Kementerian BUMN Gagas Bulan HUT BUMN di Maret dan April 2019

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama dengan seluruh BUMN akan menggelar sejumlah kegiatan sosial dan edukatif yang menarik sepanjang Maret – April 2019.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kementerian BUMN ke 21 dengan semangat slogan “One Nation One Vision One Family To Excellence”.

Slogan tersebut memiliki makna BUMN senantiasa memberikan kontribusi yang sebesar-besarnya untuk negeri, di samping terus mendorong dirinya untuk menjadi pemain tingkat regional.

Kegiatan-kegiatan yang dimaksud yakni program BUMN Goes to Campus di 10 perguruan tinggi yang berada di 10 kota di Indonesia. Program ini memuat agenda seperti CEO Talks, Kelas Kreatif, Magang & Vokasi Bersertifikasi untuk 10 ribu mahasiswa, dan perekrutan bersama BUMN untuk 11 ribu orang.

“Kita akan ajak sekitar 30 ribu mahasiswa dari 10 kampus untuk mengikuti rangkaian kegiatan BUMN Goes to Campus. Pada tahun ini kami juga sengaja memilih perguruan tinggi yang merupakan second tier,” kata Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro dalam acara Rapat Koordinasi BUMN di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Adapun rangkaian kegiatan padat karya tunai dan kegiatan sosial millenials seperti bersih-bersih lingkungan kampung, penanaman pohon, perbaikan MCK dan air bersih untuk pesantren, bersih-bersih sungai atau danau, perbaikan jalan, perbaikan sarana prasarana umum dan pendidikan, pemberian bantuan cooler dan dryer ke kampung nelayan atau petani, serta pencanangan kampung sehat dan digital.

Kemudian, ada pula promo harga ritel dan online produk BUMN kepada masyarakat seperti Solar murah untuk 199.000 nelayan dengan masing-masing paket 5 liter dari Pertamina. Per paketnya akan dijual dengan harga Rp12.500.

Serta promo 1 juta paket komoditi murah yang akan didistribusikan ke seluruh daerah Indonesia.

“Paket komoditi ini berisi kebutuhan bahan pokok seperti beras, minyak goreng, gula, garam dan sarden. Semuanya merupakan produk-produk yang diproduksi oleh BUMN. Harga jualnya yakni sebesar Rp 10.000 per paket dan kita akan distribusikan ke seluruh Indonesia,” ujar Imam.

Bulan HUT Kementerian BUMN juga dimeriahkan dengan pelaksanaan jalan sehat di lima 5 kota seperti Makassar, Soreang (Kab. Bandung), Ambon, Bandung, Surabaya, dan Jakarta, serta Half Marathon di Banyuwangi.

Selain itu, Kementerian BUMN bersinergi dengan sejumlah BUMN menghelat even Islamic NexGen Festival 2019, yakni ajang pencarian bakat untuk millenial muslim yang berbakat dan menginspirasi. Ajang tersebut memperlombakan 3 kategori seperti Hijabnesia (pencarian bakat hijabers), Sound of Deen (pencarian talanta musik islami) dan Santripreneur (pencarian talenta santri muda berjiwa enterpreneurship).

“Kemudian tepat pada 13 April 2019, pada momen puncak HUT, kami akan melaksanakan kegiatan ceremony sekaligus peresmian gedung Kementerian BUMN,” ungkap Imam

Berkesempatan Hadiri New York Fashion Week, Ikutan TRESemme The Runway 2019 Yuk!

Liputan6.com, Jakarta – Gelaran tahunan TRESemme The Runway kembali hadir. Tahun ini, event tersebut merupakan bagian dari peluncuran rangkaian produk New TRESemme Hair Care Collection yang siap membantu perempuan Indonesia memiliki rambut runway ready.

“Dunia runway memang sangat dekat dengan TRESemme. Kami sudah 10 tahun terlibat di pagelaran New York Fashion Week dan jadi andalan para hair stylist,” kata Senior Brand Manager TRESemme Miranti Burhan di konferensi pers TRESemme The Runway 2019 di Empirica, SCBD, Jakarta, Rabu (27/2/2019).

“TRESemme The Runway 2019 ingin menginspirasi bahwa my life is my runway. Jadi, runway itu tidak sebatas panggung dan hanya dilakukan para model. Setiap saat perempuan juga harusnya punya runway ready hair,” sambungnya.

Memasuki tahun ke-5, TRESemme bakal mengirimkan tiga pemenang utama untuk menghadiri New York Fashion Week September 2019 nanti. Antusias event ini pun disampaikan brand ambassador TRESemme, Pevita Pearce.

“Aku ingin menginspirasi perempuan Indonesia untuk tampil dengan runway ready hair setiap hari agar makin percaya diri dalam menaklukkan runway kehidupan masing-masing,” tutur aktris 26 tahun tersebut.

Tak hanya Pevita, TRESemme juga berkolaborasi dengan empat top influencer, yaitu Ayla Dimitri, Patricia Gouw, Kelly Tandiono, dan Maria Rahajeng sebagai coach yang akan membimbing 50 finalis TRESemme The Runway 2019.

Masing-masing memiliki konsenterasi pengajaran berbeda. Ayla akan memberi trik dan tips bagaimana menunjukkan karakter dan keunikan diri lewat busana yang dipakai. “Outfit speaks for ourself,” katanya.

Sementara, tips menjalani dunia modelling akan diberikan Kelly, kemampuan berbicara di depan publik yang diasah Patricia Gouw, dan membentuk personal branding yang paling tepat akan diberikan materi oleh Maria.

Mengikuti acara satu ini, Anda tinggal membeli produk TRESemme, lalu upload struk pemberian, serta registrasi di aplikasi Pomona. Selanjutnya, upload foto OOTD d Instagram dengan menyertakan hashtag #TRESemmeRunway2019 dan coach yang dipilih, misal #TResemmexAyla.

“Acara ini bisa diikuti perempuan berusia 18-29 tahun. Pemenang nanti dipilih berdasarkan motivasi yang kuat, serta penampilan. Sebelumnya, akan ikut karantina pada 1-3 Mei 2019,” Miranti menjelaskan.

“Jadi, tunggu apa lagi? Langsung saja siapkan diri untuk ikut TRESemme The Runway 2019. Selain nanti mengikuti banyak kelas dengan banyak pembelajaran, pemenang bia langsung pergi ke New York,” tandasnya.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Runway Ready Hair

Lewat rangkaian New TRESemme Hair Care Collection, TRESemme ingin membantu perempuan Indonesia mendapatkan runway ready hair. Diformulasi dengan delapan precious oils, produk ini bermanfaat menjaga kecantikan rambut.

Natural oil yang dimaksud adalah argan oil, shea butter, marula oil, jojoba oil, chia seed oil, brazil nut oil, tea tree oil, dan macadamia nut oil. Kebaikan deretan minyak tersebut terefleksi di lima varian baru TRESemme.

Mereka adalah New TRESemme Keratin Smooth, New TRESemme Total Salon Repair, New TRESemme Anti Hairfall, New TRESemme Scalp Care, dan New TRESemme Deep Cleanse & Protect.

“Dengan punya rambut sehat, perempuan sangat mungkin jadi lebih percaya diri dan nyaman dengan diri sendiri. Aku sendiri cocok banget pakai yang Keratin Smooth,” Pevita menjelaskan.

Cara Upload Video ke YouTube dan Tips Mengelolanya Agar Menghasilkan Uang

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal YouTube, situs web berbagi video ini telah menjadi alternatif tontonan selain televisi. Berbagai macam video dapat diakses melalui YouTube seperti video musik, klip film dan TV, blog video, pendidikan, film pendek, dan masih banyak lagi.

YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Perusahaan yang berkantor pusat di San Bruno, California, ini menggunakan teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna.

Semua orang dapat membagikan videonya melalui YouTube dan dapat dilihat oleh orang di seluruh dunia. Selain menyajikan hiburan, YouTube rupanya dapat menjadi ladang uang bagi yang dapat memanfaatkannya. Cara mendapatkan uang melalui YouTube adalah dengan memasang Adsene atau iklan.

Dengan keuntungan yang didapat melalui iklan di YouTube ini, banyak orang yang memanfaatkan YouTube untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Saat ini sudah banyak Youtuber Indonesia yang sukses mendapatkan uang melalui YouTube. Sebut saja Atta Halilintar, Ria Ricis, Raditya Dika dan masih banyak lagi.

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba peruntungan di YouTube, terlebih dahulu kamu perlu mengupload video karyamu di YouTube. Cara upload video ke Youtube cukuplah mudah, bahkan bisa langsung dilakukan di ponsel pintarmu lho! Berikut cara upload video ke Youtube yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu(27/2/2019).

2 dari 5 halaman

Cara Upload Video ke Youtube dari PC

Cara upload video ke Youtube yang pertama adalah menguploadnya melalui PC. Karena YouTube terintegrasi dengan Google, maka kamu harus memiliki akun Google untuk dapat masuk dan mengupload video. Masukkan alamat email dan password Google kamu pada menu log in yang ada pada pojok kanan atas layar.

Untuk mengupload video, kamu perlu membuat Channel YouTube terlebih dahulu, caranya dengan klik My Channel dan buat nama Channel YouTube sesuai keinginanmu. Setelah channel dibuat, maka kamu dapat langsung mengupload video ke YouTube.

Di bagian atas halaman, klik ikon Upload Video. Pilih Upload video. Sebelum mulai mengupload video, kamu dapat memilih setelan privasi video. Pilih video yang ingin diupload dari komputer.

Kamu juga dapat mengimpor video dari Google Foto. Saat video diupload, kamu dapat mengedit informasi dasar dan setelan lanjutan untuk video tersebut, serta menentukan apakah ingin mengirimkan notifikasi kepada subscriber atau tidak. Jika kamu menghapus centang opsi ini, subscriber tidak akan mendapatkan notifikasi.

Kamu dapat membuat judul dengan panjang hingga 100 karakter dan deskripsi hingga 5.000 karakter. Kamu juga dapat menyesuaikan setelan Monetisasi.

Klik Publikasikan untuk menyelesaikan proses upload video publik ke YouTube. Jika kamu mengatur setelan privasi video ke Pribadi atau Tidak Publik, cukup klik Selesai untuk menyelesaikan upload, atau klik Bagikan untuk berbagi video secara pribadi.

Jika kamu belum mengklik Publikasikan, video tidak dapat dilihat orang lain. Kamu dapat mempublikasikan video kapan saja di Pengelola Video.

3 dari 5 halaman

Cara Upload Video ke Youtube dari Ponsel

Cara upload video ke Youtube di ponsel Android hampir sama dengan cara upload video ke Youtube di PC. Kamu harus login menggunakan akun Google untuk membuat Channel YouTube. Biasanya aplikasi YouTube sudah tersinkronisasi langsung dengan akun Googlemu jika sebelumnya kamu sudah mendaftarkan akun Google di Androidmu.

Cara upload video ke Youtube dari android yang pertama adalah membuat Channel YouTube terlebih dahulu. Caranya sama seperti pada PC. setelah itu tap ikon kamera di bagian atas halaman beranda dari halaman navigasi mana saja.

Rekam video baru atau pilih video yang ada untuk diupload. Untuk merekam video baru: Tap ikon kamera video dan mulailah merekam. Untuk memilih video yang sudah ada: Gunakan galeri untuk memilih video.

Terapkan penyempurnaan opsional pada video tersebut, lalu tap Berikutnya. Sesuaikan judul, deskripsi, dan setelan privasi video. Kamu dapat membuat judul dengan panjang hingga 100 karakter dan deskripsi hingga 5.000 karakter.kemudian tap Upload.

Kamu juga dapat mengubah jenis koneksi yang digunakan untuk mengupload video. Caranya adalah buka ikon akun .Tap Setelan> Umum> Upload.

Gunakan pengaturan ini untuk membatasi upload melalui Wi-Fi saja.

Terkadang Youtube akan mulai mengupload video saat kamu sedang merekam video tersebut. Namun YouTube tidak pernah mempublikasikan video tanpa persetujuan kamu.

4 dari 5 halaman

Keuntungan yang didapat Melalui YouTube

YouTuber bisa menambah pundi-pundi dengan cara menjalin kerja sama sendiri dengan perusahaan. Mereka memanfaatkan Google AdSense dengan menempelkan banner iklan di kanalnya. Terdapat dua cara mendapatkan uang dari iklan.

Pertama, biaya per klik atau cost per click (CPC). Pengiklan akan membayar berdasarkan jumlah klik pada iklan.

Kedua, biaya pertampil atau cost per view (CPV). Pengiklan membayar berdasarkan jumlah penayangan iklan. Pengiklan akan membayar jika iklan ditonton setidaknya 30 detik atau setelah dari durasi iklan.

Semua itu pun ada tahapan yang harus dilalui. Iklan akan datang ke YouTube jika pemili channel mengaktifkan opsi monetisasi. Iklan akan hadir di awal video, di tengah atau berbentuk pop up. Untuk mendapatkan ini, kanal YouTube harus memiliki paling sedikit 10 ribu view.

Penghasilan dari iklan YouTube sekitar US$1,5 atau setara Rp 20.464 per 1.000 view. Prinsipnya semakin banyak view semakin banyak pendapatan yang masuk ke rekening.

5 dari 5 halaman

Cara mengelola YouTube Agar Menarik

– Pilih konten yang sesuai passion.

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah konten apa yang ingin diberikan. Misalnya, konten beauty, gaming, lifestyle, entertainment, sport atau bahkan traveling. Pasalnya, apapun yang dilakukan dengan passion akan menghasilkan sebuah karya yang bisa menginspirasi banyak orang.

– Punya Karya yang Original

Jika ingin memulai profesi ini dari 0 subscriber pastikan untuk memiliki karya yang original. Intinya jadilah diri sendiri saat berkarya, karena hal tersebut unik dan menarik. Carilah hal-hal unik yang tidak dimiliki oleh YouTuber lainnya.

– Update dengan Hal Kekinian

Menjadi YouTuber menuntutmu untuk selalu update dengan perkembangan tren terkini. Mulai dari pembahasan yang sedang hangat dibicarakan, cara editing foto terbaru, OOTD terkini hingga destinasi traveling yang sedang diminati. Dengan membuat konten yang selalu update, subscribers akan terus bertambah dengan sendirinya.

Kisah Menginspirasi Sani Rizki, Tembus Starter Timnas Indonesia U-22 Hingga Juara

Liputan6.com, Phnom Penh – Sani Rizki Fauzi sukses mengantarkan Timnas Indonesia U-22 menjuarai Piala AFF U-22 2019. Sani Rizki bersyukur dengan pencapaian tersebut.

Timnas Indonesia U-22 menang 2-1 atas Thailand di partai final Piala AFF U-22 2019, Selasa (26/2/2019) di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja. Sani Rizki turut menyumbang gol dalam partai final.

Gol Sani Rizki menyamakan kedudukan setelah sebelumnya Garuda Muda sempat tertinggal. Gol kemenangan Timnas Indonesia U-22 dicetak lewat sundulan Osvaldo Haay.

“Saya sangat bersyukur, sungguh tidak menyangka,” ungkap Sani selepas pengalungan medali juara, seperti dilansir Antara.

“Saya hanya bekerja keras dan bekerja keras di setiap latihan, setiap pertandingan, dan Alhamdulillah mungkin Allah kasih rezeki buat saya,” tutur pemain kelahiran Sukabumi ini.

2 dari 3 halaman

Di Laga Ketiga

Gelandang Bhayangkara FC ini memang baru tampil di laga ketiga penyisihan grup Piala AFF U-22 2019. Tapi, Sani Rizki langsung tampil mengesankan.

Kala itu Sani tampil selama 89 menit saat Indonesia berhasil membenamkan Kamboja 2-0 di Grup B untuk memastikan kelolosan ke semifinal Piala AFF U-22 2019.

3 dari 3 halaman

Pilihan Utama

Sejak itu, Sani Rizki menjadi pilihan utama Indra Sjafri di lini tengah Timnas Indonesia U-22. Dia diplot berduet dengan Gian Zola Nasrulloh ketika pertandingan final Piala AFF U-22 2019.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Jalan-Jalan Romantis Maia Estianty dan Irwan Mussry di Ginza Tokyo

Liputan6.com, Jakarta – Maia Estianty menjadi salah satu selebritas yang suka traveling. Deretan negara pun telah ia kunjungi, baik saat menghabiskan waktu bersama keluarga atau bareng suami tercinta, Irwan Mussry.

Ibunda Al, El, dan Dul ini pun tidak jarang mengabadikan momen keseruan saat jalan-jalan melalui akun Instagram pribadi, @maiaestiantyreal. Seperti potret yang ia unggah saat berada di Ginza, Tokyo, Jepang.

Maia Estianty tampak berpose bareng Irwan Mussry di pinggir jalan dengan latar toko rumah mode ternama dunia, Chanel dan perusahaan barang mewah asal Prancis, Cartier. Di belakang mereka, mobil dan taksi berlalu lalang.

“Strolling in Ginza with my hubby @irwanmussry. Mengenang masa lalu. Dulu mendarat ke Tokyo belum sah, trus sekarang ke Tokyo udah SAH !!!!,” tulis Maia dalam potret yang diunggah Selasa, 26 Februari 2019.

Musisi berusia 43 tahun ini tampil cantik dalam balutan jaket lengan panjang hitam dengan aksen garis-garis putih, celana panjang dan tas tangan besar berwarna senada. Sedangkan Irwan juga tampil serba hitam baik dari polo shirt, coat, hingga celana panjang.

Terkait destinasi jalan-jalan romantis Maia dan Irwan yaitu Ginza, salah satu distri perbelanjaan populer di Tokyo, Jepang. Di sana hadir deretan butik kelas atas hingga tempat makan super mewah.

Melansir gotokyo.org, Selasa, 26 Februari 2019, Ginza merupakan daerah yang penuh sejarah dengan suasanan keanggunan dengan jalanan utama yang masih terdiri atas toserba asli Tokyo. Lalu jalan belakangnya menawarkan petualangan berbelanja butik dan bistro mungil.

Ginza tak henti berevolusi seiring perkembangan zaman dengan menghadirkan nuansa modernitas dan paduan pesona lama Tokyo. Kompleks landmark terbaru Ginza didedikasikan untuk perbelanjaan modern dan hidangan.

2 dari 2 halaman

Menjelajahi Ginza, Tokyo

Selain pusat belanja, Ginza juga memelihara seni yang telah hidup bertahun-tahun. Rumah besar seni pertunjukan tradisional Jepang kabuki, Kabukiza, menyelenggarakan banyak pertunjukan sepanjang tahun.

Galeri dan toko menawarkan kesempatan untuk menggali lebih dalam perihal seni. Galeri Shiseido yang klasik dan Maison de Hermes yang glamor menjalankan pameran artistik yang menginspirasi lalu Creation Gallery G8 dan Ginza Graphic Gallery yang fokus hal-hal yang canggih.

Sementara, jalan utama Ginza menjadi surga pejalan kaki di akhir pekan dan hari libur nasional karena lalu lintas hari-hari yang sibuk dilarang dari jalan raya utama. Jadwal ini berlaku dari siang hingga jam 6 sore selama April hingga September dan dari siang hingga pukul lima sore mulai Oktober hingga Maret.

Lantas, bagaimana cara untuk sampai di Ginza? Anda dapat mencapai Stasiun Ginza di Jalur Ginza Metro Tokyo, Marunouchi Line dan Hibiya Line. Stasiun Ginza-Itchome di Jalur Yurakucho dan Stasiun Higashi-Ginza di Jalur Hibiya. Anda dapat berjalan ke daerah Ginza selama lima menit dari Stasiun JR Yurakucho dan sekitar 15 menit dari Stasiun Tokyo.

Dari Bandara Haneda dibutuhkan waktu 35 menit dengan Limousine Bus atau 50 menit dengan kereta. Dari Bandara Narita memakan waktu dua jam dengan Limousine Bus atau 1 jam 35 menit dengan kereta api.

Lalu dari Shinjuku selama 16 menit di Jalur Marunouchi Metro Tokyo ke Stasiun Ginza. Tak ketinggalan, dari Tokyo dibutuhkan 3 menit di Marunouchi Line Metro Tokyo ke Stasiun Ginza.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Pelajar RI ‘Kerjai’ Layanan AS, KPAI Ingatkan Konten Negatif Film

Jakarta – Pelajar SMK berinisial AAP (17) ‘mengerjai’ layanan pencegahan bunuh diri Amerika Serikat (AS) dengan alasan menyelesaikan tugasnya. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyayangkan perbuatan AAP.

“Meski niatnya baik untuk menguji kualitas layanan publik, sebaiknya tidak dilakukan,” kata Ketua KPAI Sutanto saat dihubungi, Kamis (21/2/2019).

Menurut Sutanto, alasan untuk tugas sekolah juga tidak bisa sepenuhnya dibenarkan. Dia berpendapat tindakan tersebut harus dipikirkan akibatnya.

Terkait tindakan ini, AAP diketahui terinspirasi serial remaja di website TV Amerika Serikat berjudul ’13 Reasons Why’. KPAI memandang orang tua perlu mengawasi tontonan setiap anak.

“Tak sedikit film menginspirasi anak mempraktikkan apa yg dilihat dalam film. Maka peran orangtua dalam hal ini sangat diperlukan untuk memberikan literasi pada anak agar konten negatif dalam film tidak dipraktikkan dalam dunia nyata. Orangtua harus memilihkan film-film yang edukatif buat anak agar stimulasi tumbuh kembang anak positif,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, layanan pencegahan bunuh diri di AS menerima telepon dari AAP, yang diketahui berada di Indonesia, pada Selasa, 19 Februari 2019 pukul 10.22 pagi waktu AS. Call center milik Amerika Serikat itu langsung berkoordinasi dengan Atase Polri di KBRI Washington, DC, untuk mencegah AAP merealisasi ancamannya.

Keesokan harinya, Rabu (20/2), Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri melacak nomor AAP dan berkoordinasi dengan Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satuan Reskrim Polres Jakarta Timur untuk memastikan kondisi AAP. AAP ditemukan selamat.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan APP ingin mengetahui seberapa cepat respons aparat terhadap informasi yang dia berikan. Dia pun ingin menguji kemampuan bahasanya.

“Melakukan hal tersebut untuk mengetahui seberapa cepat aparat menindaklanjuti laporannya serta untuk menguji kemampuan bahasa Inggris-nya,” ujar Dedi.
(abw/zak)



<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

8 Bukti Kesederhanaan Iriana Jokowi, Ibu Negara yang Bikin Salut

Liputan6.com, Jakarta Keluarga Presiden Joko Widodo dikenal sangat sederhana dalam keseharian mereka. Meskipun telah menjadi orang nomor satu di Indonesia, gaya hidup mereka tak banyak berubah.

Menyandang status ibu negara, Iriana Joko Widodo tetap menjadi seorang wanita yang rendah hati. Dia tetap dikenal sebagai ibu rumah tangga yang sederhana dan menjadi panutan bagi banyak perempuan.

Sebagai istri orang nomor satu di Indonesia, sudah sewajarnya setiap gerak-gerik Iriana Jokowi tak pernah lepas dari sorotan publik. Mulai dari aktivitas sehari-harinya maupun gaya fashion saat mendampingi Presiden Joko Widodo di berbagai kesempatan.

Tak jauh berbeda dengan Jokowi, sosok Iriana telah menjadi idola rakyat. Sikapnya yang rendah hati dan ramah tak ayal membuat dirinya dikagumi. Terlebih, kesederhanaan itu menginspirasi dan membuatnya menjadi panutan.

Berikut 8 bukti kesederhanaan Iriana Jokowi yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/2/2019).

2 dari 9 halaman

1. Naik Pesawat Kelas Ekonomi

Tak hanya sekali, Iriana Jokowi berulang kali tertangkap kamera memesan tiket pesawat di kelas ekonomi. Bahkan, dia juga tak canggung berbaur bersama penumpang lainnya untuk duduk di ruang tunggu.

3 dari 9 halaman

2. Beli es jeruk

Di tengah-tengah kesibukannya, Presiden Jokowi memang selalu menyempatkan untuk berkumpul dengan keluarga saat berada di Solo. Salah satunya adalah menyantap Soto Gading yang merupakan kuliner khas Kota Solo.

Namun di balik cerita kumpul keluarga, momen Iriana membawa minuman dalam bungkus plastik rupanya ramai jadi perbincangan. Dalam momen itu, Iriana menenteng es jeruk dibungkus plastik.

4 dari 9 halaman

3. Belanja di Pasar Tradisional

Dalam sebuah kesempatan, Iriana juga tak ragu-ragu untuk berbelanja makanan ringan dari pedagang kecil yang berada di pasar tradisional. Seperti ibu-ibu pada umumnya, Iriana juga berbelanja snack kiloan dalam jumlah banyak agar harganya lebih murah.

5 dari 9 halaman

4. Bercengkerama Bersama Suku Anak Dalam

Saat mendampingi suaminya dalam kunjungan ke suku anak dalam, Iriana juga terlihat akrab dan tak canggung ketika bercanda bersama anak-anak di sana. Anak-anak yang polos, nampak menghampiri ibu negara itu dan mereka saling bercengkerama.

6 dari 9 halaman

5. Beli Kerak Telor dan Cilok di Pinggir Jalan

Mengunjungi program Membina Ekonomi Sejahtera (Mekar) di Jakarta Timur beberapa waktu lalu, Jokowi beserta Iriana tampak santai menikmati jajanan di sana. Mulai dari cilok hingga kerak telor seharga Rp 50 ribu.

7 dari 9 halaman

6. Menyapu Rumah

Sebelum Kahiyang Ayu menikah dengan Bobby Nasution, Kaesang sempat mengunggah video ke akun channel YouTube-nya. Dalam video tersebut, terlihat perbincangan manis sesi tanya jawab ketiganya.

Namun di tengah-tengah video, sosok Iriana rupanya berhasil mencuri perhatian publik. Saat diminta untuk bergabung, Iriana malah menolak dan menyebutkan dirinya ingin menyapu rumah. “Aku arep nyapu (Aku mau menyapu),” ujarnya.

8 dari 9 halaman

7. Makan di Warung Kaki Lima

Seorang warganet membagikan foto Iriana yang makan di sebuah warung soto di daerah Surakarta. Iriana nampak memesan makanannya sendiri, meskipun pada saat itu dia ditemani beberapa pengawal.

9 dari 9 halaman

8. Boncengan pakai motor

Membahas romansa Jokowi dan Iriana memang selalu menarik. Meski telah menikah puluhan tahun lamanya, tak membuat keromantisan keduanya hilang begitu saja.

Sekitar April 2018 lalu, Iriana dan Jokowi berkunjung ke Agats, Kabupaten Asmat, Papua. Jokowi terlihat mengajak sang istri berboncangan memakai sepeda motor matik sambil menyapa warga di sana.

Ketika Ma’ruf Amin dan Raffi Ahmad Bikin Vlog tentang Keluarga

Liputan6.com, Jakarta – Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin kedatangan selebriti Raffi Ahmad di rumah Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat. Rupanya, Raffi juga membawa sang istri Nagita Slavina dan putranya Rafathar untuk membuat vlog bertema keluarga.

Perjumpaan itu sekaligus menjadi ajang silahturahmi. Ma’ruf terlihat ditemani putrinya Siti Nur Azizah dan menantu Muh Rafsel Ali yang merupakan karib Raffi.

“Bikin vlog family, tentang keluarga. Biar bermanfaat. Jadi tadi banyak nasihat Abah, nasihat Nyai tentang keluarga. Vlog untuk anak-anak muda, untuk keluarga muda, suami istri,” ujar Raffi di rumah Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (19/2/2019).

Raffi mengaku vlog pertama dengan Ma’ruf mendapat apresiasi yang tinggi. Dia dititipi banyak pertanyaan dari penontonnya. Rencananya, dia bakal membuat video jawaban Ketua MUI itu.

“Nah kita jadi interest karena Abah ternyata suka bola, hafal pemain bola juga,” ujar Raffi sambil tertawa.

Selain membuat vlog, Raffi mengaku mendapatkan banyak nasihat. Dia menilai Ma’ruf adalah sosok yang humble.

Dia pun menilai Ma’ruf dan capres 01 Joko Widodo atau Jokowi merupakan panutan. Raffi sendiri sudah bertandang ke tempat orang nomor satu di Indonesia itu beberapa waktu lalu untuk bicara soal keluarga.

“Saya sama Nagita kan aktif di Youtube. Dan Kita bikin sosok yang menginspirasi, yang memang jadi panutan bagi kita semua,” ujar Raffi.

2 dari 3 halaman

Puji Raffi dan Nagita

Ma’ruf sendiri senang dengan kedatangan Raffi dan Nagita. Dia merasa sudah seperti keluarga sendiri.

Ma’ruf juga memuji Raffi dan Nagita yang dilihatnya melakukan salat maghrib di kediamannya secara bersama-sama. Menurutnya, kebersamaan keduanya dalam beribadah adalah hal bagus.

“Para artis di tengah kesibukannya, sebaiknya tetap melakukan kegiatan ibadah,” kata Ma’ruf.

Dia juga berterima kasih kepada Raffi yang mau menjadi semacam saluran komunikasi antara dirinya dengan masyarakat di media sosial.

“Jadi saya tadi bisa menyampaikan banyak hal untuk mereka bertiga, tapi juga nanti ini bisa di-share ke banyak pihak. Jadi saya senang sekali,” ucap Ma’ruf.


Reporter: Ahda Bayhaqi

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Keseruan Unleashed 2019, dari Workshop Industri Event hingga Festival Makanan

Liputan6.com, Jakarta – Komunitas Backstagers Indonesia kembali melaksanakan event tahunan Backstagers Regroup bertajuk Unleashed. Gelaran ini berlangsung di Cibis Business Park, Warehouse 207, TB. Simatupang No. 2, Jakarta Selatan pada 16-17 Februari 2019.

Acara ke-4 ini diisi dengan workshop yang menghadirkan pembicara ahli dalam bidang Industri Event dan dimeriahkan oleh deretan komunitas, festival makanan, serta music performance.

“Selalu ada titik kita berkumpul. Di situlah titik dimana kita mengukur perkembangan dan kemajuan kita setelah bekerja selama satu tahun,” jelas Krisnanto Sutrisman, Founder Backstagers Indonesia lewat keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

“Dari tahun ketahun selalu banyak nilai-nilai baru yang kami dapatkan dari pertemuan ini, dan sebagai bagian dari kepedulian kami kepada masyarakat, kami mengundang banyak para pecinta event dan para pelajar untuk bergabung menyaksikan Sharing Session dari kami,” tambahnya.

Unleashed tak hanya untuk pelaku event, tetai juga para pecinta dunia marketing event, activation, pelajar, mahasiswa, hingga masyarakat. Terdapat lebih dari 20 pembicara ahli yang membagikan pengalaman mereka.

Mereka berbagi kisah sukses menjadi pengusaha event, strategi marketing event, teknis pelaksanaan event, pengetahuan mengenai teknologi baru untuk mendukung event, hingga trik bermanfaat.

Ada pula eksibisi kreatif yang menginspirasi masyarakat seperti barbeque party dari Indonesia Chef Association, food truck dari Komunitas Food Truck Jakarta, Olahraga rekreasi lempar pisau dari Jakarta Knife Throwing, dan lainnya.

Backstagers Indonesia melibatkan banyak pihak dalam pelaksanaan event tahun ini seperti rekan-rekan vendor, sponsor, serta beberapa dukungan dari komunitas diluar EO. Backstagers Indonesia juga mendapatkan dukungan dari PLN dan LOKET.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Pebasket Stapac Ikuti Jejak Bintang-bintang NBA

Liputan6.com, Jakarta Pebasket-pebasket top di NBA mayoritas memiliki signature shoe sendiri. Mulai dari era Michael Jordan hingga Lonzo Ball. Sepatu yang didesain spesial untuk pemain ini sebelumnya belum pernah ada di Indonesia.

Baru di awal 2019 ini, ada pebasket Indonesia yang memiliki siganture shoe. Dia adalah guard Stapac Jakarta Abraham Damar Grahita. DBL Indonesia dan Ardiles membuatkan signature shoes AD1 untuk Abraham. 

Nama “AD1” adalah akronim dari nama pebasket muda yang sedang melejit karirnya itu.

“Saya sangat berterima kasih kepada DBL dan Ardiles. Dengan sepatu AD1saya berharap bisa menginspirasi anak-anak di seluruh Indonesia. Karena saya ini justkid from bangka yang ternyata bisa menjadi pemain basket pertama yang memilikisignature shoe di Indonesia,” ujar Abraham.

DBL Indonesia dan Ardiles sudah mengembangkan AD1 selama 1,5 tahun. Bahkan, Abraham Damar sudah menjalani proses scan dan cetak kaki untuk membantu risetnya. 

Abraham mengaku sangat shock dan bahagia ketika ditunjukkan sepatu AD1 untuk kali pertama. “Saya diundang ke Surabaya, tapi tidak diberi tahu untuk apa. Ketika melihat sepatu itu, saya langsung tidak bisa berkata apa-apa. Bangga, bahagia, terharu,” ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Pemain Berbakat

Sepatu Abraham Damar (AD1) ini tersedia dalam tiga kombinasi warna. Hitam-merah, sesuai dengan warna khas timnya, Stapac Jakarta. Lalu merah-putih, untuk dia pakai saat membela Timnas Basket Indonesia. Serta ada warna biru-oranye muda, warna khas DBL Academy.

Abraham dipilih karena dianggap sebagai bintang masa kini dan masa depan tim nasional basket Indonesia. Pemuda asal Bangka Belitung itu juga ikut meraih gold medal pada SEABA Championship 2018. Mempersembahkan medali perak di SEA Games 2017 di Malaysia. Dia juga menjadi andalan di Asian Games 2018 lalu di Jakarta.