Tahun Politik Tak Hambat Bisnis Properti

Liputan6.com, Jakarta – Mengamati data Rumah.com Property Index dan data nasional, pasar properti nasional di tahun 2019 dipastikan akan lebih positif, melanjutkan tren yang telah terbentuk di sepanjang 2018.

Meski kepuasan terhadap upaya Pemerintah dalam menjaga harga hunian tetap terjangkau sedikit menurun, namun mayoritas merasa optimistis dengan iklim properti Indonesia saat ini. Kendati begitu, berbelitnya proses pengurusan KPR bisa menjadi penahan laju pasar properti nasional.

Kebijakan Pemerintah yang melonggarkan Loan To Value (LTV) atau uang muka membuka kesempatan bagi para pencari properti untuk membeli rumah dengan uang muka yang serendah-rendahnya.

Secara umum, pasar properti Indonesia di tahun ini tidak akan begitu terpengaruh dengan keadaan politik.

Pasar properti akan terus merangkak naik dan menuju pemulihan, sehingga ini merupakan kesempatan yang tepat untuk membeli properti. Baik untuk dihuni atau dipakai sendiri maupun sebagai sarana investasi.

Simak juga: Mau tahu kebutuhan konsumen properti saat ini? Temukan jawabannya dalam Riset Konsumen Properti di Rumah.com!

Senada, menurut pengembang PT Bakrie Swasakti Utama sebagai anak usaha Bakrieland Development Tbk (ELTY), situasi politik yang akan terus ramai hingga semester satu 2019 diyakini tak akan berdampak signifikan terhadap aktivitas penjualan.

“Sebab kami punya target pasar yang spesifik, sehingga kami tetap optimistis penjualan tiga proyek yang ada di kawasan Rasuna Epicentrum Kuningan, yakni The Masterpiece, The Empyreal serta Ocea Condotel, akan memenuhi target di tahun 2019,” kata Hermon Simanjuntak, Sales & Marketing Division Head PT Bakrie Swasakti Utama.

Ia melanjutkan, “Buktinya di Januari, empat unit apartemen telah terjual. Berbanding bulan yang sama tahun lalu, dimana hanya terjual 2 unit itu sudah bagus.”

The Masterpiece dan The Empyreal yang berada di megasuperblok terpadu Rasuna Epicentrum dibanderol dengan harga jual mulai Rp 3 miliaran. Terkini, unit di kedua apartemen hanya tersisa sekitar 5% dari total keseluruhan 463 unit.

Sementara Ocea Condotel ditawarkan mulai dari Rp 1 miliaran – Rp 2 miliaran. Kondotel ini mengusung konsep arsitektur modern, yang dibangun di atas lahan seluas 12.582 meter persegi dengan ketinggian 32 lantai dan berjumlah 324 unit.

“Ocea Condotel sangat ideal untuk ajang investasi, bisa digunakan investor sebagai penginapan pribadi namun dalam batas waktu tertentu. Pemiliknya bisa stay sampai 25 kali dalam satu tahun, mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku,” ujar Hermon.

2 dari 2 halaman

Peluang Itu Tetap Ada

Kilas balik di tahun lalu, Colliers International Indonesia menemukan fakta bahwa masyarakat Jakarta lebih memilih menabung daripada membelanjakan uangnya ke dalam bentuk properti.

Alasan turunnya minat dipicu oleh pertumbuhan harga tahunan apartemen, yang tercatat lebih rendah (2,5%) dari tingkat inflasi 2018 sebesar 3,13%.

Sedangkan di tahun ini, diperkirakan permintaan apartemen bakal cenderung stagnan. Hal tersebut disebabkan konsumen lebih menunggu sampai pemerintahan baru terbentuk.

Di samping itu, adanya potensi kenaikan suku bunga dan kemungkinan pelemahan rupiah akibat ketidakpastian global turut menjadi penyebab.

(Cek Rumah.com/Panduan untuk mengetahui informasi yang dibutuhkan terkait KPR dan membeli rumah sampai mengurus sertifikat rumah)

Kendati demikian, pangsa hunian vertikal tetap memiliki peluang dari efek lanjutan relaksasi Loan To Value (LTV) serta penurunan pajak properti (PPnBM dan Pajak Barang Sangat Mewah).

Untuk itu, terkait rencana penjualan ketiga produk, PT Bakrie Swasakti Utama berupaya menarik minat konsumen dengan mengimplementasikan strategi yang sudah terbukti berhasil pada tahun lalu.

“Tahun lalu properti disebut lesu, tapi penjualan kami masih tetap ada. Lalu sales di awal tahun ini sendiri sudah cukup memuaskan, meski belum mencapai 100% dari target yang ditentukan tiap bulannya. Dan kami tetap yakin, di akhir tahun semua produk yang tersisa akan sold out,” Hermon menjelaskan.

Beberapa metode penjualan yang bakal dilakukan diantaranya menyiasati uang muka (Down Payment) agar bisa lebih rendah dari harga normal. Ada juga komponen lain seperti gratis biaya-biaya terkait urusan perbankan.

“Namun teknik ini situasional, mana yang lebih disukai calon customer itu yang akan kami gencarkan. Sebab penetrasi kami lakukan lewat dua cara, baik konvensional dan digital,” tukasnya.

Dapatkan ulasan lebih mendalam tentang Rumah.com Property Outlook 2019 di sini (https://www.rumah.com/insights/rumah-com-property-market-outlook-2019-326)

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Nasdem: Impor Pangan untuk Kepentingan Negara

Liputan6.com, Jakarta – Ketua Fraksi NasDem DPR RI Ahmad M Ali menyayangkan pernyataan anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Firman Soebagyo yang terkesan menuding Partai Nasdem bertanggung jawab urusan impor. NasDem menegaskan bahwa impor pangan untuk kepentingan negara.

Ahmad M Ali menilai pernyataan tidak mendasar Firman tak patut diucapkan oleh negarawan yang saat ini menjadi wakil rakyat di DPR RI.

“Apa yang disampaikan oleh Firman Soebagyo itu menunjukan bahwa ia bukan seorang negarawan, dan sama sekali tidak mengerti urusan tata negara. Pernyataannya itu, terkesan tendensius tidak etis, dan tidak pantas karena secara vulgar menyebut Partai NasDem bertanggung jawab masalah impor pangan,” ujar Ali dalam keterangan, Sabtu (16/2/2019).

Ali menekankan, negara melalui Presiden dan Menteri memiliki pertimbangan yang bersifat komperehensif dalam menentukan kebijakan impor berdasarkan data dan pertimbangan banyak hal, misalnya, soal inflasi, kebutuhan nasonal, ketercukupan pangan, dan pemenuhan nasional.

“Keputusan soal impor pangan itu tidak ada kaitannya dengan kebijakan atau kepentingan partai politik, atau NasDem. Walaupun Pak Enggar sebagai Menteri Perdagangan adalah kader NasDem, tetapi ia sudah diwakafkan sebagai abdi negara setelah jadi menteri. Kebijakan dia, itu murni soal urusan negara,” terang Ali.

Bendahara Umum Partai DPP Partai NasDem ini menyebut bahwa kebijakan impor tidak bisa dilihat dalam satu sudut pandang saja. Tetapi harus melihat hal itu, dalam urusan kepentingan nasional.

“Bila landasan argumen adalah berbasis curiga tanpa data, maka kita akan disesatkan oleh pernyataan Firman. Tidak ada kaitan NasDem dengan impor pangan, tidak ada orang NasDem yang bergerak dalam urusan bisnis seperti itu,” Ali meyakinkan.

2 dari 2 halaman

Jangan Generalisasi

Lebih jauh Ali menyesalkan pernyataan Firman menggeneralisasi kepentingan negara dengan kebijakan partai. Pernyataan itu dipandangnya tidak logis dan terkesan sebagai manuver. Tidak ada alasan mengaitkan kebijakan Istana dengan impor pangan urusan kepentingan Partai NasDem.

“Saya kasih contoh begini, apakah ketika Setya Novanto korupsi dana E-KTP itu lantas bisa disebut sebagai tanggung jawab Partai Golkar?,” ujar Ali.

“Idrus Marham selaku Menteri Sosial ketika ditersangkakan menerima suap, apakah juga bisa kaitkan tanggung jawab Partai Golkar? Kan tidak begitu cara pandanganya,” sambungnya.

Ali meminta Firman untuk segera mengklarifikasi pernyataan itu karena dianggap tidak pantas, dan merugikan nama Partai NasDem.

“Firman harus mengklarifikasi pernyataan itu karena tidak etis dan ceroboh. Itu merugikan Partai NasDem yang sama sekali tidak bisa dikaitkan dengan urusan impor pangan,” tegasnya.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Ruang Komersial di Sawangan Siap Booming

Liputan6.com, Jakarta – Wilayah Sawangan dan sekitarnya sejak sepuluh tahun terakhir punya perkembangan yang cukup signifikan. Harus diakui, perkembangan ini didorong oleh kebutuhan akan hunian dan segala fasilitasnya yang dinamis.

Hal ini juga dipicu karena belakangan pembangunan Kota Depok memang mengarah ke Sawangan, setelah kawasan ‘élit’ Margonda mulai jenuh. Rencana pembangunan infrastruktur dan lokasi yang strategis, membuat Sawangan memiliki potensi perkembangan yang besar.

Begitupun untuk fasilitas kawasannya seperti sarana kesehatan, pendidikan, pusat perbelanjaan, hingga fasilitas yang mendukung gaya hidup.

(Sebelum beli rumah, simulasikan dulu cicilan rumah per bulannnya lewat Kalkulator KPR dari Rumah.com)

Hal ini juga, yang mendasari jaringan toko swalayan Farmers Market untuk membuka gerai ke-23 di CitraLake Sawangan, Depok. Berada di kawasan komersial CitraLake Food Festival (Ciffest) seluas 4.000m2, di mana Farmers Market menempati area seluas 1.000m2.

Meshvara Kanjaya, CEO PT Supra Boga Lestari mengatakan, dipilihnya perumahan CitraLake Sawangan lantaran kawasan tersebut merupakan area yang sedang tumbuh. Hal ini terlihat dari penduduknya yang didominasi kalangan menengah dan menengah “sedikit atas”.

“Sebelum dibuka kami sudah melakukan survei dan hasilnya cukup optimis. Bahwa pasar di sini sangat potensial. Meski dalam setahun dua tahun ke depan, kami belum mengharapkan breakeven, namun kami yakin trennya akan terus naik,” ujarnya.

Selain itu, kata Meshvara, optimisme tersebut juga karena lokasinya berada di proyek Grup Ciputra, yang dalam setiap pengembangan  proyek properti selalu sukses mengintegrasikan antara kawasan residensial dan area komersial.

(Ingin tahu apa yang menjadi kebutuhan konsumen properti saat ini? Temukan jawabannya dalam Riset Konsumen Properti di Rumah.com!)

Sementara itu Nararya Ciputra Sastrawinata selaku Director PT Ciputra Residence mengungkapkan, pembukaaan swalayan ternama ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan, dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan hidup untuk penghuni.

Di samping itu, manajemen juga berharap adanya peningkatan value kawasan dan properti yang dimiliki konsumen CitraLake Sawangan. Baca juga: Panduan Lengkap Beli Hunian Pertama

“Setelah ini, ke depan menyusul pembukaan tenant-tenant unggulan. Kami berharap kerjasama seperti ini membuahkan win win solution semua pihak, terutama konsumen dalam dan luar kawasan perumahan ini,” jelasnya.

Terkait perkembangan hunian, CitraLake Sawangan kini tengah menyiapkan beberapa produk yang akan dirilis tahun ini. Salah satunya, rumah compact tipe sedang yang permintaannya cukup tinggi.

“Di awal semester dua, kami punya proyek baru yakni townhouse di jalur utama (boulevard). Produknya semi ruko alias rumah yang bisa juga difungsikan sebagai properti komersial, dengan unit sangat berbatas,” ucap Edwin Wardhana, General Manager CitraLake Sawangan.

(Simak Review Properti dari Rumah.com yang disajikan secara obyektif dan transparan, sehingga Anda dapat menilai spesifikasi material hunian, rencana pembangunan infrastruktur di sekitar lokasi, hingga perbandingan harga dengan hunian lain di sekitarnya) 

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Moderator Debat Capres Ingin Jokowi dan Prabowo Rileks

Jakarta – Moderator debat capres, Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki ingin kedua capres, Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto rileks saat berada di panggung debat. Kedua capres diharapkan bisa membuka rencana-rencana program agar bisa diketahui masyarakat.

“Kami berharap dapat membantu debat kedua ini lebih cair, lebih hidup dan yang lebih penting kedua capres tampil lebih rileks, santai, jadi itu harapan kami sebenarnya,” kata Tommy Tjokro di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (16/2/2019).

Ada 6 segmen debat bertema energi, lingkungan hidup, infrastruktur, pangan, dan sumber daya alam. Moderator juga sudah meneken pakta integritas untuk tidak membocorkan kisi-kisi debat capres.

“Itu yang kami pegang penuh karena merupakan mandat dan tanggung jawab yang luar biasa untuk tujuannya menciptakan debat yang hidup dan tadi ketika mendengarkan perwakilan dari kedua paslon. Tentu eksploratif yang ada di segmen keempat nanti diharapkan menghidupkan debat kedua capres,” paparnya.

Sementara itu, moderator lainnya Anisha Dasuki, berharap kedua capres memaparkan ide-ide baru di panggung debat capres. Anisha juga menyebut ada yang berbeda di segmen debat capres.

“Ada perbedaan debat pertama dan kedua, yaitu ada debat terbuka antara kedua capres, yang mana kami sudah membahas dengan timses 01 dan 02. Besok di debat terbuka tersebut akan ada kejutan bagi masyarakat dan juga ada ide-ide baru, ide-ide segar yang akan terungkap dari kedua pasangan calon,” ujar Anisha.

Sementara itu perwakilan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno menyatakan kesiapan capres menghadapi debat kedua.

“Ini kita percaya bahwa debat inspiratif ini nanti akan lebih memberikan ruang kepada paslon kami dari Pak Joko Widodo untuk lebih bisa mengekspresikan pikiran-pikiran dan narasi-narasi besar, maupun data-data dan supaya masyarakat lebih paham betul mengenai hal yang mau disampaikan oleh pasangan kami. Khususnya Pak Joko Widodo berkaitan dengan hal yang menyangkut infrastruktur, menyangkut pangan, energi dan lingkungan sumber daya alam,” ujar Direktur Program TKN, Aria Bima.

Sedangkan Direktur Saksi BPN Danang Wicaksono yakni debat akan berlangsung seru dan atraktif dibanding debat capres pertama

“Yang jelas kita akan menampilkan calon presiden yang siap untuk memenangkan pemilu ini dengan cara proses debat yang kedua ini, yang saya kira akan lebih mengeksplorasi bagaimana gambaran besar ke depan pasangan 02 untuk memperbaiki Indonesia,” ujar Danang.
(fdn/fdn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Madrid Memburu, Valverde Tegaskan Barcelona Tidak Takut

Liputan6.com, Barcelona – Barcelona kini mendapat ancaman dari Real Madrid di puncak klasemen La Liga. Meskipun begitu, Pelatih Azulgrana Ernesto Valverde menegaskan timnya tidak takut.

Madrid saat ini berhasil menyodok ke peringkat kedua di klasemen sementara La Liga. Mereka tertinggal enam poin dari Barcelona setelah mengalahkan Atletico Madrid dalam derby Madrid pada akhir pekan lalu.

Hasil imbang berturut-turut yang diraih Barca di liga sudah membuka pintu bagi Madrid untuk mendekati puncak. Los Blancos kini memberikan tekanan kepada Barcelona dalam perebutan gelar juara.

Madrid dan Barcelona masih akan menjalani duet El Clasico dalam dua kali kesempatan di Santiago Bernabeu. Mereka akan bertemu dalam leg kedua babak semifinal Copa del Rey pada 27 Februari dan pertandingan La Liga pada tanggal 2 Maret mendatang.

Kapten Los Blancos Sergio Ramos mengatakan Madrid masih bisa mengejar Barca. Sementara Thibaut Courtois mengklaim Barca akan ketakutan berhadapan dengan skuat Santiago Solari yang sekarang sedang berada dalam performa bagus.

2 dari 2 halaman

Tidak Takut

Meskipun begitu, Valverde mengaku tidak takut dengan ancaman Real Madrid tersebut. Menurut Valverde, Barcelona sedang berada dalam posisi yang kuat untuk meraih dua gelar lagi.

“Takut apa? Kami selalu bersaing dengan tim yang sama di liga,” kata Valverde kepada Goal International.

“Atletico Madrid, Real Madrid, Valencia dan Sevilla. Takut ketika kami berada di puncak klasemen? Tentu tidak.”

Valverde baru saja mendapat perpanjangan kontrak dari Barcelona. Namun, ia tidak menutup kemungkinan kalau posisinya akan terancam apabila Barcelona gagal meraih gelar pada akhir musim.

“Jika itu terjadi maka tanyakan saya lagi. Tapi mari kita tunggu dan lihat apa yang terjadi terlebih dahulu,” tandasnya.

Sumber: bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

Prabowo Tak Hadiri Tanwir Muhammadiyah di Bengkulu

JakartaPrabowo Subianto tidak menghadiri sidang tanwir PP Muhammadiyah. Prabowo dan Jokowi sama-sama diundang dalam sidang tanwir di Bengkulu.

“Beliau diundang. Tetapi berhalangan hadir,” ujar Sekjen PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti, kepada wartawan, Sabtu (16/2/2019).

Menurutnya, ketidakhadiran Prabowo sudah disampaikan Ketum PAN Zulkifli Hasan pada Kamis (14/2). Sidang tanwir Muhammadiyah dijadwalkan ditutup besok pagi oleh Wapres Jusuf Kalla.

“(Informasi ketidakhadiran Prabowo) sudah disampaikan oleh Pak Zulkifli Hasan pada hari Kamis sebelum pembukaan,” sambung Abdul Mu’ti.

PP Muhammadiyah sebelumnya mengundang Jokowi dan Prabowo sebagai tokoh nasional bukan capres. Sidang Tanwir yang digelar mulai 15 Februari itu, membahas keorganisasian hingga keumatan.

Sedangkan Presiden Jokowi saat membuka sidang Tanwir Muhammadiyah berbicara soal kepemimpinan di pemerintahan. Jokowi juga kembali menyinggung soal tudingan-tudingan yang ditujukan kepada pemerintah.

(jbr/fdn) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jokowi akan Beri Insentif Pajak untuk Bukalapak Cs, Ini Syaratnya

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah bertemu dengan pendiri sekaligus bos Bukalapak Achmad Zaky. Dalam pertemuan di Istana Presiden, keduanya membicarakan terkait dana pengembangan dan riset di Indonesia hingga inovasi yang harus dilakukan.

Jokowi juga membuka peluang insentif pajak untuk Bukalapak jika serius dalam mengembangkan sumber daya manusia (SDM).

“Masih dalam proses pembicaraan untuk memberikan super deductible tax, baik dalam rangka pengembangan SDM dan juga inovasi,” ujar Jokowi, Sabtu (16/2/2019).


Super deductible tax adalah insentif yang diberikan kepada perusahaan yang terlibat atau investasi di sektor pendidikan vokasi, serta penelitian dan pengembangan (Litbang/R&D). Jadi perusahaan yang ingin mendapatkan insentif ini harus aktif dalam kegiatan pengembangan dan pendidikan SDM.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Perindustrian telah menerbitkan peraturan tersebut. Aturan ini diterbitkan pada Mei 2018 yang lalu.

Jokowi juga meminta masyarakat Indonesia mendukung perusahaan rintisan yang kini sudah menjadi unicorn seperti Go-Jek, Traveloka, Tokopedia dan BukaLapak.

“Ini untuk memajukan ekonomi kita semuanya dan mendorong start up,” imbuh dia.

(kil/ara)

Juventus Bungkam Frosinone, Gol Bonucci untuk Istri dan Anak

Liputan6.com, Turin – Leonardo Bonucci ikut mencetak gol saat Juventus mengalahkan Frosinone. Gol itu ia persembahkan untuk istri serta putrinya.

Juventus masih terus meraih kemenangan dalam ajang Serie A. Kali ini Frosinone dibuat bertekuk lutut dengan skor 3-0 pada Sabtu (16/2) dini hari WIB.

Bonucci mencetak gol kedua Juventus dalam pertandingan tersebut, setelah Paulo Dybala membuka skor terlebih dulu. Cristiano Ronaldo kemudian mempersembahkan gol ketiga untuk membawa Juventus unggul 14 angka di puncak klasemen.

Bonucci yang mencetak gol pada menit ke-17. Ia mencatatkan namanya di papan skor setelah memaksimalkan kemelut di depan gawang Frosinone.

Selepas menjebol gawang lawan, bek berusia 31 tahun itu melakukan selebrasi dengan membentuk inisial “LM” dengan jari-jari tangannya. Selebrasi tersebut ternyata ditujukan untuk istri serta putrinya yang baru lahir sepekan kemarin.

“Beberapa hari terakhir sangatlah indah, Matilda tiba dan memberi sinar cahaya bagi keluarga kami,” kata Bonucci kepada Sky Sport Italia.

“Saya mendedikasikan gol tersebut untuknya, keluarga dan istri, juga kepada semua yang telah dekat dengan saya selama beberapa tahun terakhir yang agak intens.”

2 dari 3 halaman

Momentum Bagus

Kemenangan atas Frosinone akan menjadi momentum yang bagus bagi Juventus menjelang pertandingan Liga Champions. Bianconeri akan menghadapi Atletico Madrid dalam pertandingan leg pertama babak 16 besar.

“Kami dalam bentuk yang bagus, laga ini membantu kami agar siap untuk hari Rabu esok,” lanjutnya.

“Kami pergi ke Madrid dengan kesadaran penuh menghadapi tim yang akan berjuang maksimal hingga akhir, tapi Atleti juga akan menghadapi tim hebat yang tak akan lengah sedikit pun di atas lapangan.”

3 dari 3 halaman

Kasih Sayang

Bonucci dibenci para pendukung Juventus setelah membelot ke AC Milan pada musim kemarin. Namun, ia mendapat standin ovation dalam pertandingan tersebut.

“Saya selalu berusaha memberikan yang terbaik. Saya pulang ke rumah, kasih sayang dari mereka penting, tetapi saya juga tahu apa yang bisa saya berikan dan kami semua bekerja keras untuk mencapai tujuan kami,” tandasnya.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

Kabar Buruk, 2 Winger MU Absen Lawan Chelsea dan Liverpool

Liputan6.com, Manchester – Manchester United (MU) mendapat kepastian terkait cedera dua penyerang sayap Jesse Lingard dan Anthony Martial. Keduanya menghilang 2-3 pekan.

Dengan kabar ini, MU tidak bisa menurunkan mereka pada dua laga besar di depan mata melawan Chelsea (Piala FA) dan Liverpool (Liga Inggris).

“Mereka absen 2-3 pekan. Saya mencoba mencari solusi di tim junior. Namun Mason Greenwood juga tengah dirawat. Mason kurang beruntung, tapi saya yakin kesempatan baginya segera datang,” kata manjer interim Ole Gunnar Solskjaer, dilansir Manchester Evening News.

Lingard (hamstring) dan Martial (pangkal paha) terpaksa meninggalkan pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions melawan Paris-Saint Germain, Selasa (12/2/2019).

Tanpa mereka, serangan MU kehilangan greget dan Solskjaer menderita kekalahan perdana dalam 12 pertandingan.

2 dari 3 halaman

Opsi Solskjaer

Tanpa Lingard dan Martial, Solskjaer bisa berpaling ke Romelu Lukaku, Alexis Sanchez, dan Juan Mata untuk mendampingi Marcus Rashford di lini depan. Masalahnya, ketiga pemain tersebut tidak meyakinkan.

Maka, Solskjaer membuka kesempatan bagi dua pemain muda Angel Gomes dan Tahith Chong. “Mereka sudah berlatih bersama tim utama dan bisa saja diturunkan,” ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Laga Lain

Selain versus Chelsea (tandang, Piala FA, 18 Februari) dan Liverpool (kandang, Liga Inggris, 24 Februari), Lingard serta Martial juga absen pada duel kontra Crystal Palace (tandang, Liga Inggris, 27 Februari), Southampton (kandang, Liga Inggris, 2 Maret), hingga Paris Saint-Germain (tandang, Liga Champions, 6 Maret).

Top 3: Waspada, Ini Daftar 231 Pinjaman Online Ilegal dari OJK

Liputan6.com, Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan daftar 231 Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (Fintech Peer-To-Peer Lending) yang tidak memiliki izin.

Aktivitas 231 Fintech Peer-To-Peer Lending ilegal ini telah resmi diberhentikan oleh tim Satuan Tugas Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum di Bidang Penghimpunan Dana Masyarakat dan Pengelolaan Investasi atau Satgas Waspada Investasi.

Baca Juga


Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam L. Tobing, sebelumnya meminta masyarakat untuk tidak melakukan pinjaman terhadap Fintech Peer-To-Peer Lending yang tidak terdaftar atau izin OJK. Ini agar terhindar dari ulah Fintech Peer-To-Peer Lending ilegal tersebut.

Informasi mengenai daftar pinjaman online tak berizin dari OJK menjadi artikel yang paling dicari pembaca. Lengkapnya, berikut 3 artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com:

1. Hati-Hati, Ini Daftar 231 Pinjaman Online Ilegal dari OJK

Saat ini banyak entitas Fintech Peer-To-Peer Lending yang melakukan kegiatan melalui aplikasi yang terdapat di Appstore atau Playstore. Bahkan, juga di media sosial yang tidak terdaftar dan tidak berizin dari OJK, sesuai Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016, sehingga berpotensi merugikan masyarakat.

Dari seluruh fintech tersebut, ada 231 pinjaman online ilegal telah dirilis OJK. Mau tahu mana saja penyelenggara pinjaman online ilegal tersebut? Selengkapnya baca di sini!

2 dari 3 halaman

2. Mau Kerja di PLN? Cek Lowongan Kerja Terbarunya di Sini

Bagi Anda lulusan D3, D4/S1 yang tertarik berkarier di salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), terutama PT PLN (Persero), segera persiapkan diri terbaik Anda karena PLN kembali membuka lowongan kerja terbaru.

Kali ini, PLN membuka lowongan kerja dengan menyediakan 19 posisi sekaligus untuk empat wilayah, yaitu Yogyakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan. Pendaftaran lowongan kerja dibuka mulai 11-15 Februari 2019.

Mau tahu lokasi tes, profesi yang dibuka, persyaratan umum bagi para pelamar, persyaratan berkas lamaran, dan tata cara pendaftaran lowongan kerja tersebut? Selengkapnya baca di sini!


3 dari 3 halaman

3. Deretan YouTuber Indonesia Berpenghasilan Fantastis, Siapa Saja?

Siapa yang tidak mengenal YouTube? Hampir semua generasi milenial sekarang ini pasti tahu YouTube, bahkan bagi sebagian orang, YouTube sudah menjadi pekerjaan utama. Tahukah Anda berapa penghasilan yang didapatkan YouTuber Indonesia?



Penghasilan Para YouTuber Indonesia yang Fantastis

Mungkin sebagian dari Anda belum tahu apa sih YouTuber itu dan apa yang mereka lakukan. Nah, YouTuber sendiri merupakan istilah bagi seseorang yang membuat konten kreatif di channel YouTube secara konsisten.

Sebelumnya, YouTube dianggap hanya dijadikan sebagai hobi atau sambilan, tetapi karena maraknya milenial yang lebih tertarik untuk menonton YouTube dibandingkan menonton televisi, semakin banyak YouTuber yang bermunculan dengan konten yang mereka sajikan secara berbeda-beda.

Pernah terpikir berapa penghasilan YouTuber Indonesia? Bagaimana YouTuber mendapatkan penghasilan hanya dengan mengunggah video? Selengkapnya baca di sini!