Mengenal Jamie Chua, Sosialita yang Punya Lemari Busana Pakai Sidik Jari

Liputan6.com, Jakarta – Popularitas Jamie Chua, sosialita asal Singapura ini terletak pada daya tarik publik dengan kisahnya yang mirip Crazy Rich Asian. Ia bekerja sebagai pramugari di sebuah maskapai penerbangan Singapura ketika bertemu dengan pengusaha Indonesia, Nurdian Cuaca.

Dilansir dari scmp.com, Sabtu, 23 Maret 2019, dari pertemuan itu, mereka kemudian menikah. Saat itu usia Chua masih 20 tahun. Dalam sebuah program televisi Indonesia, mereka berjuang selama 10 tahun hingga menjadi orang kaya.

Delapan tahun kemudian, Chua, yang memiliki dua anak, Calista dan Cleveland, tampak berada di posisi yang sangat bahagia. Rumahnya seluas lebih dari 900 meter persegi di Singapura dihiasi dengan potret dirinya, koleksi seni kontemporer dengan sentuhan desainer, termasuk bantal Hermes dan seprai Versace.

Perempuan yang pernah menjadi distributor sepatu terkenal di Singapura ini terus melanjutkan bisnisnya. Investasi terakhir adalah klinik estetika dan perawatan kulit.

Chua mengatakan bahwa dirinya tak perlu bekerja, tapi melakukan sesuatu yang memiliki tujuan. Meski begitu, kata Chua, setiap orang harus memiliki pekerjaan.

“Seseorang tanpa pekerjaan tidak memiliki tujuan hidup. Ini bukan tentang berapa banyak uang yang Anda miliki, ini tentang perasaan Anda berguna untuk sesuatu,” katanya.

Jamie Chua mengatakan sebagian besar hidupnya hanya untuk menghabiskan uang. Namun, apa yang Chua lakukan itu tak membuatnya bahagia. Tapi ketika ia menjadi kepala atas bisnisnya, ia baru merasa bahagia sekarang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Nia Ramadhani merasa kurang setuju dengan cap sosialita yang melekat pada dirinya

Mengenal Rob Kardinal Clinton, Caleg Muda Pemilik eSports Onic

Liputan6.com, Jakarta – Rob Kardinal Clinton maju menjadi calon anggota legislatif atau caleg dari Partai Golkar. Pria kelahiran 1993 ini baru pertama kali menjajal kemampuannya sebagai caleg.

Clinton, sapaan akrabnya, memilih maju menjadi caleg DPRD DKI Jakarta daerah pemilihan (dapil) 3 Jakarta Utara. Dapil itu meliputi Pademangan, Penjaringan, dan Tanjung Priok.

Sejak SMA, anak kedua dari empat bersaudara itu sudah mulai membangun bisnisnya sendiri. Sampai akhirnya, kini, dia memiliki eSports Onic, grup petarung di dunia online games.

Meski menyukai bisnis, Clinton tetap menomorsatukan pendidikan. Dia merupakan lulusan Universitas Indonesia dan pernah juga kuliah di luar negeri.

Clinton mengaku sudah berkeliling menemui warga di 400 dari 2.300 titik yang ada. Putra dari politikus Partai Golkar Robert Kardinal inipun menceritakan awal mula memutuskan maju menjadi caleg.

“Kalau alasan (maju caleg), orang-orang kalau mikir karena papa saya di politik. Padahal sebenarnya sama papa saya tidak boleh, terus mama, adik, kakak, semua awalnya nolak. Saya sendiri yang mau,” ujar Clinton saat berbincang dengan Liputan6.com di Gedung KLY, Jakarta, Jumat (22/3/2019).

Karena, lanjut dia, keluarganya menilai jika saat ini usianya masih muda, sehingga kalau pun maju lima tahun lagi, masih umur 31.

Tetapi, berkat keinginannya yang teguh, Clinton membuktikan kepada keluarga jika dia serius ingin terjun menjadi caleg.

“Sebulan dua bulan kampanye belum ada yang support. Saya itu jalan sendiri sama teman-teman saya, berangkat pagi, pulang malam. Setelah itu karena sebulan dua bulan dilihat komitmen saya, baru semuanya pada support,” kata Clinton.

Pria berusia 26 tahun ini juga teringat didikan sang ayah, yaitu apabila bisa mengerjakan sekarang, kenapa harus ditunda-tunda. Clinton pun yakin untuk maju menjadi caleg.

Mengenal Caecilian, Hewan Amfibi Mirip Cacing yang Telurnya Seperti Kelereng

Liputan6.com, New Delhi – Sepintas, benda ini tampak mirip kelereng merah muda. Tapi kenyataannya lebih dari itu. Objek aneh tersebut adalah telur amfibi tanpa kaki, Caecilian, yang termasuk dalam famili Chikilidae.

Hewan itu dinilai sangat menarik di mata para ilmuwan. Ketika dewasa, mereka sangat mirip cacing tanah atau ular, meskipun mereka memiliki tulang belakang dan lebih dekat dengan gambaran salamander.

Caecilian memang mempunyai mata, tetapi penglihatan mereka sangat terbatas. Oleh karena itu, mereka menghabiskan sebagian besar waktu dengan tinggal di bawah tanah. Semisal di dalam lumpur.

Demikian seperti kata para peneliti dari University of Delhi, yang menerbitkan makalahnya di jurnal ilmiah Proceedings of the Royal Society B: Biological Sciences pada tahun 2012.

Telur Caecilian. (SD Biju/frogindia.org)

Tapi telur-telur Caecilian dianggap unik, karena cangkangnya transparan, tak seperti kebanyakan telur pada umumnya. Hal tersebut membuat calon-calon bayi Caecilian bisa dilihat jelas dari luar.

Betina Caecilian mengerami telur mereka selama 2-3 bulan, dan peneliti berpikir bahwa sang induk bahkan tidak makan selama waktu yang penting ini.

Ketika Caecilian kecil akhirnya menetas, tidak ada tahap larva seperti katak yang cenderung menjadi berudu terlebih dahulu. Sebaliknya, Caecilian muncul sebagai bentuk yang sama dengan Caecilian dewasa, hanya ukurannya saja yang kecil. 

Sekilas Tentang Caecilian

Caecilian, dieja “seh-SILL-yens”, adalah hewan bertubuh panjang dan lentur. Ada hampir 200 spesies Caecilian yang dikenal dalam bidang sains, mulai dari Idiocranium russell yang panjangnya 3,5 inci dan umum ditemukan di Kamerun hingga raksasa sepanjang 5 kaki yang dikenal sebagai Caecilia th Thompsoni di Kolombia.

Caecilian cenderung memiliki mata yang sangat kecil, yang dianggap hanya mampu mendeteksi perbedaan antara terang dan gelap. Pada beberapa spesies, matanya ditutupi oleh kulit.

Sepasang tentakel mungil terdapat pada wajah Caecilian, yang kemungkinan dapat mendeteksi makanan dan membantu mereka bernavigasi.

Meski amfibi ini tidak memiliki lengan atau kaki, mereka adalah penggali yang andal, menggunakan tengkorak dan otot mereka yang kuat yang membentang sepanjang tubuh mereka untuk mengeduk tanah dan lumpur.

Ada beragam warna tubuh Caecilian, mulai dari abu-abu, hitam sampai biru cerah. Beberapa spesies memiliki dua rona, dengan bagian tubuh atas umumnya berwarna ungu dan bawah yang merah muda. Puluhan di antaranya memiliki sejumlah garis vertikal, seperti ular karang.

Kulit Caecilian bertekstur halus dan berlendir. Para peneliti mencatat bahwa menangkap satu ekor Caecilian bisa seperti menggenggam sabun batangan yang basah.

Beberapa spesies, seperti Siphonops paulensis dari Amerika Tengah dan Selatan, memiliki kelenjar di kulit mereka yang mengeluarkan racun dan dapat merusak sel darah merah pada predator yang menyentuhnya –termasuk manusia. 

Habitat

Meskipun eksistensinya di Bumi ini tergolong banyak, namun hewan satu ini jarang terlihat oleh manusia. Sebagian besar spesies menghabiskan waktunya di bawah tanah atau mengarungi perairan sungai yang dangkal.

Caecilian dapat ditemukan di daerah tropis dan neotropis di seluruh dunia, dari Amerika Tengah dan Selatan hingga Afrika Tengah dan Asia Tenggara.

Salah satu Caecilian raksasa yang pernah ditemukan di kawasan rimba di Ekuador, Caecilia pachynema, bahkan hanya diketahui muncul ke permukaan pada malam hari dan selama badai hujan lebat.

Caecilian tidak berbahaya bagi manusia, meskipun makhluk itu memiliki mulut yang penuh dengan gigi seperti jarum. Barisan taring di mulut mereka membantu mereka menangkap mangsa, seperti cacing tanah, yang kemudian ditelan utuh. Mereka juga memakan serangga dan invertebrata lainnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Fenomena unik terjadi di jalur pendakian gunung Argopuro, Jawa Timur. Ribuan cacing tanah berukuran besar berserakan di jalan.

Mengenal Istilah Hansa Renkei, Rahasia Kesuksesan Auto2000

Liputan6.com, Surabaya – Sebuah bisnis akan berjalan dengan sebagaimana mestinya jika memegang teguh sebuah prinsip yang disepakati bersama. Misalkan saja Auto2000 yang memegang prinsip Hansa Renkei.

Apa sebenarnya Hansa Renkei? Dijelaskan oleh Andreas Totok, Kepala Bengkel Auto2000 HR Muhammad Surabaya, Hansa Renkei adalah sebuah kesinergian antara team sales dan after sales, sehingga menjadi satu team. Tujuannya satu, sustainable business.

Dengan mengutamakan kenyamanan karyawan selama bekerja, maka karyawan akan memberikan pengalaman terbaik kepada konsumen. Konsumen yang puas dengan produk Toyota dan layanan servis yang diberikan Auto2000 akan loyal.

Dampaknya, konsumen akan membeli kembali produk Toyota serta merekomendasikan produk serta layanan Auto2000 ke teman maupun keluarganya. Sehingga market-nya akan meluas berkat adanya konsumen baru.

Hal inilah yang menjadi fondasi untuk keberlangsungan bisnis Auto2000. Dimana penjualan mobil baru akan menambah pelanggan servis di bengkel, kepuasan konsumen bengkel akan membeli kembali produk Toyota dan merekomendasikan merek ini, dan mobil bekas yang terawat harga jualnya tetap terjaga dan konsumen puas.

“Implementasi Hansa Renkei membuat Auto2000 dapat menyajikan pelayanan terbaik, personal, dan mengesankan pada pelanggan. Contohnya pada cabang Auto2000 HR Muhammad Surabaya, dimana pelayanan yang diberikan tidak hanya memberikan kepuasan sesuai ekspektasi tapi juga membuat pelanggan senang dan nyaman sehingga menjadi pelanggan setia yang bahkan menjadi advokad Toyota dengan word of mouth-nya,” jelas Ricky Martawijaya, Senior Division Head Auto2000, Selasa (19/3/2019), di Surabaya .

Mengenal Ciri-Ciri Tumbuhan Lumut Lengkap dengan Penjelasannya

Tumbuhan lumut yang biasa ditemui di kehidupan sehari-hari, mungkin seringkali dianggap tidak berguna. Namun, tumbuhan lumut memiliki karakteristik khusus yang sangat unik. Untuk itu, kamu harus mengetahui ciri-ciri tumbuhan lumut, seperti yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (20/3/2019).

1. Habitat

Ciri-ciri tumbuhan lumut bisa dilihat dari habitatnya. Lumut biasanya tumbuh di tempat lembab seperti di lantai dasar hutan, di batang pohon, dinding sumur, tebing, kulit kayu yang lembab, atau permukaan batu bata.

Bahkan, lumut pun bisa tumbuh di dinding rumahmu yang kebetulan kekurangan asupan sinar matahari sehingga keadaannya lembab. Tumbuhan lumut paling suka dengan tempat-tempat lembab.

2. Gametofit

Struktur tubuh lumut mempunyai generasi gametofit. Gametofit adalah sebuah fase metagenesis yang merupakan pergiliran keturunan. Gametofit tumbuhan lumut tumbuh dari spora yang disebarkan sporogonium yang dibawa sporofit.

3. Ukuran

Tumbuhan lumut sebagian besar berukuran kecil. Kebanyakan tidak sampai 1 atau 2 cm. Namun, beberapa tumbuhan lumut ditemukan tumbuh hingga 20 cm.

4. Warna

Ciri-ciri tumbuhan lumut yang paling kentara adalah warnanya. Tumbuhan lumut berwarna hijau karena mengandung klorofil yang digunakan untuk fotosintesis (autotrof) sehingga bisa memproduksi makanannya sendiri.

5. Pembuluh

Tumbuhan lumut tidak memiliki pembuluh seperti xylem dan floem. Jaringan pengangkut lumut berupa jaringan empulur. Penyerapan air dilakukan oleh rizoid dengan cara ambibisi, kemudian didistribusikan ke seluruh bagian tubuh melalui proses difusi.

Mengenal Misaki Kishi, Wanita Muda Jepang yang Jatuh Cinta pada Wayang

“Saya suka wayang sejak empat tahun lalu. Dan sejak saat itu saya ingin mempelajari wayang lebih dalam,” kata remaja ini, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Kesungguhannya dibuktikan dengan tak jarang menonton pagelaran wayang kulit semalam suntuk. Menonton wayang semalaman membuatnya cepat belajar pedalangan dalam kondisi sebenarnya.

Ia berharap bakal cepat beradaptasi dengan kehidupan orang Indonesia, terutama bahasanya. Menguasai bahasa baginya adalah cara cepat untuk mempercapat pembelajarannya soal wayang dan pedalangan.

“Saya senang nonton wayang kulit sampai pagi. Semoga saya cepat beradaptasi di sini,” dia mengungkapkan.

Misaki membuktikan bahwa seni dan budaya mampu melintas tempat, bahasa, budaya bahkan negara. Budaya Jawa, nyatanya memang telah mendunia dan banyak dipelajari oleh warga negara asing (WNA).

Buktinya, tak hanya Misaki yang mempelajari budaya dan kesenian Jawa, gamelan dan wayang. Seorang mahasiswa asal Meksiko, Leon juga tengah belajar gamelan dan wayang di ISI Surakarta. Ia bahkan mengaku bangga bisa mempelajari gamelan dan wayang.

Leon mengaku mengenal gamelan sejak 2004 lalu di negaranya. Namun, lantaran keterbatasan pengajar budaya Jawa dan gamelan di Meksiko, ia memutuskan belajar gamelan di negara asalnya.

“Saya sudah lama suka gamelan Jawa. Saya putuskan untuk ke Indonesia,” kata Leon.

Mengenal Lebih Jauh Istri Sandiaga Uno, Nur Asia

Rupanya, Nur Asia Uno juga menjadi sosok di balik penampilan tampan Sandiaga Uno. Nur Asia menjadi fashion stylish bagi sang suami. Selama ini, Sandiaga dikenal dengan seseorang yang kerap tampil modis meski usianya sudah tidak lagi muda.

” Saya yang mendandani pasangan. Sandi kan sibuk kerja, dan memang anak saya yang nomor satu juga nurun sifatnya gak suka belanja. Katanya bikin pusing. Jadi semua saya atur mulai dari sepatu sampai baju,” kata Nur Asia.

Meski begitu, ia mengaku tidak berkiblat pada desainer tertentu. Nur Asia hanya menyesuaikan dengan selera pribadinya.

Di antara berbagai gaya fashion, Nur Asia mengaku paling suka menata penampilan Sandiaga dengan gaya klasik. Selain mudah, gaya klasik juga takkan pernah lekang oleh waktu.

Nur Asia juga mengungkapkan hampir sebagian besar gaya busana Sandiaga berasal dari hasil mendesain baju sendiri. Seorang tukang jahit telah sejak lama menjadi langganannya.

Walau memakan waktu cukup lama, Nur Asia mengaku cara ini lebih efektif karena busana dapat disesuaikan dengan selera yang diiginkan.

” Saya lebih senang bikin sendiri karena lebih bebas. Desain sendiri, saya suruh tukang jahit seperti apa modelnya,” kata dia.

Namun, ia menampik jika semua pakaian sang suami dari hasil menjahit sendiri. Karena saat terpepet waktu, maka Nur Asia akan membelikan pakaian ready to wear atau siap pakai untuk sang suami.

Mengenal Bernard Arnault, Orang Terkaya No.4 Dunia Pemilik Louis Vuitton

Arnault lahir di Roubaix, Perancis 69 tahun lalu. Dia mengenyam bangku pendidikan di jurusan teknik Ecole Polytechnique, sekolah prestisius di Paris yang juga merupakan sekolah mantan presiden Prancis dan pemenang Nobel Prize.

Arnault bekerja di perusahaan konstruksi milik ayahnya, Ferret-Savinel. Dia masuk ke sektor industri barang mewah dan kemudian menjadi CEO Financiere Agache, perusahaan produksi barang mewah pada 1984.

Saat ini, sang miliarder hidup di kawasan bersejarah Paris’s Left Bank, yang letaknya ada di sebelah selatan Sungai Seine dan satu lingkungan dengan Latin Quarter dan St. Germain-des-Pres.

Arnault memiliki koleksi seni modern dan kontemporer dari pelukis terkenal Jean-Michel Basquiat, Damien Hirst, Maurizio Cattelan, Andy Warhol dan Pablo Picasso.

Dia juga memiliki vila mewah khusus untuk berlibur di Saint-Tropez, French Riviera serta membangun properti lainnya di Beverly Hills, Trousdale Estates dan Hollywood Hills di Los Angeles. Dia menghabiskan setidaknya USD 96,4 juta untuk properti ini.

Grup LVMH saat ini dikelola oleh keluarga sang miliarder sendiri. Empat dari lima anaknya memiliki posisi penting yang berkaitan langsung dengan brand-brand LVMH.

Menengok Aktivitas Pagi Suku Bajo yang Baru Mengenal Daratan

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun Liputan6.com, Provinsi Sulawesi Tenggara memiliki hutan dengan luas sekitar 2,3 juta hektare. Namun, 900 ribu hektare diantaranya sudah dalam kondisi kritis. 

“Ada 300 ribu hektar masuk dalam kawasan hutan yang dilindungi, sedangkan 600 ribu hektar lainnya diluar kawasan hutan,” ujar Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tenggara, Rusbandriyo, saat dikonfimrasi dihari yang sama.

Menurutnya, sekitar 70 ribu hektar dari total keseluruhan hutan yang kondisinya kritis itu disebabkan oleh perambahan yang dilakukan tanpa menanam kembali pohon yang sudah ditebang. “Nah, potensi ini kemudian yang sangat menjadi ancaman bagi Kota Kendari dan sejumlah wilayah pesisir,” ujar Rusbandriyo.

Pada musim hujan, lanjut Rusbandriyo, air sungai dan teluk Kendari airnya menjadi kuning. Warna air yang menguning itu berasal dari kikisan tanah yang tak lagi kuat lantaran jumlah pepohonan yang makin berkurang.

“Teluk juga sudah dangkal, ada pendangkalan di beberapa titik saat air surut, ini yang kurang menandakan perhatian warga dan pemerintah,” ujarnya.

Padahal, wilayah Perbukitan Taman Hutan Rakyat Nipa-Nipa di Pesisir Konawe  menjadi salah satu lokasi wisata yang berpotensi bila dikembangkan. Dari ketinggian, beberapa spot di wilayah ini menjadi lokasi yang indah untuk berfoto dan menghabiskan waktu. 

Selain itu, lokasi ini juga menjadi arena tepat bagi pecinta olahraga hiking. Selain menjelajah, warga juga diajak melihat Kota Kendari dan pesisir Konawe dari ketinggian.

Dari atas perbukitan Taman Hutan Rakyat itu, pengunjung bisa melepaskan pandangan ke seantero teluk Kendari.  Pulau Wisata Bokori, bisa dilihat dengan jelas di bibir teluk dari ketinggian beberapa ratus meter dari permukaan laut.

“Daripada sibuk dengan gadget (handphone) di rumah, saya sengaja ajak anak-anak di Bukit Tahura. Selain menanam pohon, juga sebagai momen berwisata alami,” ujar Pepep Umbara.

Selain keindahan teluk Kendari dari ketinggian, di wilayah Taman Hutan rakyat Nipa-Nipa juga menyimpan potensi wisata air terjun. Meskipun bisa mendatangkan wisatawan, namun lokasi ini belum banyak dibenahi oleh pemerintah setempat.

Saksikan video pilihan menarik berikut:

Gili Trawangan merupakan salah satu objek wisata yang indah dengan pemandangan laut yang indah dan biota air yang beragam

Mengenal Opa Sadam, Sang Pahlawan Jalanan

Liputan6.com, Bone Bolango – Hari menjelang malam, Husain Wadipulu atau yang biasa dipanggil Opa Sadam bergegas merapikan peralatan kerjanya. Ia baru saja selesai menambal jalan rusak di Desa Lopoto’o, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Rutinitas menambal jalan rusak seorang diri yang dilakukan Opa Sadam kini menjadi viral di media sosial. Seorang pengendara yang melintas menyebar foto aksi lelaki berumur 69 tahun itu dan mengundang banyak simpati.

Berbekal pasir, batu kerikil, semen, dan sejumlah peralatan kerja, Opa Sadam sejak pagi hingga sore hari mencari jalan rusak di sekitar desanya untuk ditambal.

“Awalnya saya pakai uang sendiri untuk memperbaiki jalan yang rusak,” kata Opa Sadam.

Seingat Opa Sadam, kegiatan menambal itu sudah dilakukan sejak setahun terakhir. Tidak hanya Desa Lopoto’o, tetapi juga jalan di beberapa desa sekitar.

Ia menceritakan usahanya untuk menambal jalan rusak mendapat perhatian dari sejumlah pengendara yang melintas di desa tersebut. Ada pengendara yang tergerak hatinya kemudian memberikan sejumlah uang.

“Bahkan, ada polisi yang memberikan palang jalan. Biar ada pengamanan saat saya kerja,” ujarnya.

Opa Sadam menyebut niat menambal jalan rusak berawal pada tahun 2018 lalu. Saat itu, dirinya merasa iba ada pengendara motor yang sering terluka karena mengalami kecelakaan saat melintasi jalan yang rusak.

“Saya kasihan lihat ada orang kecelakaan, mahasiswa yang kecelakaan, kendaraan yang jatuh di lubang kecelakaan. Jadi saya mulai tambal jalan yang rusak itu,” jelas Opa Sadam.

Dari kejadian itu, Opa Sadam membulatkan tekad untuk mulai menambal jalan rusak. Ia pun berharap apa yang dilakukannya dapat bermanfaat bagi orang lain.

Simak video pilihan berikut ini:

Seorang tukang becak menjadi perhatian pengguna jalan ketika mengangkut triplek. Sekilas, becaknya seperti sedang berjalan sendiri. Tapi ternyata tidak. Ia mengayuh becaknya sambil tengkurap.