BPN Sebut Banjir Tol Memalukan, TKN: Lebih Baik Empati ke Warga Jatim

Jakarta – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menilai banjir di Tol Madiun sebagai suatu pemandangan memalukan, lantaran ruas tol tersebut dibangga-banggakan pemerintah. Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin menyarankan BPN lebih baik menunjukkan simpatinya kepada warga Jawa Timur (Jatim), daripada mengkaitkan banjirnya Tol Madiun dengan politik.

“Ketimbang disangkut-pautkan dengan politik, jauh lebih baik kita menunjukkan empati kepada masyarakat yang terkena bencana dan mendoakan agar bencana segera berakhir,” ujar Wakil Direktur Kampanye TKN Jokowi-Ma’ruf, Daniel Johan, ketika dihubungi detikcom, Jumat (8/3/2019).

Daniel mengaku heran pihak BPN mengeksploitasi bencana banjir untuk menyerang Pemerintah. Politisi PKB ini menjelaskan bencana banjir melanda sebagian wilayah Jatim, tak hanya di jalan Tol Madiun.

“Bencana alam kok dieksploitasi? Tidak bagus ambil keuntungan dengan eksploitasi bencana. Bencana banjir melanda sebagian wilayah di Jatim, yang berdampak pada banjirnya ruas jalan tol,” ujar Daniel.

Daniel menegaskan banjirnya Tol Madiun murni faktor alam di mana curah hujan tinggi di wilayah tersebut, sehingga berakibat naiknya debit air, “Dan meluap sampai ke jalan dan merendam beberapa kecamatan dan desa-desa.”

Sebelumnya juru bicara BPN dan Tim Pakar Bidang Infrastruktur Prabowo-Sandi, Suhendra Ratu Prawiranegara, mengkritik peristiwa banjirnya Tol Madiun. Dia pun menduga ada kesalahan teknis dan nonteknis dalam pembangunan ruas tol itu.

“Ini pasti ada yang keliru, juga memalukan ya, karena dengan kecanggihan teknologi dan informasi, negara lain dapat saksikan terjadi banjir di Jalan Tol Trans Jawa yang dibangga-banggakan pemerintah sebagai keberhasilan program politik pemerintah,” ungkap Suhendra dalam rilisnya, Kamis (7/3).

(aud/rvk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

BPN Prabowo Kritik Tol Madiun Kebanjiran: Sangat Memalukan!

Jakarta – Banjir di Tol Ngawi-Kertosono, tepatnya di Simpang Susun Madiun, dikritik oleh Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi. Peristiwa itu dianggap memalukan.

“Sangat disayangkan ya, terjadi banjir setinggi 1 meter di ruas tol Ngawi-Kertosono, Km 603-Km 604,” kata Juru Bicara BPN dan Tim Pakar Bidang Infrastruktur Prabowo-Sandi, Suhendra Ratu Prawiranegara lewat keterangan tertulis, Kamis (7/3/2019).

Sebelumnya diberitakan, banjir merendam ruas tol Madiun sepanjang satu kilometer. Banjir dengan ketinggian hampir mencapai satu meter iru terjadi di KM 603 hingga KM 604, Desa Glonggong, Kecamatan Balerejo.

Suhendra mengatakan pihaknya sudah mengingatkan pemerintah untuk melakukan audit investigatif secara menyeluruh pada Tol Trans Jawa. Peringatan ini dilontarkan sejak talut Tol Salatiga-Kartasura ambrol di Boyolali pada Desember 2018 lalu.

“Ini penting demi keselamatan, keamanan, kenyamanan pengguna jalan tol. Karena mereka telah membayar tarif tol, tentu harus mendapatkan hak-hak di atas (keselamatan, keamanan dan kenyamanan) sebagai konsumen jalan tol,” papar mantan Staf Khusus Menteri PUPR ini.

Dia menyebut banjir setinggi 1 meter di jalan tol Caruban-Madiun ini akibat kesalahan teknis dan nonteknis. Menurutnya, jika ditilik dari sisi teknis, karena jalan tol memiliki spesifikasi tinggi maka tidak boleh terjadi genangan air apalagi sampai banjir.

“Ini pasti ada yang keliru, juga memalukan ya. Karena dengan kecanggihan teknologi dan informasi, negara lain dapat saksikan terjadi banjir di Jalan Tol Trans Jawa yang dibangga-banggakan pemerintah sebagai keberhasilan program politik pemerintah,” ungkap Suhendra.

Dia membandingkan kondisi jalan tol di Indonesia dan Malaysia yang dianggap lebih maju padahal dulu belajar dari Indonesia. “Dengan kejadian banjirnya jalan tol Madiun ini sangat memalukan sekali,” lanjut Suhendra.

Suhendra meminta pemerintah tidak hanya mengejar kecepatan penyelesaian konstruksi demi pencitraan. Dia mengingatkan agar pembangunan harus mempertimbangkan aspek teknis dan nonteknis.

(imk/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kapten PSG Ratapi Kekalahan Memalukan dari Manchester United

Jakarta Kapten Paris Saint-Germain, Thiago Silva, tak dapat menutupi rasa kecewa setelah timnya kalah 1-3 dari Manchester United pada leg kedua 16 besar Liga Champions. Silva pun meminta maaf kepada suporter PSG.

Melakoni pertandingan di Parc des Princes, Rabu (6/3/2019) malam waktu setempat, Paris Saint-Germain tampil percaya diri. Apalagi, mereka berbekal kemenangan 2-0 pada pertemuan pertama di Old Trafford.

Statistik pun memperlihatkan jika Les Parisiens lebih unggul dibandingkan Manchester United. Mereka menorehkan 68 persen penguasaan bola, berbanding 32 persen milik The Red Devils.

PSG juga melepaskan 11 tembakan, di mana empat yang mengarah ke gawang. Sementara itu, MU memperoleh empat peluang bagus dari lima kesempatan.

Sayangnya, Les Parisiens gagal memanfaatkan keunggulan tersebut dan menyerah 1-3 dari Manchester United. Mereka pun gagal lolos ke perempat final Liga Champions, karena kalah agresivitas gol tandang dengan agregat 3-3.

“Sulit untuk berbicara saat ini. Sangat disayangkan. Kami bermain sangat bagus pada laga tadi, tetapi kami tidak melakukan hal-hal yang dibicarakan sebelum pertandingan,” ujar Thiago Silva.


2 dari 2 halaman

Performa Bagus

“Kami dalam performa bagus dan sekali lagi itu berakhir di sini. Ini lah sepak bola. Tidak ada yang berhasil hari ini. Saya meminta kepada suporter untuk memaafkan kami,” lanjut Silva.

Kekalahan dari Manchester United sekaligus menyudahi rentetan delapan kemenangan beruntun yang didapatkan Paris Saint-Germain. 

Sumber: BBC

Ksatria Airlangga: Pernyataan Waketum Gerindra di Kasus Narkoba Andi Arief Memalukan

Liputan6.com, Jakarta – Komunitas Ksatria Airlangga mengecam pernyataan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono yang menyalahkan Presiden Jokowi atas tertangkapnya Wakil Sekjen Partai Demokrat Andi Arief dalam kasus dugaan penyalahgunaan narkotika.

Kepada wartawan, Poyuono menuding bahwa Andi Arief telah menjadi korban kegagalan pemerintah Jokowi dalam pemberantasan narkoba di Indonesia. 

“Pernyataan itu jelas tendensius dan bisa dibaca sebagai upaya mengambinghitamkan pemerintahan Jokowi atas tindakan individual yang dilakukan seorang pengurus partai pendukung kubu Prabowo,” tegas Koordinator Ksatria Airlangga Teguh Prihandoko, melalui pesan tertulis, Senin (4/3/2019).

Menurut Teguh, tertangkapnya Andi Arief justru mengindikasikan keseriusan pemerintah, dalam hal ini kepolisian dan Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam upaya pemberantasan peredaran narkoba. Dalam pandangan Teguh, selain salah sasaran pernyataan Waketum Gerindra itu juga memalukan.

Teguh mendesak kepolisian untuk memprioritaskan penyelidikan kasus Andi Arief ini agar masyarakat tahu kejadian yang sebenarnya. Ia meminta para politisi tidak bicara sembarangan karena publik sudah cerdas untuk menilai siapa yang gemar memutarbalikkan fakta. 

2 dari 2 halaman

Ganggu Kehidupan Bernegara

Kecaman serupa datang dari deklarator Komunitas Ksatria Airlangga, Heru Hendratmoko.

“Pernyataan pengurus Partai Gerindra itu sama sekali tak bisa dipertanggungjawabkan,” ujarnya di Jakarta, Senin (4/3/2019).

Menurut Heru, data menunjukkan jumlah jaringan sindikat narkoba turun dari 99 jaringan pada 2017 menjadi 83 jaringan pada 2018.

“Ini menunjukkan BNN dan kepolisian tak main-main dalam menggulung jaringan pengedar narkoba di tanah air,” lanjutnya. 

Heru menggarisbawahi pemakaian narkoba di kalangan politisi yang justru bisa menggoyahkan sendi-sendi kehidupan bernegara.

“Ini sungguh berbahaya. Bagaimana kita bisa mempercayakan kebijakan publik kepada mereka kalau para pengambil keputusan justru berada di bawah pengaruh narkoba?” sergahnya. 


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Heboh TKA Punya e-KTP, TKN Jokowi Duga Ada yang Sengaja Bikin Gaduh

Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo dan Ma’ruf Amin meminta masalah adanya tenaga kerja asing (TKA) yang memiliki e-KTP tak diperpanjang. Sebab, persoalan TKA yang memiliki e-KTP sudah ada aturannya dalam Undang-undang.

“Peraturan TKA dengan kondisi tertentu wajib memiliki e-KTP diatur dalam UU Nomor 24 Tahun 2013. Produk UU ini kan yang bikin pemerintah dan parlemen, artinya tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan kepemilikan kartu identitas tersebutkan?” kata Juru Bicara TKN Jokowi-Ma’ruf, Irma Suryani Chaniago saat dihubungi detikcom, Selasa (26/2/2019).

Terlebih lagi, menurut Irma, e-KTP milik TKA itu tidak bisa digunakan untuk memilih saat pemilu karena tak terdaftar di DPT. Ia kemudian menduga ada pihak yang sengaja memframing buruk kabar adanya TKA yang memiliki e-KTP itu untuk menyerang pemerintah.
“Yang menggoreng-goreng berita ini pasti yang punya tujuan buruk, yaitu untuk membuat kegaduhan dan Image negatif pada pemerintah. Aduh, cukup dong bikin-bikin fitnah seperti ini,” kata Irma.

Ia pun berharap dalam kontestasi Pemilu ini seluruh kontestan mengedepankan kualitas program kerja. Ia juga meminta oknum yang sengaja memframing buruk itu menghentikan aksi kampanye hitamnya.

“Oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab saya himbau cukup, tinggalkan black campaign seperti ini, memalukan ketahuan kalau tidak cerdas dan nggak ngerti regulasi atau sengaja bikin hoax,” sebutnya

KPU sebelumnya telah menjelaskan duduk perkara kemunculan NIK TKA China di Cianjur dalam DPT Pemilu 2019. NIK TKA China berinisial GC itu muncul di DPT ketika dimasukkan bersama nama WNI berinisial B.

Masalahnya ternyata ada pada perbedaan NIK Pak B (warga negara Indonesia) di e-KTP dengan DPT yang bersumber dari DP4 Pilkada 2018. Pak B tetap bisa mencoblos pada Pemilu 2019, sedangkan GC (warga negara China) tidak bisa mencoblos.

“Poin pentingnya adalah Bapak GC dengan NIK ini tidak ada di DPT Pemilu 2019. Poin pentingnya itu,” tegas ujar komisioner KPU Viryan Aziz.
(ibh/rna)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Abaikan Perintah Pelatih Chelsea, Kepa Lolos dari Sanksi?

Liputan6.com, Jakarta Penjaga gawang, Kepa Arrizabalaga membangkang perintah pelatih Chelsea, Maurizio Sarri pada pertandingan melawan Manchester City di Stadion Wembley, Minggu (24/2/2019). Dia menolak digantikan Willy Caballero saat masa perpanjangan waktu segera berakhir.

Sikap Kepa seakan menampar wajah Sarri sebagai pelatih. Reputasinya dan nama baiknya sebagai pelatih tercoreng sikap mbalelo penjaga gawang berusia 24 tahun tersebut. Apalagi dalam duel ini, Chelsea akhirnya kalah 3-4 lewat drama adu penalti melawan ManCity. 

Meski akhirnya menganggap sikap Kepa sebagai kesalahpahaman, Maurizio Sarri tidak bisa menyembunyikan kemarahannya saat kejadian. Mantan pelatih Napoli tersbebut bahkan sempat membanting botol sebagai luapan emosinya atas pembangkangan Kepa.

“Kepa benar, tapi dia salah dalam caranya bersikap. Saya benar-benar marah dan akan berbicara padanya (Kepa) karena dia harus mengerti kalau kami bisa dapat masalah, terutama dengan Anda (para media),” beber Sarri seperti dilansir Metro.co.uk. 

Kepa sudah menyampaikan pembelaannya. Dia mengaku tidak bermaksud meremehkan Sarri. Hanya saja, keputusan itu terlihat salah karena tim dokter terlambat tiba di bench pemain. Dia mengaku masih bisa melanjutkan permainan meski sempat mendapat perawatan dari tim medis Chelsea. (Baca pembelaan Kepa selengkapnya di sini).



2 dari 2 halaman

Lolos Sanksi?

Tidak hanya Sarri yang berang melihat sikap Kepa. Fans Chelsea juga marah dan meminta pemain Spanyol itu dikeluarkan dari tim. Namun Kepa boleh bernapas lega. Sebab, manajamen The Blues kabarnya sama sekali tidak memberikan hukuman terhadap dirinya.

Salah seorang sumber seperti dilansir Metro.co.uk, menyebutkan bahwa baik Sarri maupun Kepa sama-sama ingin melupakan kejadian memalukan tersebut.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

3 Wanita Anggota Kongres, Termasuk 2 Muslimah Ini Ubah Wajah Politik AS

Washington – Trio perempuan yang baru terpilih menjadi anggota Kongres telah mengguncang politik Amerika Serikat.

Ketiga perempuan kulit berwarna ini memenangkan kursi sebagai wakil Partai Demokrat lewat pemilihan umum sela AS bulan November lalu.

Meskipun pendatang baru, mereka secara terbuka mempertanyakan konvensi lama kelompok mapan Amerika, baik dalam hal domestik maupun luar negeri, sehingga mendapatkan pendukung antusias, di samping pengecam keras, termasuk dari dalam partainya sendiri.

Jadi apakah perempuan ini wakil banyak suara yang radikal atau revolusioner yang sudah lama dinantikan politik AS?

Bersejarah Alexandria Ocasio-Cortez Alexandria Ocasio-Cortez memasuki Kongres sebagai bagian dari jumlah terbanyak wakil perempuan di DPR dalam sejarah AS. (iStock)

Di usia 29 tahun, Alexandria Ocasio-Cortez, mantan bartender dan pelayan dari New York menjadi perempuan termuda yang masuk ke Kongres. Keluarganya berasal dari Puerto Rico.

Ihan Omar dari Minnesota adalah warga Amerika keturunan Somalia berumur 38 tahun yang memakai hijab. Dia tiba di AS pada tahun 1995 sebagai pengungsi.

Pada pemilu sela November, dia dan rekannya Rashida Tlaib menjadi perempuan Muslim pertama yang terpilih di Kongres.

Rashida Tlaib, 42 tahun, wakil dari Michigan, adalah seorang pengacara dari generasi pertama Amerika-Palestina. Nenek dan kerabatnya masih tinggal di Tepi Barat yang diduduki Israel.

Bisa dikatakan bahwa ketiganya mewakili politik progresif Demokrat AS.

Mereka mendukung hak LGBT, aborsi sebagai hak perempuan dan membela hak imigran.

Rashida Tlaib dan Ilhan Omar. Rashida Tlaib dan Ilhan Omar mencatat sejarah sebagai perempuan Muslim pertama di Kongres. (Getty Images)

Bintang media sosial

Dalam kaitannya dengan masalah luar negeri, Ilhan Omar dan Rashida Tlaib sangat berbeda dengan warga AS pada umumnya terkait dengan Israel, sekutu Amerika sejak lama dan penerima bantuan.

Sementara dalam hal politik dalam negeri, Alexandria Ocasio-Cortez atau AOC nama yang dipakai penggemarnya di Twitter, telah mengguncang dan mendapatkan banyak perhatian karena pandangannya yang sangat kiri, suatu hal yang langka di politik AS.

Tidak diragukan lagi bahwa perempuan-perempuan Demokrat ini sangat menentang Presiden Donald Trump.

Tetapi kadang-kadang pesaing serius pun memiliki kesamaan.

Misalnya dalam hal penggunaan 280 karakter sebuah Tweet.

Jika Donald Trump telah membuat terobosan dengan membuat Twitter sebagai saluran utama untuk berbicara langsung dengan masyarakat Amerika, politikus perempuan ini mengikuti jejaknya dengan mengedepankan pesan politik lewat kehadiran kuat di media sosial.

Akun Twitter Alexandria Ocasio-Cortez Twitter telah menjadi ‘medan pertempuran’ para politikus Amerika. (Twitter)

Perlombaan interaksi

Ini adalah strategi yang terutama berhasil bagi Alexandria Ocasio-Cortez.

Menurut sebuah kajian yang dilakukan situs internet berita Axios, selama sebulan anggota Kongres ini menciptakan lebih banyak interaksi di Twitter (retweets dan likes) dibandingkan enam situs berita paling berhasil AS di Twitter, termasuk organisasi besar seperti CNN dan New York Times.

Saat penelitian dilakukan, Donald Trump masih di atasnya dengan jumlah sekitar tiga kalinya, tetapi data ini – mengalahkan anggota Demokrat lainnya – tetap saja mewakili keberhasilan besar bagi Alexandria Ocasio-Cortez mengingat dirinya baru saja menjadi anggota DPR.

Melakukan streaming video-nya di Instagram saat membuat sup di dapur sambil membicarakan usulan peningkatan pajak bagi orang kaya kemungkinan tidak sukai semua orang, tetapi bagi generasi baru yang tumbuh dengan media sosial, dia sangatlah menarik.

Alexandria Ocasio-Cortez di Instagram.
AOC juga aktif di Instagram dan video memasaknya terbukti sangat populer. (Instagram)

Di samping peningkatan pajak sampai 70% bagi orang berpemasukan tinggi, dia juga mempromosikan rencana Green New Deal untuk menjadikan Amerika sama sekali bebas dari bahan bakar fosil dengan berinvestasi pada energi bersih, asuransi kesehatan bagi semua warga dan universitas gratis.

Masalah Amazon

Dia juga menentang bisnis besar pada sejumlah masalah, termasuk tentang pendanaan kampanye politik, keuntungan perusahaan obat besar yang dituduh “menggunakan penelitian yang dibiayai masyarakat untuk mendapatkan obat swasta yang mahal” dan perdebatan terbuka dengan pengecer terbesar dunia, Amazon, terkait rencana mendirikan markas di New York City.

Donald Trump mengatakan dia seorang sosialis, menekankan bahwa ‘Amerika tidak akan pernah menjadi negara sosialis’.

Jadi apakah itu memang benar? Ocasio-Cortez menjawab dengan mengatakan dirinya adalah Sosialis-Demokrat, dengan penekanan pada kata Demokrat.

Dia tentu saja memiliki sejumlah pengecam, salah satunya adalah mantan Senator Joe Lieberman dari partainya sendiri, yang mengatakan Alexandria Cortez-Ocasio tidak boleh menjadi masa depan Demokrat.

Kantor Ocasio-Cortez Pengunjung Kongres mulai meninggalkan pesan cinta dan dukungan di pintu kantor Alexandria Ocasio-Cortez. (Reuters)

Dalam beberapa bulan ke depan, memang meloloskan rancangan undang-undang kemungkinan akan lebih sulit bagi Alexandria Ocasio-Cortez dibandingkan mendapatkan 3,2 juta pengikut di Twitter, tetapi hampir semua orang sepakat dia adalah kekuatan besar yang mendominasi wacana politik.

Lain dari biasa

Jika kemenangan Trump pada pemilu sebagai petunjuk, usahanya yang sering terdengar mengingatkan bahwa Amerika bosan dengan politik pada umumnya, sepertinya juga terjadi di sebagian besar masyarakat AS.

Anggota Kongres perempuan yang baru terpilih menyerang Trump dengan semangat yang sama: dia tidak bisa mengharapkan dirinya dapat bekerja seperti biasa.

Ketika Ilhan Omar, wakil masa jabatan pertama kelahiran Somalia mempertanyakan utusan yang baru ditunjuk Trump untuk Venezuela, diplomat veteran Elliott Abrams pada sebuah sidang Kongres, videonya langsung menjadi viral.

Ilhan Omar Ilhan Omar terpilih menjadi bagian dari Foreign Affairs Committee DPR. (Getty Images)

“Apakah Anda akan mendukung kelompok bersenjata di dalam Venezuela yang terlibat kejahatan perang, kemanusiaan atau genosida jika Anda percaya mereka melakukannya untuk kepentingan AS, seperti yang Anda lakukan di Guatemala, El Salvador, dan Nikaragua?” Ilhan Omar menanyakannya, sehingga memicu perdebatan menegangkan di antara keduanya.

Dia mengacu kepada peran Elliott Abrams dalam skandal yang dikenal sebagai Iran-Contra.

Ketika diketahui bahwa Amerika secara diam-diam menjual senjata ke Iran pada tahun 1980-an dan menyalurkan dananya untuk kelompok anti-komunis Nikaragua.

“Sepertinya adil”

Selama masa jabatannya, milisi yang dilatih AS melakukan pembantaian di El Salvador, membunuh lebih dari 800 warga sipil.

Elliott Abrams mengatakan interogasinya ‘konyol’ dan ‘sebuah serangan pribadi’.

Tetapi Alexandria Ocasio-Cortez yang bereaksi lewat Twitter, mendapatkan 62.000 likes. “Menyaksikannya menanyai utusan Trump … sepertinya keadilan ditegakkan,” tulisnya.

Ilhan Omar Ilhan Omar adalah pengungsi Somalia yang tiba di AS saat berumur 12 tahun. (Getty Images)

Pihak-pihak yang membela Ilhan Omar mengatakan dia mengangkat masalah kelompok elite Washington yang sejak lama tidak diperhatikan.

Meskipun demikian, perbedaan pandangan terkait posisi Ilhan Omar terhadap Israel memicu kontroversi yang lebih tajam.

Kontroversi Israel

Wakil Minnesota ini mendukung gerakan BDS, kampanye pimpinan Palestina yang terinspirasi gerakan anti-apartheid Afrika Selatan, untuk menerapkan boikot, divestasi dan sanksi terhadap Israel terkait dengan kebijakan Palestinanya.

Israel menuduh gerakan tersebut mengancam keberadaan mereka, sebuah pandangan yang juga didukung sebagian besar politikus kedua partai di Kongres.

Ilhan Omar Wakil Minnesota terlibat dalam sengketa anti-Yahudi. (Getty Images)

Ketika diketahui bahwa anggota paling senior Republik di House of Representatives, Kevin McCarthy, menegaskan akan menindak Ilhan Omar terkait dugaan anti-Yahudi, dia mengirim tweet, mengisyaratkan bahwa kelompok lobi pro-Israel, Aipac (The American Israel Public Affairs Committee) menggunakan insentif keuangan untuk mendukung agenda pro-Israel.

Komentarnya membuka berbagai masalah dengan pendukung dan pengecamnya, memulai perang Twitter terkait peran Aipac dalam politik AS dan mempertanyakan apakah Ilham rasis terhadap Yahudi.

Permintaan maaf Aipac

Jumlah orang yang tersinggung cukup berarti, mereka menekankan bahwa dia mendukung stereotip bahwa “Yahudi kaya mengendalikan dunia”.

Presiden Trump menuntutnya mundur, Chelsea Clinton menyerangnya karena menggunakan masalah anti-Yahudi dan senator senior Demokrat Chuck Schumer menuduhnya tidak toleran dan menggunakan kiasan anti-Yahudi.

Sebagai jawabannya, pembela Ilhan di Tiwtter menyebarkan video pidato Schumer di konferensi Aipac hampir setahun lalu.

Mereka memintanya untuk meminta maaf terkait dengan apa yang mereka pandang sebagai kefanatikan keagamaan dan anti-Palestina.

Senator Chuck Schumer Salah satu Demokrat senior di Kongres, Senator Chuck Schumer, berbicara di Aipac Policy Conference bulan Maret 2018. (Getty Images)

Pada di video tersebut, Senator Schumer, seorang Yahudi, mengatakan kepada anggota Aipac, “Tentu saja, kita mengatakannya tanah kita, Taurat mengatakan itu, tetapi mereka (Palestina) tidak mempercayai Taurat. Jadi itulah alasannya mengapa tidak tercipta perdamaian.”

Tweets masa lalu

Ini bukanlah untuk pertama kalinya pengaruh lobby Aipac pada politik Amerika diperhatikan.

Pada tahun 2005, Steven Rosen, saat itu pejabat senior Aipac, mengatakan kepada seorang wartawan New Yorker lewat sebuah wawancara makan malam bahwa “Dalam 24 jam, Aipac kemungkinan mendapatkan tanda tangan 70 senator di serbet ini.”

Ketika Twitter membicarakan apakah Ilhan khusus dijadikan sasaran karena dirinya adalah Muslim perempuan pendukung BDS, dia mengirim tweet tentang ‘permintaan maaf tegas’, menyampaikan terima kasih kepada rekan-rekan yang “mendidiknya terkait dengan sejarah menyakitkan kiasan anti-Yahudi.’

Ini adalah untuk kedua kalinya politikus Amerika Somalia ini menyampaikan permintaan maaf setelah dikecam karena tweet anti-Yahudi.

Palestina. Dua Muslim perempuan di Kongres AS juga menjadi yang pertama sebagai pendukung gerakan BDS. (Getty Images)

Setelah memasuki Kongres, posting tahun 2012-nya muncul kembali, di mana dia menulis “Israel telah menghipnotis dunia, semoga Allah membangunkan orang dan membantu mereka melihat kejahatan yang dilakukan Israel”.

Tweet dipasang bersamaan dengan Operation Pillar of Defense melawan Gaza yang dilakukan Israel, menewaskan enam warganya dan 158 orang Palestina termasuk paling tidak 30 anak-anak dan 13 perempuan, menurut data PBB.

Menyumpah

Rashida Tlaib, anak perempuan pengungsi Palestina, adalah anggota perempuan Kongres lainnya yang secara terbuka mendukung gerakan BDS melawan Israel.

Tetapi setelah kemenangannya di pemilu, dia memicu kemarahan karena alasan yang sangat berbeda.

Beberapa jam setelah diambil sumpahnya, wakil Michigan mengundang kontroversi karena menyumpahi Trump, mendesak pemakzulannya di depan kerumunan pendukungnya.

“Kita akan memakzulkan the mother****r”(si keparat)”, kata-kata Tlaib yang segera membuat viral videonya.

Rashida Tlaib Sebagai perempuan anggota Kongres pertama dari keturunan Palestina, Rashida Tlaib mengenakan thobe. (Getty Images)

#UnapologeticallyMe

Presiden membalas dengan mengatakan komentarnya memalukan dan dia telah mencemari dirinya dan keluarganya.

Demokrat Michigan yang diambil sumpahnya dengan mengenakan pakaian tradisional Palestina, thobe dan menggunakan Quran keluarga tersebut tidak merasa perlu meminta maaf, lewat tweet-nya dia mengatakan dirinya akan selalu menyuarakan kebenaran bukannya kekuasaan, lewat hashtag #UnapologeticallyMe.

Dia menerima banyak kecaman, termasuk dari sejumlah Demokrat, tetapi pengadilan terbukanya di Twitter menunjukkan Tlaib memiliki banyak pendukung, sebagian bahkan memujinya sebagai ikon feminis karena menjawab presiden dengan menggunakan ‘bahasanya (yang dipakai Trump) sendiri’.

Kolumnis New York Times. Michelle Goldberg, membela Rashida Tlaib dengan mengingatkan pembacanya bahwa bahasa Trump sampai sejauh ini termasuk – yang sama sekai tidak sopan – meremas alat kelamin perempuan dan mengatakan negara Afrika penuh kotoran manusia.

Foto Rashida Tlaib Paman Rashida Tlaib yang tinggal di desa Beit Ur al Foqa, Tepi Barat. (Getty Images)

“Wajah baru kekuasaan politik Amerika ini membuat banyak orang merasa tidak nyaman,” tulisnya.

Alternatif Tepi Barat

Rashida Tlaib, yang kemudian membicarakan kejadian tersebut dengan situs internet berita Politico mengatakan,”Saya tidak menginginkan apa pun yang saya lakukan atau katakan membuat kita terkecoh. Dan hanya karena itulah saya akan meminta maaf, bahwa ini mengalihkan perhatian.”

Warga Amerika keturunan Palestina ini kemungkinan akan menjadi perhatian kembali jika rencananya untuk melakukan kunjungan ke Tepi Barat sebagai anggota Kongres, bukannya lawatan ke Israel yang biasa dilakukan, akan terjadi.

Anggota baru Kongres AS yang baru terpilih setiap tahun diundang ke Israel secara gratis, disponsori bagian pendidikan Aipac.

Kebanyakan dari mereka menerima undangan tersebut, tetapi tahun ini mereka kemudian akan mendapatkan pilihan lain.

Rashida Tlaib Warga Amerika keturunan Palestina yang dibesarkan di Detroit ini adalah anak tertua dari 14 saudara. (Getty Images)

Rashida Tlaib berencana mengundang anggota baru untuk bergabung dengan dirinya, mengunjungi Tepi Barat, memusatkan perhatian kepada segregasi dan pengaruh pendudukan militer Israel selama 52 tahun.

“Saya pikir Aipac tidak memberikan lensa yang nyata dan adil terkait masalah ini,” katanya dalam wawancara dengan situs Intercept.

“Mereka tidak memperlihatkan sisi yang saya ketahui nyata, yaitu apa yang dialami nenek saya dan apa yang terjadi kepada keluarga saya disana.”

Dia dituduh sejumlah pengecamnya bersimpati kepada teroris.

“Saya Muslim dan Palestina,” tulisnya pada sebuah posting Twitter, “Hadapilah itu.”

(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Benarkah Bukti Kasus Pelecehan Seksual Anak Sengaja Dilenyapkan dari Gereja Katolik?

Liputan6.com, Roma – Seorang Uskup Agung di Munich (Jerman), Kardinal Reinhard Marx, mengatakan kepada 190 pemimpin gereja yang berkumpul di Roma bahwa prosedur untuk menyelidiki dan menghukum para pendeta pedofil sering diabaikan.

“Arsip yang mendokumentasikan perbuatan mengerikan dan mengungkapkan identitas pelaku kejahatan seksual pada anak, telah sengaja dihancurkan, atau bahkan tidak dibuat,” katanya, seperti dikutip dari ABC Indonesia, Minggu (24/2/2019).

Komisi kerajaan Australia menemukan “asas kerahasiaan berlaku” di Gereja Katolik, dan dokumen tentang tuduhan pelecehan seksual anak seringkali tidak disimpan.

Peter Isely, dari Ending Clergy Abuse, mempertanyakan apakah para kardinal telah merujuk para uskup yang menutupi kejahatan ini kepada otoritas sipil. “Mereka telah menghancurkan bukti kejahatan terhadap anak-anak yang diperkosa. Kardinal Marx tahu siapa para pelaku itu,” ucap Isely.

Sementara itu, Vatikan dianggap memiliki berbagai lembaga untuk menyelidiki kejahatan pelecehan seksual anak ini, tetapi Kardinal Marx mengkritik penggunaan “asas rahasia kepausan” dalam beberapa kasus.

“Gereja tidak boleh beroperasi di bawah standar kualitas administrasi peradilan publik, jika tidak ingin menghadapi kritik bahwa gereja memiliki sistem hukum yang lebih rendah yang berbahaya bagi orang-orang,” ungkap Marx.

Sedangkan Uskup Agung di Brisbane, Mark Coleridge, mengklaim bahwa ia mengetahui adanya “penumpukan” kasus yang telah dirujuk ke penyelidik di Vatikan, termasuk beberapa kasus itu berasal dari Australia. “Saya tahu ada sesuatu yang menjadi hambatan … dalam arti saya pikir mereka telah kebanjiran kasus, mereka telah meminta semua kasus ini dilaporkan ke Roma,” akunya.

Salah satu pidato yang paling banyak mendapat perhatian dalam pertemuan Paus tentang perlindungan anak di bawah umur, disampaikan oleh salah satu dari sedikit wanita yang diundang untuk berpartisipasi dalam acara itu.

Suster Veronica Openibo, biarawati dari Nigeria, menegaskan bahwa Gereja Katolik harus bertanggungjawab atas kegagalannya. “Kita harus mengakui bahwa keadaan biasa-biasa saja, kemunafikan, dan rasa puas diri kita telah membawa kita ke tempat yang memalukan dan tidak bermartabat yang kita kenal sebagai gereja,” serunya.

Dia juga mengecam gereja, karena telah berlindung dibalik citra sebagai “penjaga standar moral” ketika kasus-kasus pelecehan seksual anak justru disembunyikan dari muka dunia.

Kisah-kisah tentang wanita yang telah mengalami pelecehan seksual di gereja menjadi terang benderang, termasuk pemerkosaan para biarawati.

Openibo menggarisbawahi bahwa ada “diskriminasi gender dan peran perempuan telah diabaikan di gereja.”

Pada pembukaan KTT itu, seorang wanita tak dikenal asal Afrika menceritakan kisahnya kepada para uskup dan menyampaikan, dia dihamili sebanyak tiga kali oleh seorang pemuka agama yang memperkosanya selama 13 tahun.

“Saya merasa hidup saya hancur,” kenangnya sembari berurai air mata.

Di samping itu, jurnalis veteran Vatikan, Valentina Alazraki, juga berpidato kepada para uskup bahwa media akan terus menjadi “mimpi terburuk” gereja jika mereka tidak segera menangani krisis ini.

“Laporkan hal-hal (pelecehan seksual) ketika Anda mengalaminya. Itu adalah satu-satunya cara, jika Anda ingin masyarakat mempercayai gereja ketika Anda mengatakan ‘mulai sekarang kita tidak akan lagi mentolerir dan menutup-nutupi’,” tegasnya.


Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Italia Dinilai Lamban

Berkali-kali selama berlangsungnya KTT Uskup pada akhir pekan ini di Roma, seorang korban pelecehan seksual anak bernama Alessandro Battaglia, mengutarakan kenangannya mengenai kejadian nahas yang dialaminya.

Dia berusia 15 tahun ketika seorang pendeta melecehkannya, dan pria itu baru-baru ini dinyatakan bersalah di pengadilan Italia.

Dari Milan, Alessandro Battaglia datang ke Roma untuk bertemu dengan para penyintas korban pelecehan imam gereja lainnya, untuk memprotes respons gereja terhadap krisis pelecehan seksual di kalangan gereja di Italia.

“Mereka ingin mengutamakan reputasi mereka dibandingkan kehidupan anak-anak. Ini cara hidup para kriminal,” ucapnya.

Pria berusia 23 tahun itu mengatakan, pemerintah Italia lamban untuk mengambil tindakan karena ikatan mendalam Italia dengan Gereja Katolik Roma. “Kondisi penangan kasus ini berbeda di Italia karena kami memiliki Vatikan di sini,” menurutnya.

Di sela-sela pertemuan puncak itu, ratusan umat Katolik datang ke Roma untuk mendesak Paus Fransiskus agar melibatkan lebih banyak orang awam dan perempuan dalam pengambilan keputusan.

Wanita-wanita Amerika dari Gerakan Pekerja Katolik berziarah untuk mendoakan para penyintas, termasuk Claire Schaeffer-Duffy dari Massachusetts.

“Ini adalah isyarat iman sebagai penyintas untuk berada di sini dan mengatakan kepada gereja Anda harus menghadapi ini,” pungkasnya. “Karena jika anda tidak memiliki keyakinan anda tidak akan datang, anda akan mengatakan lupakan mereka bahwa mereka hanya nasib buruk, saya akan pergi.”

3 Alasan Real Madrid Sulit Juara Liga Spanyol Musim Ini

Madrid – Real Madrid ternyat tidak memiliki catatan yang bagus di Liga Spanyol dalam satu dekade terakhir. Los Blancos hanya meraih juara dua kali dalam rentang 10 tahun itu.

Hampir setiap tahun, Los Blancos terlihat kacau dalam tahap penting dan tidak mampu mengejar rival berat mereka Barcelona. Mereka sepertinya juga mengalami hal yang sama pada musim ini.

Real Madrid sempat tampil bagus dalam beberapa pertandingan terakhir dan membuka peluang dalam perburuan gelar La Liga. Setelah mengalahkan sang tetangga Atletico Madrid 3-1 di Wanda Metropolitano, sepertinya Madrid akan bisa mengejar Barcelona.

Namun, mereka justru terpeleset ketika menjamu Girona di Santiago Bernabeu. Tim asuhan Santiago Solari itu secara mengejutkan kalah 2-1 di depan pendukungnya sendiri.

Setelah kekalahan itu, Real Madrid turun ke posisi ketiga di klasemen dan saat ini berjarak 9 poin dari posisi puncak. Sepertinya impian mereka untuk meraih gelar liga pada musim ini sudah berakhir.

Berikut adalah alasan utama kegagalan mereka tersebut seperti dilansir Sportskeeda.

2 dari 4 halaman

Pertahanan yang Bermasalah

Real Madrid membeli kiper peraih Golden Glove Piala Dunia Thibaut Courtois dan mencoret kiper utama mereka Keylor Navas. Tetapi transfer ini masih belum berjalan sesuai rencana.

Courtois adalah kiper yang bagus tetapi ia melakukan banyak kesalahan dan belum mampu mengemas banyak clean sheet. Mantan kiper Chelsea itu sudah kebobolan 29 gol di liga dan sangat buruk di belakang. Penampilannya di El Clasico juga sangat memalukan dan Madrid kalah 5-1.

Pertahanan Madrid musim ini sangat rapuh karena pemain bintang seperti Marcelo dan Raphael Varane tampil sangat buruk. Sergio Ramos merupakan pemimpin di lini belakang, tetapi bek Spanyol itu sangt tidak mungkin untuk mengendalikan pertahanan sendirian.

Cedera juga menjadi momok bagi tim asuhan Santiago Solari itu karena Dani Carvajal, Varane dan Marcelo sudah absen dalam banyak pertandingan.

3 dari 4 halaman

Faktor Piala Dunia

Pemenang Ballon D’or Luka Modric selalu menjadi salah satu pemain paling penting bagi Real Madrid. Dia selalu konsisten dan tim yang bermarkas di Bernabeu itu sudah memenangkan banyak pertandingan karena kecemerlangannya.

Lini tengah Madrid sudah menjadi salah satu yang terbaik di dunia selama beberapa tahun terakhir dan Modric menjadi pemain penting di sana bersama dengan bintang Jerman Toni Kroos. Tapi musim ini, karena Piala Dunia, penampilannya sangat berbeda jauh dan tidak terlihat istimewa. Ini sangat merugikan Madrid karena mereka tidak bisa mengontrol permainan. Baik Kroos dan Modric tidak tampil bagus dan mengecewakan sepanjang musim.

Hal yang sama terjadi dengan peraih Golden Glove Thibaut Courtois dan juara Piala Dunia Raphael Varane. Mereka berdua kembali ke Madrid setelah Piala Dunia yang panjang dan tidak mendapat waktu istirahat yang panjang. Mereka terlihat kelelahan dalam banyak pertandingan dan itu sangat memperngaruhi performa mereka.

4 dari 4 halaman

Lini Depan Mandul

Setelah Cristiano Ronaldo hengkang ke Juventus, Real Madrid tidak membeli pengganti yang sepadan pada musim panas. Satu-satunya striker yang mereka beli adalah Mariano Diaz yang belum bisa menggantikan posisi Ronaldo. Kepergian Ronaldo adalah salah satu alasan utama mengapa Madrid belum bisa memenangkan pertandingan.

Jumlah gol yang dicetak Madrid menurun secara signifikan dan tidak ada yang mampu mencetak banyak gol seperti yang dilakukan oleh Ronaldo. Setelah Gareth Bale dan Marco Asensio bermain di bawah standar dan Isco terus menerus dicampakkan oleh oleh Solari, penyerang yang sering diturunkan Madrid adalah Karim Benzema, Vinicius Junior, dan Lucas Vazquez. Mereka pun belum cukup konsisten untuk selalu mencetak gol di setiap pertandingan.

Sumber: Bola.net

Pimpin Negara Mayoritas Katolik, Presiden Filipina: Ada Bagian Islam di Diri Saya

Liputan6.com, Manila – Presiden Filipina Rodrigo Duterte kembali menyita perhatian global, ketika dalam sebuah pidato pada Jumat 15 Februari, dia mengucap pujian dengan cara Islam, setelah sebelumnya mengecam para anggota ulama Katolik.

Berbicara di depan hadirin yang didominasi masyarakat muslom di Kota Cotabato, Duterte berseru: “Ada bagian dari diri saya yang sebenarnya adalah Islam.”

“Itulah sebabnya, jika saya dan para pendeta gila itu bertengkar, saya bukan Katolik. Saya Islam … dan itu benar,” tambahnya dalam bahasa Tagalog, sebagaimana dikutip dari ABS CBN News pada Selasa (19/2/2019).

Klaim sensasional itu disampaikan oleh Rodrigo Duterte sebagai penekanan terhadap rancangan Hukum Organik Bangsamoro (BOL), yang akan memberikan komunita muslim di Filipina selatan, entitas dan otonomi lebih besar sehingga diharapkan berdampak pada kemajuan politik dan ekonomi setempat.

Saat memulai pidatonya, Duterte juga terdengar beberapa kali mengagungkan nama Allah, yang menurutnya, telah membawa kebaikan untuk memungkinkan tercapainya era baru masyarakat BOL.

“Tuhan pasti pada kita. Fakta bahwa kita telah mencapai titik ini setelah bertahun-tahun negosiasi dan interupsi. Kita di sini. Insya Allah. Tuhan itu agung. Allahu Akbar,” kata Duterte.

“Sungguh, tanpa Allah, hal itu akan sulit bagi kita,” lanjut presiden berkuasa Filipina itu.

Rodrigo Duterte, yang lahir dan besar sebagai seorang penganut Katolik, kerap bersitegang dengan para pemimpin gereja karena retorikanya yang keras, dan seringkali mempertanyakan tentang doktrin-doktrin agama tersebut.

Duterte sering menuduh Gereja Katolik sebagai institusi yang munafik, dan mengatakan tidak punya hak untuk mengkritik kebijakannya, karena menurutnya, gagal mendisiplinkan anggota klerus yang melanggar hukum.


Simak video pilihan berikut: 

2 dari 2 halaman

Institusi Agama yang Dominan di Filipina

Dalam beberapa pekan terakhir, Duterte diketahui mengeluarkan penghinaan terhadap pendeta Katolik, dan bahkan sempat mengatakan bahwa para uskup harus dibunuh.

Beberapa uskup yang vokal menanggapi penindasan verbal oleh Duterte.

Balanga, Uskup Ruperto Santos mengatakan, pemerintahan Duterte memalukan bagi Filipina. Sementara Uskup Novaliches, Emeritus Teodoro Bacani, menantang presiden berusia 73 itu untuk keluar tanpa pengawalan keamanan.

Meski begitu, Duterte terus mengeluarkan omelan terhadap Gereja Katolik. Padahal sebelumnya, kedua belah pihak telah melakukan beberapa kali dialog perdamaian.

Gereja Katolik adalah institusi agama yang dominan di Filipina, di mana pengaruhnya telah mengakar sejak empat abad terakhir.

Bahkan, sejak 1985, Gereja Katolik diketahui ikut berperan dalam penggulingan dua presiden.

Tetapi sejak Duterte menjabat pada pertengahan 2016, pengaruh Gereja Katolik diuji oleh serangan tanpa henti berupa kritik pemerintah terhadapnya.