5 Cara Mengatur Isi Dompet Menurut Fengshui, Dipercaya Bisa Datangkan Uang

3. Mengatur Struk dan Kertas Lainnya Secara Berkala

Banyak orang yang terbiasa memasukkan struk ke dalam dompet, hingga lama kelamaan membuat dompet menjadi berantakan. Untuk hal ini disarankan agar kamu memilah-milah struk dan kertas-kertas setiap hari. Selain itu, kamu juga bisa mulai mencatat pengeluaran, itu adalah langkah awal manajemen keuangan.

4. Hanya Masukkan Kartu yang Dibutuhkan

Biasanya akan ada banyak kartu yang dimasukkan ke dalam dompet. Termasuk kartu anggota tertentu, member, dan lain sebagainya, membuat dompet menjadi berantakan.

Kamu disarankan untuk meletakkan kartu identitas, kartu kesehatan di tempat yang terlihat. Singkirkan kartu yang sudah kedaluwarsa dan jarang dipakai agar dompet tidak terlihat terlalu penuh dan tetap rapi.

5. Selalu Mengisi Dompet dengan Uang

Membiasakan diri mengisi dompet dengan barang yang penting saja, termasuk uang adalah hal yang baik. Yang dimaksudkan di sini adalah jangan membiarkan dompet kamu kosong.

Walaupun kamu hanya mempunyai uang sedikit atau hanya uang kecil, tetap kamu harus meletakkannya di dompet. Ketika dompet terisi uang, maka keberuntungan itu pun akan selalu mengikuti

Ini Dia Cara Sehat Mengatur Keuangan

Tercatat sejak beberapa tahun lalu, bahwa kaum milenial itu banyak yang menggunakan kartu kredit serta KTA.

Fungsi KTA serta kartu kredit hampir sama. Bedanya, KTA itu dalam bentuk tunai atau cash. Sedangkan limit di kartu kredit perlu penebusan bunga untuk mencairkan sebagiannya. Baik KTA maupun kartu kredit memiliki sistem tagihan sendiri-sendiri yang harus ditunaikan tepat waktu. Sebab, pinjaman yang mengalami tunggakan bisa membuat keuangan kamu jadi sakit.

Selain tanggungan membengkak, skor kredit kamu juga bisa memburuk. Alhasil, anggaran yang selama ini dikelola bisa berantakan dan kesempatan untuk pinjam lagi pun hilang.

7. Lakukan Investasi

Orang dulu, menabung itu di bank. Orang sekarang, menabung bisa diperusahaan lain dengan jalan investasi untuk mendapatkan passive income secara berkelanjutan.

Adapun jenis investasinya meliputi pembelian reksa dana, logam mulia, atau saham. Return hasil investasi bisa kamu gunakan di masa depan. Untuk berhasil mengatur keuangan secara berkesinambungan, tentu membutuhkan komitmen yang tinggi. Keuangan yang sehat tidak bisa diproses secara instan. Perlu adanya mindset positif yang terus ditanamkan setiap harinya.

Inilah yang rata-rata tidak dilalui oleh mereka yang kondisi keuangannya semakin memburuk dari hari ke hari.

5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil, Pasti Cukup untuk Sebulan

Liputan6.com, Jakarta Bagi seseorang yang sudah bekerja, hal yang menjadi perhatian utama adalah persoalan gaji. Bagaimana tidak, gaji merupakan salah satu sumber penghasilan yang bisa dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari untuk satu bulan ke depan. Kalau Anda masih sendiri, mungkin uang gaji kerja Anda sudah mencukupi kebutuhan selama sebulan.

Namun bagaimana kalau Anda yang sudah berkeluarga? Bagi Anda yang sudah bekerja dan menikah, tentunya harus lebih pandai lagi dalam mengatur keuangan. Prioritasnya bukan lagi untuk diri sendiri, melainkan sudah ada prioritas lain yang harus dan perlu mendapat bagian dari hasil gaji kerja Anda ini.

Untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga, tentunya ada beberapa perhitungan atau cara mengatur keuangan khusus. Nah, di setiap rumah tangga, tentunya memiliki caranya masing-masing dalam mengatur keuangannya. Pentingnya cara mengatur keuangan ini guna untuk mencukupi kebutuhan hidup Anda dan keluarga.

Harus diakui, besar kecilnya gaji seringkali berpengaruh terhadap cara mengatur keuangan. Apalagi kalau Anda memiliki gaji bulanan tetap dengan kebutuhan hidup yang naik turun. Untuk Anda yang memiliki gaji kecil, maka akan kesulitan untuk menyimpan uang untuk beberapa keperluan. Hal tersebut mungkin saja terjadi akibat kondisi rumah tangga yang tidak bisa mengatur keuangan gaji bulanan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan keuangan rumah tangga.

Saat sudah berumah tangga, memang harus bisa benar-benar mengatur keuangan untuk kebutuhan-kebutuhan yang tak terduga. Nah, untuk itulah Anda perlu tahu beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji kecil agar rencana yang telah disusun dapat tercapai dan tanpa kekurangan. Berikut Liputan6.com,telah merangkum dari berbagai sumber, Jum’at (15/3/2019) beberapa cara mengatur keuangan di dalam rumah tangga dengan gaji kecil yang perlu Anda perhatikan. Berikut ulasannya.

7 Cara Jitu Mengatur Keuangan Rumah Tangga untuk Pasangan Muda

Merencanakan tabungan masa tua juga salah satu hal yang penting Anda diskusikan bersama pasangan, lo! Anda bisa menyisihkan beberapa persen dari penghasilan Anda dan pasangan. Anda bisa melakukannya dengan berinvestasi atau menabung di bank.

Ketika Anda sudah tidak sanggup lagi bekerja atau sudah pensiun, Anda tidak perlu khawatir karena masih mempunyai dana yang bisa dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan hari tua.

8. Hindari Utang Konsumtif

Perlu diperhatikan untuk para pasangan muda agar membiasakan diri tidak menambah utang atau berutang sama sekali. Anda harus mengurangi anggaran khusus gaya hidup, dengan begitu Anda bisa terhindar dari godaan utang konsumtif, lebih baik Anda hidup sedikit lebih hemat dan menikmati kondisi apa adanya kan, daripada Anda menumpuk utang.

Nah, jika Anda memang terbiasa memakai kartu kredit, ada beberapa hal yang perlu Anda pastikan agar pemakaian kartu kredit tidak sampai menjadi masalah finansial untuk Anda.

Pertama, pastikan Anda selalu membayar tagihan kartu kredit 100 persen agar tidak sampai terkena bunga. Kedua, jangan pernah terlambat membayar tagihan kartu kredit karena denda keterlambatan tergolong mahal, selain kamu harus menanggung bunga yang mencapai 2,25 persen per bulan.

Ketiga, bila Anda memang ingin memakai kartu kredit untuk mencicil pembelian barang, pastikan Anda memakai cicilan 0 persen. Keempat, tidak perlu memakai fitur tarik tunai kartu kredit kecuali memang sangat terpaksa. Lebih baik Anda memakai dana darurat yang berasal dari penghasilan sendiri daripada memakai dana pinjaman kartu kredit.

Persiapkan Mental untuk Anda Pasangan Muda dalam Mengelola Keuangan

Nah, untuk Anda pasangan muda yang baru memulai atau berencana untuk menikah, selain mempersiapkan keuangan, wajib hukumnya untuk mempersiapkan kesiapan mental. Jika mental Anda sudah siap, maka secara otomatis Anda juga sudah siap dalam menghadapi masalah-masalah yang akan muncul di kehidupan rumah tangga nantinya.

Semoga informasi yang diberikan dapat membantu dan bermanfaat untuk Anda dalam mengatur keuangan rumah tangga khususnya untuk para pasangan muda.

Mobil Tanpa Sopir Harus Bisa Menepi Jika Diberhentikan Polisi

Liputan6.com, Jakarta – Kendaraan autonomus alias tanpa sopir diyakini bakal benar-benar terjadi di masa depan. Namun, masih ada beberapa hal yang harus dipenuhi sebelum mobil otonom ini benar-benar menggantikan peran pengemudi manusia seperti yang ada saat ini.

Melansir Carscooops, Jumat (1/3/2019), salah satu hal yang paling sulit bagi pembuat mobil dan perusahaan teknologi, adalah memastikan kendaraan tanpa sopir dapat berinteraksi dengan lingkungan seperti yang dilakukan pengemudi manusia.

Membuat mobil tanpa sopir yang mampu berhenti saat lampu lalu lintas merah, masih cukup sederhana, begitu juga dengan mendeteksi pejalan kaki. Tapi, jika mobil tanpa sopir saat ditilang polisi bisa menepi seperti sesuatu yang tidak mungkin.

Sementara itu, berbicara soal fitur tersebut, Waymo telah bekerja keras untuk memastikan prototipe otonomnya dapat mengenali petugas polisi dan menanggapi berbagai permintaan.

Misalnya, pada Januari lalu, sebuah kendaraan uji Waymo berhenti di lampu merah yang gelap di Tempe, Arizona tak lama setelah listrik padam.

Seorang petugas polisi sedang berdiri di persimpangan mengatur lalu lintas, dan mobil menunggu sebelum melanjutkan perjalanan setelah dilambaikan oleh petugas.

Selain itu, Waymo juga telah mengembangkan perangkat lunak yang menginstruksikan kendaraannya untuk berhenti ketika mendeteksi lampu polisi berkedip di belakangnya.

2 dari 2 halaman

Mobil Nirsopir Mulai Antar Barang Belanjaan

Mobil tanpa sopir alias nirsopir bukan hanya isapan jempol semata. Bahkan sebuah perusahaan jaringan supermarket Kroger, bersama startup Nuro, menghadirkan mobil tanpa sopir yang mampu mengantarkan barang belanjaan konsumen hingga ke depan pintu rumah.

Proyek yang masih dalam program percontohan ini mulai beroperasi 16 Agustus 2018 dengan melibatkan Fry’s Food Store milik Kroger di East McDowell Road, Scottsdale, Arizona, Amerika Serikat.

Dilansir thespoon.tech, Senin (20/8/2018), Konsumen bisa saja melakukan pemensanan dengan sentuhan jari. Sebab, pemesanan bisa melalui  frysfood.com atau aplikasi Fry.

Barang yang sudah terpesan dapat diatur jadwal pengirimannya, baik hari yang sama atau hari berikutnya, dengan biaya per pengiriman US$ 5,95 atau sekitar Rp 85 ribu tanpa batasan pesanan minimum.

Untuk sementara, armada nirsopir menggunakan Toyota Prius yang dibantu seseorang di belakang kemudi. Bagian kompartemen mobil dimodfikasi sedemikian rupa hingga mampu menampung enam kantong barang.

Alasan SBY Tunjuk AHY Jadi Penanggung Jawab Pemenangan Demokrat

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yufhoyono (SBY) menyerahkan tongkat komando kampanye pemenangan pemilu 2019 kepada putranya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Ketua DPP Partai Demokrat, Didik Mukrianto mengungkap  alasan mengapa SBY lebih memilih AHY ketimbang putra keduanya Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas.

Dalam pemenangan pemilu SBY justru menugaskan Ibas dalam Komisi Pemenangan Pemilu (KPP). Sedangkan AHY, mendapat tugas pemenangan pemilu melalui jabatan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma).

Menurut Didik, ada pertimbangan lain hingga akhirnya SBY menunjuk AHY sebagai tonggak pemenangan pemilu. Alasannya, kata dia, AHY dianggap mampu mengatur strategi dan ritme.

“Mas AHY kan memang menjadi komisi pemenangan pemilu kita, itu tugasnya sangat berat dibanding tugas lain, karena harus menentukan strategi, mengatur ritme pertarungan dan bertanggung jawab terhadap rencana aksinya,” kata Didik saat dihubungi, Jumat (1/3/2019).

Didik juga mengungkap alasan kenapa bukan Ibas yang ditugaskan sebagai ketua pemenangan kampanye. Ibas, lanjutnya harus fokus pada pemenangannya sebagai caleg.

“Dan Mas Ibas sendiri strategi kampanye soal dapur Partai Demokrat sendiri, mereka berdua memang menjadi bagian magnet center, pada saatnya nanti Mas Ibas akan memperkuat Mas AHY,” ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Fokus Pengobatan Ani Yudhoyono

Diketahui, SBY memang tengah fokus merawat sang istri Ani Yudhoyono yang sedang sakit kanker darah di Singapura. Terkait Persiapan menghadapi pemilu serentak 17 April nanti, SBY telah memberikan sejumlah pesan.

Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan, surat dituliskan SBY, demi menjawab ketidakhadirannya dalam dua bulan terakhir sisa masa Pemilu 2019, karena harus mendampingi sang istri yang mengidap kanker darah.

“Karena sementara waktu, secara fisik tidak bisa menjalankan kampanye sampai 17 April, oleh karena itu beliau sampaikan pesan untuk memaksimalkan kerja-kerja Partai, DPP sampai ke tingkat ranting,” kata Hinca di Kantor DPP Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis (28/2/2019).


Reporter: Sania Mashabi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

AHY Sampaikan Rekomendasi PD untuk Presiden Mendatang Malam Ini

Jakarta – Komandan Kogasma Pemenangan Pemilu Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan menyampaikan pidato politiknya malam ini. Pidato AHY mengangkat tema ‘Rekomendasi Partai Demokrat kepada Presiden Indonesia Mendatang’.

Pidato politik AHY akan disampaikan di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2019) pukul 19.30 WIB. Pidato ini disampaikan AHY menyusul mandat yang diberikan Ketum PD sekaligus ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Teman-teman yang baik, Insyaallah, malam ini saya akan menyampaikan pidato politik dengan judul ‘Rekomendasi Partai Demokrat kepada Presiden Indonesia Mendatang’. Live di @tvonenews pukul 19.30-20.00 WIB. Terima kasih, dan semoga berkenan menyaksikan. Salam, AHY,” ujar AHY lewat akun Twitter @AgusYudhoyono.
Mandat itu sebelumnya disampaikan SBY karena tidak bisa ikut terlibat dalam masa kampanye hingga hari pencoblosan, 17 April 2019. SBY harus mendampingi sang istri, Ani Yudhoyono yang tengah menjalani perawatan medis di Singapura karena mengidap kanker.
Melalui secarik surat, AHY diberi tugas memimpin pemenangan Pemilu PD. Sedangkan anak kedua SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) mengatur keseimbangan pelaksanaan tugas kedewanan, dengan tugas kampanye para anggota DPR RI dari PD.

“Secara nasional komandan Kogasma, saudara AHY bertanggung jawab dan bertugas melaksanakan kampanye pemenangan Pemilu 2019,” ujar SBY melalui surat yang dibacakan oleh Sekjen PD Hinca Panjaitan di kantor DPP PD, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (28/2).
(dkp/elz)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tiga Nama Masuk Bidikan MU di Bursa Transfer Musim Panas

Liputan6.com, Manchester – Performa Manchester United (MU ) terus menjulang bersama manajer Ole Gunnar Solksjaer. Saat ini, di Liga Inggris, mereka belum terkalahkan di 11 laga: sembilan kali menang dan dua kali imbang.

Namun begitu, mereka tampaknya sudah mulai merancang skuat untuk musim depan. Termasuk mendatangkan sejumlah pemain baru.

Belakangan, dikabarkan ada tiga nama baru dalam bidikan MU di bursa transfer musim panas. Ini merupakan kabar baru lantaran di bursa transfer Januari lalu, tak satu pemain pun mereka datangkan.

TalkSPORT merilis, setidaknya ada tiga nama yang kini dalam pantauan MU di bursa transfer musim depan. Mereka adalah Aaron Wan-Bissaka (Crystal Palace), Kalidou Koulibaly (Napoli), dan Ivan Rakitic (Barcelona).

Untuk mendatangkan ketiga pemain ini, manajemen MU dikabarkan telah menyiapkan dana yang tak sedikit. Diperkirakan mereka siap menggelontorkan uang lebih dari 170 juta pound sterling atau sekitar Rp 3,1 triliun!

2 dari 3 halaman

Wan-Bissaka Bisa Gantikan Valencia dan Young

Wan-Bissaka adalah bek kanan mudah Palace berusia 21 tahun. Kehadirannya di MU tentu akan sangat berguna.

Setidaknya, dia bisa jadi pelapis, atau bahkan pengganti Antonio Valencia atau Ashley Young, yang sudah berusia 33 tahun.Tak heran, harganya lumayan mahal, mencapai 40 juta pound.

Sedangkan Koulibaly merupakan seorang bek tengah yang tangguh. MU bahkan digosipkan sempat menawarkan uang tak kurang dari 95 juta pound kepada Lazio, sebelum memecat Jose Mourinho.

3 dari 3 halaman

Rakitic Ideal

Rakitic juga bisa menjadi pemain yang berguna bagi MU, jika jadi didatangkan. Kemampuannya dalam mengatur permainan tak perlu diragukan lagi.

Peluang MU pun relatif besar mengingat ada kabar Barcelona juga ingin melepas pemain asal Kroasia ini. Hanya memangm harganya pun lumayan mahal, sekitar 39 juta pound.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Top 3 Berita Hari Ini: Apa yang Terjadi Jika Anda Meminum Air Lemon Selama 7 Hari?

Liputan6.com, Jakarta – Top 3 Berita Hari Ini tentang air lemon yang ternyata punya banyak manfaat. Ada beberapa bukti orang-orang yang sudah mencoba meminum air lemon untuk berbagai peningkatan kesehatan, dengan cara diminum setiap hari.

Mereka yang minum air lemon secara teratur akan merasakan penurunan berat badan yang lebih mudah, meskipun tidak jelas apakah kombinasi lemon dan air adalah pendorong utama. Bisa jadi minum lebih banyak air membantu pelaku diet merasa kenyang dan menghindari makan berlebihan. Berita kedua yang banyak diminati adalah seputar diet dan makanan pengganti nasi.

Orang Indonesia sangat akrab dengan nasi putih. Namun untuk diet yang lebih sehat, Anda dapat mengganti nasi putih dengan beberapa alternatif makanan lain. Contohnya kentang yang merupakan sumber karbohidrat yang paling umum untuk mengganti nasi putih.

Tak hanya dapat dipadu dengan beragam makanan, kentang juga sangat cocok dikonsumsi sendiri. Mengandung serat yang tinggi, kentang bisa melancarkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Berita ketiga yang menarik perhatian adalah tentang hubungan cinta.

Setiap pria tentunya mempunyai kriteria tersendiri kalau ingin menjadikan pujaan hati sebagai istri. Ada sejumlah tanda yang merupakan kode keras dari pria untuk mengajak seorang perempuan menikah.

Salah satunya, Ketika pria telah mengajak Anda untuk bertemu keluarganya, itu berarti ada sinyal serius darinya. Ia akan mengenalkan Anda kepada keluarganya dan mengungkapkan beragam hal terkait keadaan rumahnya.

Ketiga berita tersebut terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Jadi, mari kita simak rangkuman selengkapnya di bawah ini.

Apa yang Terjadi Jika Anda Meminum Air Lemon Selama 7 Hari ?

Air lemon cukup populer di kalangan wanita. Beberapa orang meminumnya hanya karena mereka lebih suka rasanya, tetapi beberapa orang menganggap air lemon dapat menyebabkan manfaat kesehatan. Dilansir dari foodprevent.com, Selasa, 26 Februari 2019, sebenarnya tidak banyak penelitian yang dilakukan pada air lemon secara khusus, tetapi Anda cukup memahami sedikit tentang lemon dan air secara terpisah. Keduanya sangat baik untuk Anda.

Ada beberapa bukti orang-orang yang sudah mencoba meminum air lemon untuk berbagai peningkatan kesehatan, dengan cara diminum setiap hari. Inilah yang mungkin terjadi jika Anda mengambil kebiasaan meminum air lemon. Berikut enam hal yang terjadi jika anda minum air lemon dalam waktu tujuh hari:

Selanjutnya…

5 Makanan Pengganti Nasi Putih untuk Diet Lebih Sehat

Diet tidak hanya dilakukan untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan bentuk tubuh ideal, tetapi juga demi kesehatan. Ada beragam cara yang dapat ditempuh, mulai dari giat berolahraga hingga mengatur pola makan.

Tak dapat dipungkiri, orang Indonesia sangat akrab dengan nasi putih. Namun untuk diet yang lebih sehat, Anda dapat mengganti nasi putih dengan beberapa alternatif makanan lain. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang telah dirangkum Cashbac di bawah ini.

Selanjutnya…

5 Sinyal Pria Ingin Menjadikan Anda Sebagai Istrinya

Hubungan cinta yang telah dibangun berdasarkan kepercayaan, kejujuran, dan rasa cinta mendalam tidak jarang bermuara pada pernikahan. Namun, setiap pria tentunya mempunyai kriteria tersendiri hingga ingin menjadikan pujaan hati sebagai istri.

Tak dapat dipungkiri, cara seorang pria dan perempuan untuk mengungkapkan cinta terkesan berbeda. Kendati demikian, tanda-tanda di bawah ini merupakan kode keras darinya mengajak Anda menikah. Lantas, apa saja tanda tersebut? Fimela.com telah merangkum lengkap seperti di bawah ini.

Selanjutnya…

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Isi Lengkap Surat Mandat SBY: AHY Pimpin Pemenangan, Ibas Keseimbangan PD

Jakarta – Ketum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberi mandat kepada putra sulungnya yang juga komandan Kogasma PD, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk memimpin pemenangan pemilu partai berlambang mercy itu. Kabar tersebut disampaikan SBY ke para kadernya lewat sebuah surat.

Surat SBY tersebut dibacakan oleh Sekjen PD Hinca Pandjaitan, di Kantor DPP PD, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (28/2/2019). SBY tidak bisa fokus dalam pemenangan PD di Pemilu 2014 karena harus mendampingi istrinya, Ani Yudhoyono yang tengah menjalani perawatan melawan penyakit kanker darah di Singapura.

“Secara nasional komandan Kogasma saudara AHY bertanggung jawab dan bertugas melaksanakan kampanye pemenangan Pemilu 2019,” ujar SBY dalam suratnya.


Berikut isi surat SBY untuk para kader Demokrat yang berisi soal mandat kepada AHY dalam pemenangan Pemilu:

Surat ini adalah tentang surat keputusan dewan pimpinan pusat Partai Demokrat tentang peningkatan intensitas dan efektivitas kampanye pemenangan Pemilihan Umum tahun 2019 yang sekarang sedang berjalan.

1. Kampanye nasional dilaksanakan secara terpadu dan menyeluruh melibatkan seluruh komponen partai yang meliputi Komando Tugas Bersama (Kogasma) yang sudah kami bentuk sejak 2017 lalu, Komisi Pemenangan Pemilu, jajaran organisasi partai dari pusat hingga daerah dan para caleg. Jadi semuanya satu kesatuan, menyeluruh.

2. Secara nasional komandan Kogasma, saudara AHY bertanggung jawab dan bertugas melaksanakan kampanye pemenangan Pemilu 2019.

3. Dalam pelaksanaan tugasnya, Komandan Kogasma dibantu oleh koordinator kampanye wilayah timur, saudara Soekarwo, anggota majelis tinggi Partai Demokrat dan koordinator kampanye wilayah barat, saudara Nachrawi Ramli, anggota majelis tinggi Partai Demokrat.

4. Di samping membantu komandan Kogasma, para koordinator wilayah kampanye mengkoordinasikan kampanye yang dilakukan oleh jajaran dewan pimpinan daerah partai di wilayah tugasnya.

5. Wilayah timur kampanye Partai Demokrat meliputi provinsi Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua. Sedangkan wilayah barat yang menjadi wilayahnya Pak Nachrawi Ramli meliputi provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Kep. Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Aceh.

6. Selama kampanye tugas-tugas harian DPP Partai Demokrat dilaksanakan oleh Sekjen Partai Demokrat.

7. Ketua fraksi Partai Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, mengatur keseimbangan pelaksanaan tugas kedewanan, dengan tugas kampanye para anggota DPR RI dari Partai Demokrat, karena 61 anggota DPR RI partai saat ini adalah incumbent yang hampir semuanya adalah Caleg.

8. Setelah kampanye pemilu dilaksanakan seluruh jajaran partai tetap melakukan pengawalan dan pengamanan suara yang diperoleh, baik suara partai maupun suara caleg agar Partai Demokrat tak dirugikan pihak manapun.

9. Susunan kepengurusan resmi DPP Demokrat tidak ada perubahan, dan semua tetap memiliki tugas dan tanggung jawab yang telah ditetapkan. Ini perlu saya ulangi, susunan tidak ada perubahan.

10. Surat ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan, Rabu 27 Februari 2019.

Selain surat kepada kadernya, SBY juga mengirimkan surat khusus kepada Hinca. Dalam suratnya, SBY meminta Hinca menjelaskan kepada kader dan media massa soal posisinya saat ini. Berikut isinya:

Surat ini ditujukan kepada Saudara Hinca.

Pak Hinca menyertai penjelasan Pak Hinca kepada media massa tentang peningkatan intensitas dan kapasitas kampanye Partai Demokrat 2019 ini tolong sampaikan hal hal berikut kepada para kader Demokrat di seluruh tanah air.

Pertama dengan tidak dapatnya saya berjuang secara fisik bersama caleg dan kader Demokrat dalam kampanye lanjutan Pemilu 2019 ini saya harap semangat para caleg Demokrat tidak berkurang. Pada hakikatnya hati saya tetap bersama kader dan caleg Demokrat dalam perjuangan maha penting ini.

Saya pribadi juga Ibu Ani yang tengah menjalani pengobatan dan perawatan kesehatan tetap berdoa kepada Allah SWT semoga perjuangan mulia para kader dan caleg Partai Demokrat berhasil dengan baik. Saya tahu 2 bulan ini saat saat yang paling menentukan untuk partai dan caleg Demokrat. Seperti yang saya lakukan bersama Ibu Ani sebenarnya saya sangat ingin secara fisik berada di lapangan. Namun Allah tidak mengizinkan karena saya harus mendampingi pengobatan dan perawatan kesehatan Ibu Ani yang dilakukan intensif saat ini.

Pesan dan harapan saya terus berjuang secara gigih dan lakukan perjuangan itu dengan cara baik, cerdas dan tepat. Dengarkan harapan dan aspirasi rakyat kemudian perjuangkan dalam Pemilu 2019 ini. Jika kelak para caleg terpilih untuk DPR RI, DPRD dan DPD Kab/Kota, wujudkanlah dan buktikan semua yang dikampanyekan itu Insyallah saudara sekalian berhasil.

Meskipun secara fisik saya tidak bisa aktif dalam kampanye di lapangan, saya percaya Partai Demokrtat tetap memiliki, berpeluang besar untuk mencapai suara. Saya yakin instruksi yang saya keluarkan kepada jajaran partai untuk meningkatkan intensitas dan kapasitas akan dapat dijalankan dengan baik.

Komandan Kogasma AHY dan para koordinator wilayah kampanye saudara Soekarwo dan Nachrawi adalah pemimpin dan kader Demokrat yang tangguh, berkualitas, dan memiliki kemampuan tinggi untuk melaksanakan kampanye di tanah air. Di samping berjuang untuk calegnya di dapil masing-masing, yang lain memperjuangkan juga membantu penuh Kogasma secara nasional.

Saya juga yakin dengan strategi dan taktik pemenangan pemilu yang telah dibekalkan para caleg sukses akan dapat diraih. Di samping itu 14 prioritas sebagai program unggulan yang ditawarkan kepada rakyat akan diperjuangkan Partai Demokrat beserta pemerintah yang dipilihnya adalah jawaban yang diinginkan rakyat.

Saudara Hinca karenanya saya yakin Partai Demokrat bukan hanya siap memenangkan pemilu tapi atas izin Allah yang maha kuasa, Partai Demokrat akan sukses dengan gemilang, Demokrat tidak hanya pandai berjanji tapi pernah memberi bukti pada pemerintahan. Ke depan jajaran Partai Demokrat akan sukses karena semua kebijakan dan program merupakan aspirasi dari rakyat kita juga jawaban dan solusi dari permasalahan.

Ketiga atau terakhir, saya mengamati kontestasi pemilih 2019 ini utamanya pilpres lebih keras dibandingkan dengan pilpres era reformasi sebelumnya. Polarisasi nampak lebih tajam, disertai hubungan antar identitas semakin berjarak. Jika situasi ini berkembang lebih jauh dan melewati batasannya, saya kuatir kerukunan dan keutuhan kita sebagai bangsa akan retak. Ini yang harus kita cegah untuk tidak terjadi pada negeri ini. Untuk itu saya berpesan pada Partai Demokrat untuk turun agar pemilu berjalan damai, demokratis, jujur, dan adil.

Pemilu memang keras tapi tidak sepatutnya menimbulkan perpecahan dan disintegrasi. Diperlukan tanggung jawab dan jiwa kita semua, utamanya elit dan pemimpin bangsa. Semoga praktik berdemokrasi dengan baik dapat dijaga dan dilaksanakan kembali dalam Pemilu 2019 ini. Demikian.

Sampaikan salam hangat saya dan Ibu Ani kepada seluruh kader dan caleg Demokrat. Sampaikan pula salam sayang saya kepada saudara saya rakyat Indonesia Tercinta.

Singapura, 27 Februari 2019
SBY


Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.

(elz/van)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>