Kiai yang Jasadnya Utuh Dikenal Memiliki Karamah, Begini Ceritanya

Kiai yang Jasadnya Utuh Dikenal Memiliki Karamah, Begini Ceritanya Kiai Anwar Sudibyo/File: detikcom

Blitar – Kiai Anwar Sudibyo dipercaya memiliki karamah atau kemuliaan dari Sang Pencipta. Pendiri Ponpes Tambakan Gandusari itu dipercaya mendapat karamah weruh sak durunge winarah (Tahu sebelum kejadian terjadi).

Pernyataan tersebut diakui putra kelima Kiai Anwar, Moch Munib yang kini mbangkoni (Menunggu rumah induk) di Ponpes Tambakan. Ia mengaku pernah mendengar penuturan sang nenek tentang Kiai Anwar yang memprediksi dirinya bakal menjadi pemimpin ponpes.

“Abahmu ki nate dawuh lek awakmu sing tembe mburi dadi imam nang kene (Abahmu pernah bilang, jika kamulah yang akan menjadi imam di sini). Bagi saya itu tidak masuk akal karena saya dinas di SDN Paserpan Pasuruan,” kata Munib saat dihubungi detikcom, Selasa (19/3/2019).


Kiai Anwar sendiri mempunyai 10 anak. Tujuh perempuan dan tiga lelaki. Dalam tradisi pondok, anak laki-laki yang akan meneruskan apa yang sudah dirintis sang ayah.

“Padahal saat itu adik lelaki saya di rumah. Dia sudah mencari kerja kemana-mana di Blitar, tapi tidak dapat juga,” imbuhnya.

Ternyata apa yang pernah diucapkan sang ayah menjadi kenyataan. Pada 2010, Munib dipindahtugaskan ke Kabupaten Blitar. Sedangkan sang adik lelaki justru diterima sebagai PNS di Lamongan.

“Jadi benar, saya akhirnya yang jadi imam di masjid warisan abah saya ini,” tambahnya.

Cerita lain tentang karamah Kiai Anwar diungkapkan adik perempuan Munib yang pernah tinggal di Ponpes Tambakan semasa sang ayah masih hidup. Suatu ketika, ada seorang santri mengadu kehilangan barang. Kiai Anwar lalu mengumpulkan semua santrinya di masjid. Di hadapan semua santrinya, sang kiai meminta diambilkan kendi, tempat air minumnya sehari-hari.

“Adik saya menyaksikan sendiri. Abah tidak tau membaca apa. Tiba-tiba kendi itu bisa berputar sendiri dan moncongnya berhenti tepat di hadapan si pencuri. Santri yang mencuri ini pun menangis dan mengakui perbuatannya,” tambahnya.

Kini, nama Kiai Anwar menjadi perhatian setelah jasadnya yang sudah dikubur 31 tahun tampak utuh saat digali. Banyak netizen yang merasa heran sehingga viral di media sosial. Munib membenarkan jika jari kaki hingga kepala sang ayah masih menyambung. Kemudian kain kafan yang membungkus jasadnya pun tidak ada yang robek.
(sun/fat)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cara Merawat Burung Kenari Agar Memiliki Suara Indah

Burung kenari memang dikenal sebagai jenis burung yang memiliki banyak kelebihan. Memiliki suara yang indah dengan nada dan ritme tinggi hingga rendah dan juga memiliki motif-motif bulu yang bervariasi dan berwarna-warni. Memiliki banyak daya tarik, cara merawat burung kenari nyatanya tak sulit.

Dilansir dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Minggu (17/3/2019) berikut cara merawat burung kenari yang bisa jadi referensimu.

1. Memberikan pakan yang baik

Memelihara hewan tentu saja memberi pakan adalah faktor yang utama. Cara merawat burung kenari pun kamu perlu memerhatikan pakannya dengan baik. Pastikan kamu memberikan pakan yang bergizi seperti berasal dari campuran biji-bijian, telur puyuh rebus, kroto, sayuran segar dan asinan telur sotong.

Perlu diperhatikan juga jangan memberikan pakan yang berlebihan. Burung kenari yang mengalami berat badan berlebih biasanya akan jarang berkicau.

2. Pemasteran burung kenari

Pemasteran adalah memberikan suara burung pada burung kenari. Kamu bisa menggunakan suara burung dari rekaman musik yang diletakkan di kandang bersama dengan burung kenari peliharaanmu.

Hal ini akan membuat burung kenari berlatih berkicau. Usahakan memberikan pelatihan ini selama 2 jam berturut-turut secara rutin dan pastikan volumenya kecil agar burung kenari tak takut.

3. Merawat burung kenari

Cara merawat burung kenari adalah dengan memandikan dan menjemurnya secara rutin. Memandikan burung kenari dengan cara disemprot hingga bulunya benar-benar basah merata. Setelah dimandikan jemur burun kenari sekitar 2 jam pada pagi hari. Kamu perlu memandikan burung kenari setidaknya 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

4. Membersihkan kandang burung kenari

Tak hanya membersihkan burung kenari, tempat atau kandangnya pun perlu kamu bersihkan juga. Hal ini merupakan cara merawat burung kenari yang penting juga. Kebersihan kandang burung kenari akan memberikan efek kesehatan langsung pada si burung.

Tentu kamu tidak ingin jika kotoran di kandang burung kenari akan berjamur dan menimbulkan bakteri yang bahaya untuk kesehatan burung. Perhatikan juga kebersihan tempat maakn dan tempat minumnya.

5. Usahakan hindari pengganggu

Bagi yang gemar mengikuti perlombaan burung kenari, tentu memberikan waktu istirahat pada burung kenari sangatlah penting. Usahakan untuk tidak adanya gangguan saat burung kenari istirahat. Munculnya pengganggu dapat memicu burung kenari menjadi stres dan akan berujung burung mati.

6. Merawat burung kenari dengan konsisten

Jika kamu ingin memiliki burung kenari yang memiliki suara indah dan tumbuh dengan aktif serta gesit, kamu perlu melakukan cara merawat burung kenari dengan benar dan konsisten.

Dalam merawat burung kenari membutuhkan ketelatenan dalam merawatnya setiap hari. Burung kenari tidak akan mengeluarkan suara yang indah jika kamu hanya “sekedar” memeliharanya saja.

Untuk makanan burung kenari kamu bisa memberikannya campuran biji-bijian yang dijual di pasaran, telur dan kroto, asinan, roti kering dan sayuran serta buah-buahan seperti selada, daun sawi, gambas, timun, apel, jagung muda, wortel dan paprika.

Kolev Pusing Hadapi Jadwal Padat Persija

Jakarta – Ivan Kolev mengakui Persija punya masalah pelik jelang Piala Presiden 2019. Ia mencari solusi agar para pemainnya tetap fit mengikuti turnamen itu dan juga Piala AFC 2019.

Saat ini Persija Jakarta masih melakukan persiapan menghadapi Borneo FC, pada pertandingan pertama Grup D Piala Presiden 2019. Mereka berlatih di Lapangan Sutasoma Halim Perdanakusuma. Namun, Ivan Kolev harus berpikir keras bagaimana menjaga kebugaran pemain dengan jadwal padat sampai 15 Maret mendatang.

“Jadwal bermain dua sampai tiga hari sekali, dan itu sulit sekali menjaga kebugaran. Kami harus mencoba memaksimalkan semua pemain. Sebenarnya kami beruntung karena memiliki skuat yang bagus,” ujar Ivan Kolev.

Persija menjalani dua laga Grup D Piala Presiden 2019 dalam sepekan ke depan, yakni menghadapi Borneo FC pada Selasa (5/3/2019) dan Madura United, Jumat (8/3/2019). Setelah itu, Persija akan bertandang ke Myanmar untuk menghadapi Shan United pada laga kedua Grup G Piala AFC 2019, Selasa (12/3/2019).

Setelah itu, Persija masih melakoni laga terakhir Grup D Piala Presiden 2019 menghadapi PSS Sleman, Jumat (15/3/2019). Namun, Kolev ingin para pemainnya fokus menghadapi satu per satu laga yang harus dihadapi. “Kami terus menjalani program yang sudah kami buat. Kami berlatih setiap hari,  tentu dengan menyesuaikan persiapan kami dengan pertandingan-pertandingan yang akan datang,” ujar Kolev.

Persija akan menghadapi Borneo FC dalam laga pertama mereka di Piala Presiden 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Selasa (5/3/2019).

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan di bawah ini

Gara-gara Nomor KTP Direktur Chen Tertukar

Chen pun akhirnya dipaksa sore hari itu juga harus datang ke Kantor Disnakertrans. Dia akhirnya datang membawa dokumen-dokumen ketenagakerjaan ditemani seorang warga negara China bernama A Wei. A Wei sudah lama di Indonesia dan menetap di Surabaya, Jawa Timur. Ia juga memiliki peternakan ayam petelur di Cianjur dengan bendera perusahaan PT Saudara Makmur.

Rupanya, setelah dicek, IMTA yang dimiliki Chen berlaku di perusahaan A Wei. Di PT Saudara Makmur itu pula, Chen punya jabatan sebagai direktur keuangan. “Iya benar, Pak, dia direktur keuangan saya,” kata A Wei seperti ditirukan Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Cianjur, Ricky Ardi Hikmat, saat pertemuan di kantor Disnakertrans, itu.

Yang mengejutkan juga, saat Chen menyerahkan akta perusahaan peternakan di Cibokor, Chen bukanlah tenaga kerja, melainkan pemilik peternakan. Jabatannya direktur utama  PT Indah Tunggal Alami, yang membuka peternakan itu sejak 2017. Di bawah Chen, ada beberapa direktur yang semuanya warga negara China. Chen pemilik saham mayoritas di perusahaan tersebut.

“Ternyata dia itu direktur utama sekaligus pemegang saham. Dia sih pegang IMTA, tapi bukan di posisi perusahaan yang sedang kita lakukan pembinaan. Jadi dia itu menunjukkan IMTA, tapi IMTA di perusahaan lain (PT Saudara Makmur). Sama, peternakan juga, tapi beda perusahaan,” ujar Ricky.

Dari hasil pemeriksaan, kata Ricky, dokumen berupa IMTA itu tidak ada masalah karena semua dokumen sesuai dengan yang dipersyaratkan. IMTA milik Chen juga masih berlaku. Hanya sempat terjadi miskomunikasi saja lantaran Chen tidak lancar Bahasa Indonesia sehingga dilakukan klarifikasi. “Makanya kita bingung kok yang ramai malah urusan e-KTP. Dan banyak yang mempertanyakan soal e-KTP Chen ke kami,” jelas Ricky.

Warganet memang ramai mengecek NIK e-KTP milik Chen di sistem Komisi Pemilihan Umum. Nah, ternyata NIK tersebut muncul atas nama Bahar, warga Kelurahan Sayang, Cianjur. Bahar, 47 tahun, yang kesehariannya berdagang bakso keliling, pun bingung namanya muncul di aplikasi KPU dengan NIK milik WNA. “Saya tinggal di sini sejak 1996, tidak ada masalah soal NIK. Baru kali ini saja ada perbedaan. Baru tahu setelah dikabari ketua RT pagi tadi,” begitu kata Bahar, Selasa, 26 Februari 2019.

Bahar bilang selama ini tak ada kendala dalam partisipasi pencoblosan pemilu. Namun, untuk tahun ini, dia sedikit heran karena mendadak NIK-nya berubah di DPT. “Katanya jadi nama China, ya, saya nggak tahu apa-apa. Sebelumnya, nyoblos Pilgub (Jawa Barat) juga nggak ada masalah. Baru kali ini saja tiba-tiba ramai, katanya NIK-nya dipakai orang asing,” ujar Bahar.

Dipertanyakan Massa FUI, KPU Jelaskan Hak Tunagrahita Nyoblos

Dipertanyakan Massa FUI, KPU Jelaskan Hak Tunagrahita Nyoblos Komisioner KPU Wahyu Setiawan (Foto: Ari Saputra)

Jakarta – Massa FUI yang melakukan aksi di depan Kantor KPU diterima oleh komisioner KPU. Saat audiensi, salah satu pertanyaan yang muncul adalah tentang ‘orang gila boleh mencoblos’.

Komisioner KPU, Wahyu Setiawan, kemudian memberi penjelasan. Dia menegaskan bahwa KPU hanya menjalankan putusan MK. Mereka yang diberikan hak mencoblos juga adalah tunagrahita.

“Sudah ada putusan MK untuk memberikan hak pilih kepada tunagrahita. Jadi para ustaz ustazah, jadi bukan orgil yang telanjang kita data, enggak. Tapi kalau ada keluarga yang kelainan mental itu yang dimaksud oleh MK,” kata Wahyu di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2019).

Tunagrahita yang memiliki hak pilih juga harus memenuhi sederet syarat. Jumlahnya sekitar 600.000 orang.

“Insyaallah kami tidak pernah mendata orang gila, kami tak pernah lakukan. Tetapi tunagrahita yang kami data karena ada putusan MK,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, massa Forum Umat Islam (FUI) sebelumnya berkumpul di depan Kantor KPU. Amien Rais yang sempat ikut serta, lebih dahulu meninggalkan lokasi sebelum audiensi dimulai.

“Jadi itu kalau KPU bagus, jujur, kita doakan mudah-mudahan dapat hidayah, rahmat, dimuliakan Allah dunia-akhirat. Tetapi kalau KPU sampai curang, kita doakan dapat laknat hidupnya sengsara dunia dan akhirat,” kata Amien sebelumnya.
(imk/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Harga Lenovo A7000 Plus dan Spesifikasinya, Smartphone dengan Audio Gahar

Liputan6.com, Jakarta Lenovo memang lebih terkenal dengan produk laptop serta PC yang jadi andalannya. Pada 2013, Lenovo dinobatkan sebagai produsen komputer terbesar di dunia. Bermarkas di Beijing, Lenovo awalnya merupakan perusahaan kecil bernama Legend atau dalam bahasa China ‘Lianxiang’ dan didirikan pada 1984 oleh Liu Chuanzi.

Namun jangan salah, perusahaan ini juga mumpuni dalam membuat smartphone. Sejak Lenovo mengakusisi Motorola, mereka pun mulai memproduksi smartphone yang sampai sekarang diterima dengan baik di pasaran, termasuk di Indonesia.

Selain spesifikasinya yang menarik, harga smartphone Lenovo juga tergolong ramah di kantong. Salah satu yang menjadi daya tarik dari perusahaan ini adalah harganya yang cenderung di bawah pasar sehingga peminatnya cukup banyak. Dari sekian banyak produk yang dikeluarkan oleh Lenovo, A Series merupakan seri yang paling laris di Indonesia.

Salah satu A Series yang laku di pasaran ialah A7000 Plus. Smartphone yang memiliki konektivitas yang cepat ini mampu menarik para konsumen. Apakah kamu tertarik untuk memiliki Lenovo A7000 Plus? Sebelum membeli, tentu akan lebih baik jika kamu mengetahui harga Lenovo A7000 Plus dan spesifikasinya.

Tenang, pada artikel kali ini akan membahas spesifikasi dan harga Lenovo A7000 Plus. Penasaran berapa harga harga Lenovo A7000 Plus di pasaran ponsel saat ini dan apa saja spesifikasi unggulan smartphone ini? Berikut Liputan6.com rangkum harga harga Lenovo A7000 Plus dari berbagai sumber, Jumat (1/3/2019).

2 dari 4 halaman

Spesifikasi dan Harga Lenovo A7000 Plus

· Body Lenovo A7000 Plus

Desain Lenovo A7000 Plus terlihat ramping dengan dimensi 152.6 x 76.2 x 8 mm dan berat 140 g, membuat ringan untuk dibawa. Berkat lapisan warna doff pada bodynya membuat perangkat ini tidak licin saat dipegang.

Sementara untuk warnanya Lenovo A7000 Plus hadir dengan pilihan warna yang menarik yaitu hitam, putih dan kuning.

· Layar Resolusi Tinggi

Dengan layar 5.5 inchi dan Full HD, kamu bisa mendapatkan tampilan terbaik dari film, gambar, dan game dalam A7000-Plus.

Selain resolusi tinggi dan tingkat kecerahan tinggi layar selebar 5.5 inchi ini memiliki sudut pandang lebar mendekati 180 derajat. Hasilnya? Kamu pun bisa menikmati teks yang jernih, gambar yang tajam, dan warna yang lebih nyata, baik di dalam maupun di luar rumah kapan saja.

· Konektivitas

Lenovo A7000 Plus dibekali Prosesor Octa-Core 64-Bit MediaTek MT6753 dengan RAM 2GB akan menjamin performa kencang. Selain itu smartphone ini sudah 4G LTE dan dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth, WiFi, dan GPS.

Ditambah dengan memori internal 16 GB, namun jika kamu merasa masih terlalu kecil bagi semua foto, video, dan musik koleksimu. Kamu bisa sematkan microSD hingga 32 GB pada A7000-Plus.

Perangkat ini juga telah didukung dengan USB-on-the-go untuk kemudahan berbagi data dan mengisi daya perangkat lain.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi dan Harga Lenovo A7000 Plus

· Kamera Berkualitas

Kamera A7000 Plus ini memiliki kamera belakang dengan resolusi 13 MP. Kamera smartphone ini juga dilengkapi dengan Dual-LED Flash untuk membantu pemotretan di tempat yang minim cahaya.

Tak hanya itu saja, kamera belakang C7 juga sudah diimbangi dengan seperti Aperture F/2.0, CMOS Sensor, Geo-tagging, Face detection, Digital zoom, HDR, ISO Setting, Autofocus, Touch Focus, Panorama, dan Digital Image Stabilization. Kamera belakang ini juga memiliki resolusi video yang sangat bagus, yakni 1080p. Jadi untuk penggunaan kamera belakang besutan A7000 Plus tidak dapat diragukan lagi.

Tidak kalah dengan kamera belakangnya, kamera depan A7000 Plus 5 MP dibekali deteksi gerakan saat berfoto, seperti melambaikan tangan dan mengatakan ‘Cheese’. Untuk keperluan video call dan selfie, kamu bisa mengandalkan kamera depan ponsel pintar ini.

· Audio yang berkualitas

saat pakai headset untuk mendengarkan musik, kamu bisa merasakan sensasi yang berbeda dari smartphone ini. Pasalnya, A7000 Puls ini dibekali Audio Dynamic Dolby Atmos yang membuat suara serasa terdengar di sekeliling kamu.

Baik secara horizontal namun vertikal. Semua itu adalah bagian dari desain audio 360 derajat, lengkap dengan 5 pengaturan mode equalizer yang dapat disesuaikan dengan selera ruang dengarmu.

· Baterai Besar

Kapasitas baterai besar dengan kapasitas baterai 3000 mAh, A7000 Plus sempurna untuk kamu tidak bisa lepas dari smartphone. Baik untuk media sosial, bermain game, hingga chatting, smartphone ini tidak akan mengecewakan kamu.

4 dari 4 halaman

Harga Lenovo A7000 Plus

Dari sejumlah penelusuran di situs jual-beli online, harga Lenovo A7000 Plus dibanderol pada kisaran Rp 1.299.000. Harga Lenovo A7000 Plus biasanya tergantung dari kondisi dan kelengkapan barang. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk membelinya?

Nah, itu dia spesifikasi dan harga Lenovo A7000 Plus yang mungkin bisa menjadi referensimu.

Pesan Homestay Lewat Aplikasi Ini, BRI Beri Diskon 50 Persen

Liputan6.com, Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menggandeng aplikasi layanan pemesanan tempat menginap Indohomestay dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar)‎ dalam rangka rangka optimalisasi jasa layanan homestay dan pengembangan sektor pariwisata di Tanah Air.

EVP Retail Payment BRI, Arif Wicaksono mengatakan, ‎melalui kerja sama ini, BRI memberikan berbagai program promosi yang menarik bagi seluruh wisatawan yang ingin merasakan layanan homestay di Indonesia melalui aplikasi lndohomestay. 

Dia menuturkan, promo yang diberikan BRI yaitu bagi nasabah BRI atau pemegang kartu kredit, debit atau alat pembayaran BRI lainnya bisa mendapatkan diskon hingga 50 persen saat memesan homestay melalui Indohomestay.

“Di Indohomestay ini transaksinya kan secara online. Satu-satunya bank yang terima pembayaran di situ BRI, bisa debit, kredit, e-pay, BRI Virtual Account. Promo diskonnya 50 persen selama sebulan dengan bayar pakai apapun (alat pembayaran BRI) juga, tetapi berlaku untuk tunai,” ‎ujar dia di Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Setelah sebulan, lanjut Arif, nasabah BRI tetap bisa mendapatkan diskon sebesar 15 persen untuk transaksi pemesanan homestay melalui aplikasi ini.

“Setelah sebulan, nanti secara reguler masih ada diskon untuk tiap transaksi diskon 15 persen sampai dengan 1 tahun. Tetapi kita sedang pikirkan diskon apa lagi yang menarik,” kata dia.

Sementara itu, CEO lndohomestay Grandy Prajayakti menyatakan, saat ini lndohomestay telah terkoneksi dengan lebih dari 1.000 homestay dan 3.000 kamar di seluruh pelosok lndonesia.

Melalui kerja sama ini, lanjut Grandy, dapat menarik minat wisatawan untuk menginap di homestay yang ada di berbagai destinasi wisata di Indonesia. Sehingga juga akan berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan ke destinasi tersebut.

“Indonesia punya tempat-tempat yang eksotik di desa-desa ini ingin kami angkat. Ini untuk menarik wisatawan menjelajah seluruh wilayah Indonesia.‎ Homestay yang kami tawarkan harganya beragam, mulai dari Rp 70 ribu per malam hingga Rp 800 ribu. Makanya kami ingin wisatawan dapat merasakan itu,” tandas dia.

2 dari 2 halaman

Sasar Milenial, BRI Luncurkan Aplikasi BRImo

Sebelumnya, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) kembali berinovasi. Untuk menyasar kaum milenial yang ingin serba praktis dan cepat, BRI luncurkan BRImo, aplikasi berbasis data dengan UI/UX untuk memudahkan nasabah dan non-nasabah melakukan transaksi.

Direktur Konsumer BRI Handayani mengatakan, aplikasi ini merupakan pengembangan terbaru dari layanan transaksi yang telah ada. Tercatat ada lebih dari 13 juta pengguna BRI Mobile dengan jumlah transaksi mencapai 575 juta sepanjang 2018. Fiturnya juga modern dan praktis.

“BRImo menggabungkan fungsi mobile banking, internet banking dan uang elektronik dalam satu aplikasi. Fiturnya modern. Terutama untuk login, kadang kita suka lupa kode, nah BRImo sediakan fingerprint, supaya lebih mudah dan praktis,” ujar Handayani di Gedung BRI I, Rabu 27 Februari 2019.

Penggunaan aplikasi ini cukup mudah. Nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang BRI, cukup unduh dan log in di aplikasi BRImo menggunakan user id dan password yang sudah diatur sebelumnya.

Tak hanya mempermudah, aplikasi BRImo memiliki beberapa keunggulan dibanding aplikasi mobile banking sebelumnya, diantaranya kemudahan pembukaan rekening Tabungan BRI Britama Muda, kemudahan login menggunakan finger print atau face id Recognition , penggunaan alias rekening higga akses info promo BRI.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Harga Samsung Galaxy J3 2016, Smartphone Garang yang Patut untuk Dimiliki

Liputan6.com, Jakarta Samsung merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia. Di balik kisah sukses perusahaan elektronik tersebut, ternyata awalnya Samsung merupakan usaha ekspor buah, sayur, dan ikan kering yang dirintis oleh Lee Byung-Chul di Daegu, Korea Selatan.

Namun saat ini, Samsung sudah bertransformasi dan diakui secara global sebagai pemimpin dalam teknologi bahkan sekarang termasuk dalam 10 merek teratas. Samsung terus menghadirkan bermacam-macam jenis gadget dengan beragam variasi dan keunggulannya.

Dari sekian banyak produk smartphone yang dikeluarkan oleh Samsung, J series merupakan seri yang paling banyak digemari. Bagaimana tidak, Samsung J series masuk ke dalam kategori mid-end atau kelas menengah.

Salah satu produk Samsung J series yang disukai adalah Samsung Galaxy J3 2016. Alasan smartphone ini masih banyak diminati karena harga Samsung Galaxy J3 2016 cukup terjangkau dengan spesifikasi yang mumpuni tentunya. Smartphone Samsung Galaxy J3 2016 ini menambah jagoan baru ke dalam segmen entry-level.

Sesuai dengan nama produknya, Samsung Galaxy J3 2016 ini merupakan keluaran tahun 2016. Walaupun kehadirannya sudah cukup lama, namun Samsung Galaxy J3 2016 masih bisa bersaing dengan produk sejenisnya dan masih layak dimiliki di tahun 2019 ini. Apalagi di awal bulan Maret ini, harga Samsung Galaxy J3 2016 mengalami penurunan.

Penasaran dengan spesifikasi dan harga Samsung Galaxy J3 2016 terbaru bulan ini? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber spesifikasi dan harga Samsung Galaxy J3 2016, Jumat (1/2/2019).

2 dari 6 halaman

Desain dan Fitur Menarik

Dimensi dari Samsung Galaxy J3 2016 ini adalah 142.3 x 71x 7.9 mm. Dengan bobot 138 gram, menjadikan smartphone ini cukup nyaman digenggam karena tidak terlalu tebal dan berat.

Mengusung desain yang elegan pada produknya, Samsung Galaxy J3 2016 memiliki tiga pilihan warna yaitu putih, hitam, dan gold. Namun, untuk warna gold memiliki daya jual yang lebih tinggi dibandingkan dua warna yang lainnya.

Smartphone ini menjalankan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Samsung juga menambahkan beberapa fitur untuk Samsung Galaxy J3 2016 seperti Motion Lock. Yakni fitur yang memungkinkan kamu untuk menjawab panggilan telepon ketika melakukan sebuah gerakan, seperti berhenti bersepeda.

Ada juga Ultra Data Saving Mode yang didukung dengan Opera Max untuk mengompresi data seluler, baik itu saat streaming video, membuka gambar, dan segala aplikasi atau situs web. Tak hanya itu, smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan radio, RDS, dan perekam suara.

3 dari 6 halaman

Layar dan Prosesor

Smartphone Samsung Galaxy J3 2016 ini membekali layarnya dengan Super AMOLED berukuran 5 inci. Resolusi layarnya sedniri adalah 720 x 1280 pixel dengan kerapatan layar 294 ppi. Hal ini memberikan nuansa tampilan yang tajam, terang, dan sudut pandang yang baik.

Smartphone satu ini dilandasi dengan dapur pacu yang digawangi oleh prosesor Spreadtrum SC8830 serta diimbangi dengan CPU Quad Core 1.2 GHz. Adanya prosesor seperti ini, membuat smartphone ini cukup stabil untuk dimainkan.

4 dari 6 halaman

Konektivitas dan Kamera

Samsung Galaxy J3 2016 sudah memiliki koneksi yang sedang ramai digunakan oleh para pecinta gadget, yaitu jaringan 4G LTE. Memiliki dual-SIM, dan kedua SIM mendukung untuk jaringan 4G. Hanya saja bisa mengaktifkan satu SIM untuk jaringan 4G-nya. Hal ini berarti, kamu tidak bisa menggunakan jaringan 4G secara bersamaan di kedua SIM tersebut.

Samsung Galaxy J3 2016 ini juga memiliki konektivitas Wi-Fi, Bluetooh, dan NFC. Ya, NFC ini sangat jarang ditemui di smartphone dengan kategori kelas mid-end ini.

Kalau kamu menyukai fotografi dan selfie, Samsung Galaxy J3 2016 ini bisa menjadi pilihan untuk dimiliki. Ya, untuk kamera depannya saja sudah memiliki kamera berukuran 5 MP dan dilengkapi dengan keberadaan LED Flash.

Untuk kamera belakang Samsung Galaxy J3 2016 ini dibekali dengan kamera berukuran 8 MP. Ya, kamera ini tentunya dilengkapi dengan autofocus dengan f/2.2 aparture yang lumayan. Kamera belakang smartphone ini juga dilengkapi dengan LED Flash.

5 dari 6 halaman

Baterai dan Memori

Keunggulan dari Samsung Galaxy J3 2016 ini adalah baterai removeable alias baterai yang bisa dilepas. Hal ini sangat menguntungkan, karena biaya pergantian baterai removeable lebih murah dibandingkan dengan baterai non-removeable.

Mengusung baterai Li-ion sebesar 2.600 mAh. Kalau kamu mengaktifkan jaringan 3G dengan aktif, maka daya tahannya bisa mencapai 10 jam. Samsung Galaxy J3 2016 ini menyematkan fitur fast charging, sehingga kamu perlu mengisi baterai yang habis selama 2,5 jam.

Samsung Galaxy J3 2016 ini membawa RAM sebesar 1,5 GB. Ukuran RAM yang lumayan besar ini mampu mengimbangi prosesor yang dibawa oleh smartphone ini. Nah, untuk ukuran memori internalnya, Samsung Galaxy J3 2016 memiliki dua pilihan yaitu, berukuran 8 GB dan 16 GB. Selain itu, ada juga memori eksternalnya yang bisa di upgrade hingga 128 GB.

6 dari 6 halaman

Harga Samsung Galaxy J3 2016 Terbaru

Berdasarkan hasil pantauan Liputan6.com dari beberapa kanal online, harga Samsung Galaxy J3 2016 terbaru saat ini berkisar Rp 1,5 jutaan. Kamu bisa membelinya di e-commerce langganan ataupun di media online lainnya.

Respons Jaksa Agung Soal Polemik Wiranto Vs Kivlan Zein

Liputan6.com, Jakarta – Jaksa Agung HM Prasetyo turut merespons polemik antara Menko Polhukam Wiranto dengan mantan Kepala Staf Kostrad Kivlan Zein terkait tudingan dalang kerusuhan 98. Menurut Prasetyo, polemik tersebut bukan domain Kejaksaan Agung.

“Itu di luar domain kita, itu masih polemik antara Pak Wiranto dan Pak Kivlan Zein. Kita tentunya akan lihat seperti apa nanti perkembangannya,” ujar Prasetyo di Kompleks Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Jumat (1/3/2019).

Prasetyo belum bisa menyimpulkan peristiwa 98 sebagai pelanggaran HAM berat. Apalagi penyelidikan yang dilakukan Komnas HAM terkait peristiwa tersebut belum mendapatkan bukti yang kuat untuk ditingkatkan ke penyidikan.

“Jadi kita tidak usah terpancing terkait masalah itu. Itu adalah ranah Pak Kivlan dan Pak Wiranto. Pak Wiranto sudah berikan penjelasan kan. Pak Wiranto bilangnya perlu buka-bukaan kan. Saya malah denger mau ada sumpah pocong, tapi Pak Kivlan nggak mau,” ucapnya.

Kendati begitu, Prasetyo menegaskan pihaknya tetap beritikad menuntaskan kasus kerusuhan 98. Namun kejaksaan juga tidak bisa memaksakan untuk membawa perkara tersebut ke meja hijau selama bukti yang diperoleh belum kuat.

“Temen-temen jaksa bilang hal itu belum penuhi unsur. Masa mau dipaksakan disidik atau dibawa ke pengadilan, gimana caranya kalau bukti-bukti tidak ada,” tuturnya.

2 dari 3 halaman

Hasil Penyelidikan Komnas HAM

Hasil penyelidikan sementara yang dilakukan Komnas HAM juga tidak ditemukan dugaan keterlibatan Wiranto atau Kivlan dalam peristiwa 98. “Tidak ada, justru itu makanya, secara eksplisit maupun implisit tidak ada dua nama itu (Wiranto dan Kivlan),” ujar Prasetyo.

Sebelumnya, Kivlan Zein menyebut Wiranto memiliki peran ganda pada peristiwa kerusuhan 98. Kala itu, Wiranto menjabat sebagai Panglima ABRI.

Tak terima dengan tudingan tersebut, Wiranto pun menantang Kivlan melakukan sumpah pocong untuk membuktikan omongannya. Wiranto membantah dirinya sebagai dalang kerusuhan 98.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Tampil di Piala Presiden 2019, Pemain Asing Tidak Perlu Kitas

Jakarta – Pemain asing yang akan tampil di Piala Presiden 2019 tidak perlu memiliki Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas). Hal itu dipastikan oleh PSSI. Menurut Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, klub hanya tinggal memastikan pemain asing itu memiliki Visa Kunjungan Usaha.

Managers Meeting Piala Presiden 2019  telah digelar pada Kamis (28/2/2019). Dalam kesempatan tersebut, PSSI memberikan sosialisasi tentang pelaksanaan turnamen pramusim yang akan dimulai Sabtu (2/3/2019).

Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, juga mengungkapkan para pemain asing yang akan memperkuat klub peserta Piala Presiden 2019 tak memerlukan Kitas seperti di edisi sebelumnya. Maksimal empat pemain asing yang akan bermain di setiap klub hanya perlu untuk memastikan datang ke Indonesia dengan menggunakan Visa Kunjungan Usaha.

“Untuk proses imigrasi pemain asing, PSSI sudah berkoordinasi dengan BOPI pada pekan lalu dan kami sepakat dengan arahan BOPI, mengingat ini merupakan ajang uji coba bagi klub, kami akan menggunakan regulasi VISA, bukan Kitas,” ujar Ratu Tisha Destria di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Kamis (28/2/2019).

“Alasannya kalau Kitas artinya sang pemain sudah bekerja di sini, sementara untuk Piala Presiden 2019 ini belum pasti pemain itu akan digunakan oleh klub saat kompetisi nanti,” lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Kuota 3 + 1

Sementara untuk jumlah pemain asing yang boleh digunakan setiap klub, PSSI masih menerapkan kuota 3+1, perinciannya minimal satu pemain asing harus berasal dari Asia.

“Kalau ada dua atau tiga pemain asing dari Asia justru itu tidak ada masalah,” tegas Ratu Tisha.

Piala Presiden 2019 digelar mulai 2 Maret 2019 dan akan berakhir pada 12 April 2019. Babak penyisihan grup digelar di lima kota dan kabupaten, yaitu Bandung, Bekasi, Magelang, Sleman, dan Malang.

Sumber: Bola.com