Kiprah Generasi Muda yang Bergerak Mengatasi Perubahan Iklim

Jakartaschool strike(Getty Images) Aksi mogok sekolah demi perubahan iklim baru-baru ini menunjukkan bagaimanagenarasi muda menjadi bersemangat untuk mengatasi perubahan iklim.

Pemanasan global, dan pengaruhnya terhadap iklim, adalah salah satu masalah paling mendesak yang dihadapi dunia saat ini.

Ini adalah metaproblem alias hal yang memperburuk sebagian besar masalah lain – dari kenaikan permukaan laut, hilangnya sumber daya alam hingga meningkatnya konflik, kemiskinan, dan ketidaksetaraan gender.

Meskipun ada banyak tulisan mengenai betapa mendesaknya upaya pengurangan emisi gas rumah kaca, mengeluarkan karbon dari udara, dan mendesain ulang sistem sosial-lingkungan kita menuju cara-cara baru dalam melakukan bisnis, sebagian besar pembuat keputusan dari konsumen individu hingga pemimpin dunia sangat lambat mengambil tindakan.

Yang tampaknya kurang adalah pemahaman dan konsensus mengenai teknologi dan praktik yang bisa diterapkan untuk menyelesaikan krisis gas rumah kaca yang terus berkembang di atmosfer Bumi.

Namun, generasi muda kelihatannya memahami bahwa memang ada solusi untuk masalah iklim global ini.

“Krisis iklim telah dipecahkan. Kami sudah memiliki semua fakta dan solusi. Yang harus kita lakukan adalah bangun dan berubah,” kata calon penerima Hadiah Nobel Greta Thunberg dalam pidatonya di TED 2018.

Retorikanya yang berani, tegas, dan penuh informasi telah mengilhami gerakan global mogok sekolah untuk mendukung perbaikan iklim yang digelar para pelajar di berbagai belahan dunia. Gerakan ini disebut #FridaysForFuture.

Pada 15 Maret 2019, 1,5 juta anak muda dan pendukung mereka turun ke jalan, beraksi di 2.052 lokasi yang tersebar di 123 negara.

Selagi mereka melakukan aksi untuk masa depan yang mereka inginkan, perdebatan tanpa akhir tentang berbagai teknologi untuk menghentikan kenaikan suhu telah menunda perubahan yang diperlukan.

Hutan(Getty Images) Hutan yang tersisa di dunia harus dilindungi, karena mereka menjadi sangat vital untuk menyerap karbon

Solusi masalah iklim sudah ada dan banyak tersedia.

Sejatinya tidak ada halangan teknologi atau ekonomi; tapi kurangnya kemauan dan kepemimpinan untuk bergerak lebih jauh dan lebih cepat dari permintaan generasi mendatang.

Saya memimpin tim peneliti dari seluruh dunia, dan bersama-sama kita memetakan, membuat model, dan merinci solusi paling berpengaruh di dunia untuk mencoba dan membalikkan pemanasan global.

Penelitian kami di Project Drawdown menunjukkan bahwa ada teknologi dan praktik yang lebih baik untuk pembangkit listrik, transportasi, bangunan, industri, sistem pangan, penggunaan lahan, dan konsumsi berlebihan.

Solusi masalah iklim tersedia untuk negara, kota, bisnis, investor, pemilik rumah, sehingga konsumen dapat beralih ke sistem yang menguntungkan semua.

Ini sudah terjadi di seluruh dunia melalui solusi yang mempromosikan keadilan sosial, persamaan, dan pembangunan ekonomi, sambil memulihkan siklus karbon alami planet ini.

Pada generasi yang lebih muda inilah kita akan menemukan inspirasi dan keberanian untuk perubahan ini.

Solusi berlimpah, baik yang terbukti secara ilmiah dan layak secara finansial. Solusi-solusi ini adalah intervensi yang dapat mengubah cara dunia melakukan bisnis.

Ekonomi global didasarkan pada model pertumbuhan ekstraktif dan eksploitatif, memuntahkan gas rumah kaca ke atmosfer melalui pembakaran bahan bakar fosil, konversi lahan, dan konsumsi segala sesuatu dengan berlebihan – tetapi ekonomi tidak perlu demikian.

Opsi energi terbarukan, seperti panel surya, kincir angin, dan pembangkit panas bumi, dapat menghasilkan energi bersih dan listrik yang berlimpah. Ini penting karena produksi listrik saat ini menyumbang sekitar 25% dari emisi global.

Dengan teknologi tepat guna seperti penyimpanan energi dan fleksibilitas jaringan, sistem energi terbarukan dapat sepenuhnya menggantikan batubara, minyak, dan pembangkit listrik berbahan bakar gas.

Sejumlah besar pilihan tersedia dalam memindahkan orang dan barang dari titik A ke titik B dengan cara yang mengurangi atau menghindari pembakaran bahan bakar fosil dari knalpot.

Kendaraan hibrida atau listrik adalah pilihan yang baik untuk perjalanan jarak menengah atau lebih jauh. Adapun bersepeda, menggunakan transportasi umum, atau berjalan kaki adalah pilihan yang lebih baik untuk emisi dan kesehatan manusia bagi kehidupan sehari-hari banyak orang.

stroberi(Getty Images) Sebagai konsumen, kita harus lebih bertanggung jawab tentang bagaimana aksi kita berdampak pada bumi – termasuk bagaimana makanan kita didistribusikan, dan bagaimana itu diproses

Dengan mengurangi limbah makanan dan bergerak menuju pola makan nabati yang sehat, semua emisi dan energi ekstra yang terkait dengan produksi, pengolahan, pengemasan, distribusi, pemasakan, dan penguraian makanan yang tidak dimakan atau dikonsumsi berlebihan dapat dihindari, sambil juga menyediakan kebutuhan untuk populasi yang membutuhkan.

Ini adalah beberapa keputusan paling berdampak yang dapat dilakukan setiap individu setiap hari untuk membantu menyelesaikan krisis iklim.

Daripada menebangi hutan dan merusak lahan gambut untuk memasok nafsu makan kita yang besar terhadap daging, kayu, dan energi, melindungi ekosistem dapat melindungi, memperluas, dan menciptakan penyerap karbon baru.

Mengadopsi praktik regeneratif pada lahan pertanian saat ini, padang rumput, dan lahan rusak dapat memulihkan kesehatan dan kesuburan tanah, meningkatkan hasil, dan menyediakan bahan-bahan yang berlimpah tanpa merusak sistem alam.

Secara bersama-sama, penerapan praktik regeneratif untuk pertanian dan manajemen ternak, mengadopsi pola makan kaya sayuran, dan mengurangi limbah makanan, lahan pertanian yang ada saat ini dapat menghasilkan cukup makanan untuk memberi makan populasi dunia yang tumbuh, dari sekarang hingga 2050 dan seterusnya.

Mengambil tindakan untuk mengubah sistem pangan dari hulu hingga hilir dapat mencegah penebangan hutan untuk produksi pangan.

Lahan pertanian yang ada saat ini cukup untuk menghasilkan biomassa guna memasok bahan baku untuk bahan lain seperti bioplastik atau beton alternatif.

Namun, untuk mencapai semua ini, setiap individu harus membuat keputusan yang berbeda setiap hari untuk menentukan apa yang diproduksi, dibeli, dan dikonsumsi.

Keputusan ini mungkin sulit bagi sebagian orang, tetapi ketika hasilnya membantu menyelesaikan pemanasan global, kerawanan pangan, kesehatan manusia, dan penggundulan hutan, keputusan itu tidak perlu dipikir-pikir lagi.

Dengan manfaat berlapis yang cukup, atau ‘win-win-win-win’, menerapkan solusi masalah iklim menjadi masuk akal.

tenaga surya(Getty Images) Energi yang tidak menyebabkan polusi, seperti tenaga surya, bisa menggantikan energi fosil – jika kita bersedia mengubah cara kita mendapatkan energi

Intervensi ini perlu dipercepat dengan tingkat kecepatan yang jauh lebih lekas. Kaum muda sadar akan hal ini, mungkin karena itu adalah satu-satunya masa depan yang layak diperjuangkan.

Bersama dengan kaum miskin, perempuan, dan masyarakat adat di dunia, generasi muda akan mengalami dampak terburuk dari perubahan iklim jika tidak ada yang dilakukan; atau terlalu sedikit yang lambat dilakukan.

Bertindak sekarang sangat penting untuk semua orang dan semua yang ada di planet ini; Namun, sebagai prinsip yang memotivasi, memastikan bahwa generasi masa depan dapat hidup sehat, hidup yang bermakna harus menjadi prioritas utama umat manusia.

Seperti Greta Thunberg, Lauren Howland tidak sabar menunggu orang dewasa untuk menyelesaikannya.

Lauren, seorang perempuan berusia 23 tahun dari Bangsa Apache Jicarilla, adalah salah satu pendiri Dewan Pemuda Masyarakat Adat Internasional (IIYC), yang menerima Penghargaan Hak Asasi Manusia Robert F Kennedy pada tahun 2018 untuk kelanjutan kerjanya dalam masalah lingkungan.

Sebuah suara untuk masyarakat adat muda di seluruh dunia, Howland mengatakan: “Orang-orang muda lebih terhubung dan selaras satu sama lain dan planet ini pada zaman sekarang daripada masa lain dalam keberadaan manusia.

“Kami menyadari bahwa kami sedang berjuang untuk menyelamatkan umat manusia dari kepunahan, dan kami membutuhkan pembuat kebijakan di planet ini untuk secara kolektif menyadari hal ini juga. Di sinilah, iklim berubah.

“Kami membutuhkan kebijakan iklim diterapkan dan diberlakukan di seluruh dunia sekarang, yang mencakup solusi yang sudah kami terapkan di komunitas lokal kami sendiri.”

Orang-orang muda lainnya bergabung memberi solusi, secara aktif melakukan inovasi yang berpotensi mengubah yang sudah-sudah.

Aron Claeys, seorang wirausahawan muda otodidak yang berbasis di Antwerp, Belgia, bekerja pada pengembangan solusi nanoteknologi untuk bahan yang berkelanjutan dengan tujuan “membalikkan pemanasan global, meningkatkan kesehatan, efisiensi energi dan kualitas hidup, sambil memulihkan biosfer planet”.

Dia dan timnya telah memasarkan produk-produk yang dapat menggandakan masa pakai tekstil, kulit, dan alas kaki ke industri mode, yang dapat mencapai 10% dari gas rumah kaca global.

Dia sekarang sedang mengerjakan pengembangan bahan bangunan yang mampu membersihkan sendiri, memurnikan udara, dan menangkap karbon.

Pemanasan global(Getty Images)

Krisis yang kita semua hadapi bersama adalah awal untuk membawa orang-orang muda ke dalam percakapan. Menciptakan masa depan yang kita semua inginkan membutuhkan generasi yang lebih tua dan yang lebih muda untuk bekerja bersama untuk perubahan yang kita butuhkan.

Orang-orang muda ingin berperan untuk ambil bagian. Orang tua yang memegang tampuk kekuasaan politik, ekonomi, dan intelektual saat ini harus mendengarkan suara-suara perubahan ini, mendukung gagasan dan inovasi baru, dan memikirkan kembali asumsi tentang cara dunia bekerja, karena dunia tidak akan menjadi milik kita selamanya.

Tidak ada diskusi tentang masa depan generasi muda kita tanpa mereka duduk di meja yang sama.

“Tidaklah cukup untuk mempersiapkan kaum muda pada akhirnya mengambil peran yang Anda [orang dewasa] pegang saat ini. Kaum muda siap untuk memberi dampak seperti kita sekarang. Kami membutuhkan orang-orang di atas kami untuk membimbing kami sekarang, sehingga kami tidak perlu menunggu untuk mendapatkan pekerjaan Anda; sehingga ketika kita berada di posisi Anda, kita bisa menjadi lebih sukses,” kata Silas Swanson, seorang mahasiswa tahun kedua di Universitas Columbia dalam panel pemuda di acara ‘Drawdown Learn’ Omega Institute yang diadakan tahun lalu di Rhinebeck, New York.

Silas membangunkan saya akan kebenaran ini, dan kami telah berhubungan sejak itu.

Setiap ilmuwan, pembuat kebijakan, insinyur, arsitek, arsitek, perencana kota, investor, pelaku bisnis, aktivis, ahli ekonomi, pemerhati lingkungan, pemimpin pemikiran, dan setiap profesional lain yang berminat akan iklim harus menyisihkan waktu mereka untuk membimbing setidaknya satu orang muda. Lima akan lebih baik, dan sepadan dengan usaha.

Mentoring tidak hanya mengajar di ruang kelas atau menawarkan saran selama jam kantor. Ini tentang komitmen untuk memberi dan belajar dari orang lain; untuk melakukan apa pun yang dapat dilakukan untuk mendukung, memberdayakan, dan mengangkat orang lain untuk mencapai potensi penuh mereka. Tidak memakan biaya terlalu banyak waktu, dan imbalan potensial tidak terhitung.

Masyarakat miskin(Getty Images) Masyarakat miskin akan menerima dampak perubahan iklim yang lebih buruk

Greta Thunberg menggerakkan legiun muda penyelenggara pemogokan iklim di seluruh dunia yang membangunkan orang-orang akan kebutuhan akan perubahan. Ada banyak suara muda tanpa tanda jasa lainnya di seluruh dunia yang bekerja untuk menciptakan masa depan yang mereka butuhkan. Kita generasi yang lebih tua harus melihat kepada remaja untuk inspirasi, motivasi, dan keberanian.

Daripada mencari keberanian untuk “melawan” perubahan iklim, kita perlu menemukan keberanian untuk melihat solusi yang masuk akal tepat di depan kita. Para pemuda masa kini dapat membantu kita semua menemukan jalan, dan bersama-sama kita dapat menciptakan masa depan yang kita inginkan.

Chad Frischmann adalah wakil presiden dan peneliti utama dari Project Drawdown, sebuah organisasi yang berusaha menemukan cara-cara komunitas global dapat membantu mengurangi dan membalikkan dampak perubahan iklim. Dia juga seorang mentor yang bersedia mengajar, dengan dua tempat terbuka.

Short presentational grey lineBBC

Versi bahasa Inggris dari artikel ini bisa Anda simak, The young minds solving climate change di laman BBC Future


(haf/haf)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

KPU Kota Cirebon Jemput Bola Mengatasi Kekurangan Logistik Pemilu

Selain surat suara pengganti untuk DPD RI, KPU Kota Cirebon menurut Didi juga belum menerima formulir C3 atau formulir untuk pendamping pemilih.

“Kalau formulir C7 atau formulir DPT baru kami terima hari ini tadi pagi,” ungkap Didi.

Formulir C7 baru sampai di gudang logistik KPU Kota Cirebon pada pukul 09.30 WIB hari ini. Dia mengatakan, sebelumnya telah mengutus staf KPU untuk mengambil langsung formulir ke percetakan di Bandung.

Belum lengkapnya logistik pemilu membuat pengiriman ke PPK mengalami hambatan.

“Semula rencana kami H-4 sudah terdistribusi,” ungkap Didi.

Dia mengaku, hingga H-2, baru dua kecamatan yang didistribusi logistik pemilu, yaitu Kecamatan Kejaksan dan Lemahwungkuk.

“Itu juga belum dinyatakan lengkap,” sambung Didi.

Kendati demikian, Didi mengaku tetap yakin pelaksanaan pemilu di Kota Cirebon bisa berjalan dengan lancar.

Dia akan berupaya untuk terus menanggulangi dan mencari jalan keluar dari sejumlah kekurangan yang ada saat ini.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

Umat Tionghoa Cirebon juga melaksanakan tradisi ziarah kubur ke makam leluhur yang diberi nama Ceng Beng

Cara Mengatasi Mikrofon Smartphone Android yang Tak Berfungsi

Ada beberapa alasan mengapa mikrofon smartphone Android Anda tidak berfungsi, terutama saat panggilan berlangsung. Sebelum mengetahui cara mengatais mikrofon yang tak berfungsi,berikut beberapa kemungkinan penyebab mengapa mikrofon tidak berfungsi:

Masalah jaringan

Biasanya, masalah jaringan dapat menyebabkan masalah mikrofon. Jika Anda berada di tengah-tengah panggilan dan tiba-tiba, orang di ujung sana tidak dapat mendengar Anda, bisa jadi ada masalah sinyal pada operator Anda.

Mikrofon tertutup

Terkadang, Anda secara tidak sengaja menempatkan jari-jari pada mikrofon selama panggilan yang menghalangi suara. Jadi, selama panggilan berlangsung, pastikan Anda tidak menutup mikrofon dengan jari-jari Anda.

Penumpukan kotoran

Tak berfungsinya mikrofon juga dapat disebabkan akumulasi debu pada mikrofon. Mungkin Anda tak pernah membersihkan mikrofon dalam jangka waktu yang lama.

Aplikasi pihak ketiga

Ada beberapa jenis aplikasi yang tersedia di internet yang dapat menimbulkan masalah pada mikrofon. Aplikasi ini memang tidak akan melakukan kerusakan perangkat keras, tetapi dapat memodifikasi beberapa file yang dapat menimbulkan masalah mikrofon.

Ini 6 Cara Mengatasi Pengangguran, dari Pendidikan hingga Transmigrasi

5. Informasi Lowongan Kerja

Informasi mengenai lowongan pekerjaan juga sangat penting sebagai cara mengatasi pengangguran. Saat ini, sudah begitu banyak media untuk pemberitahuan mengenai lowongan pekerjaan di media massa, baik di media cetak, maupun di media elektronik.

Cara mengatasi pengangguran dengan memberikan informasi setiap kali ada lowongan pekerjaan harus tetap dilakukan.

Dengan informasi-informasi ini, nantinya para pencari kerja bisa menyesuaikan diri dan segera melengkapi persyaratan yang diperlukan untuk suatu pekerjaan jika memang berminat dan sesuai dengan kemampuannya. Lowongan pekerjaan juga harusnya dilakukan dengan transparan, sehingga tidak ada praktek “lewat jalur belakang”.

6. Transmigrasi

Transmigrasi menjadi sangat penting bila kita membahas cara mengatasi pengangguran. Hal ini terjadi karena bila terlalu banyak jumlah penduduk di suatu daerah, hal itu juga akan membuat lapangan pekerjaan menjadi penuh, ataupun bahkan kekurangan lapangan pekerjaan.

Transmigrasi merupakan cara mengatasi pengangguran dengan memindahkan penduduk dari daerah yang jumlahnya padat ke daerah yang daerah jarang penduduknya. Dengan melakukan transmigrasi, akan terbagi dengan seimbang porsi untuk mendapatkan lapangan pekerjaan di berbagai daerah.

Tentu saja kita mengetahui bahwa mengetahui bahwa sebagian besar daerah yang penuh penduduknya biasanya akan kekurangan lapangan pekerjaan pula.

Masalah pengangguran adalah masalah yang selalu terjadi tiap tahunnya di Indonesia. Adanya permasalahan pengangguran akan membuat sebagian besar orang memicu permasalahan berikutnya dari permasalahan psikologis, kemiskinan, dan kriminalitas.

Oleh karena itu, dengan cara mengatasi pengangguran yang telah diajabarkan di atas, kita dapat setidaknya mengurangi permasalah pengangguran yang selalu menghantui kita setiap tahunnya.

Kementan Apresiasi Pemda Sigap Mengatasi Kebanjiran di Lahan Pertanian

Di Sukabumi, Menteri Amran lepas ekspor manggis dan bantuan untuk 10 ribu petani milenial. (foto: dok. Kementan)
Menko Polhukam Wiranto memberi sambutan saat memberikan piagam penghargaan Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) 2017 di Jakarta, Kamis (13/12). BPS memberikan penghargaan kepada empat provinsi peraih IDI terbaik. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri.
Kabar baik untuk pengusaha keramik
Tanpa petani, kita tentu akan sangat kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari
pariwisata merupakan sektor yang paling efektif untuk mendongkrak devisa Indonesia
Pengrajin mebel

Tips Mengatasi Shock dan Trauma Usai Kecelakaan KRL

Jakarta – Insiden tergulingnya gerbong KRL di Jl Kebon Pedes, Tanah Sereal, Bogor pada Minggu (10/3/2019) tak hanya menyebabkan cedera fisik pada sejumlah penumpang. Shock dan trauma sangat mungkin dialami para korban.

Bahkan sang masinis, Yakub Agung, dilaporkan mengalami shock dalam perawatan di RS Salak Bogor. Dirut PT KAI Edi Sukmoro seperti diberitakan detiknews mengatakan Yakub sudah siuman setelah sebelumnya sempat pingsan.

“Dia butuh kembalilah ya, anu, sudah recover, tetep dia butuh sementara waktulah ya karena mungkin shock juga kan ya,” kata Edi, dikutip dari detiknews.

Ada beberapa tips mengatasi distress usai mengalami peristiwa traumatis seperti halnya kecelakaan KRL. Berikut beberapa di antaranya, dikutip dari berbagai sumber.

1. Cerita pada teman
Curhat sepertinya cukup efektif bagi banyak orang. Menceritakan dengan detail peristiwa yang terjadi, apa saja yang dirasakan, dan kekhawatiran-kekhawatiran yang masih tersisa, lebih baik dicurahkan daripada dipendam sendirian.

2. Jalankan rutinitas seperti biasa
Shock membuat perilaku seseorang berubah, salah satunya kehilangan selera makan. Jatuh sakit karena terlambat makan kadang-kadang justru memperburuk trauma. Apabila memungkinkan, misalnya tidak ada cedera serius, usahakan tetap menjalani hidup senormal mungkin.

3. Olahraga
Percaya atau tidak, aktivitas fisik seperti olahraga adalah hal positif yang bisa mengalihkan perhatian dari ingatan-ingatan traumatis. Di samping itu, tubuh yang bugar akan mempermudah proses berdamai dengan suatu peristiwa.

4. Beri waktu pada diri sendiri
Untuk kembali ‘normal’ sehabis mengalami peristiwa traumatis, memang tidak selalu mudah. Jika belum bisa, maka tidak masalah. Beri waktu pada diri sendiri untuk belajar menerima dan memaknai apa yang telah terjadi.

(up/ask)

Kepala BNPB Ingatkan Ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan

Liputan6.com, Jakarta – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengingatkan masyarakat terkait ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah minim air. Dia mengingatkan soal pentingnya mitigasi bencana.

“Bangsa kita harus mencari solusi untuk mengatasi karhutla yang melibatkan masyarakat yang juga dalam bagian pentahelic,” ujarnya dalam acara gelar peralatan di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (1/3/2019).

Dia pun menjelaskan sejumlah faktor yang dapat menyebabkan kobaran api menjalar dalam ranah perhutanan. Di antaranya adalah fakror alam dan non-alam.

“Penyebabnya adalah faktor alam, non alam manusia yang tidak sengaja, dan faktor non alam yang disengaja bakar oleh manusia. Hal ini yang harus BNPB ditindaklanjuti,” katanya menandasi.

Mantan Sesjen Wantannas ini mengingatkan kepada seluruh jajarannya untuk menghemat listrik dan air bersih. Dia juga mengimbau agar mengurangi sampah pelastik.

Menurutnya, BNPB penting bekerja dengan jujur untuk meraih kepercayaan masyarakat. “Kita bangun kepercayaan publik. BNPB menjadi lembaga yang layak dijadikan contoh dan menjadi yang terbaik,” ucapnya.

2 dari 2 halaman

Peringatan BMKG

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika telah memperingati potensi kebakaran hutan di wilayah Sumatera, khususnya Riau. Hal tersebut dikarenakan kurangnya intensitas hujan.

“Kondisi kurang hujan di wilayah-wilayah tersebut didukung oleh kondisi troposfer bagian tengah yang didominasi kelembapan udara yang relatif rendah. Ini sesuai dengan peta prediksi spasial anomali radiasi balik matahari gelombang panjang (OLR),” kata Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Herizal dikutip dari laman BMKG, Jumat 22 Febuari 2019. (rifqi aufal sutisna)


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Striker Chelsea Klaim Sarri Tetap Didukung Pemain

London – Posisi Maurizio Sarri di mata pemain Chelsea diyakini aman. Hal ini disampaikan oleh striker The Blues, Pedro.

Para pemain Chelsea dalam beberapa tahun terakhir disebut memiliki pengaruh besar pada masa depan manajer di Stamford Bridge. Terbukti beberapa manajer tak bisa bertahan lama karena disebut berseteru dengan beberapa pemain The Blues.

Sebut saja Jose Mourinho, kemudian ada juga suksesornya yakni Antonio Conte.

Sarri disebut menghadapi masalah serupa. Indikasi akan adanya masalah makin menguat setelah Kepa Arrizabalaga dengan berani membangkang perintah Sarri di laga final Piala Liga Inggris lawan Manchester City.

 Namun Pedro dengan tegas membantah kabar itu. Ia mengatakan semua pemain kompak berada di belakang manajer asal Italia itu.

“Kami selalu bersamanya. Kami selalu berbicara tentang semua masalah yang kami miliki,” kata Pedro, seperti dilansir ESPN, Kamis (28/2/2019). 

“(Sarri) harus membuat keputusan (dengan Kepa). Ia telah melakukan itu dan kami hanya menghormatinya karena kami selalu menghormati semua manajer,” tegas pemain Chelsea itu.

2 dari 2 halaman

Harus Bersatu

Sebelumnya bintang Chelsea yakni Eden Hazard juga telah menyuarakan dukungan kepada Sarri.

“Kami semua bersama dengan pelatih. Saya tahu bulan ini sedikit berat, tapi kami harus bersatu, tetap bersama, jika kami inign melakukan sesuatu pada akhir musim,” ujar Hazard dalam situs resmi klub.

“Pada saat ini, kami sedikit mengalami tekanan karena para fans ingin kami berada di empat besar, tapi kami adalah Chelsea dan mampu mengatasi tekanan itu. Kami akan memenangkan pertandingan,” tambahnya.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

Olah Sampah di Jakarta, BPPT Usul Pakai Teknologi Termal

Jakarta – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) terus mengkaji teknologi pengolahan sampah dengan cepat, tanpa memerlukan lahan yang terlalu luas. BPPT mengusulkan penggunaan teknologi termal.

“BPPT terus mendukung Jakpro guna membangun Kota Jakarta. Kali ini kami juga tekankan pentingnya mengedepankan teknologi yang ramah lingkungan, dalam mengatasi timbunan sampah,” tuturnya di Kantor BPPT, Jakarta, seperti dalam keterangan tertulis, Jumat (1/3/2019).

Kepala BPPT juga menyebut pihaknya tengah melakukan asistensi dan evaluasi terkait rencana pembangunan Intermediate Treatment Facility (ITF) atau Tempat Pengolahan Sampah menghasilkan listrik/PLTSa.
“ITF ini kan nantinya dibangun di tengah kota, salah satunya di kawasan Sunter, lalu Jakarta Barat, Timur dan Selatan juga ya, atau disebut ITF 1,2,3 dan 4. Tentu ini merupakan tantangan besar yang membutuhkan terobosan teknologi untuk mewujudkannya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Herman menyebut BPPT mengusulkan penggunaan teknologi termal yang tepat. Hal ini lantaran pembangunan ITF tersebut akan memiliki kapasitas pengolahan 2.000 ton.

“Kami merekomendasikan teknologi yang menggunakan proses termal. Dengan proses ini, timbunan limbah padat (sampah) dalam jumlah besar dapat diubah menjadi panas yang kemudian dikonversikan menjadi energi dalam bentuk energi listrik,” paparnya.

Mengenai keunggulan pengolahan sampah dengan menggunakan proses termal, Direktur Pusat Teknologi Lingkungan BPPT yang juga sebagai Plh Deputi Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam BPPT, Rudi Nugroho, menyebut ada dua keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan proses tersebut.

“Pertama, sampah dengan jumlah besar dapat dihabiskan dengan singkat. Kedua, diperoleh energi listrik yang dapat dimanfaatkan, baik untuk mendukung proses pengolahan sampah itu sendiri maupun untuk digunakan oleh masyarakat,” urai Rudi.

Teknologi pengolahan sampah dengan proses termal, lanjut Rudi saat ini dipandang paling efektif dan telah banyak digunakan oleh sebagian besar negara maju seperti Jepang, Singapura, Prancis, Austria, Finlandia. Negara-negara maju tersebut menggunakan teknologi incinerator untuk pengolahan sampah.

Teknologi yang dipakai, imbuhnya, menggunakan proses thermal incinerator type stoker grate yang dilengkapi sarana pengendali polusi udara. Dengan teknologi ini, sampah dapat musnah secara cepat, volume berkurang signifikan, dan ramah lingkungan..

“Lebih dari 70 persen pengguna teknologi termal bahkan telah mengkonversikan panas yang dihasilkan untuk selanjutnya diubah menjadi energi listrik,” kata Rudi.

Direktur Utama PT Jakpro, Dwi Wahyu Daryanto mengungkapkan memang kerjasama dengan BPPT untuk membantu pihaknya memilih teknologi yang tepat untuk digunakan dalam ITF. Untuk itu pihaknya menyerahkan pemilihan teknologi ke tangan instansi yang bergerak di bidang teknologi, yaitu BPPT.

“Jakpro ingin melanjutkan kerjasama dengan BPPT dalam menangani Sampah di Kota Jakarta. Dalam 2 tahun ke depan, Jakpro pun mendapat tugas untuk membangun 3 ITF (Intermediate Treatment Facility) sampah di Jakarta,” sebutnya.
(gbr/gbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Prabowo: Kalau Saya Presiden, Defisit Anggaran BPJS Masalah Kecil

Liputan6.com, Jakarta – Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menghadiri acara dialog silaturahmi Paslon Presiden dan Wakil Presiden Bersama Komunitas Kesehatan di Hotel Bidakara, Kamis (28/2/2019).

Dalam sambutannya, Prabowo mengatakan jika ia memimpin Indonesia jumlah defisit BPJS saat ini hanyalah masalah kecil dan bisa segera diatasi.

“Jadi kalau saudara-saudara mengatakan kurang defisit BPJS berapa defisitnya kalau tidak salah Rp 20 triliun kalau saya mengatakan Rp 20 triliun kalau saya memimpin pemerintahan saya anggap itu masalah kecil, Rp 20 triliun,” kata Prabowo. 

Menurutnya, mengatasi defisit BPJS sangatlah mudah. Karena Indonesia adalah negara yang sangat kaya.

“Inti masalah indonesia adalah bahwa kekayaan Indonesia tidak tinggal di Indonesia, ini masalahnya,” ungkap dia.

Mantan Danjen Kopassus ini juga sempat mengatakan banyak sekali orang yang tidak suka dengan dirinya. Sebab, Prabowo kerap kali mengungkap banyaknya data-data kebocoran Indonesia.

“Banyak yang enggak suka dengan Pak Prabowo, saya perhitungkan kebocoran bangsa Indonesia tiap tahun adalah Rp 1.000 triliun lebih,” ucap dia. 

 

2 dari 2 halaman

Sampaikan Aspirasi

Kendati tidak disukai, namun Prabowo mengaku harus menyampaikan hal tersebut, agar seluruh masyarakat Indonesia mengetahuinya.

“Dan banyak orang yang tidak suka kenapa Prabowo berbicara ini loh saya juga enggak suka, tapi saya harus bicara,” ucapnya.

Diketahui dalam acara ini para ikatan dokter menyampaikan aspirasinya terkait kebutuhan dunia kedokteran.

Diantaranya yang dipaparkan adalah masalah pemerataan pendidikan dan kesejahteraan para dokter.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: