Dubes Inggris soal Pemilu 2019: Indonesia Pasti Bisa Memilih dengan Bijaksana

Sebelumnya, Duta Besar Inggris untuk RI, Moazzam Malik pernah memuji sistem demokrasi di Indonesia sudah sangat baik. Hal ini ia sampaikan setelah melihat proses pemilihan umum kepala daerah yang berlangsung pada 27 Juni 2018.

Dubes Moazzam bahkan menyebut sistem pemilihan langsung yang dilakukan oleh rakyat ini sukses. Aspirasi rakyat pun tersampaikan dengan baik lewat cara seperti ini.

“Saya menilai sistem demokrasi di Indonesia sudah sangat baik. Rakyat dapat memilih pemimpinnya secara langsung bahkan serentak di sejumlah negara,” ujar Dubes Moazzam saat ditemui usai acara peringatan ulang tahun Ratu Elizabeth II ke-92 di Hotel Fairmont Jakarta pada Kamis 28 Juni 2018 malam.

“Lewat keberhasilan ini kami berharap agar Indonesia dapat mempromosikan sistem demokrasi dan pemilihan kepala daerah secara langsung kepada Inggris terutama negara-negara di dunia,” tambahnya.

Live Report Pemilu 2019: Mantap Memilih!

Jadi Lokasi JK Nyoblos, Begini Suasa di TPS 04 Kebayoran Baru

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) akan menggunakan hak pilihnya di TPS 04, Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. JK direncanakan akan mencoblos bersama istri dan anak-anaknya.

Pantauan detikcom di TPS 04, Jalan Brawijaya IV, Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/3019), terlihat aparat gabungan dari polisi dan TNI sudah berjaga. Pasukan pengamanan wapres disiagakan juga di sekitar TPS untuk mengawasi.

Juru bicara JK, Husain Abdullah menjelaskan JK akan mengajak pula cucunya saat mencoblos. Rencananya JK akan mencoblos pukul 10.00 WIB.

<!–

–>

Hari Pencoblosan Pemilu 2019 Tiba, Selamat Memilih!

Jakarta – Hari pencoblosan Pemilu 2019 telah tiba. Hari ini, waktunya menggunakan hak pilih untuk menentukan pemimpin 5 tahun ke depan.

8 bulan sudah para peserta pemilu baik capres cawapres maupun calon legislatif mengkampanyekan visi misinya untuk Indonesia. Seruan untuk tidak golput pun diutarakan oleh sejumlah tokoh nasional.

Ingat, perhatikan betul tata cara mencoblos. Berdasarkan Peraturan KPU nomor 3 tahun 2019 tentang pemungutan dan perhitungan suara pada pemilu, pemilih yang akan mencoblos datang ke TPS dan mengisi daftar hadir. Pemilih lalu menunggu giliran.

Setelah itu, Kepala KPPS akan memanggil nama pemilih dan memberikan lima surat suara yaitu Presiden dan Wakil presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. Sementara untuk pemilih di DKI Jakarta hanya akan menerima empat surat suara.

Mari rayakan bersama pesta demokrasi 5 tahunan ini. Gunakan hak pilihmu. Selamat memilih!
(idn/knv)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Distribusi Lancar, Bali-Nusra Siap Memilih

Sementara itu, distribusi logistik pemilu di Nusa Tenggara Timur (NTT) melibatkan TNI AU dan TNI AL. TNI AU dilibatkan untuk mendistribusikan logistik pemilu ke Pulau Flores. Sekitar 800 ribu lebih lembar surat suara pengganti surat suara rusak, Senin (15/4/2019) dikirim menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU ke dua daerah di Pulau Flores yakni Maumere dan Labuan Bajo.

Pendistribusian logistik pemilu itu menggunakan dua pesawat Hercules dengan nomor 1316 dan 1332 yang didatangkan dari Malang.

“NTT dikatakan berada di zona merah untuk distribusi logistik pemilu. Dengan adanya dua Hercules menjadi jawaban terselesaikan masalah logistik pemilu di NTT,” kata Komandan Pangkalan Angkatan Udara (Danlanud) El Tari Kupang, Kolonel penerbang Arief Hartono kepada Liputan6.com.

Logistik yang diangkut dengan pesawat Hercules untuk daratan Flores yaitu Sikka untuk melayani Nagekeo, Ngada, Ende, dan Lembata, sedangkan titik yang kedua diturunkan di Labuan Bajo untuk melayani Manggarai, Manggarai Timur dan Manggarai Barat. “Ada dua titik untuk pendistribusian logistik yakni Sikka dan Labuan Bajo,” katanya.

Sedangkan untuk wilayah Sumba, Alor, Rote dan Sabu distribusi logistik mengunakan jalur laut bekerjasama dengan TNI AL. Ya, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VII membantu KPU Provinsi Nusa Tenggara Timur mendistribusikan Logistik Pemilu Tahun 2019 ke Pulau Rote, Selasa (16/04/2019).

Kadispen Lantamal VII, Mayor Laut (T) Rakhmat Yuniar, S.T. mengatakan, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VII, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Kasirun Situmorang telah memerintahkan Kapal TNI AL (KAL) Weling 1-7-15 milik Lantamal VII mendistribusikan logistik pemilu ke Kabupaten Rote Ndao.

“Kapal itu membawa 33 koli surat suara dan C Plano. Kapal itu diberangkatkan dari Pelabuhan Bolok Kupang pukul 23.00 Wita Senin malam,” ujar Mayor Rakhmat kepada Liputan6.com, Selasa (16/4/2019).

Ia mengatakan, kapal perang itu tiba di Dermaga Pelabuhan Baa, Namodale, Kecamatan Lobalain,  Kabupaten Rote Ndao, Selasa 16 April 2019, pukul 06.20 Wita. Logistik pemilu itu diterima langsung oleh Danlanal Rote Letkol Laut (P), Akhmad Alif S.Z serta Sekertaris KPU Rote Ndao, Ramli Badjijeh.

“Dari Pelabuhan Baa, logistik diangkut menggunakan mobil operasional KPU Kabupaten Rote Ndao Menuju gudang KPU,” katanya.

Penjelasan Resmi PPLN Sydney soal Ratusan WNI yang Tak Bisa Memilih

Liputan6.com, Sydney – Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Sydney angkat bicara terkait berbagai laporan mengenai kendala pemungutan suara yang terjadi di wilayahnya pada Sabtu 13 April 2019 lalu.

Sebelumnya, dikabarkan bahwa ratusan warga negara Indonesia (WNI) di Sydney, Australia dikabarkan tak bisa menggunakan hak memilihnya.

Salah satu yang menjadi sorotan luas adalah terhambatnya pemilih untuk menggunakan hak suara di tempat pemungutan suara (TPS) Town Hall, Sydney.

Sejumlah dugaan penyebab mengemuka, mulai dari kabar tentang TPS yang tidak mengantisipasi kendala dalam proses pemungutan, hingga jumlah pemilih bukan DPT (daftar pemilih tetap) yang membeludak berdatangan ke lokasi itu.

Angkat bicara dalam sebuah keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com pada Minggu 14 April 2019, PPLN Sydney memberikan penjelasan sebagai berikut:

Secara umum pelaksanaan pemungutan suara yang dilaksanakan pada Sabtu, 13 April 2019 di wilayah kerja PPLN Sydney yang meliputi New South Wales, Queensland dan South Australia berjalan lancar.

Pemungutan suara tersebar di 22 TPSLN (TPS Luar Negeri) dengan rincian sebagai berikut: 4 TPSLN berlokasi di KJRI Sydney, 5 TPSLN berlokasi di Sydney Town Hall, 3 TPSLN berlokasi di Marrickville Community Centre, 3 TPSLN berlokasi di Yagoona Community, 3 TPSLN berlokasi di Good Luck Plaza, 2 TPSLN berlokasi di Sherwood State School-Brisbane dan 2 TPSLN di Adelaide State Library.

Hampir semua lokasi adalah gedung yang disewa.

Pemungutan suara dimulai pukul 8.00 sampai 18.00 waktu setempat. Acara dimulai dengan upacara pembukaan oleh KPPSLN (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri) dan selanjutnya dilakukan pelayanan kepada Pemilih yang terdaftar sebagai DPTLN (DPT Luar Negeri) dan DPTbLN (DPT Tambahan Luar Negeri).

DPTLN adalah daftar pemilih yang ditetapkan oleh KPU per 12 Desember 2018.

Untuk PPLN Sydney jumlah DPTLN adalah 25.381 pemilih. Sedangkan definisi singkat untuk DPTbLN adalah pemilih yang sudah menjadi DPT namun pindah lokasi memilih. Pada umumnya pemilih yang hadir dan terdaftar sebagai DPTLN dan DPTbLN terlayani dengan baik sejak pagi hari.

Tidak sedikit pemilih yang datang adalah pemilih yang tidak terdaftar atau tidak tahu bahwa yang bersangkutan masuk dalam kriteria DPKLN (Daftar Pemilih Khusus Luar Negeri). Yang mana DPKLN baru diperbolehkan mencoblos pada satu jam terakhir atau jam 17.00 sampai 18.00. Pemilih DPKLN adalah pemilih yang belum terdaftar sebagai DPT dan baru mendaftar setelah tanggal penetapan DPTLN (12 Desember 2018).

Penjelasan dan pemahaman juga diberikan kepada beberapa pemilih yang mengalami kendala dalam mendapatkan informasi terkini seperti tempat/lokasi TPS mencoblos dan metode pemilhan yang digunakan apakah POS atau TPS.

*Selanjutnya di laman dua…

Tips Memilih dan Merebus Telur Agar Tak Gampang Pecah

Liputan6.com, Jakarta – Salah satu bahan makanan yang banyak dikonsumsi adalah telur. Selain harga yang terjangkau, pengolahan super mudah nan sederhana juga jadi alasan telur merupakan bahan andalan tak sedikit orang.

Misalnnya saja membuat telur rebus sebagai lauk makanan atau sekadar ingin menyantap telur. Bagi banyak orang, merebus telur menjadi aktivitas di dapur yang dianggap sangat mudah. Tapi jangan salah.

Pada kenyataannya aktivitas merebus telur tak semudah kelihatannya. Kalau cara yang digunakan untuk merebus ternyata salah, telur yang ada akan mudah pecah.

Hal itu bisa membuat panci untuk merebus pun jadi berbusa terkena pecahan telur.Lalu, bagaimana cara merebus telur yang tepat agar telur tak mudah pecah? Simak caranya berikut ini.

1. Bersihkan telur dengan cara dicuci atau direndam dengan air. Ambil satu persatu telur ini dan pilih telur yang benar-benar baik. Sebaiknya jangan memakai telur yang sudah retak atau pecah.

2. Siapkan air biasa di panci lalu masukkan satu persatu telur yang akan direbus. Hindari memasukkan telur pada panci dengan air yang sudah hangat apalagi panas.  Memasukkan telur saat air panas justru akan membuat telur mudah pecah dan tak bisa matang sempurna.

Pose 2 Jari Bareng Prabowo, Teuku Wisnu: Memilih karena Ijtima Ulama

JakartaTeuku Wisnu memposting foto dirinya bersama capres nomor urut 02, Prabowo Subianto. Teuku Wisnu menyatakan dukungannya kepada Prabowo karena ijtima ulama.

Di foto tersebut tak hanya ada Teuku Wisnu. Arie Untung hingga Dimas Seto juga ikut berfoto sambil berpose dua jari.

“KAMI MEMILIH. Kami memililih karena ijtima ulama, Kami memilih karna guru kami berada disana, Kami memilih untuk negeri yang kami cinta,” tulis Wisnu, dilihat detikHOT, Sabtu (13/4/2019).

Suami Shireen Sungkar itu juga mengajak masyarakat yang berbeda pilihan untuk tetap saling menjaga dan damai.

“Untuk yang memilih berbeda, Ayo kita saling jaga, Karena bagaimanapun juga, Kita tetap sodara, Dan teruslah damai ini kita jaga, Untuk indonesia jaya,” katanya.
(nkn/dar)

Photo Gallery

1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20

Jangan Asal-asalan Memilih Sabun Mandi

Liputan6.com, Jakarta Sabun mandi dengan aroma wangi yang kuat terkadang memang begitu menggoda untuk dibeli. Namun, aroma wangi yang sangat kentara menandakan tingginya kandungan parfum di dalamnya. Hal ini bisa membuat kulit jadi kering.

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin Kardiana Dewi daripada pilih sabun mandi yang wangi lebih baik pilih yang mengandung pelembap. Sabun yang setelah memakainya terasa kesat di kulit. Itu pertanda kandungan deterjennya sangat tinggi.

“Memang enak, waktu mandi rasanya kesat. Tapi, lama-lama kulit jadi kering karena kadar deterjen sabunnya cukup tinggi. Kalau bisa, cari sabun yang kadar deterjennya rendah dan ada pelembapnya, untuk kulit kering,” tutur Kardiana saat ditemui di Kemang, Jakarta beberapa saat lalu.

Sementara itu, bagi yang memiliki kulit normal atau berminyak dan berbulu, tidak perlu memakai sabun dengan kadar kelembapan ekstra maupun sabun bayi. Sabun dengan level pelembap normal jadi pilihan terbaik.

“Kalau orangnya sangat aktif, berkeringat banyak, kulitnya normal, tebal dan tidak kering maupun punya problem kulit, bisa pakai sabun biasa. Yang penting, kadar deterjennya rendah,” kata Kardiana.

Sedangkan untuk kulit kering, sebaiknya memilih sabun berpelembap ekstra dan yang bisa menjaga kelembapan alami kulit seperti sabun bayi. “Kalau kulitnya kering, sering gatal dan jarang pakai lotion, saya sarankan pakai sabun bayi,” jelasnya.

Penulis: Cynthia Amanda Male/Dream.co.id

7 Fungsi VGA, Penjelasan dan Tips Memilih Agar Perangkat Tetap Awet

Fungsi VGA adalah untuk menghasilkan dan menampilkan gambar ke display pada monitor. Saat ini semua motherboard memiliki kartu VGA built-in. Fungsi VGA Card dianggap tidak penting karena biasanya sudah dibenamkan langsung di motherboard (VGA card onboard), sehingga pengguna komputer hanya menggunakan komputernya untuk aktifitas multitasking seperti microsoft office, atau browsing. Untuk itu, tidak perlu lagi menggunakan VGA card dengan spesifikasi tinggi.

Jika gagal, Anda harus menambahkan satu kartu VGA di motherboard Anda. Beberapa prosesor mendukung tampilan onboard dan ada juga yang tidak mendukung. Fungsi VGA lainnya adalah sebagai berikut:

1. Untuk menerjemahkan output komputer ke monitor,

2. Untuk mengubah sinyal digital di komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor,

3. Fungsi VGA yang ketiga untuk menyimpan data dari hardisk,

4. Fungsi VGA selanjutnya untuk menyuplai data untuk prosessor yang akan diproses,

5. Untuk menggambar atau design graphic ataupun untuk bermain game,

6. Untuk membuat gambar dengan kualitas yang bagus atau unggul,

7. Untuk memproses semua grafis yang akan ditampilkan pada monitor.

Tips Memilih Filter Oli untuk Kendaraan Kesayangan

Liputan6.com, Jakarta – Untuk menjaga agar performa kendaraan tetap prima, selain mengganti pelumas atau oli secara berkala juga harus memperhatikan filternya. Sesuai dengan namanya, komponen tersembunyi ini bertugas untuk menyaring oli mesin sebelum disalurkan ke seluruh komponen internal mesin yang bergerak.

Filter oli memastikan tidak ada jelaga, kotoran atau metal yang bisa lolos sehingga bisa membahayakan komponen mesin yang saling bergesekan. Karena fungsinya ini, sangat penting untuk memperhatikan kualitas dari filter oli mobil Anda.

Dilansir Suzuki Indonesia, untuk Anda yang ingin mengganti filter oli karena sudah tidak layak pakai, sangat disarankan untuk memilih yang sesuai dengan part number dari spek kendaraan tersebut.

Untuk memilih filter oli untuk kendaraan kesayangan, berikut tipsnya:

1. Pilih saringan oli yang ulir dan diameter lubangnya cocok untuk mobil Anda. Jangan dipaksakan, pasalnya berisiko menyebabkan filter tidak kencang, atau bahkan malah bocor dan merusak part lainnya

2. Pastikan filter oli menggunakan katup by-pass. Fungsi katup by-pass ini sebagai jalan alternatif oli untuk mengalir saat terjadi sumbatan pada filter oli

3. Jika memang dibutuhkan, pastikan filter oli tersebut memiliki katup anti balik. Fungsinya, untuk melihat posisi pengikat filter oli dengan motor

4. Jika posisi pengikat filter oli berada di bawah dan posisinya horizontal, sebaiknya carilah filter oli yang dilengkapi dengan katup anti balik.

Pasalnya, jika tidak dilengkapi katup anti balik, saat mesin mati, oli yang berada di dalam filter justru bisa kembali ke bak penampung oli atau karter.