Memasukkan Peterseli ke Miss V? Saran Aneh, Tidak untuk Ditiru

Jakarta – Situs majalah Marie Claire terpaksa menurunkan unggahan artikelnya setelah diprotes dokter ahli kandungan dan kebidanan di Inggris. Artikel tersebut menyatakan, memasukkan peterseli ke dalam miss V bisa mempercepat periode menstruasi. Artikel juga menyebut makanan, minuman, dan olahraga yang memberi manfaat serupa.

Dalam artikel tersebut, peterseli disebut sebagai emmenagogue yaitu substansi yang mampu meningkatkan aliran darah selama menstruasi. Peterseli yang dimasukkan ke dalam daerah intim wanita, dikatakan akan melembutkan leher rahim dan membantu keseimbangan hormon. Namun dokter justru menyatakan, memasukkan segala jenis barang ke dalam vagina tanpa pertimbangan medis berisiko mengakibatkan kematian bagi wanita.

“Saya peringatkan wanita jangan memasukkan apa pun ke dalam wilayah genital, tanpa pertimbangan dan prosedur medis. Memasukkan peterseli ke dalam vagina jelas bukan saran yang akan diberikan seorang dokter. Hanya beberapa barang yang bisa masuk dalam area intim, namun tidak termasuk peterseli,” kata dokter ahli kandungan dan kebidanan Shazia Malik dikutip dari Daily Mail.

Dr Shazia menyebut saran dari Marie Claire tersebut sebagai hal yang tidak bertanggung jawab. Wanita tertarik mencoba memasukkan peterseli, karena bisa membantu menikmati liburan tanpa khawatir tembus atau ganti pembalut. Selain mempercepat datangnya menstruasi, peterseli juga diklaim mampu mempersingkat lamanya datang bulan.

Emmenagogues dijelaskan sebagai herbal yang mampu merangsang aliran darah menstruasi, namun belum ada bukti medis yang mendukung pernyataan ini. Emmenagogues hingga kini tidak pernah digunakan dalam praktik medis. Tulisan peterseli sebagai emmenagogues untuk merangsang datang bulan sempat ditemukan di situs Bustle pada April 2015

Dalam tulisan tersebut, emmenagogues dikatakan sebagai rekomendasi ahli herbal untuk merangsang aliran darah di pinggul dan rahim. Efek inilah yang menyebabkan emmenagogues kadang bisa digunakan untuk merangsang datang bulan. Emmenagogues direkomendasikan diminum 2-4 kali sehari dalam bentuk seduhan teh.

(up/up)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *