Menarik, Ada Duo Djumain Bertarung di Pilkades Malang

Malang – Bukan narsis ataupun karena anak kembar, nama Djumain muncul sebagai dua kandidat yang maju dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Karangpandan, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang.

Hal ini terlihat dari alat peraga kampanye (APK) berukuran raksasa yang berdiri kokoh di depan Balai Desa Karangpandan yang terletak di Jalan Garuda.

Bagian atas dengan background merah tertulis ‘Calon Kepala Desa Karangpandan’. Kemudian di bawahnya terpampang dua foto beserta nama calon kandidat. Nomor urut 1 Djumain dan nomor urut 2 Djumain. Bahkan kedua wajah calon hampir-hampir mirip karena sama-sama berkumis.

Sekretaris Panitia Pilkades Karangpandan Kun Pancaya membenarkan jika dua calon kepala desa ini memang memiliki nama yang sama. Ia bahkan mengatakan bahwa kedua nama tersebut membuat gelaran Pilkades kali ini menjadi terasa unik.
“Iya memang unik, dua calon dengan nama sama,” tegasnya sambil tersenyum saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (27/10/2018).

Namun Kun berharap kesamaan nama kandidat itu tak menjadi persoalan. Beruntung kedua kandidat telah sepakat menjaga kondusivitas desa selama proses Pilkades berlangsung.

“Kami sangat berharap, situasi tetap aman, kondusif, meski nama sama maju sebagai calon. Kedua kandidat juga menyepakati demikian. Ketika nanti masa kampanye, mereka tak memanfaatkan dengan mobilisasi massa atau kampanye terbuka,” beber Kun.

Pihaknya sendiri telah mengantisipasi berbagai kemungkinan terburuk yang bisa terjadi selama Pilkades, di antaranya menyiapkan langkah-langkah khusus.

“Bila terjadi draw atau perolehan suara sama maka akan dilakukan penghitungan sebaran surat suara di tiga distrik (dusun), karena tidak diatur pemilihan ulang. Ini merupakan upaya kami agar demokrasi Pilkades Karangpandan benar-benar terjadi. Kedua calon juga memiliki niat, keinginan dan sepakat untuk menjaga Pilkades damai dan aman,” urai Kun.

Kedua kandidat memperebutkan kursi kades yang baru mengingat kades lama telah habis masa jabatannya sejak bulan April 2018 silam.

Kun menyebut, antinya ada sekitar 4.109 warga Desa Karangpandan yang mendapatkan hak pilih untuk memilih satu dari dua Djumain. Mereka tersebar di tiga dusun yakni Bendo, Kedumonggo, dan Karangpandan.

Karangpandan menjadi salah satu desa dari 37 desa di Kabupaten Malang yang menggelar Pilkades serentak 11 November 2018 mendatang.
(lll/lll)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *