Fitur Canggih Ini Bikin Maling Mobil Kebingungan, Lihat Cara Kerjanya

Liputan6.com, Jakarta – Maling mobil selalu mencari cara untuk melakukan tujuannya. Bahkan mobil yang mengadopsi fitur keyless-entry tak luput dari aksi pencurian.

Meskipun demikian, maling bisa dibuat kebingungan oleh Tesla Model 3 yang disebut anti maling. Sebab, Tesla baru saja membekali Model 3 dengan fitur baru yang membuatnya lebih aman saat parkir.

Dilansir Carscoops, fitur itu bisa ditemukan pada menu Safety & Security, pada central touchscreen di dalam kendaraan. Lalu, pemilik bisa mengaktifkan Pin To Drive, yang mana fitur ini harus memasukkan kode verifikasi terlebih dahulu untuk menyalakannya.

Selain itu juga ada mode manual entry dari Tesla App, yang membutuhkan keycard. Serta, ada Security Alarm baru yang bisa aktif dan berbunyi saat pintu dibuka menggunakan kunci yang salah.

Tesla juga mengenalkan fitur Sentry Mode. Fitur ini akan memonitor sekitaran tempat parkir. Jika sensor mendeteksi kemungkinan ancaman, kamera pada mobil akan merekamnya dan sistem alarm akan diaktifkan.

Dengan sistem yang sangat ketat ini, diharapkan Tesla Model 3 tak menjadi sasaran maling.

Sumber: Otosia.com

2 dari 3 halaman

4 Cara Mudah Mencegah Motor Kemalingan

Meningkatnya minat dan kebutuhan akan sebuah kendaraan, membuat tindak kejahatan berupa pencurian motor sebagai peluang mendapatkan dana dengan mudah.

Faktanya, kasus tindak kejahatan curanmor (pencurian kendaraan bermotor) hingga saat ini semakin meningkat. Umumnya para oknum dan pelaku curanmor dapat dengan mudah melakukan tindak kejahatan dengan terlebih dulu mengawasi gerak gerik korban.



Seperti dilansir Suzuki Indonesia, Selasa (29/01/19), tindak kejahatan pencurian biasanya terjadi dengan cepat dan tepat. Untuk mencegah kasus tersebut, berikut beberapa tips untuk mencegah motor menjadi sasaran para pelaku curanmor.

Kunci Setang

Hal ini sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Terkadang pemilik lupa dan kurang teliti saat memparkirkan kendaraan. Motor yang diparkir dengan kondisi tidak terkunci setang akan sangat mudah menjadi sasaran eksekusi.

Pasang Pengaman Tambahan

Menambahkan alat pengaman lainnya juga dapat mempersulit pencuri untuk membawa motor yang dinginkan. Tambahan pengaman pada motor berupa gembok yang dipasang pada lubang cakram depan.

Pasang Stiker Tanda Pengenal dan Alarm

Stiker tanda pengenal khas mampu membantu pemilik mengenali motor kesayangan. Tak lupa tambahkan sistem alarm anti maling pada motor. Anda bisa memasangnya melalui bengkel resmi.

Pasang Sistem Keyless Ignition System

Sistem keyless ignition system juga bisa membuat motor menjadi lebih aman. Sistem ini akan mendeteksi kunci remote dalam radius 1 m. Jika terdeteksi itu artinya pemilik motor sudah bisa menyalakan mesin.

Ketika kunci remote berada di luar radius, maka secara otomatis mesin motor mati dan akan langsung terkunci. Hal ini akan membuat motor menjadi lebih aman karena lebih sulit untuk dicuri.


3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Tampak Bersih, 10 Benda di Rumah Ini Padahal Harus Rutin Dibersihkan

Liputan6.com, Jakarta Rumah menjadi tempat untuk menghabiskan banyak waktu bersama keluarga atau dengan orang-orang terdekat. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di rumah. Oleh karena itu, banyak orang yang akhirnya memberikan perhatian lebih untuk perawatan rumahnya. Hal ini dilakukan pemilik agar selalu mendapat kenyamanan di rumah mereka sendiri.

Namun terlepas dari usaha kamu untuk membersihkan, ternyata rumah itu tidak selalu benar-benar bersih seperti apa yang kamu inginkan. Hal ini karena ada area-area penting di rumah yang ternyata kamu abaikan saat proses bersih-bersih.

Berikut benda-benda di rumah yang tampak bersih tapi harus rutin dibersihkan seperti Liputan6.com lansir dari Boldsky, Jumat (15/2/2019).

2 dari 6 halaman

Barang-barang Elektronik dan Gagang Pintu

1. Barang-barang Elektronik

Pasti kamu memiliki sejumlah barang elektronik di rumah seperti handphone atau keyboard pada komputer. Nah, contoh dua alat elektronik ini pasti sering kamu pinjamkan atau dipakai dengan anggota keluarga lainnya.

Terlihat sepele, namun ternyata kamu juga perlu membersihkan barang-baramg elektronik yang sering digunakan bergantian ini, lho. Mengapa? Karena hal ini untuk mencegah penyebaran kuman dari satu anggota ke anggota keluarga lainnya. Kamu bisa membersihkannya dengan lap basah disinfektan yang dilakukan setiap seminggu sekali.

2. Gagang Pintu

Benda satu ini hampir disentuh oleh semua anggota keluarga maupun orang lain di rumah. Benda inilah merupakan salah satu sarang kuman dan bisa menyebar. Oleh karena itu, kamu perlu secara rutin untuk membersihkan gagang pintu.

Kamu bisa coba membersihkannya dengan disinfektan setiap tiga atau empat hari. Hal ini berlaku juga pada gagang lainnya seperti gagang lemari es dan lain sebagainya. Membersihkannya secara rutin juga dapat menghindari kamu dari penyebaran kuman di dalam rumah.

3 dari 6 halaman

Remot dan Tempat Cuci Piring

3. Remot

Benda ini juga menjadi langgangan bergilir berpindah dari tangan satu ke tangan yang lain. Menyebabkan benda ini menjadi tempat penyebaran kuman. Oleh karena itu, kamu juga perlu melakukan pembersihan secara rutin setidaknya sebulan sekali.

Caranya, lepas baterai remot terlebih dahulu. Kemudian ambil kain lembut dan semprotkan dengan tetasan larutan pembersih ke seluruh badan remot. Selain itu, bersihkan bagian-bagian lainnya yang terdapat noda. Setelah bersih semua, keringkan dan masukkan kembali baterai remot.

4. Tempat Cuci Piring

Sama halnya dengan alat elektronik lainnya. Tempat mencuci piring juga perlu kamu bersihkan secara rutin. Kamu perlu membersihkan kran terlebih dahulu. Setelah itu kamu bersihkan seluruh bagian tempat cuci piring.

Caranya, taburkan secangkir soda kue ke seluruh bagian tempat mencuci piring, tak terkecuali dengan lubang saluran airnya. Setelah itu, sikat setiap bagiannya dan siram dengan air bersih.

4 dari 6 halaman

Filter Udara dan Spons

5. Filter Udara

Kalau rumah kamu menggunakan filter udara, pastikan kamu juga menggantinya setiap 30 hingga 60 hari. Kalau kamu tidak membersihkan penyaring atau filter udara ini, maka benda itu akan menjadi sarang kuman dan bisa membawa sejumlah penyakit ke dalam keluargamu.

6. Spons

Biasanya, spons digunakan untuk mencuci piring atau mencuci kendaraan. Tak perlu menggantinya dengan yang baru. Untuk menjaga agar benda ini selalu steril, kamu bisa membersihkannya dengan rutin. Kamu bisa membersihkannya dengan air dan dimasukkan ke dalam microwave. Diamkan spons di dalam microwave sekitar dua menit. Hal ini akan membunuh sekitar 99 persen kuman.

5 dari 6 halaman

Eksterior Toilet dan Saklar

7. Eksterior Toilet

Memberihkan bagian dalam toilet memang harus dilakukan secara rutin. Namun jangan lupa juga untuk membersihkan bagian luarnya. Bagian luar toilet dapat menjadi sama kotornya dengan bagian lainnya..

Pastikan kamu juga harus membersihkan dudukan, tutup, dan area luar toilet lainnya. Gunakan pembersih disinfektan untuk membersihkan pegangan flush, karena ini merupakan tempat bersarangnya kuman juga.

8. Saklar

Sama seperti pegangan pintu, saklar juga menjadi pusat untuk dipegang oleh semua anggota keluarga bahkan orang lain. Ini membuat saklar menjadi tempat bersarangnya kuman.

Kamu perlu membersihkannya dengan menggunakan lap dan disinfektan. Pastikan kamu melakukannya setidaknya seminggu sekali.

6 dari 6 halaman

Saluran Wastafel dan Wadah Garam

9. Saluran Wastafel

Tak jarang kamu membuang berbagai sisa makanan ke lubang atau saluran wastafel. Hal ini menyebabkan wastafel menghasilkan kuman dan bau. Untuk menghindarinya, kamu perlu mengeringkan saluran setiap dua minggu sekali.

Caranya, alirkan air dan masukkan potongan es batu. Hal ini akan bantu untuk membersihkan saluran pembuangannya. Atau, kamu juga bisa memasukkan kapur kecil ke dalamnya. Setelah itu berikan beberapa tetes perasan lemon agar kuman menghilang dan agar wastafel tetap segar.

10. Wadah Garam dan Merica

Benda satu ini juga menjadi tempat yang menyimpan banyak kuman penyebab flu dan cenderung berkembang di rumah. Tenang, cukup mudah untuk membersihkan bagian ini.

Pastikan kamu menyeka tutup garam dan merica setiap malam sambil membersihkan meja makan. Perlu juga untuk mengosongkan isinya setiap beberapa bulan sekali dan rendam wadah ke dalam air panas yang dicampurkan dengan beberapa tetes disinfektan dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu dibilas dengan air bersih dan keringkan.

Sejak Pagi Melekat di Museum, Mengenal Seluk-Beluk Cokelat Sejati

Liputan6.com, Yogyakarta – Cokelat nyaris menjadi makanan favorit setiap orang. Rasa manis dan citra cokelat yang identik dengan kebahagiaan, cinta, dan kesenangan juga menjadi daya tarik tersendiri.

Sayangnya, sebagai negara penghasil cokelat terbesar ketiga di dunia, belum banyak orang Indonesia yang memahami seluk beluk cokelat secara detail. Kebanyakan orang hanya suka mengonsumsi cokelat tanpa mengetahui seperti apa cokelat yang sesungguhnya.

“Kebanyakan yang dijual di swalayan atau pasar itu cokelat compound dan itu berbeda dengan cokelat sebenarnya yang berasal dari massa kakao,” ujar Tri Widiantoro, koordinator Museum And Factory Chocolate Monggo Bantul, beberapa waktu lalu.

Museum cokelat yang berdiri sejak Januari 2017 ini memberi edukasi kepada masyarakat mengenai cokelat yang sesungguhnya. Lantas, dari mana cokelat sejati itu muncul?

Museum ini tidak hanya menjelaskan sejarah dan latar belakang cokelat, melainkan juga jenis cokelat dan cara pembuatan serta pengolahan yang tepat.

Cokelat yang paling sehat adalah yang mengandung massa kakao paling tinggi, seperti cokelat hitam. Cokelat susu dan putih memiliki nutrisi lebih rendah, sedangkan cokelat compound sama sekali tidak sehat.

Ia menuturkan sebagian besar orang Indonesia tidak tahu jenis kakao. Persepsi yang salah soal cokelat semakin kuat ketika mereka berpikir cokelat rasanya manis dan cokelat diberi nama cokelat karena warnanya yang coklat.

Menurut Tri, petani kakao di Indonesia memilih untuk mengganti pohon kakao dengan tanaman lain karena sering dianggap tidak menguntungkan. Cokelat yang dihasilkan dari biji kakao kurang berkualitas.

“Padahal itu karena pengolahan biji kakao menjadi cokelat yang tidak tepat,” ucapnya.

2 dari 3 halaman

Salah Persepsi Mengolah Cokelat

Tri bercerita, kebanyakan orang menikmati kakao hanya buahnya saja. Buah dimakan dan bijinya dibuang, padahal biji kakao itulah asal muasal cokelat.

“Kalau pun ada yang mengolah, biasanya hanya dicuci saja bijinya dan berujung pada menghasilkan cokelat berkualitas rendah, karena hanya menjadi bubuk kakao,” tutur Tri.

Ia mengungkapkan, mengolah biji kakao harus melewati proses fermentasi. Caranya, memasukkan biji ke dalam kotak kayu yang bagian pinggirnya berlubang. Setelah itu, biji ditutup dengan daun pisang dan didiamkan selama tujuh hari.

Jika proses fermentasi selesai, maka barulah biji kakao dicuci, dibersihkan dari selaput, dan dikeringkan.

“Fungsi fermentasi, mengurangi rasa pahit, meningkatkan rasa cokelat, dan membersihkan selaput putih di biji kakao,” ucap Tri.

Setelah biji kakao kering, proses selanjutnya adalah roasting. Cangkang biji dipisahkan dan bisa dimanfaatkan untuk pupuk. Isi cangkang disebut nibs yang biasa digunakan untuk cokelat.

Satu biji nibs mengandung 54 persen cocoa butter. Nibs digiling menjadi kakao liquor yang berbentuk cair. Di sinilah letak perbedaan cokelat dengan kopi. Cokelat dapat meleleh karena mengandung minyak (cocoa butter).

Setelah digiling, nibs yang masih cair disimpan di dalam kotak sampai menggumpal dan menjadi kakao massa.

Kakao massa digiling kembali menggunakan stone grinder. Alat dari batu dipilih karena tidak akan mempengaruhi rasa cokelat. Kakao massa yang sudah digiling, dipress kembali menjadi kakao butter.

“Komposisi kakao butter ditambah kakao massa ditambah gula menjadi cokelat yang siap dikonsumsi,” kata Tri.

Ia mengungkapkan cokelat compound bukan cokelat yang sesungguhnya karena menggunakan bahan ampas dari cokelat butter ditambah gula dan minyak kepala sawit. Persentase komposisi tertingginya pun berupa gula.

3 dari 3 halaman

Belajar Mencetak dan Mencicipi Cokelat

Museum And Factory Chocolate Monggo didirikan oleh seorang Belgia bernama Thierry Detournay. Sejak 2005, ia berjualan cokelat yang diberi merek Monggo.

Di atas lahan seluas tiga hektare di Sribitan, Bangunjiwo, Bantul ini museum, pabrik, show room, dan kafe cokelat Monggo berdiri. Untuk mencapai lokasi ini tidak sulit, cukup masuk dari Desa Wisata Kasongan menuju ke barat dan memakan waktu sekitar 10 menit.

Untuk masuk ke museum ini sebenarnya gratis. Pengunjung membayar tiket Rp 10.000 dan mendapatkan voucher belanja di show room dengan nominal yang sama.

Tidak hanya berkunjung ke museum ditemani pemandu, pengunjung juga bisa memilih paket aktivitas. Ada dua paket aktivitas yang ditawarkan, yakni creating experiece dan tasting experience.

Creating experience adalah praktik mencetak cokelat. Paket ini dibanderol harga Rp 200.000 untuk 20 keping cokelat dan maksimal diikuti 10 orang. Apabila lebih dari 10 orang, maka setiap orang dikenakan biaya tambahan Rp 20.000.

Untuk paket tasting experience, per orang harus membayar Rp 50.000. Mereka bisa mencicipi beragam jenis cokelat dari awal sampai proses akhir.

Museum ini buka setiap hari kerja mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB dan akhir pekan mulai pukul 09.00 sampai 19.00 WIB.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Prabowo Salat Jumat di Semarang, TKN-BPN Saling Serang

Jakarta – Ibadah Salat Jumat capres Prabowo Subianto di Masjid Agung Semarang atau Masjid Kauman menjadi perbincangan dua kutub politik di Pilpres 2019. Tim Kampanye Nasional (TKN) dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) saling melempar serangan mengenai topik tersebut.

Saling serang antar timses itu bermula dari isu penolakan dari Takmir Masjid terkait rencana Salat Jumat Prabowo di Masjid Agung Semarang. Alasannya salat Jumat Prabowo itu dinilai mempolitisir ibadah dan memakai masjid untuk kepentingan politik. Politisasi itu dapat dilihat dari upaya menyebar pamflet ke masyarakat agar ikut salat Jumat bersama Prabowo Subianto di masjid tersebut.

Namun hal itu dibantah oleh Ketua Takmir Masjid Agung Semarang, KH Hanief Ismail. Ia mengaku tidak melarang Prabowo, hanya keberatan karena adanya pamflet yang dipasang di sekitar Masjid Kauman.

“Kami hanya merasa keberatan adanya pamflet ajakan salat Jumat bersama Prabowo di Masjid Kauman. Artinya keberatan kami salat dijadikan ajang kampanye atau dipolitisasi,” ujar Hanief saat ditemui di kediamannya di Semarang, Kamis (14/2/2019).

BPN juga sudah menegaskan mereka tidak mencetak pamflet ajakan salat Jumat bareng Prabowo di Masjid Agung Kauman Semarang. BPN mencurigai adanya operasi politik.

“Atas nama BPN, kami jelaskan bahwa yang membuat pamflet ajakan salat Jumat di Masjid Kuman bukanlah pihak kami. Track record kami jelas, sama sekali tidak pernah mempolitisasi aktivitas ibadah seperti memaksakan Pak Prabowo jadi imam salat dan memundurkan posisi sajadah imam agar bisa disorot kamera,” kata anggota Direktorat Advokasi BPN, Habiburokhman, kepada wartawan, Jumat (15/2/2019).

“Sebaliknya, adanya pamflet tersebut membuat kami curiga ada operasi politik yang bertujuan menghalangi Pak Prabowo berinteraksi dengan masyarakat Semarang,” sebut Habiburokhman.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh jubir BPN, Andre Rosiade. Dia menegaskan tidak ada kegiatan perpolitikan di kegiatan salat Jumat Prabowo.

“Saya nggak ingin berprasangka buruk. Ini soal miskomunikasi. Kami nggak ingin perkeruh suasana, karena besok insyaallah Pak Prabowo tetap akan di sana salat Jumat, lalu pihak takmir masjid juga sudah menjelaskan, mereka nggak larang Pak Prabowo, lalu sudah tegas akan menerima Pak Prabowo,” ujar jubir BPN, Andre Rosiade, saat dihubungi, Kamis (14/2/2019).

Andre bahkan menyinggung Presiden Joko Widodo. Menurutnya, Jokowi-lah yang sering memasukkan unsur politis di setiap salat Jumat. Dia juga mengatakan, setiap Jokowi salat, selalu ada saf yang sengaja dikosongkan untuk area fotografer memotret kegiatannya beribadah. Baginya, Prabowo bukan tipikal orang yang seperti itu.

“Sekali lagi, besok agenda Pak Prabowo itu agenda pribadi, hanya datang untuk salat Jumat tanpa memberikan kata sambutan, baik sebelum maupun sesudah salat Jumat. Kedua, Pak Prabowo juga nggak akan meminta tempat duduk khusus dan Pak Prabwoo juga nggak minta saf dimundurkan agar kamerawan bisa mengambil foto Pak Prabowo. Kan kalau Pak Jokowi safnya minta dimundurkan tuh, kami tidak melakukan hal itu. Jadi nggak ada prasangka itu dan kami berhusnuzan saja, karena insyaallah masalahnya sudah selesai,” ucapnya.

Tak berhenti di situ, Andre juga menduga takmir Masjid Agung Semarang KH Hanief Ismail sebagai anggota tim kampanye Jokowi-Ma’ruf Amin. Andre mengatakan dia mengetahui status Hanif itu dari media sosial.

“Dan yang juga ingin teman-teman menilai, ketua takmir masjid, kalau tidak salah, baca di media sosial, beliau anggota pemenangan Jokowi-Ma’ruf,” ucap Andre di Hotel Ibis Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (15/2/2019).

Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf pun menepis pernyataan Andre. TKN menegaskan Jokowi tidak pernah mempolitisasi kegiatan ibadahnya.

“Pak Jokowi tidak pernah mempolitisasi salat atau rumah ibadah. Tidak seperti Prabowo, yang mempolitisasi salat Jumat hari ini, sehingga dilarang Bawaslu dan takmir masjid,” kata juru bicara TKN Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Jumat (15/2/2019).

Politikus Golkar ini menambahkan, saf salat yang dimundurkan justru untuk membuat salat jemaah tetap khusyuk. Menurutnya, hal itu tak melanggar tata tertib salat.

“Saf dimundurkan justru untuk membuat salat jamaah di saf tersebut tetap khusyuk, dan itu tidak melanggar tata tertib salat,” ujar Ace.

Selain itu, tanggapan juga muncul dari Sekjen PSI Raja Juli Antoni (Toni). Toni menghadiri Sidang Tanwir Muhammadiyah yang dibuka Presiden Joko Widodo dan sempat salat Jumat bersama. Dia bersyukur tak ada pamflet pengumuman Jokowi Salat Jumat di Bengkulu.

“Pagi ini saya menghadiri Sidang Tanwir Muhammadiyah yang dibuka secara resmi oleh Bapak Presiden RI, Joko Widodo. Setelah itu saya ikut rombongan Pak Jokowi salat Jumat di Masjid Raya Baitul ‘Izzah Provinsi Bengkulu,” ujar Toni dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (15/2/2019).
(knv/knv)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Hasil Liga Italia: Juventus Hajar Frosinone 3-0

TurinJuventus memetik kemenangan saat berhadapan dengan Frosinone di lanjutan Liga Italia. Bianconeri menang dengan skor akhir 3-0.

Dalam pertandingan di Allianz Stadium, Sabtu (16/2/2019), Juventus sudah unggul pada menit keenam. Paulo Dybala yang menjadi pencetak gol pertamanya.

Umpan Cristiano Ronaldo berasil diselesaikan dengan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti oleh Dybala. Bolanya bersarang di pojok kiri atas gawang Frosinone.

Juve menggandakan keunggulan pada menit ke-16. Leonardo Bonucci yang mencatatkan namanya di papan skor. Gol itu merupakan buah kemelut di muka gawang Frosinone. Dari jarak dekat, Bonucci memasukkan bola.

Juve amat dominan pada babak pertama. Setidaknya ada delapan peluang lain yang tercipta. Frosinone mengancam empat kali, tembakan mereka tak ada yang mencapai sasaran.

Selepas jeda, Juve tak menurunkan tekanan. Sami Khedira gagal memanfaatkan kesempatan emas, umpan Ronaldo dikirim ke pelukan Frosinone, Marco Sportiello.

Ronaldo akhirnya bisa membukukan namanya di papan skor pada menit ke-63. Umpan dari Mario Mandzukic dikonversi menjadi gol.

Tendangan Emre Can pada menit ke-80 dan peluang Federico Bernardeschi dua menit berselang tak ada yang membuahkan gol. Hingga pertandingan selesai tak ada gol tambahan, Juve menang 3-0.

Dengan tambahan tiga angka ini, Juve kukuh di posisi pertama Liga Italia dengan catatan 66 poin dari 24 kali bertanding. Sementara itu, Frosinone ada di peringkat ke-19 dengan catatan 16 poin.

Susunan Pemain

Juventus: Szczesny; De Sciglio, Bonucci, Chiellini (Caceres 70), Cancelo; Khedira (Pjanic 80), Emre Can, Bentancur; Dybala, Mandzukic, Ronaldo (Bernardeschi 63)

Frosinone: Sportiello; Goldaniga, Salamon, Capuano; Zampano (Paganini 83), Chibsah (Gori 78), Viviani, Cassata, Molinaro; Ciano, Ciofani (Pinamonti 57)

(cas/cas)

Siasat KPU Jabar Dongkak Angka Partisipasi Pilpres dan Pileg yang Stagnan

Liputan6.com, Bandung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebutkan angka partisipasi pemilih pemilu presiden dan legislatif di Jawa Barat tidak mengalami peningkatan dikisaran 70 persen. Meski dibandingkan dengan pemilu kepala daerah, jumlah angka partisipasi pemilih mengalami peningkatan 73 persen.

Menurut Ketua KPU Jawa Barat, Rifqi Ali Mubarok, angka partisipasi pemilih yang dibebankan KPU RI ke otoritasnya yaitu 77.5 persen. Untuk itu KPU Jawa Barat akan memaksimalkan medium sosialisasi dan pendidikan bagi pemilih.

“Karena jika ada orang yang sudah tahu tentang pemilu, waktu pemilu tapi ketika mereka sudah tahu tidak ada jaminan datang ke TPS. Kemudian tidak hanya sosialisasi yang bersifat informatif, juga perlu ada pendidikan pemilih untuk menyadarkan bahwa mereka harus menggunakan hak pilih,” kata RIfqi, Bandung, Jumat (15/2/2019).

Rifqi melanjutkan, pendidikan pemilih ini akan melibatkan seluruh peserta pemilu. Alasannya adalah partisipasi pemilih pemilu bukan hanya tanggung jawab dari KPU.

Salah satu cara mendongkrak jumlah partisipasi pemilih yaitu dengan menghadirkan kandidat dari partai politik yang berkualitas. Hal itu untuk menarik perhatian pemilih agar menggunakan hak suaranya pada 17 April 2019 mendatang.

“Pemerintah juga punya tanggung jawab karena ukuran indeks demokrasi itu, salah satunya adalah partisipasi pemilih yang meningkat. Dan pembangunan demokrasi itu kan dipengaruhi oleh partisispasi pemilih. Pemerintah juga punya peran yang sangat penting,” ujar Rifqi.

Rifqi berharap, pemerintah bisa terlibat dalam usaha peningkatan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019. Caranya dengan mengoptimalkan infrastrukur dan sumber daya yang dimiliki.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Pemilih

Melalui pemerintah, diharapkan penyampaian instruksi dan himbauan kepada seluruh kelompok masyarakat soal pentingnya menggunakan hak pilih. Seperti kepada kelompok pengusaha, swasta, ormas maupun masyarakat sipil lainnya.

“Karena kalau tidak melalui pemerintah, mereka ini tidak tersentuh oleh KPU. Mereka lebih sering berinteraksi dengan pemerintah. KPU memiliki keterbatasan mengakses ke arah sana,” jelas Rifqi.

Soal permintaan bantuan sosialiasi dan pendidikan pemilih pemilu ini, telah disampaikan langsung ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Dengan adanya campur tangan pemerintah, tidak ada lagi masyarakat yang kehilangan hak pilihnya seperti karena bekerja.

“KPU meminta seluruh sektor, terutama sektor industri agar meliburkan pegawainya saat hari pemilihan mendatang,” ujar dia.

TKN Tepis BPN Prabowo: Jokowi Tak Pernah Politisasi Salat

Jakarta – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menyinggung capres Joko Widodo (Jokowi) kerap memasukkan unsur politis di setiap salat Jumat. Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf menepisnya.

“Pak Jokowi tidak pernah mempolitisasi salat atau rumah ibadah. Tidak seperti Prabowo yang mempolitisasi salat Jumat hari ini sehingga dilarang Bawaslu dan takmir masjid,” kata juru bicara TKN Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Jumat (15/2/2019).

TKN menjawab terkait beberapa momen Jokowi saat salat yang dipotret. TKN menegaskan tidak ada mobilisasi juru foto untuk mengabadikan momen Jokowi salat.
Politikus Golkar ini menambahkan, saf salat yang dimundurkan justru untuk membuat salat jemaah tetap khusyuk. Menurutnya, hal itu tak melanggar tata tertib salat.

Jubir TKN Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily.Jubir TKN Jokowi-Ma’ruf, Ace Hasan Syadzily. (Foto: dok. pribadi)

“Saf dimundurkan justru untuk membuat salat jamaah di saf tersebut tetap khusyuk, dan itu tidak melanggar tata tertib salat,” ujar Ace.

Sebelumnya, BPN Prabowo-Sandi menegaskan tidak akan ada kegiatan perpolitikan di kegiatan salat Jumat hari ini. Menurut BPN, justru Jokowi-lah yang sering memasukkan unsur politis di setiap salat Jumat.

“Sekali lagi, besok agenda Pak Prabowo itu agenda pribadi, hanya datang untuk salat Jumat tanpa memberikan kata sambutan, baik sebelum maupun sesudah salat Jumat. Kedua, Pak Prabowo juga nggak akan meminta tempat duduk khusus dan Pak Prabwoo juga nggak minta saf dimundurkan agar kamerawan bisa mengambil foto Pak Prabowo. Kan kalau Pak Jokowi safnya minta dimundurkan tuh, kami tidak melakukan hal itu. Jadi nggak ada prasangka itu dan kami berhusnuzan saja, karena Insyaallah masalahnya sudah selesai,” ujar jubir BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, saat dihubungi, Kamis (14/2).

Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.
(azr/dkp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Legenda MU Sebut Alexis Sanchez Tak Pantas Dibayar Mahal

Liputan6.com, Manchester – Performa Alexis Sanchez belum juga membaik di Manchester United (MU). Terakhir, penyerang asal Chile ini juga bermain mengecewakan saat dipasang sebagai pemain pengganti saat MU kalah 0-2 dari Paris Saint Germain di Liga Champions, Selasa (12/2).

Ketika itu, manajer MU, Ole Gunnar Solksjaer, memasukkan Sanchez di akhir babak pertama menggantikan Jesse Lingard, saat kedudukan masih 0-0. Tapi, dia tak bisa berbuat banyak, MU pun akhirnya kalah.

Legenda MU, Paul Ince, mengaku sangat kecewa, bahkan marah melihat performa Sanchez malam itu. Apalagi, di Tim Setan Merah, Sanchez digaji cukup mahal, 505 ribu pound sterling atau sekitar Rp 9,1 miliar.

“Penampilan Alexis Sanchez saat ini benar-benar memalukan,” ujar Ince, yang membela MU pada periode 1989-1995, seperti dikutip Fox Sports. “Dengan gaji yang dia terima, penampilan dia seperti candaan saja.”

Sepanjang musim ini, Sanchez memang tak bisa berbuat banyak untuk MU. Dia hanya tampil di enam pertandingan dan mencetak satu gol.

Musim lalu, sejak bergabung pada pertengahan musim, kontribusi Sanchez pun tak terlihat. Dia hanya tampil di 12 laga dan mencetak dua gol.

Ince, yang pernah dua kali membawa MU juara Liga Inggris, menyebut, dengan penampilan seperti itu, Sanchez tak layak mendapat gaji besar di MU. “Saya tidak akan mengungkit-ungkit soal gajinya, jika penampilannya bagus. Tapi, saat Anda dibayar mahal, orang-orang berharap banyak kepada Anda,” ujar Ince, 51 tahun.

2 dari 3 halaman

Rugikan Fans

Ince menyebut, suporter MU pantas mendapat penampilan lebih baik dari Sanchez. Begitu juga dengan klub yang telah membayarnya mahal. Bahkan, kata Ince, Solksjaer dan rekan-rekan setimnya pun pantas mendapat penampilan Sanchez yang lebih baik.

“Mungkin dia kesulitan berkembang karena dia tak masuk starting line up. Tapi, justru itu yang membuat saya terkejut,” ujar Ince, lagi. “Sanchez seperti sudah tak punya harapan.”

3 dari 3 halaman

Tak Ada Kontribusi

Ince pun menyarankan agar manajemen MU segera mempertimbangkan keberadaan Sanchez. Sebab, sejauh ini, kehadiran mantan pemain Barcelona dan Udinese itu sama sekali tak berkontribusi.

“Harus ada keputusan tentang masa depan dia di Old Trafford (markas MU). Sebab, kehadirannya tidak berguna,” ujar Ince.

Aturan Taksi Online Mulai Berlaku Juni 2019

Liputan6.com, Jakarta – Peraturan taksi online, yaitu Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 11 Tahun 2018 tentang Penyelenggaran Angkutan Sewa khusus mulai berlaku pada Juni 2019. Hal itu enam bulan setelah peraturan tersebut terbit.

“Penerapan pada Juni, saat ini kita sedang sosialisasi, kemarin sudah di Solo,” ujar Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan, Ahmad Yani dalam konferensi pers di Kemenhub, Jakarta, Rabu (13/2/2019), seperti dikutip dari laman Antara.

Ia menuturkan, saat ini masih dilakukan pengawasan untuk tarif. Pada tarif batas yakni Rp 3.500-Rp 6.500 per kilometer (km).

“Melihat kondisi saat ini pastinya kita melakukan survei dengan pihak ketiga dan saat ini kita sedang sosialisasi, untuk tarif pengawasan bagaimana kalau ada yang melanggar,” ujar dia.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Budi Setyadi menuturkan, tidak ada lagi perubahan dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 118 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Angkutan Sewa Khusus.

Ia menuturkan, tidak tertutup kemungkinan ada perubahan, tapi tidak saat ini karena seluruhnya sudah disahkan dan jelang pemberlakuan.

“Mungkin beberapa tahun kemudian karena perkembangan politik, teknologi mungkin kita akan lakukan perubahan. Saya akan akomodir dan eksekusi dulu, baru dilaksanakan (perubahan) kemudian. Jadi saat ini enggak ada perubahan lagi,” kata dia.

2 dari 2 halaman

Sosialisasi di Sejumlah Kota Besar

Ia menambahkan, pihaknya juga akan sosialisasi di Medan, Balikpapan, dan Semarang setelah di Surabaya.

Pemerintah, dalam hal ini, Kementerian Perhubungan resmi mengeluarkan PM 118/2018 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Sewa Khusus sebagai pengganti PM 108/2017 tentang penyelenggaran angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek pada 18 Desember 2018 setelah ditandatangani oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

PM 118/2018 menjadi payung hukum keempat yang mengatur taksi daring setelah, tiga peraturan dimentahkan oleh Mahkamah Agung.

Terdapat perbedaan dalam PM 118 tahun 2018 dengan PM sebelumnya, yakni menghapus aturan mengenai kewajiban memasang stiker di kaca taksi daring, kewajiban uji KUR, kewajiban mempunyai tempat penyimpanan kendaraan dan aturan mengenai penyelenggara taksi online harus memiliki paling sedikit lima kendaraan.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Iseng Dikerjain Teman, Pria Ini Dikira Tukang Servis Pompa Air

Liputan6.com, Jakarta Manusia memang dikodratkan sebagai makhluk sosial dan tentu tidak akan sanggup untuk hidup sendirian. Oleh karena itu, kamu sudah pasti membutuhkan seorang teman. Teman yang baik akan selalu menghadirkan energi positif di kehidupan, begitu pula sebaliknya.

Berteman dengan seseorang yang membuatmu bahagia tentunya rasanya pasti akan mengasyikan. Ia bisa menciptakan momen bahagia bersamamu dan tahu mana yang justru bikin hidupmu merana.

Kisah bersama teman memang selalu menarik untuk diperbincangkan. Pasti ada saja pengalaman unik yang pernah kamu alami bersama mereka. Mulai dari kisah kenakalan, hingga kisah menyenangkan yang tidak bisa diulang.

Begitupula dengan kisah dari pengguna Twitter @gennasatria yang mengalami hal tidak akan pernah dilupakan. Penasaran bagaimana ceritanya? Yuk simak, seperti Liputan6.com himpun dari akun Twitter @gennasatria, Selasa (12/2/2019).

2 dari 4 halaman

Dikira Tukang Servis Pompa Air

Pengguna akun Twitter @gennasatria nampak kebingungan ketika ponselnya dibanjiri dengan pesan singkat dari sejumlah orang tidak dikenal.

“Mas, servis pompa iar berapa?” “Bisa servis pompa air kah mas?” “Sig pak bisa benerin sanyo kost saya?”

Seperti inilah isi pesan singkat yang menanyakan tentang servis pompa air. Padahal pekerjaan yang dilakukan pengguna akun Twitter tersebut bukanlah tukang servis pompa air.

3 dari 4 halaman

Ternyata Ulah Teman

Setelah ditelusuri, ternyata munculnya banyak pertanyaan soal servis pompa air adalah perbuatan temannya. Pengguna akun Twitter tersebut memiliki teman dengan akun Twitter @frzlt. Pengguna akun Twitter @frzlt menuliskan nomor handphone dan juga nama ketika ada netizen yang bertanya mengenai tukang servis pompa air di akun informasi Malang.

“Min info tukang servis pompa air dong @infomalang,” tulis akun Twitter @GianinaAngel.

“Pak Rendri (memasukkan nomor handphone) langganan saya,” tulis akun Twitter @frzlt.

Awalnya iseng semata. Namun temannya yang diketahui bernama Fahrizal ini tidak menyangka ada yang benar-benar menghubungi Rendri yang diketahui ternyata akun Twitter @gennasatria.

4 dari 4 halaman

Respon Netizen

Cerita kocak tersebut menjadi viral karena mengundang gelak tawa dari netizen. Cuitan tersebut telah mendapat 4.552 Retweet dan 1.951 Like.

Tidak sedikit netizen yang turut mengajak bercanda seperti akun Twitter @alfiyooo.”Mas di kos saya sanyonya bunyi terus tapi ga bisa mompa air, itu kenapa ya? Kalo bisa benerin ke papa kuning ya mas,” tulisnya.