Menengok Basis Tentara Jepang di Pulau Lakkang yang Terselip di Kota Makassar

Liputan6.com, Makassar – Ramah, sopan, santun, dan bersahaja. Seperti itu ekspresi warga asli Kampung Lakkang, di Kelurahan Lakkang, Kecamatan Tallo, Kota Makassar.

Suasana demikian terekam ketika warga Pulau Lakkang menyambut tamunya yang datang di perkampungan yang letaknya di antara Sungai Tallo dan Sungai Pampang, di kota Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (2/12/2018).

Secara geografi, Pulau Wisata Lakkang, adalah pulau yang tersembunyi di kota Makassar. Lakkang merupakan daratan yang disebut delta, karena hamparan daratannya dari endapan sedimentasi dalam kurun waktu yang begitu lama.

Lakkang, dengan luas 195 hektar yang berbentuk pulau kecil ini terbilang unik. Karena pulau ini berada, tepat di pusat kota Makassar. Bahkan punya sejarah panjang, karena pulau ini dulunya jadi basis pertahanan tentara Jepang dengan lingkupan hutan bambu.

Dan tidak butuh waktu lama untuk menjelajahi pulau ini untuk memukan bunker peninggalan Jepang.

Siapa pun pastinya akan tertarik mengunjungi Pulau Lakkang jika berkunjung di kota Makassar. Karena keasrian daya dukung lingkungannya yang masih terjaga.

Termasuk rombongan Komisi VI DPR RI yang membidangi Energi Sumber Daya Mineral, Riset, dan Teknologi, Lingkungan Hidup. Tamsil Linrung, Ketua Rombongan Komisi VII DPR RI takjub dengan pesona kekayaan alam Pulau Lakkang.

“Di tempat ini (Lakkang) banyak potensi yang bisa diolah jadi nilai objek wisata. Termasuk kawasan hutan bambu, apalagi hasil tambaknya seperti ikan dan udang,” kata Tamsil Linrung.

Muhtar Tompo anggota Komisi VII DPR RI asal Partai Hanura mengatakan, Pulau Lakkang akan dijadikan basis pendidikan spesifik terhadap pelestarian lingkungan hidup. Dan hasil sumber daya alam seperti bambu akan diolah agar bernilai ekonomis, dan meemantik datangnya wisatawan ke Pulau Lakkang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *