Makna Paes Solo, Riasan Lucinta Luna yang Mengaku Sudah Menikah

Liputan6.com, Jakarta – Kabar mengejutkan datang dari Lucinta Luna. Ia mengumumkan telah resmi menikah dengan pujaan hatinya, seorang pria asal Filipina melalui akun Instagram pribadi @lucintaluna pada Rabu, 20 Maret 2019.

Lucinta Luna tampak membagikan sebuah video singkat yang menampilkan dirinya duduk berdampingan dengan pasangannya. Ia mengenakan kebaya dengan riasan paes pengantin Jawa Solo.

Lantas, apa makna di balik riasan paes Solo pengantin Jawa? Melansir budayajawa.id, Rabu, 20 Maret 2019, paes merupakan riasan lekukan-lekukan di dahi perempuan yang biasanya berwarna hitam, namun pada pengantin adat solo basahan berwarna hijau.

Lekukan tersebut terbuat dari pidih yakni campuran malam atau sejenis lilin yang bersifat tidak kering tetapi juga tak meleleh. Paes dan hiasan pengantin lainnya mempunyai arti yaitu doa dan tuntunan untuk sang perempuan.

Sebut saja Gajahan, lekukan paling besar yang ada di tengah dahi yang memiliki makna harapan seorang perempuan akan ditinggikan derajatnya. Ada pula Pengapit yakni lekukan yang lebih runcing yang diibaratkan pengendali gajahan agar dapat berjalan lurus sehingga tak ada rintangan dalam kehidupan pernikahan.

Kemudian Penitis yang melambangkan segala sesuatu harus memiliki tujuan dan efektif. Godheg, lekukan menyerupai cambang ini melambangkan harapan agar kedua mempelai dapat bijaksana.

Tak hanya riasan paes, pada bagian tengah dahi pengantin perempuan juga dihias Cithak. Hiasan ini berbentuk belah ketupat menjadi simbol perempuan harus setia dan fokus.

Alis menjangan, bentuk alis pengantin Jawa yang dibuat bercabang dan terinspirasi dari tanduk rusa. Maknanya berasal dari hewan tersebut, di mana perempuan harus mempunyai tiga karakter Rusa yakni cerdik, anggun, dan cerdas.

Kemudian ada pula Sanggul bokor mengkurep yang bermakna harapan agar perempuan dapat mandiri dan bersyukur. Tak ketinggalan, Cundhuk Mentul, hiasan di atas kepala pengantin perempuan yang melambangkan harapan agar kehidupan pernikahan selalu disinari matahari.

Saksikan video pilihan di bawah:

Terkenal sebagai pedangdut berpenampilan seksi, Lucinta Luna kini berbalut busana tertutup lengkap dengan hijabnya

Hadapi Stapac di Final IBL, Satria Muda Mengaku Underdog

JakartaSatria Muda akan menghadapi Stapac Jakarta di final Indonesian Basketball League (IBL) 2019. Pelatih Satria Muda Youbel Sondakh mengaku timnya underdog.

Final IBL akan berlangsung mulai 21 Maret 2019. Berformat best of three, Satria Muda akan menjamu Stapac Jakarta di laga pertama yang digelar di Britama Arena, Kelapa Gading, Kamis (21/3) malam WIB.

Sebelum maju ke final, Satria Muda tidak menjalani musim reguler yang mulus. Sang juara bertahan menelan sembilan kekalahan dari 18 pertandingan untuk finis ketiga di klasemen Divisi Merah di bawah Bima Perkasa [2], dan NSH Jakarta [1].


Meski begitu, Satria Muda tampil lebih oke di playoff dengan menyingkirkan Bima Perkasa 2-0 di babak pertama sebelum menang tipis 2-1 atas NSH di semifinal untuk menantang Stapac di partai puncak.

Sementara itu, Stapac melaju lebih meyakinkan usai cuma sekali kalah di musim reguler untuk memuncaki klasemen Divisi Putih. Di babak playoff, Stapac tidak terhentikan dengan menang dua gim langsung dari Pelita Jaya dan Pacific Caesar Surabaya.

“Puji Tuhan buat Satria Muda kembali ke final tahun ini setelah up and down musim reguler. Mungkin kami agak struggle tapi kami mesti ekstra karena melawan Stapac. Kami harus mempersiapkan diri lebih keras dan saya yakin juga bakal menjadi game menarik mendatang,” kata Youbel di Kawasan Kebayoran Baru, Selasa (19/3/2019).

“Pastinya laga klasik ini suasananya bakal beda-beda. Karena (rekor dengan Stapac) juga 5-5 dan juga final di musim IBL cukup menarik, tim besar kalah, yang tidak diduga malah naik. Tentu kami lebih menyiapkan mental. Kalau mau dibilang kami underdog tahun ini. Kami ingin lebih main lepas karena kalau lihat reguler season agak kurang bagus dan itu yang ingin kami buktikan bahwa kami bisa main di final,” dia menjelaskan. (mcy/rin)

Pembunuh Sopir Angkot di Tangerang Buron 5 Tahun Setelah Mengaku Tewas

Pada 2014, saat Rifki berusia 17 tahun, ia sempat terlibat cekcok dengan seorang sopir angkot bernama Febi Hermanto (18). Saat itu, Rifki yang juga sopir tembak angkot jurusan Cikokol-Ciledug, bersitegang lantaran berebut penumpang di tengah jalan. 

Saat kejadian, keduanya sempat dilerai dan didamaikan sopir angkot lain. Bukannya damai, Rifki masih menaruh dendam yang kemudian pada malam harinya mendatangi korban saat mangkal di Pom Bensin Jalan Sudirman, Cikokol, Kota Tangerang. 

“Sempat adu mulut lagi, korban sempat memukul pelaku dengan tangan kosong. Namun dibalas tusukan oleh pelaku di dada sebelah kiri,” jelas Ewo.

Korban pun tewas di tempat kejadian, sementara pelaku langsung melarikan diri. Yang awalnya ke rumah keluarga besarnya di Lampung, kemudian ke Belitung, kembali lagi ke Lampung dan ikut kakaknya berjualan. 

Kepada petugas, Rifki mengaku selalu dihantui almarhum Febi dalam mimpinya. “Sering mimpi didatangi, dicekek sampai saya susah nafas,” akunya.

Kini, Rifki sudah mendekam di balik jeruji besi Polsek Tangerang untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Dia disangkakan penganiayaan yang berujung pada kematian, dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

Romahurmuziy Mengaku Dijebak, Ini Kata KPK

Jakarta – Anggota DPR yang juga Ketum PPP Romahurmuziy mengaku dijebak dalam kasus dugaan suap seleksi jabatan di Kementerian Agama (Kemenag). KPK menegaskan tak ada jebak-menjebak.

“Soal dijebak menurut saya tidak ada sama sekali, karena (bila dijebak, red), itu ada orang KPK pura-pura menjebak beliau, itu tidak ada,” tegas Wakil Ketua KPK Laode M Syarif dalam jumpa pers di gedung KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Sabtu (16/3/2019).

Penangkapan Romahurmuziy dilakukan di sekitar Hotel Bumi, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (15/3). Penangkapan ini berdasarkan penyelidikan atas informasi masyarakat.

“Saya perlu jelaskan, tim KPK sebenarnya sangat berhati-hati Tapi memang beliau pergi tempat lain, itu juga salah satu bukti KPK tidak menjebak yang bersangkutan, yang akhirnya bisa diikuti,” sambung Syarif.

Romahurmuziy ditetapkan sebagai tersangka suap seleksi pengisian jabatan pimpinan tinggi di Kemenag. Diduga Romahurmuziy menerima duit total Rp 300 juta untuk membantu meloloskan seleksi.

Selain Romahurmuziy, dua orang lainnya yang menjadi tersangka adalah Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin. Kedua orang inilah yang diduga sebagai pemberi suap kepada Romahurmuziy.

Pemberian uang kepada Romahurmuziy, menurut KPK, pertama kali terjadi saat Haris datang ke kediaman Rommy pada 6 Februari 2019.

Adapun untuk penerimaan kedua, Rommy diduga menerima uang dari Muafaq dengan total Rp 50 juta diserahkan pada Jumat (15/3). Uang ini disita dari asisten Romahurmuziy, Amin Nuryadin (ANY) .
(fdn/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Barcelona Tekuk Lyon, Coutinho Mengaku Tampil Buruk

Liputan6.com, Jakarta Gelandang Barcelona, Philippe Coutinho, mencetak satu gol saat Barcelona menjamu Lyon pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions, Kamis (14/3/2019). Meski demikian, mantan pemain Liverpool itu mengaku belum menemukan kembali permainan terbaiknya. 

Tampil di Camp Nou, Coutinho memaksimalkan kesempatannya dengan baik.  Coutinho mencetak satu gol pada pesta 5-1 Barca dan  membantu Barca melangkah ke perempat final.

Situasi Coutinho kian tidak kondusif dalam beberapa bulan terakhir. Dia jarang mendapatkan kesempatan bermain karena dinilai berada di bawah ekspektasi Barcelona. Sebab itu, Coutinho harus memanfaatkan kesempatan bermain sebaik-baiknya.

Meski tidak bermain penuh, Coutinho mendapatkan kesempatan bermain sejak menit awal pada pertandingan tersebut. Kesempatan ini sebenarnya juga disebabkan oleh cedera Ousmane Demblele, yang memaksa Valverde memercayai Coutinho.

Rumitnya situasi Coutinho ini berakibat pada kabar buruk bahwa dia akan segera dijual Barca. Dia sendiri mengakui performanya memang tidak maksimal, tapi Coutinho masih belum mau menyerah.

Dia datang ke Barcelona untuk memberikan yang terbaik, sebab itu dia ingin berusaha memaksimalkan potensinya dan menjawab kritik tersebut. Coutinho ingin terus berkembang dan mendapatkan kesempatan bermain lagi.

“Saya belum bermain baik dalam beberapa pekan atau bulan terakhir,” kata Coutinho kepada Marca. “Namun, saya ingin terus berkembang. Saya datang ke Barcelona untuk melakukan yang terbaik.”

Aher Mengaku Tak Paham Soal Kasus Penyaluran Kredit Fiktif BJB Syariah

Liputan6.com, Jakarta – Mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan diperiksa terkait kasus dugaan korupsi Bank Jabar Banten Syariah (BJBS). Pria yang akrab disapa Aher itu mengaku tidak tahu soal kasus yang tengah diusut penyidik Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri tersebut.

“Saya tekankan bahwa saya tidak ada hubungan hukum apapun kepada BJB Syariah, tidak ada hubungan kredit apalagi hubungan keuangan, tidak ada. Sehingga saya tidak banyak tahu bagaimana kegiatan di BJBS,” ujar Aher usai diperiksa di Gedung Bareskrim Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu 13 Maret 2019. 

Saat menjabat sebagai Gubernur Jabar, Aher merupakan pemegang saham pengendali Bank Jabar Banten (BJB) mewakili pemerintah. Dia tidak bersentuhan langsung dengan BJBS yang merupakan anak perusahaan dari BJB.

“Adapun mengenai kredit macet (di BJBS) tadi juga disinggung, saya tidak mengetahui perencanaan keputusan dan lain-lain. Saya sebagai pemegang saham di BJB, bukan di BJBS sehingga saya tidak tau menahu,” tuturnya.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu baru mengetahui persoalan kredit macet setelah mendapatkan laporan dari pihak BJB selaku pemegang saham mayoritas BJBS. Meski begitu, Aher memerintahkan BJB selaku perusahaan milik Pemprov Jabar untuk menyelesaikan masalah kredit macet BJBS.

“Untuk urusan direksi dan komisaris BJBS, kami tidak punya hubungan apapun dan tidak mengetahui apapun proses dan sebagainya. Jadi proses kredit macet itu saya tidak tahu,” ucap Aher.

Aher sendiri dimintai klarifikasi sejak pukul 13.00 hingga 17.00 WIB tadi. Namun dia baru keluar ruangan penyidik Bareskrim sekitar pukul 19.30 WIB.

Selama pemeriksaan, Aher hanya menjelaskan seputar kewenangan dan posisinya di BJB serta terkait apa yang ia ketahui tentang BJBS. Aher mengatakan, kewenangannya sebagai Gubernur Jabar saat itu hanya sampai pada BJB.

“Adapun urusan BJBS kan urusan BJB, bukan Gubernurnya. Jadi sebagai pemegang saham BJB saya tidak bertanggungjawab langsung ke BJBS-nya. Bahkan tidak ada hubungan tanggung jawab dan hukum langsung dengan BJBS. Kita hanya ada hubungan dengan BJB saja. Perseroan terbatas itu kan mandiri,” katanya menjelaskan.

Kembali Bela Persib setelah Lama Cedera, Dado Mengaku Canggung

Liputan6.com, Bandung – Dedi Kusnandar sukses memainkan “come back“-nya dengan gemilang bersama Persib Bandung di ajang Piala Presiden 2019. Selasa (12/3) di laga terakhir Grup A, yang disiarkan Indosiar, Persib menang besar 4-0 atas Perseru Serui.

Empat gol Persib masing-masing dicetak dua pemain baru asal PSMS Medan: Erwin Ramdani, Frets Butuan, Henhen Herdiana, dan tendangan penalti penyerang asal Chad, Ezechiel N’Douassel.

Dado, panggilan Dedi masuk di babak kedua, menggantikan bintang muda Beckham Putra Nugraha. Dedi mengaku sempat canggung, mungkin karena sudah lama sekali tidak merumput.

“Ya, (canggung) pasti ada. Apalagi belum pernah main di uji tanding, langsung ke ajang resmi. Satu dua menit pertama masih belum terasa klop. Tapi, setelah mendapatkan sentuhan bola Alhamdulilah semuanya berjalan seperti biasa,” kata Dedi di situs resmi Persib.

Bagi Dedi, laga Persib lawan Perseru itu adalah pertandingan pertamanya setelah lima bulan absen merumput lantaran cedera. Dedi mengalami cedera patah tulang fibula pada kompetisi musim lalu.

Mahathir Mengaku Tak Tahu Lobi Indonesia untuk Pembebasan Siti Aisyah

Kuala Lumpur – PM Malaysia, Mahathir Mohamad, mengaku tidak mengetahui ada lobi dari Indonesia untuk pembebasan terdakwa pembunuhan Kim Jong-Nam, Siti Aisyah. Dia menyebut pembebasan Siti Aisyah adalah murni urusan hukum.

“Saya tidak memiliki informasi (tentang hal itu),” kata Mahathir saat ditanya wartawan di Malaysia, seperti dilansir The Star, Selasa (12/3/2019).

Menurut Mahathir, pembebasan Siti Aisyah berdasarkan keputusan pengadilan. Prosesnya sesuai hukum yang berlaku.

“Ini adalah keputusan yang dibuat oleh pengadilan. Dia diadili dan kemudian dia dipulangkan. Jadi, itu adalah proses yang sesuai hukum,” ucapnya.

“Saya tidak tahu detailnya tapi jaksa penuntut dapat mencabut tuntutan hingga membebaskan,” sambung Mahathir.

Siti Aisyah saat bertemu Jokowi / Siti Aisyah saat bertemu Jokowi / Foto: Rengga Sancaya

Sebelumnya diberitakan, pemerintah Indonesia menyatakan bebasnya Siti Aisyah tidak lepas dari lobi-lobi yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga menteri/kepala lembaga terkait sejak era Perdana Menteri Malaysia Najib Razak hingga kini dijabat Mahathir Mohamad.

Pertemuan membahas pengajuan pembebasan Siti Aisyah disebut dilakukan Presiden Jokowi dengan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad pada 29 Juni 2018 di Bogor dan pertemuan Menkum HAM dengan Perdana Menteri Malaysia pada 29 Agustus 2018 di Putrajaya, Malaysia.

“Atas perintah Bapak Presiden, kami, Menlu, Kapolri, Jaksa Agung, berkoordinasi dengan Malaysia untuk mencari cara pembebasan beliau. Bapak Presiden berkomunikasi dengan baik dengan Pak Najib maupun Tun Mahathir. Ini proses panjang upaya dilakukan membantu Saudari Aisyah dan kehadiran negara sesuai Nawa Cita,” kata Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly saat jumpa pers di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (11/3/2019).
(imk/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Soal Kartu Kuning di Markas Ajax, Ramos Mengaku Salah

MadridSergio Ramos bicara soal kartu kuning yang ia dapat di laga melawan Ajax. Kapten Real Madrid itu mengaku salah atas kartu kuning tersebut.

Ramos mendapat kartu kuning pada menit ke-89 saat Madrid tandang ke markas Ajax di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Kala itu Madrid dalam posisi unggul 2-1.

Dapat kartu kuning, Ramos pun harus absen di leg kedua karena akumulasi kartu. Pada prosesnya, bek Spanyol itu kemudian dihukum skors dua laga oleh UEFA karena dinilai sengaja mendapat kartu kuning.

Tanpa Ramos, Madrid babak belur saat menjamu Ajax di Santiago Bernabeu pada pertandingan leg kedua. Los Blancos kalah 1-4 dan tersingkir dari Liga Champions.

Ramos pun mengaku salah atas kartu kuning yang ia dapat di Amsterdam Arena.

“Apakah kartu kuning di Amsterdam adalah sebuah kesalahan? Jelas itu sebuah kesalahan dan saya bertanggung jawab 200%,” tulis Ramos di akun Twitter-nya seperti dikutip BBC.

Kekalahan dari Ajax memperburuk situasi Madrid. Musim Madrid dipastikan nyaris habis karena sudah tersingkir di Copa del Rey dan Liga Champions serta tertinggal jauh dari Barcelona di Liga Spanyol.

“Sebagai pesepakbola, kami ingin bicara di atas lapangan, tapi musim ini tidak berjalan demikian,” kata Ramos.

“Beberapa kejadian terakhir adalah bencana dan saya tidak sembunyi. Kami tidak sembunyi. Kami para pemain adalah yang paling bertanggung jawab dan saya, sebagai kapten, lebih (bertanggung jawab) daripada siapa pun.”

(nds/ran)

Diserang Hoaks, Jokowi Mengaku Elektabilitasnya Turun 8 Persen di Jawa Barat

Calon wakil presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin menutup safari 5 hari nonstop dengan menghadiri Mujahadah Kubro, Al Asmaul Al-husna dan Tausiyah Kebangsaan oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Cilacap, Jawa Tengah.
Ratusan warga yang mengatasnamakan keluarga Sandiaga Uno di Provinsi Gorontalo menyatakan dukungan untuk calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin. (dok.Merdeka.com)
Capres nomor urut 01 Joko Widodo memberi sambutan pada acara Konvensi Rakyat di Sentul Internasional Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Minggu (24/2). Konvensi Rakyat mengangkat optimis Indonesia maju. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi memberi paparannya dalam debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). Debat dipimpin oleh Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Capres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi dalam debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). KPU memenuhi permintaan publik dengan tidak membocorkan pertanyaan sebelum debat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Politikus Partai Gerindra Rahayu Saraswati Djojohadikusumo dalam Foreign Media Briefing 'Pemuda dan Ketenagakerjaan' di Media Center Prabowo-Sandi di Jakarta. (Merdeka.com)
Tersangka Ratna Sarumpaet keluar dari mobil untuk memeriksa kesehatannya di Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (10/10). Ratna Sarumpaet ditahan terkait kasus hoaks penganiayaan. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Letnan Jenderal (Purn) Prabowo Subianto Djojohadikusumo. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Plt Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta Rizal Mallarangeng. (Liputan6.com/Nafiysul Qodar)