Partai Apa yang Dipilih Milenial Ibu Kota? Survei Median Membuktikan…

Jakarta – Lembaga survei Median merilis hasil survei elektabilitas parpol di DKI Jakarta. Ada hasil survei per kelompok umur. Apa pilihan partai para milenial?

Survei digelar pada pekan ke-4 Februari hingga pekan pertama Maret 2019 dengan melibatkan 1.000 responden. Sampel dipilih dengan teknik multistage random sampling dan proporsional atas populasi kodya dan gender. Margin of error survei ini plus minus 3,1% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Pertanyaan survei adalah: “Jika pemilu legislatif dilakukan saat ini, partai apakah yang akan Anda pilih?”
Berikut elektabilitas partai hasil survei Median:

PDIP 28,1%
Gerindra 22,9%
Demokrat 6,9%
PKS 6,8%
PAN 4,7%
Golkar 4,6%
PKB 2,2%
Perindo 2,1%
NasDem 2,0%
PPP 1,8%
PSI 1,3%
Hanura 1,1%
PBB 0,2%
Berkarya 0,2%
Undecided 15,2%

Jika ditilik lebih detail dari segi kelompok usia, porsi terbesar suara PDIP datang dari pemilih yang berusia kurang dari 20 tahun. Sementara Gerindra banyak dipilih pemilih kelompok usia 30-39 tahun.

Direktur Eksekutif Median Rico Marbun.Direktur Eksekutif Median Rico Marbun. Foto: Ari Saputra

Dari segi pendidikan pemilih, Gerindra unggul di pemilih tidak tamat SD. Sementara PDIP unggul di pemilih tamat SD hingga tamat perguruan tinggi.

Alasan dominan warga ibu kota memilih PDIP karena faktor kinerja Jokowi. Sementara alasan warga ibu kota memilih Gerindra karena suka dengan Prabowo. Alasan memilih Demokrat karena suka SBY, sementara PKS dipilih karena sangat identik dengan partai Islam. PAN dipilih karena dinilai amanah, sementara Golkar dipilih karena alasan ikut keluarga.
(tor/van)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Respons Jaksa Agung Soal Polemik Wiranto Vs Kivlan Zein

Liputan6.com, Jakarta – Jaksa Agung HM Prasetyo turut merespons polemik antara Menko Polhukam Wiranto dengan mantan Kepala Staf Kostrad Kivlan Zein terkait tudingan dalang kerusuhan 98. Menurut Prasetyo, polemik tersebut bukan domain Kejaksaan Agung.

“Itu di luar domain kita, itu masih polemik antara Pak Wiranto dan Pak Kivlan Zein. Kita tentunya akan lihat seperti apa nanti perkembangannya,” ujar Prasetyo di Kompleks Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Jumat (1/3/2019).

Prasetyo belum bisa menyimpulkan peristiwa 98 sebagai pelanggaran HAM berat. Apalagi penyelidikan yang dilakukan Komnas HAM terkait peristiwa tersebut belum mendapatkan bukti yang kuat untuk ditingkatkan ke penyidikan.

“Jadi kita tidak usah terpancing terkait masalah itu. Itu adalah ranah Pak Kivlan dan Pak Wiranto. Pak Wiranto sudah berikan penjelasan kan. Pak Wiranto bilangnya perlu buka-bukaan kan. Saya malah denger mau ada sumpah pocong, tapi Pak Kivlan nggak mau,” ucapnya.

Kendati begitu, Prasetyo menegaskan pihaknya tetap beritikad menuntaskan kasus kerusuhan 98. Namun kejaksaan juga tidak bisa memaksakan untuk membawa perkara tersebut ke meja hijau selama bukti yang diperoleh belum kuat.

“Temen-temen jaksa bilang hal itu belum penuhi unsur. Masa mau dipaksakan disidik atau dibawa ke pengadilan, gimana caranya kalau bukti-bukti tidak ada,” tuturnya.

2 dari 3 halaman

Hasil Penyelidikan Komnas HAM

Hasil penyelidikan sementara yang dilakukan Komnas HAM juga tidak ditemukan dugaan keterlibatan Wiranto atau Kivlan dalam peristiwa 98. “Tidak ada, justru itu makanya, secara eksplisit maupun implisit tidak ada dua nama itu (Wiranto dan Kivlan),” ujar Prasetyo.

Sebelumnya, Kivlan Zein menyebut Wiranto memiliki peran ganda pada peristiwa kerusuhan 98. Kala itu, Wiranto menjabat sebagai Panglima ABRI.

Tak terima dengan tudingan tersebut, Wiranto pun menantang Kivlan melakukan sumpah pocong untuk membuktikan omongannya. Wiranto membantah dirinya sebagai dalang kerusuhan 98.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Usai Hajar Bournemouth, Arsenal Bidik Tottenham

Liputan6.com, London – Usai menghajar Bournemouth 5-1, Arsenal kini membidik Tottenham Hotspur di laga Liga Inggris selanjutnya. Hal itu diungkap pelatih The Gunners, Unai Emery.

Pada dini hari tadi, Tottenham Hotspur harus menelan kekalahan. Mereka dikalahkan oleh Chelsea dengan skor 2-0 di Stamford Bridge.

Berkat kekalahan itu, posisi The Lillywhites kini semakin didekati oleh Arsenal di klasemen sementara EPL. Mereka kini hanya unggul empat poin saja dari The Gunners yang menempati peringkat 4.

Emery sendiri menegaskan bahwa Arsenal akan melakukan segala cara untuk mengalahkan Tottenham di akhir pekan nanti. “Itu [memangkas jarak dengan Tottenham] adalah sebuah motivasi yang besar bagi kami,” buka Emery kepada situs resmi Arsenal.

2 dari 3 halaman

Jaga Performa 

Emery menegaskan bahwa timnya tidak boleh berleha-leha jelang menghadapi pertandingan sarat gengsi tersebut pada akhir pekan nanti.

Sang pelatih menyebut bahwa timnya wajib bekerja keras di sesi latihan Arsenal agar mereka bisa meraih kemenangan pada laga itu.

“Kami tidak boleh hanya mewacanakan hal itu melalui omongan saja, melainkan kami harus memanfaatkan dengan sebaik mungkin, seperti yang kami lakukan hari ini. Setelah itu baru kami harus membuktikannya pada pertandingan hari Sabtu nanti.”

3 dari 3 halaman

Laga Sulit 

Emery juga mengakui bahwa Tottenham bukanlah lawan yang bisa dipandang dengan sebelah mata. Untuk itu timnya harus membuktikan kualitas mereka di atas lapangan.

“Untuk saat ini mereka [Tottenham] adalah lawan yang sulit bagi kami, karena mereka berada di posisi yang lebih baik daripada kami di klasemen sementara ini.”

“Saya rasa bermain di markas mereka akan sangat sulit, namun ini akan menjadi ujian yang sangat baik. Ujian ini akan menjadi ujian yang bagus dan juga positif.” tandasnya.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

Bambu Pethuk, Fenomena Alam yang Kental dengan Kekuatan Gaib

Liputan6.com, Cilacap – Presiden Jokowi mendapat buah tangan nan unik dari seorang warga Cilacap, bambu pethuk alias pring pethuk. Pembicaraan soal bambu pethuk pun meruap.

Memang, sejak dulu ada sebagian masyarakat yang percaya tuahnya. Namun, sebagaimana jimat bertuah lainnya, keberadaan bambu pethuk pun misterius. Ada, tapi sulit dibuktikan keberadaannya.

Kadang, ada yang benar-benar butuh dan telah menyiapkan segepok uang, tetapi barang sukar didapat. Dalam kasus lain, pembeli ada, dana tersedia, bambu pethuk pun ada. Belakangan ketahuan bambu pethuk itu palsu. Transaksi pun gagal.

Pendek kata, bambu pethuk, layaknya barang-barang mistis lainnya, hanya ada dalam pembicaraan-pembicaraan antar teman. Jarang sekali ada yang pernah semata-mata melihat langsung wujudnya.

Liputan6.com barangkali salah satu yang beruntung. Di sebuah grup pertemanan, seorang kawan, Suharyono, yang diketahui concern terhadap isu lingkungan tiba-tiba mengunggah sebuah foto bambu pethuk.

Dia menyebutnya istimewa lantaran bambu pethuk itu masih hidup. Foto itu diunggahnya di grup WhatsApp itu jauh hari sebelum Jokowi diberi bambu pethuk oleh seorang warga Cilacap.

Keistimewaan lainnya, bambu pethuk ini tumbuh tunas ganda, sisi kanan dan kiri ruas bambu sama-sama keluar tunas yang saling bertemu (pethuk). Bambu pethuk ini ditemukannya di rumah seorang karib yang enggan disebut namanya.

Biasanya, secara alamiah, tunas bambu memang selalu tumbuh ke atas. Adalah sebuah keajaiban saat ada bambu yang tunasnya tumbuh ke arah sebaliknya atau saling berhadapan dengan tunas normal lainnya.

2 dari 2 halaman

Awas, Bambu Pethuk Palsu

Lantaran keunikannya ini, bambu pethuk dianggap bertuah. Ada yang meyakini bambu pethuk untuk keselamatan, penglaris usaha, hingga keberuntungan.

Terlepas dari kesaktian bambu pethuk, ada pula yang sekadar menyimpannya sebagai koleksi. Bambu pethuk dianggap sama uniknya dengan keris langka, perkakas peninggalan kerajaan, hingga keramik kuno Tiongkok.

Ia mengakui memang ada sebagian masyarakat yang meyakini keampuhan bambu pethuk. Hanya saja, ia bukan salah satu orang yang mempercayai itu.

“Itu milik teman saya, bukan punya saya,” ucapnya, 28 Februari 2019, menjelaskan foto yang diunggahnya sebulan lalu.

Tetapi, setelah diteliti lebih jauh, bambu pethuk itu diduga palsu. Hanya, ia tak menjelaskan bagaimana untuk membuktikan keaslian bambu pethuk tersebut.

Jika keberadaan bambu pethuk nyata, maka ia menganggapnya sebagai fenomena alam yang luar biasa. Sebab, dari semua hutan hingga cagar alam yang pernah dijelajahinya, tak pernah sekali pun ia mendapatinya di alam liar.

Namun, ia pun menyadari, tak semua fenomena alam bisa terjelaskan. Apalagi, dengan keilmuan masing-masing orang yang terbatas. Dan dia mengaku bukan orang yang berpretensi untuk menjelaskan apakah mungkin bambu pethuk tercipta secara alamiah.

“Ya mungkin saja bisa,” ucap dia.

Mitos bercampur pengetahuan masyarakat yang serba terbatas itu pun akhirnya membuat bambu pethuk dihargai sangat mahal. Dan itu, kerap dimanfaatkan oleh segelintir orang untuk mengeruk keuntungan sebesar-besarnya.

“Yang perlu diwaspadai adalah penipuan bambu pethuk palsu,” dia menambahkan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Pasangan yang Sering Gunakan 1 Kata Ini Terbukti Lebih Bahagia

Liputan6.com, Jakarta Perlu banyak usaha untuk mewujudkan hubungan cinta yang langgeng. Salah satunya melalui cara komunikasi pasangan.

Kata-kata memiliki dampak besar bagi hubungan. Pilihan kata yang tepat akan mampu membuat sebuah hubungan bertahan lama.

Sains membuktikan, pemilihan kata yang digunakan seseorang mencerminkan proses berpikir serta bagaimana dia memperlakukan pasangannya. Kata-kata juga bisa jadi ukuran seberapa puas seseorang dengan hubungan yang dimiliki.

Melansir laman Times of India, Kamis (28/2/2019) pasangan yang menggunakan kata ganti “kita” akan lebih bahagia dengan hubungan mereka dibandingkan pasangan yang lebih sering menggunakan kata ganti orang tunggal yakni “aku” atau “saya”. Temuan tersebut berdasarkan riset yang dilakukan oleh University of California.

Para peneliti di University of California, Amerika Serikat, melakukan meta-analisis terhadap 30 studi dengan topik tersebut serta melibatkan lebih dari 5.000 partisipan. Para penulis studi secara cermat mempelajari kebiasaan, tingkat kebahagiaan para pasangan dalam hubungan, serta kesehatan fisik dan mental mereka. 



Saksikan juga video berikut ini: 

2 dari 2 halaman

Hubungan yang lebih erat

Hasil studi menunjukkan, individu yang mendengar pasangannya menggunakan kata ganti “kita” dikaitkan dengan perasaan bahagia serta hubungan yang fungsional.

Ini karena kata “kita” menunjukkan suatu keterikatan dalam hubungan serta tanda pasangan saling mendukung satu sama lain. Kata “kita” juga merupakan bukti bisu bahwa pasangan selalu mengingat Anda ketika berbicara tentang hubungan serta benar-benar berbagi hidup dengan Anda.

Lucas Hernandez Sempurna Untuk Munchen

Liputan6.com, Madrid – Benjamin Pavard mendukung Lucas Hernandez untuk merapat ke Bayern Munchen. Di mata Pavard, Hernandez memiliki apa yang dibutuhkan untuk sukses di Allianz Arena.

Munchen resmi mendapatkan Pavard pada Januari lalu. Bek 22 tahun itu dibeli dengan biaya 35 juta euro. Namun, Pavard baru akan membela Munchen musim depan. Raksasa Jerman itu meminjamkan Pavard ke VfB Stuttgart hingga akhir musim ini.

Usai mendapatkan Pavard, Munchen masih mencari satu bek lagi. Nama yang jadi incaran mereka adalah Lucas Hernandez. Pemain 23 tahun itu masih terikat kontrak dengan Atletico Madrid sampai 2024. Klausul rilisnya juga mencapai 80 juta euro.

Pavard kenal betul siapa Lucas Hernandez. Keduanya menjadi bek sayap utama Prancis saat menjadi juara Piala Dunia 2018.


2 dari 3 halaman

Komentar Pavard

Bek Prancis, Benjamin Pavard (SAEED KHAN/AFP)

“Kami adalah teman yang sangat baik dan aku pikir akan luar biasa jika Lucas juga datang ke Munchen,” kata Pavard kepada SportBild.

“Dia membuktikan bahwa dia adalah pemain hebat. Pertama bersama untuk Prancis, kemudian jika memungkinkan untuk Munchen. Itu akan membuatku bangga. Tapi, ini adalah masalah antara Munchen dan Lucas,” Pavard menambahkan.

3 dari 3 halaman

Statistik Lucas Hernandez

Lucas Hernandez sendiri sudah membela Atletico dalam 22 pertandingan di semua kompetisi musim ini. Ia juga menyumbangkan satu gol.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

Persediaan AS Anjlok, Harga Minyak Menguat

Liputan6.com, New York – Harga minyak berjangka menguat dua persen usai persediaan minyak mentah Amerika Serikat (AS) secara tak terduga anjlok.

Selain itu, Arab Saudi menepis komentar dari Presiden AS Donald Trump yang berusaha menjaga harga minyak dari kenaikan.

Persediaan minyak mentah AS turun 8,6 juta barel pada pekan lalu. Hal ini berlawanan dengan harapan kenaikan 2,8 juta barel.

Penarikan yang memecah lima minggu berturut-turut dari persediaan seiring impor minyak mentah melambat ke rekor terendah 2,6 juta barel per hari. Hal ini terjadi usai penurunan produksi OPEC dan sanksi AS terhadap Venezuela.

Minyak mentah berjangka AS berada di posisi USD 56,94 per barel atau naik USD 1,44. Kenaikan ini mencapai 2,6 persen, dan termasuk persentase kenaikan harian terbesar dalam empat minggu. Harga minyak mentah Brent naik USD 1,18 atau 1,8 persen ke posisi USD 66,39 per barel.

“Secara keseluruhan ini adalah laporan yang sangat positif dengan permintaan lebih kuat. Saya pikir Anda sudah melihat dampak dari pemotongan produksi OPEC,” kata Phil Flynn, Analis Price Futures Group, seperti dikutip dari laman Reuters, Kamis (28/2/2019).

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Menteri Energi Arab Saudi, Khalid al-Falih menuturkan, Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan mitranya tidak terlalu menanggapi unggahan status Presiden AS Donald Trump di twitter. Trump menuturkan agar OPEC santai untuk kurangi produksi.

“25 negara mengambil pendekatan yang sangat lambat dan terukur. Seperti paruh kedua tahun lalu membuktikan, kami tertarik pada stabilisas pasar,” ujar Falih.

Adapun harga minyak telah naik lebih dari 20 persen sepanjang 2019 setelah OPEC dan sekutunya sepakat untuk memangkas produksi selama enam bulan mulai Januari.

Langkah ini dilakukan untuk hindari penumpukan surplus global terutama ketika booming produksi minyak mentah AS.

Falih mengatakan, OPEC mungkin perlu memperpanjang perjanjian untuk mengekang produksi hingga akhir 2019. Produksi minyak mentah AS telah mencapai rekor tertinggi selama dua minggu berturut-turut, mencapai 12,1 juta barel per hari pada pekan lalu.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal OPEC Mohammed Barkindo menuturkan, untuk mengelola pasokan dunia adalah sulit ketika dua anggota Iran dan Venezuela mendapat sanksi dari AS.

Menteri Energi Rusia, Alexander Novak juga mengatakan, pasar minyak lebih stabil atau kurang serta volatilitas tidak disukai baik produsen dan konsumen.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

KPK Tetap Usut Aliran Duit ke DPRD Terkait Meikarta

Jakarta – KPK tak memasukkan dugaan aliran duit dan fasilitas buat anggota DPRD Kabupaten Bekasi dalam dakwaan Bupati Bekasi nonaktif Neneng Hasanah Yasin dkk di kasus dugaan suap Meikarta. Namun, dugaan aliran duit dan fasilitas itu tetap diincar KPK.

“KPK tidak akan berhenti hanya pada orang-orang yang sudah diproses saat ini ya. Ada sejumlah pihak yang diduga sebagai pemberi yang sudah dilakukan penuntutan tinggal ditunggu vonis dan pertimbangan hakimnya. Ada pihak yang diduga sebagai penerima. Pihak lain akan tetap kami kembangkan,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (27/2/2019).

Febri menyatakan dugaan aliran duit dan fasilitas untuk sejumlah anggota DPRD Kabupaten Bekasi itu terkait perubahan aturan tata ruang yang juga diduga masih terkait proyek Meikarta. Sedangkan dakwaan Neneng, menurut Febri, difokuskan pada soal dugaan suap terkait perizinan proyek.

“Kenapa pada dakwaan saat ini, untuk para penerima belum dimasukkan misalnya rincian dari dugaan penerimaan dari anggota DPRD, karena dalam konteks dakwaan saat ini fokus KPK adalah membuktikan adanya dugaan suap terkait pengurusan perizinan Meikarta,” ujarnya.

“Sementara keterkaitan tidak langsung terhadap dugaan penerimaan fasilitas atau uang oleh anggota DPRD itu terkait dengan kewenangan anggota DPRD di Kabupaten Bekasi karena ada keinginan atau upaya melakukan perubahan tata ruang,” sambung Febri.

Dia tak menjelaskan soal ada tidaknya penyelidikan baru terkait dugaan aliran duit atau fasilitas ke anggota DPRD ini. Febri hanya menyatakan ada kemungkinan persoalan ini bakal menjadi rangkaian di kasus Meikarta.

“Sangat mungkin menjadi rangkaian ya. Karena secara rinci nanti akan dibuktikan fakta-faktanya pada proses persidangan ini,” ucap Febri.

Dalam proses penyidikan terhadap Neneng sebelumnya, KPK sempat memeriksa sejumlah anggota DPRD Kabupaten Bekasi sebagai saksi. KPK juga sempat menyatakan ada dugaan sejumlah anggota DPRD Kabupaten Bekasi itu menerima fasilitas wisata bersama keluarganya ke Thailand.

Fasilitas itu, diduga KPK terkait pembahasan rencana detail tata ruang (RDTR) di DPRD yang masih terkait kepentingan Meikarta. KPK juga menyatakan ada pengembalian duit senilai Rp 180 juta dari sejumlah anggota DPRD Kabupaten Bekasi dalam proses penyidikan kasus ini.

Namun, dalam dakwaan untuk Neneng dan 4 anak buahnya, yaitu Jamaludin selaku Kepala Dinas PUPR Pemkab Bekasi, Dewi Tisnawati selaku Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Pemkab Bekasi, Sahat Maju Banjarnahor selaku Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Pemkab Bekasi dan Neneng Rahmi Nurlaili selaku Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas PUPR Pemkab Bekasi, tak ada disebut soal dugaan fasilitas wisata ke anggota DPRD itu.

Dalam dakwaan itu, Neneng Hasanah, Jamaludin, Dewi, Sahat, dan Neneng Rahmi didakwa menerima suap berkaitan dengan perizinan proyek Meikarta. Total suap yang diterima disebut sebesar Rp 16.182.020.000 dan SGD 270 ribu (atau sekitar Rp 2,7 miliar lebih dalam kurs saat ini) sehingga totalnya menjadi Rp 18 miliar lebih.
(haf/idh)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tekad Keras Berbuah Trofi Piala AFF U-22

Liputan6.com, Phnom Penh – Ketika datang ke Kamboja, Timnas Indonesia U-22 tidak dibebani target juara Piala AFF U- 22 2019. Yang terjadi, pasukan Indra Sjafri malah pulang membawa trofi kemenangan.

Dalam persiapannya, Timnas Indonesia U-22 juga tidak bisa membawa tiga pemain yang berkiprah di luar negeri yakni Egy Maulana Vikri (Lechia Gdanks), Saddil Ramdani (Pahang FA), dan Ezra Walian (RKC Waalwijk). Tapi, kenyataan itu tidak berdampak terhadap Garuda Muda.

Para pemain yang ada menunjukkan tekad keras ketika tampil di Piala AFF U-22 2019. Hal itu terlihat dari pertandingan ke pertandingan yang dilakoni Osvaldo Haay dan kawan-kawan.

Sang nakhoda, Indra Sjafri, terus menumbuhkan kepercayaan diri kepada anak-anak asuhannya. Mengalahkan tim kuat seperti Thailand di partai final jelas menjadi catatan positif bagi Timnas Indonesia U-22.

“Saya sangat bersyukur, ini merupakan gelar kedua bagi saya setelah Piala AFF U-19 2013. Ini membuktikan, bangsa Indonesia bisa berdiri di kaki sendiri, dengan pemain- pemain muda kita,” kata Indra seusai pertandingan.

Ini jadi gelar Piala AFF U-22 pertama bagi Indonesia. Timnas Indonesia U-22 menjadi tim paling produktif selama Piala AFF U-22 2019 dengan mencetak delapan gol sepanjang turnamen.

Timnas Indonesia U-22 tidak sekalipun menelan kekalahan selama turnamen Piala AFF U-22 2019. Di penyisihan grup meraih satu kemenangan dan dua kali imbang. Di babak gugur, Garuda Muda menaklukkan Vietnam (semifinal), Thailand (Final).

2 dari 3 halaman

Peran Marinus

Marinus Wanewar mencuri perhatian berkat performa apiknya. Striker Timnas Indonesia asal Papua itu juga dinilai mampu meredam emosinya, kendati menjadi sasaran provokasi pemain lawan.

Sani Rizki Fauzi muncul sebagai pemain kejutan yang bersinar. Gelandang Bhayangkara FC ini tipikal pekerja keras, dia sempat hanya menghuni bangku cadangan, sebelum menembus starter dan berperan penting membawa Timnas Indonesia U-22 juara.

Secara permainan, Garuda Muda sesungguhnya tidak banyak berbeda. Indra Sjafri tetap menerapkan gaya permainan yang mengandalkan serangan dari sayap. Kunci Timnas Indonesia U-22 mempertahankan keunggulan 2-1 atas Thailand hingga peluit akhir saat laga final yakni tekad kuat dan kerja keras dari seluruh pemain. Kekompakan terjalin sejak mereka bergabung dalam pelatnas.

3 dari 3 halaman

Kritik

Namun, kritik tetap ada untuk permainan Timnas Indonesia U-22, yang kurang klinis. Kartu merah Bagas Adi pada menit ke-89 merupakan salah satu contoh kesalahan yang tidak perlu dilakukan.

“Saya sangat meminta maaf atas kejadian tadi, soalnya semangat saya terlalu berlebihan,” kata Bagas, seperti dilansir Antara.

Selain itu, sukses ini juga harus menjadi pelecut sebelum tampil di SEA Games 2019 di Filipina. Performa Timnas Indonesia U-22 harus meningkat, bukan malah stagnan setelah menjadi juara.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Tata Cara Sholat Istiqarah dan Doanya, Meminta Petunjuk Saat Bimbang

Liputan6.com, Jakarta Manusia setiap hari dihadapkan dengan cobaan hidup. Meski berat, namun Allah SWT tidak akan memberi cobaan hidup melebihi batas kemampuan umat-Nya. Untuk itu, seluruh umat Islam diharapkan agar selalu berlindung kepada Allah SWT agar senantiasa dilapangkan dadanya dalam mencari ridho-Nya.

Cobaan hidup seringkali berupa kebimbangan saat menentukan pilihan yang tepat. Tak jarang, seseorang akan mencari jalan keluar untuk menemukan jawaban. Biasanya, mereka yang kurang dekat dengan Allah SWT akan memilih jalan hidup seadanya.

Namun, alangkah baiknya jika setiap umat Islam yang dihadapkan dengan pilihan berat untuk meminta petunjuk Allah SWT agar keputusannya tidak membuat menyesal nantinya. Meskipun segala keputusan yang diambil telah ditakdirkan Allah SWT, namun sebaiknya selalu ingat dengan Sang Pencipta alam semesta agar hidup berjalan dengan hikmat.

2 dari 5 halaman

Anjuran Melaksanakan Sholat Istiqarah

Dari Shahabat Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata,

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, mengajari kami shalat Istiqarah dalam setiap perkara atau urusan yang kami hadapai, sebagaimana beliau mengajarkan kami suatu surah dari Al-Quran.”

Untuk itu, sudah jelas bahwa agama Islam menganjurkan seluruh umat agar menjalankan sholat Istiqarah ketika dihadapkan dengan pilihan yang sulit. Sholat Istiqarah adalah sholat sunnah yang dikerjakan ketika seseorang sedang bimbang tentang keputusan yang akan diambil.

Sholat ini memiliki tujuan untuk memohon petunjuk terbaik atas pilihan yang harus diambil. Sholat Istiqarah dilakukan saat berurusan dengan berbagai macam keputusan, baik itu tentang jodoh, pekerjaan, maupun pendidikan.

3 dari 5 halaman

Jawaban Tidak Berupa Mimpi

Dengan sholat Istiqarah, seseorang akan mampu membuat pilihan yang benar dan terbaik menurut petunjuk Allah SWT. Kebanyakan orang mengatakan bahwa petunjuk atau jawaban yang diberikan berupa mimpi. Namun, sebenarnya tidak ada dalil yang membuktikan tanda-tanda jawaban sholat Istiqarah.

Sholat Istiqarah kemudian diibaratkan berkonsultasi kepada Allah SWT mengenai keputusan yang hendak diambil. Dengan menjalankan sholat ini, seseorang akan merasa lega karena sudah berkonsultasi kepada Yang Maha Esa.

Umumnya, sholat Istiqarah dilaksanakan pada sepertiga malam. Namun, apabila sudah mendesak, sholat Istiqarah dapat dilaksanakan kapanpun. Terlepas dari pelaksanaannya yang tidak terpaku pada waktu, setiap umat Islam tetap harus memahami tata cara sholat Istiqarah yang baik dan benar.

Pada dasarnya, tata cara sholat Istiqarah sama seperti sholat wajib dan sholat sunnah pada umumnya. Namun, khusus sholat Istiqarah terdiri dari dua rokaat.

Untuk itu, Liputan6.com sajikan dengan lengkap mengenai tata cara sholat Istiqarah beserta doanya agar ibadah Anda senantiasa diterima oleh Allah SWT, yang dilansir dari berbagai sumber, Rabu (27/2/2019).

4 dari 5 halaman

Tata Cara Sholat Istiqarah dan Doanya

1. Niat Sholat Istiqarah

Sebelum melakukan sholat Istiqarah, berikut ini adalah niat sholat yang harus dibaca saat mempraktikkan tata cara sholat Istiqarah:

“Ushalli sunnatan istikhorooti rok’ataini lillahi ta’aala.”

2. Takbiratul Ihram

Takbiratul Ihram dilakukan setelah membaca niat yaitu dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga untuk laki-laki, dan sejajar dengan dada untuk perempuan, sambil membaca “Allaahu akbar”.

Kemudian, kedua tangan disedekapkan pada dada dan membaca do’a iftitah seperti sholat wajib dan sholat sunnah lainnya. Setelah selesai membaca do’a iftitah, dilanjutkan dengan membaca Al-Fatihah.

3. Bacaan Surat Pendek

Setelah Alfatihah, pada rokaat pertama bacaan surat pendeknya diutamakan membaca Surat Al Kafirun. Pada rokaat kedua, setelah Al Fatihah diutamakan membaca Surat Al Ikhlas.

4. Ruku’

Setelah selesai membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek, tata cara sholat Istiqarah selanjutnya adalah ruku’. Kedua tangan diangkat setinggi telinga dan membaca Allaahu akbar. Kemudian, badan dibungkukkan dengan kedua tangan memegang lutut dan ditekankan. Usahakan antara punggung dan kepala supaya rata.

Setelah sempurna, kemudian membaca do’a berikut sebanyak tiga kali:

“Subhaana rabbiyal ‘adziimi wa bihamdih”. (3x)

5. I’tidal

Setelah ruku’, kemudian bangkit tegak dengan mengangkat kedua tangan setinggi telinga sambil membaca:

“Sami’allaahu liman hamidah. Rabbanaa lakal hamdu mil’us samaawati wa mil ‘ulardhi wa mil ‘umaasyi’ta min syai’in ba’du.”

6. Sujud

Selesai I’tidal lalu sujud dengan meletakkan dahi di alas shalat. Ketika turun, yaitu dari berdiri i’tidal ke sujud sambil membaca “Allahuu akbar”. Saat sujud membaca tasbih sebanyak tiga kali:

“Subhaana rabbiyal a‘laa wa bihamdih.” (3x)

7. Setelah sujud, lakukan duduk di antara dua Sujud dan membaca

“Rabbighfirlii warhamnii wajburnii warfa’nii warzuqnii wahdinii wa’aafinii wa’fu ‘annii.”

8. Sujud kedua dikerjakan seperti sujud pertama baik cara maupun bacaannya.

Setelah sujud pertama, berdiri dan melakukan raka’at kedua dengan tata cara sama seperti raka’at pertama namun tanpa membaca do’a Iftitah.

9. Tahiyatul Akhir

Setelah sujud pada rokaat kedua, lakukan tahiyatul akhir dengan duduk kaki bersilang (tawarruk) serta membaca:

“attahiyaatul mubaarakaatush shalawaa-tuth thayy1baatu lillaah. assalaamu alaika ayyuhan nabiyyu warahmatullaahi wabarakaatuh. assalaamualainaa wa’alaa `ibaadillaahish shaalihhn. asy-hadu al laa ilaaha illallaah, wa asyhaduanna muhammadar rasuulullaah. allaahumma shalli alaa sayyidinaa muhammad. wa alaa aali sayyidinaa muhammad. kama shallaita ‘alaa sayyidinaaibraahiim. wa’alaa aali sayyidinaa ibraahiim wabaarik-‘alaa sayyidinaa muhammad wa-‘alaa aali sayyidinaa muhammad. kamaa baarakta alaa sayyidinaa ibraahiim. wa ‘alaa aali sayyidinaa ibraahiim fil’aala miina innaka hamiidum majiid.”

10. Salam

Selanjutnya, lakukan salam dengan menengok ke kanan dan ke kiri bergantian sambil membaca:

“Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.”

5 dari 5 halaman

Doa sholat Istiqarah

Dalam mengerjakan tata cara sholat Istiqarah berupa dua rokaat sholat, sangat dianjurkan untuk membaca doa Istiqarah sebagai berikut:

“Allahumma inni astakhii-ruka bi ‘ilmika, wa astaq-diruka bi qud-ratika, wa as-aluka min fadh-likal adziim, fa in-naka taq-diru wa laa aq-diru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma in kunta ta’lamu anna hadzal amro khoiron lii fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii faq-dur-hu lii, wa yas-sirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Wa in kunta ta’lamu anna hadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii, fash-rifhu ‘annii was-rifnii ‘anhu, waqdur lial khoiro haitsu kaana tsumma ardhi-nii bih”