Nasdem: Impor Pangan untuk Kepentingan Negara

Liputan6.com, Jakarta – Ketua Fraksi NasDem DPR RI Ahmad M Ali menyayangkan pernyataan anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Firman Soebagyo yang terkesan menuding Partai Nasdem bertanggung jawab urusan impor. NasDem menegaskan bahwa impor pangan untuk kepentingan negara.

Ahmad M Ali menilai pernyataan tidak mendasar Firman tak patut diucapkan oleh negarawan yang saat ini menjadi wakil rakyat di DPR RI.

“Apa yang disampaikan oleh Firman Soebagyo itu menunjukan bahwa ia bukan seorang negarawan, dan sama sekali tidak mengerti urusan tata negara. Pernyataannya itu, terkesan tendensius tidak etis, dan tidak pantas karena secara vulgar menyebut Partai NasDem bertanggung jawab masalah impor pangan,” ujar Ali dalam keterangan, Sabtu (16/2/2019).

Ali menekankan, negara melalui Presiden dan Menteri memiliki pertimbangan yang bersifat komperehensif dalam menentukan kebijakan impor berdasarkan data dan pertimbangan banyak hal, misalnya, soal inflasi, kebutuhan nasonal, ketercukupan pangan, dan pemenuhan nasional.

“Keputusan soal impor pangan itu tidak ada kaitannya dengan kebijakan atau kepentingan partai politik, atau NasDem. Walaupun Pak Enggar sebagai Menteri Perdagangan adalah kader NasDem, tetapi ia sudah diwakafkan sebagai abdi negara setelah jadi menteri. Kebijakan dia, itu murni soal urusan negara,” terang Ali.

Bendahara Umum Partai DPP Partai NasDem ini menyebut bahwa kebijakan impor tidak bisa dilihat dalam satu sudut pandang saja. Tetapi harus melihat hal itu, dalam urusan kepentingan nasional.

“Bila landasan argumen adalah berbasis curiga tanpa data, maka kita akan disesatkan oleh pernyataan Firman. Tidak ada kaitan NasDem dengan impor pangan, tidak ada orang NasDem yang bergerak dalam urusan bisnis seperti itu,” Ali meyakinkan.

2 dari 2 halaman

Jangan Generalisasi

Lebih jauh Ali menyesalkan pernyataan Firman menggeneralisasi kepentingan negara dengan kebijakan partai. Pernyataan itu dipandangnya tidak logis dan terkesan sebagai manuver. Tidak ada alasan mengaitkan kebijakan Istana dengan impor pangan urusan kepentingan Partai NasDem.

“Saya kasih contoh begini, apakah ketika Setya Novanto korupsi dana E-KTP itu lantas bisa disebut sebagai tanggung jawab Partai Golkar?,” ujar Ali.

“Idrus Marham selaku Menteri Sosial ketika ditersangkakan menerima suap, apakah juga bisa kaitkan tanggung jawab Partai Golkar? Kan tidak begitu cara pandanganya,” sambungnya.

Ali meminta Firman untuk segera mengklarifikasi pernyataan itu karena dianggap tidak pantas, dan merugikan nama Partai NasDem.

“Firman harus mengklarifikasi pernyataan itu karena tidak etis dan ceroboh. Itu merugikan Partai NasDem yang sama sekali tidak bisa dikaitkan dengan urusan impor pangan,” tegasnya.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Manajer Manchester City Mengaku Tidak Adil kepada Riyad Mahrez

Liputan6.com, Manchester – Manajer Manchester City, Pep Guardiola meminta maaf karena jarang memainkan Riyad Mahrez. Ia mengatakan, Mahrez jarang bermain karena ia tidak bertindak adil.

“Saya adalah alasan dia jarang bermain. Dia sama sekali tidak bersalah,” kata Guardiola seperti dilansir Sports Mole.

Mahrez didatangkan Manchester City dari Leicester City di awal musim ini dengan harga 60 juta poundsterling atau Rp 1,09 triliun. Gelandang asal Aljazair ini mendapat kontrak lima tahun.

Bermain di Manchester City, Mahrez harus bersaing dengan nama-nama seperti Raheem Sterling, dan Bernardo Silva. Sayangnya, Guardiola lebih memilih dua nama itu sebagai pemain utama di lini tengah.

“Kami punya pemain luar biasa seperti Bernardo dan Sterling yang berada dalam penampilan terbaik, yang mana itu adalah alasan satu satunya (Mahrez cadangan,red). Tidak ada alasan lain seperti saya kecewa atau apapun,” kata Guardiola.

2 dari 3 halaman

Berlatih Keras

Guardiola menambahkan, bukan hanya Mahrez yang harus menyingkir dari skuat utama The Citizens. Ada Leroy Sane yang tempatnya juga mulai digantikan oleh pemain lain seperti Kevin de Bruyne atau Ilkay Gundogan.

Mantan pelatih Barcelona ini pun mengakui sedih tidak bisa memberi Mahrez menit bermain. “Saya sedih karena dia berlatih luar biasa dan bertalenta, tetapi saat ini kami punya lima striker. Pada pertandingan terakhir, Sane tidak bermain,” kata Guardiola.

3 dari 3 halaman

Janji Beri Kesempatan

Lebih lanjut, Guardiola juga berjanji akan segera memberi Mahrez kesempatan bermain. Syaratnya, ia terus berlatih keras dan tidak mengeluh.

“Saya tidak ragu akan kualitasnya. Hanya terus saja berlatih, tidak banyak mengeluh dll. Waktunya akan datang. Saya yakin dia akan bermain bagus,” kata Guardiola mengakhiri.

Penetapan Tarif Ojek Online Harus Bijaksana

Liputan6.com, Jakarta – Kementerian Perhubungan bersama beberapa pihak terkait tengah melakukan finalisasi tarif ojek online (ojol). Menteri Budi Karya Sumadi mengatakan, karena menyangkut hajat hidup orang banyak, dia meminta penyesuaian harga dilakukan secara bijak.

“Tarif ojek online tengah kita finalisasi, saya sarankan pada teman-teman termasuk ojol, lakukanlah yang bijaksana,” kata Menhub BKS di Grogol, Jakarta Barat, Sabtu (16/2/2019).

Bila penyesuaian tarif terlalu tinggi, maka penumpang akan meninggalkan moda transportasi tersebut. Tetapi sebaliknya, bila terlalu rendah, maka mitra ojek online tidak mendapat keuntungan dari bisnis jasa tersebut.

“Janganlah terlalu rendah, tapi jangan terlalu tinggi, dalam diskusi saya harapkan mereka mengerti,” jelas Budi Karya.

Dalam wacana berkembang, tarif baru per-KM adalah Rp 3.100, posibilitasnya adalah para pengemudi yang ingin mendapatkan tambahan pendapatan dari kenaikan tarif, malah berpotensi kehilangan konsumen.

Berdasarkan hasil kajian Research Institute of Socio-economic Development (Rised). Sebanyak 71 persen masyarakat memanfatkan ojol untuk pergi ke sekolah dan kantor. Sisanya, penggunakan ojek online lebih sebagai transportasi pengumpan, seperti dari ke stasiun atau terminal.

2 dari 3 halaman

Ini Komponen Penentu Tarif Ojek Online

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebutkan Rancangan Peraturan Menteri Perhubungan (RPM) yang sedang disusun terkait Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan untuk kepentingan masyarakat telah sampai pada tahapan uji publik. 

“Dari 5 kota besar yang kami datangi, ini unik karena pemikiran di daerah berbeda-beda, bahkan terkadang berbeda dengan yang ada di pusat. Misalnya soal tarif, yang sampai sekarang selalu menjadi perbincangan hangat diantara pengemudi karena ingin ada kejelasan,” tutur Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Budi Setiyadi dalam keterangan tertulis, Kamis (14/2/2019).

“Kami bersama Tim 10 telah melakukan penghitungan, ada 11 komponen yang menjadi pertimbangan dari biaya langsung dan biaya tak langsung,” ia menambahkan. 


Biaya langsung adalah biaya yang dikeluarkan pengemudi saat menarik penumpang seperti bensin, oli, dan lainnya. Biaya tak langsung adalah biaya yang tidak langsung dikeluarkan saat itu. 

“Kami sudah mendapatkan angka yang ideal sebenarnya. Namun angka ini belum kami keluarkan dalam regulasi baru ini. Nantinya akan ada Surat Keputusan Menteri yang ditandatangani oleh Dirjen Hubdat atas nama Menteri Perhubungan untuk menjadi pedoman bagi pimpinan daerah untuk melakukan penghitungan tarif,” kata Budi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Jokowi akan Beri Insentif Pajak untuk Bukalapak Cs, Ini Syaratnya

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah bertemu dengan pendiri sekaligus bos Bukalapak Achmad Zaky. Dalam pertemuan di Istana Presiden, keduanya membicarakan terkait dana pengembangan dan riset di Indonesia hingga inovasi yang harus dilakukan.

Jokowi juga membuka peluang insentif pajak untuk Bukalapak jika serius dalam mengembangkan sumber daya manusia (SDM).

“Masih dalam proses pembicaraan untuk memberikan super deductible tax, baik dalam rangka pengembangan SDM dan juga inovasi,” ujar Jokowi, Sabtu (16/2/2019).


Super deductible tax adalah insentif yang diberikan kepada perusahaan yang terlibat atau investasi di sektor pendidikan vokasi, serta penelitian dan pengembangan (Litbang/R&D). Jadi perusahaan yang ingin mendapatkan insentif ini harus aktif dalam kegiatan pengembangan dan pendidikan SDM.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Perindustrian telah menerbitkan peraturan tersebut. Aturan ini diterbitkan pada Mei 2018 yang lalu.

Jokowi juga meminta masyarakat Indonesia mendukung perusahaan rintisan yang kini sudah menjadi unicorn seperti Go-Jek, Traveloka, Tokopedia dan BukaLapak.

“Ini untuk memajukan ekonomi kita semuanya dan mendorong start up,” imbuh dia.

(kil/ara)

PDIP: Bos Bukalapak Sudah Ketawa-ketawa Sama Jokowi

Jakarta – Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan bos Bukalapak Achmad Zaky sudah tertawa bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai polemik cuitan soal dana riset di Indonesia. Hasto menyebut presiden menyediakan sarana bagi pengusaha seperti Zaky.

“Udah ketawa-ketawa sama Pak Presiden, Pak Presiden akan terus, mereka memberikan kritik pun sama Pak Presiden diberikan sebuah sarana karena presiden melihat bangsa ini harus dibangun dengan hal yang baik,” kata Hasto di posko Cemara, Menteng Jakarta Pusat, Sabtu (16/2/2019).

Hasto menyatakan Jokowi juga ingin mendorong perkembangan startup di Indonesia. Menurutnya, startup berprestasi perlu diberikan tempat untuk berkembang.
“Mereka yang berprestasi itu mendapat tempat di bumi pertiwi ini, karena itulah pak Jokowi mendorong hal tersebut, mendorong startup, mendorong itu, komunikasi, mendorong infrastruktur, sampai dangdutan pun presiden bisa,” ujarnya.

Zaky sebelumnya menemui Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Sabtu (16/2). Dia pun menjelaskan maksud cuitannya yang menyebut ‘presiden baru’ dan menyinggung dana riset dan pengembangan (R&D) di Indonesia.

“Sebenarnya waktu nge-tweet, saya sudah nge-tweet di atasnya. Beberapa jam setelahnya, setelah bangun tidur, saya kaget itu. Cuma kan kalau sudah viral susah dikendalikan. Kan maksudnya terpilih, Pak Jokowi pun masuk di situ. Terpilih. Sudah masuk semuanya,” ujar Zaky setelah bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Sabtu (16/2).

Jokowi juga mengaku tak mempermasalahkan cuitan Zaky. Dia pun telah meminta gerakan tagar uninstallbukalapak dihentikan.

“Saya ajak hari ini untuk menghentikan, untuk setop uninstall Bukalapak. Setop. Karena kita harus dorong. Dorong anak-anak muda yang memiliki inovasi, memilki kreativitas untuk maju,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.
(abw/haf)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Timses: Jokowi Andalkan Jatim untuk Menang di Pilpres 2019

Jember – Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim Irjen Pol (Purn) Mahfud Arifin menargetkan kemenangan Paslon Jokowi-Ma’ruf Amin 70 persen di Jember. Target tersebut sama dengan target kemenangan Jawa Timur.

Dengan prosentase kemenangan tersebut, Mahfud berharap para tim kampanye di daerah untuk proaktif. Dan khusus Jember, dapat meraih kemenangan yang sama seperti Pilpres tahun 2014.

Pernyataan tersebut disampaikan Mahfud saat menghadiri Deklarasi dan Raker Barisan Relawan Penggerak Desa (BRIGADE) 01 di Gedung Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Jalan Nusa Indah, Kecamatan Patrang, Sabtu (16/2/2019).

“Saat saya menemui Presiden beberapa waktu lalu, beliau berpesan agar Jawa Timur harus dipertebal. Karena kekuatan itu ada di Jatim,” ujar Mahfud saat dikonfirmasi wartawan usai deklarasi.

Segala titik kelemahan segera diisi oleh para relawan. Dari kampung ke kampung, desa ke desa. Sampai level paling bawah untuk terus diberi pemahaman.

“Karena untuk target sendiri, apalagi dari Jember ini cukup kuat, untuk mendukung Jember. Tinggal mempertebal (perolehan suara) apalagi dulu pada tahun 2014 (Pilpres), kita menang. Aura kemenangan terasa kuat kok,” ujar Mantan Kapolda Jatim ini.

Apalagi didukung partai, bupati dan pimpinan DPRD, lanjutnya, yang semuanya koalisi untuk memenangkan Jokowi-Amin.

“Pak Jokowi Jelas hasilnya, didukung partai yang jelas, tinggal perkuat lah. Untuk kampanye pun, boleh kok tiap Sabtu dan Minggu, bupati dan pimpinan DPRDnya,” tandasnya.

Lebih jauh terkait upaya untuk mempertebal target perolehan suara di wilayah Jawa Timur. “Yakni wilayah Mataraman, Jember beberapa titik, Bondowoso, dan Madura juga sudah,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua BRIGADE 01 Jember Ayub Junaidi menyampaikan, pihaknya sudah komitmen dan siap untuk mendukung Jokowi-Amin menang dalam Pilpres 17 April mendatang.

“Upaya kami, di tiap TPS ada relawan. Totalnya ada 7.666 orang dan siap untuk kemenangan Jokowi,” tandasnya.

Machfud meminta doa dan dukungan agar Jember dan Indonesia semakin maju ke depan di bawah kepemimpinan Jokowi-Maruf. Hal itu dilakukan aat bertemu dengan para ulama di Ponpes Raudlatul Ulum.

“Pilpres ini bukan cuma soal Pak Jokowi, bukan soal Kiai Maruf. Tapi upaya kita menghadang kelompok tertentu yang sedang membajak demokrasi untuk mengingkari NKRI dan Pancasila. Kita harus lawan. Caranya bagaimana? Coblos Jokowi,” ujarnya.
(fat/fat)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kondisi Terkini Seputar Pesawat Lion Air Tergelincir di Pontianak

Jakarta – Pesawat Lion Air JT-714 tergelincir saat mendarat di Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat. Tak ada korban akibat peristiwa itu.

Pesawat yang lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta tersebut tergelincir, Sabtu (16/2/2019) sekitar pukul 15.10 WIB. Saat peristiwa itu terjadi, kondisi di Bandara Supadio sedang hujan.

“Saya baru dapat telepon, pesawat tergelincir,” kata Dirjen Perhubungan Udara, Polana Banguningsih Pramesti saat dimintai konfirmasi, Sabtu (16/2/2019).


Polana menyatakan pesawat over run satu meter di ujung runway 15 Bandara Supadio. Dia mengatakan saat ini lokasi sedang hujan deras dan petugas sedang mengecek kondisi pesawat yang dipiloti oleh Capt Saptono tersebut.

“(Over run) Satu meter dari ujung runway,” ujar Polana.

Pihak Lion Air menyebut ada 7 kru, 180 penumpang dewasa dan 2 bayi di dalam pesawat yang tergelincir itu. Para penumpang tersebut sudah dievakuasi ke terminal bandara.

Pesawat berjenis 737-800NG registrasi PK-LPS itu pun dinyatakan laik terbang oleh pihak Lion Air. Lion pun meminta maaf atas insiden tersebut.

“Sebelum dioperasikan sudah dilaksanakan pengecekan lebih awal (pre-flight check) dan dinyatakan laik terbang (safe to flight),” tutur Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro.

“Lion Air menyampaikan permohonan maaf atas kondisi dan ketidaknyamanan yang timbul,” imbuhnya.

Berikut laporan awal kejadian yang disampaikan Dirjen Perhubungan Udara, Polana Banguningsih Pramesti:

Tipe pesawat : B737-800NG
Registrasi : PK-LPS
Flight. No. : LNI714
Rute : WIII-WIOO
Tanggal kejadian : 16 Feb 2019
Waktu : 08:10 UTC
Crew : Capt. Saptono
Penumpang : 182 PAX 7 Crew
Cuaca : visibility 1000 m
Wind 240/10
Kondisi MOD RA
Runway in use: 15
(haf/fdn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Paus Fransiskus Pecat Eks Kardinal AS yang Terlibat Kekerasan Seks Anak

Vatican CityPaus Fransiskus memecat mantan Kardinal Amerika Serikat (AS) Theodore McCarrick yang dituduh melakukan kekerasan seksual terhadap seorang remaja sekitar 50 tahun lalu. McCarrick menjadi Kardinal pertama dalam Gereja Katolik yang dipecat terkait kasus pelecehan seksual.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Sabtu (16/2/2019), McCarrick yang kini berusia 88 tahun ini sebelumnya telah mengundurkan diri dari College of Cardinals Vatikan pada Juli 2018. Dengan kata lain McCarrick yang sudah kehilangan status Kardinal-nya, kini dipecat dari jabatannya sebagai seorang pastor.

Pemecatan ini dilakukan setelah pengadilan Vatikan pada Januari lalu menyatakan McCarrick bersalah telah melakukan kekerasan seksual terhadap seorang remaja di bawah umur. Putusan pengadilan Vatikan itu menyatakan McCarrick bersalah atas ‘dosa-dosa melanggar Sixth Commandment dengan anak di bawah umur dan dengan orang dewasa, dengan melakukan penyalahgunaan wewenang’.

Diketahui bahwa Sixth Commandment Gereja Katolik Roma mengatur soal larangan berzina. Laporan-laporan menyebut McCarrick juga melakukan hubungan intim dengan para murid seminari yang sudah dewasa.
McCarrick mengajukan banding atas putusan itu namun ditolak. Putusan pengadilan Vatikan itu dikonfirmasi oleh Paus Fransiskus pada Februari lalu, setelah dia menyatakan upaya banding lanjutan tidak diperbolehkan.

McCarrick yang mantan Uskup Agung Emeritus Washington DC, diketahui pernah menjadi sosok sangat berpengaruh di kalangan Gereja Katolik. Dia dinonaktifkan dari tugasnya sebagai pastor sejak Juli 2018. Hal itu diputuskan Vatikan setelah McCarrick mengundurkan diri dari gelar kehormatan sebagai Kardinal AS. Dia kemudian tinggal dalam pengasingan di Kansas.

Tahun 2017 lalu, Vatikan meminta Keuskupan Agung New York untuk menyelidiki McCarrick yang saat itu masih menjabat sebagai Kardinal berpengaruh di AS, setelah seorang pria menuduh McCarrick pernah mencabulinya tahun 1970-an.

Tuduhan itu terjadi beberapa dekade lalu, dengan korban saat itu masih berusia 16 tahun. Dalam tanggapannya, McCarrick menyatakan dirinya ‘sama sekali tidak ingat’ soal tuduhan yang diarahkan terhadapnya itu.

Pemecatan McCarrick ini diumumkan menjelang digelarnya konferensi Vatikan yang secara khusus membahas ‘perlindungan anak-anak’ dalam lingkungan Gereja Katolik. Konferensi itu dijadwalkan akan digelar pada 21-24 Februari mendatang di Vatikan dan akan dihadiri para Presiden Konferensi Episkopal atau uskup-uskup senior. Lebih dari 100 uskup senior dari seluruh dunia akan hadir dalam rapat ini.

Skandal pelecehan seksual, terutama terhadap anak-anak, oleh para pastor telah mengguncang Gereja Katolik Roma. Paus Fransiskus menjanjikan kebijakan ‘nol toleransi’ bahkan untuk para pejabat tinggi gereja sekalipun.

(nvc/fdn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Erdogan: Turki Belum Ungkap Semua Hal Soal Pembunuhan Khashoggi

Ankara – Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, menegaskan bahwa pihaknya belum mengungkap semua informasi yang dimiliki soal kasus pembunuhan wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi. Erdogan juga menegaskan tekad Turki untuk membawa kasus Khashoggi ke pengadilan internasional.

“Kami bertekad untuk membawa kasus ini ke pengadilan internasional. Kementerian Kehakiman, Kementerian Luar Negeri dan badan intelijen kami sedang mengupayakan hal itu,” tegas Erdogan dalam wawancara dengan television A-Haber, seperti dilansir AFP dan Press TV, Sabtu (16/2/2019).

Pada Oktober tahun lalu, beberapa minggu usai Khashoggi dibunuh, empat kelompok HAM terkemuka seperti Human Rights Watch, Amnesty International, Committee to Protect Journalists dan Reporters Without Borders, mendorong Turki untuk meminta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyelidiki kasus Khashoggi.


Dalam wawancara dengan A-Haber, Erdogan melontarkan kritikan untuk pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang disebutnya ‘mengabaikan’ kasus Khashoggi karena hubungan bilateral dan aliansi dengan Kerajaan Saudi.

“CIA belum memberi perhatian penuh untuk isu ini. Kami memiliki harapan besar dari AS untuk kasus ini. AS perlu menempatkan kehadirannya, perhatiannya di sini,” cetus Erdogan.

Ditambahkan Erdogan bahwa otoritas Turki sebelumnya belum mengungkapkan seluruh informasi yang didapatkan dari penyelidikan kasus pembunuhan Khashoggi.

“Kami belum memberikan seluruh elemen yang kami miliki,” ujar Erdogan tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Diketahui bahwa Saudi yang sempat menyangkal, akhirnya mengakui bahwa Khashoggi tewas dalam ‘operasi liar’ oleh agen-agen intelijennya di Istanbul. Namun, otoritas Saudi dengan tegas membantah keterlibatan Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) dalam kasus tersebut.

Penyelidikan yang dilakukan otoritas Turki menunjukkan bahwa Khashoggi dibunuh oleh sebuah tim beranggotakan 15 warga Saudi yang ditugaskan ke Istanbul. Turki menyebut Khashoggi tewas dicekik sesaat setelah masuk ke dalam Konsulat Saudi di Istanbul untuk mengurus dokumen untuk pernikahannya dengan wanita Turki bernama Hatice Cengiz.

Tim yang diduga kuat menghabisi nyawa Khashoggi itu diketahui telah kembali ke Saudi. Otoritas Turki meminta agar Saudi mengekstradisi mereka agar bisa diadili di Turki, namun otoritas Saudi menolak mentah-mentah. Ditegaskan Saudi bahwa orang-orang yang terlibat kasus Khashoggi akan diadili di wilayahnya.

Khashoggi yang seorang wartawan senior Saudi dan kolumnis The Washington Post ini dikenal kerap mengkritik kebijakan Saudi dan MBS.

Simak Juga ‘Pompeo Temui Raja Salman dan MBS Bahas Khashoggi’:

[Gambas:Video 20detik]

(nvc/haf) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ma’ruf Amin Minta Santri Tidak Golput dan Ikuti Arahan Kiai di Pilpres 2019

Liputan6.com, Purwakarta – Calon wakil presiden nomor urut 01, Ma’ruf Amin meminta para santri untuk menggunakan hak pilihnya di Pilpres 2019. Dia juga meminta para santri mengikuti arahan kiai untuk menetukan pilihan di pesta demokrasi tersebut.

“Supaya belajar sungguh-sungguh, yang sudah punya hak pilih supaya jangan tidak milih, dan pilihlah yang sesuai dengan arahan kiainya,” kata Ma’ruf di Pondok Pesantren Al Muhajirin, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (16/2/2019). 

Selain itu, Ma’ruf pun meyakini bisa memenangkan Pilpres 2019. Terutama di kawasan Purwakarta, Jawa Barat.

Dia mengakui Jawa Barat adalah medan pertempuran pilpres yang paling keras. Sebab pada Pilpres 2014, capres petahana Joko Widodo atau Jokowi kalah telak dari lawannya yakni Prabowo-Hatta.

“Akhir-akhir ini memang yang harus kita konsolidasi, Jawa barat, Jakarta dan Banten. Tiga daerah ini memang daerah yang istilah pertempurannya lumayan,” ungkap Ma’ruf.

“Saya kira besar Purwakarta itu, Alhamdulillah, ada Muhajirin,” tambah dia.

2 dari 3 halaman

NU Tidak Pernah Minta Jatah

Dalam sambutannya di Ponpes Al Muhajirin, Purwakarta, cawapres Jokowi ini juga menegaskan bahwa Nahdlatul Ulama (NU) tidak pernah meminta jatah cawapres di Pilpres 2019.

“NU tuh enggak pernah meminta jatah, NU ngancem untuk dapat wakil presiden, enggak ada tuh,” kata Ma’ruf.

Dia mengakui bahwa NU hanya menawarkan kadernya sebagai cawapres. Tawaran itu, kata Ma’ruf, diberikan pada capres petahana Presiden Joko Widodo atau Jokowi. 

“Memang NU menawarkan, nah loh Bapak Jokowi mau mengambil NU sebagai calon wakil presiden, NU akan berjuang habis habisan untuk memenangkan Pak Jokowi dengan calon wakil presiden dari NU,” ungkapnya.

“Silakan pilih, ada Ketua Umum PPP, ada NU yang profesional ada juga Kiai Ma’ruf Amin, saya yang dipilih oleh Pak Jokowi,” sambungnya.



Reporter: Sania Mashabi

Sumber:Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: