Ngabalin Minta Prabowo Ungkap Mantan Presiden yang Dipantau Intelijen

Liputan6.com, Jakarta – Ali Mochtar Ngabalin menanggapi pidato kebangsaan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto yang menyebut bahwa intelijen negara memantau sejumlah tokoh, termasuk mantan presiden.

Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Kepresidenan (KSP) itu meminta Prabowo mengungkap siapa saja mantan presiden dan pejabat negara yang merasa dimata-matai.

“Mungkin pak Prabowo dalam perjalanan yang panjang, ketiduran dalam mobil jadi kaget bangun langsung ngomong yang tidak benar. Siapa (mantan Presiden) yang diinteli, kasih dong datanya,” kata Ngabalin di Kantor Staf Kepresidenan Jakarta, Selasa (15/1/2019).

Ngabalin meminta Prabowo memberikan data adanya intelijen yang memantau pejabat negara. Ngabalin pun membantah tudingan ketua partai politik dipantau intel. Menurutnya, Jokowi menjadi sosok yang membina partai politik.

“Siapa sih yang merasa (diinteli)? Siapa mantan presiden yang merasa diinteli? Jangan buat berita bohong. Sayang dong kalau berita-berita bohong itu keluar dari mulut, cukup Andi Arief (Politisi Demoktrat) lah. Jangan calon presiden Prabowo bikin berita bohong lagi nanti,” ucapnya.

Ngabalin menegaskan bahwa saat ini pemerintahan Jokowi-JK tengah mempersiapkan pelaksaan Pemilu 2019 agar berjalan damai. Untuk itu, dia mengingatkan agar tidak ada pihak yang berusaha mendelegitimasi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Karena itu saya berkali-kali mengatakan bahwa siapa saja yang upaya melakukam upaya delegitimasi terhapa KPU sebagai penyelenggara pemilu yang damai, serentak dan baik dan pemerintah menjatuhkan wibawa pemerintah maka kami akan melakukan perlawanan itu,” tegas Ngabalin.

2 dari 3 halaman

Dimata-matai?

Prabowo menyinggung kerja intelijen dalam pidatonya di JCC Senayan, Senin (14/1). Dia menuding intelijen bekerja untuk mengintai orang-orang di sekelilingnya, mulai dari Ketua MPR Zulkifli Hasan, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Rachmawati Soekarnoputri.

“Intelijen itu nginteli musuh negara, jangan inteli mantan presiden Republik Indonesia, jangan intel mantan ketua MPR, jangan inteli anak proklamator, jangan inteli mantan panglima TNI, jangan inteli ulama besar kita,” tuturnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

KSP: Jokowi Konsen Tuntaskan Kasus HAM Masa Lalu

Liputan6.com, Jakarta Deputi V Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Jaleswari Pramodhawardani membantah pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) gagal menangani kasus pelanggaran HAM masa lalu. Dia memastikan, semua kasus dalam penanganan.

“Nggak ada pembiaran, itu jelas. Kasus Paniai ditangani. Ini kan kita menunggu dari Komnas HAM juga bahwa hasil penyelidikan dan lain-lain itu kan dari Komnas HAM setelah selesai nanti ke Kejaksaan Agung,” ujar Jaleswari di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Selasa (15/11/2019).

Pengusutan kasus pelanggaran HAM masa lalu, kata dia, terbentuk mekanisme dan hal teknis lain. Presiden tidak bisa mengintervensi proses investigasi yang tengah dilakukan oleh lembaga dan institusi pemerintah yang sedang bekerja.

Apalagi, kata dia, kasus tersebut cukup kompleks dan memerlukan kerja sama yang baik antar lembaga.

“Presiden memerintahkan itu, tapi presiden juga memberikan keleluasaan kementerian, lembaga, institusi untuk melakukan tugas yang diarahkan presiden. Kita harus menunggu, karena kan alat bukti dan fakta-fakta yang harus dikonstruksikan kembali kan itu butuh waktu,” tuturnya.

2 dari 2 halaman

KSP Monitor

Dia memastikan, Jokowi konsen menuntaskan kasus pelanggaran HAM masa lalu melalui jajaran di bawahnya. Bukti keseriusan itu juga diwujudkan dengan mengundang keluarga korban untuk berdialog langsung mengenai pelanggaran HAM yang terjadi.

“Tapi kerumitan-kerumitan dalam proses hukum itu lah yang kadang kala kita terhambat. Tapi presiden clear bahwa ini sedang diselesaikan. Proses sedang berjalan. KSP bagian yang terlibat dalam monitoring dan evaluasi,” ucap Jaleswari menandaskan.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Fatih Seferagic Bantah Mendekati Lucinta Luna

Liputan6.com, Jakarta – Lucinta Luna kembali menghebohkan jagat maya. Selebritas kontroversial itu mengaku sering berkomunikasi dengan hafiz Alquran asal Amerika, Fatih Seferagic. Pernyataan Lucinta Luna itu pun menjadi perbincangan publik. 

Nampaknya kabar tersebut sangat mengganggu Fatih Seferagic. Melalui Instagram Stories-nya, penghafal Alquran tampan itu mengklarifikasi hubungannya dengan Lucinta Luna.

Fatih Seferagic membantah kedekatannya dengan Lucinta Luna. Namun ia tak menampik pernah berkomunikasi dengan selebritas yang diduga berjenis kelamin laki-laki sebelum menjalani operasi.

Tetapi itu hanya sehari saja. Setelah itu, Fatih Seferagic tak pernah lagi berbicara dengan Lucinta Luna.

Saya berbicara dengan Luna selama satu hari sampai saya tahu dia seorang pria. Ini berbulan-bulan yang lalu. Kita tidak bicara sekarang. Tolong jangan menghibur ini dan menyebarkan kebohongan,” tulis Fatih Seferagic, Selasa (15/1/2019).

2 dari 4 halaman

Fitnah

Setelah menjelaskan keadaan sebenarnya, Fatih Seferagic meminta agar tidak ada lagi yang menyebarkan kebohongan tersebut. Merasa telah difitnah, pria 23 tahun itu berdoa. “Semoga Allah melindungi kita semua dari fitnah,” tulis Fatih Seferagic.

Tak kuat diserang dnegan permasalahan ini, Fatih Seferagic meminta saran dari sang guru. Ia diminta untuk mengabaikan kabar tersebut.

Guru saya telah mengatakan kepada saya untuk tidak lagi memperhatikan ini. Sangat menyedihkan bahwa orang-orang menyibukkan diri dengan gosip ketika kita memiliki masalah yang lebih besar di dunia. Apakah kalian tahu apa yang terjadi di Yaman, Palestina, Suriah, Rohingya…Allah Help Our Ummah,” imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Telah Menikah

Fatih Seferagic telah menikah di usia 19 tahun dengan mempersunting Shafiya Kara. Namun, pada 2014 mereka memutuskan untuk bercerai. Selang tiga tahun kemudian, Fatih menikah kembali pada 2017.

Fatih cukup tertutup dengan kehidupan pribadinya. Ia tak pernah mengunggah potret kebersamaannya dengan istri tercinta. Sehingga sosok istri Fatih Seferagic tak pernah diketahui publik.

4 dari 4 halaman

Aktivis Kemanusiaan

Selain penghafal Alquran, Fatih Seferagic juga mengkaji hadis Rasulullah. Ia juga seorang aktivis kemanusiaan.

Sejumlah potret kegiatan peduli sesama diabadikan di Instagramnya. Mulai dari membantu korban bencana alam hingga menghimpun donasi untuk anak-anak di Yaman yang tengah mengalami krisis kelaparan. (Lavenia/Mgg)

Spalletti: MU Tak Mampu Beli Skriniar

Liputan6.com, Milan – Pelatih Inter Milan, Luciano Spalletti kembali angkat bicara seputar rumor ketertarikan Manchester United (MU) terhadap Milan Skriniar. Spalletti menyebut Setan Merah takkan mampu membeli bek asal Slovakia tersebut.

Skriniar sendiri bisa dikatakan menjadi salah satu bek rising star di Serie A sejak musim lalu. Ia tampil solid saat mengawal pertahanan Nerrazurri, sehingga ia dinilai sebagai salah satu bek tengah terbaik di Serie A saat ini.

Performa bek asal Slovakia itu kabarnya menarik perhatian MU. Raksasa Premier League tersebut kabarnya tertarik memboyong sang pemain ke Old Trafford untuk memperkokoh barisan pertahanan mereka.

Namun Spalletti menegaskan bahwa pihaknya sama sekali tidak berencana menjual Skriniar ke MU pada bulan Januari ini. “Skriniar tetap bertahan di sini,” buka Spalletti kepada Goal International.

2 dari 2 halaman

Tidak Terjangkau

Spalletti menilai Manchester United sebaiknya mencari target baru di bursa transfer musim dingin ini.

Eks pelatih AS Roma itu menegaskan bahwa Skriniar akan dibanderol dengan harga yang sangat mahal dan tidak bisa dijangkau oleh setan merah.

“Saya rasa dia berada di luar rentang harga yang mampu dibayarkan klub-klub manapun. Saya yakin tidak ada tim yang mampu membelinya.” tandas sang pelatih.

Di pihak lain, Skriniar sendiri baru-baru ini turut mengomentari rumor kepindahannya ke Old Trafford.

Melalui akun instagramnya, Skriniar dengan tegas membantah kabar itu semua. Ia menyebut media-media itu tergolong ngawur dalam memberitakan mengenai statusnya.

Tidak tanggung-tangguh, ia bahkan memaki sejumlah media Italia yang merumorkan ia akan bergabung dengan setan merah.

Skriniar sendiri masih terikat kontrak di Giuseppe Meazza hingga tahun 2022 mendatang.

Sumber: bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 Polisi Prancis Diadili Atas Kasus Pemerkosaan Turis Kanada

Paris – Dua polisi Prancis diadili atas kasus pemerkosaan seorang turis Kanada yang mabuk. Pemerkosaan tersebut terjadi di bekas markas kepolisian Paris.

Kejahatan tersebut terjadi pada April 2014 di 36 Quai des Orfevres, bekas markas kepolisian Paris. Korban diidentifikasi sebagai Emily S yang kini berusia 39 tahun. Turis Kanada itu bertemu dengan kedua polisi tersebut di sebuah pub dekat markas kepolisian. Setelah minum-minum hingga mabuk, kedua polisi yang sedang tidak bertugas itu mengajak perempuan tersebut ke kantor mereka.

“Saya banyak minum dan tak bisa membayangkan diri saya kembali ke hotel saya dalam keadaan saya seperti ini, dan saya pikir dengan pergi ke kantor polisi saya akan merasa lebih aman di sana,” ujar Emily kepada para penyelidik seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (5/1/2019).


Emily mengatakan, dirinya diperkosa secara bergiliran oleh para polisi di kantor mereka selama 1,5 jam. “Empat polisi yang memakai kondom memperkosa saya,” kata perempuan itu kepada penyelidik keesokan harinya saat dia melaporkan peristiwa itu ke polisi.

Namun dia kemudian mengaku tidak yakin apakah dirinya diperkosa oleh tiga polisi atau empat polisi.

Dua polisi yang didakwa adalah Nicolas R. (49) dan Antoine Q (40). Keduanya membantah dakwaan pemerkosaan dan mengakui terjadinya hubungan seksual, namun menurut mereka hubungan itu terjadi atas dasar suka sama suka.

DNA seorang polisi ditemukan pada celana dalam Emily dan hasil pemeriksaan medis menunjukkan bahwa Emily mengalami cedera ginekologis traumatis. DNA dari pria ketiga juga ditemukan pada celana dalamnya, namun meski lebih dari 100 polisi yang bekerja di gedung itu telah diperiksa, para penyelidik gagal mengidentifikasi tersangka ini.

Pada tahun 2016, hakim investigasi memutuskan untuk menghentikan kasus ini, karena menganggap kesaksian wanita itu membingungkan. Namun para jaksa penuntut kemudian meminta digelarnya persidangan yang diperkirakan akan berlangsung hingga 1 Februari mendatang.

Kedua terdakwa bisa terancam hukuman penjara maksimum 20 tahun jika terbuki bersalah.

(ita/ita)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Polda Bali: Pemeriksaan Hartono Karjadi Didampingi Polisi Singapura

Denpasar – Polda Bali memastikan dua anggotanya hanya mengecek kebenaran Hartono Karjadi sakit di Singapura dan membantah adanya upaya penjemputan paksa. Polda Bali juga menegaskan pihaknya sudah berkoordinasi dengan kepolisian setempat soal tindakan tersebut.

“Kami sudah bertindak sesuai prosedur. Secara prosedur artinya ada juga polisi dari sana,” kata Dirkrimsus Polda Bali Kombes Yuliar Kus Nugroho ketika dimintai konfirmasi detikcom, Senin (14/1/2019) malam.

Yuliar juga menepis berita media Singapura terkait tidak adanya koordinasi dengan pihak kepolisian setempat. Dalam berita tersebut, pihak kepolisian Singapura (SPF) disebut tidak menerima permintaan maupun memfasilitasi terkait kunjungan polisi Indonesia maupun Bali ke Singapura.


“SPF tidak mendapat informasi dari Kepolisian Polda Bali bahwa petugas mereka akan mengunjungi Hartono Karjadi di Singapura. SPF tidak hadir dalam pertemuan yang diduga dilakukan antara Hartono Karjadi dengan polisi Polda Bali di Singapura,” tulis media tersebut mengutip pernyataan kepolisian Singapura.

Media tersebut juga memberitakan kepolisian Singapura telah menerima laporan terkait insiden yang melibatkan Hartono Karjadi dan tengah melakukan penyelidikan. Media itu juga menyinggung soal rekaman CCTV yang dimiliki Hartono Karjadi.

Dalam CCTV itu menunjukkan empat pria, di mana dua di antaranya disebut oknum polisi dari Bali. Diberitakan, polisi dari Bali memfoto Hartono Karjadi dan temannya, dan memfoto kopi nota rumah sakit. Hartono juga mengklaim polisi tersebut mencoba merekam pernyataannya, tapi dia menyampaikan jika dia tidak akan menandatangani dokumen apa pun lalu polisi itu pergi.

Dalam berita tersebut Hartono Karjadi mengidentifikasi foto oknum Polda Bali yang disodorkan polisi Singapura bernama Agung. Perjanjian Ekstradisi dan Kerja Sama Pertahanan sebagai satu paket bilateral yang disahkan kedua negara pada April 2007 di Bali untuk menyinggung dugaan investigasi ilegal di Singapura.

Menanggapi pemberitaan tersebut, Yuliar menegaskan pihaknya sudah dilakukan sesuai prosedur. Dia mempersilakan pengacara menghadirkan Hartono Karjadi untuk menjalani pemeriksaan kasus penggelapan yang ditangani Polda Bali.

“Kalau taat hukum ya seharusnya hadir, bukan bikin cerpen kayak Abunawas,” cetus Yuliar.

Kabid Humas Polda Bali Kombes Hengky Widjaja juga mengungkapkan hal senada. Hengky meminta pihak penasihat hukum agar fokus untuk menyelesaikan perkara dan membawa pulang kliennya Hartono Karjadi ke Indonesia.

“Semua sudah sesuai prosedur, penasihat hukum fokus bagaimana bisa selesaikan perkara secara tuntas via jalur hukum Indonesia. Bukan mengalihkan perhatian masyarakat ke ranah lain yang bukan urusannya,” tutur Hengky.

“Prosedur bagaimana polisi bertindak sudah ada prosedurnya. Jadi sekali lagi fokus bawa pulang kliennya kembali ke Indonesia untuk pertanggungjawabkan segalanya di depan hukum Indonesia,” tegasnya.
(ams/dkp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Prabowo Sebut BUMN Bangkrut, Menko Darmin: Ceroboh, Dasarnya Apa?

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, membantah pernyataan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto bahwa banyak badan usaha milik negara (BUMN) di ambang kebangkrutan. Menko Darmin justru menyebut penilaian Prabowo sangat ceroboh.

“Itu kesimpulan yang terlalu ceroboh. Tidak ada komen saja kalau sudah begitu,” ujar Darmin di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (14/1).

Mantan Gubernur Bank Indonesia ini lantas mempertanyakan dasar Prabowo menyebut banyak BUMN yang akan hancur. “Apa nih yang bangkrut. Dasarnya apa?” kata dia.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno meminta Prabowo memberikan bukti bahwa banyak BUMN akan bangkrut. Rini juga meminta mantan Danjen Kopassus itu tidak sekadar berasumsi.

“Buktinya mana? Orang ngomong kan bisa saja. Gampang bicara. Sekarang lihat bukti-buktinya apa,” kata Menteri Rini di Istana Negara, Jakarta.

Menteri Rini memastikan, pemerintah terus bekerja keras untuk menjaga kelangsungan BUMN di Tanah Air. Apalagi, kata dia, BUMN mempekerjakan banyak karyawan yang harus diperhatikan kesejahteraan hidupnya.

“Jangan lupa BUMN itu kan punya kita semua. Kita harus menjaga keberlangsungan BUMN tersebut. Jadi kalau bicara mari lah bicara dengan benar, dengan data yang kuat,” tegas Menteri Rini.

Saat bertemu relawan di Roemah Djoeang, Jalan Wijaya, Jakarta Selatan, Minggu (13/1), Prabowo menyebut banyak BUMN yang akan bangkrut. Dia mengklaim, lesunya BUMN dikarenakan para elite yang doyan makan duit negara.

“Kita lihat BUMN kebanggaan kita, satu-satu hancur, bangkrut, tanya saja Garuda pilot-pilotnya, tanya pertamina, PLN, tanya pabrik milik negara, elite itu tak perlu kau kagumi. Aku tahu satu-satu, lagaknya saja itu,” ucap Prabowo.

Reporter: Supriatin

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Ancelotti Bantah Koulibaly Ingin ke MU

Jakarta Pelatih Napoli, Carlo Ancelotti, membantah kabar Kalidou Koulibaly tidak bahagia berada di timnya. Ancelotti yakin Koulibaly tidak akan hengkang dan melanjutkan kariernya bersama Manchester United.

Pemain 27 tahun tersebut santer dikabarkan masuk dalam daftar belanja MU pada bursa transfer Januari 2019. Kalidou Koulibaly dianggap sebagai solusi ideal untuk mengatasi rapuhnya lini belakang The Red Devils.

Sang pemain pun disebut-sebut berminat untuk hengkang ke Inggris dan membela Manchester United. Apalagi, Koulibaly kerap menerima perlakuan rasis dari suporter di Italia.

Teranyar, dia mendapat perlakukan tak pantas tersebut ketika Napoli kalah 0-1 dari Inter Milan pada laga pekan ke-18 Serie A di Giuseppe Meazza, 27 Desember 2019.

“Di Inggris mereka menulis jika Koulibaly dapat pergi (ke Manchester United) karena masalah rasisme, saya kira tidak. Koulibaly bahagia di Naples,” ujar Ancelotti.

“Dia kesal seperti yang lain, tetapi itu tidak akan menjadi pemicu yang membuat dia pergi. Koulibaly tidak pernah memperlihatkannya, dia ingin tinggal di Naples dan di Italia, negara yang sangat dia sukai,” papar Carlo Ancelotti.

Sumber: Sportsmole

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

Kata Garuda Indonesia soal Tudingan BUMN di Ambang Bangkrut

Liputan6.com, Jakarta – VP Corporate Secretary PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA), Ikhsan Rosan membantah pernyataan Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto yang menyebut banyak Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bangkrut.

Menurut dia, Garuda Indonesia saat ini tengah berada dalam kondisi yang cukup baik.

“Mungkin coba di google bagaimana perkembangan Garuda Indonesia, bagaimana perkembangan BUMN (cukup baik),” kata dia saat dihubungi merdeka.com, Senin (14/1/2019).

Ikhsan menyebut, sebagai salah satu BUMN, pihaknya tentu sangat berhati-hati dalam menjaga kondisi kesehatan keuangan Perseroan.

Itu dilakukan agar perusahaan tetap bertahan di tengah kondisi keuangan yang ada saat ini.

“Karena kita BUMN dalam tanda kutip sangat hati-hati karena bisnis kita ya tetap melihat secara ini bisnis perusahaan. kita tetap harus jaga supaya jangan termakan masuk pusaran yang ini lah gitu,” pungkasnya.


Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Kata Menteri BUMN Rini Soemarno

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno meminta Prabowo memberikan bukti bahwa banyak BUMN akan bangkrut. Rini juga meminta mantan Danjen Kopassus itu tidak sekadar berasumsi.

“Buktinya mana? Orang ngomong bisa saja. Gampang bicara. Sekarang lihat bukti-buktinya apa,” kata Menteri Rini di Istana Negara, Jakarta.

Menteri Rini memastikan, pemerintah terus bekerja keras untuk menjaga kelangsungan BUMN di Tanah Air. Apalagi, kata dia, BUMN mempekerjakan banyak karyawan yang harus diperhatikan kesejahteraan hidupnya.

“Jangan lupa BUMN itu  punya kita semua. Kita harus menjaga keberlangsungan BUMN tersebut. Jadi kalau bicara mari lah bicara dengan benar, dengan data yang kuat,” tegas Menteri Rini.

Saat bertemu relawan di Roemah Djoeang, Jalan Wijaya, Jakarta Selatan, Minggu 13 Januari 2019, Prabowo menyebut banyak BUMN yang akan bangkrut. Dia mengklaim, lesunya BUMN dikarenakan para elite yang doyan makan duit negara.

“Kita lihat BUMN kebanggaan kita, satu-satu hancur, bangkrut, tanya saja Garuda pilot-pilotnya, tanya pertamina, PLN, tanya pabrik milik negara, elite itu tak perlu kau kagumi. Aku tahu satu-satu, lagaknya saja itu,” ucap Prabowo.



Saksikan video pilihan di bawah ini:

Penumpang Berpistol Lolos Pemeriksaan di Bandara AS dan Terbang ke Tokyo

Washington DC – Seorang penumpang yang membawa pistol bisa lolos masuk ke dalam pesawat maskapai Amerika Serikat (AS) yang terbang dari Atlanta menuju Tokyo, Jepang. Insiden ini diungkapkan dan telah diakui Otoritas Keamanan Transportasi AS atau TSA.

Seperti dilansir CNN, Senin (14/1/2019), TSA dalam pernyataannya menyebut seorang penumpang yang membawa pistol itu berhasil terbang dari Bandara Internasional Hartsfield-Jackson Atlanta menuju ke Bandara Internasional Narita Tokyo pada 3 Januari lalu.

“TSA menyatakan bahwa standar prosedur tidak diikuti dan seorang penumpang faktanya lolos melalui pos pemeriksaan standar TSA dengan sebuah senjata api di Bandara Internasional Hartsfield-Jackson Atlanta pada 3 Januari pagi hari,” demikian bunyi pernyataan TSA.

Maskapai Delta Airlines yang ditumpangi penumpang berpistol itu menyatakan telah melaporkan insiden ini. “Setelah pengungkapan situasi penumpang ini, pihak maskapai melaporkan insiden ini kepada TSA,” sebut Delta Airlines dalam pernyataan kepada CNN.
Pelanggaran keamanan di bandara AS ini terjadi dua pekan setelah pemerintahan federal AS tutup sebagian. Selama penutupan berlangsung, agen-agen TSA tetap diwajibkan bekerja namun tidak akan menerima gaji. Dalam laporan CNN pada 4 Januari, atau sehari usai insiden di Atlanta itu, diketahui ratusan agen TSA dari sedikitnya empat bandara besar di AS tidak masuk kerja dengan alasan sakit.

Namun, pihak TSA membantah keras bahwa penutupan pemerintahan federal AS berkontribusi dalam insiden pelanggaran keamanan di Atlanta. Ditegaskan TSA bahwa jumlah staf yang bekerja tetap normal pada hari kejadian.

“Persepsi bahwa insiden ini mungkin terjadi sebagai akibat dari penutupan pemerintahan sebagian adalah salah,” tegas TSA dalam pernyataannya.

“Angka absen tak terjadwal staf TSA secara nasional pada Kamis, 3 Januari 2019, mencapai 4,8 persen jika dibandingkan 6,3 persen tahun lalu pada Kamis, 4 Januari 2018. Jadi faktanya, angka nasional lebih tinggi setahun lalu dibandingkan tahun ini pada tanggal tersebut,” imbuh pernyataan itu.

Penyebab lolosnya penumpang berpistol dalam pemeriksaan keamanan itu belum diketahui pasti. Namun TSA menegaskan pihaknya ‘akan menindak tegas dengan semestinya setiap pihak yang bertanggung jawab’.

Diketahui bahwa petugas pemeriksa TSA berjuang keras melaksanakan tugasnya dalam mendeteksi senjata selama penutupan pemerintahan berlangsung. Tahun 2015 lalu, pelaksana tugas untuk Administrator TSA dimutasi setelah laporan menunjukkan petugas pemeriksa di bandara gagal mendeteksi peledak dan senjata dalam nyaris setiap tes yang dilakukan oleh tim penyamar di puluhan bandara AS.

Sekitar 51 ribu agen TSA masuk dalam 800 ribu pegawai pemerintah AS yang bekerja tanpa gaji atau dirumahkan sementara akibat penutupan (shutdown) pemerintahan. Serikat Menara Kendali Udara, Serikat Pemeriksa Keselamatan Penerbangan dan kelompok-kelompok lainnya serta para pakar perjalanan udara telah merilis pernyataan yang isinya mengecam berbagai konsekuensi yang dipicu penutupan pemerintahan.

Namun TSA dan pakar penerbangan menegaskan operasional penerbangan masih aman. “Standar keamanan TIDAK akan dan TIDAK akan pernah dikompromikan,” tegas Asisten Administrator TSA untuk Urusan Publik, Michael Bilello.

(nvc/ita)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>