Safari Nonstop di Jabar, Ma’ruf Amin Optimistis Raih Suara 60 Persen

Liputan6.com, Jakarta – Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin mengakhiri safari politik 5 hari nonstop, Jumat (1/3/2019). Safari sang kiai lebih banyak mendatangi kota dan kabupaten di Jawa Barat, diawali di Cirebon, menyusuri Kuningan, Banjar, Pangandaran, sampai Ciamis.

Dengan adanya safari politik ini, Ma’ruf optimistis target 60 persen yang telah ditetapkan tim kampanye Jawa Barat.

“Saya kok optimis ya melihat trennya itu terus naik. Tren di Jabar terus naik,” kata Ma’ruf di Majenang, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (1/3/2019).

Ma’ruf Amin menuturkan kekalahan petahana Joko Widodo (Jokowi) saat Pilpres 2014 lalu karena banyak masyarakat Jawa Barat termakan hoaks. Karenanya, Mustasyar PBNU itu menyampaikan klarifikasi dan bantahan atas fitnah dan kabar bohong kepada masyarakat. Adapun hoaks yang kerap menyerang Jokowi adalah isu-isu agama.

“Sebab bagaimanapun masyarakat itu kalau diberi pencerahan dia bisa dapat memahami gitu. Karena itu sangat optimis,” katanya.

2 dari 3 halaman

Rebut Swing Voters

Selain itu, safari politik ini untuk menjaga suara yang sudah dipegang. Ketum MUI itu menyebut menjaga masyarakat agar tidak terprovokasi.

Kedua, untuk merebut suara yang masih mengambang atau belum tentukan pilihan. Caranya dengan kampanye keberhasilan Jokowi dan kembali menepis isu-isu hoaks.

“Tentu saja kita tidak ingin apa yang sudah kita ada di tangan kemudian diambil orang apalagi caranya dengan cara hoaks, nah ini yang kita hilangkan,” imbuhnya.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Pemprov DKI Jamin Tak Ada Jual Beli Lurah Saat Rotasi Besar-besaran

Jakarta – Sekda Pemprov DKI Jakarta Saefullah menjamin tidak ada jual beli jabatan lurah saat rotasi 1.125 pejabat DKI Jakarta. Bila ada bukti, Saefullah meminta agar informasi itu diteruskan padanya.

“Saya jamin, sama sekali tidak ada permainan uang. Kalau ditemukan di lapangan, infokan ke saya. Saat itu juga kita selesaikan, kalau ada penerimaan permainan uang,” ucap Saefullah kepada wartawan di JPO Gelora Bung Karno (GBK), Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (28/2/2019).

Menurut Saefullah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki kewenangan untuk merotasi pejabat di bawahnya. Hal itu, untuk mendukung program yang telah dicanangkan.

“Semua itu hak pimpinan. Jadi, rotasi di TNI, Polri, dan daerah lain, di mana saja. Itu biasa-biasa saja rotasi itu. Kalau kepala daerah mau mengusung visi misi lebih cepat terwujud. Ya hak dia untuk rotasi,” kata Saefullah.

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menyebut rotasi Anies terhadap lurah dan camat berbau politis. Apalagi, menurut Prasetyo, banyak lurah dan camat yang diturunkan menjadi sekretaris lurah dan sekretaris camat.

“Pertanyaannya, kalau ada camat jadi sekcam (sekretaris camat) atau lurah jadi sekkel (sekretaris kelurahan), ini aneh ini buat saya. Dan tempat-tempat itu (lokasi pemindahan) kok berbaunya politis sekali,” ujar Prasetyo saat dimintai konfirmasi, Selasa (26/2).

Namun Anies menepis Prasetyo. Anies menegaskan kewenangannya dalam perombakan pejabat di Pemprov DKI.

Mengenai isu jual beli jabatan lurah itu disoroti Ketua Fraksi PKB DPRD DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas. Namun di sisi lain dia mendukung rotasi pejabat besar-besaran oleh Anies bila tujuannya untuk proses penyegaran organisasi.

“Bagus kalau untuk penyegaran, itu kita dukung tetapi untuk desas-desur bahwa pemilihan lurah ini ada tarifnya, ini kurang bagus. Ini yang mesti pak Anies (perhatikan). Banyak keluhan dari lurah-lurah yang menyampaikan ke kita, bahwa ini ada tarif,” kata Hasbiallah.

Hasbi mengaku tidak tahu pasti soal kebenaran informasi tersebut. Menurut dia, kabar soal tarif menjadi lurah ini memang beredar di kalangan PNS.

“Rame isu di kalangan bawah, di lurah seperti itu, yang saya tahu. Kebenarannya mana saya tahu,” ujar dia.
(dhn/dhn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Persediaan AS Anjlok, Harga Minyak Menguat

Liputan6.com, New York – Harga minyak berjangka menguat dua persen usai persediaan minyak mentah Amerika Serikat (AS) secara tak terduga anjlok.

Selain itu, Arab Saudi menepis komentar dari Presiden AS Donald Trump yang berusaha menjaga harga minyak dari kenaikan.

Persediaan minyak mentah AS turun 8,6 juta barel pada pekan lalu. Hal ini berlawanan dengan harapan kenaikan 2,8 juta barel.

Penarikan yang memecah lima minggu berturut-turut dari persediaan seiring impor minyak mentah melambat ke rekor terendah 2,6 juta barel per hari. Hal ini terjadi usai penurunan produksi OPEC dan sanksi AS terhadap Venezuela.

Minyak mentah berjangka AS berada di posisi USD 56,94 per barel atau naik USD 1,44. Kenaikan ini mencapai 2,6 persen, dan termasuk persentase kenaikan harian terbesar dalam empat minggu. Harga minyak mentah Brent naik USD 1,18 atau 1,8 persen ke posisi USD 66,39 per barel.

“Secara keseluruhan ini adalah laporan yang sangat positif dengan permintaan lebih kuat. Saya pikir Anda sudah melihat dampak dari pemotongan produksi OPEC,” kata Phil Flynn, Analis Price Futures Group, seperti dikutip dari laman Reuters, Kamis (28/2/2019).

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Menteri Energi Arab Saudi, Khalid al-Falih menuturkan, Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan mitranya tidak terlalu menanggapi unggahan status Presiden AS Donald Trump di twitter. Trump menuturkan agar OPEC santai untuk kurangi produksi.

“25 negara mengambil pendekatan yang sangat lambat dan terukur. Seperti paruh kedua tahun lalu membuktikan, kami tertarik pada stabilisas pasar,” ujar Falih.

Adapun harga minyak telah naik lebih dari 20 persen sepanjang 2019 setelah OPEC dan sekutunya sepakat untuk memangkas produksi selama enam bulan mulai Januari.

Langkah ini dilakukan untuk hindari penumpukan surplus global terutama ketika booming produksi minyak mentah AS.

Falih mengatakan, OPEC mungkin perlu memperpanjang perjanjian untuk mengekang produksi hingga akhir 2019. Produksi minyak mentah AS telah mencapai rekor tertinggi selama dua minggu berturut-turut, mencapai 12,1 juta barel per hari pada pekan lalu.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal OPEC Mohammed Barkindo menuturkan, untuk mengelola pasokan dunia adalah sulit ketika dua anggota Iran dan Venezuela mendapat sanksi dari AS.

Menteri Energi Rusia, Alexander Novak juga mengatakan, pasar minyak lebih stabil atau kurang serta volatilitas tidak disukai baik produsen dan konsumen.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Hasil Liga Inggris: Penalti Aguero Antar Man City Kalahkan West Ham

Manchester – Penalti Sergio Aguero antarkan Manchester City mengalahkan West Ham United 1-0. Hasil ini membuat The Citizens terus menempel Liverpool di puncak klasemen Liga Inggris.

Berlaga di Stadion Etihad, Manchester City menang 1-0 saat menjamu West Ham, Kamis (28/2/2019) dini hari WIB. Gol tunggal tuan rumah tercipta melalui penalti Sergio Aguero di menit ke-59.

Kemenangan ini membuat The Citizens terus menempel Liverpool sebagai pemuncak klasemen Liga Inggris. Skuat Josep Guardiola kini berada di urutan kedua dengan 68 angka tertinggal satu poin dari The Reds, yang pada pertandingan lain menggilas Watford 5-0.

Sementara bagi West Ham kekalahan di Stadion Etihad membuat mereka kini menempat posisi ke-10. Anak asuhan Manuel Pellegrini mengumpulkan 36 angka hingga pekan ke-28.

Jalannya Pertandingan

Peluang emas dipunya City saat pertandingan baru berjalan empat menit. Tendangan Riyad Mahrez usai menerima umpan dari David Silva melayang di atas gawang, padahal dia melepaskan tembakan itu dari jarak dekat.

Hanya semenit berselang City kembali punya peluang matang yang gagal berujung gol. Umpan mendatar Kevin de Bruyne dari sisi kanan menemui Silva di kotak penalti. Bola yang dibelokkan arahnya oleh Silva berhasil melewati kiper Lukasz Fabianski, namun gagal menjadi gol karena terkena tiang gawang.

Gelombang tekanan City berlanjut dengan tendangan voli De Bruyne dari dalam kotak penalti yang melayang ke atas gawang. Sementara upaya Aguero mengarahkan bola ke dalam gawangnya menggunakan tumit saat meneruskan umpan De Bruyne juga gagal lantaran arahnya masih melenceng.

Aguero mengklaim penalti di menit 25. Sepakannya dari tengah kotak penalti terlihat mengenai lengan bek West Ham yang mencoba memblok sambil menjatuhkan diri. Namun wasit menyatakan tidak ada pelanggaran dalam momen itu.

Mahrez mengancam di menit 29 saat dia menusuk masuk ke kotak penati di sisi kanan. Usai memgecoh bek West Ham dia melepaskan tembakan dari sudut sempit, upayanya tak sampai menyulitkan kiper.

Meski sangat dominan dengan pengusaan bola sebesar 78 persen, tapi City nampak kesulitan menembus ketatnya pertahanan The Hammers. Ini terlihat dimana mereka hanya mencatatkan satu sepakan ke arah gawang di babak pertama.

Strategi Manuel Pellegrini ini terbukti ampuh. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

West Ham mengejutkan Ciy di awal babak kedua. Mereka nyaris saja membuka skor lewat Andy Carrol di menit ke-49. Umpan Manuel Lanzini mampu diteruskan Carrol dengan baik. Beruntung untuk tuan rumah, Ederson masih mampu menepis bola.

Upaya City untuk mencetak gol di laga ini akhirnya membuahkan hasil di menit ke-59. Pelanggaran terhadap Bernardo Silva di kotak penalti memaksa wasit menunjuk titik putih. Aguero yang ditunjuk sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik.

Unggul 1-0 membuat skuat Pep Guardiola makin gencar menekan lini pertahanan tim tamu. Di menit ke-65 mereka hampir saja menggandakan kedudukan.

Sepakan mendatar Raheem Sterling dengan gemilang mampu ditepis oleh Fabianski. Bola muntah yang kemudian disambar Bernardo Silva masih mampu diamankan lini pertahanan The Hammers.

Meski kedua tim mencatatkan beberapa peluang di sisa laga, tak ada gol tambahan yang tercipta. Skor 1-0 untuk The Citizens menutup laga di Stadion Etihad.

Susunan Pemain

Manchester City: Ederson; Danilo, Kompany , Otamendi,Zinchenko; De Bruyne, Gundogan, Silva; Mahrez (Sterling 55′), Aguero (Foden), Sane (Bernardo Silva).

West Ham : Fabianski; Fredericks, Issa Diop, Ogbonna,Johnson (Zabaleta 63′); Obiang, Rice; Michail Antonio,Nasri (Lanzini 46′), Anderson (Diangana 77′); Andy Carroll.
(din/din)

Hasil Liga Inggris: Lukaku 2 Gol, MU Atasi Palace 3-1

London – Angka penuh berhasil dibawa pulang Manchester United dari lawatannya ke markas Crystal Palace. Romelu Lukaku mencetak dua gol untuk memenangkan MU 3-1.

Pada lanjutan Liga Inggris, Palace menjamu MU di Selhurst Park, Kamis (28/2/2019) dinihari WIB. The Red Devils mengungguli Palace di babak pertama berkat gol Lukaku.

Tiga gol tercipta di babak kedua. Lukaku memperbesar skor MU sebelum Palace menghidupkan asa dengan gol James Ward. Namun demikian, Ashley Young memastikan kemenangan MU dengan golnya pada 10 menit terakhir.

Kemenangan MU memanaskan persaingan finis empat besar di akhir musim. Dengan tiga angka tambahan, Setan Merah tetap di peringkat lima usai mengumpulkan 55 poin hasil 28 laga. MU berjarak satu poin dari Arsenal di atasnya dan unggul tiga poin dari Chelsea di bawahnya.

Sementara itu, Palace menempati peringkat 14 dengan 30 poin. The Eagles belum aman karena cuma unggul lima angka dari Cardiff City yang berada di zona degradasi.

Jalannya Pertandingan

Peluang berarti pertama diciptakan MU di menit kedelapan. Dari sepak pojok, Luke Shaw mengirim bola ke kotak penalti yang diterima Romelu Lukaku. Namun meski lepas dari kawalan pemain lawan, sepakan voli Lukaku masih melambung di atas mistar gawang.

Hanya berselang tiga menit, giliran Palace menciptakan peluang emas. James McArthur melewati Scott McTominay untuk melepaskan crossing kepada Andros Townsend di dekat tiang gawang. Dari sudut sempit sontekan Townsend juga masih melambung.

Kebuntuan akhirnya terpecah di menit ke-33. MU mengungguli Palace 1-0 berkat gol Lukaku.

Shaw meliuk-liuk di sayap kiri untuk menembus pertahanan Palace sebelum mengirim operan pendek kepada Lukaku. Striker Belgia itu menuntaskan dengan sepakan mendatar terarah yang bersarang di sudut bawah gawang.

Palace hampir langsung mencetak gol balasan. Di menit ke-34, sundulan Jeffrey Schlupp melebar tipis setelah menerima crossing akurat Townsend di dalam kotak penalti.

Alexis Sanchez memperlihatkan manuver menjanjikan. Namun, sebelum bisa merangsek ke kotak penalti Palace, Martin Kelly sukses mengintersepsi untuk mencegah Sanchez melakukan tembakan dari posisi bagus.

Babak pertama berakhir. MU sementara unggul 1-0 atas Palace.

MU melewatkan peluang emas usai restart. Crossing Diogo Dalot menemui Paul Pogba, tapi sundulannya dari jarak dekat justru melambung.

Akhirnya MU memperoleh gol keduanya di menit ke-52. Diawali dari sepak pojok yang gagal diredam Palace, bola menemui Victor Lindelof untuk diteruskan kepada Lukaku di tiang jauh. Pemain yang disebut terakhir melesakkan tendangan kaki kiri guna menyarangkan bola ke sudut atas gawang. Kedudukan berubah menjadi 2-0.

David de Gea membuat penyelamatan untuk pertama kalinya di pertandingan ini. Wilfried Zaha mengalahkan Ashley Young kemudian mengirim bola silang kepada rekan setimnya di dekat tiang gawang MU. De Gea jatuh untuk menepis bola ke luar garis gawang.

Buruknya pertahanan MU mendapat hukuman. Di menit ke-66 Palace menciptakan gol balasan untuk menipiskan skor menjadi 1-2.

Kerjasama dengan Towsend diakhiri Schlupp dengan umpan silang ke arah tiang jauh yang dengan mudah disontek James Ward untuk menaklukkan penjagaan De Gea.

Setelah mencetak gol Palace menjadi lebih percaya diri untuk menyerang. Palace kemudian mendapatkan tendangan bebas dari posisi yang berbahaya. Meski begitu, sepakan Luka Milivojevic tak cukup melengkung sehingga bola gagal mengarah ke sasaran.

Giliran MU dihadiahi tendangan bebas. Pogba maju sebagai eksekutor tapi tembakannya bisa diselamatkan Guaita di sudut kiri bawah gawang.

MU akhirnya membunuh pertandingan di 10 menit terakhir. Bekerja sama dengan Lukaku di luar kotak penalti, Pogba mengirim bola terobosan kepada Ashley Young yang melakukan overlapping. Dari dalam kotak penalti, Young menceploskan sepakan mendatar ke gawang Palace.

Susunan Pemain

CRYSTAL PALACE: Guaita, Tomkins, Kelly, Ward, Van Aanholt (Kouyate 83′), Schlupp, McArthur (Meyer 61′), Townsend, Milivojevic, Zaha, Batshuayi (Benteke 78′)

MANCHESTER UNITED: De Gea, Young, Smalling, Lindelof, Shaw, Dalot (Bailly 77′), Pogba, Fred (Garner 90′), McTominay, Sanchez (Rashford 77′), Lukaku
(rin/raw)

Sumpah Pocong dan Debat Terbuka Wiranto vs Kivlan

Jakarta – Tantangan Menko Polhukam Wiranto ke eks Kaskostrad Mayjen (Purn) Kivlan Zen untuk sumpah pocong mengungkap dalang kerusuhan 1998 berbuntut panjang. Ajakan Wiranto ditanggapi Kivlan dengan menyodorkan tantangan baru.

“Oleh karena itu, saya berani katakan berani untuk sumpah pocong aja ’98 itu yang menjadi bagian kerusuhan itu saya, Prabowo, Kivlan Zen? Sumpah pocong kita. Siapa yang sebenarnya dalang kerusuhan itu?” ucap Wiranto di Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (26/2/2019).

Tantangan yang dilemparkan Wiranto itu merupakan bentuk tanggapan atas pernyataan Kivlan. Sebelumnya seperti dilansir cnnindonesia.com, Kivlan menuding Wiranto turut melengserkan Soeharto. Kivlan menyebut bukti dari tudingannya adalah dari sikap Wiranto yang secara tiba-tiba meninggalkan Jakarta saat keadaan sedang genting. Wiranto saat itu menjabat Pangab.
Dia pun menuding Wiranto dikendalikan oleh kelompok para jenderal untuk melengserkan Soeharto. Bahkan, kata dia, Wiranto menolak saat mendapat Instruksi Presiden (Inpres) untuk mengamankan Jakarta.
Menjawab Kivlan, Wiranto menepis terlibat dalam kerusuhan yang terjadi pada tahun itu. Wiranto yang kala itu juga menjabat Menhan, mengaku memobilisasi pasukan untuk meredakan konflik.

“Tiga hari saya mampu amankan negeri. Tanggal 13 Mei terjadi penembakan Trisakti, siang kerusuhan di Jakarta. Tanggal 14 Mei kerusuhan memuncak, 14 malam saya kerahkan pasukan dari Jatim masuk Jakarta sehingga 15 pagi Jakarta aman dan situasi nasional aman,” kata Wiranto. Dalam tanggapannya ini, Wiranto menantang untuk Kivlan untuk sumpah pocong.

Kivlan menjawab tantangan Wiranto dengan mengajak debat terbuka di televisi. Dia tak setuju dengan ajakan sumpah pocong.

“Kalau mau dia pakai itu untuk mengungkap sejarah kejadian 1998, mari saya ajak debat di depan TV seluruh rakyat Indonesia melihat debat saya sama Wiranto,” kata Kivlan ketika dihubungi, Rabu (27/2/2019).

Kivlan meminta Wiranto tak menyeret nama eks Danjen Kopassus Prabowo Subianto. Menurutnya, Prabowo kini berstatus sebagai capres dan tidak melontarkan serangan kepada Wiranto.

Bukan hanya debat di televisi, Kivlan juga menantang Prabowo menyelesaikan perkara dalang kerusuhan 1998 lewat dua pengadilan. Dia mengatakan pengadilan bisa memutuskan siapa sebenarnya yang salah.

“Kalau dia mau, kita debat di TV atau kita ke pengadilan militer atau pengadilan HAM. Pengadilan militer itu adalah menyatakan mengungkap kejadian tahun ’98 siapa yang bersalah yang melanggar hukum militer, saya atau Wiranto. Prabowo atau Wiranto?” sebut Kivlan.

Bagaimana respons Wiranto soal tantangan debat di televisi dari Kivlan? Wiranto menegaskan pernyataannya sudah cukup.

“Sudah cukup saya komentari itu. Kita pemilu gini. Semua sedang konsentrasi ke bangsa, bukan ke urusan-urusan seperti ini,” tutur Wiranto di JCC, Rabu (27/2).
(gbr/fjp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kivlan Zen Tantang Wiranto Debat di TV Ungkap Dalang Kerusuhan 1998

Jakarta – Menko Polhukam Wiranto menantang eks Kaskostrad Mayjen (purn) Kivlan Zen sumpah pocong demi mengungkap dalang kerusuhan 1998. Kivlan menjawab tantangan Wiranto dengan mengajukan tantangan lain!

“Kalau mau dia pakai itu untuk mengungkap sejarah kejadian 1998, mari saya ajak debat di depan TV seluruh rakyat Indonesia melihat debat saya sama Wiranto,” kata Kivlan ketika dihubungi, Rabu (27/2/2019).

Kivlan meminta Wiranto tak menyeret nama eks Danjen Kopassus Prabowo Subianto. Menurutnya, Prabowo kini berstatus sebagai capres dan tidak melontarkan serangan kepada Wiranto.
“Tidak usah Prabowo diikut-ikutkan, Prabowo kemarin tidak ikut dia menghujat Wiranto, dia capres. Jadi dia tidak ada menghujat-hujat Wiranto. Dia sudah melupakan sejarah itu, saya nggak bisa melupakan sejarah itu karena dia… kekacauan Indonesia, tata negara Indonesia kacau ini gara-gara sejarah tahun 98 turunnya Pak Harto,” kata Kivlan.

Tak hanya debat di televisi, Kivlan menantang Prabowo menyelesaikan perkara dalang kerusuhan 1998 lewat dua pengadilan. Dia mengatakan pengadilan bisa memutuskan siapa sebenarnya yang salah.

“Kalau dia mau, kita debat di TV atau kita ke pengadilan militer atau pengadilan HAM. Pengadilan militer itu adalah menyatakan mengungkap kejadian tahun 98 siapa yang bersalah yang melanggar hukum militer, saya atau Wiranto. Prabowo atau Wiranto?” sebut Kivlan.

Sebelumnya diberitakan, Wiranto menantang Kivlan Zen melakukan sumpah pocong terkait tuduhan turut melengserkan Soeharto pada 1998. Wiranto, yang saat ini menjabat Menko Polhukam, juga menepis terlibat dalam kerusuhan yang terjadi pada tahun itu.

“Oleh karena itu, saya berani katakan berani untuk sumpah pocong aja ’98 itu yang menjadi bagian kerusuhan itu saya, Prabowo, Kivlan Zen? Sumpah pocong kita. Siapa yang sebenarnya dalang kerusuhan itu?” ucap Wiranto di Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (26/2).

Selain menjabat Pangab, Wiranto menjabat Menhan pada 1998. Wiranto kala itu mengaku memobilisasi pasukan untuk meredakan konflik.

“Tiga hari saya mampu amankan negeri. Tanggal 13 Mei terjadi penembakan Trisakti, siang kerusuhan di Jakarta. Tanggal 14 Mei kerusuhan memuncak. (Tanggal) 14 malam saya kerahkan pasukan dari Jatim masuk Jakarta sehingga 15 pagi Jakarta aman dan situasi nasional aman,” kata Wiranto.
(gbr/fjp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

9.000 Relawan Dozer Siap Tepis Hoaks dan Kampanye Hitam ke Jokowi-Ma’ruf

Liputan6.com, Jakarta – Viralnya video dugaan kampanye hitam tiga ibu-ibu di Kawarang, Jawa Barat yang ditujukan untuk Jokowi-Ma’ruf, menuai reaksi dari para relawan pendukung capres cawapres nomor urut 01. Salah satunya relawan Dozer.

Sebanyak 9.000 relawan akan segera diterjunkan ke masyarakat di Jawa Barat guna menepis berita bohong yang dianggap dapat merusak demokrasi dan menjatuhkan lawan.

“Kami segera bergerak door to door menyebarkan kebenaran guna melawan hoaks,” kata Koordinator Relawan Dozer Kabupaten Bekasi Maman Gerry ditemui di Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa 26 Februari 2019.

Tak hanya itu, sebanyak 9.000 relawan Dozer juga bertekad menyampaikan kepada masyarakat bahwa demokrasi di Indonesia harus bersih dan bermartabat.

“Siapapun yang akan menjadi pemimpin sudah digariskan oleh Tuhan, intinya tidak usah menyebar berita-berita yang tidak penting apalagi fitnah,” terang dia.

Maman menyimpulkan, adanya kejadian tersebut mempengaruhi turunnya kualitas demokrasi di Indonesia.

“Kami berpandangan bahwa ini bukan siapa yang memerintahkan, tapi yang jelas bahwa demokrasi harus naik kelas dan demokrasi kita harus bermartabat,” kata Maman.

Dia berharap, polisi terus mengusut dugaan kampanye hitam yang ditujukan kepada pasangan Jokowi-Ma’ruf.

“Kami serahkan kepada pihak berwajib untuk memproses kasus tersebut. Persoalan fitnah sudah ada aturannya,” kata dia.

Sementara itu, Polda Jabar masih mendalami dugaan kampanye hitam terhadap pasangan Capres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf yang dilakukan tiga ibu rumah tangga di Kabupaten Karawang.

2 dari 3 halaman

Kampanye Hitam

Dalam tayangan video yang diunggah ke youtube, ketiga emak-emak melakukan kampanye door to door. Mereka kemudian secara frontal mengabarkan berita bohong yang ditujukan kepada pasangan Jokowi-Amin.

Moal aya deui sora azan, moal aya deui nu make tieung. Awewe jeung awene meunang kawin, lalaki jeung lalaki meunang kawin,” kata perempuan di video yang viral.

Jika diartikan, ajakan itu memiliki arti:”Suara azan di masjid akan dilarang, tidak akan ada lagi yang memakai hijab. Perempuan sama perempuan boleh kawin, laki-laki sama laki-laki boleh kawin.”

Video tersebut pun viral dan mendapat reaksi keras dari pendukung Jokowi-Ma’ruf.

Setelah dilakukan penyelidikan, pihak kepolisian mengamankan tiga orang ibu-ibu terdiri dari ES, IP dan CW pada Minggu 24 Februari 2019. Mereka kini telah menjadi tersangka.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Tantangan Sumpah Pocong 2 Jenderal

Jakarta – Isu kerusuhan 1998 kembali naik ke permukaan. Menko Polhukam Wiranto dituduh ikut melengserkan Soeharto.

Tuduhan itu datang dari Kivlan Zein. Wiranto pun menantang Kivlan untuk melakukan sumpah pocong.

“Oleh karena itu, saya berani katakan berani untuk sumpah pocong aja ’98 itu yang menjadi bagian kerusuhan itu saya, Prabowo, Kivlan Zen? Sumpah pocong kita. Siapa yang sebenarnya dalang kerusuhan itu?” ucap Wiranto di Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (26/2/2019).

Diketahui, di akhir masa Orde Baru, Wiranto menjabat sebagai Panglima Angkatan Bersenjata RI (ABRI) dan juga Menteri Pertahanan (Menhan).

Wiranto menepis tuduhan Kivlan yang menyebutnya dalang kerusuhan 1998. Dia mengatakan berdiskusi dengan aktivis ’98 untuk mencegah terjadinya kerusuhan nasional.

“Justru saya sendiri, saudara-saudara sekalian, melakukan berbagai langkah persuasif, edukatif, kompromis, dialogis dengan teman-teman reformis supaya jangan terjadi kekacauan, jangan muncul kerusuhan nasional yang akan merugikan bangsa Indonesia. Bukan saya sebagai dalang kerusuhan, saya mencegah kerusuhan terjadi,” ungkapnya.

Wiranto kala itu mengaku memobilisasi pasukan untuk meredakan konflik.

“Tiga hari saya mampu amankan negeri. Tanggal 13 Mei terjadi penembakan Trisakti, siang kerusuhan di Jakarta. Tanggal 14 Mei kerusuhan memuncak, 14 malam saya kerahkan pasukan dari Jatim masuk Jakarta sehingga 15 pagi Jakarta aman dan situasi nasional aman,” kata Wiranto.

Wiranto juga menegaskan tidak ada keinginan untuk mengkudeta pemerintahan Presiden Soeharto saat itu.

“Peluang untuk saya kudeta tidak saya lakukan, saya cinta teman-teman reformis. Tak ada keinginan mengarah pada melakukan langkah mengacaukan ’98 sebagai Menhan dan Pangab,” ujar Wiranto.

Sebelumnya seperti dilansir cnnindonesia.com, Kivlan menuding Wiranto turut melengserkan Soeharto. Kivlan menyebut bukti dari tudingannya adalah dari sikap Wiranto yang secara tiba-tiba meninggalkan Jakarta saat keadaan sedang genting.

“Ya, sebagai panglima ABRI waktu itu, Pak Wiranto kenapa dia meninggalkan Jakarta dalam keadaan kacau dan kenapa kita yang untuk amankan Jakarta tidak boleh kerahkan pasukan, itu,” kata Kivlan di Gedung AD Premier, Jakarta Selatan, Senin (25/2).

“Jadi kita curiga lho keadaan kacau masa nggak boleh mengerahkan pasukan untuk amankan, kenapa dia tinggalkan Jakarta, dan kemudian dia minta Pak Harto supaya mundur,” kata Kivlan.

Dia pun menuding Wiranto dikendalikan oleh kelompok para jenderal untuk melengserkan Soeharto. Bahkan, kata dia, Wiranto menolak saat mendapat Instruksi Presiden (Inpres) untuk mengamankan Jakarta.
(jbr/rna)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Isu Liar AHY Akan Pimpin PD karena SBY Fokus Temani Bu Ani

Jakarta – Di jejaring WhatsApp atau WA, beredar isu Komandan Kogasma Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono segera mengambil alih tahta Ketua Umum partai lantaran Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) fokus menjaga istrinya, Ani Yudhoyono, yang tengah dirawat di Singapura. Bagaimana kebenarannya?

Isu tersebut beredar di aplikasi WA dengan bunyi bahwa AHY akan jadi Ketum PD dan dilantik Maret mendatang. Berikut bunyi pesan yang beredar di WA itu:

Inponya: AHY akan menjadi Ketua Umum Partai Demokrat. Karena ketua Umum dan Ketua Dewan Pembina sedang sibuk di LN. Sekjen dan Bendum sibuk nyaleg. Maka Ketua Umum diserahkan kepada AHY persisnya pada 1 Maret nanti. Wallahu alam bishawab


Wasekjen PD Andi Arief menepis isu liar tersebut. Andi menegaskan posisi Ketum hanya bisa diputuskan lewat forum Kongres Partai dan agenda tersebut tidak akan diselenggarakan dalam waktu dekat.

“Ketum kan nanti di kongres. Ketum akan dipilih di kongres,” kata Andi Arief, Senin (25/2/2019).

Namun rupanya kabar itu tak sekadar kabar burung belaka. Andi menyebut memang ada keinginan dari para kader dan pimpinan DPD PD di daerah agar SBY fokus mengurus Ani Yudhoyono yang sakit kanker darah. Ada suara yang berharap AHY berperan lebih banyak lagi.

“Memang sekarang ada keinginan DPD dan kader agar SBY konsentrasi mengurus Ibu Ani, lalu AHY memimpin kemenangan pileg. Jadi cuma konsentrasi menang pileg. Ketum tetap SBY sampai kongres 2020,” sebut Andi.

Andi menegaskan kader Partai Demokrat tak mungkin memaksa SBY mengurusi pemilihan legislatif ketika Bu Ani tengah sakit. Lagi pula, kata Andi, keinginan tersebut masih sebatas wacana, belum ada keputusan apa pun.

“Dalam mengurus Ibu Ani tidak mungkin kader dan partai memaksa SBY untuk menjalankan tugasnya menghadapi pileg ini. Ibu Ani, selain istri Pak SBY, juga merupakan belahan jiwa partai. Kami semua ingin Ibu Ani segera sembuh dan partai tetap bersinar. Keinginan kader dan DPD belum diputuskan oleh SBY. Baru wacana,” ucap Andi.
(gbr/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>