Tahun Politik, Tiket.com Prediksi Masih Tetap Raup Untung Besar

Liputan6.com, Jakarta – Co-Founder dan Chief Marketing Officer Tiket.com Gaery Undarsa mengatakan, tahun politik tidak akan menggangu industri travel online di tahun 2019. Sebaliknya, hajatan politik itu akan membawa peruntungan bagi perseroan.

“Pertumbuhan industri online saya rasa akan bagus ya di tahun ini. Banyaknya kompetitor juga akan baik berarti industri kita bagus. Apalagi di tahun politik,” ujarnya di Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Perhelatan pemilihan umum akan berdampak baik bagi industri travel online. Lantaran momen ini membawa banyak pesanan (order) terutama bagi Tiket.com sendiri.

“Karena yang kami alami juga di 2014 itu pas tahun politik malah record breaking, pertumbuhanya tinggi. Jadi industri travel itu malah pertumbuhanya gede banget pas Pemilu karena Pemilu mobilisasi orang malah lebih banyak,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, ia menekankan, tahun politik justru merupakan bonus bagi industri travel online termasuk bagi Tiket.com.

“Karena Pemilu mobilisasi orang malah lebih banyak seperti kirim-kirim orang, posko-posko perjuangan, dana kemanusiaan, dari segi caleg-calegnya. Kalau kami sih malah jadi bonus ya buat kita,” tegasnya.

2 dari 2 halaman

8 Pencapaian yang Berhasil Diraih tiket.com

Bulan Agustus 2018, online travel agent tiket.com genap berusia 7 tahun. Merayakan usia yang ketujuh, tiket.com mengusung tema Ke7utan Ekstra, dimana konsumen bisa mendapatkan berbagai promo menarik mulai dari tiket pesawat, kereta api, booking hotel hingga sewa mobil.

Setelah di akuisisi oleh GDP Venture melalui blibli.com, tiket.com banyak melakukan pengembangan signifikan di segala bidang. Satu tahun kebelakang menjadi periode paling penting bagi tiket.com selama eksistennya sebagai online travel agent.


“7 Tahun usia tiket.com, paling heboh dan sibuk ya selama 7 bulan terakhir. Bahkan, selama 7 bulan terakhir pencapaiannya paling besar ketimbang 6 tahun sebelumnya,” kata Chief Marketing Officer & Co-Founder tiket.com, Gaery Undarsa saat Media Gathering Perayaan 7 Tahun tiket.com di Pasific Palace, Kamis (30/8).

Berikut paparan Gaery Undarsa mengenai beberapa pencapaian-pencapaian yang berhasil di raih tiket.com selama 7 tahun eksis di Indonesia.

1. Pada aplikasi terbaru, tiket.com meluncurkan beberapa fitur andalan. Di antaranya Smart Round Trip, Smart Refund, Smart Reschedule, dan Smart Traveler yang semakin memudahkan pelanggan tiket.com untuk bepergian.

2. Total Kenaikan kunjungan tiket.cim pada semester 1 tahun 2018 mengalami kenaikan sebesar 80% dibandingkan data kunjungan tahun lalu.

3. Kunjungan dan kontribusi transaksi dari perangkat aplikasi mobile telah mengambil porsi sebesar 80% dari total keseluruhan transaksi tiket.com

4. Jumlah tingkat kunjungan aplikasi pada semester 1 tahun 2018 naik sebesar 208% dibanding periode yang sama di tahun 2017.

5. Tingkat unduh aplikasi naik lebih dari 280% dengan total pengunduh menembuh lebih dari 5 juta unduhan.

6. Inventory produk pesawat dan hotel di tiket.com ada sebanyak 58 partner maskapai dan lebih 350.000 produk hotel.

7. Peresmian kantor baru tiket.com di Bali sebagai upaya menjaring industri perhotelan.

8. Pertumbuhan penjualan hotel di tiket.com naik sebesar 250% dari tahun lalu dengan pertumbuhan inventory dibanding tahun lalu naik mencapai 2 kali lipat.

Terkait Prostitusi Online, Eks Finalis Putri Indonesia Datangi Polda Jatim

Surabaya – Mantan Finalis Puteri Indonesia Fatya Ginanjarsari mendatangi Polda Jatim hari ini. Kedatangannya adalah untuk menjadi saksi terkait kasus protitusi online yang melibatkan sejumlah artis.

Terpantau datang seorang diri, Fatya mengenakan baju dan celana hitam dipadu dengan topi berwarna serupa.

Fatya yang tiba di Polda Jatim sekitar pukul 13.00 itu juga tampak membawa amplop cokelat berisi surat pemanggilan penyidik.

“Iya sendirian aja,” kata Fatya kepada wartawan sesaat sebelum memasuki ruang penyidikan di Mapolda Jatim, Kamis (17/1/2019).
Namun saat ditanya lebih lanjut terkait penyidikan, Fatya memilih memberikan keterangan usai pemeriksaan.

“Nanti saja ya wawancaranya, setelah pemeriksaan,” pungkasnya.

Fatya merupakan satu dari enam nama artis yang diduga terlibat kasus prostitusi online yang juga menyeret nama Vanessa Angel. Selain Fatya, ada pula Beby Shu, Aldiera Chena, Maulia Lestari hingga Riri Febriyanti.

Entah kebetulan atau tidak, sejak namanya disebut masuk dalam daftar artis yang terlibat prostitusi online dan dipanggil polisi, Fatya ternyata sudah tidak menyandang status sebagai Finalis Putri Indonesia tahun 2017.

“Aku juga belum tahu masalah kabar ini (prostitusi online). Cuma setahuku kalau yang Fatya itu memang sudah bukan finalis Puteri Indonesia lagi. Dia sudah kita keluarkan. Karena dia pernah melanggar MoU,” ujar salah satu PR Mustika Ratu bernama Ayi saat dihubungi detikHOT beberapa waktu lalu.
(lll/lll)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Sergio Garcia Bertekad Pertahankan Gelar SMB Singapore Open

Liputan6.com, Jakarta Pegolf Spanyol, Sergio Garcia bertekad mempertahankan gelar juara SMBC Singapore Open di edisi 2019. Garacia sudah mempersiapkan diri menghadapi turnamen ini dengan matang. 

Garcia sebenarnya cukup sibuk tahun lalu. Namun pegolf berusia 39 tahun tersebut sudah beristirahat sebelum tamil di  SMBC Singapore Open tahun ini. 

“Saya mulai berlatih beberapa pekan yang lalu. Masih sedikit buru-buru, tetapi saya harap saya bisa menyesuaikan diri,” kata Garcia, Kamis (17/1/2019).

Sejak 2017, Garcia sudah tiga kali ikut di SMBC Singapore Open. Tahun lalu, ia berjaya di turnamen yang digelar di Sentosa Golf Course, Singapura ini. Bukan hanya juara di Singapura, Garcia juga sukses membela tim golf Spanyol mengalahkan Amerika Serikat di Europe’s Ryder Cup. Selain itu, ia juga menang di turnamen Valderrama Masters.

Lebih lanjut, Garcia mengaku senang bisa unjuk gigi lagi di SMBC Singapore Open 2019. Apalagi, ia datang sebagai juara bertahan. “Menyenangkan bisa kembali. Ini arena yang saya suka, luar biasa, dan berada di sini sebagai juar bertahan itu sangat spesial,” kata Garcia.

2 dari 2 halaman

Perebutkan Hadiah Satu Juta Dollar

SMBC Singapore 2019 sendiri akan berlangsung hingga 20 Januari 2019. Turnamen ini akan memperebutkan total hadiah 1 juta dollar Amerika Serikat atau Rp 14 miliar.

Bukan hanya Garcia, beberapa pegolf dunia seperti Sean Crocker (Amerika Serikat), Lucas Herbet (Australia), Jazz Janewattananond, dan Danthai Boonma (Thailand) juga tampil. 

Keempat pegolf ini sebelumnya lolos ke turnamen The Open Royal Potrush di Irlandia Utara. Untuk lolos, mereka harus berada di empat teratas di SMBC Singapore Open yang menjadi turnamen kualifikasi.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Debat Perdana Pilpres 2019, Ini Enam Babak yang Perlu Anda Tahu

Jakarta

Debat pertama dari lima debat presidensial akan digelar Kamis (17/01) malam dan materinya meliputi isu penegakan hukum, korupsi, HAM dan terorisme.

Agar masyarakat bisa fokus menyimak tayangan debat pertama, Komisi Pemilihan Umum (KPU) membaginya menjadi enam babak dalam waktu hampir 90 menit, dan setiap babak memiliki karakteristik masing masing.

Digelar di Hotel Bhidakara, Jakarta, debat pertama dua calon presiden dan calon wakil presiden akan memaparkan visi dan misinya tentang isu penegakan hukum, korupsi, HAM dan terorisme.

Debat akan dipandu oleh dua moderator, Ira Koesno, matan penyiar berita Liputan 6, dan Imam Priyono, Jurnalis senior TVRI dan disiarkan di empat lembaga penyiaran, yakni Kompas TV, TVRI, RTV, dan RRI.

Babak 1

Pada 23 menit dan 15 detik pertama, pasangan pasangan capres cawapres, Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan memaparkan visi misi mereka di depan publik mengenai HAM, korupsi, dan terorisme.

Masing-masing kubu hanya memiliki waktu selama 12 menit untuk memaparkan visi misinya. Dari waktu yang singkat itu, strategi komunikasi publik dalam debat dirumuskan oleh tim persiapan debat.

Kubu Jokowi-Maaruf memiliki tim persiapan debat yaitu, Mahfud Md, Yusril Ihzha Mahendra, Aria Bima, Rizal Mallaranggeng, Tina Talisa, Putra Nababan, dan Meutya Hafid.

Sementara kubu Prabowo-Sandi memiliki tim persiapan debat yang terdiri dari, Susilo Bambang Yudhoyono, Amien Rais, Priyo Budi Santoso, Sudirman Said, dan Ferry Mursyidan Baldan.

Babak 2 dan 3

Kedua kubu akan disediakan waktu selama 31 menit dalam debat dengan metode pertanyaan terbuka.

Moderator akan melontarkan pertanyaan sesuai kisi-kisi yang telah diberikan kepada kedua paslon. Masing-masing akan diberikan satu pertanyaan dari setiap tema yang dibahas.

Ketua KPU, Arief Budiman awal Januari sempat mengutarakan kepada BBC bahwa ada tiga segmen pertanyaan oleh moderator.

“Berarti nanti ada tiga pertanyaan untuk paslon 01 dan ada tiga pertanyaan untuk paslon 02, tapi tiga pertanyaan yang mana (spesifik untuk paslon) kan mereka tidak tahu,” kata Arief.

kpu
Ketua KPU Arief Budiman menyatakan bahwa penyelenggaraan debat capres-cawapres kali ini banyak didasarkan pada kesepakatan dengan kedua timses pasangan capres-cawapres. (BBC)

Sebelumnya sempat ramai pemberitaan tentang kisi-kisi pertanyaan terhadap paslon, namun menurut KPU kedua kubu sudah menyepakatinya. Kisi-kisi pertanyaan sudah dikirim sepekan sebelum acara berlangsung.

Babak 4, 5, dan 6

Debat pada dua segmen ini akan berlangsung dengan pertanyaan tertutup, kedua paslon hanya memiliki waktu 26 menit.

Bagian ini dianggap paling seru, karena antar kandidat diberikan kesempatan untuk saling bertanya dan menjawab.

Sementara pada babak 6, atau bagian akhir akan ada pernyataan penutup bagi masing-masing paslon dengan alokasi waktu 6 menit, atau total durasi 11 menit 30 detik.

Aturan Agar Tidak Ricuh

Dalam segmen 4 dan 5 masing-masing kandidat diberikan kesempatan untuk saling bertanya, dan KPU mengimbau agar pertanyaan yang diberikan tidak spesifik kepada satu contoh kasus tertentu.

Masing-masing kandidat juga diminta untuk fokus kepada penggalian visi dan misi, gagasan, dan pengetahuan, agar publik tidak dibuat bingung.

KPU mengungkapkan tidak ada hukuman jika melanggar imbauan itu, namun masing-masing kubu telah sepakat untuk tidak saling melempar pertanyaan yang terlalu spesifik.

Debat Pilpres yang diselenggarakan di Hotel Bhidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, hanya mengundang 500 orang. Para tamu undangan bisa masuk ke arena debat.

Masing-masing paslon mendapatkan jatah 100 undangan, dan sisanya, yakni 300 undangan merupakan undangan KPU, yang terdiri dari tokoh publik, peneliti, budayawan, aktivis, hingga mahasiswa.

Dalam debat pilpres ini, KPU juga mengundang KPU juga mengundang Presiden RI ke-3 B. J. Habibie, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, dan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Termasuk, seluruh mantan wakil presiden RI.

Massa pendukung di luar tamu undangan tidak diizinkan masuk ke arena debat. Mereka bisa berkumpul di dua lokasi terpisah di luar arena debat yang telah disediakan KPU.

Terdapat dua layar besar di ruangan tersebut agar para pendukung masing-masing kandidat tidak ketinggalan jalannya debat.

Selama jalannya debat Pilpres, terdapat 2,000 aparat kepolisian yang melakukan penjagaan.

KPU juga meminta agar para tamu undangan tidak membawa alat peraga kampanye selama debat berlangsung.

Para tamu juga diminta agar tidak mengenakan atribut yang provokatif.

Jadwal dan tema lima putaran debat capres-cawapres

Kelima putaran debat capres-cawapres akan digelar KPU sejak Januari hingga April 2019, sebelum memasuki masa tenang, 14 April 2019.

Debat pertama, digelar tanggal 17 Januari 2019 dan akan ditayangkan melalui Kompas TV, TVRI, RRI, dan RTV. Kedua pasangan capres-cawapres akan dihadapkan pada isu hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

Debat kedua akan membahas isu energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. Pada putaran ini, hanya Joko Widodo dan Prabowo Subianto yang akan berhadapan pada 17 Februari 2019, dan dapat disaksikan melalui RCTI, Global TV, MNC TV, dan iNews TV.

Sementara debat ketiga akan mengundang para cawapres, Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno, untuk mengelaborasi tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya.

Debat ketiga akan diselenggarakan pada 17 Maret 2019 dan disiarkan jaringan televisi milik Chairul Tanjung, yaitu Trans TV, Trans 7, dan CNN Indonesia.

Untuk debat keempat yang rencananya dilaksanakan pada 30 Maret 2019, kedua pasang capres-cawapres kembali diundang untuk berdebat terkait masalah ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional. Debat ini bisa ditonton melalui Metro TV, SCTV, dan Indosiar.

Sedangkan untuk putaran terakhir, debat juga akan dihadiri kedua pasang capres-cawapres, dan membahas isu ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, perdagangan, serta industri.

Meski demikian, KPU yang semula menjadwalkan debat kelima pada tanggal 13 April 2019hari terakhir kampanye hingga kini masih menunggu kepastian dari kedua paslon terkait waktu yang paling memungkinkan untuk mengikuti debat.

Bila kelima debat berhasil digelar sesuai harapan, menurut sejumlah pengamat, semestinya mampu mentransformasi pemilih untuk lebih terukur dan bertanggungjawab ketika menjatuhkan pilihan.


(ita/ita)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Debat Capres, Ini Program Jokowi-Ma’ruf Vs Prabowo-Sandiaga Berantas Korupsi

Jakarta – Capres-cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno beradu gagasan dan program di debat Pilpres 2019 perdana. Kedua pasangan calon akan bicara dan saling bertanya soal hukum, HAM, korupsi dan terorisme.

Ada 6 segmen debat capres 2019 yang digelar di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Dua segmen di antaranya, masing-masing paslon akan menjawab pertanyaan yang diajukan moderator. Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga juga saling bertanya pada dua segmen debat Pilpres 2019.

Dikutip dari visi-misi Jokowi-Ma’ruf “Meneruskan Jalan Perubahan untuk Indonesia Maju: Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong”, paslon nomor urut 01 ini memiliki program penegakan sistem hukum yang bebas dari korupsi, bermartabat dan tepercaya.

Khusus untuk program pencegahan dan pemberantasan korupsi, Jokowi-Ma’ruf menyebut korupsi adalah kejahatan luar biasa yang bisa meruntuhkan sendi-sendi perekonomian bangsa serta membawa dampak pada pemiskinan struktural. Untuk melawan korupsi, aspek pencegahan sama pentingnya dengan aspek penegakan hukum yang tegas.

Pencegahan dan pemberantasan korupsi ini dikonsepkan Jokowi-Ma’ruf dengan program:

– Melaksanakan secara konsisten strategi nasional pencegahan korupsi yang fokus pada perizinan dan tata niaga, keuangan negara serta penegakan hukum dan reformasi birokrasi di setiap kementerian, lembaga, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya
– Meningkatkan kapasitas aparat pengawas intern pemerintah (APIP)
– Memperkuat KPK
– Meningkatkan sinergi dan kerja sama antar institusi penegak hukum dam pemberantasan kejahatan korupsi
– Menggiatkan transaksi non tunai sebagai tindakan pencegahan penggunaan uang tunai dalam tindak korupsi dan pencucian uang
– Mempertegas penindakan kejahatan perbankan dan pencucian uang

Sementara itu, paslon nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga dalam visi misi dengan tagline Indonesia Menang memiliki lima fokus program kerja nasional.

Khusus pada program aksi menguatkan gerakan pemberantasan korupsi, Prabowo-Sandiaga mengatakan, peran masyarakat semakin penting dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih. Demi memperkuat peran tersebut, pemerintah menurut Prabowo-Sandiaga harus menunjukkan komitmen terhadap gerakan pemberantasn korupsi.

Dalam program pemberantasan korupsi, Prabowo-Sandiaga menyatakan berkomitmen terhadap sejumlah hal yakni:

– Memperkuat gerakan pemberantasan korupsi secara lebih sistematis dengan memperkuat KPK, Kepolisian, Kejaksaan dan Kehakiman
– Menjamin untuk tidak mengintervensi KPK, Kepolisian, Kejaksaan dan Kehakiman dalam penegakan kasus-kasus korupsi
– Merevisi Inpres Nomor 1 tahun 2016 tentang percepatan pelaksanaan proyek strategis nasional di mana Jaksa Agung dan Kapolri diinstruksikan untuk mendahulukan proses administrasi pemerintahan sebelum melakukan penyidikan atas laporan masyarakat yang menyangkut penyalahgunaan wewenang dan detil lainnya yang justru berpotensi melindungi koruptor
– Memperkuat program edukasi antikorupsi bagi generasi muda, serta bekerja sama dengan swasta untuk menguatkan sinergi gerakan antikorupsi di sektor swasta dan publik
– Mengatur sistem pendanaan dan pembiayaan politik yang menjamin independensi transparansi, mencegah korupsi dan menjaga keberlangsungan demokrasi
– Mendorong peran serta elemen masyarakat untuk menjadikan pemberantasan korupsi sebagai gerakan kolektif dimulai dengan keteladanan para pemimpin di semua lini.
(fdn/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Nyaris Tak Berbulu, Warganet Kecele Mengira Anjing Ini Patung

Liputan6.com, Jakarta – Foto seekor anjing langka viral karena tampilannya yang unik. Sampai-sampai, warganet mengira anjing itu sebagai patung karena tampilannya yang tak biasa.

Sandra Pineda, seorang mahasiswi kedokteran berusia 22 tahun dari Filipina, berbagi foto anjingnya yang tak berbulu dari Meksiko. Anjing tersebut diberi nama Piper dan segera disukai warganet karena keunikannya.

Piper merupakan anjing jenis Xoloitzcuintli (disingkat Xolo). Anjing jenis ini dikatakan cerdas, loyal, dan sangat mencintai keluarganya. Netizen yang tak pernah mendengar jenis anjing tersebut kemudian menanyakan pertanyaan yang sama di bagian kolom komentar: Apakah Piper anjing asli atau patung?

Piper memang memiliki bulu yang begitu tipis, sehingga dikira tidak berbulu. Selain itu, warnanya yang seperti perunggu membuat Piper dikira patung saat difoto.


Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Respons Warganet

Pineda membawa Piper pulang Maret lalu ketika ia baru berusia dua bulan. Menurut gadis itu, tanggapan warganet terhadap Piper adalah sesuatu yang lucu.

“Sangat lucu melihat orang-orang mengira Piper adalah patung. Mereka bingung dan bertanya apakah Piper hidup atau tidak,” ungkap Pineda seperti dikutip dari LadBible.

Menurut Pineda, ia senantiasa membalurkan minyak kelapa murni di tubuh Piper setelah mandi agar bulu-bulunya mengilap. Wanita itu mengakui, meski banyak yang suka dengan uniknya Piper, banyak juga yang tak suka penampilannya yang seperti tak berbulu.

“Aku pikir orang-orang harus memberi kesempatan bagi Piper, anjing jenis Xolo, dan anjing tak berbulu lainnya. Mereka benar-benar manis dan lucu.”

Kini Piper telah memiliki akun Instagram sendiri (@pipernriley) yang telah diikuti lebih dari dua ribu pengikut.

Piala Adipura di Tengah Lautan Sampah Permukiman Kumuh Kota Palembang

Liputan6.com, Palembang – Di teras rumah kayu reyot di Jalan Sungai Tawar 1 RT 11 Kelurahan 29 Ilir Palembang, Bayu, anak kecil berkaus kuning duduk santai memakan camilannya. Tatapan matanya sesekali melirik ke aliran sungai di depan rumahnya yang penuh dengan genangan sampah.

Aroma menyengat dari tumpukan sampah itu, tak jua membuat selera makannya berkurang. Ia dengan lahap menghabisi camilannya penuh semangat.

Tanpa alas kaki, Bayu akhirnya melangkah ke sana ke mari membawa sisa camilannya, meskipun sampah di depan rumah reyot itu bertebaran di lantai kayu. Bocah lugu ini juga sesekali mengejar kucing kampung yang berusaha meraih camilannya.

Ada juga Yeni, ibu dua anak yang duduk di pintu depan rumahnya sembari mengajari anak bungsunya menulis. Anak sulungnya juga tampak asyik bermain bersama kawan sejawatnya, rumah kayu di atas Sungai Tawar Palembang.

Lautan sampah di anak Sungai Musi ini menjadi pemandangan sehari-hari Yeni dan para warga di sekitarnya. Sejak menghuni rumah kontrakannya dua tahun lalu, Yeni harus beradaptasi dengan genangan sampah rumah tangga yang menghiasi depan rumahnya.

“Dari awal pindah sampai sekarang, sampah seperti ini di depan rumah sudah ada. Setiap hari mencium bau busuk sampah, tapi mau bagaimana lagi, kondisinya memang seperti ini,” ujarnya kepada Liputan6.com, Rabu (16/1/2019).

Jika musim penghujan tiba, Yeni bersama suaminya dan para tetangga harus bersiap untuk membersihkan rumah. Luapan air sungai ditambah sampah-sampah akan masuk ke rumahnya.

Beberapa kali DKK Palembang sering membersihkan lautan sampah di depan rumahnya. Namun, sampah lainnya kembali datang dan menumpuk. Saluran Sungai Tawar yang tidak mengalir, membuat sampah semakin bertambah jika airnya surut.

Tidak hanya bau busuk menyengat yang dirasakannya setiap hari. Yeni sekeluarga sering mengalami gangguan pencernaan dan gatal di kulitnya karena paparan air kumuh yang terkontaminasi sampah.

“Kalau air PAM mati, kami terpaksa menggunakan air sungai yang agak bersih di bawah jembatan, untuk mencuci pakaian dan perabot dapur,” katanya sambil menunjuk arah Jembatan Sungai Tawar 1 Palembang.

2 dari 3 halaman

Sampah Tutupi Aliran Sungai

Meskipun terbilang kumuh dan reyot, rumah kayu yang dikontraknya ini terbilang cukup mahal, biaya sewanya Rp 500.000 sebulan. Harga yang tidak sesuai dengan kondisi rumah itu, sudah termasuk biaya air PAM sebulan.

Yeni dan suami terpaksa menempati permukiman kumuh ini karena mereka tidak mendapatkan rumah lainnya. Dia harus betah tinggal di rumah kumuh ini, meskipun ancaman penyakit parah bisa mengganggu kesehatan keluarganya.

Kebiasaan membuang sampah hingga menjadi lautan sampah di depan rumah, tidak hanya dilakoni oleh warga sekitar. Namun, banyak warga dari daerah lain sengaja membuang sampah ke Sungai Tawar.

“Hampir setiap hari, warga kawasan lain berhenti di jembatan dan melempar kantong sampah ke sungai. Ada juga sampah yang terbawa aliran sungai yang bermuara ke sini. Jadi bukan sampah dari warga sini saja,” ujarnya.

Lautan sampah di Sungai Tawar Palembang ternyata menjadi ladang rezeki bagi Marno, yang sehari-hari beraktivitas memungut sampah. Dengan memikul karung besar, mata Marno melirik ke bawah jembatan, untuk mencari sampah yang bisa diambilnya.

“Di sini setiap hari sampah bertumpuk, tidak pernah berkurang. Kadang sudah berminggu-minggu, sampah ini mengendap,” katanya.

Pria bertubuh kurus ini pun sudah hafal dengan aroma busuk lautan sampah di Sungai Tawar Palembang. Apalagi dia sering mengambil sampah plastik yang menggenang di atas sungai, meskipun sampah itu sudah berhari-hari terendam. 




3 dari 3 halaman

Impian Piala Adipura Kencana

Meskipun lingkungan pemukiman warga Palembang ini jauh dari kata layak, tetapi Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang berhasil mendapatkan Piala Adipura, yang diberikan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla ke Wali Kota (Wako) Palembang Harnojoyo.

Pada hari Senin (14/1/2019), Harnojoyo menerima Piala Adipura kategori Metropolitan. Penghargaan ini sendiri diberikan ke kota yang dinilai berhasil dalam pengelolaan kebersihan serta lingkungan perkotaan.

Piala Adipura yang didapat ke-12 kalinya, kali ini tidak dirayakan dengan arak-arakan. Wako Palembang menginginkan perayaan penghargaan ini dilakukan secara sederhana. Dia menargetkan bisa mengalahkan Surabaya untuk merebut Piala Adipura Kencana.

“Terakhir kita dapat Piala Adipura Kencana tahun 2014, sedangkan Surabaya berturut-turut dapat piala tersebut.

Orang nomor satu di Palembang ini berharap Piala Adipura bisa menjadi motivasi serta target ke depan bisa mengalahkan Surabaya.


Simak video pilihan berikut ini:

Mengenal Sosok Pilot di Balik Aksi Penurunan Paksa Pesawat Ethiopian Airlines

Pekanbaru – Kisah heroik tercatat dalam upaya penurunan paksa pesawat Ethiopian Cargo yang diduga terbang tanpa izin di Batam. Ada dua pilot yang menerbangkan pesawat tempur F16 Fighting Falcon berhasil menurun paksa pesawat kargo Ethiopian Airlines, Senin pagi, 14 Januari 2019,

Satu di antara dua pilot itu ternyata putera Riau kelahiran Pekanbaru. Tak tanggung-tanggung, putera Riau tersebut menjadi pemimpin penurunan paksa pesawat asing kargo Ethiopian Airlines masuk wilayah udara Indonesia tanpa ada izin tersebut. Pilot itu bernama Kapten Penerbang (Pnb) Barika Harma.

Putra pasangan Mahyudin dan Zulhasmili ini menjalani jenjang pendidikannya di Riau. Saat SD, ia bersekolah di SDN 002 Sungai Pinang tamat 1999, kemudian dia melanjutkan ke SMPN 02 Rimbo Panjang (2002), serta SMAN Plus Riau (2005). Alasan Barika jadi tentara, ingin mengabdi kepada negara sebagai penerbang pesawat tempur.

Keberhasilan anak Riau dalam menjaga kedaulatan udara wilayah Indonesia tersebut dengan memaksa pesawat kargo Ethiopian Airlines mendarat itu, mendapat apresiasi dari Ketua Umum DPP Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SMAN Plus Provinsi Riau, Husnul Kausarian.

“Suatu kebanggaan buat keluarga besar SMAN Plus Provinsi Riau, termasuk bagi Riau sendiri, ketika mengetahui penerbang TNI AU tersebut merupakan alumni SMAN Plus,” kata Husnul kepada RIAUONLINE.CO.ID, Selasa, 15 Januari 2019.


Baca berita menarik lainnya di Riauonline.co.id

2 dari 2 halaman

Pemberi Motivasi

Husnul menjelaskan, Kapten Pnb Barika Harma merupakan lulusan SMAN Plus Riau angkatan ke-5. Kapten Barika, tutur Husnul, lahir di Pekanbaru, 28 Agustus 1987.

Walau lahir di Pekanbaru, jelas Husnul, tetapi kampung halamannya di Sungai Pinang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau.

Husnul menceritakan, sebagai alumnus, Barika tetap aktif memberikan pandangan dan bertukar pikiran serta memotivasi adik-adiknya untuk menjadi terbaik.

“Di Alumni SMAN Plus Provinsi Riau, Barika sering berinteraksi sangat intens dengan adik-adiknya. Bentuk keaktifan Kapten Pnb Barika ia pernah membawa pameran dirgantara ke Kampus SMAN Plus Provinsi Riau di Kubang,” kata Husnul.

Dilansir dari laman Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Kapten Pnb Barika Harma merupakan lulusan Akademi TNI Angkatan Udara (AAU) tahun 2009.

Pada Kamis, 3 November 2016, saat masih berpangkat Lettu, Barika Harma telah merampungkan pendidikan konversinya sebagai penerbang pesawat F16.

Pendidikan konversi Barika, ketika itu, ditutup langsung oleh Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Henri Alfiandi, di shelter Skadron Udara 16.

“Jangan cepat berpuas diri, jadikan hal ini sebagai cambuk motivasi meningkatkan kemampuan guna mencapai keberhasilan dalam melaksanakan tugas,” pesan Henri Alfiandi yang kini menjabat Pangkoopsau II kepada Barika dan rekan-rekan.


Simak video pilihan berikut ini:

Hasil Copa del Rey: Atletico Disingkirkan Girona

JakartaAtletico Madrid tersingkir di babak 16 besar Copa del Rey. Berimbang 3-3 dengan Girona di leg kedua, Atletico terdepak karena kalah gol tandang.

Menjamu Girona di Wanda Metropolitano, Kamis (17/1/2019) dinihari WIB, Atletico sebenarnya mengawali dengan baik. Nikola Kalinic sudah membawa tuan rumah unggul di menit ke-12 usai menuntaskan umpan terobosan Diego Godin.

Tapi tim tamu lantas merespons. Sepakan voli Valery mengubah skor menjadi 1-1, yang bertahan sampai babak pertama berakhir.

Girona membalikkan keadaan di menit ke-59. Tendangan bebas Aleix Garcia ditanduk Cristhian Stuani mengarah ke pojok kanan bawah.

Laga berjalan semakin ketat. Atletico yang tak mau dipermalukan di kandang sendiri meningkatkan intensitas dan berhasil menyamakan skor di menit ke-66.

Antoine Griezmann melepaskan umpan terobosan untuk Kalinic, tapi dibiarkan oleh sang penyerang. Bola diterima Correa dan diselesaikan ke dalam gawang.

Atletico nyaris menambah gol ketika umpan Correa disambar Godin. Bola ditepis dan mengenai mistar gawang, lalu disapu.

Di menit ke-84, tuan rumah kembali memimpin. Tusukan Thomas Lemar di kiri diakhiri dengan umpan ke Griezmann. Griezmann menuntaskannya dengan sepakan deras.

Tapi keunggulan Atletico tak bertahan cukup lama. Girona merespons empat menit kemudian. Sepakan Borja Garcia mengenai kaki Seydou Doumbia dan masuk ke gawang.

Di sisa waktu, Atletico tak berhasil mendapatkan gol kemenangan. Girona pun lolos karena berhasil mencetak tiga gol di Wanda Metropolitano, dengan skor agregat 4-4.

Susunan pemain:

Atletico: Antonio Adan; Juanfran (Lucas Hernandez 67′), Jose Gimenez, Santiago Arias, Diego Godin; Koke (Antoine Griezmann 61′), Saul Niguez (Rodri Hernandez 56′), Thomas Lemar, Thomas Partey; Nikola Kalinic, Angel Correa

Girona: Gorka Iraizoz; Jonas Ramalho, Bernardo Espinosa, Marc Muniesa; Valery Fernandez, Douglas Luiz, Pedro Porro, Alex Granell (Pere Pons 73′), Aleix Garcia; Anthony Lozano (Seydou Doumbia 68′), Cristhian Stuani (Borja Garcia 82′)
(raw/ran)


Juarai Piala Super Italia, Juventus Ukir Rekor

JeddahJuventus mengalahkan AC Milan 1-0 untuk memenangi Piala Super Italia 2018. Kini, Juve menjadi tim tersukses di kompetisi ini dengan delapan trofi juara.

Pada pertandingan yang digelar di Stadion Raja Abdullah, Jedah, Kamis (17/1/2019) dinihari WIB, Cristiano Ronaldo menjadi pembeda. Superstar Portugal itu mencetak gol tunggal di babak kedua untuk memenangkan Juventus.

Ini adalah gelar kedelapan Bianconeri di Piala Super Italia, sekaligus yang terbanyak melewati Milan [7]. Sebelumnya, Juve memenanginya pada 1995, 1997, 2002, 2003, 2012, 2013, 2015.


Delapan gelar Piala Super Italia yang dikoleksi Juventus hasil dari 14 final. Enam di antaranya berakhir dengan kekalahan yang terjadi pada 1990, 1998, 2005, 2014, 2016, dan 2017.

“Tadi adalah sebuah pertandingan yang menghibur dengan banyak peluang yang terjadi,” ucap pelatih Juventus Massimiliano Allegri kepada Rai Sport.

“Cuacanya begitu hangat dan melelahkan. Tapi kami layak membawa pulang trofinya berkat sebuah pendekatan yang seimbang.”

Bagi Milan, ini adalah yang keempat kalinya gagal di Piala Super Italia setelah 1996, 1999, dan 2003. Terakhir kali Rossoneri juara pada 2016 dengan mengalahkan Juventus via adu penalti 4-3.

Tabel perolehan Piala Super Italia

Juventus Raja Piala Super ItaliaFoto: .

(rin/raw)