Prabowo Buka-bukaan Kriteria Kabinet Pemerintahan Bila Menang Pilpres

JakartaCapres Prabowo Subianto buka-bukaan mengenai kriteria kabinet menteri ideal jika menang Pilpres 2019. Seperti apa?

Buka-bukaan kabinet menteri itu disampaikan Prabowo saat berpidato di acara Aliansi Pengusaha Nasional di Djakarta Theater, Kamis (21/3/2019). Prabowo awalnya menyapa Sandiaga Uno yang berdiri menemani dia berpidato.

“Kalau lihat nanti kira-kira kabinet kita bagaimana Pak Sandi?” sebut Prabowo.

Kriteria kabinet Prabowo yang pertama harus diisi putra-putri bangsa yang pintar. Mereka juga harus berusia muda.

“Saya kasih kriteria ya, yang pertama harus, harus pinter, tapi tidak hanya pinter, harus punya akhlak dan harus muda,” kata Prabowo.

“Tapi tidak hanya muda, harus berpihak kepada bangsa sendiri. Kita akan mencari putra putri terbaik Indonesia. Kita ingin tadi nakhoda tadi disinggung Pak Erwin, navigasi harus benar, tidak boleh salah kita,” ucapnya. Erwin yang dimaksud Prabowo ialah Erwin Aksa.

Prabowo meminta pendukungnya tak menyalahkan siapa pun untuk saat ini. Dia ingin semua maju menatap masa depan.

Selain anak muda, Prabowo tak menutup kemungkinan mengangkat menteri senior. Namun, menteri senior itu harus memenuhi beberapa kualifikasi.

“Yang senior-senior kalau masih capable, masih hebat, masih punya pengalaman akan kita pakai juga. Di situ kira-kira mungkin… kalian sudah tebaklah kira-kira. Jadi saudara-saudara kita akan bikin tim yang hebat karena kita ingin Indonesia menang,” tegas Prabowo.

(gbr/fdn)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Lolos Parlemen Versi Kompas, Airlangga: Kelihatannya Golkar Sudah Menang

Selain Golkar, lima parpol yang elektabilitasnya berada di melebihi ambang batas masuk parlemen, yaitu PDIP 26,9 persen, Gerindra 17,0 persen, PKB 6,8 persen, Demokrat 4,6 persen, dan PKS 4,5 persen.

Sedangkan tujuh partai lainnya mendapat suara yang jauh di bawah ambang batas lolos ke parlemen sebesar 4 persen.

Dari survei itu, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menjadi partai baru yang paling tinggi resistansinya atau dengan kata lain paling ditolak masyarakat. Dengan elektabiltas 0,9 persen, resistansi masyarakat terhadap partai baru pimpinan Grace Natalie ini ditolak oleh 5,6 persen masyarakat.

Selanjutnya adalah Perindo dengan elektabilitas 1,5 persen, resistensinya 1,9 persen. Kemudian Berkarya elektabilitas 0,5 persen, resistensinya 1,3 persen. Selanjutnya, Garuda elektabilitas 0,2 persen, resistensinya 0,9 persen.

Selain survei mengenai resitensi parpol baru, survei Kompas juga menunjukkan Hanura, partai yang mempunyai kursi DPR 2014-2019, terancam gagal masuk Senayan karena elektabilitasnya hanya berkisar 0,9 persen.

Sementara partai lama yang tidak lolos parlemen pada 2014-2019 seperti PBB dan PKPI, berpotensi kembali gagal, karena elektabiltasnya masing-masing 0,4 persen dan 0,2 persen.

Survei juga menunjukkan partai-partai seperti Nasdem, PPP dan PAN belum aman. Sebab, dengan elektabilitas Nasdem (2,6 persen), PPP (2,7), PAN (2,9), masih dalam rentang margin of error dari ancaman ketidaklolosan ambang batas parlemen 4 persen.

Usai Menang ‘Duel’, Crazy Rich India Bantu Adiknya yang Bangkrut

Jakarta – Pertarungan kakak beradik orang terkaya di India mereda. Sang kakak, Mukesh Ambani akhirnya memberi bantuan kepada adiknya Anil Ambani yang jatuh bangkrut.

Anil Ambani, melalui perusahaannya Reliance Communication sebenarnya merupakan salah satu pemain besar bisnis telekomunikasi di India. Namun, bisnisnya hancur, tak lain disebabkan oleh kakaknya sendiri Mukesh Ambani yang diduga melakukan perang harga secara tidak sehat.

Pada tahun 2016 lalu, Mukesh meluncurkan Reliance Jio yang menawarkan paket internet 4G gratis selama 6 bulan. Lalu, banting harga dari 206 rupee menjadi 12 rupee di tahun 2018.

Mengutip CNN, Senin (20/3/2019), bulan lalu pengadilan tinggi India memerintahkan Anil Ambani dan perusahaannya Reliance Communications untuk membayar utang sebesar 5,5 miliar rupee atau setara US$ 80 juta kepada perusahaan ponsel asal Swedia, Ericsson pada Rabu atau ia menghadapi 3 bulan masa tahanan.
Sampai Senin mendekati waktu pembayaran, utang masih belum lunas. Kemudian, dikabarkan Mukesh sang kakak dengan kekayaan lebih dari US$ 50 miliar masuk membantu.

Reliance Communications dalam sebuah pernyataan menyebut, Senin malam telah membayar penuh utang kepada Ericsson. Anil Ambani pun berterima kasih pada kakak serta iparnya.

“Terima kasih saya yang tulis dan sepenuh hati kepada kakak lelaki saya yang terhormat, Mukesh dan Nita, karena telah mendampingi saya selama masa-masa sulit ini. Dan menunjukkan pentingnya tetap setiap pada nilai-nilai keluarga kita yang kuat,” ujarnya.

Saham Reliance Communication melesat 10% pada perdagangan Selasa usai berita tersebut.

Juru bicara perusahaan Mukesh Ambani enggan berkomentar berapa besar bantuan yang diberikan ke Anil. Tapi, media lokal menyebut sekitar 4,8 miliar rupee atau sekitar US$ 70 juta.

(fdl/fdl)

Jokowi-Prabowo Selisih 11,8% di Survei Kompas, TKN Tetap Optimistis Menang

Jakarta – Selisih elektabilitas capres Joko Widodo (Jokowi) dengan Prabowo Subianto sebesar 11,8% dalam survei yang dirilis Litbang Kompas. Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin meyakini pasangan nomor urut 01 ini memenangkan Pilpres 2019.

“Hasil survei Litbang Kompas memang yang menunjukkan selisih antar 01 dan 02 yang paling tipis. SMRC akhir pekan lalu menunjukkan selisih yang sangat besar sekitar 25%. Namun demikian, selisih sekitar 13% dengan margin of errors sekitar 3% merupakan selisih yang sangat sulit dikejar Pak Prabowo. Kami sangat optimis menang, tinggal menentukan seberapa tebal kemenangan kami,” kata Wakil Sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf, Raja Juli Antoni kepada wartawan, Rabu (20/3/2019).

Dalam survei yang digelar Litbang Kompas, elektabilitas Jokowi mencapai 49,2%. Angka ini menurun 3,4% dari survei yang dirilis bulan Oktober 2018. Toni menjelaskan, tim kampanye di pusat hingga daerah akan bekerja keras memenangkan Jokowi di sisa masa kampanye.

Wakil Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf, Raja Juli Antoni.Wakil Sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf, Raja Juli Antoni. Foto: Muhammad Ridho

“Jadi, kami ucapkan terima kasih kepada Litbang Kompas yang mengeluarkan hasil survei hari ini. Hasilnya akan memotivasi kami untuk bekerja lebih tekun meyakinkan rakyat bahwa Pak Jokowi-Kiai Ma’ruf adalah pemimpin terbaik bagi rakyat,” ujar Toni.
Survei Litbang Kompas digelar pada 22 Februari-5 Maret 2019 dengan melibatkan 2.000 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi Indonesia. Margin of error survei ini plus-minus 2,2% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Berikut hasil survei yang dirilis Litbang Kompas:

Jokowi-Ma’ruf Amin 49,2%
Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 37,4%
Rahasia 13,4%
(dkp/imk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Survei Kompas: Jokowi Menang di NTB-NTT-Bali, Prabowo Unggul di Sumatera

Jakarta – Survei Kompas memperlihatkan selisih elektabilitas Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto di Pilpres 2019 makin tipis. Hasil ini juga terlihat dalam elektabilitas per wilayah.

Prabowo mengungguli Jokowi di DKI Jakarta serta Jabar dan Banten. Sementara itu, Jokowi menang di Jateng serta DIY dan Jatim. Secara total, elektabilitas Jokowi di Pulau Jawa masih di atas Prabowo.

Di luar Jawa, Jokowi unggul di Kalimantan, Sulawesi, NTB, NTT, Bali Maluku, dan Papua. Di sisi lain, Prabowo lebih merebut hati pemilih di Pulau Sumatera.

Survei digelar pada 22 Februari-5 Maret 2019 dengan melibatkan 2.000 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi Indonesia. Margin of error survei ini plus-minus 2,2 persen dengan tingkat kepercayaan 95%.

Berikut pilihan capres-cawapres berdasarkan wilayah:

Jakarta
01. Jokowi-Ma’ruf Amin 36,3%
02. Prabowo-Sandiaga 47,5%
Rahasia 16,3%

Jabar+Banten
01. Jokowi-Ma’ruf Amin 42,1%
02. Prabowo-Sandiaga 47,7%
Rahasia 10,2%

Jateng+DIY
01. Jokowi-Ma’ruf Amin 61,6%
02. Prabowo-Sandiaga 18,4%
Rahasia 20%

Jatim
01. Jokowi-Ma’ruf Amin 57,1%
02. Prabowo-Sandiaga 27,8%
Rahasia 15,1%

Jawa (total)
01. Jokowi-Ma’ruf Amin 51,3%
02. Prabowo-Sandiaga 34%
Rahasia 14,7%

Sumatera
01. Jokowi-Ma’ruf Amin 37%
02. Prabowo-Sandiaga 50,5%
Rahasia 12,5%

Kalimantan
01. Jokowi-Ma’ruf Amin 51,6%
02. Prabowo-Sandiaga 35,5%
Rahasia 12,9%

Sulawesi
01. Jokowi-Ma’ruf Amin 45%
02. Prabowo-Sandiaga 41,4%
Rahasia 13,6%

NTB+NTT+Bali
01. Jokowi-Ma’ruf Amin 68,5%
02. Prabowo-Sandiaga 25%
Rahasia 6,5%

Maluku+Papua
01. Jokowi-Ma’ruf Amin 59,4%
02. Prabowo-Sandiaga 31,3%
Rahasia 9,4%
(imk/rvk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Fadli Zon Nilai Dukungan Erwin Aksa Tambah Peluang Menang Prabowo-Sandi

Liputan6.com, Jakarta – Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Fadli Zon menyambut baik dukungan mantan Politikus Partai Golkar Erwin Aksa pada Prabowo-Sandiaga. Menurut dia, dukungan Erwin semakin menambah kekuatan pasangan 02 untuk menang Pilpres 2019.

“Saya kira bagus ya. Itu menunjukkan bahwa semakin banyak dukungan semakin positif bagi peluang Pemenangan Prabowo-Sandi,” kata Fadli Zon di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (19/3/2019).

Di tempat yang sama, Juru Bicara BPN Edhy Prabowo juga menilai dukungan Erwin bisa memperkuat barisan Prabowo-Sandi. Keputusan Erwin ditegaskannya tidak diintervensi oleh BPN.

“Saya pikir keputusan ini atas pertimbangan yang luar biasa. Kami sendiri enggak mungkin mengintervensi ya kan,” ungkapnya.

Edhy menambahkan, keberadaan Erwin juga bisa meringankan pekerjaan BPN. Sehingga bisa menambah jumlah suara pendukung Prabowo-Sandi.

“Kami bersyukur semakin banyak dukungan yang menguatkan kami, akan semakin meringankan pekerjaan dan semakin memudahkan mendulang suara sebanyak-banyaknya,” ucap dia.

Menang Banyak, Gaji PNS Naik Mulai April 2019

Jakarta – Mulai April 2019, pemerintah akan membayarkan gaji pegawai negeri (PNS) dengan besaran yang baru. PNS pusat, daerah, TNI, Polisi, dan para pensiunan akan mendapatkan kenaikan gaji sebesar 5%.

Keputusan tersebut sudah tertuang dalam APBN Tahun Anggaran 2019 dan pembahasannya sudah disepakati antara pemerintah dengan dewan perwakilan rakyat (DPR).

Para abdi negara ini menang banyak karena pembayaran gaji di April juga akan membayar selisih kenaikan gaji yang terhitung mulai Januari-Maret 2019.

Berikut berita selengkapnya: (hek/ang)

BPN: Prabowo Menang, Pelajar Sekolah Libur Sebulan Selama Ramadan

Liputan6.com, Jakarta – Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzhar Simanjutak mengatakan, Prabowo-Sandiaga akan meliburkan kegiatan belajar di sekolah selama Bulan Ramadan, bila menang di Pilpres 2019.

Menurut Dahnil, libur selama sebulan saat Ramadan merupakan tradisi baik di era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang perlu dilanjutkan.

Tak hanya ditingkatan sekolah dasar hingga menengah atas, libur satu bulan juga diberlakukan bagi mahasiswa.

“Kita mengikuti tradisi, ingin melanjutkan tradisi kiai Pak Abdurrahman Wahid. Kita ingin melanjutkan tradisi Gus Dur dulu yang ketika Ramadan diliburkan penuh, seluruh siswa termasuk kampus ya,” kata Dahnil di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Dahnil juga menjelaskan pentingnya meliburkan pelajar saat Ramadan. Salah satu alasannya agar para pelajar bisa fokus belajar ilmu agama. 

“Tentang akhlak selama satu bulan itu. Jadi nanti kementerian pendidikan akan buat kebijakan terkoneksi dengan masjid, pesantren, supaya anak-anak kita semuanya diarahkan pada pendidikan agama Islam,” ungkap dia. 

Hasil Liga Italia: Duel Seru dengan Milan, Inter Menang 3-2

MilanInter Milan memenangi duel seru dengan AC Milan di lanjutan Serie A. Nerazzuri memenangi derby Milan 3-2.

Di San Siro, Senin (18/3/2019) dinihari WIB, jalannya laga lanjutan Liga Italia berjalan seimbang. ESPN FC mencatat bahwa Inter unggul sedikit penguasaan bola dengan catatan 55 persen.

Inter mencatatkan peluang lebih banyak dalam derby della Madonnina. Ada 14 tembakan yang dilepaskan, lima mencapai sasaran. Sementara Milan tiga percobaan lebih sedikit dengan catatan shot on target yang sama.

Gol La Beneamata di laga ini dibukukan oleh Matias Vecino, Stefan de Vrij, dan Lautaro Martinez. Balasan Milan tercatat atas nama Tiemoue Bakayoko dan Mateo Musacchio.

Dengan kemenangan ini, Inter menggeser Milan dari posisi ketiga klasemen. Tim Biru-Hitam mengumpulkan 53 poin, unggul dua angka dari Milan di peringkat keempat.

Jalannya Pertandingan

Inter unggul cepat! Umpan silang Ivan Perisic sukses disundul oleh Martinez, bukan ke arah gawang, melainkan ke tengah. Matias Vecino menyambar bola masuk ke gawang dari jarak dekat pada menit ketiga.

Milan membalas serangan 5 menit berselang. Tendangan jarak jauh Lucas Paqueta sudah tepat sasaran, namun belum membuahkan penyama kedudukan.

Percobaan kedua Vecino pada menit ke-16 belum berhasil. Bolanya bisa diblok.

Peluang Inter berikutnya didapat oleh Matteo Politano. Tendangan kaki kirinya dari luar kotak penalti belum menyentuh jaring.

Inter gagal memanfaatkan peluang emas pada menit ke-41. Tendangan sudut Marcelo Brozovic bisa ditanduk Milan Skriniar. Sial bagi Inter, arahnya menyamping.

Jalannya pertandingan di babak pertama berjalan seimbang. Penguasaan bola dalam catatan ESPN FC besarnya 50:50.

Tiga menit selepas restart, Gianluigi Donnarumma melakukan penyelamatan untuk Milan. Tendangan jarak jauh Roberto Gagliardini bisa ditepis.

Inter menggandakan keunggulan pada menit ke-51. Berawal dari tendangan sudut, Matteo Politano bisa mengirim umpan silang matang. De Vrij mampu menyundul bola masuk ke gawang.

Milan menipiskan ketertinggalan pada menit ke-57. Gol itu juga hasil dari bola mati. Tendangan bebas Hakan Calhanoglu disundul masuk ke gawang oleh Tiemoue Bakayoko.

Politano dilanggar oleh pemain Milan, Samu Castillejo di dalam kotak penalti pada menit ke-66. Wasit menunjuk titik putih. Martinez menjadi eksekutor, bisa menceploskan bola ke gawang.

Milan menipiskan kedudukan lagi pada menit ke-71. Sebuah kemelut di muka gawang Inter diselesaikan oleh Mateo Musacchio dari jarak dekat.

Andrea Conti mendapat kartu merah pada menit ke-88 karena tekel pada Lautaro Martinez. Kartu itu dianulir setelah wasit melihat video assistant referee.

Kiper Inter, Samir Handanovic, melakukan penyelamatan pada masa injury time. Sundulan Castillejo berhasil dicegah tak masuk ke gawang.

Peluang terakhir Milan yang dilepaskan oleh Patrick Cutrone dari jarak dekat masih bisa ditepis oleh Danilo D’Ambrosio.

Hingga laga bubar tak ada gol tambahan yang tercipta. Inter menang 3-2.

Susunan Pemain

Milan: Donnarumma, Calabria, Musacchio, Romagnoli, Rodriguez (Cutrone 57), Kessie (Conti 66), Bakayoko, Paqueta (Castillejo 46), Suso, Piatek, Calhanoglu

Inter: Handanovic, D’Ambrosio, De Vrij, Skriniar, Asamoah, Vecino (Ranocchia 90), Brozovic (Valero 73), Gagliardini, Politano (Candreva 84), Lautaro Martinez, Perisic

(cas/rin)