surabaya, Medaeng. Fadli Zon mengaku melihat tahanan yang tidur dengan cara bergantian.

“Hampir 10 blok saya lihat semua, yang jelas ada soal tidur. Mereka harus bergantian untuk tidur. Kondisi ini harus kita selesaikan bersama,” ujar Fadli Zon.

Wakil Ketua Partai Gerindra tersebut, juga menyoroti besaran tunjangan kesehatan untuk tahanan di Rutan Klas I Surabaya, Medaeng yang hanya Rp 98 juta pertahun. Menurutnya tunjangan kesehatan tersebut terlalu kecil dan tidak cukup.

“Kalau ini ada yang sakit diantara 2779 gimana. Karena ini sebagai transit rumah tahanan, banyak orang keluar dan masuk, seminggu masuk 100, dan keluar sebagian,” ungkap Fadli Zon.

Prihatin dengan kondisi Rutan Klas I Surabaya, Fadli meminta semua pihak untuk memikirkan over kapasitas tahanan. Ia meminta ke depan ada pemikiran untuk perkara narkoba agar bisa dibedakan perkara administratif dan pidana.

“Sebenarnya menurut ahli hukum, sebenarnya ini perkara administratif, bagaimana ada mekanisme lain, bekerja sosial denda atau memang ad rumah tahanan khusus narkoba yang terpisah,” ujar Fadli Zon.

Saat ditanya selama keliling Blok di Rutan Medaeng, apakah sempat melakukan pertemuan khusus? Fadli mengaku sempat ketemu diblok yang dihuni Dhani.

“Sempat ketemu sepintas saja, saya tanya proses hukumnya bagaimana,” ujar Fadli Zon.
(iwd/fdu)



<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>