Mengenang Ciri Khas Rancangan Mendiang Robby Tumewu

Liputan6.com, Jakarta – Setelah melalui perjuangan panjang melawan penyakit stroke yang menggerogoti tubuhnya, perancang busana sekaligus aktor, Robby Tumewu, mengembuskan napas terakhir pada Senin (14/1/2019), sekitar pukul 00.15 WIB.

Kepergian desainer kondang di era 80-an ini meninggalkan duka tersendiri bagi orang-orang terdekatnya. Pedih kehilangan ini juga dirasakan Era Soekamto, salah satu desainer yang seperti almarhum juga bergabung di Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI).

Bagi Era, Robby adalah sosok desainer senior yang baik hati. Rancangan-rancangan lelaki 65 tahun tersebut juga disebut memberi sedikit-banyak pengaruh pada desain perancang yang lebih muda seperti dirinya.

“Setiap desainer kan membawa nafas tersendiri dalam rancangannya, begitu juga Mas Robby. Jadi, sebagai desainer senior, Beliau memberi inspirasi bagi saya dan banyak desainer lain,” katanya lewat sambungan telepon pada Liputan6.comhari ini.

Era mengenang Robby Tumewu lewat ciri khas rancangan busana yang sangat colorful. Permainan warna ini dinilainya memberi sentuhan lain yang begitu funky dan edgy di sejarah fashion Indonesia. “Selalu ceria. Kayak macam happy go lucky,” ujarnya.

Warna-warna itulah yang kemudian Era cirikan sebagai karakter desain rancangan Robby walau sejak terjun ke dunia entertainment di tahun 90-an, pemain Lenong Rumpi ini tidak terlalu aktif berkarya di bidang rancang mode.

Dalam kesempatan yang sama, Era Soekamto juga menyampaikan dukacita mendalam atas kepulangan Robby Tumewu. Ia berharap pihak keluarga bisa dikuatkan dan perjalanan Robby selanjutnya bisa disempurnakan lewat cinta Tuhan.

“Saya sendiri tentu kehilangan. Apalagi selama berkarya, Mas Robby selalu memberi kontribusi nyata untuk dunia fashion, katanya.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *