Mengenal Panel Layar Mini LED Pesaing OLED

Jakarta – Saat ini hanya ada dua jenis panel yang populer digunakan di ponsel yang beredar di pasaran, yaitu LCD IPS dan OLED (atau AMOLED milik Samsung).

LCD IPS yang mengandalkan pencahayaan LED harganya lebih murah, namun kualitasnya jauh disalip oleh OLED yang harganya lebih mahal. Namun saat ini ada teknologi anyar bernama mini LED yang disebut bisa membuat panel LCD bisa bersaing dengan panel OLED.

Teknologi ini bisa digunakan untuk mendukung panel LED active matrix, namun utamanya adalah digunakan sebagai backlight untuk panel LCD. Peningkatan performa dengan mini LED ini disebut sangatlah tinggi, namun dengan biaya produksi yang tetap lebih murah ketimbang biaya pembuatan panel OLED.

Mini LED menggunakan 9000 sampai 10.000 unit LED untuk menerangi sebuah layar 5 inch. Jauh lebih banyak dari LED biasa yang hanya 25 unit. Ini membuat mini LED bisa meningkatkan performa HDR pada panel LCD, karena pengontrolan LED ini bisa jauh lebih akurat.

Kabarnya, mini LED ini bisa meningkatkan tingkat keterangan, kontras, reproduksi warna dengan tetap menghemat penggunaan daya dibanding panel LCD yang ada saat ini, bahkan bisa bersaing dengan panel AMOLED.

Begitu juga soal ketebalan panelnya, yang jauh lebih tipis dibanding panel LED biasa. Bahkan ketipisannya ini bisa bersaing dengan panel AMOLED, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Sabtu (3/11/2018).

Memang, panel OLED tetap lebih baik ketimbang mini LED karena kemampuannya untuk mematikan dan menyalakan setiap pixel secara terpisah. Namun biaya produksinya yang tinggi membuat adopsi panel jenis ini masih terbatas pada ponsel-ponsel premium.

Namun untuk bisa merasakan panel mini LED anyar ini, tentulah kita harus menunggu teknologi itu digunakan di ponsel-ponsel yang ada di pasaran. Saat ini panel mini LED memang sudah memasuki masa produksi massal, namun volume produksinya belum bisa mencapai angka yang optimal.

(afr/afr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *