Barcelona Bangkit untuk Kalahkan Sevilla Berkat Hattrick Messi

Jakarta Barcelona meraih kemenangan 4-2 atas Sevilla pada laga La Liga di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Sevilla, Sabtu (23/2/2019). Lionel Messi tampil sebagai bintang dengan mencetak tiga gol.

Pada laga tersebut, Barcelona sebenarnya sempat dua kali dalam posisi tertinggal. Jesus Navas membuka keunggulan tuan rumah melalui golnya pada menit ke-22.

Tidak lama berselang, Messi menyamakan skor pada menit ke-26. Gol penyeimbang ini terbilang indah karena dicetak dengan teknik tendangan voli.

Akan tetapi, Sevilla kembali unggul saat tiga menit sebelum babak pertama berakhir. Sepakan keras Gabriel Mercado gagal diamankan kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen.

Tertinggal 1-2 membuat Barcelona lebih gencar melakukan serangan pada babak kedua. Hasilnya baru diperoleh pada menit ke-67, saat tembakan kaki kanan Messi mengoyak jala Sevilla.

Messi akhirnya melengkapi hattrick pada menit ke-85. Barcelona pun berbalik unggul atas Sevilla untuk kali pertama pada laga tersebut.

Jelang laga berakhir, Barcelona menambah pundi-pundi gol. Kali ini, Luis Suarez mencatatkan nama di papan skor setelah memaksimalkan umpan Messi. Laga berakhir 4-2 untuk kemenangan Barcelona.

Susunan pemain

Sevilla: 1-Tomas Vaclik; 25-Gabriel Mercado (22-Franco Vazquez 51), 4-Simon Kjaer, 3-Sergi Gomez, 14-Maximilian Wober (5-Ibrahim Amadou 58); 16-Jesus Navas, 10-Ever Banega, 20-Marko Rog (7-Roque Mesa 62), 21-Quincy Promes; 17-Pablo Sarabia; 9-Wissam Ben Yedder

Pelatih: Pablo Machin

Barcelona: 1-Marc-Andre ter Stegen; 2-Nelson Semedo (20-Serg Roberto 46), 3-Gerard Pique, 23-Samuel Umtiti, 18-Jordi Alba; 22-Arturo Vidal (11-Ousmane Dembele 46), 5-Sergio Busquets, 4-Ivan Rakitic; 10-Lionel Messi, 9-Luis Suarez, 7-Philippe Coutinho (21-Carles Alena 79)

Pelatih: Ernesto Valverde

Wasit: Antonio Mateu

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini:

Ketum PBVSI Kagum dengan Persaingan di Proliga 2019

Liputan6.com, Yogyakarta – Proliga 2019 telah memasuki babak akhir. Di bagian putri, Jakarta PGN Popsivo Polwan tampil sebagai juara usai mengalahkan Jakarta Pertamina Energi pada laga final di GOR Among Rogo, Yogyakarta, Sabtu (23/2/2019).

Popsivo mengalahkan sang juara bertahan Proliga lewat pertandingan ketat dan menegangkan dengan skor 3-2 (15-25, 25-22, 21-25, 25-23,15-21). Sementara posisi ketiga ditempati Jakarta BNI 46 usai mengalahkan Bandung Bank BJB Pakuan dengan skor 3-1 (18-25, 25-15, 25-18, 25-19).

Ketua Umum PBVSI Imam Sudjarwo mengungkapkan kekagumannya atas laga grand final. “Grand final dan perebutan tempat ketiga serta sangat luar biasa,” ucapnya usai pertandingan.

Menurut Imam, sengitnya laga grand final Proliga 2019 menunjukkan kekuatan pemain di semua klub telah merata. “Ini artinya upaya pembinaan ke depan semakin bagus. Yang dilakukan klub-klub dan PB PBVSI ada sebuah kemajuan,” kata Imam.

2 dari 3 halaman

Ajang Selanjutnya

Imam menyebut Proliga 2019 sebagai persiapan untuk timnas bola voli Indonesia guna menghadapi ajang berikutnya. Pada Agustus mendatang, timnas voli putri akan ambil bagian dalam Asian Senior Women’s Volley Ball Championship di Seoul, Korea.

Begitu juga dengan timnas putra yang akan tampil pada ajang serupa yang akan berlangsung di Teheran, Iran, pada September mendatang.

3 dari 3 halaman

Enam Klub

Kembali Proliga, Imam mengatakan pihaknya akan berupaya untuk jumlah peserta baik di putra dan putri berjumlah enam tim. “Ke depan kita akan berupaya menambah jumlah peserta, minimal ada enam tim putra dan putri.

Pada Proliga 2019, di bagian putra ada enam tim. Sedangkan di putri hanya diikuti lima tim setelah Petrokimia Gresik mundur pada musim ini.

JK Tepis Isu TNI akan Kembali Dwifungsi

Jakarta – Isu TNI masuk lembaga sipil dan menjadi dwifungsi kembali merebak setelah Presiden Jokowi mengumumkan akan menambah 60 pos jabatan baru untuk perwira tinggi (pati) TNI. Wapres Jusuf Kalla menampik isu itu.

“Saya kira ndak ada, dwifungsi itu ndak ada,” tegas JK saat menghadiri Forum Silaturahmi Gawagis Nusantara di Hotel Wyndham Surabaya, Sabtu (23/2/2019).

“Itu di undang-undang tidak diperkenankan tentu memberikan fasilitasi perwira-perwira untuk jabatan tertentu sangat terpilih sesuai aturan saja,” lanjutnya.


JK menambahkan pelibatan TNI itu akan dilihat dulu untuk apa. Jika difungsikan untuk penanganan bencana atau hal-hal yang genting, memang diperbolehkan sesuai dengan undang-undang.

“Tergantung pelibatan apa. Kemarin pelibatan untuk bencana penting tapi tergantung apa. Ya nantilah, itu sesuai UU,” tuturnya.

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Meoldoko sebelumnya juga menepis isu itu. Moeldoko mengaku menangkap adanya ketakutan bahwa TNI akan menjadi dwifungsi lagi. Namun dia sendiri mengatakan tidak yakin akan hal itu.

“Ada ketakutan jangan-jangan TNI nanti masuk ke dwifungsi lagi, ini saya jawab dulu, nih. Menurut saya tidak,” kata Moeldoko saat ditemui di kantor KSP, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (19/2).

Sementara itu, anggota Ombudsman Ninik Rahayu menilai isu itu berpotensi maladministrasi. Jika dilihat dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 (UU ASN) dan PP Nomor 11 Tahun 2017, pintu masuk prajurit ke wilayah sipil sudah ditutup rapat-rapat.

Nanik menyebut prajurit TNI harus mengundurkan diri bila hendak menduduki jabatan sipil. Prosedur itu, disebut Ninik, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

“Kalau dilihat di Pasal 39 (UU TNI), prajurit dilarang masuk ke ruang politik, bisnis yang berkaitan legislasi dan politis. Di UU yang sama Pasal 47 mengatakan prajurit, kalau mau masuk sipil, harus berhenti, mundur. Ikuti proses rekrutmen ASN. Kalau dia ikut, ada fit and proper test. Kalau fit-nya dia nggak berhasil, dia nggak bisa kembali ke TNI,” ujar Ninik di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (21/2).
(idh/idh)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Fungsi Lain GPS Tracker pada Kendaraan Bermotor

Liputan6.com, Jakarta – Kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di Indonesia masih sering terjadi dan tergolong tinggi. Setiap hari ada saja laporan ataupun informasi mengenai kendaraan yang hilang dicuri.

Meskipun telah menambah kunci pengaman pada kendaraan, nyatanya pelaku curanmor masih mampu melakukan aksinya. Untuk itu, agar kendaraan kesayangan dapat terpantau setiap waktu, memasang GPS Tracker bisa menjadi solusi.

Di pasaran, banyak tersedia beragam produk GPS Tracker. Salah satunya Juragan GPS yang ditawarkan PT. Globaltrackindo Profesional Sistem (GPS).

Juragan GPS memiliki tiga produk yakni tipe GT 06N dan GT303 untuk sepeda motor dan mobil, serta GT103 untuk truk dan bus.

Tidak hanya berfungsi sebagai monitoring aset, produk ini turut berperan sebagai provider yang memberikan solusi lengkap dalam bidang Fleet Management Transportasi.

Artinya, pergerakan kendaraan yang terpasang GPS Tracker bisa terpantau secara lengkap, mulai dari laporan jarak tempuh hingga estimasi penggunaan bahan bakar.

Selain itu, jika kendaraan keluar dari zona yang telah ditentukan maka akan ada notifikasi yang masuk ke aplikasi.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Briyan Alamanda selaku Head of Operation Juragan GPS mengatakan, Juragan GPS telah mempersiapkan produk dan teknologi untuk dapat bertahan pada iklim di Indonesia, baik dari panasnya cuaca hingga besarnya curah hujan yang mengakibatkan banjir.

“Banjir menjadi salah satu perhatian yang sangat penting bagi kami. Untuk itu setiap unit Juragan GPS telah melewati pengujian akan ketahanan terhadap air bahkan metode pengetesan dilakukan dengan memasukkan produk ke dalam air sedalam lima meter dan hasilnya masih berfungsi dengan baik,” jelas Briyan dalam keterangan resminya.

Lebih lanjut ia menyebutkan, Juragan GPS memberikan garansi software dan hardware untuk tiap produknya.

“Untuk garansi penggantian unit baru berlaku selama satu tahun untuk tipe GT 06N dan GT303 (roda dua dan roda empat). Sementara varian GT103 untuk kendaraan jenis truck dan bus memiliki garansi selama dua tahun,” katanya.

Mengenai harga, GPS Tracker GT 06N untuk sepeda motor dilepas seharga Rp 1,1 juta dengan garansi 1 tahun, free abodemen data selama 2 bulan serta free instalasi.

“Sedangkan varian GPS Tracker berkode GT 303 dihargai Rp 1,4 juta dengan garansi 1 tahun, free abodemen data 3 bulan dan gratis jasa pemasangan,” pungkas Briyan.

4 Fakta Menarik Kemenangan Timnas Indonesia U-22 Atas Kamboja

Jakarta Timnas Indonesia U-22lolos ke semifinal Piala AFF U-22 2019 setelah menang 2-0 atas Kamboja di laga terakhir Grup B di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Jumat (22/2/2019). Kemenangan tersebut memiliki sejumlah arti bagi Tim Garuda Muda.

Sebelum menghadapi Kamboja, Timnas Indonesia U-22 dalam kondisi tertekan karena masih bersaing ketat dengan Malaysia dan Myanmar untuk lolos ke semifinal sebagi runner-up Grup B. Satu tempat di semifinal dari juara Grup B sudah dipastikan oleh Kamboja yang meraih dua kemenangan atas Malaysia dan Myanmar di dua laga sebelumnya.

Kemenangan atas Kamboja menjadi harga mati bagi tim asuhan Indra Sjafri itu untuk melangkah semifinal. Berkat dua gol yang dicetak Marinus Wanewar, Tim Garuda Muda berhasil mengamankan tempat di semifinal meski di pertandingan Grup B lainnya Malaysia menang 1-0 atas Myanmar.

Kamboja yang berhasil membungkam Malaysia dan Myanmar seakan tidak berdaya menghadapi serangan bergelombang yang dilakukan Osvaldo Haay dkk. Bahkan para pemain depan mereka sampai frustrasi untuk bisa menembus pertahanan Tim Garuda Muda yang dikawal Nurhidayat Haji Haris, Bagas Adi Nugroho, Firza Andika, dan Asnawi Mangkualam.

Penampilan baik Awan Setho di bawah mistar gawang Timnas Indonesia U-22 membuat para pemain tim tuan rumah semakin frustrasi sepanjang pertandingan. Pada akhirnya Kamboja tetap bisa tersenyum karena sudah memastikan diri melangkah ke babak empat besar Piala AFF U-22 2019 sebagai juara Grup B.

Beberapa hal menarik dirangkum Bola.com dari hasil pertandingan antara Timnas Indonesia U-22 kontra Kamboja.

2 dari 5 halaman

Marinus Wanewar Cetak 2 Gol Dalam 1 Laga untuk Timnas Indonesia

Dua gol yang dicetak Marinus Wanewar dalam pertandingan kontra Kamboja menjadi sebuah momen yang sangat berharga bagi pemain asal Papua tersebut. Dua golnya ke gawang Kamboja tak hanya membawa Timnas Indonesia U-22 lolos ke semifinal Piala AFF U-22 2019, tapi juga membuktikan ketajaman dirinya sebagai seorang striker.

Dalam pertandingan kontra Kamboja, Marinus Wanewar untuk pertama kalinya berhasil mencetak dua gol dalam satu pertandingan untuk Timnas Indonesia. Sebuah fakta yang membuktikan Marinus Wanewar mampu menjadi striker yang tajam di kotak penalti lawan.

Piala AFF U-22 2019 menjadi turnamen kedua yang dijalani Marinus Wanewar bersama Tim Garuda Muda. Sebelumnya, Marinus Wanewar memperkuat Timnas Indonesia U-22 untuk pertama kalinya pada SEA Games 2017 asuhan Luis Milla.

Tercatat dalam turnamen pertamanya pada Agustus 2017 itu, Marinus Wanewar hanya berhasil mencetak satu gol. Yang menarik, satu-satunya gol yang dicetak Marinus dalam turnamen itu terjadi saat Timnas Indonesia U-22 menang tipis 1-0 atas Timor Leste, di mana golnya menjadi sangat penting saat itu.

Laga kontra Malaysia di Piala AFF U-22 2019, Rabu (20/2/2019), menjadi laga di mana Marinus berhasil kembali mencetak gol untuk Tim Garuda Muda setelah 2018 tak memperkuat tim nasional. Akhirnya dua gol Marinus ke gawang Kamboja menambah pembendaharaan golnya untuk Timnas Indonesia.

3 dari 5 halaman

Marinus Bersaing dengan Striker Vietnam untuk Menjadi Top Scorer Piala AFF U-22 2019

Tak hanya berhasil membuktikan kualitasnya sebagai seorang striker yang tajam di lini depan, Marinus Wanewar yang mencetak dua gol ke gawang Kamboja juga memantapkan namanya di daftar pencetak gol terbanyak sementara Piala AFF U-22 2019.

Dengan tambahan dua gol ke gawang Kamboja, sejauh ini Marinus sudah mencetak tiga gol di Piala AFF U-22 2019. Pemain asal Papua itu untuk sementara berada di daftar teratas pencetak gol bersama striker Vietnam, Tran Danh Trung.

Seperti halnya Marinus, striker muda Vietnam yang masih berusia 18 tahun itu juga awalnya hanya mencetak satu gol di pertandingan pertama Vietnam kontra Filipina. Saat itu Vietnam menang 2-1. Dua gol tambahan dicetak Tran Danh Trung saat Vietnam menang telak 4-0 atas Timor Leste di laga kedua.

Dengan bersaing di daftar pencetak gol sementara Piala AFF U-22 2019, Marinus Wanewar pasti termotivasi untuk terus memberikan yang terbaik bagi Timnas Indonesia U-22. Setidaknya, Marinus harus bisa membuktikan dirinya lebih baik daripada Tran Danh Trung ketika Timnas Indonesia U-22 dan Vietnam berhadapan di semifinal.

4 dari 5 halaman

Kamboja Kebobolan untuk Pertama Kalinya di Piala AFF U-22 2019

Dua gol yang dicetak Marinus Wanewar ke gawang Kamboja tak hanya menjadi bukti ketajaman dirinya sebagai striker Timnas Indonesia U-23. Namun, dua gol tersebut menjadi pil pahit bagi Kamboja yang dalam dua pertandingan pertama mereka sama sekali tidak kebobolan.

Momen umpan silang yang dilepaskan Witan Sulaeman ke jantung pertahanan Kamboja pada menit ke-19 menjadi mimpi buruk bagi tim tuan rumah. Meski sempat merasa berhasil menggagalkan peluang Timnas Indonesia U-22, keuletan Marinus Wanewar mencari bola dan menceploskannya ke gawang Kamboja menjadi akhir dari sebagian cerita bahagia tim tuan rumah.

Gol tersebut mencoreng catatan positif Kamboja di Piala AFF U-22 2019. Tim tuan rumah itu sebelumnya berhasil mencatatkan cleansheet dalam dua pertandingan pertama mereka.

Kamboja berhasil mengamankan gawangnya dari serbuan pemain muda Malaysia di pertandingan pertama Grup B Piala AFF U-22 pada Senin (18/2/2019). Saat itu Kamboja berhasil meraih tiga poin pertama berkat kemenangan tipis 1-0.

Cleansheet Kamboja berlanjut di pertandingan kedua. Tim asuhan Felix Dalmas itu berhasil menjaga gawangnya tetap perawan di laga kedua yang berakhir dengan kemenangan 2-0.

Marinus Wanewar berhasil mematahkan tren positif tim tuan rumah dengan dua gol yang dicetaknya di pertandingan terakhir Grup B Piala AFF U-22.

5 dari 5 halaman

Meski Kalah dari Indonesia, Kamboja Cetak Sejarah Lolos dari Fase Grup

Meski berstatus menjadi tuan rumah dalam Piala AFF U-22 2019, tak banyak yang berpikir Kamboja bisa berbicara banyak di turnamen Asia Tenggara pertama di kategori usia di bawah 22 tahun itu. Banyak yang memprediksi perebutan menuju semifinal hanya melibatkan Timnas Indonesia U-22, Malaysia, dan Myanmar.

Namun, Kamboja justru membuat kejutan sejak pertandingan pertama. Kamboja berhasil menang tipis 1-0 atas Malaysia yang berlanjut dengan kemenangan 2-0 atas Myanmar di laga kedua.

Dua kemenangan tersebut sudah cukup bagi Kamboja untuk memastikan diri melangkah ke semifinal Piala AFF U-22 2019. Sejak awal, apa pun hasil pertandingan kontra Timnas Indonesia, Kamboja sudah mencetak sejarah dengan melangkah lolos ke babak empat besar. Itu menjadi hal belum pernah mereka lakukan dalam sejarah sepak bola mereka di level Asia Tenggara.

Kamboja akan menghadapi Thailand dalam pertandingan semifinal Piala AFF U-22 2019. Pertandingan tersebut akan digelar pada Minggu (24/2/2019).

Anak Sudah Besar, Astrid Tiar Ingin Tambah Anak Lagi

Liputan6.com, Jakarta Astrid Tiar mengatakan bahwa dirinya siap menambah anak lagi. Saat ini, ia telah dikaruniai dua orang putri, Dialucita Annabel Estheressa Thiorina Situmorang, dan Isabel Althalya Natiar Situmorang. 

Astrid Tiar tidak menampik dirinya telah melakukan program kehamilan. Namun sayang, sampai saat ini ia belum juga dikaruniai anak ketiga.

“Aku agak gemukan banget ini karena rencananya mau anak ketiga, tadinya supaya jedanya enggak jauh, cuman apa lah. Walaupun sudah program sana-sini, ya Tuhan belum memberikan ya, jadi ya besar aja gitu. Mudah-mudahan mengurus,” kata Astrid Tiar saat ditemui di kawasan Jalan Kapten Pierre Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (22/2/2019). 

2 dari 3 halaman

Menambah

Astrid Tiar menambahkan, alasannya untuk tetap menambah anak adalah meneruskan tradisi keluarganya yang selalu memiliki anak dengan jumlah ganjil.  

“Ah enggak juga, itu kan Batak jaman dahulu, iya kan itu mematokkan di situ. Alasannya anak ketiga karena biar rame aja, aku suka ganjil. Keluarga dari kedua belah pihak ganjil. Jadi kebiasaan aja gitu, karena kalau misalnya genap, ngegang. Jadi enggak ada yang mau jadi penengah,” terang Astrid Tiar. 

3 dari 3 halaman

Anak Ketiga

Selain itu, dengan kehadiran anak ketiga dipercaya bisa meminimalisir adanya pertengkaran. Kalaupun bertengkar, paling tidak ada satu yang akan  jadi penengah.  

“Misalnya ada A dan B berantem, ada si C yang menengahi. Jadi enggak boleh ada dua kubu, penginnya gitu rencananya sih, kan tergantung Tuhan ya,” katanya.

Kisah Ilmuwan India Temukan Matematika Ratusan Tahun Sebelum Eropa

New DelhiAn explosion of coloursIndia menghasilkan penemuan matematika menakjubkan beberapa abad sebelum ilmuwan negara Barat. (Getty Images)

Seperti Cina, sejak lama India telah mendapatkan manfaat besar dari desimal atau sistem bilangan yang menggunakan basis sepuluh.

India mulai menerapkan sistem desimal setidaknya pada abad ketiga.

Desimal masih terus kita gunakan hingga saat ini. Dalam sistem ini, posisi angka menunjukkan satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dan seterusnya.

Kita tak tahu bagaimana India menemukan sistem desimal. Tapi mereka tentu menyempurnakan dan meletakkan dasar angka satu hingga sembilan yang digunakan di seluruh dunia.

Lebih dari itu, India bahkan menciptakan angka baru: nol.

Tak lebih dari ruang kosong

Penggunaan desimal pertama di India diketahui muncul pada abad ke-9, meski banyak pihak yang yakin masyarakat India telah gunakan desimal ratusan tahun sebelumnya.

Angka desimal itu ditemukan di sebuah tembok di candi kecil di dalam kawasan Benteng Gwailor, India bagian tengah.

Tempat itu merupakan pemujaan terhadap matematika karena menyimpan angka nol.

Gwalior FortressSebuah candi kecil di benteng India diketahui sebagai tempat pertama penggunaan angka nol. (Getty Images)

Yang mengejutkan, sebelum India menemukan angka itu, nol tidak pernah ada dalam ilmu pengetahuan.

Peradaban Mesir Kuno, Mesopotamia, dan Cina memang mengenal simbol nol, tapi bukan sebagai angka, melainkan sebuah ruang kosong.

Adalah orang-orang India yang mengubah nol menjadi angka secara tetap. Konsep itu lantas merevolusi matematika.

Sejak saat itu hingga sekarang, angka nol memungkinkan kita membuat angka dalam jumlah besar dalam cara yang sangat efisien.

The zero in GwailorAngka nol tertua ditemukan di tembok sebuah candi di India. (BBC)

Bagaimana mereka menemukan nol?

Kita tidak akan pernah tahu secara persis.

Tapi sepertinya ide dan simbol nol berasal dari hitung-hitungan bermedium batu di atas tanah.

Ketika batu-batu itu diambil, sebuah lekukan tetap tertinggal di tempatnya. Ini dianggap merepresentasikan perubahan dari ada menjadi tiada.

Namun mungkin juga ada alasan kultural di balik penemuan angka nol ini.

Hole on the groundKalkulasi yang dibuat di atas tanah meninggalkan lubang bulat setelah pengurangan. (BBC)

Konsep ketiadaan dan keabadian adalah bagian dari sistem kepercayaan India kuno.

Baik agama Buddha maupun Hindu meyakini konsep ketiadaan dalam ajaran mereka.

Oleh karena itu, tak mengherankan bahwa sebuah budaya yang antusias terhadap ketiadaan dapat mengakomodasi gagasan angka nol.

Masyarakat India bahkan menggunakan terminologi shunya yang merepresentasikan ide filosofis tentang kekosongan sebagai istilah baru ilmu matematika.

Shunya mudra
Ini adalah shunya mudra, sebuah gestur yang dikultuskan dalam ajaran Buddha dan Hindu. Dalam bahasa sansekerta, shunya berarti kekosongan, pembukaan, atau ruang. (Getty Images)

Dari nol hingga jumlah tak terbatas

Pakar matematika termashyur India, Brahmagupta, menunjukkan sejumlah penggunaan dasar angka nol pada abad ke-7.

Aturan dasar tersebut masih terus diajarkan di sekolah di berbagai penjuru dunia hingga sekarang.

1 + 0 = 1

1 – 0 = 1

1 x 0 = 0

Indian numbers of the 9th centuryPenciptaan angka nol memungkinkan temuan-temuan lain dalam matematika (BBC)

Namun Brahmagupta kesulitan tatkala berusaha membagi angka satu dengan nol.

Pernyataannya, angka apa yang jika dikalikan nol maka hasilnya sama dengan satu?

Solusinya membutuhkan konsep matematis baru: ketidakterbatasan.

The infinity symbolKonsep ketidakterbatasan memecahkan teka-teki pembagian angka nol. (Getty Images)

Hanya ketidakterbatasan yang masuk akal dalam pembagian angka nol.

Dan pembaruan ilmu itu juga disumbangkan ahli matematika asal India lainnya, yaitu Bhaskara, pada abad ke-12.

Bagaimana logika hitung-hitungan itu?

Jika Anda mengambil satu buah dan membaginya menjadi dua, maka Anda mendapatkan dua buah.

Jika Anda memotongnya menjadi tiga, Anda akan memegang tiga buah.

Pembagian lebih lanjut akan menghasilkan pecahan-pecahan yang lebih kecil, tapi dengan jumlah yang lebih banyak.

Pada akhirnya, Anda akan mendapatkan jumlah buah yang tak terbatas.

Bhaskara lalu sampai pada pemikiran bahwa angka satu dibagi nol sama dengan tak terbatas.

Sliced avocado used as an example of fractioningAkhirnya, angka pecahan menghasilkan angka tak terbatas. (Getty Images)

Namun kalkulasi menggunakan angka nol berkembang lebih dari itu.

Meski disepakati bahwa tiga dikurangi tiga sama dengan nol, lantas apa hasil dari tiga dibagi empat?

Sepertinya jawaban Anda atas soal itu adalah ‘tidak ada’. Namun orang-orang India menemukan bentuk baru dari ketiadaan: angka negatif.

Masyarakat India mengenal angka negatif dan nol karena mereka meyakini nominal itu sebagai entitas abstrak.

Numbers floatingMasyarakat India yakin angka adalah entitas yang abstrak. (Getty Images)

Angka-angka bukan sekedar untuk menghitung atau mengukur, tapi juga memiliki nyawa, mengambang tanpa seutas tali di dunia nyata.

Pemikiran itu menghasilkan ledakan ide matematis.

X dan Y

Pendekatan abstrak orang India terhadap matematika mengungkap cara baru menyelesaikan persamaan kuadrat.

Pemahaman Brahmagupta soal angka negatif memungkinkannya melihat bahwa persamaan kuadrat akan selalu memiliki dua solusi. Salah satu dari jawaban itu dapat berupa angka negatif.

Brahmagupta bahkan mampu memecahkan persamaan kuadrat dengan dua variabel (X dan Y).

Perkembangan itu baru terjadi di dunia belahan barat tahun 1657.

Ketika itu, pakar matematika asal Prancis, Pierre de Fermat, mempresentasikan hal yang sama, tanpa sadar itu telah ditemukan di India ratusan tahun sebelumnya.

Pierre de FermatPierre de Fermat ‘memecahkan’ persamaan kuadrat tahun 1657. (Getty Images)

Brahmagupta juga mengembangkan bahasa baru untuk mengekspresikan solusi atas persamaan itu.

Saat bereksperimen, ia menggunakan inisial dua warna untuk menunjukkan variabel.

Itulah yang memunculkan penggunaan X dan Y, dua inisial yang masih kita gunakan hingga sekarang.

Tak berhenti di situ

Para ahli matematika di India juga bertanggung jawab atas penemuan baru dalam ilmu trigonometri.

The Earth, the Moon and the Sun in a right triangleAhli astronomi India mampu menghitung perkiraan jarak antara bumi, bulan, dan matahari dengan pendekatan trigonometri. (BBC)

Benar bahwa orang-orang Yunani adalah yang pertama kali mengembangkan ‘kamus’ yang menerjemahkan geometeri ke angka dan sebaliknya.

Namun ahli matematika membawa pengetahuan itu tahap yang lebih jauh.

Mereka menggunakan trigonometri untuk mempelajari dunia di sekitar mereka, termasuk navigasi laut dan menghitung jarak antar galaksi.

Para pakar matematika India itu mengkalkulasi jarak antara bumi dan bulan serta rentang antara bumi dan matahari.

PiKonsep Pi yang sulit dipahami. (Getty Images)

Mereka juga memecahkan misteri salah satu angka paling penting dalam matematika: Pi.

Pi adalah rasio numerik antara keliling dan diameter lingkaran. Angka ini muncul dalam setiap kalkulasi dan sangat berguna bagi para arsitek, karena perhitungan lingkaran selalu membutuhkan Pi.

Selama berabad-abad, ahli matematika mencari nilai pasti Pi, tapi baru pada abad ke-6, seorang pakar asal India bernama Aryabhata menemukan perkiraan yang tepat: 3,1416.

Aryabhata saat itu juga menggunakan nilai Pi untuk menghitung keliling bumi. Ia menemukan angka 39.968 kilometer, tak beda jauh dengan yang kita yakini benar saat ini, yakni 40.075 kilometer.

A Pi formed of sticks and stonesFormula nilai Pi masih dianggap sebagai penemuan bangsa Eropa. (Getty Images)

Madhava menyadari bahwa dengan menambah dan mengurangi pecahan berbeda, perhitungan formula Pi yang tepat dapat ditemukan.

Formula itu kini masih terus diajarkan di banyak universitas di seluruh dunia, seolah-olah itu ditemukan pakar matematika asal Jerman bernama Gottfried Wilhelm Leibniz pada abad ke-17.

(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Daftar Harga Mobil Datsun Go Terbaru, Lengkap dengan Spesifikasi

Liputan6.com, Jakarta Datsun merupakan merk mobil yang sudah lama berkiprah di dunia otomotif. Bukan pertama kalinya Datsun muncul ke pasaran. Datsun adalah sebuah merk yang dimiliki oleh Nissan dan mulai menjual mobil dari 1958 sampai 1986. Setelah itu merk Datsun akhirnya dihentikan produksinya dan merknya dimatikan oleh Nissan menjadikan Datsun merk mobil yang kurang dikenal pada abad millennium ini. 

Lalu pada 2012 Nissan memutuskan untuk kembali menghidupkan brand yang pernah besar namanya karena mobil seri Fairladynya ini di Indonesia, India, Rusia, dan Afrika Selatan.

Walau baru muncul kembali di dunia otomotif, Datsun tidak kesusahan untuk mendapatkan perhatian karena nama besar Nissan yang ada di belakang Datsun mampu memberikan efek positif yang impresif. Sebagai merk yang baru rekor penjualan Datsun Go secara global mampu menembus angka 100 ribu unit setahun setelah rilis.

Datsun Go sendiri sebagai mobil LCGC mampu merebut pasar karena harganya  bersahabat dengan budget. Walau banyak yang meragukan Datsun Go pada waktu rilis namun perlahan banyak orang yang akhirnya memilih mobil ini.

Harga Datsun Go pada waktu rilis berada di bawah Rp 100 juta untuk tipe paling dasar. Membawa mesin 1.2L yang mampu menghasilkan tenaga 50kw/5000rpm dan torsi 104Nm/5000rpm yang sudah mumpuni untuk memberikan tenaga ke mobil yang sanggup memuat 7 penumpang ini.

Desain Datsun Go ini sekilas mirip dengan Nissan Grand Livina namun Datsun Go memang tampak kurang mewah karena desainnya yang dibuat agar lebih kompak.

2 dari 5 halaman

Datsun Terus perbarui desain

Datsun pun senantiasa melakukan perubahan dan peningkatan terhadap mobilnya ini. Maka dari itu harga Datsun Go 2019 pun sedikit naik dari harga ketika pertama rilis. Hal ini tidak menjadi masalah besar karena harga Datsun Go 2019 walau naik tapi tidak ada modelnya yang sampai menyentuh 150 juta.

Tentunya hal ini masih merupakan nilai plus terbesar yang dimiliki Datsun Go, versi paling mahalnya saja tidak sampai 150 juta. Desain interior maupun eksterior tidak dilewatkan begitu saja oleh Datsun untuk menekan harga Datsun Go 2019.

Desain eksterior yang memiliki grille chrome dan interior dengan aksen beige pun semakin menambah nilai plus dari mobil yang satu ini.

3 dari 5 halaman

Interior dan eksterior

Interior Mobil Datsun Go 2019

Melihat interior dari mobil Datsun Go 2019 memang cukup menarik. Pasalnya permainan warna yang tersaji pada kabin memberikan kesan mewah dan sporty. Perpaduan warna tersebut adalah warna hitam dan silver.

Tidak hanya tampilan yang bagus, kabin dari mobil Datsun Go 2019 ini juga dirancang untuk memberikan kenyamanan pada pengendara. Hal ini terlihat dari kursi depan yang dirancang sangat nyaman diduduki walaupun dalam keadaan menikung.

Selain itu, juga terdapat tempat penyimpanan yang memudahkan pengendara menyimpan barang bawaannya. Tak hanya interiornya yang bagus. Bagian eksterior mobil Datsun Go juga tak kalah bagusnya.

Eksterior Mobil Datsun Go 2019

Nah, untuk warnanya sedniri mobil Datsun Go 2019 memiliki 5 pilihan warna seperti silver, black, white, grey, dan ruby red. Cukup banyak dan memiliki warna yang cukup bagus jika diaplikasikan pada sebuah mobil.

Warna pada mobil Datsun Go 2019 ini merupakan identitasnya. Akan tetapi, tidak hanya itu, identitas lainnya yang menonjol dari mobil Datsun Go 2019 ini adalah headlamp. Desain headlamp mobil Datsun Go 2019 ini memberikan karakter berbeda untuk sebuah mobil. Desainnya cukup keren karena dirancang dengan mode 3D.

Selain itu, eksterior lainnya yang tak kalah keren adalah grill pada mobil Datsun Go 2019. Grill tersebut didesain dengan garis-garis yang futuristic dan kokoh. Apalagi desainnya semakin mewah dengan garis batas yang dilapisi krom.

Pada sisi velg ban pun juga cukup bagus untuk menunjang penampilan mobil Datsun Go 2019. Velg ban mobil Datsun Go 2019 menggunakan velg alloy 14 inci. Ditambah dengan corak dari velg ban, cukup menambah kesan keren pada mobil Datsun Go 2019 ini.

4 dari 5 halaman

Mesin dan sistem keamanan

Mesin Mobil Datsun Go 2019

Mobil Datsun Go 2019 menggunakan mesin 3 silinder yang diklaim menjadi mesin yang lebih baik dengan mesin 4 silinder. Hal ini dikarenakan efisiensi termal dan gesekan pada mesin mobil Datsun Go 2019 lebih baik dari mesin 4 silinder. Adanya mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimun sebesar 67 Hp dan torsi maksimal sebesar 104 Nm. Cukup bertenaga untuk mobil dengan segmen LCGC.

Mobil Datsun Go memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup efisien dan irit. Pasalnya dengan bahan bakar satu liter sudah bisa menempuh jarak 20.6 km.

Keamanan Mobil Datsun Go 2019

Mobil Datsun Go 2019 sebagai mobil yang mempunyai harga murah dan ramah lingkungan, memiliki fitur keselamatan yang cukup banyak. Datsun Go 2019 sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan airbag yang berguna untuk menghindarkan pengendara dari benturan yang terjadi akibat kecelakaan.

Tidak hanya fitur keselamatan bagi orang dewasa, untuk anak-anak pun juga ada, yaitu child safety locks. Selain itu, mobil ini juga sudah ditunjang dengan sensor crash dan pelindung-pelindung lainnya dari benturan. Adanya fitur keselamatan seperti ini dan dengan harga mobil Datsun Go yang murah, pastinya mobil ini sangat direkomendasikan untuk dimiliki.

5 dari 5 halaman

Spesifikasi dan harga

Spesifikasi Mobil Datsun Go 2019

Harga mobil Datsun Go 2019 yang murah, tetapi tetap memiliki spesifikasi yang mumpuni. Hal ini terbukti dengan desain eksterior dan interior dari Datsun Go 2019 yang cukup keren. Tidak hanya itu juga performa mesin, serta fitur keselamatan yang diusung Datsun Go 2019. Tetapi rasanya kurang jika tidak mengetahui spesifikasi lengkap dari Datsun Go 2019.

Berikut spesifikasi lengkap Datsun Go 2019:

Memiliki tenaga 67 hp, torsi 104 Nm. Menggunakan bahan bakar bensin, memiliki kapasitas tempat duduk 5 kursi, dan 5 pintu.

Panjang 3788 mm, lebar 1636 mm, tinggi 1507 mm. Girboks 5-Speed. Menggunakan transmisi manual. Memiliki 3 silinder, dan katu per silinder ada 4.

Jenis ban radial, ukuran velg R13, dan menggunakan electric power untuk kemudinya.

Harga Mobil Datsun Go Baru 2019

Harga mobil Datsun Go 2019 yang masih di bawah 150 juta untuk versi paling mahalnya tentu merupakan mobil dengan harga yang paling bersahabat yang ada di pasaran saat ini. Dengan harga mobil  Datsun Go 2019 dan fitur serta performa yang ditawarkan sulit rasanya untuk tidak mempertimbangkan mobil yang satu ini.

Harga mobil Datsun Go terbilang murah, sekitar Rp 130 jutaan untuk kondisi baru. Sedangkan untuk kondisi bekas tentu bisa mendapatkan harganya lebih murah.

Berikut Liputan6.com lampirkan harga mobil Datsun Go:

Tipe All New Datsun Go D – MT : Rp 105.040.000

Tipe All New Datsun Go A – MT: Rp113.290.000

Tipe All New Datsun Go T – MT: Rp125.190.000

Tipe All New Datsun Go T-Active – MT: Rp128.790.000

Tipe All New Datsun Go A – CVT: Rp129.490.000

Tipe All New Datsun Go T – CVT: Rp141.640.000

Tipe All New Datsun Go T – Active CVT: Rp145.240.000

Chevrolet Camaro ZL1 1LE 2019 Pakai Transmisi 10 Percepatan, Apa Istimewanya?

Liputan6.com, Jakarta – Salah satu model tercepat dan tertangguh, Chevrolet Camaro ZL1 1LE 2019 mulai akhir Februari 2019 ini sudah tersedia dengan transmisi 10 percepatan. Bahkan, selama pengembangan, tim engineer telah berhasil membuat transmisi otomatis ZL1 1LE dapat berakselerasi satu setengah detik lebih cepat dari versi manual standar, pada saat uji coba di sirkuit GM Milford Road yang terbentang sepanjang 2,9-mil (4,6 km).

Dalam prakteknya, pada lintasan yang lebih panjang seperti sirkuit Nürburgring dimana dapat menggunakan keseluruhan 10 tingkat transmisi untuk melakukan penggantian gigi secara cepat. Pengemudi dapat menghemat waktu beberapa detik, dibanding putaran sebelumnya dengan menggunakan transmisi manual enam percepatan ZL1 1LE.

“Transmisi 10 percepatan ini dioptimalkan untuk menambah kecepatan,” ujar Mark Dickens, Chief Engineer Camaro, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Jumat (22/2/2019).

“Dengan kalibrasi Track Mode yang unik dan 10 tingkat transmisi, Anda akan selalu berada pada transmisi yang tepat saat mengatur injakan gas. Mungkin Anda bukanlah seorang pembalap profesional, tapi sekarang Anda bisa melakukan hal seperti mereka,” tegasnya.

Selain itu, transmisi baru ini tidak hanya dapat menghemat waktu di lintasan, tetapi juga akan memberikan lebih banyak opsi kinerja. Perpindahan giginya pun bisa dilakukan via Paddle Shift, teknologi yang memungkinkan pengendaraan mobil layaknya mobil bertransmisi manual, dimana pengemudi dapat mengoper gigi secara manual untuk pengalaman yang lebih menarik.

Transmisi baru ini hadir dengan serangkaian perubahan yang memenuhi persyaratan 1LE Performance Package. Chevrolet telah menyetel ulang transmisi, LSD elektronik, dan sistem Performance Traction Management untuk Camaro ZL1 1LE 2019. Bahkan peredam Multimatic DSSV® (Dynamic Suspension Spool Valve) telah dikalibrasi ulang untuk mengakomodasi pemindahan yang lebih cepat.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Chevrolet juga menambahkan oli transmisi baru dan saluran pendingin tambahan untuk menjaga suhu tetap terjaga selama sesi trek.

“Penambahan transmisi otomatis ini merupakan salah satu bentuk komitmen Camaro untuk selalu memenuhi keinginan para pelanggan. 1LE terbaru ini merupakan pilihan unggulan lain yang sesuai dengan karakteristik Camaro sebagai mobil balap, dan akan menjadi favorit para penggila kecepatan,” tutup Steve Majoros, selaku Director of Chevrolet Passenger Car and Crossover Marketing.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Harga Minyak Sentuh Posisi Tertinggi pada 2019

Liputan6.com, New York – Harga minyak menyentuh posisi tertinggi sejak pertengahan November dan mencetak kenaikan minggu dalam dua pekan ini.

Harga minyak menguat dipicu harapan pembicaraan perdagangan Amerika Serikat (AS)-China sehingga capai kesepakatan.

Namun, harga minyak menguat dibatasi oleh AS cetak rekor persediaan minyak. Harga minyak berjangka Brent sentuh posisi USD 67,73 per barel, dan merupakan level tertinggi pada 2019.

Harga minyak acuan global ini turun lima sen ke posisi USD 67,12 per barel. Selama sepekan, harga minyak mendaki 1,2 persen.

Sementara itu, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) menguat 30 sen ke posisi USD 57,26 per barel usai sentuh posisi USD 57,81 pada awal sesi perdagangan. Harga minyak WTI sentuh kenaikan tiga persen dalam sepekan, dan merupakan level tertinggi sejak 2019.

Para perunding utama AS dan China bertemu pada Jumat pekan ini untuk akhiri pembicaraan perdagangan dalam satu minggu ini. Pembicaraan tersebut membuat kedua pihak berjuang untuk capai kesepakatan pada batas waktu 1 Maret. Presiden AS Donald Trump akan bertemu dengan Wakil Perdana Menteri China, Liu He pada Jumat nanti.

“Harga minyak, serta pasar saham telah meningkat dengan antisipasi bahwa China dan AS akan setujui kesepakatan perdagangan. Selain itu, kami melihat pengetatan pasokan minyak di seluruh dunia yang dihasilkan dari pengurangan produksi OPEC dan non-OPEC,” ujar Andy Lipow, Presiden Direktur Lipow Oil Associates, seperti dikutip dari laman Reuters, Sabtu (23/2/2019).

Kedua tolok ukur harga minyak meningkat pada 2019 seiring Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutu-sekutunya termasuk Rusia mulai memangkas produksi untuk mencegah melimpahnya pasokan.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Lonjakan produksi minyak mentah AS, sebagian mengimbangi pemotongan produksi OPEC. Produksi minyak mentah AS pada pekan lalu naik ke rekor 12 juta barel per hari.

Ini seiring persediaan dibangun dalam lima minggu berturut-turut ke level tertinggi sejak Oktober 2017 dan ekspor mencapai rekor tertinggi sepanjang masa.

“Kami melihat total produksi minyak mentah AS mencapai 13 juta barel per hari pada akhir tahun, dengan 2019 rata-rata 12,5 juta barel per hari,” tulis analis Citi dalam sebuah catatan usai laporan EIA.

Namun, perusahaan energi AS memangkas empat rig minyak mentah yang beroperasi pada pekan ini setelah tiga minggu menambah rig.

Sementara itu, persediaan minyak mentah di Texas Barat turun ke level terendah dalam empat bulan usai pipa tambahan mulai mengangkut minyak mentah dari ladang serpih terbesar AS ke pantai teluk. Sebagian besar untuk ekspor.

Dengan melonjaknya pasokan AS, Goldman Sachs mengatakan, pihaknya memperkirakan pasokan nonOPEC akan tumbuh 1,9 juta barel per hari pada 2019. Ini lebih dari mengimbangi pemotongan OPEC.

Hal itu berarti banyak bergantung pada permintaan, yang menurut Goldman diperkirakan tumbuh 1,4 juta barel per hari pada 2019. Goldman memperkirakan rata-rata harga Brent USD 60-USD 65 per barel pada 2019 dan 2020.


Saksikan video pilihan di bawah ini: