Ribuan Tabloid ‘Indonesia Barokah’ Beredar di Masjid Tasik dan Ciamis

Tasikmalaya – Bawaslu menemukan ribuan eksemplar tabloid politik ‘Indonesia Barokah’ di sejumlah masjid di Ciamis dan Tasikmalaya. Tabloid itu berisi tulisan yang diduga menyudutkan salahsatu pasangan capres.

Di Tasikmalaya, Bawaslu menemukan 3.482 eksemplar tabloid di 27 kecamatan. Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Dodi Djuanda menuturkan, pihaknya menerima laporan dari Panwascam terkait maraknya pengiriman tabloid Indonesia Berkah yang dikirim ke masjid dan pondok pesantren.

“Hasil inventarisir kita ada 3.482 eksemplar yang beredar di Kabupaten Tasikmalaya. Kita melihat masyarakat khawatir karena tidak memesan tabloid itu,” kata Dodi yang ditemui di kantornya, Senin (21/1/19) siang.

Hasil investigasi itu, kata Dodi, langsung dilaporkan ke Bawaslu Provinsi Jawa Barat untuk ditindak lanjuti. Dengan adanya tabloid itu, Dodi mengimbau masyarakat untuk pintar, jeli dan bijaksana menyikapi konten tabloid itu.

“Kita hanya bisa mengimbau kepada masyarakar untuk jeli dan bijaksana menyikapi setiap berita yang beredar saat ini,” kata Dodi.

Sepintas, detikcom membaca judul dalam tabloid menguntungkan salah satu pasangan calon serta merugikan calon lain.

“Kita tidak berwenang memeriksa isi dari berita itu. Namun, keberadaan tabloid ini menjadi pusat perhatian bawaslu jawa barat” pungkas dodi.

Sementara itu di Ciamis, jumlahnya tidak sebanyak Tasikmalaya. Bawaslu 210 eksemplar di masjid yang berada di 12 kecamatan. Tabloid tersebut tidak disita tapi disimpan oleh pihak DKM Masjid.

“Benar ada, kami temukan tabloid Indonesia Barokah tersebut, saat ini kami sedang data penyebarannya karena berdasarkan instruksi dari Bawaslu Provinsi Jawa Barat hanya sebatas mendata yang dilakukan oleh Panwas Kecamatan,” ujar Ketua Bawaslu Ciamis Uce Kurniawan saat ditemui di Kantornya Selasa (22/1/2019).

Komisioner Bawaslu Ciamis Divisi Pencegahan dan Hubungan antar Lembanga Syamsul Maarif berdasarkan informasi yang diperoleh tabloid itu dikirim ke DKM masjid-masjid melalui jasa kantor POS.

Sebarannya meliputi Pamarican, Cidolog, Ciamis, Panjalu, Baregbeg, Jatinegara, Cisaga, Panawangan, Sadananya dan Sukadana.

“Ada yang hanya sampai ke kecamatan belum sampai ke masjid-masjid, belum disebar inisiatif dari Kecamatan, khawatir isinya mengandung hoax. Dikirim via pos tapi tidak ada alamat pengirim,” jelas Syamsul.

Syamsul menegaskan, pihaknya saat ini hanya melakukan pendataan sesuai instruksi dari Bawaslu Provinsi. Tidak melakukan penarikan atau penyitaan tabloid tersebut. Saat ini tabloid masih berada di pihak masjid.

“Kami belum mendapat fisiknya, jadi belum tahu isinya seperti apa, alasan pendataan itu menurut informasi itu karena isi berita menyudutkan salah satu pasangan calon, tapi itu baru dugaan,” ungkapnya.

Ia mengimbau bagi yang menemukan tabloid itu agar segera melaporkan ke Bawaslu. “Kemungkinan penyebarannya masih terus dilakukan. Kemarin selama pendataan tiga hari itu berangsur-angsur bertambah,” pungkasnya.
(ern/ern)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tips Desain Brosur Makanan Menarik untuk Bisnis Kulinermu

Liputan6.com, Jakarta Usaha yang terus berkembang dan banyak dilirik hingga saat ini adalah bisnis dibidang kuliner atau makanan. Bisnis makanan ini selalu saja banyak peminatnya baik untuk produsennya maupun konsumennya. Kenapa? Soalnya nih, makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok setiap orang yang dibutuhkan setiap harinya.

Buat Anda yang tertarik ingin memulai bisnis di dunia makanan ini, hal utama yang perlu dipikirkan selain ingin memulai bisnis makanan apa, yang perlu dipikirkan juga adalah bagaimana cara memasarkan bisnis makanan baru ini.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memasarkan produk bisnis yang baru dimulai. Salah satunya adalah dengan membuat brosur makanan. Bagi pebisnis makanan, brosur merupakan salah satu alat yang sangat penting. Brosur digunakan untuk menarik calon konsumen agar mau mencoba produk yang mereka jajakan. Untuk bisa menarik calon pembeli, desain brosur makanan harus dibuat sebaik dan semenarik mungkin. Desain brosur makanan ini perlu didesain tidak saja untuk menarik mereka yang memang sedang mencari produk tersebut, melainkan juga untuk mereka yang sebelumnya tidak ada niat untuk membeli produk makakan tersebut.

Nah, kali ini Liputan6.com, akan memberikan tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat desain brosur makanan bisa menarik minat calon konsumen, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jum’at (18/1/2019).

2 dari 3 halaman

Tips membuat desain brosur makanan

Berikut tips yang bisa Anda gunakan untuk membuat desain brosur makanan agar terlihat lebih keren dan modern:

1. Menggunakan warna merah pada desain brosur makanan

Kenapa warna merah? Soalnya nih, merah merupakan warna yang secara psikologis bisa membangkitkan selera makan. Penggunaan warna merah seperti menjadi wajib digunakan untuk desain brosur makanan Anda.

Misalnya saja, makanan yang Anda jajakan adalah yang diolah dengan cara dipanggang, atau bersentuhan langsung dengan api, ada baiknya warna merah ini digunakan sebagai warna dominan pada desain brosur makanannya.

Untuk semakin memperkuat kesan dan menggugah selera, warna merah ini sebaiknya digunakan sebagai warna “blok”, jangan ditambah unsur gambar lain dengan opacity rendah, sebab “merah”nya jadi kurang memberikan efek. Selain warna merah, anda juga bisa menggunakan kombinasi warna kuning, orange, deep yellow, coklat atau bahkan hijau. Jangan gunakan warna biru sebagai warna dominan karena bisa “membunuh selera”.

2. Menggunakan Foto dengan Kualitas Baik

Hal yang membuat orang tertarik untuk mencoba salah satunya adalah visualisasi dari produk makanan yang ditawarkan di desain brosur makanan. Anda bisa menampilkannya dengan foto atau vektor, namun lebih direkomendasikan berbentuk foto.

Dalam tampilannya, Anda juga harus menampilkan keseluruhan gambar. Dalam desain, Anda bisa meng-cropping pada bagian tertentu yang menimbulkan sensasi lebih besar. Menampilkan keseluruhan gambar kadang bisa menimbulkan kesan kaku. Apalagi jika foto yang digunakan tidak profesional. Ini juga bisa jadi tips bagi anda yang resources foto-nya kurang bagus. Potonglah pada bagian yang “bisa berbicara”.

3 dari 3 halaman

Jenis font yang bisa digunakan

3. Menggunakan Jenis Font San Serif pada Desain Brosur Makanan

Font tipe Sans Serif (tidak berkaki) ini lebih direkomendasikan, karena lebih sesuai dengan karakter makanan. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan tipe font yang bisa menimbulkan perasaan santai dan rileks.

Hal ini agar desain brosur makanan Anda bisa membangun persepsi kenikmatan, memberikan nilai-nilai lebih dari sekedar mengkonsumsi sebuah produk makanan.

4. Menonjolkan Produk Unggulan

Kalau desain brosur makanan Anda harus menampilkan lebih dari satu produk, maka akan sangat baik jika memfokuskan pada 1 atau 2 produk saja. Penonjolan bisa dalam bentuk membuat foto produk unggulan itu lebih besar secara ukuran daripada yang lain. Jangan sampai kita ingin menjual semuanya, tetapi justru tak ada satu pun yang dibeli konsumen.

Ingat, konsumen memiliki keterbatasan dalam perhatian, dan Anda sebagai konsumen harus bisa membuat mereka tertarik, untuk melihat, membaca, mempelajari dan akhirnya tentu saja mencoba.

5. Gunakan Nuansa Asimetris

Jangan membuat desain brosur makanan Anda secara kaku. Misalnya, semua gambar sama besar, penempatan antar gambar sama persis, dan lain sebagainya. Anda harus berani bereksperiman dalam desain brosur makanan ini agar hasilnya tidak saja elegan, namun juga modern.

Ingat, konsumen harus punya cukup alasan untuk membuat mereka mengeluarkan koceknya membeli produk Anda. Jika desain brosur makanan Anda saja sudah membuatnya bosan, bagaimana mereka mau membeli.

Nah, mungkin banyak sebagian orang pernah ‘protes’. Protes saat mereka mencoba makanan yang ternyata “tidak se-enak” seperti yang diperlihatkan di brosur. Ini mungkin kesalahan, namun bukan kesalahan dari desain brosur makanan itu sendiri. Sebab memang tugas sebuah desain brosur makanan untuk menarik minat calon pembeli.

Tugas para pemilik bisnis adalah harus benar-benar memastikan bahwa memang produknya sesuai dengan apa yang diiklankan di brosur tersebut. Jadi, harus seimbang antara brosur yang diiklankan dengan produk aslinya.

Reporter: Nisa Mutia sari

Fungsi RAM pada HP dan Keuntungannya, Gunakanlah Secara Maksimal

Liputan6.com, Jakarta Saat ini kamu berada pada era globalisasi, di mana pertumbuhan teknologi dan jaringan bertumbuh sangat pesat. Dan kamu mungkin salah satu yang tak lepas dari pertumbuhan teknologi terutama gadget ataupun smartphone.

Karena mnegikuti pertumbuhan yang sangat cepat, tentu saja membuat berbagai produsen pembuat smartphone berlomba-lomba untuk memperoleh konsumen dengan fasilitas dan kualitas yang ditawarkan. Beragam smartphone canggih pun mulai ditawarkan, dari kualitas kamera yang mumpuni bagi penggemar selfie, prosesor yang super cepat hingga kapasitas Random Access Memory atau RAM. Bahkan ada ponsel yang memiliki ukuran RAM menyaingi RAM pada laptop.

Dengan kapsitas RAM yang besar itu, sebenarnya untuk apa? Kenapa ponsel harus membutuhkan RAM yang cukup besar? Dan apa fungsi RAM pada Hp sebenarnya? Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (22/1/2019), berikut penjelasan tentang RAM.

2 dari 4 halaman

Definisi RAM

Random Access Memory atau memori akses acak atau lebih dikenal dengan RAM ini merupakan sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori.

RAM biasa digunakan untuk penyimpanan primer atau sebagai memori utama dalam komputer. Meskipun digunakan sebagai penyimpanan primer, akan tetapi ada beberapa jenis RAM yang digunakan sebagai penyimpanan sekunder jangka panjang.

RAM memiliki dua tipe yang cukup dikenal, yitu RAM Statis (SRAM) dan juga RAM Dinamis (DRAM). Pada SRAM, tipe RAM ini lebih mahal untuk diproduksi, akan tetapi lebih cepat dan membutuhka lebih sedikit daya daripada DRAM. DRAM sendiri menyimpan sedikit data menggunakan transistor dan kapasitor.

3 dari 4 halaman

Fungsi RAM

Dalam penggunaannya, tidak semua gadget membutuhkan RAM dengan kapasitas besar. Kebutuhan RAM tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu sebagai pengguna. Fungsi RAM juga sangat penting pada hp ataupun komputer.

Fungsi RAM tak dapat dipisahkan dengan informasi-informasi yang terdapat pada hp dan komputermu. Dan berikut ini beberapa fungsi RAM yang perlu kamu ketahui sebagai pengguna yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Senin (21/1/2019) ini.

1. Membantu penggunaan Multitasking

Fungsi RAM yang pertama ialah untuk membantu dan mendukung penggunaan multitasking dalam sebuah gadget ataupun komputer. Penggunaan multitasking yang dimaksud dalam fungsi RAM pertama ini ialah dapat mengerjakan ataupun membuka lebih dari 1 aplikasi dalam satu waktu.

Dan semakin besar RAM yang tersedia, maka semakin lancer pula suatu komputer atau hp untuk memproses penggunaan multitasking ini. Dan semakin karena banyak yang kamu kerjakan pada hpmu, maka kemungkinan hp akan freeze atau hang semakin menipis.

2. Membantu menyimpan memory sementara

Fungsi RAM lainnya ialah sebagai penyimpanan memory sementara. Fungsi RAM ini mampu menyimpan sementara memory dalam sebuah aplikasi ataupun program yang kamu miliki.

Saat program ini berjalan, maka informasi ini akan disimpan dalam RAM. Dan dalam membantu menyimpan informasi pada RAM, dibantu dengan adanya CPU untuk memproses sebuah informasi sebelum diteruskan dan disimpan dalam RAM.

3. Menentukan spesifikasi

Fungsi RAM yang lain ialah sebagai patokan pada spesifikasi suatu teknologi gadget. Dan tentu saja, kapasitas pada RAM ini perlu kamu perhitungkan saat akan membeli sebuah hp.

Karena apabila smartphone yang kamu gunakan hanya sebagai keperluan harian, maka kamu tak perlu memiliki smartphone dengan kapasitas RAM besar.

Namun apabila kamu menyukai game pada smartphone, maka kemungkinan kamu harus membeli sebuah smartphone dengan kapasitas besar. Karena hal ini berpengaruh pula pada kualitas game yang akan kamu peroleh.

4. Memiliki fungsi vital dalam gaming dan design

Sebuah game pada hp ataupun komputer tentunya membutuhkan RAM yang besar untuk penyimpanan serta pengoperasiannya. Apalagi jika kamu menyukai sebuah permainnan dengan design 3D. Tentunya kamu membutuhkan RAM dengan kapasitas besar.

Karena dengan memilikis sebuah smartphone game dengan RAM besar, maka kamu akan merasakan perbedaannya saat bermain menggunakan kapsitas RAM yang sedang bahkan kecil. Hal ini pun berpengaruh pada desain permainan yang ditampilkan dilayar.

Mempercepat kinerja proses informasiBukan lagi rahasia umum bila RAM mampu mempercepat kinerja pada gadget yang kamu miliki. Semakin besar kapasitas yang kamu miliki, maka semakin cepat pula proses kinerja yang didapatkan. Dan kecepatan pada sistem operasi juuga ditentukan dengan besaran kapasitas RAM yang dimiliki.

4 dari 4 halaman

Perbedaan RAM dan ROM

Meskipun terlihat sama, namun ada perbedaan antara RAM dan ROM pada sebuah gadget. Dan berikut perbedaan antara RAM dan ROM yang perlu kamu ketahui:

Beda Fungsi

RAM dan juga ROM termasuk dalam memuri internal pada hp, namun ternyata kedua hal ini memiliki perbedaan pada fungsinya. RAM berfungsi sebagai menjalankan aplikasi, membaca serta menulis dengan cepat.

Sedangan ROM berfungsi sebagai menyimpan program saat kamu mengunduhnya tanpa bisa membaca san mengoprasikannya.

Beda Tugas RAM dan ROM

Selain memiliki fungsi yang berbeda, keduanya juga memiliki tugas yang berbeda. RAM sendiri memiliki tugas, yaitu mempu menyimpan sebuah data secara acak dan masih bisa kamu akses kapanpun kamu mau.

Sedangkan ROM berupa penyimpanan data internal yang tidak mudah untuk dioperasikan ataupun diubah. ROM juga tidak bisa bertugas untuk menjalankan sebuah aplikasi tersebut.


Reporter: Novita Ayuningtyas

Ma’ruf Amin: Punya Anak, Masuk Pesantren Supaya Jadi Ulama

Liputan6.com, Ponorogo – Calon wakil presiden nomor urut 01, Ma’ruf Amin mendorong anak Indonesia untuk menimba ilmu di pesantren. Ma’ruf berpendapat dengan semakin banyaknya anak masuk pesantren, maka akan menciptakan banyak ulama.

“Kalau kita punya anak tiga satu ke pesantren. Apalagi (kalau punya anak) 5, jangan lupa satu ke pesantren. Saya serukan ada yang dikirim ke pesantren, itu anak yang pintar supaya menjadi ulama, tugasnya membawa, mendidik umat, dan juga mengawal bangsa dan negara,” kata Ma’ruf di Podok Pesantren Gontor, Ponorogo, Jawa Timur, Selasa (22/1/2019).

Sementara Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, KH Hasan Abdullah Sahal menambahkan dengan menjadi santri, anak-anak dapat lebih fasih membaca Al Quran. Menurutnya, dalam Islam hukum seorang muslim bisa mengaji adalah wajib.

“Kalau saya semangat sekali jangan sampai punya anak atau menantu tidak bisa ngaji. Fardhu ain (wajib) untuk anak harus bisa ngaji, karena akan mendoakan kita yang tua – tua,” kata KH Hasan menambahkan.

Dalam kesempatan ini, Ma’ruf juga menyinggung soal Rancangan Undang-undang (RUU) Pesantren. Ia pun berjanji akan merealisasikan RUU itu menjadi Undang-undang.

“Dengan akan disahkannya Undang-undang Pesantren akan semakin memperkuat lembaga pondok pesantren,” tutup Ma’ruf.

2 dari 2 halaman

Keliling Pesantren di Jatim

Sebelumnya, kegiatan Ma’ruf di Trenggalek adalah bagian dari usaha mempererat basis Nahdlatul Ulama (NU) di Jawa Timur. Usai Trenggalek, kiai kerap dipanggil Abah ini bertolak ke Ponorogo, untuk bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Darussalam Gontor, Pondok Pesantren Mayak, serta berziarah ke makam KH Hasan Bestari.

Pada sore dan malam harinya, Ma’ruf dijadwalkan menyambangi Nganjuk untuk menghadiri acara UMKM, BMT Nganjuk dan Kopi Abah sebelum ke Surabaya untuk beristirahat.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Fungsi Bahasa Indonesia Sebagai Pemersatu dan Sejarahnya

Liputan6.com, Jakarta Pernah terbayang tidak dalam benakmu, bagaimana jadinya bila kamu hidup tanpa adanya bahasa? Kira-kira akan seperti apa ya?  Mungkin kamu tidak mampu berinteraksi dengan temanmu, tidak mampu membaca tulisan ini, tidak mampu menyampaikan pendapat, gagasan harapan karena tidak ada media untuk menyampaikannya. 

Manusia sebagai makhluk sosial tentu memerlukan sebuah media atau alat yang dapat menjadi perantara komunikasi antara satu dengan yang lainnya. Dalam kehidupan salah satu cara untuk berkomunikasi ialah melalui bahasa. Sekalipun terdapat perbedaan jenis bahasa antar negara satu dan yang lainnya, namun bahasa tetap menjadi pilihan yang tepat untuk berkomunikasi.

Menurut Santoso, fungsi bahasa ialah:

a) Informatif, menyampaikan informasi timbal-balik antar anggota keluarga aataupun anggota-anggota masyarakat,

b) Ekspresi diri, menyalurkan perasaan, sikap, gagasan, emosi, atau tekanan perasaan pembaca, c) Adaptasi dan Integrasi, menyesuaikan dan membaur diri dengan masyarakat,

d) Kontrol Sosial, mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain.

Jika dilihat dari jumlah bahasa, bahasa daerah di Indonesia merupakan kedua terbanyak di dunia setelah Papua Nugini. Berdasarkan hasil penelitian Badan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, jumlah bahasa daerah di Indonesia ada 652 bahasa pada tahun 2018. Waaaw banyak sekali bukan?

Oleh karena itu adanya bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu, bahasa Indonesia dapat mempersatukan suku bangsa yang berlatar budaya dan bahasa yang berbeda-beda.  Nah, selain sebagai alat pemersatu, sebenarnya apa saja sih fungsi bahasa Indonesia?

Alangkah baiknya, sebelum mengetahui  fungsi bahasa Indonesia, mengetahui sejarah bahasa Indonesia terlebih dahulu.

2 dari 3 halaman

Sejarah Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia lahir pada tanggal 28 Oktober 1928. pada saat itu, para pemuda dari berbagai pelosok Nusantara berkumpul dalam Kerapatan Pemuda dan berikrar (1) bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia, (2) berbangsa yang satu, bangsa Indonesia, dan (3) menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Ikrar para pemuda ini dikenal dengan nama Sumpah Pemuda.

Bahasa Indonesia dinyatakan kedudukannya sebagai bahasa negara pada tanggal 18 Agustus 1945 karena pada saat itu Undang-Undang Dasar 1945 disahkan sebagai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Dalam Undang-Undang Dasar 1945 disebutkan bahwa  Bahasa negara ialah bahasa Indonesia (Bab XV, Pasal 36).

Bahasa Indonesia adalah bentuk standar bahasa Melayu yang dijadikan sebagai bahasa resmi Republik Indonesia. Dalam perkembanganya, bahasa Melayu dipakai di mana-mana di wilayah Nusantara serta makin berkembang dan bertambah kukuh keberadaannya. Bahasa Melayu yang dipakai di daerah di wilayah Nusantara dalam pertumbuhannya dipengaruhi oleh corak budaya daerah.

Bahasa Melayu menyerap kosakata dari berbagai bahasa, terutama dari bahasa Sanskerta, bahasa Persia, bahasa Arab, dan bahasa-bahasa Eropa. Bahasa Melayu pun dalam perkembangannya muncul dalam berbagai variasi dan dialek.

Perkembangan bahasa Melayu di wilayah Nusantara mempengaruhi dan mendorong tumbuhnya rasa persaudaraan dan persatuan bangsa Indonesia. Komunikasi antarperkumpulan yang bangkit pada masa itu menggunakan bahasa Melayu.

Para pemuda Indonesia yang tergabung dalam perkumpulan pergerakan secara sadar mengangkat bahasa Melayu menjadi bahasa Indonesia, yang menjadi bahasa persatuan untuk seluruh bangsa Indonesia (Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928).

Namun, proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 1945, telah mengukuhkan kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia secara konstitusional sebagai bahasa negara. Kini bahasa Indonesia dipakai oleh berbagai lapisan masyarakat Indonesia, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Setelah mengetahu sejarah bahasa Indonesia, penting untuk kamu, sebagai warga negara Indonesia untuk mengetahui fungsi bahasa Indonesia. Dengan mengetahui fungsi bahasa Indonesia, kamu jadi mengerti bahwa bahasa Indonesia memiliki kedudukan yang berarti.

Berikut Liputan6.com rangkum fungsi bahasa Indonesia dari berbagai sumber, Senin (21/1/2019). Simak terus artikel fungsi bahasa Indonesia di bawah ini yaa

3 dari 3 halaman

Fungsi Bahasa Indonesia dalam Berbagai Kedudukannya

Posisi Bahasa Indonesia diidentifikasikan menjadi bahasa persatuan, bahasa nasional, bahasa negara, dan bahasa standar. Keempat posisi bahasa Indonesia itu mempunyai fungsi masing-masing seperti berikut:

1. Fungsi Bahasa PersatuanBahasa sebagai pemersatu suku bangsa, yaitu pemersatu suku, agama, rasa dan antar golongan (SARA) bagi suku bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Fungsi pemersatu ini (heterogenitas/kebhinekaan) sudah dicanangkan dalam Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

2. Fungsi Bahasa NasionalBahasa sebagai  jati diri Bangsa Indonesia bila berkomunikasi pada dunia luar, sebagai ciri khas dari bangsa Indonesia.

3. Fungsi Bahasa Negara adalah bahasa yang digunakan dalam administrasi negara untuk berbagai aktivitas seperti bahasa sebagai administrasi kenegaraan atau sebagai pengantar resmi belajar di sekolah dan perguruan tinggi, bahasa sebagai bahasa resmi berkebudayaan dan ilmu teknologi.

4. Fungsi bahasa baku (bahasa standar) merupakan bahasa yang digunakan dalam pertemuan sangat resmi, seperti penanda acuan ilmiah dan penuisan tulisan ilmiah, penambah kewibawaan sebagai pejabat dan intelektual,

Keempat posisi dan fungsi tersebut merupakan kekuatan bangsa Indonesia dan merupakan jati diri Bangsa Indonesia. Dengan keempat posisi itu, bahasa Indonesia sangat dikenal di mata dunia, khususnya tingkat regional ASEAN. Dengan mengedepankan posisi dan fungsi bahasa Indonesia memperkuat  bahasa Indonesia dikembangkan ke berbagai ilmu, teknologi, bidang, dan budaya sekarang dan nanti.

Nah uraian diatas adalah fungsi bahasa Indonesia yang dapat kamu tahu. Semoga artikel ini bermanfaat ya. 


Reporter: Tyas Titi Kinapti

Yuk, Cari Tahu Peruntungan Anda di Fortune Street Resorts World Sentosa Singapore!

Liputan6.com, Jakarta Beberapa minggu lagi kita akan merayakan Tahun Baru Imlek. Tahun ini merupakan siklus Jihai atau Babi tanah dalam shio China.

Dilansir dari liputan6.com (17/1/2019), tahun babi identik dengan travelling. Shio ini pun menyarankan setiap orang untuk menyeimbangkan diri antara karier dan hiburan. Sementara itu, unsur tanah sendiri memiliki makna positif. Tanah menyerap air dan menyediakan lingkungan subur, artinya tersedia peluang baru dalam hal keuangan, romansa, dan karier.

Namun, apakah shio Anda akan benar-benar mengalami nasib baik pada tahun Babi Tanah ini? Biar tak penasaran, coba ramal peruntungan Anda dengan para ahli yuk.

Anda bisa diramal oleh para ahli sekaligus berlibur di Resorts World Sentosa (RWS) Singapura. Pada tahun baru imlek ini, RWS akan menyatukan berbagai rangkaian acara meriah yang diatur untuk membangkitkan minat dan menggairahkan tamu dari seluruh negara. Salah satunya, mereka akan mengadakan Fortune Street pada 5 – 17 Februari 2019.

Fortune Street edisi tahun ini akan memberi informasi secara lebih mendalam, interaktif, dan bersifat mencerahkan. Tak tanggung-tanggung, 16 peramal akan hadir dalam 11 aliran ramalan favorit. Anda dapat membuat janji tatap muka dengan para peramal ini untuk berkonsultasi dan mendapat nasihat.

Jika Anda penasaran dan ingin mengintip peruntungan pada 2019, sekilas beberapa aliran ramalan yang dapat membaca keberuntungan Anda.

1. Aura Chakra

Dengan Aura Chakra, pelajari tentang energi ‘gaib’ yang menguasai diri Anda dan bagaimana Anda dapat memanfaatkan energi itu untuk memperoleh hidup yang sejahtera. Di sana Anda akan berkonsultasi dengan Selina Seah, seorang ahli terkemuka di bidang alkimia.

2. Face Reading

Para peramal di sekolah ini, yaitu Master Welles Tan, Master William Chong, dan Master Quek Ser Ming, akan menggunakan teknik pembacaan wajah kuno. Mereka akan menganalisis mulai dari bentuk hidung hingga letak tahi lalat untuk mengungkap kepribadian, takdir, dan peruntungan Anda.

3. Feng Shui

Melalui Feng Shui Anda dapat mempelajari tentang alur chi di dalam hidup Anda sebagai bekal untuk membangun rumah yang harmonis serta memiliki semangat dan keberuntungan tak terbatas. Anda bisa berkonsultasi tentang Feng Shui dengan Master Wesley Lim.

4. Palmistry

Ini salah satu bentuk ramalan paling klasik. Peramal Master Khor akan membaca garis tangan Anda untuk mengungkap kesehatan, asmara, dan kepintaran Anda.

5. Numerology Analysis

Kepribadian serta kelebihan dan kelemahan diri Anda juga dapat dianalisis melalui tanggal lahir dan nama, lho. Metode analisa ini juga bisa meramal perubahan besar yang akan terjadi dalam hidup Anda. Ahli Numerology Analysis yang dapat Anda temui di Fortune Streets ialah Master Chups Tam dan Master Hazel Tan.

Selain yang di atas, Anda dapat mencoba aliran ramalan lainnya di Fortune Street, seperti Ba Zi, Crystal Chakra Divination, Oracle Card, dan banyak lagi.

Setelah selesai diramal, pengunjung dapat bersantai di Fortune Street Bar dengan barisan minuman pemuas dahaga dan pertunjukan dari artis lokal. Para tamu juga dapat membeli berbagai barang feng shui komplementer untuk meningkatkan keberuntungan mereka di tahun baru.

Kunjungan ke Fortune Street dihargai SGD 38 (SGD 28 untuk anggota RWS Invites). Pembayaran ini mencakup satu kali membaca keberuntungan, pendaftaran gratis untuk Keanggotaan RWS Invites (bagi non – anggota), dan kesempatan untuk berpartisipasi dalam Gre8t Fortune Draws.

Limpahan keberuntungan yang menanti dimenangkan (3 Januari – 17 Februari)

Bagi anggota RWS Invites, perayaan Imlek tambah meriah lagi dengan kesempatan untuk memenangkan hadiah bernilai lebih dari SGD 88.888 di Gre8t Fortune Draws. Beragam hadiah menarik mulai dari menginap tiga hari dua malam di Hotel mewah Ocean Suites, Treetop Lofts™, dan Beach Villas™ di RWS, Set Perhiasan Berlian Goldheart, Kursi Pijat OGAWA M-SUITE™ Master Drive®, hingga Voucher Bersantap.

Apabila Anda belum menjadi anggota RWS Invites, daftarkan diri hanya dengan SGD 8 sebelum 17 Februari 2019 dan dapatkan bonus kesempatan untuk menang secara cuma-cuma. Sebagai anggota RWS Invites, Anda juga dapat menikmati berbagai keuntungan dan keistimewaan, seperti preview eksklusif, rebate sepanjang tahun di lebih dari 100 outlet, dan Welcome Voucher senilai lebih dari SGD 350!

Jadi, tunggu apa lagi? Daftarkan diri menjadi anggota sekarang juga!

Kunjungi https://bit.ly/2CzQIEl untuk info lanjut mengenai Fortune Street, Gre8t Fortune Draws, dan acara menarik lainnya.



(Adv)

5 Jurus Bangkitkan Semangat Kerja, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta Sebagai seorang pegawai di suatu perusahaan tentunya akan memiliki pekerjaan yang sangat monoton setiap harinya. Hal ini terkadang akan membuat Anda merasa cepat bosan dan tidak bersemangat, bukan?

Meskipun hal ini wajar, namun jangan biarkan Anda untuk larut dalam keadaan seperti ini. Berikut berdasarkan lifestyle.abs, ada 5 hal yang dapat membantu untuk membangkitkan semangat kerja Anda:

1. Kelilingi diri Anda dengan rekan kerja yang memiliki semangat tinggi

Bertemannya dengan rekan kerja yang bisa memberi pengaruh baik bagi Anda. Jika Anda memiliki rekan kerja yang baik, memiliki semangat kerja yang tinggi setiap hari, maka semangat yang mereka miliki setidaknya akan tertular kepada Anda.

2. Cobalah untuk mengerjakannya secara satu per satu

Saat ini multitasking memang menjadi salah satu syarat yang diajukan oleh pihak perusahaan bagi para pegawainya.

Namun, di saat semangat kita sedang turun, cobalah untuk mengerjakan tugas-tugas Anda secara perlahan dan satu per-satu.

Hal ini dapat mengistirahatkan otak Anda dari kepenatan akibat tumpukan tugas yang Anda kerjakan secara bersamaan.

3. Buat segalanya menjadi lebih mudah

Jika Anda merasa naik bis atau angkutan umum untuk pergi ke tempat kerja terasa menyulitkan, dan membuat Anda terasa begitu lelah, maka cobalah menggunakan kendaraan umum yang akan mempermudahkan Anda.

Cobalah untuk menggunakan ojek online atau bahkan taksi. Selain mempermudahkan Anda hal ini juga dapat membuat Anda merasa lebih nyaman.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Selain itu, jika Anda merasa pekerjaan Anda akhir-akhir ini begitu menyulitkan maka Anda dapat meminta pasangan, teman atau sahabat, bahkan keluarga Anda untuk menyemangati Anda.

Jika hal tersebut belum berhasil, hal lain yang harus Anda lakukan adalah memberi keyakinan pada diri Anda bahwa semuanya akan mudah untuk Anda lalui.

4. Rehatlah sebentar

Jika Anda masih merasa semangat Anda belum sepenuhya kembali, maka lakukanlah istirahat sejenak seperti menonton Youtube, membaca buku, atau menonton sebuah film kesukaan Anda.

Beristirahat sejenak tidak membuat tugas-tugas Anda menumpuk, bahkan hal tersebut dapat menyegarkan kembali pikiran Anda dan memberi semangat baru untuk menyelesaikan semua pekerjaan Anda.

5. Apresiasi setiap hasil kerja Anda

Jangan tunggu gajian atau bahkan akhir pekan untuk mengapresiasi hasil kerja Anda, hal tersebut pastinya akan membuat Anda tidak bersemangat.

Terkadang Anda harus merayakan dengan sederhana pencapaian yang telah didapatkan, karena hal ini akan membuat Anda lebih bersemangat lagi untuk melanjutkan segala tugas-tugas mendatang.

Mungkin mengembalikan semangat kerja Anda akan terasa begitu sulit. Namun satu hal yang terpenting adalah Anda harus yakin jika itu akan terjadi maka semangat Anda akan kembali pulih lagi nantinya.

Hasil Liga Inggris: Harry Kane Absen, Harry Winks Menangkan Tottenham

Jakarta – Tanpa Harry Kane yang cedera, Tottenham Hotspur memang kepayahan. Tapi setidaknya ada Harry yang lain, Harry Winks, yang memenangkan mereka di markas Fulham.

Tottenham bertandang ke Craven Cottage, Minggu (20/1/2019) malam WIB pada laga pekan ke-23 Premier League. Ini jadi ujian pertama untuk Tottenham sejak Kane absen karena cedera pergelangan kaki.

Pertandingan berjalan seru dengan kedua tim banyak saling menciptakan momen berbahaya. Tottenham memang menguasai bola sampai 73%, tapi tembakan mereka lima berbanding empat milik tuan rumah.

Tanda-tanda untuk Tottenham sudah tak positif ketika Fulham mencetak gol di menit ke-17. Fernando Llorente, satu-satunya penyerang tersisa, malah membuat gol ke gawang sendiri ketika gagal mengantisipasi sepak pojok dengan sempurna.

Skor ini bertahan sampai turun minum. Setelah itu Tottenham mencoba meningkatkan intensitas serangan dan berhasil mendapatkan gol penyama di menit ke-51.

Umpan silang Christian Eriksen dari kanan disambut sundulan Dele Alli, yang lolos dari pengawalan. Skor 1-1 bertahan hingga memasuki injury time.

Saat laga terlihat akan berkesudahan 1-1, gol tercipta. Di menit ketiga dari empat menit injury time yang dialokasikan, sebuah umpan lambung dari Georges-Kevin Nkoudou di kiri mengarah ke tiang jauh.

Winks sigap membaca arah bola dan menyambutnya, menanduk dengan kepala dari jarak dekat untuk mencetak gol kedua Tottenham. Itu jadi gol penentu The Lilywhites.

Dengan kemenangan ini, Tottenham membuka jarak lebih lebar dengan Chelsea. Menempati posisi tiga dengan 51 poin dari 23 pekan, mereka empat poin dari Chelsea di tempat keempat.

Sementara Fulham belum beranjak dari posisi 19 alias di zona merah, dengan 14 poin.

Susunan pemain:

Fulham: Sergio Rico; Denis Odoi, Maxime Le Marchand, Tim Ream; Cyrus Christie, Calum Chambers, Jean Michael Seri (Cisse 81′), Joe Bryan; Andre Schurrle (Kebano 72′), Aleksandar Mitrovic, Ryan Babel (Sessegnon 55′)

Tottenham: Hugo Lloris; Toby Alderweireld, Davinson Sanchez, Jan Vertonghen; Kieran Trippier, Harry Winks, Christian Eriksen, Danny Rose; Erik Lamela (Eric Dier 79′), Dele Alli (N’Koudou 86′), Fernando Llorente
(raw/raw)


Jangan Sampai Salah, Begini Panduan Beli Bra Secara Online

Liputan6.com, Jakarta – Seperti beberapa barang lain, membeli bra secara online tentu tak bisa sembarangan. Salah-salah, Anda malah tak nyaman atau malah repot tukar barang yang sudah dibeli karena ukuran maupun penampakannya berbeda.

Ketimbang nantinya direpotkan, lebih baik perhatikan sederet hal sebelum membeli bra secara online. Dengan syarat tidak malas membaca deskripsi produk, berikut sederet panduan membeli bra secara online seperti dirangkum Fimela.com.

Perhatikan merek bra

Sebagai langkah aman, Anda bisa memilih bra dari merek-merek langganan. Kualitas bahan dan kenyamanannya tentu sudah teruji, lantaran telah sering dipakai. Tapi, kalau memang ingin sedikit berekperimen pun tak masalah.

Hal ini bisa dilakukan dengan catatan Anda benar-benar membaca deskripsi produk tersebut. Kalau perlu, tanya pada penjual kalau ada penjelasan yang kurang dimengerti. Bisa juga dengan bertanya pada teman, mungkin salah satu dari mereka ada yang sudah memakai bra dari merek tersebut.

Mengetahui ukuran bra yang pas

Poin ini kiranya yang paling sering diperhitungkan secara keliru. Jadi, ada baiknya Anda mengukur lingkar dada untuk mengetahui ukuran bra yang pas. Caranya, ambil meteran baju kemudian ukur lingkar dada, yakni di bawah batas payudara.

Jika ukuran menunjukkan sekitar 80-85 cm, bra yang pas adalah ukuran 32. Kalau lingkar dada Anda sekitar 85-90cm, pakailah bra ukuran 34. Ukuran bra 36 untuk lingkar dada sekitar 91-95cm, lalu 96-100cm pakai ukuran 38.

Perhatikan cup bra

Untuk ukuran cup bra, panduannya adalah pilih yang bisa membantu mengangkat dan menyokong payudara dengan baik dan nyaman. Ada berbagai model yang ditawarkan, yakni half size dan full size. Pilih saja mana yang lebih nyaman dipakai. (Anisha Saktian Putri/Fimela.com)


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Tujuan Pendidikan Nasional untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa, Apakah Sudah Tercapai?

Liputan6.com, Jakarta Pernah terbayang tidak dalam benakmu, bagaimana jadinya bila orang-orang hidup tanpa pendidikan? Kira-kira akan seperti apa ya? Mungkin kamu belum tentu bisa membaca tulisan ini, belum paham bagaimana cara menggunakan smartphone dan lain-lain. Bersyukur lah kamu yang merasakan pendidikan sejak kecil.

Pendidikan memang menjadi bagian yang vital dalam kehidupan. Walaupun faktanya, memang tidak semua orang yang berpendidikan itu sukses dalam perjalanan hidupnya. Akan tetapi, jika dilakukan sebuah perbandingan maka orang yang berpendidikan jauh lebih banyak yang bisa mengecap kesuksesan daripada yang tidak berpendidikan. Oleh karena itu, pendidikan bisa menjadi salah satu jembatan untuk mencapai kesuksesan.

Menurut J.J. Rousseau “Pendidikan merupakan memberikan kita pembekalan yang tidak ada pada masa kanakkanak, akan tetapi kita membutuhkanya pada masa dewasa.”

Menurut H. Fuad Ihsan makna pendidikan sebagai “Usaha manusia untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi-potensi pembawaanbaik jasmani maupun rohani sesuai dengan nilai-nilai yang ada didalam masyarakat dan kebudayaan.”

2 dari 4 halaman

Pentingnya Pendidikan Nasional

Pendidikan Nasional Menurut Undang-undang No.20 Tahun 2003 Pasal 1 ayat 2 adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila danUndang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman.

Di Negara Indonesia, pendidikan nasional dilaksanakaan sejak Sekolah Dasar hingga jenjang Perguruan Tinggi. Salah satu program yang dijalankan oleh pemerintah dalam mendukung program pendidikan nasional ini adalah wajib belajar 12 tahun, yang mana pendidikan dimulai dari jenjang pendidikan dasar sampai pendidikan menengah atas. Hal tersebut dilakukan tak lain agar seluruh generasi penerus bangsa dapat menenerima dan mengikuti pendidikan yang layak, sesuai dengan tujuan penidikan nasional yang ada.

Setelah mengetahui arti pendidikan serta pendidikan nasional di Indonesia, maka penting untuk mengetahui tujuan pendidikan nasional. Dengan mengetahui tujuan pendidikan nasional, kamu bisa mengetahui apakah tujuan dari pendidikan nasional sudah tercapai? Penting bagi semua orang untuk mengetahui tujuan pendidikan nasional, sebagai proses evaluasi untuk sistem pendidikan nasional di Indonesia.

Berikut ini Liputan6.com rangkum secara garis besar tujuan pendidikan nasional dari berbagai sumber, Minggu (20/1/2019).

3 dari 4 halaman

Tujuan Pendidikan Nasional

Tujuan pendidikan nasional menurut Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional RI No. 20 Tahun 2003 adalah sebagai berikut:

Pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Berikut ini uraian 5 tujuan pendidikan nasional yang menjadi acuan utama dalam memajukan pendidikan:

1. Manusia Yang Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Pendidikan nasional harus mengedepankan pendidikan agama, dengan kualitas pendidikan agama yang baik maka hubungan manusia dengan Tuhan-Nya dan sesama manusia juga akan membaik. Jika tujuan ini tercapai maka suatu bangsa akan memiliki calon penerus dengan sumber daya manusia yang baik.

2. Berakhlak Mulia

Tujuan pendidikan yang kedua ini harus diterapkan pada pendidikan pada level terendah sampai tertinggi. dengan adanya akhlak mulia kehidupan dalam berbangsa dan bernegara menjadi lebih baik. Berakhlak mulia sama halnya dengan sikap yang memiliki positif, saling membantu sesama manusia, jujur dan lain sebagainya.

3. Cakap

Tujuan pendidikan ini penting sebagai tolak ukur kualitas sumber daya manusia suatu bangsa. Cakap menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah sanggup dalam melakukan sesuatu. Cakap dalam tulis menulis artinya, kamu mampu untuk segala hal tentang tulis menulis.

4 dari 4 halaman

Membentuk insan yang kreatif, mandiri serta bertangung jawab

4. Kreatif

Sudah tidak dapat dipungkiri, bahwa kreatifitas memang menjadi bagian penting saat ini. Tentunya dengan kreatifitas maka akan ada penemuan atau terobosan-terobosan baru. Dengan adanya kreatifitas diharapkan dapat berkontribusi dalam memberikan solusi untuk berbagai masalah yang ada pada bangsa.

Kreativitas dapat diterapkan dalam lingkungan pendidikan, misalnya dengan pembelajaran yang menarik, diskusi kelompok maupun presentasi.

5. Mandiri

Pada Tujuan Pendidikan ini diharapkan peserta didik mampu melakukan segala sesuatunya tanpa bantuan orang lain, sehingga nantinya jika dalam keadaan terdesak mampu menyelesaikan masalahnya sendiri.

6. Menjadi Warga Negara yang Demokratis serta Bertanggung Jawab

Sebagai bentuk negara yang demokratis, maka tujuan pendidikan nasional ialah menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Artinya terciptanya kehidupan demokratis yang sesuai dengan prinsip dasar demokratis.

Tujuan pendidikan ini dalam bentuk pembelajaran seperti proses diskusi dimana siswa berani mengeluarkan pendapat, menerima pendapat dan lain-lain.

Nah, uraian diatas ialah tujuan pendidikan nasional. Menurut kamu apakah sudah tercapai tujuan pendidikan nasional di Indonesia?


Reporter: Tyas Titi Kinapti