Akan Didakwa Korupsi, PM Netanyahu Berdalih Korban Politisasi

Tel Aviv – Kejaksaan Agung Israel mengumumkan akan menuntut PM Israel Benjamin Netanyahu ke pengadilan dengan dakwaan korupsi. Hal ini bisa memperburuk peluang Netanyahu dalam pemilu bulan April mendatang.

Jaksa Agung Avichai Mandelblit mengatakan hari Kamis (28/2), dia telah menerima rekomendasi penyidik kepolisian untuk mengajukan tuntutan terhadap PM Israel Benjamin Netanyahu dalam tiga kasus korupsi yang berbeda.

Dakwaan itu dapat memberikan pukulan besar bagi prospek Netanyahu dalam pemilihan umum 9 April mendatang. Netanyahu mencalonkan diri untuk masa jabatan ke-empat berturut-turut.

Sidang pengadilan atas dakwaan yang meliputi penyuapan, penipuan dan pelanggaran kepercayaan baru akan digelar setelah pemilihan umum. Sebelumnya Netanyahu akan diberi kesempatan untuk membela diri. Sidang dapat berlangsung setelah pemilihan 9 April. Netanyahu akan menjadi perdana menteri Israel pertama yang menghadapi kasus di pengadilan saat menjabat.

Netanyahu tuding ada politisasi

Benjamin Netanyahu antara lain diduga telah menerima gratifikasi dari pengusaha kaya dan memberikan kelonggaran regulasi kepada raksasa telekomunikasi Bezeq sebagai imbalan atas liputan pers positif di situs berita anak perusahaan itu, Walla.

Jika terbukti bersalah melakukan suap, Netanyahu bisa menghadapi hukuman 10 tahun penjara dan hukuman maksimal 3 tahun untuk penipuan dan pelanggaran kepercayaan.

Perdana Menteri Israel membantah telah melakukan kesalahan-kesalahan yang dituduhkan. Menanggapi pengumuman Jaksa Agung, dia mengatakan telah menjadi korban pembunuhan karakter dan politisasi yang bertujuan untuk menjegalnya pada pemilu mendatang. Dia menyatakan tuduhan terhadapnya akan runtuh seperti “rumah kartu”.

Likud berusaha tunda pengumuman tuntutan

Partai Netanyahu, Likud, menggambarkan tuduhan itu sebagai “penganiayaan politik.”

“Pengumuman Jaksa Agung secara sepihak hanya sebulan sebelum pemilihan umum, tanpa memberi Perdana Menteri kesempatan untuk (sebelumnya) membantah tuduhan-tuduhan palsu ini, adalah intervensi terang-terangan dan belum pernah terjadi sebelumnya dalam pemilu,” kata Likud dalam sebuah pernyataan.

Likud telah mengajukan petisi kepada Mahkamah Agung Israel untuk menunda pengumuman dakwaan secara terbuka sampai pemilu usai. Namun pengadilan tinggi Israel menolak permintaan itu dan hari Kamis mengumumkan rencana pengajuan tuntutan terhadap Netanyahu.

hp/rzn (afp, rtr,ap)


(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Respons Jaksa Agung Soal Polemik Wiranto Vs Kivlan Zein

Liputan6.com, Jakarta – Jaksa Agung HM Prasetyo turut merespons polemik antara Menko Polhukam Wiranto dengan mantan Kepala Staf Kostrad Kivlan Zein terkait tudingan dalang kerusuhan 98. Menurut Prasetyo, polemik tersebut bukan domain Kejaksaan Agung.

“Itu di luar domain kita, itu masih polemik antara Pak Wiranto dan Pak Kivlan Zein. Kita tentunya akan lihat seperti apa nanti perkembangannya,” ujar Prasetyo di Kompleks Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Jumat (1/3/2019).

Prasetyo belum bisa menyimpulkan peristiwa 98 sebagai pelanggaran HAM berat. Apalagi penyelidikan yang dilakukan Komnas HAM terkait peristiwa tersebut belum mendapatkan bukti yang kuat untuk ditingkatkan ke penyidikan.

“Jadi kita tidak usah terpancing terkait masalah itu. Itu adalah ranah Pak Kivlan dan Pak Wiranto. Pak Wiranto sudah berikan penjelasan kan. Pak Wiranto bilangnya perlu buka-bukaan kan. Saya malah denger mau ada sumpah pocong, tapi Pak Kivlan nggak mau,” ucapnya.

Kendati begitu, Prasetyo menegaskan pihaknya tetap beritikad menuntaskan kasus kerusuhan 98. Namun kejaksaan juga tidak bisa memaksakan untuk membawa perkara tersebut ke meja hijau selama bukti yang diperoleh belum kuat.

“Temen-temen jaksa bilang hal itu belum penuhi unsur. Masa mau dipaksakan disidik atau dibawa ke pengadilan, gimana caranya kalau bukti-bukti tidak ada,” tuturnya.

2 dari 3 halaman

Hasil Penyelidikan Komnas HAM

Hasil penyelidikan sementara yang dilakukan Komnas HAM juga tidak ditemukan dugaan keterlibatan Wiranto atau Kivlan dalam peristiwa 98. “Tidak ada, justru itu makanya, secara eksplisit maupun implisit tidak ada dua nama itu (Wiranto dan Kivlan),” ujar Prasetyo.

Sebelumnya, Kivlan Zein menyebut Wiranto memiliki peran ganda pada peristiwa kerusuhan 98. Kala itu, Wiranto menjabat sebagai Panglima ABRI.

Tak terima dengan tudingan tersebut, Wiranto pun menantang Kivlan melakukan sumpah pocong untuk membuktikan omongannya. Wiranto membantah dirinya sebagai dalang kerusuhan 98.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Striker Chelsea Klaim Sarri Tetap Didukung Pemain

London – Posisi Maurizio Sarri di mata pemain Chelsea diyakini aman. Hal ini disampaikan oleh striker The Blues, Pedro.

Para pemain Chelsea dalam beberapa tahun terakhir disebut memiliki pengaruh besar pada masa depan manajer di Stamford Bridge. Terbukti beberapa manajer tak bisa bertahan lama karena disebut berseteru dengan beberapa pemain The Blues.

Sebut saja Jose Mourinho, kemudian ada juga suksesornya yakni Antonio Conte.

Sarri disebut menghadapi masalah serupa. Indikasi akan adanya masalah makin menguat setelah Kepa Arrizabalaga dengan berani membangkang perintah Sarri di laga final Piala Liga Inggris lawan Manchester City.

 Namun Pedro dengan tegas membantah kabar itu. Ia mengatakan semua pemain kompak berada di belakang manajer asal Italia itu.

“Kami selalu bersamanya. Kami selalu berbicara tentang semua masalah yang kami miliki,” kata Pedro, seperti dilansir ESPN, Kamis (28/2/2019). 

“(Sarri) harus membuat keputusan (dengan Kepa). Ia telah melakukan itu dan kami hanya menghormatinya karena kami selalu menghormati semua manajer,” tegas pemain Chelsea itu.

2 dari 2 halaman

Harus Bersatu

Sebelumnya bintang Chelsea yakni Eden Hazard juga telah menyuarakan dukungan kepada Sarri.

“Kami semua bersama dengan pelatih. Saya tahu bulan ini sedikit berat, tapi kami harus bersatu, tetap bersama, jika kami inign melakukan sesuatu pada akhir musim,” ujar Hazard dalam situs resmi klub.

“Pada saat ini, kami sedikit mengalami tekanan karena para fans ingin kami berada di empat besar, tapi kami adalah Chelsea dan mampu mengatasi tekanan itu. Kami akan memenangkan pertandingan,” tambahnya.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

Ratna Sarumpaet Merasa Kasusnya Politis, BPN: Jangan Fitnah Kami

Jakarta – Ratna Sarumpaet menilai kasus hoax yang menimpanya bernuansa politis. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno membantah terlibat dalam kasus Ratna.

“Saya nggak mau membuat penilaian prematur ini politis atau tidak, lebih baik kita sama-sama ikuti proses persidangan. Yang paling penting jangan kasus Bu Ratna ini dijadikan bahan untuk mem-framing dan memfitnah kami selaku BPN. Mengacu pada surat dakwaan, sangat jelas ini nggak ada urusan dengan BPN,” kata anggota Direktorat Hukum dan Advokasi BPN Prabowo-Sandi, Habiburokhman kepada wartawan, Kamis (28/2/2019).

Dia enggan mengomentari lebih jauh soal pernyataan Ratna. Habiburokhman mengatakan Ratna punya hak untuk membela diri. Menurut dia, hal itu tertuang dalam KUHAP.
“Sebagai terdakwa beliau punya hak untuk membela diri, hal mana secara tegas diatur dalam KUHAP. Secara teknis beliau bisa menyampaikan pembelaan dengan menghadirkan saksi, bukti yang relevan selama dalam proses persidangan,” tutur Habiburokhman.

Ratna Sarumpaet Merasa Kasusnya Politis, BPN: Jangan Fitnah KamiFoto: Habiburokhman (Dok Pribadi)

Hal senada dilontarkan juru bicara BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade. Andre hanya mendoakan Ratna selalu sehat untuk mengikuti persidangan.

“Kami tidak mau mengomentari kasus Mbak Ratna. Sepenuhnya kami serahkan ke proses persidangan di pengadilan. Kita tunggu saja gimana, kita doakan sidangnya lancar, Mbak Ratna juga sehat untuk mengikuti persidangan,” kata Andre.

Ratna Sarumpaet Merasa Kasusnya Politis, BPN: Jangan Fitnah KamiFoto: Badan Komunikasi DPP Gerindra Andre Rosiade (Zhacky-detik)

Sebelumnya, Ratna Sarumpaet menyebut kasus yang menjeratnya sarat nuansa politis. Menurutnya, polisi tidak perlu menangkap dirinya karena berbohong soal luka lebam di wajahnya.

Ratna menjalani sidang dakwaan di PN Jakarta Selatan, Jalan Ampera, Jakarta Selatan, Kamis (28/2). Jaksa penuntut umum (JPU) mendakwa Ratna Sarumpaet membuat keonaran dengan menyebarkan hoax penganiayaan. Ratna disebut sengaja membuat kegaduhan lewat cerita dan foto-foto wajah yang lebam dan bengkak yang disebut akibat penganiayaan.

“Aku cuma secara umum minta, karena aku merasa ini semua politisasi, penangkapan saya politisasi. Aku anggap nggak harus ditangkap juga toh bisa lihat tiketnya juga kok yang kayak gitu-gitu,” kata Ratna di Polda Metro Jaya, Jakarta.

Jaksa menguraikan rangkaian kebohongan yang dilakukan Ratna lewat pesan WhatsApp, termasuk menyebarkan foto-foto wajah yang lebam dan bengkak. Puncak dari kebohongan Ratna, Prabowo Subianto disebut jaksa menggelar jumpa pers pada 2 Oktober 2018.

“(Terdakwa) menceritakan mengenai penganiayaan dan mengirimkan foto dalam keadaan bengkak merupakan rangkaian kebohongan terdakwa untuk mendapat perhatian dari masyarakat, termasuk tim pemenangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno,” ujar jaksa penuntut umum membacakan surat dakwaan di PN Jaksel, Jl Ampera Raya, Kamis (28/2).
(tsa/gbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pakistan Janji Bebaskan Pilot, India Tetap Waspada

Jakarta – Pasukan India mengaku tetap waspada meski Pakistan telah berjanji akan membebaskan seorang pilotnya yang kini tengah ditahan. Pilot yang disebut bernama Abhinandan Varthaman, ditahan usai pasukan Pakistan menembak jatuh dua pesawat India.

Dilansir AFP, Jumat (1/3/2019), Mayor Jenderal Angkatan Udara India, Surendra Singh Mahal, membuat klaim baru bahwa India telah menembak jatuh jet F-16 Pakistan dalam pertempuran udara. Peristiwa ini menyusul serangan Pakistan pada Rabu (27/2) terhadap instalasi militer di Kashmir yang dikelola India.

“Kita sangat siap dan waspada untuk memberikan respons terhadap apapun bentuk provokasi dari Pakistan,” kata Mahal.


Mahal menyebut senjata pertahanan udara berbasis darat telah diaktifkan dalam mode ‘peringatan keras’ sepanjang perbatasan dengan Pakistan di Khasmir. Para pejabat tinggi militer juga menemukan pecahan-pecahan dari sebuah rudal yang menurut mereka cocok dengan jet tempur F-16 Pakistan yang melintas ke wilayah udara India dan ditembak jatuh.

Pakistan membantah pernyataan New Delhi bahwa salah satu pesawatnya jatuh saat pertempuran udara dan juga melihat satu pesawat India hilang.

Abhinandan Varthaman disebutkan berhasil menyelamatkan diri, tetapi ditangkap oleh pasukan Pakistan di sisi lain perbatasan dan ditahan.

Kamis (28/2) Pakistan mengatakan bakal membebaskan Varthaman sebagai ‘gestur damai’. Hal ini guna memulihkan hubungan di antara pasukan nuklir kedua negara yang memicu kekhawatiran akan konflik yang menghancurkan.

Namun, Wakil Angkatan Udara India Marshall RGK Kapoor mengatakan keputusan Pakistan membebaskan Varthaman juga harus mengikuti norma-norma internasional di sekitar tawanan perang.

“Kami akan sangat senang jika dia (Varthaman) bisa kembali,” kata Kapoor.

“Kami hanya melihatnya sebagai isyarat yang selaras dengan semua konvensi Jenewa,” imbuhnya.
(tsa/gbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

PM India Minta Rakyat Tegar Hadapi Serangan Pakistan

Jakarta – Perdana Menteri India Narendra Modi meminta masyarakat India untuk tetap tegar mengahadapi kelakukan Pakistan yang menyandera seorang pilot, yang disebut bernama Abhinandan Varthaman. Modi meminta masyarakat India bersatu.

“Setiap orang India harus tegar berdiri seperti dinding dan sekeras batu,” kata Modi dilansir AFP, Jumat (1/3/2019).

“Seluruh negeri saat ini bersatu dan mendukung prajurit India. Dunia sedang melihat kemauan kita dan kita percaya pada kekuatan pasukan kita. India akan hidup sebagai satu negara. India akan bekerja sebagai satu negara. India akan tumbuh sebagai satu negara. India akan perang sebagai satu negara dan akan menang sebagai satu negara,” imbuh Modi.
Diketahui sejumlah pengunjuk rasa bahkan sempat membakar bendera Pakistan di halaman kedutaan Pakistan di New Delhi, Kamis (28/2). Polisi berhasil menahahan sejumlah pelaku, tetapi beberapa pelaku lainnya ada yang berhasil kabur.

Para pengunjuk rasa yang membakar bendera Pakistan itu mengaku sebagai pendukung partai pengusung Modi, Bharatiya Janata. “Polisi berusaha menangkap mereka, tapi mereka cepat-cepat masuk ke mobil dan pergi,” kata seorang saksi di lokasi.

Negara-negara tetangga India dan Pakistan diminta menahan diri atas peristiwa konflik ini. India sebelumnya mengklaim kehilangan pesawat tempur dan satu pilot, yang belakangan diketahui menjadi sandera Pakistan. Namun India juga mengklaim berhasil menjatuhkan jet milik Pakistan.

Sementara itu, Pakistan mengklaim berhasil melumpuhkan dua pesawat India. Mereka membantah kehilangan pesawat dalam pertempuran itu.
(tsa/gbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kiper Real Madrid Berkencan dengan Presenter TV

Liputan6.com, Madrid – Kiper Real Madrid Thibaut Courtois dikabarkan sudah memiliki kekasih baru. Wanita itu bernama Alba Carrillo yang berprofesi sebagai presenter TV.

Seperti dilansir The Sun, hubungan Courtois dengan Alba baru terjalin setelah kiper timnas Belgia tersebut bergabung ke Real Madrid pada musim panas lalu. Tetapi, hubungan tersebut baru terungkap setelah foto Courtois bergandengan tangan dengan Alba tersebar ke publik.

Meski sudah tertangkap basah pergi berdua, Alba membantah telah menjalin kasih dengan mantan kiper Real Madrid tersebut. Dia menyebut hubungannya dengan Courtois hanya sebatas teman.

“Kami berteman dan kami saling mengenal. Saya senang,” kata Alba tentang hubungannya dengan kiper Real Madrid itu kepada majalah Semana seperti dikutip dari The Sun.

2 dari 3 halaman

Telah Berpisah

Courtois telah berpisah dengan kekasihnya, Marta Dominguez pada April 2018. Dari Marta, mantan kiper Chelsea itu dikarunia seorang putri bernama Adriana dan seorang putra yang diberi nama Nicolas.

“Marta dan saya tak lagi bersama,” kata Courtois. “Sejak awal September, kami telah memutuskan untuk mengakhiri hubungan kami dengan persyaratan yang bersahabat.”

3 dari 3 halaman

Tetap Beri Perhatian

Meski sudah berpisah, Courtois mengaku tetap berhubungan dengan Marta. “Kami masih saling mencintai dan rukun, tapi tak memiliki hubungan romantis lagi,” ucapnya.

“Tapi, kita tidak lari dari tanggung jawab kita. Kita adalah orangtua pertama dan terpenting dari seorang putri cantik, Adriana, dan putra kita, Nicolas.”

“Kami akan berusaha untuk memberikan cinta dan perhatian yang layak kepada anak-anak kami,” pungkas Courtois.

Eks Pengacara Akui Trump Beri Uang Tutup Mulut ke Bintang Porno

Washington – Mantan pengacara pribadi Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Michael Cohen, mengakui bahwa Trump memang telah memberikan uang tutup mulut kepada bintang porno, Stormy Daniels yang pernah menjadi selingkuhannya.

Hal tersebut disampaikan Cohen saat bersaksi di depan Komite Pengawas Dewan Perwakilan Amerika Serikat pada Rabu (27/2) waktu setempat seperti dilansir AFP, Kamis (28/2/2019). Cohen memperlihatkan apa yang dia sebut sebagai bukti dana talangan yang dia terima dari Trump untuk uang tutup mulut. Menurut Cohen, pembayaran uang sebesar US$ 35.000 tersebut ditandatangani oleh Trump setelah menjadi presiden.

Sebelumnya, Cohen telah mengungkapkan bahwa dirinya telah membayar sejumlah uang kepada seorang bintang porno yang mengaku berhubungan seks dengan Trump. Di gedung Kongres AS pada Rabu (27/2) waktu setempat, Cohen menunjukkan salinan bukti transfer sebesar US$130.000 (Rp 1,8 miliar) kepada Stormy Daniels supaya bintang porno itu tidak bersuara mengenai perselingkuhan mereka. Pembayaran itulah yang membuat Cohen divonis bersalah atas pelanggaran aturan soal pendanaan kampanye.
Di Kongres AS, Cohen juga memperlihatkan salinan cek sebesar US$35.000 (Rp 490 juta) tertanggal Agustus 2017, yang merupakan salah satu dari rangkaian cek yang menurutnya berasal dari Trump untuk mengganti uang tutup mulut yang telah dibayarkan Cohen atas nama Trump.

“Cek-cek lainnya untuk menalangi saya atas pembayaran uang tutup mulut, diteken oleh Don Jr. (putra Trump) dan Allen Weisselberg (kepala keuangan Organisasi Trump),” ujar Cohen.

Sebelumnya, Stormy Daniels mengklaim bahwa dirinya dan Trump bertemu pada Juli 2006 di sebuah turnamen golf selebritis dan kemudian berhubungan intim. Itu adalah awal mula hubungan terlarang keduanya. Saat itu, Trump baru menikahi Melania selama setahun dan putra mereka, Barron masih berumur 3 bulan.

Trump telah membantah berhubungan seks dengan Daniels.
(ita/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Penjelasan Gerindra NTT Soal Video Pengusiran Sandiaga di Labuan Bajo

Liputan6.com, Kupang – Ketua DPD Partai Gerindra NTT, Esthon Foenay angkat bicara terkait video pengusiran Calon Wakil Presiden, Sandiago Uno di Labuan Bajo. Ia membantah adanya pengusiran terhadap Sandiaga.

“Bukan pengusiran. Saya ada di lokasi dengan Pak Sandiago. Yang benar, pedagang itu marah warga yang rebutan selfie dengan Sandiaga,” ujar Esthon kepada Liputan6.com, Rabu (27/2/2019).

Ia menjelaskan, pedagang berbaju merah itu memarahi beberapa warga yang saat itu menginjak barang dagangannya. Usai kejadian, Sandiaga masih sempat memeluk pedagang itu.

“Lihat saja di vedeo itu. Cara marahnya saja beda. Keliatan kalau orang yang ia marahi juga masih bersaudara dengan dia. Jadi tidak benar, kalau Pak Sandiaga yang diusir. Kebetulan saat kejadian kami ada di situ,” katanya.

Baliho Prabowo-Sandiaga Dicoret

Baliho Prabowo-Sandiaga berukuran raksasa persis di Jalan HTI No.34-35 Kelurahan Oebufu, Kota Kupang dicoret oleh orang tak dikenal.

Pantauan Liputan6.com, baliho itu dicoret menggunakan pilox berwarna kuning. Nampak beberapa tulisan seperti, No Rasist, Fuck, Killer, Stupid Asshole.

Ketua DPD Gerindra NTT, Esthon Foenay meminta Bawaslu NTT untuk mencaritahu pelaku fandalisme itu. Menurut dia, Bawaslu juga mempunyai tanggungjawab memberi pendidikan politik yang baik bagi masyarakat.

“Anjing bergonggong kafila berlalu. Mari kita hormati proses politik untuk saling menjaga. Jangan pecah belah persaudaraan. Jangan jadi pendukung ekstrem. Siapa pun Predisen, itu adalah pilihan rakyat. Marilah bersatu,” kata Esthon. (Ola Keda).

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Jaksa KPK Sanggah Pembelaan Billy Sindoro soal Izin Meikarta

Bandung – Jaksa pada KPK mematahkan bantahan terdakwa kasus suap proyek Meikarta, Billy Sindoro, yang mengaku tidak terlibat dalam perkara. Jaksa KPK menegaskan Billy memang terlibat kasus Meikarta sebagaimana fakta-fakta persidangan

Jaksa KPK mendasari keterlibatan Billy atas kesaksian dari Edi Dwi Soesianto (Kepala Divisi Land Acquisition and Permit PT Lippo Cikarang). Dalam persidangan, Edi Dwi menyebut ada tim pusat ditugaskan mengurus perizinan Meikarta yang dipimpin Billy Sindoro.

“Bahwasannya jaksa penuntut umum dalam surat tuntutan sudah sesuai fakta persidangan, analisis fakta dan yuridis dari rangkaian peristiwa terkait proses perizinan Meikarta di mana ada perbuatan yang dilakukan oleh Billy Sindoro berkaitan kesaksian Edi Dwi Soesianto ada tim pusat yang dipimpin Billy Sindoro setelah mandek perizinan,” kata jaksa KPK saat menanggapi pleidoi di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Rabu (27/2/2019).


Jaksa juga menjelaskan keterlibatan Billy dalam proses perizinan Meikarta ini berdasarkan bukti screenshot percakapan WhatsApp dan bukti percakapan telepon antara Billy dengan Fitradjadja. Percakapan-percakapan tersebut sudah dirunut dari mulai Agustus 2017 hingga Oktober 2018.

“Keseluruhannya membahas mengenai perizinan Meikarta. Kami menggambarkan secara jelas urut waktu ke waktu dari percakapan Billy Sindoro dan Fitradjadja Purnama. Menceritakan laporan terkait Meikarta selalu dilaporkan oleh Fitradjadja dan Fitradjadja membenarkan percakapan itu,” katanya.

Jaksa juga menjelaskan peranan Billy dalam pertemuan dengan Bupati Bekasi nonaktif Neneng Hasanah Yasin di Hotel Axia Cikarang. Dalam pleidoinya, Billy membantah pertemuan itu membahas Meikarta dan membahas soal uang.

Akan tetapi, jaksa berpendapat berbeda. Dari keterangan saksi Bupati Neneng, jaksa beranggapan, pertemuan tersebut membahas soal izin Meikarta dan Billy menjanjikan duit Rp 10 miliar kepada Bupati Neneng.

“Bahwa terdakwa tidak mengurus bisa dibantah jaksa penuntut umum. Terdakwa bertemu Bupati Neneng Hasanah Yasin bicara Meikarta. Peristiwa itu terjadi di Hotel Axia Cikarang. Terkait janji di Hotel Axia Rp 10 miliar yang disampaikan Billy adalah terkait proses perizinan Meikarta,” kata jaksa.

Selain menanggapi pleidoi Billy, jaksa juga memberikan tanggapan atas pleidoi Henry Jasmen. Untuk Henry, jaksa menanggapi terkait blokir rekening yang diprotes Henry dalam pleidoinya.

Menurut jaksa, pemblokiran itu dilakukan lantaran masih ada proses penyidikan. Sebab rekening yang diblokir terdapat aliran dana terkait proses perizinan Meikarta.

“Terkait dengan blokir yang disampaikan terdakwa dan tim penasihat hukum, kami memberi tanggapan bahwa rekening masuk proses penyidikan, terintegrasi pada aliran dana baik dari Samuel Hutabarat maupun Samuel Tahir. Sehingga patut, berdasarkan Undang-undang, dilakukan pemblokiran. Setelah fakta di persidangan, kami menilai bahwa terkait rekening ada satu transaksi yang terkait pemberian tersebut. Transaksi yang tidak berhubungan akan kami lepas. Pertanda itu tidak terkait dengan perbuatan,” kata jaksa.

Untuk tanggapan terhadap pleidoi Fitradjadja tak banyak yang disampaikan jaksa. Jaksa hanya menjelaskan keterlibatan Fitradjadja pada saat proses perizinan Meikarta sudah berjalan.

Begitu juga dengan Taryudi, jaksa hanya menyebut permohonan keringanan hukuman yang disampaikan oleh Taryudi dikembalikan kepada majelis hakim.
(idh/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>