Fungsi Transistor Secara Umum dan Tip 31, Komponen Penting Elektronika

Liputan6.com, Jakarta Transistor merupakan suatu komponen elektronika yang berfungsi sebagai switch elektronik. Kerjanya hampir sama dengan switch mekanik.

Jika kita ingin mengaktifkan switch, Anda cukup tekan tombolnya atau geser jika menggunakan switch geser. Begitu juga pada transistor. Hanya saja pada transistor, untuk mengaktifkan switchnya, membutuhkan trigger atau tegangan pemicu pada kaki basis.

Sehingga listrik akan mengalir dari kaki collector ke emitter. Dari keterangan ini didapat bahwa transistor memiliki tiga kaki pada umumnya, yaitu basis, collector dan emitter.

Transistor memiliki dua jenis, yaitu NPN dan PNP. Perbedaan dari kedua jenis ini terletak pada jenis trigger pada kaki basis. Misalnya pada NPN, akan aktif jika pada basisnya diberi tegangan, sebaliknya jika pada basis PNP akan aktif jika kita beri GND. Jadi NPN adalah kebalikan nya dan PNP.

Ada beberapa cara untuk membedakan mana transistor PNP dan NPN. Sebelumnya, Anda harus mengetahui posisi kaki basis, kolektor, dan emitornya.

2 dari 3 halaman

Ciri-ciri Transistor NPN dan PNP

Ciri-ciri Transistor NPN

Dengan melihat susunan kaki transistor pada rangkaian maka anda dapat menentukan jenis transistor tersebut. Transistor ini banyak ditemukan pada amplifier radio. Untuk transistor jenis NPN, maka susunan kaki adalah sebagai berikut:

1. Kaki emitor biasanya menuju ke arah kutub negatif atau tegangan lebih rendah dari tegangan kolektor.

2. Kaki kolektor biasanya ke arah positif atau tegangan lebih tinggi dari tegangan emitor.

3. Jika basis diberi arus negatif maka transistor mati jika diberi arus positif maka transistor hidup


Ciri-ciri Transistor PNP

Transistor yang biasanya sering dipakai adalah c945, a733, tip 31, tip 32, tip 41,tip 42, 2n3055, mj2955. Untuk transistor PNP cara menentukannya sebagai berikut:

1. Kaki emitor biasanya menuju ke arah kutub positif atau tegangan lebih tinggi dari kolektor.

2. Kaki kolektor biasanya ke arah negatif atau tegangan lebih rendah dari emitor.

3. Jika basis diberi arus positif maka transistor mati jika diberi dengan negatif transistor hidup. Nah, setelah memahami tentang transistor, Liputan6.com, Selasa (22/1/2019) akan membahas tentang fungsi transistor yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

3 dari 3 halaman

Fungsi Transistor

1. Sebagai Saklar

Kebanyakan pada sistem kontrol menggunakan Arduino atau jenis mikrokontroller lain nya, menggunakan Transistor sebagai switch atau saklar. Sebagai contoh mengontrol Relay AC dengan Arduino.

Pada dasar nya tegangan output Arduino tidak sanggup mengontrol Relay AC. Apalagi jika di hubungkan langsung akan menyebabkan kerusakan pada Arduino itu sendiri. Untuk itu kita memerlukan rangkaian Transistor sebagai switch.

2. Sebagai Driver Motor DC

Fungsi transistor yang lazim dilihat pada sistem kontrol adalah sebagai driver atau pengendali motor DC. Motor DC akan off atau on jika kondisi transistor dalam keadaan saturasi atau cut off. Tidak hanya on off saja, transistor ini juga bisa berfungsi sebagai penentu arah putaran motor DC. Apakah motor nya berputar searah jarum jam atau berlawanan dengan jarum jam. Rangkaian nya sering di sebut dengan H-Bridge resistor.

3. Sebagai Pembangkit Sinyal Flip–Flop

Pada rangkaian flip flop juga terdapat dua transistor. Dimana led pada gambar di bawah akan hidup dan padam secara bergantian. Penyebab led hidup dan padam atau pembangkin sinyal pada rangkaian ini di sebabkan RC pada rangkaian.

4. Sebagai Penguat Arus

Transistor juga pada umumnya di gunakan sebagai penguat arus pada rangkaian power supply regulator. Biasanya ini digunakan sebagai sumber power supply Arduino atau mikrokontroller lain.

Sebagai contoh pada gambar di bawah ini. Jika tanpa transistor maka output Tegangan 7805 adalah 5Volt. Namun kemampuan Arus yang dia lewati sekitar 500mA. Artinya jika bebannya nanti melebihi 500mA maka LM7805 akan mengalami kerusakan.

5. Gerbang Logika

Pada dasarnya semua gerbang logika, bahkan memory maupun CPU di buat dari jutaan transistor? setidak nya ini yang saya dengar dari dosen Pak Zulham M.Eng, dosen Embedded sistem.

Sebagai contoh, gerbang Nor, itu dibuat dari satu transistor saja.Setelah mengetahui tentang fungsi transistor, terdapat salah satu satu produk dari transistor yang sering digunakan, yaitu transistor tip 31. Transistor tip 31 ini termasuk ke dalam transistor PNP.

Transistor tip 31 memiliki spesifikasi dengan memiliki arus kolektor kontiyu maks (lc):3A. Memiliki tegangan maksimal collector-emitter (Vce) 40 V, tegangan minimal basis-collector on-state (Vbe) sat 1.8 V (MAX), tegangan saturasi maksimal collector-emitter (Vce)sat 1.2 V. Dengan Hfe 50, bandwidth 3 MHz dan kemasannya TO-220.

Transistor TIP31 dan TIP 32 di sini bekerja secara tim, yaitu dalam artian keberadaan kedua transistor ini saling melengkapi. Transistor TIP31 yang merupakan transistor tipe NPN bekerja pada penguatan sinyal positif, sedangkan transistor TIP32 yang merupakan transistor tipe PNP bekerja pada penguatan sinyal negatif.

Sehingga sebuah penguatan tidak akan sempurna jika tidak ada salah satu dari mereka. Dari ciri–ciri di atas dan skema yang ada, maka dapat kita simpulkan bahwa penguatan ini merupakan penguat kelas AB. Di sekitar kedua transistor tersebut terdapat sejumlah komponen di antaranya dua buah dioda yang berfungsi memecah sinyal menjadi sinyal positif yang kemudian dikirimkan ke basis TIP31 dan sinyal negatif yang kemudian ke basis TIP32.

Selain itu, juga terdapat resistor 2k2 yang berfungsi sebagai pembagi tegangan kepada kedua basis TIP tersebut dengan bekerja sama dengan dua dioda.


Reporter: Nisa Mutia Sari

6 Langkah agar Lebih Mudah Tidur di Pesawat

Liputan6.com, Jakarta Perjalanan dengan menggunakan pesawat selama kurang dari lima jam sudah melelahkan. Apalagi yang membutuhkan waktu yang lama, belasan hingga puluhan jam, pasti melelahkan. 

Jika Anda adalah salah satu dari orang-orang yang tidak mudah tertidur nyenyak saat berada di pesawat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut enam hal yang bisa dilakukan agar bisa tidur selama perjalanan panjang di pesawat seperti dilansir The Greatist, Selasa (22/1/2019).

1. Memesan kursi dekat jendela pesawat

Saat check-in, Anda bisa menentukan posisi duduk. Jika bisa, pilih yang dekat jendela, sehingga dapat menyenderkan kepala Anda di sisi badan pesawat. Cara ini lebih mudah membuat Anda tertidur. Selain itu, pastikan merenggangkan kaki. Menurut terapi olahraga Arvada Sport dan Spine Group, Alyx Brown, selain bisa membuat nyaman, baik juga untuk sirkulasi darah. 


2. Membawa barang yang membuat nyaman

Boneka, bantal guling, ataupun selimut kesayangan ukuran kecil bisa dibawa yang nantinya akan membuat mudah tertidur. Kehadiran benda itu diharapkan bisa membuat Anda terlelap saat berada di atas 38 ribu kaki.

2 dari 3 halaman

3. Jangan melipat kaki

 Melipat kaki akan membuat aliran darah tidak lancar yang nantinya bisa menyebabkan pembekuan darah dalam penerbangan lebih dari 4 jam. Lalu, bagaimana cara terbaik saat duduk di perjalanan panjang?

“Usahakan kaki Anda tetap lurus, dengan sedikit menekuk pada bagian dengkul,” saran Brown. 


4. Bersandar

Menurunkan bangku pesawat membantu mengurangi tekanan dalam tulang belakang bagian bawah. Bila tekanan di punggung berkurang, bakal lebih mudah terlelap. Dengan sedikit tekanan pada bagian punggung anda, Anda dapat lebih mudah terlelap.

Bila posisi tidur adalah duduk tegak, tetap bisa tidur terlelap. Pastikan Anda menggunakan bantal di area pinggang untuk membantu menjaga lengkungan punggung seperti disarankan Brown.  

3 dari 3 halaman

5. Matikan gawai

Terlalu terang memang tidak baik untuk orang-orang yang berusaha untuk tidur. Tidak hanya dari lampu namun cahaya pada layar di depan Anda juga tablet serta handphone membuat sulit tidur. 

“Cahaya elektronik hampir sama seperti cahaya matahari yang membuat terus terjaga. Dengan mematikan elekronik membantu tubuh melepaskan hormon melatonin,” ucap Haley Byres, Ph.D., seorang psikolog klinis yang mendalami masalah tidur.


6. Jangan makan terlalu banyak 

Byers mengatakan, usahakan untuk tidak makan berlebihan sebelum tidur. Terlalu banyak makan atau makanan yang penuh lemak membuat tubuh susah untuk merasa nyaman dan akhirnya sulit untuk mengantuk. (Penulis: Annisa Rizky)

Cara Bisnis Online Baju Yang Menguntungkan, Ini Trik Suksesnya

Liputan6.com, Jakarta Bisnis jual beli online saat ini semakin berkembang. Didukung dengan perkembangan digital yang semakin pesat membuat aktivitas jual beli online makin meningkat.

Segala macam produk dapat dijual secara online. Salah satu bisnis online yang berkembang saat ini adalah bisnis pakaian atau baju.

Pakaian merupakan bahan sandang yang dibutuhkan setiap orang. Seperti makanan, pakaian merupakan kebutuhan pokok yang tak terlepas dari kehidupan manusia. Hal ini membuat pakaian merupakan potensi besar dalam dunia bisnis.

Ada berbagai cara bisnis online baju yang menguntungkan, cara ini dapat digunakan dalam memulai bisnis anda. Bagi anda yang ingin terjun menekuni bisnis pakaian online, cara bisnis online baju yang menguntungkan bisa diikuti.

Cara bisnis online dapat anda jadikan sebagai strategi awal anda dalam berbisnis online. Berikut ulasan cara bisnis online dirangkum Liputan6.com, Selasa (22/1/2019)

2 dari 9 halaman

1. Tentukan konsep dan fokus pada satu kategori produk

Seseorang yang sukses adalah mereka yang memiliki perencanaan bisnis yang matang dan terperinci. Rencana bisnis tidak harus panjang dan bertele-tele, namun cukup singkat dan padat.

Jangan lupa untuk menentukan target pasar dan identitas dari merek pakaian yang ingin Anda angkat.Sebelum mulai berbisnis online shopping, cara bisnis online yang pertama kali harus Anda lakukan ialah menentukan produk apa yang cocok untuk diperjualbelikan.

Untuk menentukannya, lakukan riset kecil-kecilan tentang produk apa yang populer dan disukai banyak orang.Lalu, pilih satu jenis produk yang ingin Anda kembangkan, misalnya produk pakaian wanita dengan potensi pembeli antara usia 17-35 tahun.

Gali potensi target pasar tersebut secara maksimal. Apa saja kebutuhan mereka yang masih berkaitan dengan fesyen. Lalu, masukkan semua produk tersebut ke dalam katalog toko online Anda.

Usahakan untuk fokus dengan satu kategori agar penjualan lebih maksimal dan tidak terjadi kebingungan, sehingga pembeli bisa dengan mudah menemukan apa yang dicari dan butuhkan.

3 dari 9 halaman

2. Cari keunikan, Inovasi dan Kreativitas Kunci Utama Sukses Berbisnis Online

Persaingan usaha kian hari semakin ketat. Untuk itulah Anda harus mampu mencari keunikan dan inovasi dari produk yang dijajakan.

Keunikan akan memberikan Anda kesempatan untuk menjadi pioner dalam bisnis jenis itu. Beragam keunikan dari inovasi produk pakaian juga akan membuat konsumen semakin puas.

Melakukan riset tentang produk atau pelanggan merupakan salah satu hal penting untuk menentukan apa saja produk yang lebih populer dan diminati ketika ingin memulai bisnis online.

Namun, yang tak kalah penting juga adalah meningkatkan inovasi dan kreativitas dalam menjalankan dan mengembangkannya. Sebab berbisnis online sangatlah unik dan menarik.

Karena itu, jangan berkecil hati meskipun Anda masih pemain baru. Tingkatkan kreativitas dan inovasi agar mampu bersaing.

4 dari 9 halaman

3. Temukan pemasok produk yang tepat

Ketika Anda sudah mendapatkan produk apa yang sesuai untuk dikembangkan sebagai dagangan, saatnya Anda mulai memilih dan mencari supplier.

Ini merupakan langkah terpenting yang harus dilakukan. Pilih dan jalinlah kerjasama hanya dengan supplier bahan pakaian yang bagus dan dapat dipercaya.

Lakukan kerjasama awal dengan beberapa supplier handal dan selanjutnya anda dapat memilih supplier mana yang terbaik sebagai rekan bisnis jangka panjang.

Ada dua pilihan dalam bisnis online shopping untuk mendapatkan supplier, yakni dengan sistem reseller atau dropshipper.

Jika Anda memilih sistem reseller, biasanya Anda harus menyiapkan modal lebih dulu untuk menyediakan produk dagangan.

Semakin besar toko online Anda dengan item produk yang banyak, akan makin banyak pula modal yang diperlukan. Namun, Anda dapat menjual langsung ke pelanggan dengan harga yang bisa di otak-atik sendiri.

Berbeda dengan reseller, sistem dropshipping ini hampir tak memerlukan modal, tapi hanya butuh paket data internet yang selalu online.

Mengapa? Sebab semua produk yang Anda pajang akan disiapkan dan didukung supplier untuk ke tangan konsumen.

Jadi Anda hanya bertindak sebagai tenaga pemasaran dan ketika ada pelanggan yang berminat, supplier yang akan mengirimkan produk tersebut ke pelanggan atas nama Anda. Tentunya dengan ketentuan-ketentuan yang sebelumnya telah disepakati bersama.

5 dari 9 halaman

4. Berikan Informasi Kontak yang Jelas

Cara bisnis online selanjutnya yang juga tak kalah penting ketika ingin berbisnis online adalah dengan memberikan nomor kontak yang jelas. Mengapa penting? Sebab ini jalan untuk menghubungkan pelanggan dengan Anda ketika mereka tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.

Untuk itu, pasang nomor kontak yang jelas dan pelanggan bisa terhubung langsung dengan Anda. Apakah dengan online chatting, instant messenger, media sosial, atau aplikasi khusus lainnya.

Ketika nomor kontak sudah tertera, berikanlah respons yang maksimal pada calon pelanggan. Jangan sampai mereka kabur hanya gara-gara Anda telat merespons. Tentu ini dapat merugikan bisnis yang sedang Anda bangun.

Jangan lupa juga untuk menyisipkan bagaimana cara pengiriman dan pembayarannya supaya calon pelanggan lebih percaya dan memudahkan dalam poses transaksi.

6 dari 9 halaman

5. lakukan promosi dan buat trik pemasaran yang unik

Membangun sebuah strategi untuk bisnis kita tidak bisa sembarangan. Rahasia penjualan barang agar cepat menuai kesuksesan hanya cuma satu, yaitu strategi pemasaran nan unik dan kreatif.

Cobalah pikirkan kira-kira trik pemasaran seperti apa yang ingin Anda pakai. Pemasaran produk yang baik akan sangat berpengaruh pada performa penjualan produk pakaian Anda nantinya.

Ada banyak cara untuk mengenalkan toko online Anda, mulai dari media sosial hingga platform khusus online shopping. Misalnya, Facebook, Instagram, ataupun marketplace lainnya.

Lakukan branding pada toko online Anda dengan maksimal agar tercipta kepercayaan dari calon pelanggan. Pengenalan merek produk/jasa yang bagus dengan promosi yang sesuai target akan membuat calon pelanggan penasaran, dan akhirnya mulai mencari tahu, kemudian tertarik membeli apa yang Anda tawarkan.

7 dari 9 halaman

6. Gaet influencer

Salah satu cara bisnis online lain agar produk Anda bisa dikenal di dunia online dengan lebih mudah yakni dengan bekerja sama dengan influencer. Anda bisa memilih siapa saja kira-kira influencer yang cocok dijadikan kerja sama.

Dalam memilih influencer ini jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan konsep dan target pasar produk pakaian anda. 

8 dari 9 halaman

7. Bangun sistem kemitraan

Agar bisnis pakaian Anda bisa terus bisa berkembang pesat, maka Anda bisa mencoba untuk membangun sistem kemitraan (reseller). Agar tidak bingung, Anda bisa membangun sistem dengan membuat beberapa kategori kerja sama.

Misalnya, ada paket Distributor untuk mitra kerja sama dalam jumlah yang cukup besar. Lalu ada Paket Agen untuk kerja sama dalam jumlah sedang. Jangan lupa juga sediakan paket reseller untuk pembelian dalam jumlah yang kecil

9 dari 9 halaman

8. Lakukan Inovasi

Saat bisnis online yang Anda jalankan mulai berkembang seiring banyaknya order dari pelangan, pertimbangkan untuk mulai berinovasi dan melakukan pengembangan yang lebih inovatif lagi.

Coba bangun website dengan menggunakan domain resmi dan tampilan yang profesional supaya membangun kepercayaan calon pelanggan. Jangan lupa pula untuk menanamkan fitur-fitur penting agar lebih mudah diakes siapa pun.

Contohnya adalah menyediakan fasilitas pembayaran online dengan berbagai macam kartu debit atau kartu kredit.

Sebab semua orang yang mampir berpotensi sebagai calon pelanggan yang akan mendatangkan keuntungan dan memiliki kecenderungan membayar transaksinya berbeda-beda.


Reporter: Anugerah Ayu Sendari

Meraih Tujuan Karir yang Diimpikan, Berikut 8 Tipsnya

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang memiliki tujuan hidup yang berbeda sesuai impian masing-masing. Orang-orang yang memiliki tujuan pasti dalam hidup, karir dan segalanya umumnya akan mencapai sukses dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki tujuan pasti.

Tak sedikit orang menjadi ambisius demi mencapai tujuan hidupnya. Namun, ada juga orang yang berusaha semaksimal mungkin tanpa memiliki rasa ambisius yang dapat merusak diri, dengan selalu merasa bersyukur atas apa yang dicapainya.

Beberapa orang meraih tujuan hidup melalui bekerja. Ada yang bekerja untuk sebuah perusahaan, sedangkan yang lainnya memilih untuk membangun lapangan pekerjaan sendiri.

Lazimnya, orang-orang yang berkarir memiliki target yang ingin dicapai guna memperbaiki kehidupan, ataupun untuk meraih pekerjaan yang diimpikan. Mereka yang memiliki tujuan karir biasanya berusaha sekeras mungkin untuk mengembangkan potensi diri sehingga kelak dapat menggapai cita-cita karir yang diimpikan.

Tujuan karir adalah posisi atau jabatan tertentu yang dapat dicapai oleh seorang pegawai bila yang bersangkutan memenuhi semua persyaratan dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk melaksanakan jabatan tersebut. Tujuan karir tidak otomatis tercapai karena untuk menduduki suatu karir tertentu, kadang- kadang harus memenuhi syarat-syarat yang seringkali di luar kekuasaannya.

Untuk itu, berikut Liputan6.com rangkum beberapa tips terkait strategi untuk meraih tujuan karir Anda, Kamis (17/1/2019)

2 dari 4 halaman

Tips Meraih Tujuan Karir

Komitmen

Istilah kata “komitmen” berasal dari bahasa Latin yaitu “commiter” yang berarti menyatukan, mengerjakan, menggabungkan, dan mempercayai. Dengan kata lain, komitmen memiliki arti sebagai suatu sikap setia dan tanggungjawab seseorang terhadap sesuatu, baik itu diri sendiri, orang lain, organisasi, maupun hal tertentu.

Dalam bekerja, Anda harus memiliki sikap komitmen agar tujuan karir Anda dapat tercapai. Banyak orang sukses berkat sikap komitmen yang ditunjukkan ketika sedang melakukan pekerjaan. Contohnya, seseorang berkomitmen untuk memberikan seluruh kemampuan terbaiknya dalam mengerjakan job-desc yang diamanahkan padanya.

Disiplin

Mengikuti ritme kerja perusahaan serta menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja merupakan salah satu tantangan utama yang harus dihadapi saat meniti karier. Meskipun tidak mudah, namun Anda harus berlatih disiplin dengan cara mematuhi segala kebijakan kantor agar tidak timbul konflik karena Anda lalai dalam mengerjakan tugas.

Mampu Bekerjasama dengan Tim

Sebagian besar orang yang sukses didukung oleh jalannya tim kerja yang luar biasa dan profesional. Dalam hal ini, kemampuan Anda bekerjasama dalam tim akan sangat dibutuhkan agar tujuan karir anda dapat tercapai. Jangan sampai anda mementingkan ego hanya untuk mencapai tujuan karir tanpa mendengarkan masukan orang lain.

3 dari 4 halaman

Meraih tujuan karir tidak semudah membalikkan telapak tangan

Introspeksi Diri

Meraih tujuan karir tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Tidak ada hal yang mudah dan bisa berjalan dengan lancar, termasuk karir yang akan Anda rintis. Berbagai kesalahan atau bahkan kegagalan sangat mungkin terjadi setiap saat, dan Anda harus siap dengan semua ini.

Pastikan Anda memiliki keinginan yang besar untuk belajar dan menjawab semua tantangan di dalam perjalanan karier, bahkan yang tersulit sekalipun. Setelahnya, jangan lupa untuk selalu memperbaiki diri dan melakukan segala sesuatunya dengan lebih baik lagi dari sebelumnya. Jadikan kesalahan pertama dan kedua sebagai pengalaman belajar, dengan belajar dari kesalahan, maka membuat Anda berpikir untuk tidak mengulanginya.

Bersikap Profesional

Untuk meraih tujuan karir, Anda harus bersikap bijaksana dalam menghadapi berbagai situasi. Ingat, apapun kondisi yang sedang Anda alami, perasaan marah, sedih, merasa tidak enak hati dengan orang lain, hanya Anda yang bisa mengontrolnya. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk bersikap profesional dengan tidak membawa perasaan yang berlarut ke dalam pekerjaan Anda dan jangan sampai perasaan tersebut mengganggu kinerja.

Toleransi

Jika rekan kerja dalam perusahaan mendapat kenaikan pangkat atau promosi, berbahagialah dengan kesuksesan yang didapat orang lain. Hal ini berlaku bahkan jika Anda bersaing dengan mereka untuk mendapatkan pekerjaan atau promosi.Ambillah sisi positif dari kejadian tersebut, contohnya Anda bisa mempelajari kesuksesan orang tersebut. Hindari rasa marah atau iri hati. Karena hal ini membuktikan Anda sebagai pribadi yang profesional dan menghargai orang lain.

4 dari 4 halaman

Pentingnya menjaga attitude

Jaga Image Profesional

Menjaga penampilan dan sikap sangatlah penting dimana pun Anda berada. Baik di dalam lingkungan kerja maupun dalam kehidupan sehar-hari. Hal ini karena tingkah laku Anda dapat mencerminkan image Anda. Attitude/sikap sangat penting karena dapat menentukan tingkat keberhasilan seseorang. Nggak mau kan, karier yang sudah Anda bangun di tempat kerja rusak karena attitude kurang baik yang Anda lakukan di luar kantor.

Membangun Koneksi

Dalam bekerja, membangun koneksi sangat penting untuk dilakukan. Keuntungan terbesar dalam memiliki koneksi yang luas adalah bertambahnya relasi Anda dalam bekerja. Dengan mengenal Anda, orang akan menaruh kepercayaan lebih kepada Anda. Anda juga dapat belajar banyak kepada orang yang sudah berhasil dari bidang yang Anda geluti.

Demikian beberapa tips yang dapat Anda praktikkan untuk meraih tujuan karir Anda.

Reporter: Yunisda Dwi Saputri

Fungsi RAM pada HP dan Keuntungannya, Gunakanlah Secara Maksimal

Liputan6.com, Jakarta Saat ini kamu berada pada era globalisasi, di mana pertumbuhan teknologi dan jaringan bertumbuh sangat pesat. Dan kamu mungkin salah satu yang tak lepas dari pertumbuhan teknologi terutama gadget ataupun smartphone.

Karena mnegikuti pertumbuhan yang sangat cepat, tentu saja membuat berbagai produsen pembuat smartphone berlomba-lomba untuk memperoleh konsumen dengan fasilitas dan kualitas yang ditawarkan. Beragam smartphone canggih pun mulai ditawarkan, dari kualitas kamera yang mumpuni bagi penggemar selfie, prosesor yang super cepat hingga kapasitas Random Access Memory atau RAM. Bahkan ada ponsel yang memiliki ukuran RAM menyaingi RAM pada laptop.

Dengan kapsitas RAM yang besar itu, sebenarnya untuk apa? Kenapa ponsel harus membutuhkan RAM yang cukup besar? Dan apa fungsi RAM pada Hp sebenarnya? Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (22/1/2019), berikut penjelasan tentang RAM.

2 dari 4 halaman

Definisi RAM

Random Access Memory atau memori akses acak atau lebih dikenal dengan RAM ini merupakan sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori.

RAM biasa digunakan untuk penyimpanan primer atau sebagai memori utama dalam komputer. Meskipun digunakan sebagai penyimpanan primer, akan tetapi ada beberapa jenis RAM yang digunakan sebagai penyimpanan sekunder jangka panjang.

RAM memiliki dua tipe yang cukup dikenal, yitu RAM Statis (SRAM) dan juga RAM Dinamis (DRAM). Pada SRAM, tipe RAM ini lebih mahal untuk diproduksi, akan tetapi lebih cepat dan membutuhka lebih sedikit daya daripada DRAM. DRAM sendiri menyimpan sedikit data menggunakan transistor dan kapasitor.

3 dari 4 halaman

Fungsi RAM

Dalam penggunaannya, tidak semua gadget membutuhkan RAM dengan kapasitas besar. Kebutuhan RAM tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu sebagai pengguna. Fungsi RAM juga sangat penting pada hp ataupun komputer.

Fungsi RAM tak dapat dipisahkan dengan informasi-informasi yang terdapat pada hp dan komputermu. Dan berikut ini beberapa fungsi RAM yang perlu kamu ketahui sebagai pengguna yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Senin (21/1/2019) ini.

1. Membantu penggunaan Multitasking

Fungsi RAM yang pertama ialah untuk membantu dan mendukung penggunaan multitasking dalam sebuah gadget ataupun komputer. Penggunaan multitasking yang dimaksud dalam fungsi RAM pertama ini ialah dapat mengerjakan ataupun membuka lebih dari 1 aplikasi dalam satu waktu.

Dan semakin besar RAM yang tersedia, maka semakin lancer pula suatu komputer atau hp untuk memproses penggunaan multitasking ini. Dan semakin karena banyak yang kamu kerjakan pada hpmu, maka kemungkinan hp akan freeze atau hang semakin menipis.

2. Membantu menyimpan memory sementara

Fungsi RAM lainnya ialah sebagai penyimpanan memory sementara. Fungsi RAM ini mampu menyimpan sementara memory dalam sebuah aplikasi ataupun program yang kamu miliki.

Saat program ini berjalan, maka informasi ini akan disimpan dalam RAM. Dan dalam membantu menyimpan informasi pada RAM, dibantu dengan adanya CPU untuk memproses sebuah informasi sebelum diteruskan dan disimpan dalam RAM.

3. Menentukan spesifikasi

Fungsi RAM yang lain ialah sebagai patokan pada spesifikasi suatu teknologi gadget. Dan tentu saja, kapasitas pada RAM ini perlu kamu perhitungkan saat akan membeli sebuah hp.

Karena apabila smartphone yang kamu gunakan hanya sebagai keperluan harian, maka kamu tak perlu memiliki smartphone dengan kapasitas RAM besar.

Namun apabila kamu menyukai game pada smartphone, maka kemungkinan kamu harus membeli sebuah smartphone dengan kapasitas besar. Karena hal ini berpengaruh pula pada kualitas game yang akan kamu peroleh.

4. Memiliki fungsi vital dalam gaming dan design

Sebuah game pada hp ataupun komputer tentunya membutuhkan RAM yang besar untuk penyimpanan serta pengoperasiannya. Apalagi jika kamu menyukai sebuah permainnan dengan design 3D. Tentunya kamu membutuhkan RAM dengan kapasitas besar.

Karena dengan memilikis sebuah smartphone game dengan RAM besar, maka kamu akan merasakan perbedaannya saat bermain menggunakan kapsitas RAM yang sedang bahkan kecil. Hal ini pun berpengaruh pada desain permainan yang ditampilkan dilayar.

Mempercepat kinerja proses informasiBukan lagi rahasia umum bila RAM mampu mempercepat kinerja pada gadget yang kamu miliki. Semakin besar kapasitas yang kamu miliki, maka semakin cepat pula proses kinerja yang didapatkan. Dan kecepatan pada sistem operasi juuga ditentukan dengan besaran kapasitas RAM yang dimiliki.

4 dari 4 halaman

Perbedaan RAM dan ROM

Meskipun terlihat sama, namun ada perbedaan antara RAM dan ROM pada sebuah gadget. Dan berikut perbedaan antara RAM dan ROM yang perlu kamu ketahui:

Beda Fungsi

RAM dan juga ROM termasuk dalam memuri internal pada hp, namun ternyata kedua hal ini memiliki perbedaan pada fungsinya. RAM berfungsi sebagai menjalankan aplikasi, membaca serta menulis dengan cepat.

Sedangan ROM berfungsi sebagai menyimpan program saat kamu mengunduhnya tanpa bisa membaca san mengoprasikannya.

Beda Tugas RAM dan ROM

Selain memiliki fungsi yang berbeda, keduanya juga memiliki tugas yang berbeda. RAM sendiri memiliki tugas, yaitu mempu menyimpan sebuah data secara acak dan masih bisa kamu akses kapanpun kamu mau.

Sedangkan ROM berupa penyimpanan data internal yang tidak mudah untuk dioperasikan ataupun diubah. ROM juga tidak bisa bertugas untuk menjalankan sebuah aplikasi tersebut.


Reporter: Novita Ayuningtyas

Apa Saja Upaya Facebook Amankan Platform Jelang Pilpres 2019?

Liputan6.com, Jakarta – Facebook melakukan berbagai upaya untuk mengamankan platform-nya dari konten-konten hoaks dan ujaran kebencian yang memecah belah, terutama menjelang pemilu legislatif dan presiden 2019.

Director Global, Politic and Government Outreach Facebook Katie Harbath menyadari, sejumlah orang menggunakan platform Facebook secara tidak bertanggung jawab dan mengganggu jalannya demokrasi.

Fokus utama Facebook adalah memberantas kabar hoaks dan ujaran kebencian yang begitu meresahkan belakangan ini.

“Langkah pertama yang kami adalah dengan menghapus akun palsu,” kata Harbath dalam acara Pemuda Memilih di Jakarta, Senin (21/1/2019).

Dia lebih lanjut mengatakan, orang-orang tidak bertanggung jawab biasanya menggunakan nama palsu.

Dalam mengenali hal ini, Facebook memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI).

“Kalau ada perilaku menyimpang, misalnya saat ada akun yang baru daftar melakukan perilaku menyimpang seperti meng-add semua orang ke daftar pertemanan atau membuat dan mengunggah banyak posting-an di banyak grup, itu perilaku abnormal dari akun tersebut,” kata Harbath.

Oleh karenanya AI berupaya mengidentifikasi perilaku abnormal tersebut sebagai sinyal, untuk menentukan keaslian sebuah akun.

Total, hingga kuartal 1 2019, Facebook telah menghapus 753,7 juta akun palsu di dunia, di mana 98 persennya dihapus setelah melalui identifikasi tim Facebook yang kini berjumlah 30 ribu orang, bukan dari hasil pelaporan pengguna lainnya.

2 dari 3 halaman

Kurangi Penyebaran Konten Hoaks dan Misinformasi

Untuk mengamankan suasana pilpres 2019, Facebook juga menangani peredaran hoaks.

Raksasa media sosial besutan Mark Zuckerberg ini menggunakan machine learning untuk mendeteksi keaslian informasi yang dibagikan.

Selain itu, Facebook juga bekerja sama dengan pemeriksa fakta pihak ketiga.

Di Indonesia Facebook bekerja sama dengan Tirto, AFP, Liputan6.com, Kompas, Tempo, dan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo).

Ketika ada konten yang dikategorikan sebagai hoaks atau misinformasi, Facebook akan mengurangi distribusi atau penyebaran berita tersebut di feed sehingga menurunkan potensinya untuk terbaca pengguna lain.

“Motivasi orang untuk menyebarkan hoaks adalah untuk mendapatkan keuntungan materi. Dengan mengurangi distribusi, kami juga menghapus kemungkinan orang untuk mendapatkan keuntungan materi dari penyebaran hoaks,” tutur Harbath.

Selanjutnya, pihak Facebook akan mengirimkan notifikasi jika ada pengguna yang mencoba membagikan atau telah membagikan konten yang dikategorikan sebagai hoaks atau misinformasi. 

3 dari 3 halaman

Tekan Peredaran Ujaran Kebencian

Facebook melakukan upaya lainnya, yakni menekan peredaran hate speech atau ujaran kebencian di platform-nya.

Salah satunya, jejaring sosial yang punya 115 juta akun di Indonesia ini bekerja sama dengan sejumlah stakeholder, salah satunya Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

Harbath mencontohkan, dalam kasus di Brasil, yakni saat dua putaran pilpres, pihaknya mengidentifikasi ada kenaikan jumlah konten ujaran kebencian.

“Langsung Facebook bekerja sama sistem otomasi dan Bawaslu setempat untuk mengidentifikasi ujaran-ujaran kebencian. Pendekatan ke negara, ini juga yang akan dilakukan di Indonesia untuk menekan hate speech,” tuturnya.

Facebook juga mulai transparansi terhadap iklan dan halaman di Facebook, memperkuat penegakan hukum terhadap iklan yang tidak pantas, hingga mendukung keterlibatan sipil di Facebook.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Wakil Ketua MPR Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilih Dalam Pemilu

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) mengatakan Sosialisasi Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika merupakan amanah UU No. 17 tahun 2014 Tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD.

Sosialisasi dilakukan agar rakyat Indonesia tak hanya memahami keempat nilai-nilai luhur bangsa namun juga wajib mengimplementasikan dalam kehidupan keseharian sehingga bangsa ini tetap menjaga persatuan dan hidup saling menghormati.

Untuk itulah pria yang juga menjadi Wakil Ketua Badan Wakaf Pondok Pesantren Gontor itu mendorong masyarakat menjadi warga negara yang menjalankan Empat Pilar MPR sehingga mampu berperan dan ikut andil dalam membangun Indonesia yang lebih baik.

“Dengan sosialisasi, kita harapkan bisa menghadirkan Indonesia sesuai dengan cita-cita pendiri bangsa yang adil, makmur, berdaulat, gemah ripah lohjinawi, serta baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur,” tutur HNW ketika melakukan sosialisasi kepada warga Tebet, Jakarta Selatan, 20 Januari 2019.

Dalam acara yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Tebet, pria asal Klaten, Jawa Tengah, itu lebih lanjut memaparkan, sebagai bangsa yang menganut paham demokrasi, Demokrasi Pancasila, diharap demokrasi yang ada digunakan dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Dalam demokrasi ada Pemilu,” tuturnya.

Ia mengajak saat pesta demokrasi, Pemilu, semua menggunakan hak pilih yang telah dimiliki pada 17 April 2019, baik untuk memilih Presiden, anggota DPR, DPD, maupun DPRD. “Mari kita gunakan hak pilih kita, hak kedaulatan rakyat,” ucapnya.

Dikatakan, hak memilih perlu digunakan sebab suara yang kita miliki menentukan masa depan bangsa. Hak yang dijamin dalam UUD NRI Tahun 1945 itu jangan sampai ditukar dengan uang, sembako, atau jangan sampai salah pilih karena tergoda dengan janji atau iming-iming dari para calon.

”Jangan sampai hak pilih kita tidak digunakan alias Golput,” tegas Hidayat. Ditekankan olehnya, agar tidak Golput sebab cara seperti ini tidak akan menyelesaikan masalah. “Golput bukan solusi,” ucapnya.

Tak hanya tak bisa memberi solusi namun cara seperti ini menurut alumni Universitas Islam Madinah, Arab Saudi, bila Golput yang menang belum tentu sesuai dengan harapan bangsa Indonesia.

Dijelaskan dalam Pemilu yang diukur tidak hanya kualitas calon pemimpin namun juga banyaknya suara yang ikut berpartisipasi. “Sehingga siapapun mendapat suara yang banyak, ia akan menang,” ujarnya.

Agar Pemilu yang digelar berkualitas maka diharapkan masyarakat pemilih pemimpin yang cinta Indonesia serta bisa membawa negara ini lebih baik dan maju. “Serta melindungi semua golongan,” tegasnya.


(*)

Doyan Jalan-Jalan? Begini Cara Atur Uangnya

Liputan6.com, Jakarta – Travelling menjadi aktivitas yang paling banyak diminati belakangan ini. Mudahnya akses ke berbagai destinasi wisata menjadi salah satu penyebabnya.

Hingga saat ini, puluhan destinasi yang indah di Indonesia bisa dijadikan pilihan, belum lagi ratusan destinasi lainnya yang berada di luar negeri dan cukup menarik untuk dikunjungi.

Jika Anda seorang traveller, Anda tentu memiliki agenda khusus untuk menikmati hobi yang satu ini, bukan?

Ke manapun tujuan travelling Anda, aktivitas ini tentu akan membutuhkan sejumlah biaya. Sangat penting untuk selalu mencermati kondisi keuangan dengan baik, mengingat travelling juga merupakan aktivitas yang membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Jangan sampai tujuan Anda bersenang-senang justru berakhir dengan masalah keuangan, hanya karena tidak jeli mengatur biaya perjalanan sejak awal. Siapkan dan alokasikan dana dengan tepat, agar keuangan tetap aman sehingga bisa sejalan dengan hobi travelling Anda.

Lalu, bagaimana caranya? Seperti dikutip dari Cermati.com, begini cara atur uang bagi Anda yang hobi travelling.

1. Pilih Destinasi yang Tepat

Ada banyak destinasi wisata yang bisa dijadikan pilihan, namun memilih destinasi yang tepat merupakan hal wajib yang tidak boleh diabaikan. Tidak perlu memaksakan diri untuk travelling ke berbagai tempat yang sedang ngehits, apalagi jika ternyata lokasi tersebut tidak sesuai dengan bujet.

Pastikan Anda selalu memilih destinasi travelling yang tepat dan bisa memberikan kesan maksimal untuk perjalanan dan bisa dijangkau dengan mudah meski bujet terbatas. Sehingga Anda bisa menikmati travelling tersebut.

2 dari 4 halaman

2. Tabung Uang Sesuai dengan Destinasi yang akan Dituju

Dengan menentukan destinasi travelling yang akan dituju, maka Anda bisa mengetahui jumlah biaya yang akan dibutuhkan. Setelah itu, tabung atau kumpulkan uang yang sesuai untuk kebutuhan destinasi travelling tersebut.

3. Susun Bujet yang Tepat dan Sesuai Kondisi Keuangan

Bagi Anda yang doyan travelling, tentu sudah punya daftar destinasi mana saja yang bakal dikunjungi. Agar semua daftar destinasi bisa Anda kunjungi dan kehidupan sehari-hari tetap berjalan dengan baik, susunlah bujet travelling dengan menyesuaikan kondisi keuangan.

Cari informasi yang akurat terlebih dahulu terkait dengan destinasi wisata yang akan Anda kunjungi nanti, sehingga Anda bisa menghitung estimasi biaya yang dibutuhkan. Bahkan berbagai informasi ini bisa Anda dapatkan dengan mudah secara online.

3 dari 4 halaman

4. Cari Tiket yang Murah

Ada banyak moda transportasi yang bisa dijadikan pilihan, terutama jika Anda memilih berbagai destinasi wisata yang letaknya berada di kawasan ramai, seperti Jogja, Bandung, atau bahkan Surabaya.

Pilihlah moda transportasi yang paling tepat dan murah, sehingga Anda bisa menekan biaya perjalanan dengan baik sejak awal. Jangan lupa untuk melakukan perbandingan harga tiket dengan agen perjalanan yang lain, sehingga bisa mendapatkan harga terbaik dan paling hemat.

5. Pilih Penginapan yang Murah dan Nyaman

Tak selalu harus mahal dan mewah, Anda juga bisa menikmati liburan dengan menginap di tempat yang murah. Ada banyak jenis penginapan yang bisa Anda temukan dengan mudah, terutama jika akan travelling ke berbagai destinasi wisata favorit.

Namun meski murah, pastikan penginapan yang dipilih itu layak dan sesuai dengan kebutuhan. Setidaknya, perhatikan soal jarak penginapan dengan layanan transportasi umum, kebersihan, fasilitas yang disediakan (kamar mandi, AC/Fan) dan yang lainnya.

4 dari 4 halaman

6. Berhemat untuk Menambah Tabungan

Untuk travelling, Anda mungkin akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, tergantung destinasi yang akan dituju. Pastikan Anda mempersiapkan dana ini dengan baik sejak awal.

Mulailah berhemat dan menekan pengeluaran dengan baik, sehingga Anda bisa mengalokasikan sejumlah dana yang lebih besar ke dalam pos tabungan. Lebih bagus lagi bila uang jajan dimasukkan saja untuk menambah tabungan.

Nikmati Travelling yang Nyaman dan Bebas Masalah Keuangan

Travelling memang menjadi aktivitas seru yang selalu membuat semangat untuk dilakukan. Namun aktivitas ini akan membutuhkan biaya yang tidak kecil.

Pastikan Anda mempersiapkan travelling Anda dengan baik sejak awal, termasuk bujet yang tepat dan sesuai dengan kondisi keuangan. Siapkan dananya dan pilih destinasi yang tepat, agar aktivitas ini tetap menyenangkan dan aman untuk keuangan Anda.

Contoh Membuat Surat Lamaran Kerja Beserta Tips Cara Menulisnya

Liputan6.com, Jakarta Ketika melamar pekerjaan, komponen yang paling penting yang perlu kamu buat adalah surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja merupakan poin penting yang menentukan apakah kamu diterima kerja pada tempat yang kamu lamar atau tidak.

Contoh membuat surat lamaran kerja tentu harus mempromosikan diri secara benar tanpa perlu mengada-ada yang tentu saja menjadi nilai tambah bagi perusahaan yang akan menerima kerja. 

Dalam contoh membuat surat lamaran kerja kamu tentu harus menulis surat lamaran kerja dengan baik agar kemungkinan diterima di perusahaan yang inginkan semakin besar. Hal ini dikarenakan begitu banyak orang yang memerlukan pekerjaan namun lapangan kerja yang tersedia tidak memadai.

Sehingga untuk memasuki perusahaan yang inginkan bisa saja menjadi susah karena persaingan yang ketat. Berikut contoh membuat surat lamaran kerja yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Selasa (22/1/2019).

2 dari 4 halaman

Tips tips membuat surat lamaran kerja

1. Contoh membuat surat lamaran kerja yang harus diperhatikan. Baca dengan baik persyaratan yang dibutuhkan dalam lowongan pekerjaan tersebut. Hal ini dibutuhkan agar isi surat lowongan pekerjaan kamu tidak keluar dari konteks.

2. Tulislah surat lamaran kerja dengan kata yang merupakan bahasa baku menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia.

3. Gunakanlah kata-kata yang mudah dipahami, singkat, padat, jelas, sopan, dan menarik.

4. Tujuan surat harus jelas. nama yang dituju harus kamu pastikan benar ejaan namanya, gelar, dan jabatan, begitu pula dengan alamat perusahaan.

5. Setelah kamu selesai menulis surat lamaran kerja. Baca sekali lagi, pastikan tidak ada salah ketik. Menggunakan tata bahasa yang baik dan benar, serta tidak ada kata yang sering diulang-ulang.

6. Baik surat lamaran kerja yang ditulis tangan maupun diketik, pastikan kertas yang kamu pakai bersih. Tidak ada kotoran, bekas terlipat, bekas dihapus, bekas tip-ex, atau kotoran apapun itu.

7. Jika kamu menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan, pastikan tulisan kamu dapat terbaca. Hindari menggunakan tulisan tegak bersambung. Alasi tangan menggunakan tisu ketika menulis agar kertas tidak kotor maupun tiba-tiba terlipat.

3 dari 4 halaman

Isi surat lamaran kerja, cara menulis :

Umumnya contoh membuat surat lamaran kerja untuk diajukan kemanapun sama saja isinya. Baik cara membuat surat lamaran kerja online, cara membuat surat lamaran kerja di bank, maupun cara membuat surat lamaran pekerjaan di perusahaan

1. Tempat dan tanggal penulisan surat.

2. Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju. Alamat lengkap perusahaan.

3. Salam hormat

4. Kata pengantar / pembukaanDalam kata pengantar atau pembuka dalam surat lamaran kerja wajib kamu cantumkan di mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan yang kamu tuju. Baik dari surat kabar maupun internet, atau teman kamu.

5. Sebutkan posisi jabatan pekerjaan yang kamu pilih jika dalam perusahaan tersebut membutuhkan banyak sekali karyawan baru.

6. Biodata pribadiTuliskan nama lengkap kamu, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor handphone, e-Mail, Pendidikan (tidak wajib). Jika Anda ingin menulis latar belakang pendidikan Anda, tulis saja latar belakang pendidikan tertinggi Anda.

7. Pengalaman kerja dan kemampuan AndaJika sebelumnya kamu pernah bekerja, tulisan pekerjaan sebelumnya. Jika belum pernah bekerja (fresh-graduate) tidak usah. Tulis juga kemampuan kamu yang sekiranya dibutuhkan dalam perusahaan tersebut.

8. PenutupDalam penutup ini tulislah untuk pembaca bahwa kamu mempunyai keinginan kuat agar diterima di perusahaan tersebut. Jangan lupa mengucapkan Terima kasih.

9. Lampiran surat lamaran kerjaAgar perusahaan yang kamu tuju semakin yakin untuk menerima kamu, lampirkan juga hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Hal yang sebaiknya ada sebagai lampiran adalah :

• Pas foto (foto terbaru)

• Fotokopi KTP

• Daftar riwayat hidup

• Fotokopi ijazah terakhir

• Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah Anda ikuti)

10. Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap Anda)

4 dari 4 halaman

Contoh surat lamaran pekerjaan

Yogyakarta, 16 Desember 2016


Kepada Yth

HRD Manager PT. Rocket Manajemen Group

Jl. Marsda Adisucipto No. 8 Yogyakarta

Perihal: Lamaran Kerja


Dengan Hormat,


Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari surat kabar Kedaulatan Rakyat tertanggal 15 Desember 2016, PT. Rocket Manajemen membuka beberapa lowongan pekerjaan. Dengan surat Lamaran ini, saya ingin bergabung dengan perusahaan Bapak/Ibu pimpinan. Adapun pekerjaan yang saya maksud adalah bagian Marketing di PT. Rocket Manajemen Group. Berikut adalah data singkat saya :

Nama: Nurul Saputra

Tempat/tgl lahir: Sleman, 11 maret 1995

Jenis kelamin: Laki laki

Pendidikkan terakhir: S1 Akuntansi

Alamat: Jl. Mangkubuni  No. 2 Sleman Jogjakarta

Telepon /HP: 085879670142

Saat ini saya dalam keadaaan sehat jasmani maupun rohani. Selain itu kemampuan Bahasa Inggris saya cukup Fasih. Saya juga mengutamakan kejujuran dan kerja keras.

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu  pimpinan diwaktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut:

1. Foto ukuran 3 x 4

2. Foto copy KTP

3. Daftar Riwayat Hidup

4. Foto copy Ijasah terakhir

5. Foto copy SKCK

6. Foto copy surat pengalaman kerja

Saya berharap menjadi bagian dari perusahaan Bapak/Ibu agar dapat menjelaskan lebih detil lagi mengenai potensi dan kemampuan saya yang bisa berguna bagi perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya, dan atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan, saya ucapkan terima kasih banyak.

Hormat saya


Nurul Saputra



Reporter: Afifah Cinthia Pasha

Beda Debat Capres I dan II Sejauh Ini

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah mematangkan format dan mekanisme debat capres kedua. Sejauh ini ada beberapa perbedaan antara debat pertama dengan debat kedua yang akan berlangsung pada 17 Februari 2019 mendatang.

Perbedaan pertama, KPU mengubah cara penentuan panelis dalam debat. Pada debat kedua nanti panelis debat akan ditentukan langsung oleh KPU.

“Dalam soal menentukan panelis itu kami tentukan sendiri,” ujar komisioner KPU Wahyu Setiawan di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakata Pusat, Senin (21/1/2019).

Wahyu mengatakan panelis dapat diganti bila dianggap tidak memenuhi syarat. Salah satunya yaitu, bila panelis dianggap tidak netral meski memiliki bidang yang sesuai dengan tema debat.

“Kecuali panelis itu tidak memenuhi syarat, kan panelis itu ada syaratnya. Dia pakar di bidangnya, dia punya integritas dan dia harus netral,” ujar Wahyu.

“Jadi bisa jadi ada pakar di bidangnya, kok bisa enggak masuk ? Ya kalau dia tidak netral ya dia enggak penuhi syarat,” sambungnya.

Perbedaan kedua, kisi-kisi pada debat debat kedua nanti tidak akan diberikan kepada pasangan calon. Kisi-kisi yang tidak diberikan kepada para capres dinilai akan membuat debat menjadi lebih greget lagi.

“Salah satu evaluasi, kita rekomendasikan untuk debat berikutnya, abstraksi soal yang dibuat panelis tidak diberitahukan kepada paslon,” ujar Wahyu saat dihubungi, Sabtu (19/1).

Soal tak ada kisi-kisi itu, KPU mengaku memutuskannya setelah mendapat masukan dari banyak pihak. KPU juga punya alasan tersendiri memutuskan tak akan memberikan kisi-kisi kepada pasangan calon.

“Agar debat kedua lebih substansial, edukatif, menarik, sekaligus mengeksplorasi performa kandidat,” ucap Wahyu.

Perbedaan ketiga, penonton yang duduk di belakang capres pada debat kedua ditiadakan. Sebelumnya, pada debat perdana lalu terdapat sejumlah penonton yang duduk di belakang pasangan calon. Hal ini diputuskan setelah KPU melakukan rapat evaluasi terkait pelaksanaan debat perdana.

“Tadi disepakati audiens yang berada di belakang kandidat itu sudah tidak ada layoutnya, sudah dibikin seperti itu,” ujar Ketua KPU Arief Budiman di Kantornya, Senin (21/1).
(nvl/gbr)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>