Sering Terbangun Mendadak di Malam Hari? Waspadai Penyakit Serius Ini

Liputan6.com, Jakarta Beberapa masalah penyakit bisa menyebabkan kamu terbangun dari tidurmu secara mendadak di malam hari. Selain itu, kamu juga bisa mengalami kesulitan tidur hingga mengalami insomnia karena penyakit yang kamu derita. Penyakit yang kamu derita ini sering kali tidka kamu ketahui atau kamu sadari ada di tubuhmu. 

Jika dibiarkan mungkin penykit ini bisa berbahaya dan sangat menganggu kesehatan tubuh. Bahkan akibat ringan dari terbangun di malam hari secara tiba-tiba, bisa membuat dirimu sulit tidur kembali, detak jantung yang tidak normal, dan lain sebagainya.

Kemudian jika kamu mengalami sulit tidur atau insomnia, bisa menganggu aktivitasmu sehari-hari. Karena jika pola tidurmu terganggu, maka waktu istirahatpun ikut terganggu.

Pola istirahat yang tidak bagus juga akan menyebabkan berbagai penyakit dan merugikan tubuhmu. Sering terbangun dimalam hari juga memiliki resiko terkena serngan jantung sebesar 99 persen, kemudian bisa terkena stroke 37 persen lebih besar.

Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa penyakit yang menyebabkan kamu sering terbangun mendadak di malam hari hingga sulit tidur dari beberapa sumber, Rabu (24/4/2019).

Sedang Nyoblos, Ayu Ting Ting Mendadak Teriak di Bilik Suara

Momen lucu tak berhenti sampai situ saja. Bilik suara Ayu Ting Ting kebetulan bersebelahan dengan ayahnya, Abdul Rozak. Di tengah peroses memilih, keduanya tampak berdiskusi.

“Dia mah gangguin saya mulu berisik banget di dalam goda-godain mulu kesel. Bukan enggak ngerti, dia ngeledekin, berisik,” ujar Ayu Ting Ting usai mencoblos.

Ayu Ting Ting berharap agar siapa pun yang terpilih nanti, pemimpin itu dapat menjadi pemimpin yang baik demi membangun Indonesia yang lebih maju dalam berbagai aspek.

“InsyaAllah apa pun yang kita pilih itu sudah jalan yang terbaik siapa pun nanti presidennya itu memang sudah takdirnya dan mudah-mudahan itu yang terbaik,” jelasnya.

Habis Dicakar Kucing, Remaja Mendadak Menderita Skizofrenia

Para dokter memberinya obat antipsikotik dan menyarankan rawat inap psikiater darurat. Hal tersebut berlangsung selama 18 bulan. Kemudian, seorang dokter mencatat bahwa anak itu memiliki lesi bekas cakaran di sepanjang paha dan ketiaknya.

Dari penyelidikan tersebut, dokter mulai mengkaji kemungkinan bahwa bocah itu menderita infeksi. Setelah dites, darah bocah itu positif Bartonella henselae. Ini merupakan bakteri yang terkait dengan infeksi dari gigitan atau cakaran kucing.

Seperti dugaan dokter, keluarga remaja itu memiliki 2 kucing peliharaan yang diadopsi secara liar pada tahun 2010. Untungnya, dengan terapi antimikroba, remaja itu mulai berangsur pulih.

Ini menentang anggapan orang-orang tentang gangguan kejiwaan secara umum. Ya, siapa sangka skizofrenia bisa ditularkan lewat cakaran kucing.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: 

Seekor kucing bernama Elli mengalami kondisi vitiligo. Vitiligo merupakan kondisi dimana warna kulit dan bulu tidak merata.

Pogba Mendadak Puji Madrid dan Zidane, Ingin Tinggalkan MU?

ParisPaul Pogba mendadak memuji-muji Real Madrid dan pelatih Zinedine Zidane. Apa gelandang Prancis itu ingin meninggalkan Manchester United?

Hal itu dikatakan Pogba di konferensi pers jelang pertandingan Prancis vs Moldova. Dalam kesempatan itu, Pogba menyebut bermain untuk Madrid dan dilatih Zidane adalah impian semua pesepakbola.

“Seperti yang selalu saya katakan, Real Madrid adalah impian bagi semua orang. Ini adalah salah satu klub terbesar di dunia,” kata Pogba seperti dilansir Sky Sports.

“Mereka juga memiliki Zidane sebagai pelatih dan itu adalah impian bagi siapa saja yang menyukai sepakbola. Saat ini, saya di Manchester. Kami tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Saya di Manchester dan bahagia,” sambungnya.

Awal musim ini, Pogba sempat diberitakan bakal meninggalkan MU. Rumor itu berkembang setelah gelandang berusia 26 tahun itu sempat berselisih dengan manajer MU sebelumnya, Jose Mourinho.

Pogba juga sempat digoda Barcelona. Pada bursa transfer musim panas tahun lalu, raksasa LaLiga itu diketahui sempat melayangkan penawaran ke Setan Merah untuk mendatangkan Pogba.

Saat ini, Pogba dalam performa terbaiknya di bawah arahan manajer Ole Gunnar Solskjaer. Ia sudah bikin sembilan gol dan tujuh assist dalam 18 laga Setan Merah bersama Solsjaer.

Adapun Zidane baru saja kembali ke Madrid untuk melatih. Sempat meninggalkan Santiago Bernabeu di akhir musim lalu, pelatih asal Prancis itu kembali direkrut Los Blancos. Zidane cukup sukses di Madrid menyumbang sembilan gelar, di antaranya membawa Sergio Ramos dkk meraih tiga gelar Liga Champions secara beruntun sejak 2016, 2017, dan 2018. (yna/nds)


Terserang Stroke, Wanita Mendadak Pingsan Saat Berhubungan Intim

“Pasangannya memperkirakan, dia tidak sadarkan diri selama dua sampai tiga menit, tanpa ada aktivitas kejang yang dilaporkan. Sebelum melakukan itu, dia baik-baik saja,” tambah mereka.

Gokdogan dan rekan-rekannya mengungkapkan adanya jejak dari perdarahan subarachnoid akut. Kondisi ini merupakan sejenis stroke yang menyebabkan perdarahan di ruang sekitar otak.

Perdarahan ini terjadi karena adanya aneurisma kecil, sebuah tonjolan pada pembuluh darah seperti balon atau gelembung yang pecah. Dilaporkan, aktivitas seks yang penuh gairah dan terlalu bersemangat menyebabkan lonjakan tekanan darah yang terjadi tiba-tiba. Karena itu, Gokdogan memperingatkan bahwa aktivitas semacam ini, bisa menyebabkan aneurisma pecah.

Mereka menulis, beberapa faktor risiko yang diketahui menyebabkan aneurisma pecah termasuk aktivitas yang secara tiba-tiba meningkatkan tekanan darah. Aktivitas seksual digambarkan dengan baik sebagai penyebabnya.

“Selama aktivitas seksual, tekanan darah serta detak jantung sangat labit, dengan kenaikan tertentu selama orgasme,” tulis mereka.

Kala Jokowi Mendadak Telepon Saat PKB Kumpulkan Seribu Kiai di Salatiga

Liputan6.com, Jakarta – Makin dekat hari pemungutan suara, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar terus meningkatkan konsolidasi pemenangan pasangan calon presiden Jokowi– KH Ma’ruf Amin.

Bertempat di Gedung Pertemuan Kota Salatiga, Selasa malam 12 Maret 2019, sedikitnya seribu kiai di Jawa Tengah berkumpul dalam acara Silaturahim Masayikh dan Alumni Pondok Pesantren Lirboyo dan Al Falah Ploso, Kediri.

“Kenapa harus memilih Pak Jokowi dan KH Ma’ruf Amin? Karena pasangan ini yang telah terbukti memiliki komitmen kuat terhadap kalangan santri,” kata Muhaimin Iskandar.

Komitmen Jokowi ditunjukkan dengan berbagai program yang prosantri, serta menetapkan 22 Oktober sebagai hari Santri Nasional sebagai pengakuan atas jasa para kiai dan ulama dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta keutuhan NKRI. Apalagi, Ma’ruf Amin adalah Rais ‘Aam Nahdlatul Ulama.

Hadir pada acara itu sejumlah kiai sepuh, antara lain KH. Abdulloh Kafabihi Mahrus, (Lirboyo, Kediri) KH Anwar Manshur (Lirboyo), KH Zainuddin Jazuli Ustman (Al-Falah Ploso).

Selain itu, KH Nurul Huda Jazuli (Al-Falah Ploso), KH Anwar Iskandar (Al Amin, Kediri) beserta sedikitnya 1.000 Alumni kedua Pesantren tersebut. Dari jajaran PKB hadir Sekjen M Hanif Dhakiri, Ketua PKB Jateng KH Yusuf Chudlori serta sejumlah Caleg PKB.

Dalam pidatonya, KH Anwar Iskandar menyampaikan maksud silaturrahim adalah mengajak seluruh masyarakat alumni Pesantren Ploso dan Lirboyo untuk mendukung pasangan calon presiden Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin.

“17 April nanti, luangkan waktu satu menit saja untuk memilih KH Ma’ruf Amin sebagai Wakil Presidennya Bapak Jokowi,” kata KH Anwar Iskandar. “Ini adalah dawuh para kiai Ploso dan Lirboyo”.

Saat KH Zainuddin Jazuli Ustman memberikan sambutan, tiba-tiba Ketua PKB Jawa Tengah KH Yusuf Chudlori menghampiri dan mengulurkan telepon. Ternyata, suara di ujung telepon adalah Presiden Joko Widodo yang terdengar melalui load spreaker.

“Kami menghaturkan ucapan terimakasih sebesar-besarnya atas seluruh dukungan yang diberikan kepada kami dan kepada KH Ma’ruf Amin,” kata Jokowi melalui sambungan telepon.

Dalam sambutannya, KH Zainuddin Jazuli Ustman menegaskan, para kiai tak hanya memerintahkan kepada santri untuk memilih pasangan Jokowi-Ma’ruf, tapi juga harus mengembangkan PKB. Karena masalah politik saat ini sama seperti jihad.

Jika dulu jihad identik dengan perang, saat ini jihad di Indonesia adalah jihad politik untuk memilih pemimpin sesuai dengan akidah Islam ahlussunah wal jamaah.

Penegasan serupa disampaikan KH Abdulloh Kafabihi Mahrus. Menurutnya, Pilpres bukan sekadar memilih presiden, tapi memilih pemimpin yang akan menjamin keberlangsungan Islam ahlussunah waljamaah dan NKRI berdasarkan Pancasila.

“Kenapa harus memilih Pak Jokowi dan KH Ma’ruf Amin, karena memperjuangkan Islam ahlussunah waljamaah. Agama dan pemerintahan itu seperti saudara kembar,” tuturnya. 

Jalani Pembesaran Penis, Pengusaha Berlian Mendadak Meninggal

Kekayaan bersih Laniado tidak diketahui. Namun, dia dipaksa menyerahkan lebih dari 5 miliar dolar (sekitar 72 triliun rupiah) sebagai hukuman untuk otoritas Belgia karena masalah penghindaran pajak.

Laniado dikenal sebagai orang yang pernah menemukan Blue Moon of Josephine yang dianggap sebagai berlian paling mahal di dunia. Harganya mencapai USD 50 juta. Selain itu, dia juga memiliki penthouse termahal di Monako yang bernilai hingga USD 40 juta.

Kasus meninggal akibat pembesaran penis juga bukan yang pertama kalinya. Pada Juli 2017, seorang pria 30 tahun meninggal di ruang operasi selama pemindahan lemak autologus yakni prosedur saat lemak disedot dari satu bagian tubuh, kemudian dipindahkan ke bagian lainnya. Dalam kasus ini, tentu saja pemindahan dilakukan menuju penis untuk menambah panjang dan ketebalannya.

Sementara itu, tahun 2012, suntik silikon membunuh seorang pria di Amerika Serikat.

Di 2018, seorang pekerja seks asal Australia meninggal di Amerika Serikat. Hal itu terjadi setelah dia menyuntikkan silikon pada testis kelaminnya untuk membuatnya lebih besar. Dia mengalami pendarahan pada penisnya, hingga terkena sindrom pernapasan akut.

Gara-gara Nomor KTP Direktur Chen Tertukar

Chen pun akhirnya dipaksa sore hari itu juga harus datang ke Kantor Disnakertrans. Dia akhirnya datang membawa dokumen-dokumen ketenagakerjaan ditemani seorang warga negara China bernama A Wei. A Wei sudah lama di Indonesia dan menetap di Surabaya, Jawa Timur. Ia juga memiliki peternakan ayam petelur di Cianjur dengan bendera perusahaan PT Saudara Makmur.

Rupanya, setelah dicek, IMTA yang dimiliki Chen berlaku di perusahaan A Wei. Di PT Saudara Makmur itu pula, Chen punya jabatan sebagai direktur keuangan. “Iya benar, Pak, dia direktur keuangan saya,” kata A Wei seperti ditirukan Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Cianjur, Ricky Ardi Hikmat, saat pertemuan di kantor Disnakertrans, itu.

Yang mengejutkan juga, saat Chen menyerahkan akta perusahaan peternakan di Cibokor, Chen bukanlah tenaga kerja, melainkan pemilik peternakan. Jabatannya direktur utama  PT Indah Tunggal Alami, yang membuka peternakan itu sejak 2017. Di bawah Chen, ada beberapa direktur yang semuanya warga negara China. Chen pemilik saham mayoritas di perusahaan tersebut.

“Ternyata dia itu direktur utama sekaligus pemegang saham. Dia sih pegang IMTA, tapi bukan di posisi perusahaan yang sedang kita lakukan pembinaan. Jadi dia itu menunjukkan IMTA, tapi IMTA di perusahaan lain (PT Saudara Makmur). Sama, peternakan juga, tapi beda perusahaan,” ujar Ricky.

Dari hasil pemeriksaan, kata Ricky, dokumen berupa IMTA itu tidak ada masalah karena semua dokumen sesuai dengan yang dipersyaratkan. IMTA milik Chen juga masih berlaku. Hanya sempat terjadi miskomunikasi saja lantaran Chen tidak lancar Bahasa Indonesia sehingga dilakukan klarifikasi. “Makanya kita bingung kok yang ramai malah urusan e-KTP. Dan banyak yang mempertanyakan soal e-KTP Chen ke kami,” jelas Ricky.

Warganet memang ramai mengecek NIK e-KTP milik Chen di sistem Komisi Pemilihan Umum. Nah, ternyata NIK tersebut muncul atas nama Bahar, warga Kelurahan Sayang, Cianjur. Bahar, 47 tahun, yang kesehariannya berdagang bakso keliling, pun bingung namanya muncul di aplikasi KPU dengan NIK milik WNA. “Saya tinggal di sini sejak 1996, tidak ada masalah soal NIK. Baru kali ini saja ada perbedaan. Baru tahu setelah dikabari ketua RT pagi tadi,” begitu kata Bahar, Selasa, 26 Februari 2019.

Bahar bilang selama ini tak ada kendala dalam partisipasi pencoblosan pemilu. Namun, untuk tahun ini, dia sedikit heran karena mendadak NIK-nya berubah di DPT. “Katanya jadi nama China, ya, saya nggak tahu apa-apa. Sebelumnya, nyoblos Pilgub (Jawa Barat) juga nggak ada masalah. Baru kali ini saja tiba-tiba ramai, katanya NIK-nya dipakai orang asing,” ujar Bahar.

Sering Pusing Mendadak? Ini 8 Kemungkinan Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin pernah merasa pusing secara tiba-tiba. Penyebabnya tidak hanya karena satu hal tapi mungkin ada beberapa hal lain.

Berikut beberapa pemicu pusing mendadak yang mungkin tidak diduga. Selengkapnya seperti dilansir Huffington Post (1/3/2019).

1. Berdiri terlalu cepat

Ketika Anda bangun terlalu cepat dari posisi duduk atau berbaring, peredaran darah Anda belum bergerak secara lancar di area kepala.

“Secara medis, ini dikenal sebagai ‘hipotensi ortostatik’, di mana ada penurunan tekanan darah secara drastis ketika Anda berdiri,” ungkap kata dokter kebidanan dan kandungan asal California, Amerika Serikat, Sherry Ross.

2. Permasalahan di telinga bagian dalam

Penyebab umum vertigo menurut ahli saraf dokter Ilan Danan karena Benign Paroxysmal Positional Vertigo atau yang disingkat BPPV. “BPPV disebabkan oleh tidak berfungsinya saluran telinga bagian dalam secara sementara, yang mengakibatkan pusing parah dan gerakan mata yang tidak terkendali secara cepat. Hal ini dikenal sebagai nystagmus,” imbuhnya.

Menurut dokter Katharine Miao, pasien vertigo merasakan pusing makin hebat bila saat dirinya bergerak. Dalam beberapa hari kondisi ini bisa sembuh tapi bisa juga diberikan pengobatan.

2 dari 3 halaman

Migrain

Constantine Palaskas, seorang otolaringologi (dokter khusus pengobatan penyakit telinga, tenggorokan, kepala, dan leher) di Swedish Neuroscience Institute, Seattle, Amerika mengatakan bahwa migrain yang tidak lazim mungkin penyebab pusing tiba-tiba.

“Migrain adalah gangguan yang sangat umum, dan walaupun biasanya ditandai dengan sakit kepala, sejumlah besar penderita migrain mungkin menemukan dirinya berjuang melawan vertigo karena migrain,” ucapnya.

4. Gula darah rendah

Gejala ini juga disebut sebagai hipoglikemia. Memiliki gula darah rendah juga dapat mengakibatkan Anda menjadi lebih sering marah, merasa kedinginan, berkeringat, dan detak jantung menjadi cepat. Untuk mengatasinya, disarankan untuk memakan makanan yang seimbang dengan protein dan karbohidrat.

5. Tekanan darah rendah

Richard Wright, seorang ahli jantung di Santa Monica, Amerika mengatakan bahwa tekanan darah diukur dengan ‘sistolik’ (tekanan darah berada di angka atas yaitu 120) dan ‘diastolik’ (tekanan darah berada di angka rendah yaitu 80).

Wright menambahkan bahwa alasan paling umum seseorang menjadi pusing atau pingsan adalah karena tekanan darah sistolik terlalu rendah untuk memungkinkan aliran darah yang cukup ke otak.

“Ini biasanya terjadi ketika tekanan sistolik kurang dari 80,” katanya.

3 dari 3 halaman

6. Umur

“Ketidakseimbangan benar-benar umum pada orang tua karena penurunan penglihatan, [serta] telinga dan otak,” kata dokter THT, Anil K. Lalwani di New York, Amerika.

7. Kurang minum

Harvard Health menyatakan bahwa ketika tubuh Anda tidak mendapatkan air yang cukup akan membuat volume darah akan turun dan dapat menurunkan tekanan darah serta menghalangi otak untuk mendapatkan darah yang cukup.

8. Kekurangan zat besi

Palaskas kembali mengungkapkan bahwa tingkat kekurangan zat besi sering dikaitkan dengan anemia. Jika hal ini terjadi, Anda dihimbau untuk mengunjungi dokter kepercayaan untuk melakukan tes darah guna mengukur tingkat zat besi dalam tubuh Anda.

Selain itu, dihimbau juga untuk mengonsumsi makanan seperti kacang merah, bayam, atau makanan yang mengandung zat besi.

Penulis: Dara Elisabeth

Kasus Prostitusi, Begini Kondisi Terkini Artis VA

Liputan6.com, Surabaya – Tersangka kasus dugaan pornografi, artis VA sudah hampir sebulan ini mendekam di Rumah Tahanan (Rutan) Markas Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim). Komisioner Komnas Perempuan, Sri Nurherwati menduga artis VA mengalami gangguan psikologis akibat terlalu lama berada dalam sel.

Hal tersebut diungkapkannya saat mendatangi Mapolda Jatim untuk menemui tersangka kasus dugaan pornografi itu.

Dia menilai, artis VA butuh konseling untuk meringankan beban psikologisnya.

“Kami tadi mengusulkan kepada penyidik supaya VA bisa dilakukan pemulihan secara psikologis melalui konseling,” tutur Sri di Mapolda Jatim, Kamis (28/2/2019).

Menurut dia, secara kasat mata, artis VA terlihat sehat. Namun, tak berarti VA baik-baik saja.

“Dia sehat, hanya saja merasa tidak nyaman. Mungkin karena didalam sel. Kami usulkan bisa dilakukan pemulihan dengan cara konseling yang akan dilakukan lembaga layanan yang ada di Surabaya,” ujar Sri.

Sebelumnya, artis VA menjalani rawat inap di rumah sakit Bhayangkara Polda Jatim Surabaya, Sabtu 2 Februari 2019.

Artis VA rencananya dipindahkan ke Rumah Tahanan (Rutan) Polda Jatim pada hari ini. Namun, pemindahan tersebut batal atau ditunda lantaran VA mendadak terserang penyakit diare.

“Kita percaya saja kalau memang VA mengatakan sakit diare. Tentunya alasan yang sampaikan butuh penjelasan dokter,” tutur Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera.

Barung memastikan Polri menjamin kesehatan setiap tahanan. Jika ada keluhan dari pasien, tentunya dokter akan memeriksan dan melakukan observasi. “Dokter pastinya akan melakukan observasi untuk memastikan sakit yang dikatakan VA,” ujar Barung.

Artis VA juga pernah mengidap penyakit sinus yang sudah lama dideritanya. Hal itu sempat disampaikan kuasa hukum Vanessa, Rahmat Santoso di Surabaya yang dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera.

“Iya, memang VA juga sakit sinus. Dokter juga ngomong kok,” kata Barung di Mapolda Jatim.

Artis VA masih menjadi tahanan Polda Jatim yang dirawat di rumah sakit. Namun sayang belum ada kejelasan hingga kapan VA harus menjalani perawatan.

2 dari 3 halaman

Pernah Dirawat karena Maag Akut

Dia juga sempat menderita sakit maag akut usai menjalani serangkaian pemeriksaan selama 12 jam di gedung Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim.

Artis VA akhirnya dirawat di Ruang Anggrek 4 Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jatim, Jalan A Yani, Surabaya, Jumat 1 Februari 2019.

Salah satu tim penasehat hukum, VA Rahmat Santoso menuturkan, akibat sakit tersebut berat badan VA turun hingga 6 kilogaram. “Kondisi VA masih drop. Sekarang VA masih sakit. Sekarang berat badannya turun 6 kilogram,” tutur Rahmat pada saat itu.

Rahmat menegaskan, kliennya akan kooperatif dalam menjalani pemeriksaan yang dijadwalkan penyidik. Pihaknya berharap masalah hukum yang menjerat VA segera selesai. Sebab VA masih muda, yang mana masa depannya masih panjang.

“Saya mendampingi VA karena terdorong rasa kemanusian. Semoga VA bisa melalui persoalan ini dan proses hukum segera selesai,” ujar Rahmat.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: