Tanggapi TKN Jokowi, BPN Prabowo: Sandiaga Memang Perlu Istirahat

Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin memprediksi bahwa cawapres Sandiaga Uno terlihat lesu saat jumpa pers karena tak nyaman dengan deklarasi kemenangan. Badan Pemenangan Nasional (BPN) capres-cawapres nomor urut 02 menegaskan, Sandiaga memang sakit dan perlu istirahat.

“Saya 1,5 meter di samping kanan Bang Sandi (saat jumpa pers bersama Prabowo). Bang Sandi itu sakit. Jadi waktu Bang Sandi datang di Kertanegara kan saya salaman. Kelihatan lah, (Sandiaga) memang perlu istirahat betul karena kemarin itu kan drop ya, suaranya habis,” kata juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade saat dimintai tanggapan, Kamis (18/4/2019).

Menurut Andre, Sandiaga juga ikut membaca tulisan di kertas yang dipegang Prabowo saat jumpa pers. Politikus Gerindra itu menyebut Sandiaga terlihat fokus membaca.

“Dan waktu Pak Prabowo pidato itu saya lihat Bang Sandi itu ikut membaca. Jadi matanya Bang Sandi itu fokus melihat kertas yang dibaca oleh Pak Prabowo. Jadi saya ada di sana, posisi saya nggak sampai 2 meter dari Bang Sandi. Jadi saya tahu persis Bang Sandi membaca kertas yang dibaca Pak Prabowo,” jelasnya.

Andre memastikan bahwa eks Wagub DKI Jakarta itu memang tengah sakit. Dia menegaskan bahwa tak ada masalah apapun.

“Jadi kelihatan dia fokus membaca kertas itu. Jadi, lagi posisi lagi kurang sehat. Jadi saya rasa nggak ada masalah,” ujar Andre.

Sebelumnya, TKN Jokowi-Ma’ruf memprediksi bahwa Sandiaga tak nyaman dengan deklarasi kemenangan yang disampaikan Prabowo. Kubu Jokowi menyebut ekspresi lesu Sandiaga bisa menimbulkan pertanyaan di masyarakat.

“Kemungkinan Sandiaga kecewa dengan hasil pilpres, sakit wajar lah. Kedua beliau mungkin tidak nyaman dengan deklarasi tersebut, karena paham pesta sudah usai dan yang berhak menyatakan siapa yang menang adalah KPU,” kata juru bicara TKN Jokowi-Ma’ruf, Irma Suryani Chaniago.
(zak/fai)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Manchester City vs Tottenham Hotspur, Guardiola: Kekalahan Ini Memang Kejam

Manchester- Manchester City harus akui kegagalan meski mampu mengalahkan Totteham Hotspur dalam laga leg kedua perempat final Liga Champions 2018-2019 di kandang sendiri, Etihad Stadium, Kamis dini hari WIB (18/4/2019).

Manchester City menang 4-3, namun kemenangan itu seolah tak berarti apa pun karena tiga gol yang berhasil dilesakkan Hotspur di Etihad, membawa tim tamu melaju ke semifinal lantaran menang agresivitas gol tandang.

Pada laga leg pertama di Tottenham Hotspur Stadium (10/4/2019), Man City kalah 0-1.

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, sesaat setelah pertandingan di Etihad Stadium, terlihat tak percaya tim asuhannya tersingkir dengan cara seperti itu.

Apalagi, Sergio Aguero sempat menjebol gawang Spurs di menit-menit akhir pertandingan. Skor ketika itu jadi 5-3. Namun, wasit menggunakan VAR dan selanjutnya memutuskan gol itu tak sah lantaran Aguero dalam posisi offside. Skor 4-3 pun tak berubah hingga laga usai.

“Ini memang kejam, tapi seperti itulah, dan kami harus menerimanya,” kata Guardiola.

“Setelah 20 menit, kami unggul 3-2. Di babak kedua, kami menciptakan banyak peluang dan mencetak gol yang kami butuhkan. Sayangnya, ini berakhir buruk buat kami, jadi selamat untuk Tottenham dan semoga sukses di semifinal,” imbuhnya.

Video Manchester City vs Tottenham: Drama Sembilan Gol

Mourinho: Zidane Memang Paling Pas untuk Madrid

ParisJose Mourinho menyebut Zinedine Zidane sebagai sosok yang tepat bagi Real Madrid. Periode kedua ini menurut Mourinho akan jadi tugas berat untuk Zidane.

Zidane kembali melatih Madrid mulai pertengahan bulan ini. Kedatangan pria asal Prancis tersebut terjadi setelah El Real tak kunjung tampil meyakinkan musim ini, meski kursi pelatih sempat beralih dari Julen Lopetegui ke Santiago Solari.

Ini adalah periode kedua Zizou menukangi klub yang bermarkas di Stadion Santiago Bernabeu ini. Sebelumnya, ia sukses di saat pertama kali menukangi Madrid pada rentang 2016-2018. Pria 46 tahun ini membawa timnya meraih gelar Liga Champions tiga musim beruntun.


Menanggapi kembalinya Zidane ke Madrid, Mourinho menyebut pria 46 tahun ini adalah sosok yang tepat untuk menukangi Madrid. Meski demikian, menurut Mourinho, masih terlalu dini untuk menilai kesuksesan Zidane sebagai pelatih.

“Saya kira kita belum bisa membicarakan soal kariernya,” kata Mourinho kepada Canal plus.

“Tetapi dalam waktu yang sangat singkat, dia mampu melakukan apa yang belum pernah dilakukan seseorang sebelumnya, yaitu memenangi tiga Liga Champions berturut-turut.”

“Sekarang dia memulai langkah baru dalam kariernya. Dia harus membangun tim, dia harus membuat pilihan, membeli pemain, menjualnya. Dia harus melatih mereka, memberi mereka filosofi bermainnya. Saya pikir dia mungkin orang terbaik untuk klub ini,” ujarnya menambahkan

Zidane memulai periode keduanya di Madrid dengan membawa Los Blancos meraih kemenangan 2-0 atas Celta Vigo.

(nds/raw)

Real Madrid dan Zidane Memang Ditakdirkan Berjodoh

Liputan6.com, Madrid – Carlo Ancelotti menantikan masa-masa kebangkitan Real Madrid dengan kembalinya Zinedine Zidane di kursi kepelatihan. Menurut pelatih Napoli tersebut, keduanya memang diciptakan untuk saling bersatu dan tak bisa dipisahkan.

Zidane mendapati masa-masa terbaiknya dalam karir sebagai pelatih saat menukangi Real Madrid. Dalam kurun waktu dua setengah musim, pria asal Prancis tersebut berhasil mengantarkan Los Merengues meraih tiga gelar Liga Champions.

Sayangnya, torehan itu tak bisa dilanjutkan oleh dua suksesornya, Julen Lopetegui dan Santiago Solari. Jangankan meraih trofi Liga Champions, keduanya bahkan tak mampu membuat Los Merengues meraih hasil positif secara konsisten.

Pada bulan Maret, kesabaran Madrid terhadap Solari sudah habis. Tak lama setelah dipastikan tersingkir dari ajang Liga Champions, pelatih asal Argentina tersebut didepak guna memberi ruang kepulangan Zinedine Zidane.

Laga debut ulangan Zidane bersama Los Merengues pun terbilang cukup apik. Pertandingan tersebut merupakan rangkaian dari La Liga yang digelar hari Sabtu (16/3) dengan Celta Vigo sebagai lawannya. Madrid menang dengan skor 2 -0.

Meski baru satu pertandingan, namun kemenangan tersebut telah membangkitkan antusiasme di lingkungan Real Madrid. Ancelotti, yang juga pernah menukangi Los Merengues, melihat Zidane sebagai pasangan yang sempurna untuk klub raksasa Spanyol tersebut.

BPN Tuding Koalisi Jokowi Produksi Koruptor, TKN: Memang Parpol 02 Bersih?

Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin menjawab tudingan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga soal ‘koalisi Jokowi banyak produksi koruptor’. TKN menilai, korupsi bisa terjadi dari parpol mana saja, termasuk dari koalisi 02.

“Memangnya parpol pendukung 02 bersih? Tidak ada yang korupsi? Soal korupsi itu juga terjadi kepada parpol mana saja. Yang penting adalah bagaimana negara ini memiliki sistem untuk melakukan pencegahan dan penindakan terhadap pelaku korupsi tanpa dilakukan intervensi politik dari siapapun termasuk oleh Presiden Jokowi,” kata Jubir TKN Jokowi-Ma’ruf Ace Hasan Syadzily, kepada wartawan, Sabtu (16/3/2019).

Ace kemudian menyinggung kasus korupsi yang menjerat dari parpol koalisi 02 yakni Politikus PAN atau Wakil Ketua DPR nonaktif, Taufik Kurniawan. Oleh karenanya, dia mengatakan tak perlu asal menuding. Menurutnya, yang harus dilakukan yakni menguatkan KPK untuk terus memberantas korupsi.

“Soal korupsi juga terjadi pada partai-partai pendukung 02. Yang paling mutakhir adalah Wakil Ketua DPR dari salah satu parpol pendukung 02. Sebelum ada 2 orang Ketua Umum parpol yang menjadi pendukung 02 yang terjerat kasus korupsi antara lain soal sapi dan Hambalang di era sebelumnya,” paparnya.

“Oleh karena itu, sekarang tugas kita adalah bagaimana kita memperkuat KPK agar dapat berperan kuat dalam melakukan pemberantasan korupsi,” lanjut Ace.

Ace melanjutkan, pemberantasan korupsi yang saat ini dilakukan KPK mendapat dukungan penuh dari Presiden Jokowi. Pelaku korupsi di era Jokowi ditindak tegas tanpa tebang pilih.

“Bahkan Pak Jokowi menyampaikan dengan tegas tanggal 13 Maret yang lalu bahwa tidak ada alasan untuk benarkan korupsi. Dan tidak ada alasan bagi kita untuk menunda aksi berantas korupsi. Ini telah dibuktikan oleh Presiden Jokowi dengan tidak pernah mengintervensi proses hukum kasus korupsi, demi melindungi siapapun termasuk Ketum parpol pendukungnya,” paparnya.

Ketua DPP Partai Golkar itu melihat serangan kubu Prabowo-Sandiaga saat sini seperti sedang mencoba mencari keuntungan dari kasus Rommy. Dia menyarankan untuk menyerahkan kasus Rommy ke KPK.

“Terlihat sekali kubu 02 berharap mengais-ngais keuntungan elektoral dengan kasus OTT-nya Rommy. Lebih baik kita serahkan pada mekanisme hukum yang berlaku. Hormati KPK yang sekarang sedang bekerja. Kami sangat prihatin atas apa yang menimpa Rommy,” kata Ace.

Sebelumnya, juru bicara BPN Andre Rosiade menyebut OTT terhadap Ketum PPP Romahurmuziy (Rommy) merupakan puncak gunung es penanda banyaknya kader koalisi 01 yang terjerat korupsi. BPN mengungkit pernyataan Prabowo soal korupsi sudah stadium 4.

“Penangkapan Ketum PPP Rommy ini adalah puncak gunung es bahwa koalisi Pak Jokowi ini adalah koalisi parpol yang banyak memproduksi koruptor dan juga mengkonfirmasi pernyataan Pak Prabowo mengenai perilaku korupsi di Indonesia sudah di stadium 4,” ucap Andre kepada wartawan, Jumat (15/3).
(idn/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

TKN: Kalau Memang Romahurmuziy Melanggar, Kami akan Berikan Sanksi

Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf masih menunggu penjelasan lengkap mengenai duduk perkara terkait OTT KPK yang menjaring Ketum PPP Romahurmuziy. TKN akan mengambil sanksi jika Rommy sudah terbukti melanggar.

“Itu pasti lah, kalau misalnya berkenaan dengan ada hal yang dinilai sudah melanggar, tapi tentunya kita tunggu dulu apa yang terjadi, kita tidak langsung serta merta mengambil tindakan sanksi, tidak lah,” kata Direktur Konten TKN, T.B. Fiki Satari, di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Jumat (15/3/2019).

Fiki meminta semua pihak untuk mengedepankan asas praduga tak bersalah. Dia juga berharap kasus yang menjerat Rommy dijelaskan secara transparan.

“Jauh dari pada itu yang penting adalah semoga saudara Rohamurmuziy bisa menjalani proses ini diberikan kekuatan, mudah-mudahan bisa terang benderang, jelas, kita juga mengedepankan asas praduga tak bersalah, kita juga tentunya ingin menyampaikan pada masyarakat luas bahwa sekali lagi pemerintah saat ini yang dipimpin presiden Jokowi betul-betul membuktikan bahwa hukum di Indonesia saat ini tidak tebang pilih,” ujar dia.

Dia memastikan kasus yang menjerat Rommy juga tak akan mempengaruhi elektabilitas Jokowi-Ma’ruf. Dia pun menegaskan komitmen Jokowi-Ma’ruf terhadap pemberantasan korupsi di Indonesia.

“Pertama tadi udah dijawab sama ketua TKN (Erick Thohir), sama jawabannya kita tidak khawatir. Tentunya tadi sudah disampaikan keprihatinan ya. Kita juga mendorong sekali proses ini berjalan transparan, berjalan baik dan lancar, mengedepankan asas praduga tak bersalah tapi satu hal juga ini membuktikan bahwa pemerintah hari ini tidak melakukan intervensi berkenan dengan proses hukum pada siapa pun tanpa terkecuali,” ujarnya.

Sebelumnya, KPK menyebut total ada 5 orang yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT), termasuk Ketua Umum PPP Romahurmuziy alias Rommy. KPK menyebutkan unsur-unsur jabatan mereka yang ditangkap.

“Lima orang dari anggota DPR, swasta, dan unsur pejabat Kemenag (Kementerian Agama) daerah,” ucap Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan.

KPK menduga ada transaksi suap yang dilakukan orang-orang itu. Suap itu disebut Febri terkait pengisian jabatan di Kemenag pusat dan daerah.

Status hukum Rommy dan mereka yang ditangkap masih sebagai terperiksa. KPK memiliki waktu 1 x 24 jam sebelum menentukan status hukum Rommy dkk.
(knv/fjp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Romelu Lukaku Memang Bisa Diandalkan Man United

JakartaRomelu Lukaku kembali unjuk ketajaman di Manchester United. Pemain Belgia itu seakan bilang bahwa dirinya bisa menjadi andalan lini depan The Red Devils.

MU memetik kemenangan 3-2 saat menjamu Southampton di lanjutan Liga Inggris. Tiga angka dari laga di Old Trafford itu tak didapat dengan mudah.

Setan Merah ketinggalan lebih dulu akibat sepakan jarak jauh Yan Valery. Skor 0-1 bertahan hingga jeda.

Dalam waktu enam menit, MU bisa berbalik unggul Andreas Pereira menjadi penyama kedudukan pada menit ke-53. Lukaku membawa MU unggul 2-1 pada menit ke-59.

MU mesti kebobolan dari bola mati pada menit ke-75. Pelanggaran Ashley Young di muka kotak penalti MU menjadi awalnya. James Ward-Prowse menjadi eksekutor, bisa menceploskan bola ke gawang.

Lukaku menjadi penyelamat untuk MU dengan golnya pada menit ke-88. Bola sodoran Fred yang diteruskan menjadi gol oleh pemain 25 tahun itu.

Dengan gol ini, Lukaku sudah mengemas 12 gol di Premier League. Dia menjadi penyerang tersubur MU di Liga Inggris.

Sebelum brace ke gawang Soton, Lukaku juga membuat dua gol saat MU memetik kemenangan 3-1 dalam lawatan ke markas Crystal Palace. Keempat gol itu dibukukan setelah dalam enam laga Liga Inggris, Lukaku gagal menjaringkan bola.

Komposisi gol Lukaku musim ini ada dua gol dengan sundulan, lima gol dengan kaki kanan, dan empat gol dengan kaki kiri, dan ada satu gol lagi dengan cara lainnya.

Rata-rata gol Lukaku musim ini ada di angka 0,46 gol dalam setiap pertandingan. Akurasi tembakannya 61 persen.

Dengan performa Lukaku yang oke itu, Ole Gunnar Solskjaer bisa tetap tenang saat Anthony Martial dan Jesse Lingard belum fit.

“Saya tahu apa yang bisa saya lakukan, saya bekerja keras dengan para pelatih setiap hari dan itu juga mengenai keyakinan pada kemampuan anda sendiri. Selama anda bekerja keras, mengapa harus khawatir, anda cuma harus menarik pelatuknya,” kata Lukaku di situs MU.

(cas/yna)

Massa FUI Persoalkan Hotel Tempat Tabulasi Suara, Ini Jawaban KPU

Jakarta – Sejumlah hal disoroti massa Forum Umat Islam (FUI) saat audiensi dengan KPU, termasuk soal tabulasi suara di salah satu hotel. KPU kemudian menjelaskan alasannya.

Pertanyaan itu diajukan oleh Sekretaris PA 212, Bernard Abdul Jabbar. Dia menyebut selama bertahun-tahun, KPU selalu melakukan tabulasi suara di suatu hotel di Jakarta Pusat.

“Tentang masalah tabulasi KPU. Kenapa selama ini, selama bertahun-tahun, tabulasi KPU itu kok selalu di Hotel Borobudur. Ada apa ini di Hotel Borobudur. Karena sepengetahuan informasi saya, ada sesuatu yang disembunyikan di Hotel Borobudur. Masalah tabulasi suara dan punya siapa itu hotelnya. Lah ini perlu kami tanyakan ke KPU,” kata Bernard di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2019).

“Kami juga dapat informasi dari pegawai hotel yang bekerja di sana bahwa ini ada sesuatu yang disembunyikan di Borobudur itu. Kenapa nggak cari tempat lainnya?” sambungnya.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan yang hadir di audiensi itu lalu memberi penjelasan. Dia mengatakan tidak ada preferensi khusus dari KPU untuk memilih hotel saat tabulasi suara. Pada tahun 2014 lalu, Wahyu menyebut tabulasi suara berlangsung di Kantor KPU.

“Terkait tabulasi, ini ada Pak Sekjen, memang kita perlu ganti suasana, Pak, jangan Hotel Borobudur terus. 2014 tabulasi di kantor KPU. Kemudian tidak menutup kemungkinan nanti juga mudah, Pak, untuk dipindah dari Hotel Borobudur,” jawab Wahyu.

“Wong kita bayar, Pak, bisa di manapun sepanjang memang kualifikasinya memenuhi syarat,” sambungnya.

Wahyu menegaskan bahwa hasil akhir Pemilu bukan ditentukan perhitungan IT melainkan kertas. Hasil penghitungan suara dari TPS hingga tingkat nasional dilakukan di kertas.

“Tabulasi itu bukan hasil resmi KPU, hasil resminya ya melalui rapat pleno,” kata Wahyu.

(imk/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Alasan SBY Tunjuk AHY Jadi Penanggung Jawab Pemenangan Demokrat

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yufhoyono (SBY) menyerahkan tongkat komando kampanye pemenangan pemilu 2019 kepada putranya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Ketua DPP Partai Demokrat, Didik Mukrianto mengungkap  alasan mengapa SBY lebih memilih AHY ketimbang putra keduanya Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas.

Dalam pemenangan pemilu SBY justru menugaskan Ibas dalam Komisi Pemenangan Pemilu (KPP). Sedangkan AHY, mendapat tugas pemenangan pemilu melalui jabatan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma).

Menurut Didik, ada pertimbangan lain hingga akhirnya SBY menunjuk AHY sebagai tonggak pemenangan pemilu. Alasannya, kata dia, AHY dianggap mampu mengatur strategi dan ritme.

“Mas AHY kan memang menjadi komisi pemenangan pemilu kita, itu tugasnya sangat berat dibanding tugas lain, karena harus menentukan strategi, mengatur ritme pertarungan dan bertanggung jawab terhadap rencana aksinya,” kata Didik saat dihubungi, Jumat (1/3/2019).

Didik juga mengungkap alasan kenapa bukan Ibas yang ditugaskan sebagai ketua pemenangan kampanye. Ibas, lanjutnya harus fokus pada pemenangannya sebagai caleg.

“Dan Mas Ibas sendiri strategi kampanye soal dapur Partai Demokrat sendiri, mereka berdua memang menjadi bagian magnet center, pada saatnya nanti Mas Ibas akan memperkuat Mas AHY,” ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Fokus Pengobatan Ani Yudhoyono

Diketahui, SBY memang tengah fokus merawat sang istri Ani Yudhoyono yang sedang sakit kanker darah di Singapura. Terkait Persiapan menghadapi pemilu serentak 17 April nanti, SBY telah memberikan sejumlah pesan.

Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan, surat dituliskan SBY, demi menjawab ketidakhadirannya dalam dua bulan terakhir sisa masa Pemilu 2019, karena harus mendampingi sang istri yang mengidap kanker darah.

“Karena sementara waktu, secara fisik tidak bisa menjalankan kampanye sampai 17 April, oleh karena itu beliau sampaikan pesan untuk memaksimalkan kerja-kerja Partai, DPP sampai ke tingkat ranting,” kata Hinca di Kantor DPP Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis (28/2/2019).


Reporter: Sania Mashabi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Gara-gara Nomor KTP Direktur Chen Tertukar

Chen pun akhirnya dipaksa sore hari itu juga harus datang ke Kantor Disnakertrans. Dia akhirnya datang membawa dokumen-dokumen ketenagakerjaan ditemani seorang warga negara China bernama A Wei. A Wei sudah lama di Indonesia dan menetap di Surabaya, Jawa Timur. Ia juga memiliki peternakan ayam petelur di Cianjur dengan bendera perusahaan PT Saudara Makmur.

Rupanya, setelah dicek, IMTA yang dimiliki Chen berlaku di perusahaan A Wei. Di PT Saudara Makmur itu pula, Chen punya jabatan sebagai direktur keuangan. “Iya benar, Pak, dia direktur keuangan saya,” kata A Wei seperti ditirukan Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Cianjur, Ricky Ardi Hikmat, saat pertemuan di kantor Disnakertrans, itu.

Yang mengejutkan juga, saat Chen menyerahkan akta perusahaan peternakan di Cibokor, Chen bukanlah tenaga kerja, melainkan pemilik peternakan. Jabatannya direktur utama  PT Indah Tunggal Alami, yang membuka peternakan itu sejak 2017. Di bawah Chen, ada beberapa direktur yang semuanya warga negara China. Chen pemilik saham mayoritas di perusahaan tersebut.

“Ternyata dia itu direktur utama sekaligus pemegang saham. Dia sih pegang IMTA, tapi bukan di posisi perusahaan yang sedang kita lakukan pembinaan. Jadi dia itu menunjukkan IMTA, tapi IMTA di perusahaan lain (PT Saudara Makmur). Sama, peternakan juga, tapi beda perusahaan,” ujar Ricky.

Dari hasil pemeriksaan, kata Ricky, dokumen berupa IMTA itu tidak ada masalah karena semua dokumen sesuai dengan yang dipersyaratkan. IMTA milik Chen juga masih berlaku. Hanya sempat terjadi miskomunikasi saja lantaran Chen tidak lancar Bahasa Indonesia sehingga dilakukan klarifikasi. “Makanya kita bingung kok yang ramai malah urusan e-KTP. Dan banyak yang mempertanyakan soal e-KTP Chen ke kami,” jelas Ricky.

Warganet memang ramai mengecek NIK e-KTP milik Chen di sistem Komisi Pemilihan Umum. Nah, ternyata NIK tersebut muncul atas nama Bahar, warga Kelurahan Sayang, Cianjur. Bahar, 47 tahun, yang kesehariannya berdagang bakso keliling, pun bingung namanya muncul di aplikasi KPU dengan NIK milik WNA. “Saya tinggal di sini sejak 1996, tidak ada masalah soal NIK. Baru kali ini saja ada perbedaan. Baru tahu setelah dikabari ketua RT pagi tadi,” begitu kata Bahar, Selasa, 26 Februari 2019.

Bahar bilang selama ini tak ada kendala dalam partisipasi pencoblosan pemilu. Namun, untuk tahun ini, dia sedikit heran karena mendadak NIK-nya berubah di DPT. “Katanya jadi nama China, ya, saya nggak tahu apa-apa. Sebelumnya, nyoblos Pilgub (Jawa Barat) juga nggak ada masalah. Baru kali ini saja tiba-tiba ramai, katanya NIK-nya dipakai orang asing,” ujar Bahar.