Menanti Pertemuan Prabowo dengan Utusan Jokowi

Utusan yang dikirim Jokowi untuk menemui Prabowo hingga kini masih misteri. Jokowi pun enggan mengungkap siapa sosok yang ia percaya menghadap Prabowo. Dia pun meminta kepada awak media menanyakan langsung kepada Prabowo.

“Tanyakan langsung ke Pak Prabowo,” kata Jokowi di Mall Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Sabtu 20 April 2019.

Namun Jokowi mengungkapkan, utusannya adalah sosok yang dikenal baik oleh Prabowo Subianto. 

Di lain pihak, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, membenarkan adanya utusan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang akan menemui Prabowo Subianto.

Jokowi mengutus seseorang menemui Prabowo demi terciptanya silaturahmi yang baik usai Pemilu 2019.

“Ya ada,” singkat Direktur Media dan Komunikasi BPN 02, Hashim Djojohadikusumo, usai jumpa pers di Media Centre BPN, Sriwijaya, Jakarta Selatan, Sabtu 20 April 2019.

Hashim menyebut, utusan Jokowi itu adalah Menko Kemarimitiman Luhut Binsar Panjaitan.

“Pak Luhut, Pak Luhut Pandjaitan akan ke rumah,” jelas Hashim.

Menurut dia, pertemuan utusan Jokowi dan Prabowo akan dilakukan di Rumah Kertanegara, Jakarta Selatan.

Saat memastikan waktu pertemuan, Hashim mengatakan hal itu dilakukan Minggu 21 April 2019.

“Saya kira besok, di rumah, di rumah Kertanegara,” tutur adik kandung Prabowo Subianto ini.

Namun, hingga Minggu 21 April 2019, utusan Jokowi belum juga menyambangi kediaman Prabowo Subianto.

Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) 02, Dahnil Anzar Simanjuntak menegaskan, belum ada kepastian diterimanya Luhut Binsar Panjaitan di kediaman Prabowo Subianto.

Menko Maritim Kabinet Kerja itu dikabarkan akan menemui Prabowo Subianto sebagai utusan Jokowi, pertemuan rencananya digelar di kediaman Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan.

“Semalam, Pak Prabowo belum dan tidak memutuskan menerima utusan Pak Jokowi yakni Pak Luhut,” cuit Dahnil seperti dilihat Liputan6.com di Twitter pribadnya, @Dahnilanzar, Minggu 21 April 2019.

Sebab, menurut Dahnil, Prabowo saat ini masih fokus mengawal form C1 Plano dan memperjuangkan hal tersebut.

“Pak Prabowo masih fokus memperjuangkan dan mengawal agar rakyat terus mengawal C1,” jelas Dahnil.

Menanti Hasil Investigasi Surat Suara Tercoblos di Malaysia

Jakarta – Kasus surat-surat suara yang tercoblos di Negeri Jiran masih terus diinvestigasi. Polisi dua negara turun tangan mengungkap kasus ini, yakni dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Polis Diraja Malaysia (PDRM) sekaligus. Penantian akan titik terang kasus ini segera berakhir esok hari.

Laporan soal adanya surat suara yang tercoblos ini pertama diterima oleh Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kuala Lumpur Yaza Azzahra, Kamis (11/4/2019) lalu. Ada dua lokasi temuan surat suara tercoblos, yakni di Kajang, Selangor. Lokasi kedua ada di Bandar Baru Bangi, Selangor. Dua lokasi itu terpisah jarak berwaktu tempuh sekitar 15 menit.

Di dua lokasi ditemukan karung-karung berisi surat suara. Video-video terkait penemuan surat suara yang tercoblos juga viral lewat jejaring media sosial. Komisioner KPU Hasyim Asy’ari dan Ilham Saputra serta anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo berangkat ke Malaysia untuk mengecek langsung di lokasi. Namun mereka belum mendapat akses masuk saat tiba di lokasi, Jumat (12/4) kemarin. Lokasi penemuan surat suara tercoblos telah diamankan dengan garis polisi.


Namun KPU tetap yakin, kasus ini bakal terungkap. KPU menargetkan kasus ini bakal terurai dengan jernih sebelum 17 April, yakni sebelum hari pemungutan suara Pemilu 2019 di Indonesia.

“Sebelum 17 April, selesai (kasus surat suara tercoblos di Malaysia),” kata Komisioner KPU RI, Pramono Ubaid Tanthowi di sela pemutaran film ‘Suara April’ di XXI Ambarrukmo Plaza, Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (14/4/2019).

Menanti Hasil Investigasi Surat Suara Tercoblos di Malaysia Pramono Ubaid Tanthowi, Komisioner KPU. (Dwi Andayani/detikcom)

Polisi Malaysia masih melakukan investigasi. Mereka mendapat bantuan dari Polri, soalnya kasus ini tidak ada hubungannya dengan hukum di Malaysia. Pernyataan itu disampaikan oleh Ketua Polis Negara Polis Diraja Malaysia, Mohamad Fuzi Bin Harun yang diunggah di akun Facebook resminya, Minggu (14/4/2019).

“PDRM sedang melakukan penyelidikan untuk menentukan bentuk tindakan yang dapat diambil untuk membantu pihak berwenang Republik Indonesia,” kata Moh Fuzi Harun dalam Bahasa Melayu Malaysia.

Di Indonesia, Kepala Biro Penerangan Masyarakat, Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, memberi penjelasan soal penanganan kasus ini. Dia mengatakan kesimpulan kasus ini belum bisa diungkapkan ke publik pada hari ini. PDRM akan membuat kesimpulan dari investigasi yang dilakukan, Senin (15/4) besok.

“Belum bisa disampaikan (hasil pemeriksaan). Baru besok akan dibuat suatu kesimpulan sementara hasil pemeriksaan para pihak, kemudian analisa barang bukti yang ditemukan di lapangan,” kata Dedi Prasetyo di Jakarta International Ekspo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (14/4/2019).

Menanti Hasil Investigasi Surat Suara Tercoblos di Malaysia Lokasi penemuan surat suara tercoblos di Malaysia. (ANTARA FOTO/Agus Setiawan)

PDRM dibantu Polri dan Bawaslu sebagai saksi. Beberapa pihak yang sudah dimintai keterangan di antaranya Kelompok Panitia Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) dan Panitia Pengawas Pemilu Luar Negeri (Panwaslu LN). PDRM juga akan memanggil beberapa pihak lainnya yang dinilai tekait kasus tersebut.

Di Malaysia sendiri, para warga negara Indonesia mulai menyalurkan aspirasi politiknya pada hari Minggu ini. Namun surat-surat suara yang tercoblos itu tidak akan dihitung oleh penyelenggara Pemilu. KPU sendiri memastikan kasus itu tak mengganggu keseluruhan pelaksanaan pemungutan suara Indonesia di Malaysia.

“Dianggap tidak ada. Sampai sekarang (surat suara) tidak dihitung. Itu saja. Itu juga tidak tahu surat suara siapa. Kami tidak diberi akses oleh Polis Diraja Malaysia,” ujar komisioner KPU Ilham Saputra saat dimintai konfirmasi, Minggu (14/4/2019).

(dnu/imk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tarot Minggu Ini: Pekerjaan Baru Sudah Menanti

Pekerjaan

Kejenuhan masih menghantuimu. Selalu ingin pergi meninggalkan pekerjaan saat ini. Jika memang ada yang lebih baik, mengapa tidak? Ambillah keputusan dengan bijak. 

Kesehatan

Hati-hati demam berdarah banyak bermunculan. Jaga kebersihan lingkungan sekitar. 

Influenza masih jadi momok. Tingkatkan daya tahan tubuh. 

Sakit gigi, meskipun tampak sepele namun cukup mengganggu. Segera periksa ke dokter gigi, jangan ditunda-tunda. 

Konsultasi pribadi Dewi Tarot: 082242056585

Jadwal Liga Italia: Menanti Pesta Juara Juventus

Liputan6.com, Turin – Juventus berpeluang juara Liga Italia pada pekan ini. Asalkan, tim asuhan Massimiliano Allegri menang atas SPAL, Sabtu (13/4/2019) WIB di Stadio Paolo Mazza.

Juventus unggul telak atas Napoli yang menjadi pesaing terdekat mereka di klasemen Liga Italia. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan mengemas 84 poin, unggul 20 poin dari Napoli.

Dengan sisa enam partai, hampir mustahil bagi Napoli untuk menyalip perolehan poin Juventus. Alhasil, Juventus juara pun sepertinya hanya tinggal masalah waktu.

Kendati persaingan merebut juara tak sengit lagi, Liga Italia pekan ini tetap menyajikan partai seru. Salah satunya adalah AC Milan vs Lazio.

Pada pertemuan pertama, AC Milan dan Lazio bermain imbang 0-0. Kedua tim saat ini sedang bersaing memperebutkan tiket ke Liga Champions.

Berikut Jadwal Liga Italia Pekan Ini

Jadwal MotoGP Austin Akhir Pekan Ini: Menanti Progres Rossi

Liputan6.com, Jakarta Jadwal MotoGP akhir pekan ini bakal beranjak ke Amerika Serikat, tepatnya di Austin, Texas. Pembalap-pembalap bakal kembali bertarung untuk menjadi yang terbaik di seri ketiga MotoGP musim ini.

Marc Marquez tercatat menjadi raja di balapan yang berlangsung di sirkuit COTA (circuit of the americas) ini. Sejak dilombakan 2013 lalu, Marquez tak pernah gagal juara di salah satu jadwal MotoGP terjauh musim ini tersebut.

Dominasi Marquez di sini sulit dibantahkan. Meski begitu, pantas ditunggu bagaimana progres Rossi menghadapi jadwal MotoGP akhir pekan ini.

Hingga MotoGP Argentina dua pekan lalu, Rossi sudah menunjukkan sinyal positif dengan meraih podium dua. Apakah kini Rossi bisa menantang Marquez untuk mengejar gelar juara di sirkuit COTA.

Berikut jadwal MotoGP Austin di sirkuit COTA selengkapnya:

HEADLINE: Menanti Sejarah Persebaya dan Arema FC di Final Piala Presiden 2019

Namun, di luar itu, siapapun rasanya setuju, Persebaya dan Arema FC memang layak tampil di partai puncak. Pasalnya, performa keduanya sepanjang digelar Piala Presiden 2019 begitu gemilang.

Persebaya, misalnya, dari enam laga sejak fase grup, tak sekalipun tim asuhan Djadjang Nurdjaman ini menderita kekalahan. Di semifinal, dalam dua laga lawan Madura United, Persebaya dua kali menang, 1-0 dan 3-2.

Begitu juga dengan Arema FC yang punya faktor mentereng sepanjang fase grup. Meski sempat kalah 0-1 dari Persela Lamongan, mereka mampu bangkit dan sukses menjadi tim terproduktif dengan mencetak 19 gol.

Bahkan, di dua laga semifinal lawan Kalteng Putra, Arema FC dua kali menang dengan skor sama, 3-0.

Wall Street Naik Menanti Nasib Perang Dagang AS-China

Liputan6.com, New York – Indeks acuan S&P 500 naik tipis, mendekati level tertinggi enam bulan pada hari Kamis (Jumat pagi WIB), dengan kerugian pada saham teknologi diimbangi dengan kenaikan di Boeing Co dan Facebook Inc karena investor menunggu kejelasan lebih lanjut soal pembicaraan perdagangan Amerika Serikat-China.

Negosiasi berlanjut di Washington setelah pertemuan pekan lalu di Beijing, ketika kedua negara berupaya menyelesaikan sengketa perang dagang, yang telah membayangi pertumbuhan ekonomi global.

Dilansir dari Reuters, Jumat (5/4/2019), Presiden AS Donald Trump akan bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Liu He, yang memimpin pihak China dalam perundingan. Harapan kesepakatan perdagangan telah menjadi faktor pendorong yang kuat bagi S&P 500 di awal kuartal II 2019. Indeks telah mencapai level tertinggi sejak 9 Oktober dan hanya 1,75 persen di bawah penutupan tertinggi sepanjang masa.

Juga membantu sentimen investor, data dari Departemen Tenaga Kerja AS menunjukkan bahwa klaim pengangguran turun ke level terendah dalam 49 tahun pada minggu lalu, menunjukkan kekuatan pasar tenaga kerja yang berkelanjutan.

“Anda melihat nomor klaim pengangguran, Anda melihat potensi kemajuan dalam kesepakatan perdagangan,” kata Shannon Saccocia, Kepala Investasi di Boston Private. Investor akan mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang pasar tenaga kerja AS pada hari Jumat, ketika laporan penggajian non-pertanian diharapkan.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 166,5 poin atau 0,64 persen menjadi 26.384,63, indeks S&P 500 naik 5,99 poin, atau 0,21 persen menjadi 2.879,39 dan Nasdaq Composite turun 3,77 poin atau 0,05 persen menjadi 7.891,78.

Tujuh dari 11 sektor S&P utama tercatat menguat. Sebaliknya, sektor teknologi turun 0,4 persen. Keuntungan di Facebook dan saham Boeing membantu mendorong S&P 500 ke depan.

Ancaman Penjara 1 Abad Menanti Najib Razak

Jakarta – Sidang perdana kasus dugaan korupsi yang melibatkan eks Perdana Menteri Malaysia Najib Razak digelar Rabu (3/4). Jika terbukti bersalah, Najib terancam hukuman 100 tahun penjara.

Penuntut mendakwa Najib dengan 42 dakwaan. Najib mengenakan pasal-pasal pidana pencuci uang, penyalahgunaan kekuasaan dan menyalahgunakan kepercayaan rakyat. Dia bisa dihukum 100 tahun penjara bila semua dinyatakan bersalah atas semua dakwaan.

Najib didakwa dengan tujuhan tuduhan yang berhubungan dengan pemindahan dana $AUD 14 juta (sekitar Rp 140 miliar) ke rekening pribadinya. Tim pengacara menyebut pihak penuntut sudah menyerahkan dokumen setebal tiga ribu halaman sebelum sidang dimulai.

Awalnya, Dana 1MDB dibuat oleh Najib sebagai sarana pembangunan ekonomi jangka panjang di Malaysia pada tahun 2009. Tetapi, kurang dari sepuluh tahun keberadaannya, badan tersebut sudah menjadi diselidiki dan melibatkan enam negara karena tuduhan pencucian uang dan penyalahgunaan dana.

Gugatan sipil yang diajukan oleh Kementerian Kehakiman Amerika Serikat menyebutkan penyalahgunaan dana hampir $AUD 6,3 miliar (Rp 6,3 T). Skandal ini menjadi salah satu penyebab kekalahan Najib Razak dalam pemilu di Malaysia bulan Mei tahun lalu.

Mahathir Mohamad yang pernah menjadi Perdana Menteri Malaysia selama 22 tahun kembali ke dunia politik dengan mengalahkan partai UMNO yang dipimpin Najib. Di usia 94 tahun, Mahathir langsung melakukan penyelidikan terhadap Najib dan sejumlah pihak yang dianggap bertanggungjawab atas dana 1MDB.

Jaksa penuntut menuduh bahwa Najib menggunakan posisinya sebagai PM untuk mendapatkan dana $AUD 793 juta dari 1MDB antara tahun 2011 sampai 2014 dan memindahkan sedikitnya $AUD 14 juta ke rekening pribadinya.

Departemen Kehakiman AS juga menuduh bahwa dana sebesar $AUD 936 juta dari 1MDB secara keseluruhan masuk ke rekening pribadi Najib. Mantan PM berusia 65 tahun tersebut dilarang meninggalkan Malaysia setelah kalah di pemilu bulan Mei, sebelum kemudian ditahan sejak bulan Juli.

Di hari-hari menjelang penahanannya, pihak berwenang menyita uang tunai, perhiasan, tas mahal dan jam tangan mewah yang secara keseluruhan bernilai $AUD 370 juta. Penyitaan itu melibatkan 22 petugas, dan dilakukan selama tiga hari dengan menggunakan enam mesin penghitung uang.

Terkait hal tersebut, Najib berulang-ulang membantah melakukan kesalahan. Dia mengaku tidak bersalah atas semua tuduhan itu dan menyebut dirinya sebagai korban dari pemerintah yang hendak melakukan balas dendam.

Dia mengatakan uang yang ada di rekening pribadinya berasal dari Arab Saudi dan dia sudah mengembalikan hampir semua dana tersebut.
(knv/knv)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

ONE A New Era: Menanti Debut Dua Petarung AS

Liputan6.com, Tokyo – Ada yang berbeda di ajang ONE Championship yang akan digelar di Ryogoku Kokugikan, Tokyo, Jepang, Minggu (31/3/2019). Bukan hanya lantaran inj akan jadi pertama kalinya One Championship menggelar ajang di Jepang, melainkan juga karena kehadiram dua petarung asal Amerika Serikat (AS) di ajang yang diberi tajuk ONE: A New Era ini.

Eddie Alvarez dan Demetrious Jhonson akan berdebut di One Championship. Alvarez akan berhadapan dengan Timofey Nastyukhin (Rusia) di kelas lightweight Sedangkan Johnson akan menghadapi petarung tuan rumah Yuya Wakamatsu di kelas flyweight.

Kehadiran Alvarez dan Johnson tentu saja menarik pehatian banyak pihak. Sebelum bergabung One Championship keduanya sudah lama malang-melintang di arena mixed martial arts (mma) terutama UFC.

Bahkan, keduanya pernah bergelar juara di UFC. Alvarez pernah menyandang juara kelas lighweight. Sedangkan Johnson pernah bergelar juara flyweight.

Alvarez sendiri mengaku sangat antusias menghadapi duel pertamanya di ONE Championship ini. Dia pun percaya diri bisa mengalahkan sang lawan.

“Saya menginginkan lawan terberat dan saya mendapatkannya,” ujar Alvarez, yang juga pernah berhadapan dengan Connor McGregor. ” Saya sudah berlatih keras untuk duel ini. Saya siap tempur.”

Engelen Siap Kibarkan Merah Putih di One: A New Era

Prediksi Barcelona Vs Espanyol: Menanti Gol Lionel Messi

Jakarta Barcelona akan menjamu sang rival sekota Espanyol di Camp Nou pada jornada 29 La Liga 2018-2019 pada Sabtu (30/3/2019). Barcelona sepertinya tidak perlu cemas dengan kondisi dua dari tiga penyerang terbaiknya.

Lionel Messi dan Luis Suarez dikabarkan fit untuk derby ini. Hanya Ousmane Dembele yang masih harus menepi.

Messi mengalami cedera panggul ketika kembali memperkuat tim nasional Argentina. Messi mendapatkannya saat melawan Venezuela, dan tidak ikut ketika menghadapi Maroko dalam laga kedua Argentina di jeda internasional.

Namun, setelah beristirahat empat hari, Messi sudah bisa kembali berlatih bersama Barcelona. Suarez pun demikian.

Suarez mengalami cedera engkel ketika melawan Real Betis sebelum jeda internasional. Suarez tak dipanggil Timnas Uruguay, jadi bisa fokus pada penyembuhannya di Barcelona. Sama seperti Messi, dia juga telah kembali berlatih normal.

Messi telah mencetak 23 gol dalam 32 penampilan melawan Espanyol di semua ajang. Sementara itu, Suarez sudah mencetak sembilan gol dalam 12 penampilan melawan tim yang sama.

Ini jelas bukan kabar bagus buat Espanyol, yang akan bertandang ke Camp Nou tanpa sejumlah pemain pilarnya. Di lini serang, mungkin cuma Borja Iglesias yang bisa menjadi ancaman buat Barcelona.

Borja Iglesias adalah top scorer sementara Espanyol di La Liga musim ini dengan torehan 11 golnya.

Melihat performa, Espanyol juga kurang meyakinkan. Hanya dua kemenangan dalam sepuluh pertandingan terakhir di La Liga jelas bukan modal bagus untuk bertandang ke markas Barcelona.

Espanyol memang sukses mencuri hasil imbang dalam tiga laga tandang terakhirnya di La Liga, yakni melawan Villarreal, Valencia dan Athletic Bilbao.

Namun lawatan ke Camp Nou memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Dalam sembilan lawatan terakhir ke tempat ini di La Liga, Espanyol selalu tumbang, bahkan kebobolan total 31 gol dan hanya bisa mencetak dua.

9 Pemain yang Diinginkan Zidane untuk Real Madrid