HEADLINE: Format Beda, Akankah Debat Menguak Orisinalitas Jokowi Vs Prabowo?

Liputan6.com, Jakarta – Debat kedua Pilpres 2019 menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Debat yang akan menghadirkan sosok dua calon presiden, Joko Widodo atau Jokowi dan Prabowo Subianto.

Harapan besar terselip pada tahapan pemilu ini. Pemilik hak suara, tentunya ingin diyakinkan dengan jawaban para calon. Bukan hanya dengan debat kusir tekstual seperti yang dikatakan publik tentang debat pertama 17 Januari 2019.

Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro mengatakan, debat pertama lalu berlangsung kaku. Masyarakat tak mampu menangkap esensi dari visi misi yang disampaikan. Justru hal remeh-temeh yang dipergunjingkan.

“Sebab, jawaban capres pada debat pertama tak mencerahkan. Kita berharap sesuatu yang menarik dan memukau, lebih ke esensi programnya dan pencerahan pada debat kali ini. Esensi dari debat itu kan transfer knowledge, pencerahan, edukasi untuk yang menonton,” kata Siti saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Jumat (15/2/2019).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) berusaha mengakomodasi harapan tersebut dengan merombak sejumlah aturan dalam debat capres pertama yang digelar Minggu 17 Februari 2019 di Golden Ballroom, Hotel Sultan, Jakarta. Seperti, tak akan memberikan kisi-kisi dan berjanji memperbanyak interaksi antarkandidat.

Kedua kubu sendiri optimistis akan memberikan yang terbaik pada debat kali ini. Baik Jokowi maupun Prabowo, mantap dengan persiapan dan kemampuan masing-masing calon untuk menjawab pertanyaan panelis dan beradu argumen.

Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin menyebut, pangan, energi, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup merupakan tema yang paling ditunggu-tunggu calon petahana. Sebab, tema tersebut merupakan prioritas pemerintahan Jokowi bersama Jusuf Kalla.

“Terkait dengan debat, kami sudah menyiapkan dengan baik. Ada tim yang secara khusus menyiapkan bagaimana on stage-nya nanti Bapak Jokowi terkait dengan tema energi, SDA, lingkungan, pangan, infrastruktur. Itu merupakan hal yang selama ini menjadi skala prioritas bagi pemerintahan Pak Jokowi dan berkesinambungan ke depan dengan dukungan rakyat,” kata Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto, dalam konferensi pers di Jalan Cemara, Jakarta, Jumat (15/2/2019).

Buktinya, lanjut dia, banyak kepala daerah yang memberikan dukungan kepada Jokowi pada Pilpres 2019. Dia yakin, kepala daerah tersebut merasa aspirasinya ditindaklanjuti oleh pemerintahan Jokowi-JK. 

Dia bahkan menjamin, Jokowi bakal memberi gagasan yang orisinal dalam debat nanti. “Seperti yang kami janjikan, di debat kedua ini akan menampilkan gagasan yang lebih visioner. Tetapi berdasarkan pada prestasi dan kinerja Pak Jokowi sendiri,” ujar Hasto.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf Amin, Johnny G Plate mengatakan capres nomor urut 01 akan menekankan peta jalan atau roadmap ketahanan energi, juga soal kebijakannya. Begitupula pada permasalahan ketahanan pangan. Jokowi-Ma’ruf Amin pun akan melanjutkan pembangunan infrastruktur dengan meningkatkan nilai tambah dari hasil kebijakan itu.

Keempat, kata dia, Jokowi-Ma’ruf Amin akan mengungkap soal pembangunan yang ramah lingkungan hidup.

“Kami saat ini juga sedang menanti, katanya, akan ada pidato kebangsaan dari Prabowo. Dan berharap mudah-mudahan pidato kebangsaan ini memberi referensi dalam rangka menambah khasanah, dan informasi program, visi dan misi untuk Indonesia maju dan Indonesia yang lebih hebat. Tapi tidak ditandai dengan isu-isu paradoks serta tidak ditandai juga dengan memberikan gambaran Indonesia sebagai bangsa inferior. Indonesia adalah bangsa besar, penuh optimisme, bangsa yang setara dan sejajar dengan bangsa lainnya.

Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso menyebut, konsep-konsep yang ditawarkan Prabowo dalam debat kedua pilpres diyakini akan membuka mata publik. Prabowo akan memberikan kejutan besar pada debat.

“Nanti akan ada kejutan dari beliau kuasai bidang masalah pangan, energi, energi terbarukan, konsentrasi beliau yang akan bangun swasembada pangan, swasembada energi, swasembada air. Itu kata-kata kuncinya dan ada di pikiran beliau,” ucap Priyo di Kantor KPU Pusat, Kamis 14 Februari 2019.

Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Ferry Juliantoro mengatakan, kesiapan Prabowo bisa dilihat dari pidato kebangsaan yang digelorakannya di Semarang kemarin. Pada bidang infrastruktur, sambung dia, Prabowo berjanji melakukan pembangunan yang berkaitan langsung dengan produksi masyarakat. Prabowo-Sandi juga akan mengurangi semaksimal mungkin impor.

“Jadi genjot pangan yang bisa diproduksi dalam negeri, energi juga harus dirintis kilang-kilang minyak yang baru, kilang dari dulu sampai sekarang tidak diperbaharui,” kata Ferry kepada Liputan6.com, Jumat 15 Februari 2019.

Tim BPN Bidang Materi Debat Ledia Hanifa menuturkan, Prabowo tinggal melakukan finalisasi persiapan debat capres.

“Beliau kan sudah punya konsep sendiri soal itu tema terkait debat, kita bisa baca di bukunya Paradoks Indonesia itu. Kita tinggal menambahkan update datanya saat ini saja, bahan-bahan juga sudah disiapkan BPN. Tapi pondasi basic-nya buku itu, dan beliau juga sudah paham tentang isu dari tema debat,” ucap Ketua DPP PKS itu kepada Liputan6.com.

Lalu, bagaimana cara menakar orisinalitas kedua calon?

Pengamat politik dari LIPI, Indria Samego mengatakan, orisinalitas ini sangat penting. Dia menilai, konten atau substansi dari gagasan memang ukuran utama dari orisinalitas kedua calon presiden.

Masyarakat bisa menilai orisinalitas seseorang dari idenya untuk menyelesaikan sebuah permasalahan. Idenya belum banyak dibahas atau tidak. Mungkin bahkan, idenya belum pernah dicetuskan oleh seseorang.

“Saya kira kalau menilai orisinalitas, dari konten, substansi. Misalnya, bagaimana Prabowo kalau terpilih jadi Presiden menyelesaikan persoalan pengangguran lapangan kerja, pendidikan, sumber daya yang berkualitas misalnya atau energi gitu, yang belum atau tidak banyak dibahas. Kalau mengulang sesuatu yang ada di dokumen-dokumen ya tidak orisinal. Memang, dia bisa jawab. Tapi itu, kayak cerdas cermat,” kata Indria kepada Liputan6.com.


Saksikan video menarik berikut ini:

2 dari 3 halaman

Diprediksi Lebih Menarik

Peneliti Departemen Politik dan Perubahan Sosial The Center for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes memprediksi, debat capres ini bakal lebih menarik daripada debat capres cawapres 17 Januari 2019. Calon petahana, kata dia, tak akan menyerang lawannya. Tapi tidak juga bertahan.

“Petahana akan menyampaikan beberapa hal yang dianggap penting gitu ya, seperti infrastruktur, pangan segala macam untuk meyakinkan pemilih,” kata Arya ketika dihubungi Liputan6.com.

Sementara, kubu pesaing diduga akan berbalik menyerang karena ada beberapa isu yang menjadi titik celah bagi pesaing. Misalnya, soal impor, kemudian juga swasembada pangan.

“Kemungkinan yang akan lebih menyerang dari pesaing kalau kita lihat dari temanya. Misalnya soal yang swasembada pangan itu menjadi pintu masuk begitu juga dengan impor beras dan juga soal infrastruktur. Tapi soal tiga hal itu, petahana sudah menyiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi pertanyaan yang bertendensi serangan,” ujar Arya.

Menurut dia, debat kali ini bukan soal menang atau kalah. Pada debat kedua, lanjut dia, kedua calon dituntut benar-benar mampu memberikan kesan kepada pemilih, mereka mampu menyelesaikan tantangan di bidang yang ditemakan.

“Saya tidak tahu siapa yang akan diuntungkan ya. Tetapi ini adalah panggung yang harus dimanfaatkan oleh kedua kandidat untuk benar-benar memastikan bahwa mereka lebih baik dari pesaingnya. Dan panggung juga untuk meyakinkan pemilih untuk benar-benar tidak beralih dan bagi yang belum memilih, mereka akan menjatuhkan,” tutur Arya.

Terlebih, KPU memberikan waktu yang relatif fleksibel kepada Jokowi dan Prabowo untuk saling bertanya dan menanggapi. “Itu harus dimanfaatkan oleh kedua kandidat untuk menguji keorisinalitasan,” sambung dia.

Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) yang juga sebagai panelis debat kedua pilpres, Joni Hermana mengatakan, pihaknya akan menyusun pertanyaan-pertanyaan yang berbeda format dengan debat pertama pilpres untuk memunculkan orisinalitas kedua kandidat.

“Kita berusaha untuk memberi pertanyaan-pertanyaan yang lebih tidak normatif. Jadi, dalam hal ini kita juga menginginkan agar tidak ada jawaban yang sama dari keduanya, yang normatif,” kata Joni, di Jakarta, Jumat 8 Februari 2019.

Selain itu, model pertanyaan yang dibuat berbeda ini bertujuan agar masyarakat lebih mengetahui konsep yang dimiliki dari masing-masing paslon.

“Sehingga memberi gambaran kepada audiens dan masyarakat sejauh mana kemampuan dan konsep yang ingin mereka kembangkan secara baik. Jadi intinya sebetulnya seperti itu,” ujar Joni.

3 dari 3 halaman

Pentingnya Debat

Debat merupakan salah satu sarana penting bagi peserta Pilpres 2019 untuk memantapkan atau bahkan merebut hati pemilih. Ini terbukti pada debat perdana lalu yang dinilai cukup berpengaruh pada perubahan karakteristik calon pemilih masing-masing paslon capres-cawapres.

Terdapat perubahan angka solid voters atau pemilih mantap dan swing voters atau pemilih yang masih mungkin berubah pada pasangan Jokowi-Ma’ruf maupun Prabowo-Sandi.

Berdasarkan hasil survei terbaru Populi Center, jumlah solid voters pasangan nomor urut 1 Joko Widodo-Ma’ruf Amin meningkat dari sebelum debat sebesar 88,9 persen menjadi 90,8 persen usai debat.

Sementara solid voters pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meningkat dari 82,6 persen menjadi 85,5 persen.

Sedangkan swing voters Jokowi-Ma’ruf menurun dari angka 8,6 persen sebelum debat menjadi 6,2 persen usai debat. Penurunan juga terjadi pada swing voters untuk pasangan Prabowo-Sandi dari angka 13,3 persen menjadi 11,3 persen.

“Paslon Jokowi-Ma’ruf harus berhati-hati karena kenaikan solid voters lebih banyak terjadi pada paslon Prabowo-Sandi. Temuan ini sifatnya indikatif mengingat jumlah responden yang terbatas,” ujar peneliti Populi Center Dimas Ramadhan di kantornya, Slipi, Jakarta Barat, Kamis 7 Februari 2019.

Lebih lanjut, jumlah masyarakat yang mengetahui dan menyaksikan langsung debat perdana capres-cawapres pada 17 Januari lalu cukup banyak ketimbang yang tidak mengetahui. Namun ketertarikan mereka untuk memperbincangkan debat relatif kecil yakni 35,6 persen berbanding 64,4 persen.

Penilaian masyarakat terhadap manfaat debat capres pun beragam. Dari total 1.486 responden di seluruh Indonesia, 33,9 persen menilai manfaat debat untuk mengetahui visi, misi, dan program kerja kandidat. Sementara 10,8 persen menilai debat dapat membantu memberikan pertimbangan menentukan pilihan. Sementara 6 persen menganggap debat untuk mengetahui latar belakang kandidat.

“Sebanyak 3,7 persen menilai debat tidak atau kurang ada manfaatnya, 3,2 persen menilai debat untuk mengklarifikasi isu yang beredar, dan 42,5 persen sisanya tidak menjawab,” ucap Dimas.

Dari pemaparan visi, misi, dan program kerja kandidat pada debat perdana, yang dianggap paling realistis oleh masyarakat adalah yang disampaikan Jokowi-Ma’ruf yakni sebesar 55,7 persen. Sementara yang menilai visi, misi, dan program kerja Prabowo-Sandi paling realistis hanya sebesar 29,8 persen. Lainnya, 14,5 persen, tidak menjawab.

Sebanyak 53,1 persen responden juga menilai bahwa paslon nomor urut 1 unggul pada debat perdana capres-cawapres tersebut. Sedangkan 31,1 persen menilai paslon nomor urut 2 yang unggul. 15,8 persen sisanya tidak menjawab.

“Kemudian pilihan pascadebat, dengan pertanyaan setelah menyaksikan debat pertama, siapa pasangan yang akan anda pilih untuk menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024? 62,5 persen menjawab Jokowi-Ma’ruf, 36,4 persen menjawab Prabowo-Sandi, dan 1,1 persen tidak akan memilih,” kata Dimas.

Untuk diketahui, survei tersebut dilakukan dengan metodologi wawancara tatap muka pada 20-27 Januari 2019 di 34 provinsi seluruh Indonesia. Besaran sampel adalah 1.486 responden, dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling).

Hasil survei memiliki margin of error sebesar 2,53 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Untuk menjamin distribusi sampel yang memadai, setiap kelurahan terpilih dialokasikan 10 responden dari dua RT.

Proporsi gender ditentukan 50:50. Besaran sampel tiap wilayah dialokasikan sesuai dengan proporsi daftar pemilih tetap (DPT) dari data Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Jadwal Padat, Persija Hanya Berlatih Ringan Jelang Bersua Tira-Persikabo

Jakarta – Persija Jakarta berlatih ringan, Jumat (15/2/2019) sore, dua hari jelang leg pertama 16 besar Piala Indonesia melawan Tira-Persikabo. 

Persija baru kembali dari Australia menjalani laga babak kedua kualifikasi Liga Champions Asia, Rabu (13/2/2019). Dalam waktu empat hari Macan Kemayoran sudah harus kembali bertanding menghadapi Tira-Persikabo di Stadion Pakansari, Cibinong, Minggu (17/2/2019).

Pelatih Ivan Kolev mengaku tidak bisa memberikan beban latihan terlalu berat kepada pemainnya, mengingat mereka harus segera kembali bertanding. Ia hanya ingin mengembalikan kebugaran pemain yang mengalami kelelahan agar cukup fit saat menjalani leg pertama 16 besar Piala Indonesia 2018.

“Kalian melihat bagaimana tadi saya tidak bisa memberikan latihan yang berat. Saya hanya memberikan latihan ringan khusus untuk pemain yang kemarin bertanding karena memang perlu pemulihan,” ujar Ivan Kolev seusai sesi latihan Persija di Lapangan Sutasoma, Halim Perdanakusuma, Jumat (15/2/2019) sore.

Bicara mengenai kemungkinan rotasi pemain, terutama karena adanya tambahan tiga pemain asing yang tidak bisa dimainkan saat Persija menjalani dua laga kualifikasi Liga Champions Asia, Ivan Kolev mengaku masih menunggu kondisi terakhir timnya hingga malam sebelum pertandingan.

“Saya harus melihat bagaimana kondisi besok, terutama kondisi pemain yang kemarin bertanding di Australia. Setelah itu saya baru akan pikirkan perlukah untuk melakukan rotasi,” ujar Ivan Kolev.


Sumber: Bola.com

Selain Toyota Corolla, Land Cruiser Bakal Menggunakan Mesin Hybrid

Liputan6.com, Jakarta – Toyota Land Cruiser generasi terakhir telah berumur sebelas tahun. Mengingat umurnya sudah cukup panjang, Toyota berencana untuk melahirkan all new Toyota Land Cruiser di Jepang pada tahun mendatang.

Sedangkan versi preview-nya akan dipamerkan saat Tokyo Motor Show akhir Oktober tahun ini.

Menurut Best Car, Land Cruiser 2020 akan mendapatkan chassis baru. Begitu juga dengan mesinnya yang juga baru.

Mesin 5.7L V8 akan diganti oleh mesin twin turbocharger 3.5L V6. Mesin baru itu akan dipadukan dengan transmisi otomatis 10-percepatan yang menggantikan gearbox 8-percepatan.

Menariknya lagi, Land Cruiser 2020 juga akan memiliki versi hybrid.

Sedangkan fitur keselamatannya, ada Toyota Safety Sense. Paket teknologi keselamatan itu termasuk bisa membuat Land Cruiser 2020 mendeteksi pedestrian saat malam hari dan juga bisa meminimalisir kecelakaan.

Selain Land Cruiser, Toyota sebenarnya juga sedang menyiapkan Lexus LX 2020. Toyota pun berusaha untuk membuat kedua SUV itu memiliki perbedaan.

Sumber: Otosia.com

2 dari 3 halaman

Toyota Corolla Hybrid Meluncur Tahun Depan, Intip Spesifikasinya

Setelah Toyota Camry, rupanya Toyota akan menyematkan sistem hybrid pada Corolla. Toyota Corolla hybrid sebelumnya diperkenalkan pada Los Angeles Auto Show 2018.

Dilansir Caranddriver.com, Toyota Corolla hybrid akan masuk pasar otomotif Amerika Serikat (AS) pada tahun 2020 mendatang. Hal itu tak terlepas dari popularitas sedan tersebut di negeri Paman Sam.






Nantinya, Toyota Corolla hybrid dibekali mesin yang sama dengan Toyota Prius hybrid. Dengan kata lain, mobil itu mengandalkan dapur pacu 4-silinder 1.800cc yang dipadu sepasang motor listrik.

Tentu tenaga yang dihasilkan pun sama seperti Toyota Prius hybrid, mencapai 121 Tk. Jantung penggerak Toyota Corolla hybrid pun dikawinkan dengan penggerak roda depan.

Selain itu, Toyota Corolla hybrid juga dilengkapi 3-mode berkendara, yaitu Normal, Eco, dan Sport. Pembeda antara ketiganya adalah sensitifitas respon mesin terhadap injakan pedal gas.


Dapur pacu ini juga memiliki EV (electric vehicle) mode. Dengan kata lain, Toyota Corolla hybriddapat berjalan hanya dengan motor listriknya saja, layaknya BMW i8 Roadster.

Supaya berbeda dengan versi konvensionalnya, Toyota Corolla hybrid akan dibekali berbagai komponen baru, seperti pelek aluminium 15 inci dan emblem special. Selebihnya, eksterior mobil ini tetap sama.

Selain itu terpasang pula instrumen panel touchscreen 8-inci baru. Layar tersebut memiliki fitur baru untuk memantau pengisian dan kapasitas baterai motor listrik, sistem hybrid, dan eco accelerator guidance.

Sayangnya, masih belum ada bocoran terkait harga Toyota Corolla hybrid. Yang jelas, nominalnya akan jauh lebih besar dibanding versi mesin konvensionalnya lantaran berbagai fitur tambahan tersebut.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Singapura Tangkap Dua Warga Negara yang Terlibat Jaringan ISIS

Liputan6.com, Singapura – Dua warga negara Singapura yang diduga terlibat jaringan ISIS telah ditangkap kepolisian setempat, setelah dideportasi dari Malaysia pada 7 Januari 2019. Mereka ditahan karena melanggar Undang-Undang Keamanan Dalam Negeri (ISA).

Salah satu pejabat Kementerian Dalam Negeri menyatakan pada Jumat 15 Februari 2019, keduanya bernama Mohamed Kazali Salleh dan Hazim Syahmi Mahfoot, dikutip dari Channel News Asia pada Jumat (15/2/2019). Saat ini, baru informasi seputar Kazali yang dilaporkan kepada publik.

Kazali (48) adalah seorang pengusaha yang disinyalir memiliki hubungan dekat dengan anggota ISIS senior asal Malaysia, Aquil Wan Zainal Abidin alias Akel. Akel juga dicurigai ambil bagian dalam serangan ISIS di Malaysia baru-baru ini.

Kementerian Dalam Negeri menyampaikan bahwa Kazali pernah diperintahkan oleh Akel untuk menyerang dan/atau merekrut orang-orang untuk menghabisi pusat Freemason di Malaysia pada tahun lalu, namun ia menolak karena takut akan ditangkap oleh pihak yang berwajib.

Kazali juga sempat memengaruhi Hazim, seorang eksportir mobil, untuk memiliki pandangan radikal.

“Mereka memiliki urusan bisnis, dan dengan cepat mengembangkan persahabatan pribadi. Hazim dipengaruhi oleh pandangan radikal Kazali,” kata pejabat kementerian dalam negeri.

Kazali mengatakan kepada Hazim untuk memerangi dengan kekerasan seluruh musuh Islam.

“Hazim memandang Kazali dan diyakinkan oleh Kazali bahwa dia harus melakukan kekerasan bersenjata terhadap musuh-musuh yang dianggap agamanya, khususnya non-Muslim,” kata MHA.


Simak video pilihan berikut:

2 dari 2 halaman

Kronologi Bergabungnya Kazali dalam Jaringan ISIS

Kazali telah bertempat tinggal di Malaysia sejak kecil, saat itu keluarga membawanya merantau ke Negeri Jiran. Beberaba dekade terakhir ia memutuskan bekerja dan menetap di Johor Baru meskipun berstatus warga negara Singapura.

Menurut Kementerian Dalam Negeri Singapura, Kazel bertemu Akel pada 2009 dan diberikan teori konspirasi khususnya terkait pandangan jihad melawan penindasan ke Suriah.

Kazali kemudian bersedia membiayai Akel perjalanan dan kegiatan Akel di Suriah. Ia percaya bahwa uang yang disumbangkan akan mengantarkannya ke surga, khususnya jika Akel mati “syahid” di medan tempur.

Kazali pernah menyanggupi untuk turut pergi ke Suriah, mengingat ia sempat berikrar untuk setia kepada pemimpin ISIS, Abu Bakar Al-Baghdadi. Namun ia masih belum yakin untuk meninggalkan Malaysia.

Sebagi gantinya, Kazali bersedia merekrut lebih banyak simpatisan ISIS dan membiayai siapapun yang menginginkan berangkat ke Suriah.

Tarif Listrik Pelanggan 900 VA Turun

Jakarta – Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberikan insentif berupa diskon kepada pelanggan R-I 900 VA RTM (Rumah Tangga Mampu) mulai 1 Maret 2019. Insentif ini diberikan karena adanya efisiensi di golongan ini, serta terjadinya penurunan harga minyak dan kurs dolar Amerika Serikat (AS).

Dengan pemberlakuan insentif ini, pelanggan golongan R-1 900 VA RTM hanya membayar tarif listrik sebesar Rp 1.300 per kilowatt hour (kWh) dari tarif normal sebesar Rp 1.352 per kWh. Penurunan tarif ini berlaku bagi 21 juta pelanggan listrik R-1 900 VA RTM

Penurunan atau pemberian insentif tarif ini dilakukan karena PLN berhasil melakukan efisiensi diantaranya penurunan susut jaringan, perbaikan SFC (Specified Fuel Consumption) dan peningkatan CF ( Capacity Factor) pembangkit. Selain itu insentif diberikan juga mengingat kondisi harga ICP selama 3 bulan terakhir mengalami penurunan dari US$ 62,98/Barrel menjadi US$ 56,55/Barrel.

Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka menyatakan bahwa listrik sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat saat ini. Seluruh aktivitas masyarakat ditopang oleh pasokan listrik.
“Dengan adanya insentif ini, PLN ingin memberikan ruang untuk pelanggan R-1 900 VA RTM agar dapat lebih banyak memanfaatkan listrik untuk menunjang kegiatan ekonominya dan dalam kegiatan kesehariannya,” jelas Made.

Made menambahkan bahwa insentif penurunan tarif bagi RTM 900 VA ini tidak menyertakan syarat apapun.

“Silakan nikmati penurunan tarif ini. Dan gunakan listrik PLN dengan nyaman dan tentu saja aman,” pungkas Made.

(ang/fdl)

Hobi Belanja Online? Lakukan Ini agar Tak Kecewa

Liputan6.com, Jakarta – Tak dimungkiri, belanja via online saat ini telah menjadi gaya hidup, utamannya masyarakat di perkotaan, seperti Jakarta. Selain lebih praktis, belanja online juga lebih hemat karena hemat tenaga dan waktu serta biaya, ditambah lagi dengan pilihan harga dan barang bervariatif.

Cukup bermodalkan handphone dengan layanan internet, Anda pun sudah bisa memesan berbagai macam produk, mulai dari pakaian, makanan, keperluan rumah tangga, hingga transportasi, dan masih banyak lagi.

Karena jumlahnya ratusan bahkan ribuan, sering kali kita kesulitan memilih barang yang berkualitas dan tak jarang justru kecewa lantaran barang yang diharapkan tidak sesuai ekspektasi.

Lalu, bagaimana agar hobi belanja ini tetap bisa dilakukan tapi terhindar dari rasa kecewa? Ikuti tips berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Ingat, Tak Selamanya Tampilan yang Bagus Punya Kualitas Bagus Juga

Namanya juga online, maka produk yang dijual pun ditawarkan melalui bentuk foto yang diunggah dalam situs atau media sosial. Dengan teknik fotografi yang canggih, maka foto produk pun akan terlihat sangat menarik.

Untuk itu, jangan pernah hanya terkecoh ingin membeli produk karena gambarnya yang bagus. Anda tetap harus memerhatikan bahan atau material yang digunakan untuk menghasilkan produk tersebut.

Dengan demikian, Anda tidak akan dikecewakan begitu barang diterima. Jangan pernah melewatkan membaca deskripsi produk dan tanya langsung pada penjual jika ada hal-hal yang ingin diketahui namun tidak tercantum pada deskripsi produk.


2 dari 4 halaman

2. Perhatikan Merek dan Harga Jual Barang yang Ditawarkan

Belanja via online terbilang cukup tricky mengingat merek yang tersedia cukup banyak dari yang belum memiliki merek terkenal hingga brand mahal. Jika Anda hendak membeli produk baru, pastikan Anda telah meakukan riset terhadap produk yang hendak dibeli.

Perhatikan harga jual produk dengan merek yang tertempel. Biasanya, produk yang branded, harga jualnya juga sesuai alias lebih mahal.

Jika ada produk yang dijual sangat murah namun memiliki merek terkenal, Anda perlu mewaspadainya. Sebab bisa jadi produk itu adalah palsu alias barang KW.

3. Baca Ulasan Produk yang Ada di Fitur E-Commerce

Biasanya, platform e-commerce dilengkapi dengan fitur review (ulasan) produk dari para pembelinya. Nah, Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengetahui kualitas barang yang ingin dibeli maupun pelayanan dari penjualnya, apakah respons dan pengirimannya cepat atau tidak.

Tentu saja, hal ini akan membantu dan membuat Anda terhindar dari belanja online yang mengecewakan. Karena biasanya pembeli akan dengan senang hati berbagi informasi dari produk yang telah mereka beli.

3 dari 4 halaman

4. Ketahui Ukuran yang Sesuai dengan Kondisi Badan

Nah, mengetahui ukuran badan sendiri penting diperhatikan dan berlaku bila Anda ingin membeli pakaian, sepatu, maupun aksesoris, dan lainnya. Dengan mengetahui ukuran diri sendiri, maka barang yang dibeli pun akan muat alias tidak kekecilan atau kebesaran.

Dan Anda pun tidak perlu repot-repot menukarkannya kembali. Terlebih lagi bila ternyata penjual tidak memberikan layanan penukaran produk. Bisa-bisa Anda malah merugi, bukan?

5. Pahami Bentuk Tubuh Anda

Memahami bentuk tubuh sendiri ini penting bila Anda ingin membeli pakaian dan semacamnya. Sebab, pakaian yang dikenakan para foto model itu belum tentu cocok bila Anda yang mengenakannya.

Ada banyak faktor yang membuat pakaian itu bisa cocok digunakan oleh pemakainya. Mulai dari bentuk tubuh, hingga tinggi badan.

Jangan sampai Anda sudah membeli baju yang kelihatannya bagus saat dipakai foto modelnya, ternyata tidak cocok atau malah kesempitan karena baju tersebut hanya muat dipakai orang dengan perawakan ramping.

4 dari 4 halaman

6. Pilih Ukuran Berdasarkan Tabel Ukuran

Jika Anda masih ragu untuk memilih ukuran pakaian, pastikan Anda telah memilih ukuran berdasarkan size chart. Di dalam size chart biasanya terdapat ukuran bahu, dada dan lingkar perut. Hal tersebut bertujuan untuk meyakinkan ukuran pakaian yang hendak Anda pilih.

Jadilah Konsumen yang Cerdas saat Belanja Online

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin belanja online agar tidak kecewa. Jeli dan teliti terhadap produk yang akan dibeli akan membuat Anda puas dengan produk yang dibeli secara daring itu. Oleh karena itu, jadilah konsumen cerdas saat belanja online.

Kerennya Seorang Freelancer (2)

Jakarta – Dalam tulisan sebelumya sudah dibahas secara singkat keuntungan dan kekurangannya bila anda bekerja menjadi seorang freelancer atau pekerja paruh waktu. Nah, kali ni kita akan bahas 8 fakta dan tips keuangan untuk pekerja lepas itu?

Penghasilan
Pekerja lepas, memiliki pendapatan yang tidak tetap atau fluktuasi, kadang banyak, kadang sedikit. Untuk standard hidup, maka yang digunakan adalah penghasilan rata-rata per bulan. Rataan bisa diperoleh dari histori rata-rata penghasilan dalam setahun atau lebih akan lebih baik.

Misal penghasilan dari Januari sampai dengan Desember 2018 naik turun dengan total sebesar Rp 240 juta, maka rata-rata pendapatan per bulan sebesar Rp 20 juta. Angka inilah yang dijadikan dasar, dianggap sebagai pendapatan per bulan.

Pengeluaran Bersifat Tetap
Meski pekerja lepas memiliki penghasilan yang tidak tetap, tetapi pengeluaran bersifat tetap, mulai dari pengeluaran sosial, rumah tangga, konsumsi, transportasi, telekomunikasi, dll.

Budgeting
Budgeting pengeluaran per bulan didasarkan pada income rata-rata per bulan, untuk contoh di atas, maka anggaran pengeluaran per bulan lebih kecil dari Rp 20 Juta. Ingat bahwa cash flow harus positif, artinya, setiap bulan harus ada sisa.

Rekening
Jumlah rekening seorang pekerja lepas setidaknya ada 4, untuk penerimaan dan pengeluaran yang berhubungan dengan pekerjaan, untuk penerimaan dan pengeluaran rumah tangga, dan untuk debit investasi dan penyimpanan dana darurat, serta rekening sisa pendapatan, saat memperoleh income di atas rata-rata per bulan.

Dana Darurat
Dana darurat pekerja lepas karena kondisi income yang fluktuasi dan tidak adanya tunjangan, maka tentu berbeda dengan dana darurat karyawan pada umumnya. Dana darurat seorang freelancer setidaknya 2 kali dana darurat pada umumnya.

Misal jika karyawan single belum ada tanggungan, jumlah dana daruratnya 4 kali pengeluaran, maka seorang pekerja lepas setidaknya 8 kali pengeluaran.

Asuransi
Pada umumnya karyawan akan mendapat fasilitas asuransi kesehatan dari tempat ia bekerja, pekerja lepas harus menyediakan sendiri asuransi kesehatan ini dilengkapi dengan asuransi atau proteksi income dan proteksi aset.

Pinjaman
Pekerja lepas sebaiknya menghindari memiliki cicilan bulanan. Pembelian barang dibeli secara tunai, pembayaran tagihan kartu kredit juga dibayar lunas, hindari menggunakan fasilitas cicilan tetap, ataupun cicilan 0%.

Investasi
Strategi investasi tujuan keuangan, baik dana pensiun, dana pendidikan maupun lainnya, perlu strategi khusus, tidak bisa menggunakan strategi seperti kebanyakan orang yang memiliki penghasilan tetap, baik jumlah maupun tanggal.

Jika yang berpendapatan tetap dapat menggunakan semua strategi penempatan investasi, berkala, maupun sekaligus, pekerja lepas mungkin hanya bisa menggunakan strategi penempatan sekaligus, sekaligus yang dibertahapkan.

Kewajiban
Utama dan pertama dari semua tips di atas adalah meski anda seorang freelancer, tetap harus mengeluarkan hak Allah, berupa zakat bagi yang muslim, atau porsi sosial seperti derma atau perpuluhan, setiap menerima pembayaran, dan diberikan kepada yang berhak. Dalam Islam ada 8 golongan yang berhak akan zakat.

Penting bagi seorang feelancer untuk bisa mengatur keuangan serta berinvestasi, mengingat penghasilan yang belum tentu stabil setiap bulan. Hal-hal di atas bisa anda belajar melalui kelas atau workshop Perencanaan Keuangan dan Investasi yang dilaksanakan oleh tim ARFC Indonesia atau tim AAM & Associates.

Di Jakarta dibuka workshop sehari tentang bagaimana cara Mengelola Gaji dan Mengatur Uang bulanan dan Belajar dan Teknik Menjadi Kaya Raya dan juga workshop sehari tentang Reksadana. Ada juga workshop khusus tentang Asuransi membahas Keuntungan dan Kerugian dari Unitlink yang sudah anda beli.

Karena banyak permintaan, dibuka lagi workshop Komunikasi yang memukau lawan bicara anda (menghipnotis), cocok untuk anda orang sales & marketing, untuk komunikasi ke pasangan, anak, boss, anak buah, ke siapapun, info.

Untuk ilmu yang lebih lengkap lagi, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop Basic Financial Planning dan workshop Intermediate dan Advance Financial Planning di Pertengahan Info lainnya bisa dilihat di www.IARFCIndonesia.com (jangan lupa tanyakan DISKON paket)

Anda bisa diskusi tanya jawab dengan cara bergabung di akun telegram group kami “Seputar Keuangan” atau klik di sini.

Nah, demikian sekilas tentang keuangan freelancer atau pekerja lepas. Semoga bermanfaat. Salam financial!

Disclaimer: artikel ini merupakan kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. Redaksi detikcom tidak bertanggung jawab atas isi artikel yang dikirim oleh mitra. Tanggung jawab sepenuhnya ada di penulis artikel. (ang/ang)

Top 3: Garuda Indonesia Turunkan Harga Tiket 20 Persen

Liputan6.com, Jakarta – Grup Garuda Indonesia melalui lini layanan full service Garuda Indonesia dan Low Cost Carrier (LCC) Citilink Indonesia serta grup Sriwijaya Air-NAM Air menurunkan  harga tiket pesawat di seluruh rute penerbangan sebesar 20 persen. Penurunan harga tiket tersebut berlaku mulai Kamis, 14 Februari 2019.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk, Ari Akshara mengatakan, ‎penurunan tarif tiket pesawat ini merupakan tindak lanjut dari inisiasi awal Indonesia  National Air Carrier Association (INACA) yang sebelumnya baru berlaku di beberapa rute penerbangan.

“Hal tersebut sejalan dengan aspirasi masyarakat dan sejumlah asosiasi industri nasional serta arahan Bapak Presiden RI mengenai penurunan tarif tiket penerbangan dalam mendukung upaya peningkatan sektor perekonomian nasional khususnya untuk menunjang pertumbuhan sektor pariwisata, UMKM, hingga industri nasional lainnya, mengingat layanan transportasi udara memegang peranan penting dalam menunjang pertumbuhan perekonomian,” ujar dia di Jakarta, Kamis (14/2/2019).

Selain itu, lanjut dia, penurunan tersebut sejalan dengan komitmen dan upaya peningkatan akses konektivitas udara bagi masyarakat.

‎”Garuda Indonesia Group memastikan komitmen penurunan harga tiket pesawat sejalan dengan dengan sinergi intensif yang dilakukan seluruh pemangku kepentingan terkait dalam memastikan akses masyarakat terhadap layanan transportasi udara tetap terjaga” kata dia.

Informasi mengenai penurunan harga tiket pesawat menjadi salah satu artikel paling dicari pembaca. Lengkapnya, berikut 3 artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com:

1. Garuda Indonesia Pangkas Harga Tiket 20 Persen Mulai 14 Februari 2019

Manajemen Garuda Indonesia berharap penurunan tarif tiket penerbangan tersebut bisa memperluas akses masyarakat terhadap layanan transportasi udara. Grup Garuda Indonesia dapat mengakomodir aspirasi masyarakat dalam memberikan pelayanan berkualitas yang dapat menjangkau seluruh elemen masyarakat.

“Penurunan harga tiket tersebut kami pastikan akan menjadi komitmen berkelanjutan Garuda Indonesia Group dalam memberikan layanan penerbangan yang berkualitas dengan tarif tiket penerbangan yang kompetitif,” ujar Ari.

Selengkapnya baca di sini!

2 dari 3 halaman

2. Aturan Taksi Online Mulai Berlaku Juni 2019

Peraturan taksi online, yaitu Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 11 Tahun 2018 tentang Penyelenggaran Angkutan Sewa khusus mulai berlaku pada Juni 2019. Hal itu enam bulan setelah peraturan tersebut terbit.

“Penerapan pada Juni, saat ini kita sedang sosialisasi, kemarin sudah di Solo,” ujar Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan, Ahmad Yani dalam konferensi pers di Kemenhub, Jakarta, Rabu (13/2/2019), seperti dikutip dari laman Antara.

Ia menuturkan, saat ini masih dilakukan pengawasan untuk tarif. Pada tarif batas yakni Rp 3.500-Rp 6.500 per kilometer (km).

“Melihat kondisi saat ini pastinya kita melakukan survei dengan pihak ketiga dan saat ini kita sedang sosialisasi, untuk tarif pengawasan bagaimana kalau ada yang melanggar,” ujar dia.

Selengkapnya baca di sini!

3 dari 3 halaman

3. HEADLINE: Usulan Harga Avtur Turun, Mungkinkah?

Jumlah penumpang pesawat beberapa bandara di Tanah Air mengalami penurunan. Hal tersebut terjadi karena harga tiket penerbangan yang cukup mahal.

Salah satu contohnya di Bandara Kualanamu International Airport (KNIA), Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Jumlah penumpang di bandara tersebut mengalami penurunan hampir 20 persen.

Branch Communication and Legal Manajer Bandara Kualanamu, Wisnu Budi Setianto kepada Liputan6.com, pada Selasa 12 Februari 2019 mengatakan, akibat harga tiket pesawat domestik naik, Bandara Kualanamu mengalami penurunan 189.762 penumpang.

“Data yang kita terima sejak Januari 2019, penurunan sebesar 189.762 penumpang atau 19,9 persen,” kata Wisnu.

Selain penurunan jumlah penumpang, mahalnya harga tiket pesawat juga berdampak pada penurunan jumlah penerbangan, yaitu sekitar 1.734 penerbangan atau 23,6 persen.

“Sedangkan yang mengalami pembatalan di Bandara Kualanamu sebanyak 1.904 penerbangan,” katanya.

Peneliti Institute for Development Economy and Finance (Indef), Bhima Yudhistira mengatakan, salah satu penyebab mahalnya harga tiket pesawat adalah harga avtur yang mahal.

Dia menuturkan, harga avtur di Indonesia menjadi mahal karena infrastruktur penyaluran avtur yang tidak efisien.

“Akar masalahnya adalah infrastruktur penyaluran avtur masih tidak efisien sehingga harga avtur di Indonesia cenderung lebih mahal dari Singapura dan Malaysia. Itu yang membuat avtur kita enggak bersaing,” kata dia.

Selengkapnya baca di sini!

Moratti Pertanyakan Keputusan Inter terkait Icardi

JakartaInter Milan mencopot Mauro Icardi dari jabatan kapten menyusul polemik kontrak. Eks Presiden Inter Massimo Moratti mempertanyakan langkah tersebut.

Inter dan Icardi terlibat perselisihan yang diyakini bersumber dari negosiasi kontrak. Icardi, yang dalam negosiasi diwakili agen sekaligus istrinya yakni Wanda Nara, kabarnya meminta gaji 10 juta euro per tahun.

Sementara Inter cuma menyanggupi gaji 7 juta euro per tahunnya. Perkara ini makin panas saat Wanda berkoar di media bahwa suaminya pantas menerima gaji lebih baik, yang mana dalam kontrak saat ini mendapatkan 4,5 juta euro per tahun.

Wanda juga menyinggung soal minat dari klub-klub top Spanyol dan Inggris dalam kesempatan itu. Inter meradang, ditambah lagi Icardi menurun performanya dan mandul di tujuh partai liga terakhir.

Kisruh bereskalasi saat Inter mencopot Icardi dari jabatan kapten, menunjuk Samir Handanovic sebagai pengganti. Lalu Icardi juga tak dibawa dalam lawatan ke Rapid Wina pada leg pertama 32 besar Liga Europa, Jumat (14/2/2019) dinihari WIB.

Belakangan diketahui, Icardi sendiri yang menarik diri dari tim dan enggan ikut ke Wina.

Situasi ini rupanya tak luput dari perhatian Moratti. Salah satu yang disoroti mantan presiden Inter ini adalah keputusan klub mencopot ban kapten Icardi.

Baginya itu cuma memperkeruh suasana dan membuat jarak dengan si pemain.

“Semuanya telah diungkap ke publik, semuanya dibiarkan terbuka, dan itu bukanlah hal bagus. Ini sepertinya jadi sebuah hal yang sia-sia untuk dilakukan di pertengahan musim,” ujar Moratti kepada Sport Mediaset.

“Saya tak tahu apa keuntungangannya, mengingat mereka tak bisa menjualnya dan punya target-target untuk diraih. Ini adalah situasi yang menjauhkan pemain dari klub dan klub dari pemain,” imbuhnya dilansir Football Italia.
(raw/cas)


Mentor Angkatan 92 MU Eric Harrison Meninggal Dunia

Liputan6.com, Manchester – Kabar duka datang dari skuat Manchester United (MU). Salah satu orang yang membangun sejarah besar untuk MU, Eric Harrison, meninggal dunia di usia 81 tahun.

Bagi fans MU, nama Eric Harrison sudah tidak asing. Ya, dia merupakan pelatih muda MU angkatan 1992, yang menelurkan legenda seperti David Beckham, Ryan Giggs, Nicky Butt, Paul Scholes dan Gary serta Phil Neville.

Eric Harrison meninggal dunia karena penyakit demensia, yang dideritanya sejak empat tahun lalu. Demensia merupakan penyakit yang membuat seseorang sulit mengingat dalam jangka waktu pendek hingga berinteraksi.

“Kami sangat sedih untuk melaporkan, mantan pelatih muda MU, Eric Harrison meninggal dunia, semalam. Pikiran dan doa kami untuk keluarga dan teman-temannya,” bunyi pernyataan resmi Setan Merah, sebutan MU.

Harrison menjadi pelatih muda MU sejak tahun 1981 kala Setan Merah masih dipimpin Ron Atkinson. Pemain didikannya yang sukses tentu angkatan 92 yang berhasil memenangkan treble winner pada 1999.

2 dari 3 halaman

Neville Kehilangan Mentor

Kesedihan tentunya dirasakan angkatan 92 MU, salah satunya, Gary Neville. Mantan kapten Setan Merah itu masih tidak percaya orang yang membuatnya menuai sukses telah tiada.

“Kami kehilangan mentor, pelatih, dan orang yang membuat kami menjadi bintang. Dia mengajari kami bermain hingga tidak pernah benyerang,” kata Neville, di Twitter pribadinya.

“Dia juga mengajarkan kami betapa pentingnya sebuah kemenangan. Eric, kami berutang semuanya pada Anda,” ujarnya menambahkan.

3 dari 3 halaman

Ferguson Bersedih

Kesedihan juga dirasakan Sir Alex Ferguson. Sebab, berkat Eric Harrison, pria asal Skotlandia itu bisa menuai banyak gelar bersama klub yang bermarkas di Old Trafford Stadium.

“Dia memberikan semua pengetahuan kepada pemain muda tentang cara terbaik menjadi profesional. Tidak semua berhasil, tapi lima (David Beckham, Ryan Giggs, Nicky Butt, Paul Scholes dan Gary Neville), sudah cukup melambangkan dedikasinya,” ucap Ferguson, dikutip dari Sports Mole.

Saksikan video pilihan berikut ini: