6 Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar Buatan Sendiri yang Murah dan Simpel

5. Cara membuat hiasan dinding kamar bentuk kupu-kupu

Hiasan kamar ini mungkin sangat cocok digunakan oleh perempuan. Menghias kamar dengan kupu-kupu bisa menjadi option bagi kamu para perempuan yang ingin memberikan kesan elegant dan girly pada kamarnya. Cara membuat hiasan kupu-kupu itu sendiri sangatlah mudah. Kamu hanya membutuhkan kertas lipat warna-warni, gunting, serta lem perekat.

Untuk warna dari kertas lipat tentunya tergantung pada selera kamu. Jika kamu lebih suka warna yang senada, maka gunakan saja karton dengan warna yang sama. Jika kamu lebih menyukai hiasan yang terkesan berwarna, maka bermain dengan warna karton tentu bisa jadi pilihan dan hiasan ruang tamu buatan sendiri. Gunting kertas sehingga membentuk kupu-kupu, kemudian tempalkan dengan lem perekat di dinding kamar kamu

6. Cara membuat hiasan dinding kamar dari stik es krim

Pastinya stik es krim sudah tidak aisng khususnya bagi kamu yang doyan makan es krim. Tapi, pernahkah kamu menyangka bahwa stik es krim bisa menjadi salah satu benda yang mampu menghias bahkan memperindah kamar kamu. Caranya sebagai berikut:

Kamu bisa menempelkan stik es krim ini pada sebuah papan, kemudian membentuknya menjadi rumah, taman dll. Kemudian, gunakan cat kayu untuk memberikan warna, setelah itu tempelkan saja di kamar kamu. Karya yang sederhana dengan alat dan bahan yang juga sederhana, tetapi tentunya terkesan unik bahkan elegan.

Nah itu tadi ragam cara membuat hiasan dinding kamar yang mudah namun bisa memberi tampilan unik.

Cara Membuat Cerpen untuk Pemula dengan Baik dan Benar, Perhatikan Langkahnya

Setelah mendapatkan tema yang tepat dan penokohan, cara membuat cerpen selanjutnya adalah menetukan alur cerita. Alur atau plot merupakan jalan cerita yang akan kamu kembangkan hingga menjadi sebuag cerpen. Alur berupa susunan peristiwa atau kejadian yang membentuk sebuah cerita.

Alur dibagi menjadi 3 yaitu:

– Alur maju adalah rangkaian peristiwa yang urutannya sesuai dengan urutan waktu kejadian atau cerita yang bergerak ke depan terus.

– Alur mundur adalah rangkaian peristiwa yang susunannya tidak sesuai dengan urutan waktu kejadian atau cerita yang bergerak mundur (flashback).

– Alur campuran adalah campuran antara alur maju dan alur mundur.

Dalam penulisannya alur juga meliputi beberapa tahap yaitu:

– Pengantar: bagian cerita berupa gambaran, waktu, tempat atau kejadian yang merupakan awal cerita.

– Penampilan masalah: bagian yang menceritakan masalah yang dihadapi pelaku cerita.

– Klimaks: masalah dalam cerita sudah sangat gawat, konflik telah memuncak.

– Antiklimaks: masalah telah berangsur–angsur dapat diatasi dan kekhawatiran mulai hilang.

– Penyelesaian: masalah telah dapat diatasi atau diselesaikan.

Dalam tahap ini kamu juga harus menentukan konflik yang ingin kamu bangun. Konfliklah yang akan membuat ceritamu hidup. Dari setiap konflik pasti ada sebuah penyelesaian, maka tentukan juga penyelesaian dari konflik yang kamu buat.

Cara Membuat Miniatur Rumah dari Kardus, Mudah dan Murah

Lapisi miniatur rumah kardus dengan sealant atau cat putih, biarkan kering sempurna. Setelah kering, mulailah untuk mengecat sisi-sisi miniatur rumah kardus.

Kamu juga bisa memberi efek bata pada temboknya dengan menempelkan potongan kecil persegi empat yang telah di cat dengan warna cokelat. Untuk atap kamu bisa memberi efek kotak-kotak genteng dengan melukisnya menyerupai genteng.

Buat juga hiasan atau pemanis seperti jalan setapak atau bebungaan di sekitar miniatur rumah yang kamu buat.

Cara membuat miniatur rumah dari kardus: pasang jendela dan pintu

Potong detail dari pola pintu dan jendela yang sudah dibuat dan rekatkan ke struktur miniatur rumah kardus tersebut.

Potongan-potongan ini dapat mencakup pintu, jendela, daun jendela, papan atau detail lainnya. Kamu juga bisa melukis potongan-potongan dengan ornamen tertentu untuk menciptakan kesan kesederhanaan ataupun elegan. Rekatkan dengan lem sedemikian rupa hingga membentuk pintu dan jendela yang dapat fleksibel di buka tutup.

Setelah semuanya terpasang maka kamu telah selesai membuat miniatur rumah. Kamu dapat menambahkan hiasan lainnya seperti bunga atau rumput dari kardus.

Cara Membuat Pomade Sendiri di Rumah, Enggak Pakai Ribet

Cara membuat pomade sendiri di rumah pun cukup sederhana. Selain itu, bahan yang digunakan pun menggunakan bahan alami. Sehingga kamu tak perlu khawatir akan kerusakan rambut yang akan kamu alami. Berikut ini cara membuat pomade yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah tanpa ribet.

Alat dan bahan yang digunakan

1. Beeswax atau lilin madu

Lilin madu ini bisa kamu temukan di toko kosmetik ataupun di toko online. Lilin madu ini sering digunakan pula sebagai bahan dasar kosmetik. Hal ini dikarenakan sifat dari lilin madu yang melembabkan dan juga berkilau.

2. Minyak kelapa

Tentu saja bukan jadi rahasia umum bisa minyak kelapa bisa digunakan sebagai melembabkan rambut dan juga mengatasi rambut rusak. Menggunakan minyak kelapa sebagai salah satu bahan pembuatan pomade pun tak akan merusak rambut kamu.

3. Lempung bentonit

Lempung bentonit ini termasuk dalam jenis tanah liat loh. Pembentukan dari lempung bentonit ini terjadi kerena pelapukan abu vulkanik. Oleh karena itu, lempung bentonit ini pun kaya akan natrium dan juga kalsium. Selain itu, lempung bentonit juga memiliki manfaat sebagai penangkal radikal bebas loh.

4. Minyak Essensial

Minyak essensial ini bisa kamu gunakan sebagai menambah wangi pada pomade yang akan kamu buat. Jadi jenis aroma minyak yang akan kamu gunakan pun tergantung dari selera kamu.

5. Minyak zaitun dan Minyak almond

Kedua minyak ini sama-sama memiliki fungsi untuk melembutkan dan juga melembabkan rambut. Selain itu banyak pula nutrisi yang ada untuk rambut kamu. Maka tak ada salahnya untuk menambahkan minyak zaitun dan juga minyak almond pada bahan dasar cara membuat pomade.

6. Panci dan wadah kecil

Panci sendiri kamu gunakan untuk memanaskan dan mencampurkan semua bahan yang ada. Sedangkan mangkuk ini bisa kamu gunakan untuk menuangkan bahan yang telah tercampur.

Cara Membuat Slime dari Sunlight, Mudah dengan Bahan Sederhana

Cara membuat slime dari sunlight dan sampo.

1. Siapakan shampo Livebuoy dan sabun cuci piring sunlight.

2. Setelah ke 2 bahan tersebut siap, sediakan wadah gelas aqua dan letakan shampo dan sunlight pada wadah gelas aqua dengan takaran 2:1, 2 ukuran shampo dan 1 ukuran sunlight.

3.  Aduk keduanya secara cepat dengan sendok plastic atau spatula selama 2 menit hingga bercampur.

4. Kemudian letakan adonan di dalam freezer atau lemari es selama 10-20 menit.

5. Tunggu dan slime pun mengental dan siap dimainkan.

Cara membuat slime dari sunlight dan lem UHU

1. Masukan lem UHU dan sunlight dengan perbandingan 3:2 ke dalam wadah gelas aqua.

2. Aduk keduanya dengan sendok plastik sampai rata selama 5 menit.

3. Bila adonan kurang kenyal kamu bisa menambahkan kembali lem secukupnya.

4. Kamu juga bisa menambahkan pewarna ke dalam adonan jika ingin slime dengan warna tertentu.

5. Kemudian letakan adonan di dalam freezer atau lemari es selama 10-20 menit.

6. Penyimpanannya harus tertutup dalam toples dan slime siap dimainkan.

Cara Membuat Brosur dengan Photoshop, Cocok Bagi Pemula

Setelah lembar pertama atau bagian depan sudah selesai diberi background dan tulisan yang sesuai dengan produkmu, selanjutnya akan mengisi pada lembar kedua dan ketiga. Nah, untuk bagian kedua atau tengah ini kamu bisa mengisinya dengan beberapa foto yang lebih detail.

Ya, kamu bisa menambahkan beberapa foto yang menjelaskan tentang produkmu. Kamu bisa mendesainnya dengan menyusun beberapa foto yang diletakkan di bagian kiri kemudian memberikan penjelasan berupa tulisan di sebelah kanannya.

Selain gambar dan tulisan, kamu bisa juga menambahkan beberapa efek yang tersedia, tentunya disesuaikan dengan konsep produkmu, ya.

Di bagian ketiga atau lembar terakhir, kamu bisa menambahkan info lebih detail tentang produkmu seperti lokasi detail beserta denah lokasi dan kontak yang bisa dihubungi.

Agar nampak lebih bervariasi, kamu bisa menambahkan background gambar-gambar yang tentunya disesuaikan dengan jenis produkmu, ya.

Cara Membuat Gantungan Kunci dari Kain Flanel, Mudah dan Bisa Berkreasi Sesuka Hati

4. Isi dengan dracon dan jahit

Tidak mau kan jika gantungan kunci hasil karyamu terlihat tidak rapi dan berisi. Nah, isilah dua lembar flanel yang sudah dijahit tadi dengan dracon. Pastikan kamu memasukkan dracon dalam jumlah yang sesuai, tidak terlalu penuh dan tidak terlalu kosong. Karena nantinya akan berpengaruh dengan hasil akhir gantungan kunci buatanmu

Jika dirasa sudah cukup, maka jahit bagian yang masih terbuka agar dracon tidak keluar. Nah, kini flanelmu nampak seperti bantal dengan ukuran yang mini bukan?

5. Berikan hiasan untuk mempercantik

Kamu bisa memberikan hiasan seperti manik-manik untuk mempercantik gantungan kuncimu.Kamu bisa menempel pernak-pernik tersebut dengan lem tembak atau menjahitnya. Namun, jika dirasa kamu tidak menginginkannya, kamu bisa melewati langkah ini.

6. Pasang gantungan kunci

Setelah mengikuti lima langkah di atas, saatnya kamu memasang gantungan kunci yang tersedia. Kamu bisa menggunakan lem tembak untuk memasang gantungan kunci ini atau menjahitnya. Pastikan menempel secara kuat ya. Nah, selesai, gantungan kunci hasil karyamu telah siap diberikan pada orang terkasih.

Artikel di atas adalah cara membuat gantungan kunci dari kain flanel. Mudah bukan? Selamat mencoba ya!

Cara Membuat Layang-Layang yang Mudah dengan Barang Bekas

–  Terbangkan layang-layang hanya saat kondisi aman

Tidak sedang hujan atau ada petir. Karena di dalam awan terdapat arus listrik yang akan ditarik oleh benang layang-layang yang basah. Sehingga bahaya untuk keselamatanmu, harap hati-hati ya

– Pilihlah lokasi yang tepat. 

Jangan menerbangkan layang-layang kamu dekat dengan jalan raya, di sekitar jaringan listrik ataupun pelabuhan udara. Lokasi terbaik yang bisa kamu pilih, misalnya taman, lapangan, dan pantai. Semakin luas area, akan semakin menyenangkan.

– Carilah teman untuk membantu kamu menerbangkan layang-layang.

 Menerbangkan layang-layang itu mudah, dan akan semakin lebih mudah jika dilakukan oleh dua orang. Selain itu, berdua pasti juga akan lebih menyenangkan.         

Nah, di atas adalah cara membuat layang-layang yang mudah dan simpel bukan? Selain mudah kamu juga bisa memanfattkan barang-barang bekas yang ada di rumahmu. Selmat bermain layang-layang ya!

Cara Membuat Gelang dari Tali Kur dengan Mudah, Hasilnya Cantik Banget

Sebelum menyimak cara membuat gelang dari tali kur, ada baiknya jika kamu memerhatikan bahan dan alat apa saja yang perlu dipersiapkan. Bahan dan alat yang perlu dipersiapkan sebagai berikut:

– 2 tali kur dengan dua warna berbeda (misal merah dan kuning)

– Selotip

– Gunting

– Korek api

Setelah menyiapkan alat dan bahan diatas, kamu bisa simak cara membuat gelang dari tali kur dengan langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Potong kedua tali tersebut dengan ukuran yang sama panjang.

2. Buat simpul di 1/3 bagian tali merah.

3. Lalu masukkan tali kuning pada simpul tali merah, lalu buat simpul mati.

4. Usahakan panjang tali keduanya sama. Setelah itu buat simpul tali seperti angka 8.

5. Pegang masing-masing tali dengan kedua tanganmu, lalu arahkan tali kanan ke kiri melewati sisi depan tali yang sejajar. Kemudian masukkan tali kiri ke dalam lubang kanan melewati belakang tali yang sejajar.

6. Lakukan berulang mengikuti simpul tadi hingga talinya habis hingga ke ujung.

7. Potong jika ada sisa tali pada bagian tepi menggunakan gunting.

8. Setelah digunting, bakar ujung tali simpul lalu rapikan.

9. Gabungkan dua tali dengan memasukkannya ke dalam tali sejajar pada lubang kecil yang berada di ujung simpul tersebut.

10. Lalu bakar dan rapikan kembali agar simpul tali tidak lepas.

11. Selesai.

Bagaimana, mudah bukan cara membuat gelang dari tali kur?

Kamu bisa membuatnya untuk berbagai warna kesukaanmu dengan cara membuat gelang dari tali kur di atas. Kamu bisa menambahkan beberapa aksesoris pada buatan gelangmu seperti manik-manik, aksesoris hewan lucu, aksesoris kerang dan sebagainya.

Cara Membuat Bros dari Kain Flannel Untuk Mengasah Kreativitas

Nah, di atas adalah cara membuat bros dari kain flannel yang bisa kamu lakukan untuk mengasah kreatifitasmu. Kamu juga bisa melakukan beberapa hal di bawah ini untuk meningkatkan kreatifitasmu, seperti dilansir dari situs Lifehacks berikut tipsnya

– Membuat proyek kecil dari hobi setiap sore

Jangan dulu pikirkan membuat proyek besar seperti pameran foto tunggal untuk karya-karya Anda. Cukup aktivitas kecil seperti unggah foto pemandangan langit yang disukai atau membuat tulisan blog bisa membangunkan potensi baru dalam melihat berbagai hal.

– Tunjukkan karya dan inspirasi orang lain untuk melakukan mimpinya

Mungkin saat membaca tulisan ini, Anda akan terkejut karena waktu kerja pasti akan memakan habis waktu untuk berkreativitas. Namun jangan berkecil hati, cukup rencanakan hal kecil yang bisa mewujudkan sebuah pikiran anda yang sebelumnya ditulis dalam catatan.

– Tulislah perasaan dan pemikiranmu

Banyak orang bilang hal ini sepele, padahal menyisihkan 15 menit sehari untuk mencatat berbagai pemikiran dapat melahirkan berbagai ide baru. Hal ini bisa membantu untuk fokus dalam pekerjaan karena bisa jadi ada 5 hal yang kamu pikirkan dalam satu waktu.