Wawancara Khusus Jokowi: Impian Menuju Indonesia Maju

Liputan6.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2019. Di tengah kesibukannya, Jokowi meluangkan waktu untuk wawancara khusus dengan tim Liputan6.

Berikut ini petikan wawancara khusus dengan Jokowi:

Selamat sore Pak Jokowi. Pak Jokowi kalau lagi enggak memikirkan urusan negara ini, begini Pak cara menghilangkan pikiran bermain dengan cucu?

Ya untuk membuat pikiran segar kembali. Kalau pas cucu ke sini ya ini, main dengan Jan Ethes ini.

Pak, bagaimana membagi waktunya sih dengan sibuknya ini? Tiap hari, hampir setiap akhir pekan itu bapak saya perhatikan selalu blusukan?

Ya itu sudah menjadi tugas ya untuk kita selalu ke daerah, kemudian melihat proyek-proyek yang ada ya. Baik airport, pembangunan jalan tol, pembangunan pelabuhan, pembangunan pembangkit listrik, yang semuanya memang harus dicek agar selesainya tepat pada waktunya.

Kemudian juga bertemu dengan masyarakat untuk mendapatkan masukan, keluhan-keluhan apa yang masih perlu kita perbaiki, perlu kita tangani. Sehingga enggak ada waktu yang namanya libur, sabtu minggu terus saja. Jadi kebetulan, ada waktu kosong, pas anak-anak pada ke sini, ya bisa ketemu anak dan cucu.

Kalau Bapak tadi bilang memantau proyek, ini pulau Jawa kan sudah hampir terhubung semua dengan jalan tol ya, tahun depan itu dari Merak sampai Banyuwangi. Bapak sudah puas?

Akhir tahun ini Jakarta-Surabaya tersambung. Tahun depan Insyaallah dari Merak sampai Banyuwangi juga, kalau saya lihat lapangannya juga Insya Allah tersambung. Kalau tanya puas atau belum puas, belum.

Karena masih banyak jalan-jalan yang perlu kita sambungkan ya. Antarprovinsi dengan provinsi, kabupaten dengan kabupaten, kota dengan kota, juga konektivitas antar pulau. Yang memerlukan pelabuhan-pelabuhan, airport-airport. Saya kira masih banyak pekerjaan yang perlu dilakukan.

Nah terus pak jokowi kalau kangen sama Jan Ethes gimana pak karena jadwalnya terlalu padat?

Ya paling dua bulan ketemu sekali. Tapi setiap hari pasti ya kalau jam sembilan jam sepuluh malam pasti kita video call dengan Ethes.

Jadi kalau misalnya anak-anak ini mereka semua punya usaha sendiri-sendiri. Bapak ingin engga sih kalau salah satu dari anak bapak ini bisa masuk ke dunia politik juga?

Engga. Saya tanya, saya melihat anak-anak saya masih konsentrasi di usahanya masing-masing. Dan saya senang mereka bisa mandiri, tanggung jawab terhadap kehidupannya. Sudah bisa menyekolahkan anaknya.

Bisa menghidupi keluarganya dengan, kayak Gibran menjual martabak, Kaesang menjual pisang goreng, Bobby juga membuka warung kopi. Ya saya sangat bersyukur.

2 dari 3 halaman

Out of The Box

Pak Jokowi ini sering banget out of the box. Ide-ide seperti membuat menara kapsul waktu, itu Pak Jokowi mengambil konsep bangunannya mirip dengan markas Avangers pak. Apasih pesannya di balik itu?

Kita ingin memberikan sebuah persepsi, bahwa Indonesia dan lebih khusus lagi Papua itu mengalami proses menuju sebuah Indonesia yang maju. Sehingga ya dibangunlah Monumen Kapsul Waktu yang intinya di sini mimpi-mimpi rakyat itu ditampung di sana. Yang nanti akan kita buka di 2085. Mimpi-mimpi anak-anak sekarang untuk 2085.

Nah ini bukan hanya ada markas Avangers, tapi pidato di IMF menggunakan Game of Thrones. Ini film-film kekinian yang dipilih. Itu Mas Gibran bukan sih yang bantuin bapak membuat ide-ide seperti itu?

Ya itu kita hanya ingin menyampaikan sesuatu dengan cara sederhana tapi pesan itu sampai. Gitu saja. Jadi sesimple itu pemikiran kita. Jadi tanpa harus langsung menghajar, tapi pesan itu sampai.

Pesan apa yang ingin bapak sampaikan? Terutama saat Bapak ada di depan anak-anak muda, para penerus bangsa Pak?

Ya bahwa kompetisi yang sehat itu perlu. Tetapi kompetisi dan rivalitas, yang merusak itu harus dihindari. Ke depan yang diperlukan, sebuah negara yang diperlukan dunia ini adalah sebuah kolaborasi. Sebuah kerja sama yang semua dibutuhkan. Ekonomi diuntungkan, politik diuntungkan, masyarakat dapat manfaatnya.

Jadi ke depan hubungan negara dengan negara harus seperti itu. Jangan rivalitas, jangan kompetisi yang saling merusak. Itu berbahaya sekali bagi hubungan antarnegara.

Nah kalau tadi bapak bicara soal ekonomi. Kalau di Indonesia sendiri menurut bapak bagaimana ekonominya pak?

Ya kalau kita lihat ya tolong dibandingkan dengan negara-negara lain ya. Di tengah kesulitan ekonomi global, yang tumbuh hanya tiga setengah persen, kita bisa tumbuh 5,1 : 5,2. Ini patut kita syukuri.

Sebuah global ekonomi yang sangat sulit mampu tumbuh 5,1 rata-rata. Kemudian juga inflasinya juga rendah 3,5. Saya kira ya kita harus bersyukur karena hal seperti itu.


Saksikan wawancara Liputan6.com dengan Jokowi selengkapnya dalam video di bawah ini:

3 dari 3 halaman

Wawancara Khusus dengan Jokowi:


Reporter: Dewi Larasati

6 Cara Melangsingkan Badan Secara Alami, Simpel dan Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Tubuh ramping dan langsing merupakan dambaan banyak orang. Banyak cara yang dilakukan agar mendapatkan postur tubuh langsing yang menarik.

Tubuh yang langsing berkaitan dengan berat badan yang ideal. Dengan berat badan ideal, seseorang akan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal pula. Banyak cara melangsingkan badan yang dapat ditempuh.

Di media sosial saat ini juga kerap ditemukan promosi obat atau suplemen pelangsing tubuh. Namun obat-obatan tersebut tak baik jika dikonsumsi terus menerus. Kandungan kimia pada obat-obatan pelangsing dapat mengganggu fungsi hati dan ginjal.

Sebenarnya ada cara melangsingkan badan yang aman dilakukan. Cara melangsingkan badan secara alami terbukti aman karena tak menimbulkan efek samping bagi kesehatan. cara melangsingkan badan secara alami ini dapat berupa kegiatan-kegiatan sederhana yang mudah untuk dijalankan. Anda dapat menerapkan cara melangsingkan badan secara alami ini di rumah.

Berikut 6 cara melangsingkan badan secara alami dilansir Liputan6.com dari Healthline, Jumat(22/2/2019).

2 dari 7 halaman

Minum Air Putih

Mulailah hari Anda dengan satu atau dua gelas air putih tiap bangun tidur. Penelitian telah membuktikan bahwa minum air putih di pagi hari membantu memulai metabolisme Anda dan membantu menghilangkan racun dari tubuh Anda.

Minum air putih juga membantu mengendalikan rasa lapar dan mencegah Anda makan kalori yang tidak perlu. Beralihlah ke air putih atau teh hijau dan rasakan perbedaannya dalam sehari.

Minum 0,5 liter (17 ons) air dapat meningkatkan kalori yang Anda bakar 24–30% selama satu jam sesudahnya.

Minum air sebelum makan juga dapat menyebabkan berkurangnya asupan kalori, terutama untuk orang paruh baya dan orang tua. Air sangat baik untuk menurunkan berat badan ketika menggantikan minuman lain yang tinggi kalori dan gula.

3 dari 7 halaman

Berjalan Setelah Makan

Jika Anda tidak suka jogging atau berolahraga maka ada sesuatu yang lebih sederhana untuk Anda. Cobalah berjalan sepuluh menit setelah makan. Ini dapat membantu Anda membakar beberapa kalori dengan cepat dan membantu proses pencernaan.

Tahukah Anda jika jalan kaki 5 menit yang dilakukan tak lama setelah makan dapat meningkatkan kadar gula darah harian lebih besar daripada berjalan kaki 45 menit di pagi hari.

Para peneliti mengatakan bahwa jalan kaki setelah makan membantu membersihkan glukosa dari aliran darah karena gula darah akan lebih banyak diambil oleh otot saat berjalan. Dengan begitu berat badan dapat terkontrol dan tubuh akan langsing secara alami.

4 dari 7 halaman

Makan Lebih Banyak Serat

Cara melangsingkan badan secara alami selanjutnya adalah mengonsumsi banyak serat alami. Makanan tinggi serat baik untuk kesehatan dan penurunan berat badan sehingga Anda akan terlihat langsing. Makanan kaya serat dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan dengan membantu Anda merasa lebih kenyang setelah makan.

Tetapi kebanyakan dari kita hanya mengonsumsi sekitar setengah dari serat yang seharusnya. Makanan berserat tinggi umumnya membutuhkan lebih banyak waktu dalam proses mengunyah. Dan mengonsumsi makanan tinggi serat juga cenderung akan menghasilkan sedikit kalori.

Cara terbaik untuk mengonsumsi lebih banyak serat adalah memulai hari Anda dengan sarapan penuh serat seperti gandum. Anda juga bisa memasukkan buah di menu makanan Anda atau membuat semangkuk salad segar.

Buah-buahan dan sayuran adalah makanan yang sangat sehat dan ampuh meangsingkan badan.

Selain air, nutrisi dan serat, mereka biasanya memiliki kepadatan energi yang sangat rendah. Ini memungkinkan Anda untuk memakannya dalam porsi besar tanpa mengonsumsi terlalu banyak kalori.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayuran cenderung lebih memilik berat badan ideal.

5 dari 7 halaman

Makan di Rumah

Meskipun restoran menawarkan banyak pilihan makanan bergizi, pilihannya seringkali terbatas. Sebagian besar makanan yang disajikan di restoran mengandung lemak dan kalori dalam jumlah tinggi, dan dapat merusak kesehatan Anda jika dikonsumsi secara berkala.

Pilihlah untuk memasak dan makan di rumah ketimbang makan di restoran. Selain menghemat pengeluaran, makan dan memasak di rumah juga akan membawa anda pada pola hidup sehat.

Anda tidak pernah tahu kandungan apa saja yang ada pada makanan yang anda makan di restoran.

Saat memasak di rumah, Anda tahu persis apa yang masuk ke dalam makanan Anda, dan anda juga mengetahui langsung bagaimana makanan itu dimasak.

Dengan masak sendiri dirumah, anda dapat mengontrol jumlah kalori dan nutrisi pada makanan anda. Makan di rumah adalah salah satu cara terbaik untuk mempromosikan gaya hidup sehat dan menurunkan berat badan yang dapat melangsingkana tubuh.

6 dari 7 halaman

Kurangi Garam

Menikmati makanan ringan yang gurih dan asin memang sungguh nikmat. Makanan olahan seperti keripik kentang sangat tinggi sodium. Garam ditambahkan sebagai pengawet dalam makanan tersebut.

Garam mengandung natrium dan makanan tinggi natrium menyebabkan retensi air dalam tubuh, yang bisa membuat Anda terlihat kembung. Selain itu, garam sangat membuat ketagihan sehingga Anda tidak bisa puas dengan satu bungkus makanan ringan saja.

Menyedihkannya, sebungkus keripik kentang kecil dapat mengandung hampir 500 kalori. Banyak kalori ini akan memakan waktu setidaknya 45 menit untuk membakarnya lagi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan yang Anda simpan di rumah sangat memengaruhi berat badan dan perilaku makan.

Dengan selalu menyediakan makanan sehat, Anda mengurangi kemungkinan makan tidak sehat. Ada juga banyak camilan sehat dan alami yang mudah disiapkan dan dibawa saat Anda bepergian. Camilan ini dapat berupa yogurt, buah utuh, kacang-kacangan, wortel, dan telur rebus.

7 dari 7 halaman

Olahraga Pembakar Kalori

Berlari membantu Anda membakar kalori, mengurangi stres, dan menekan hormon nafsu makan. Jika Anda terbiasa berjalan maka tambahkan sedikit jogging pada olahraga secara berkala. Berlari atau joging membantu Anda membakar lebih banyak kalori lebih cepat daripada .

Tapi itu tidak berakhir di sini. Penelitian mengonfirmasi bahwa olahraga seperti berlari menghasilkan “after burn” yang berarti seseorang terus membakar lebih banyak kalori selama dua jam setelah Anda berhenti berlari.

Selain itu jika Anda tidak punya cukup waktu, kesabaran, atau peralatan, cukup lakukan push-up dan squat sederhana. Push-up dan squat hanya membutuhkan 15 menit dari dan hasilnya akan tampak seperti Anda telah menghabiskan waktu serius saat berkeringat di gym. Keduanya adalah latihan yang fantastis untuk membakar lemak, meregangkan pinggang,lengan dan kaki dalam waktu singkat.

Nah, itu tadi cara melangsingkan badan secara alami yang bisa Anda praktikkan di rumah.

7 Cara Menghilangkan Stretch Mark Setelah Melahirkan Secara Alami

Liputan6.com, Jakarta Memiliki buah hati menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu, bagi pasangan suami istri. Ada perasaan bahagia yang terus menyelimuti pasangan suami istri. Namun, saat hamil sebagian kaum Hawa bermasalah dengan stretch mark.

Stretch mark adalah salah satu permasalahan kulit yang sering dialami oleh para wanita yang sedang hamil atau selesai melahirkan.

Garis-garis yang membandel ini bisa dibilang dapat mengganggu penampilan hingga menurunkan kepercayaan diri. Tidak sedikit wanita yang setelah melahirkan memiliki stretch mark di badannya. Tentu ini menjadi pikiran bagi para wanita yang mengidamkan kulit tampak bersih.

Tampilan stretch mark berupa guratan berwarna putih atau merah ini memang bisa membuat kulit terlihat tidak mulus lagi. Walaupun timbulnya pada bagian tubuh yang ditutupi seperti pantat, paha, atau perut, tetap saja stretch mark bisa mengganggu rasa percaya diri.

Tak heran, banyak wanita yang melakukan berbagai cara menghilangkan stretch marks. Nah, berikut LIputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/2/2019) cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan agar kulitmu nampak mulus lagi.

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami

Cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan ada dua, yaitu cara menghilangkan stretch mark secara alami dan secara medis.

Secara alami bisa dengan mengonsumsi tumbuh-tumbuhan yang sudah banyak tersedia di alam. Secara medis bisa dengan menggunakan salep atau krim yang bisa mengurangi atau menyamarkan stretch mark.

Nah, cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan secara alami bisa menggunakan bahan alami berikut ini.

1. Minyak zaitun

Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun yang akan membantu menjaga kadar air pada kulit . Selain itu minyak zaitun juga mengandung anti-oksidan yang disebut polifenol yang membantu meregenerasi kulit yang mengalami kerusakan. Campurkan 1 sdm minyak zaitun dengan 1 sdt madu lalu gunakan oleskan pada stretch mark. Ini adalah salah satu cara menghilangkan stretch mark secara mudah.

2. Lidah buaya

Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang mudah untuk ditemukan. Anda pun juga bisa menanamkannya di rumah. cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan bisa dengan mengoleskan gel lidah buaya alami secara rutin pada stretch mark akan membantu menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit.

Tidak hanya untuk menghilangkan stretch mark, gel lidah buaya juga dapat digunakan sebagai pertolongan pertama jika kulit terbakar.

Caranya pun mudah saja:

– Ambil gel lidah buaya yang ada di tengah.

– Lalu oleskan secara merata pada stretch mark.

– Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

3. Putih Telur

Telur tentu ada di dapur rumah Anda, tidak hanya bisa dimakan. Putih telur dapat digunakan sebagai cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan. Putih telur dipercaya dapat mengenyalkan dan mencerahkan kulit wajah karena kaya akan protein dan sumber mikronutrien.

Caranya:

– Gunakanlah putih telur sebagai lotion kulit alami.

– Untuk menghindari bau amis, tambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis atau lemon.

3 dari 3 halaman

Bahan alami untuk menghilangkan stretch mark

4. Kentang

Kandungan mineral yang ada pada kentang dapat menjadi antibiotik alami agar membantu regenerasi kulit. Adanya kandungan anti-oksidan dapat membantu menghilangkan stretch mark.

Cara penggunaannya:

– Tumbuk halus kentang yang telah direbus.

– Lalu campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta.

– Oleskan pada stretch mark.

– Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

5. Lemon

Lemon memang menjadi buah yang cukup dikenal akan banyak manfaatnya. Lemon yang kaya akan vitamin C berguna sebagai antioksidan.

Tidak hanya itu saja, dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Dengan mengoleskan perasan lemon pada stretch mark, proses regenerasi kulit agar terpicu sehingga stretch mark cepat hilang.

6. Cocoa butter

Kandungan cocoa butter telah terbukti baik untuk kulit sehingga bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan stretch mark secara alami dan mudah. Kandungan zat alaminya yakni kalsium, potasium, seng, mangan, besi, serotonin dan tritophan, serta vitamin E dapat melembutkan, melembapkan, dan berfungsi sebagai penangkal radikal bebas pada kulit. Oleskan cocoa butter pada sctretch mark dua kali sehari.

7. Bubuk Coklat

Sama halnya dengan cocoa butter, bubuk coklat juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan.

Caranya adalah:

– Buat pasta dari bubuk coklat yang diberi sedikit air.

– Oleskan pada sctretch mark dua kali sehari.

Dengan 7 cara diatas mampu cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan secara alami. Tentu butuh kesabaran dalam menghilangkan stretch mark pada kulit Anda.

Selain mengikut cara diatas, jangan lupa untuk selalu minum air mineral 8 gelas sehari. Minum air minelas 8 gelas sehari bisa membantu mencegah penurunan elastisitas kulit dan mempercepat proses regenerasi pada kulit, sehingga mempercepat proses penghilangan stretch mark.

Cerita Lagu Boneka Abdi Mendadak Populer sebagai Pemanggil Arwah

Liputan6.com, Bandung – Mendengarkan lagu bagi sebagian orang adalah cara menghibur diri atau menghilangkan bosan. Di sisi lain, lagu yang sudah familiar di telinga ternyata ada beberapa yang dikaitkan dengan kejadian aneh atau misterius.

Bagi yang bermukim di daerah Jawa Barat, tentu hafal dengan lagu “Boneka Abdi”. Mengingat lagu “Boneka Abdi” sudah ada sejak lama, hingga saat ini lagu tersebut masih kerap dinyanyikan oleh banyak orang, terutama anak-anak.

“Boneka Abdi” dibawakan dengan bahasa Sunda. Liriknya sebagai berikut: “Abdi teh ayeuna gaduh hiji boneka. Teu kinten saena sareng lucuna. Ku abdi di erokan, erokna sae pisan. Cing mangga tingali boneka abdi”.


Jika diterjemahkan secara bebas dalam bahasa Indonesia kurang lebih artinya begini: Saya sekarang punya sebuah boneka. Tak terkira bagus dan lucu. Saya pakaikan rok, roknya pun bagus. Ayo silakan lihat boneka saya.

Sekilas tak ada yang mengerikan dari lagu anak-anak tersebut. Bahkan, nyaris tidak ada hal yang menyeramkan yang dikandung dari lirik lagunya. Makna lagunya pun cenderung riang dan gembira.

Lalu, dari mana unsur kemistikan lagu “Boneka Abdi” berasal?

Pada awalnya, lagu ini mulai jadi lagu menyeramkan kala muncul dalam film Jelangkung (2011) sebagai latar kedatangan hantu suster ngesot. Lagu tersebut semakin populer setelah dijadikan soundtrack dalam film horor berjudul Danur (2017).

Seperti diungkapkan penyanyi dan penulis Risa Saraswati saat membuat lagu Story of Peter yang bercerita tentang sahabat hantu. Untuk diketahui, Story of Peter merupakan sebuah album musik perdana milik Sarasvati yang merupakan sebuah projek solo Risa yang dirilis pada tahun 2011.

“Bukan berniat menakuti, tapi pada masanya lagu ini konon memang digemari oleh anak-anak Belanda yang dulu pernah tinggal di Hindia Belanda atau sekarang bernama Indonesia,” kata Risa dalam blog-nya.

Selain itu, Risa sendiri mengaku ia pernah membawakan “Boneka Abdi” di atas sebuah panggung di Bandung bersama band Sarasvati. Menurut dia, pengunjung ketakutan mendengar lagu tersebut.

Kepopuleran lagu “Boneka Abdi” semakin meningkat seiring rilisnya film horor berjudul Danur yang disutradarai oleh Awi Suryadi di tahun 2017. Ceritanya pun diangkat dari sebuah novel misteri karangan dari Risa dengan judul Gerbang Dialog Danur.

Film ini mengisahkan tentang seorang perempuan bernama Risa yang mempunyai kemampuan indigo. Dari situ, ia bisa melihat hal-hal gaib yang tidak bisa dilihat orang lain. Risa sendiri bersahabat dengan lima hantu anak anak Hindia Belanda yang meninggal saat pendudukan Jepang. Kelimanya, yaitu Peter, Hans, Hendrick, William, dan Johnsen.

Barangkali setelah dijadikan soundtrack film Danur, lagu ini berubah menjadi cukup mencekam jika dinyanyikan sendiri. Hal itu mengingat dalam film tersebut dijadikan lagu pemanggil hantu atau arwah.

2 dari 3 halaman

Lagunya Berasal dari Eropa

Terlepas dari ada atau tidaknya unsur mistik, lagu “Boneka Abdi” memang memiliki sejarah sebab lagu tersebut berasal dari Jerman.

Judul lagu aslinya adalah “Hanschen Klein”, sebuah lagu rakyat tradisional Jerman dan lagu anak-anak yang berasal dari periode Biedermeier dari abad ke-19. Bahkan, saking populernya, lagu tersebut akhirnya dibuat versi bahasa Inggris sebagai “Little Hans”.

Beberapa sumber menyebutkan, lagu yang satu ini sering dinyanyikan oleh para penjajah Hindia Belanda saat berada di Indonesia.

Singkat cerita, para penduduk pribumi terutama kaum ibu sering menyanyikannya untuk menghibur anak-anak mereka dengan lagu tersebut karena mereka sering mendengar dari majikannya.

Dalam versi bahasa Jerman, lagu ini mengisahkan tentang seorang anak laki-laki bernama Hans yang berpetulang mengelilingi dunia. Berbeda dengan versi bahasa Sunda yang malah menceritakan tentang sebuah boneka lucu.

Kemiripan dari kedua lagu tersebut hanyalah dalam nadanya. Sedangkan, lirik dan judulnya sangat berbeda. Berikut lirik dari judul “Hanschen Klein”.

Habschen klein ging allein, in die weite Welt hinein

Stock und Hut stehn ihm gut, ist gar wohlgemut

Doch die Mutter weinet sehr, hat ja nun kein Hanschen mehr

Da besinnt sich das Kind kehrt nach Haus geschwin.

Sedangkan dalam versi bahasa Inggris yaitu:

Little Hans went alone, out into the wide world

Staff and hat suit him well, he is in good spirits

But his mother cries so much, for she no longer has little Hans

Look! the child changes his mind, and returns quickly home.

3 dari 3 halaman

Cerita Rakyat

Retty Isnendes dari Departemen Pendidikan Bahasa Sunda Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mengatakan, lagu “Boneka Abdi” merupakan produk Kakawihan. Kakawihan merupakan salah satu bentuk folklor lisan hasil kebudayaan lama masyarakat Sunda.

Kakawihan ini sering dikaitkan dengan kaulinan barudak urang Sunda, artinya bahwa kakawihan tidak terlepas dari sebuah nyanyian yang sering dibawakan pada permainan anak-anak masyarakat Sunda.

“Faktanya, lagu “Boneka Abdi” ini sudah ada sejak saya masih anak-anak usia lima tahun dan sering dinyanyikan oleh orangtua kepada anak-anaknya,” kata Retty sambil menambahkan lagu tersebut bermaksud untuk menghibur anak-anak.

Lebih jauh Retty mengungkapkan, lagu “Boneka Abdi” pernah diteliti asal muasalnya. Jika dilihat dari kalimat yang dipakai dalam lagu tersebut, sangat besar kemungkinan pengarang lirik lagu ini berasal dari Priangan.

“Dapat disimpulkan lagu tersebut diciptakan seniman Priangan. Karena liriknya menggunakan undak-usuk (tingkatan bahasa Sunda) yang halus,” ucapnya.

Meski lagu aslinya berasal dari Jerman, lagu “Boneka Abdi” sudah menjadi folklor di masyarakat. Hal itu diperkuat dengan keberadaan lagu tersebut yang sudah dinyanyikan lebih dari satu generasi.

“Kemungkinan ada produk budaya yang dibawa dari luar jika diketahui pembawanya. Untuk pembawanya siapa memang belum ada penelitiannya. Akan tetapi sudah kadung populer dan sampai ke tanah Sunda,” kata Retty.


Simak video pilihan berikut ini:

Benarkah Jokowi Serang Pribadi Prabowo Saat Debat? Ini Bunyi Peraturannya

Liputan6.com, Jakarta Debat capres antara Jokowi vs Prabowo Subianto meninggalkan polemik. Jokowi dituding menyerang pribadi Prabowo saat menyinggung soal kepemilikan lahan di Kalimantan Timur sebesar 220.000 hektare dan 120.000 hektare di Aceh.

Benarkah Jokowi melanggar aturan soal larangan menyerang pribadi saat debat? Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman menjelaskan peraturan soal larangan menyerang personal.

“Di Undang-Undang itu ada, tidak menyerang personal, tapi di Undang-Undang itu yang ada (pernyataan) mengandung SARA, dan ujaran kebencian,” kata Arief di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat.

Aturan itu teruang dalam Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu Pasal 280. Dalam pasal tersebut tertera 10 poin, soal larangan menyerang personal tepatnya di poin tiga.

Berikut bunyi Pasal 280 ayat 1 ada 10 poin tentang pelaksanaan, peserta dan tim kampanye pemilu yang dilarang dalam Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu:

  1. Mempersoalkan dasar negara Pancasila
  2. Melakukan kegiatan yang membahayakan keutuhan NKRI
  3. Menghina seseorang, agama, suku, ras, golongan, calon dan/atau Peserta Pemilu lain
  4. Menghasut atau mengadu domba perseorangan atau masyarakat
  5. Mengganggu ketertiban umum
  6. Mengancam untuk melakukan kekerasan atau menganjurkan penggunaan kekerasan kepada seseorang, sekelompok anggota masyarakat, dan/atau Peserta Pemilu lainnya
  7. Merusak dan/atau menghilangkan alat peraga kampanye Peserta Pemilu
  8. Menggunakan fasilitas pemerintah, tempat ibadah, dan tempat pendidikan
  9. Membawa atau menggunakan tanda gambar dan/atau selain dari tanda gambar dan/atau atribut Peserta Pemilu yang bersangkutan
  10. Menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya kepada Peserta Kampanye pemilu.
2 dari 3 halaman

Dilaporkan ke Bawaslu

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, melalui Tim Advokat Indonesia Bergerak (TAIB) melaporkan Capres petahana Jokowi karena dianggap melakukan penyebaran fitnah terkait kepemilikan tanah oleh Prabowo.

Jokowi dinilai melanggar Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu Pasal 280 ayat 1 huruf c yang mengatur pelaksana, peserta, dan tim kampanye pemilu dilarang menghina seseorang, agama, suku, ras, golongan, calon dan atau peserta pemilu yang lain.

“Kami dari Tim Advokat Indonesia Bergerak telah melaporkan Capres 01 dalam hal ini Jokowi terkait dengan apa yang beliau sampaikan pada saat debat di Hotel Sultan Jakarta. Bahwa pada beliau yang sampaikan lebih pada menyerang pribadi, fitnah,” ujar Djamalluddin Koedoeboen dari TAIB di kantor Bawaslu, Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat.

Sementara itu, Capres nomor urut 01 Jokowi menyesalkan adanya laporan tersebut. Dia memandang, lebih baik tak perlu ada debat capres jika sedikit-sedikit dilaporkan.

“Ya debat yang lalu saya juga dilaporkan. Debat yang minggu lalu juga dilaporkan, kalau debat dilapor-laporin enggak usah debat saja lah. Debat kok dilaporkan? Ya gimana?” kata Jokowi di pabrik PT Mayora Indah Tbk, Kabupaten Tangerang.

Jokowi mengatakan, jika dalam debat ada yang salah atau pernyataan yang tidak berkenan pasti sudah diberitahu oleh pihak Bawaslu. “Kan sudah ada, coba ketua Bawaslu dan komisioner Bawaslu ada di situ. Kalau kira-kira enggak anu (sesuai aturan), pasti dibisiki,” kata Jokowi.


Reporter: Syifa Hanifah

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

7 Hal yang Harus Dihindari Saat Bangun Tidur

Jakarta – Saat bangun pagi ada beberapa hal yang seringkali kita lakukan dan tanpa disadari justru akan memengaruhi aktivitas sepanjang hari. Agar kamu bisa menjalani hari dengan penuh semangat, beberapa hal yang sudah ini sebaiknya tidak kamu lakukan setelah bangun pagi.

1. Menekan tombol ‘snooze’
Jika kamu menekan tombol tunda beberapa kali mungkin terdengar seperti ide yang baik, tetapi para ahli memperingatkan bahwa itu adalah kebiasaan buruk yang harus dihilangkan. Para ahli yang mempelajari tidur mengatakan menunda alarm, atau yang biasa muncul dengan tombol bertuliskan snooze, bukanlah ide yang baik. Kenyataannya adalah setiap kali kita memencet tombol tersebut dan kembali tidur, kita memasuki perputaran pola tidur yang tidak bisa kita selesaikan. Hal ini membuat kita menjadi sangat lelah dan malas ketika akhirnya harus bangun.

2. Mengecek email dan media sosial
Kebiasaan meletakan ponsel bersebelahan dengan tempat tidur sudah menjadi kebiasaan setiap orang. Akibatnya, memeriksa e-mail atau sosial media setelah terbangun akan mengalihkan pikiran dari tugas penting yang harus kita lakukan.

3. Lupa minum air putih
Setelah bangun dari tempat tidur, jangan lupa untuk mengambil 1-2 gelas air untuk dihidrasi. Minum air putih tidak hanya membantu Anda bangun tidur, tetapi juga membuat metabolisme bergerak ke arah yang benar. Tambahkan lemon atau jeruk nipis bisa juga membantu membersihkan hati.
Jadi, mulailah hari kamu dengan air. Ini adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk tubuh Anda.

4. Langsung minum kopi
Kalau kamu adalah tipe orang yang memilih untuk minum kopi di pagi hari untuk membantu menghilangkan rasa ngantuk, lebih baik pertimbangkan lagi kebiasaan ini. Diantara jam 8 dan jam 9 di pagi hari, tubuh kita memproduksi sejumlah besar hormon yang mengatur energi. Jadi, kalau kita minum kopi sebelum jam 9:30 di pagi hari, tubuh kita akan mengurangi produksi hormon tersebut, membuat kita jadi kurang berenergi.

5. Bangun dalam suasana gelap
Jam biologis tubuh kita sangat sensitif dengan terang dan gelap. Kalau kita terbangun dengan cahaya yang gelap, otak kita akan bingung dan membuat kita jadi mengantuk. Buka gorden jendela kita agar cahaya matahari bisa masuk atau nyalakan lampu yang terang kalau di luar masih gelap.

6. Tidak merapikan tempat tidur
Percaya tidak percaya, merapihkan tempat tidur setelah bangun diasosiasikan dengan meningkatkan produktivitas kita hari itu lho. Selain itu, kebiasaan penting ini adalah langkah pertama untuk membantu kita memulai kebiasaan baik lainnya.

7. Lupa sarapan
Bagi sebagian orang jarang untuk menerapkan sarapan pagi, mungkin dengan alasan beberapa hal. Namun, hal tersebut bukanlah ide yang baik untuk dipertahankan. Kamu bisa mulai sarapan dan membiasakan diri untuk sarapan pagi, mulai dengan memakan oatmeal atau yogurt dengan buah.

Sebuah studi menemukan bahwa makan sarapan dapat membantu mencegah diabetes dan penyakit jantung, serta meningkatkan kinerja dan daya ingat. Manfaat lain dari sarapan pagi adalah, tubuh dapat menerima makanan lengkap yang sehat, bergizi, dan tinggi nutrisi.

(up/up)

Bangunan Cagar Budaya di Pekalongan Jadi Toko

Liputan6.com, Pekalongan – Pegiat sejarah Pekalongan Heritage Community Mohammad Dirhamsyah menyatakan prihatin terkait temuan belasan bangunan cagar budaya di Kota Batik ini yang telah beralih fungsi menjadi tempat usaha.

Dirhamsyah mengatakan, saat ini lebih dari seratusan bangunan cagar budaya berada di wilayah Kota Pekalongan, namun sebagian sudah beralih fungsi.

“Oleh karena itu, kami minta Pemerintah Kota Pekalongan melakukan langkah antisipasi penyelamatan terhadap bangunan cagar budaya yang memiliki nilai sejarah itu,” katanya, Rabu (20/2/2019) dilansir Antara.

Menurut dia, seratusan bangunan cagar budaya tersebut terdiri atas bangunan rumah kuno milik warga, 23 bangunan cagar milik Pemkot Pekalongan dan Pemprov Jateng, 2 bangunan milik PT Kereta Api Indonesia, dan PT Pertani yang berada di kawasan budaya di Jalan Jetayu.

Adapun sebanyak 23 bangunan cagar budaya milik pemkot, kata dia, sebagian besar berada di kawasan budaya di Jalan Jetayu, antara lain Museum Batik Nasional, eks-Bakorwil Pekalongan, kantor pos, pengadilan negeri, rumah tahanan (rutan) dan lembaga pemasyarakatan (lapas), serta kantor Perum Perikanan Indonesia Pekalongan.

“Saat ini sebagian besar bangunan cagar budaya milik pemerintah tersebut dimanfaatkan untuk aktivitas perkantoran dan lembaga pendidikan. Adapun bagi bangunan cagar budaya yang dimiliki swasta yang sudah beralih fungsi seperti bekas gedung bioskop Rahayu dan rumah Bupati Pekalongan yang berada di Jalan Nusantara Kota Pekalongan,” katanya.

Ia mengatakan bangunan cagar budaya yang dimiliki oleh warga sebagian sudah beralih fungsi digunakan untuk toko moderen dan sektor perdagangan.

“Kami berharap pemerintah membentuk tim ahli cagar budaya dan tim ahli bangunan cagar budaya sebagai upaya melestarikan dan menetapkan sebagai bangunan cagar budaya. Bangunan cagar budaya tidak boleh sembarangan diubah bentuknya dengan menghilangkan keasliannya,” katanya.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kota Pekalongan Ninik Murniasih mengatakan pemkot sudah mengirimkan registrasi usulan pelestarian bangunan cagar budaya ke pusat yang akan ditindaklanjuti dengan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) dan Tim Ahli Bangunan Cagar Budaya (BCB) Provinsi Jateng.

“Setelah dikirim ke TACB dan BCB kami menunggu rekomendasi atau kajian apakah disahkan atau tidak. Saat ini, kami masih menunggu karena masih diproses,” katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

6 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah dengan Bahan Alami

Liputan6.com, Jakarta Memiliki wajah yang halus dan bebas dari jerawat memang manjadi idaman banyak orang. Namun, bagaimana kalau wajah kamu tiba-tiba mengalami bruntusan? Wajah yang sedang mengalami bruntusan membuat penampilan jadi tidak percaya diri.

Bruntusan bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Umumnya disebabkan oleh alergi, digigit serangga, cuaca, polusi udara, infeksi, tidak tahan bahan kimia, atau saat sedang melakukan pengobatan tertentu.

Bruntusan menyebabkan wajah menjadi gatal dan kemerahan. Bruntusan membuat tampilan kulit wajah menjadi tidak mulus lagi. Kalau digaruk, dapat menyebabkan bekas di kulit yang tidak mudah hilang. Bahkan, menggaruk area bruntusan dapat menyebabkan kulit mengalami infeksi.

Agar bruntusan pada wajah tidak semakin parah, sebenarnya ada beberapa cara alami yang bisa kamu gunakan. Menggunakan bahan-bahan alami ini, bruntusan bisa sedikit diringankan dan perlahan bisa hilang.

Nah, kali ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber terkait bagaimana cara menghilangkan bruntusan di wajah, Rabu (20/2/2019). Kamu bisa mencobanya sendiri di rumah, karena bahan-bahannya sangat mudah ditemukan.

2 dari 4 halaman

Kayu Manis dan Oatmeal

1. Kayu Manis

Salah satu cara untuk menghilangkan bruntusan adalah dengan memanfaatkan kayu manis. Bahan alami ini efektif menghilangkan ruam atau buntusan pada wajah. Bruntusan akan memudar dan wajah kembali cantik alami.

Cukup mencampurkan sesendok teh jus lemon dengan sesendok teh bubuk kayu manis. Larutan ini siap kamu oles merata ke area wajah yang bruntusan. Biarkan dulu kira-kira 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan 1-2 kali dalam seminggu. Tidak perlu khawatir karena cara ini cukup aman bagi kulit wajah yang sensitif sekalipun.

2. Oatmeal

Mengandung bahan antioksidan dan ampuh mengatasi iritasi, oatmeal akan memberikan efek mendinginkan serta membuat kulit jadi lebih lembut. Cara membuatnya:

– Campurkan oatmeal dengan air hangat dan biarkan mekar,

– Kemudian diamkan sejenak sampai agak dingin,

– Aplikasikan pada wajah atau kulit bagian lain yang mengalami bruntusan,

– Biarkan selama 30 menit kemudian baru dibilas dengan air dingin.

3 dari 4 halaman

Air Dingin dan Lemon

3. Air Dingin

Sensasi dingin akan membantu meredakan gatal karena menenangkan sel syaraf. Oleh karena itu, apabila bruntusan terasa gatal, jangan digaruk. Lebih baik dikompres saja dengan air dingin sampai gatalnya mereda.

4. Lemon

Lemon juga ampuh untuk mengatasi gatal dan berperan sebagai antiseptik serta anti peradangan. Cukup iris tipis lemon, kemudian aplikasikan di area wajah yang bruntusan. Biarkan sejenak dan rasa gatal akan terasa berkurang, kulit juga akan terasa lebih dingin.

4 dari 4 halaman

Minyak Cengkeh dan Lidah Buaya

5. Minyak Cengkeh

Kamu bisa menemukan minyak cengkeh ini di salon atau tempat spa. Cari sebotol kecil minyak cengkeh. Minyak ini mengandung bahan eugenol yang mampu mengatasi rasa gatal dan menenangkan kulit. Sebelum mengaplikasikannya di wajah yang mengalami bruntusan, lebih baik dicampur dengan sedikit air terlebih dahulu.

6. Lidah Buaya

Memberikan efek dingin, lidah buaya mampu meredakan rasa gatal akibat bruntusan. Lidah buaya yang kaya akan vitamin E ini, ampuh mengatasi luka bakar dan gatal akibat iritasi.

Cara menggunakannya cukup mudah. Cukup aplikasikan gel lidah buaya di area yang gatal. Kemudian bilas dengan air dingin. Apabila kamu tidak ingin ribet, kamu bisa membeli gel lidah buaya di apotik atau toko obat terdekat.

Selain dengan bahan-bahan alami di atas, bruntusan dapat dicegah dengan bijak dalam menggunakan kosmetik. Saat bruntusan, hindari penggunaan makeup yang terlalu tebal.

Bahan kimia yang ada pada kosmetik akan memperparah bruntusan. Makeup yang terlalu tebal juga dapat membebani kulit wajah. Kulit wajah akan makin berat dan penyembuhan dari bruntusan itu sendiri pun bakal semakin lama dan sulit.

Kamu juga perlu rutin mengonsumsi buah dan sayur. Hal ini akan membantu kamu untuk mengurangi bruntusan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan wajah.

5 Manfaat Kentang untuk Wajah, Bisa Mencerahkan Kulit

Liputan6.com, Jakarta Kentang dikenal sebagai salah satu sumber karbohidrat alami. Selain lezat dikonsumsi, kentang juga memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh. Kentang kaya akan nutrisi seperti vitamin A, B-kompleks,C, hingga asam folat.

Dalam kentang juga ada zat solanin yang dikenal sebagai obat penenang, anti kejang, anti jamur, dan pestisidal. Sedangkan bila dimakan bersama kulitnya, dapat memberikan tambahan serat bagi tubuh.

Selain dikonsumsi untuk kesehatan tubuh, kentang juga dipercaya memiliki manfaat baik bagi kulit wajah. Kandungan antioksidan pada kentang mampu mencegah penuaan dini, mencerahkan dan menyamarkan noda hitam di wajah.

Berikut 5 manfaat kentang untuk kulit wajah dilansir Liputan6.com dari Beautymunsta, Rabu(20/2/2019).

2 dari 6 halaman

Bantu Hilangkan Mata Panda

Seperti irisan timun yang biasa digunakan pada area mata, manfaat kentang juga dapat mengurangi bengkak dan kantung mata di bawah mata Anda.

Kentang telah terbukti sangat efektif dalam menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata karena sifatnya yang mampu mencerahkan secara alami.

Caranya, ambil kentang mentah, kupas dan potong menjadi potongan besar. Setalah itu, bungkus dengan kain atau sapu tangan dan letakkan di mata Anda selama sekitar 15 hingga 20 menit, lalu bersihkan dengan air hangat. Penggunaan teratur akan memudarkan lingkaran hitam dalam waktu singkat.

Anda juga bisa mengoleskan jus kentang pada lingkaran hitam di mata Anda menggunakan cotton bud atau langsung dengan tangan Anda.

3 dari 6 halaman

Bantu Hilangkan Keriput

Manfaat kentang sangat berguna untuk menghilangkan tanda-tanda penuaan dini seperti keriput. Hal ini karena kentang kaya akan kandukngan Antioksidan.

Antioksidan yang ada dalam kentang dapat melawan radikal bebas dari tubuh dan menstabilkannya. Dengan demikian kandungan pada kentang dapat mencegah kerusakan oksidatif pada sel-sel kulit. Proses ini dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti garis-garis halus, kerutan, bintik-bintik penuaan, bintik-bintik hitam dan lainnya.

Tidak hanya mengonsumsinya, mengaplikasikan kentang di kulit juga terbukti efektif dalam menghilangkan keriput.

Caranya, haluskan kentang dan oleskan di wajah Anda. Berikan pijatan lembut ke wajah Anda. Biarkan mengering selama lima menit, lalu bilas dengan air bersih.

Penggunaan teratur tidak hanya akan meminimalkan munculnya keriput tetapi juga akan memberi nutrisi pada kulit Anda karena nutrisi yang terkandung di dalamnya.

4 dari 6 halaman

Baik untuk Kulit Kering

Penggunaan kentang sangat bermanfaat bagi Anda dengan kulit kering. Manfaat kentang memiliki kemampuan membuat kulit lembut dan kenyal, yang dapat membantu melawan kulit kering.

Parut beberapa kentang dan tambahkan setengah sendok teh ke dalamnya hingga membentuk masker. Kemudian, oleskan masker pada wajah Anda, dan diamkan selama 20 menit, lalu basuh dengan air.

Masker wajah ini akan memberikan nutrisi dan melembabkan kulit untuk merawat kulit kering. Kentang juga dapat dijadikan sebagai penyegar alami dengan menggunakannya sebagai toner. Caranya adalah dengan mencampurkan kentang menggunakan sekitar 2 sdm air, lalu peras untuk mendapatkan ekstrak dari air kentang.

Oleskan ke seluruh wajah Anda dengan kapas dan simpan toner dalam wadah bersih. Anda juga bisa menggunakannya dalam botol semprot. Biarkan selama 3 menit. Bilas wajah Anda setelah itu gunakan pelembab.

5 dari 6 halaman

Angkat Sel Kulit Mati dan Jerawat

Kentang adalah salah satu bahan pengelupasan kulit alami yang ampuh menghilangkan sel-sel kulit mati. Sel kulit mati ini dapat menyembunyikan rona dalam kulit dan membuatnya terlihat kusam. Kentang adalah pembersih kulit alami yang membantu menghilangkan kotoran dari kulit wajah.

Parut beberapa kentang yang telah dikupas dan oleskan di wajah Anda lalu biarkan selama sepuluh menit hingga mengering. Setelah mengering, bilas dengan air bersih.

Penggunaan yang teratur tidak hanya akan menghilangkan kotoran dari kulit tetapi juga akan membuat kulit terasa lembut, kenyal, bercahaya dan segar.

Sensasi dingin pada kentang juga dapat membantu meredakan jerawat yang sedang meradang. Kentang juga dapat mengontrol produksi minyak pada wajah dengan menyeimbangkan sekresi sebum yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

6 dari 6 halaman

Pencerah Kulit

Mungkin manfaat kentang untuk wajah yang paling terkenal adalah mencerahkan kulit. Kentang mengandung enzim katekolase yang membantu meringankan bintik-bintik gelap, bekas jerawat dan noda kusam di wajah.

Kandungan ini juga yang sering digunakan sebagai ‘pemutih kulit’ alami. Jadi, jika Anda ingin mencerahkan warna kulit Anda, cobalah mengoleskan kentang mentah pada wajah Anda.

Mengonsumsi kentang secara teratur dan juga mengoleskannya di kulit sangat efektif dalam pemulihan pada kulit yang terbakar sinar matahari.

Antioksidan pada kentang ini melindungi sel-sel kulit tidak hanya dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas, tetapi juga dari sinar UV matahari yang berbahaya. Dengan begitu kentang juga dapat mengurangi risiko kanker kulit.

Untuk mengatasi sengatan matahari pada kulit, ambil beberapa irisan kentang dingin dan letakkan di wajah yang terkena sengatan matahari. Penggunaan teratur akan memberikan sensasi dingin pada area yang terkena sengatan matahari.

Bagaimana Inggris Mempengaruhi Perkembangan Turban?

Liputan6.com, Jakarta – Selain di India, kaum Syekh banyak pula ditemukan di Inggris. Kaum yang identik dengan turban tersebut biasa ditemui di daerah Southall, London Barat.

Mulanya, turban menjadi identitas kaum Syekh merupakan hasil perjuangan panjang kelompok Khalsa terhadap Sultan Aurangzeb di India pada 1658. Dilansir dari CNN, mereka memperjuangkan agar turban juga dipakai oleh Syekh di Kesultanan Mughal yang dipimpinnya. Saat itu, hanya orang Muslim yang boleh memakai turban.

Pada 1845, Inggris datang ke daerah Punjab. Mereka tidak menyerang kelompok Khalsa, justru mereka terkesan dengan keahlian militer mereka sehingga merekrut kaum Syekh ke dalam kelompok militernya. Kedatangan para tentara Inggris membawa pengaruh besar pada turban yang telah dipakai secara turun temurun oleh bangsa Syekh.

Kesultanan Mughal pun memiliki sistem kasta, dan bangsa Inggris memiliki cara untuk menghilangkan kekhawatiran akan sistem tersebut. Seluruh tentara militer Inggris di India yang beranggotakan bangsa Syekh dan Muslim dianjurkan memakai turban. Hasilnya, ada kesetaraan yang tercipta dalam kemiliteran tersebut.

Masyarakat biasa saat itu memakai turban dalam variasi gaya, bentuk dan ukuran. Di mata penguasa Inggris, variasi tersebut menciptakan kesan berantakan sehingga mereka memutuskan untuk menyeragamkannya. Turban yang biasanya memiliki lapisan gulungan alami diganti dengan lipatan simetris yang rapi.

Lencana pun diperkenalkan dalam pemakaian turban. Tujuannya adalah perbedaan resimen yang berdasarkan pada kelas atau ras bisa diidentifikasikan. Saat itu tentara Syekh dikenali dengan penggunaan lencana di depan turban mereka.

Turban yang dipakai seluruh tentara militer Inggris di India saat Perang Dunia I sangatlah besar, dengan panjang sekitar delapan meter. Di Perang Dunia II, kebijakan ketentaraan sudah berubah, di mana tentara Muslim dan Hindu tidak perlu lagi memakai turban. Fenomena tersebut merupakan yang pertama kalinya di mana turban tidak lagi dianggap sebagai identitas kaum non-Syekh di India.

2 dari 2 halaman

Berakhirnya Kemitraan Syekh dan Inggris

Setelah Inggris memberikan kemerdekaan kepada India, beberapa kelompok agama pun memikirkan kembali mengenai identitasnya. Kelompok Muslim yang telah membentuk negara Pakistan melepaskan turban sebagai identitasnya. Apalagi saat itu terjadi kekerasan antarkelompok dengan penganut Hindu dan Syekh, membuat kedua kelompok tersebut mengikhlaskan turban karena takut disangka orang Syekh.

Akibatnya, hanya orang Syekh yang memakai turban, sebab turban sering dianggap sebagai simbol dari suatu status sosial. Orang Muslim pun hanya memakai turban di beberapa acara tertentu, seperti pernikahan.

Kekerasan tersebut mengakibatkan orang Syekh pindah ke Inggris. Kedatangan mereka disambut ramah sebab mereka membantu tentara Inggris berperang kala itu.

Perlahan, peran orang Syekh yang membawa kemenangan dilupakan, turban pun dianggap sebagai penghalang mereka untuk berintegrasi sebagai warga negara Inggris. Kaum Syekh pun dihadapkan dengan dua pilihan agar mereka bisa diterima. Memotong janggut dan melepaskan turban agar bisa bergabung atau memakai turban berwarna gelap agar tidak menarik perhatian.

Berbagai perlawanan pun dilakukan oleh beberapa kaum Syekh di Inggris. Adapula yang membawa aksi diskriminasi tersebut ke meja hijau. Salah satunya terjadi di tahun 1980-an.

Saat itu, keluarga dari siswa yang bernama Gurinder Singh Mandia menuntut sekolah anaknya atas diskriminasi rasial yang mereka terima. Kasus tersebut mengubah cara orang Syekh diperlakukan di Inggris. Tak hanya itu, turban juga dilindungi oleh hukum yang berlaku di Inggris.

Saat ini, kaum Syekh di Inggris tidak perlu lagi menyembunyikan turban untuk menyesuaikan diri dengan orang di sekitarnya. Mereka, termasuk anak muda Syekh, berani tampil dengan turban yang terbuat dari kain dan aksesori yang mewah.Kaum Syekh memakainya sebagai simbol keimanan dan bentuk cerminan kepribadian mereka. (Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan di bawah ini: