Hasil Liga Inggris: Lukaku 2 Gol, MU Atasi Palace 3-1

London – Angka penuh berhasil dibawa pulang Manchester United dari lawatannya ke markas Crystal Palace. Romelu Lukaku mencetak dua gol untuk memenangkan MU 3-1.

Pada lanjutan Liga Inggris, Palace menjamu MU di Selhurst Park, Kamis (28/2/2019) dinihari WIB. The Red Devils mengungguli Palace di babak pertama berkat gol Lukaku.

Tiga gol tercipta di babak kedua. Lukaku memperbesar skor MU sebelum Palace menghidupkan asa dengan gol James Ward. Namun demikian, Ashley Young memastikan kemenangan MU dengan golnya pada 10 menit terakhir.

Kemenangan MU memanaskan persaingan finis empat besar di akhir musim. Dengan tiga angka tambahan, Setan Merah tetap di peringkat lima usai mengumpulkan 55 poin hasil 28 laga. MU berjarak satu poin dari Arsenal di atasnya dan unggul tiga poin dari Chelsea di bawahnya.

Sementara itu, Palace menempati peringkat 14 dengan 30 poin. The Eagles belum aman karena cuma unggul lima angka dari Cardiff City yang berada di zona degradasi.

Jalannya Pertandingan

Peluang berarti pertama diciptakan MU di menit kedelapan. Dari sepak pojok, Luke Shaw mengirim bola ke kotak penalti yang diterima Romelu Lukaku. Namun meski lepas dari kawalan pemain lawan, sepakan voli Lukaku masih melambung di atas mistar gawang.

Hanya berselang tiga menit, giliran Palace menciptakan peluang emas. James McArthur melewati Scott McTominay untuk melepaskan crossing kepada Andros Townsend di dekat tiang gawang. Dari sudut sempit sontekan Townsend juga masih melambung.

Kebuntuan akhirnya terpecah di menit ke-33. MU mengungguli Palace 1-0 berkat gol Lukaku.

Shaw meliuk-liuk di sayap kiri untuk menembus pertahanan Palace sebelum mengirim operan pendek kepada Lukaku. Striker Belgia itu menuntaskan dengan sepakan mendatar terarah yang bersarang di sudut bawah gawang.

Palace hampir langsung mencetak gol balasan. Di menit ke-34, sundulan Jeffrey Schlupp melebar tipis setelah menerima crossing akurat Townsend di dalam kotak penalti.

Alexis Sanchez memperlihatkan manuver menjanjikan. Namun, sebelum bisa merangsek ke kotak penalti Palace, Martin Kelly sukses mengintersepsi untuk mencegah Sanchez melakukan tembakan dari posisi bagus.

Babak pertama berakhir. MU sementara unggul 1-0 atas Palace.

MU melewatkan peluang emas usai restart. Crossing Diogo Dalot menemui Paul Pogba, tapi sundulannya dari jarak dekat justru melambung.

Akhirnya MU memperoleh gol keduanya di menit ke-52. Diawali dari sepak pojok yang gagal diredam Palace, bola menemui Victor Lindelof untuk diteruskan kepada Lukaku di tiang jauh. Pemain yang disebut terakhir melesakkan tendangan kaki kiri guna menyarangkan bola ke sudut atas gawang. Kedudukan berubah menjadi 2-0.

David de Gea membuat penyelamatan untuk pertama kalinya di pertandingan ini. Wilfried Zaha mengalahkan Ashley Young kemudian mengirim bola silang kepada rekan setimnya di dekat tiang gawang MU. De Gea jatuh untuk menepis bola ke luar garis gawang.

Buruknya pertahanan MU mendapat hukuman. Di menit ke-66 Palace menciptakan gol balasan untuk menipiskan skor menjadi 1-2.

Kerjasama dengan Towsend diakhiri Schlupp dengan umpan silang ke arah tiang jauh yang dengan mudah disontek James Ward untuk menaklukkan penjagaan De Gea.

Setelah mencetak gol Palace menjadi lebih percaya diri untuk menyerang. Palace kemudian mendapatkan tendangan bebas dari posisi yang berbahaya. Meski begitu, sepakan Luka Milivojevic tak cukup melengkung sehingga bola gagal mengarah ke sasaran.

Giliran MU dihadiahi tendangan bebas. Pogba maju sebagai eksekutor tapi tembakannya bisa diselamatkan Guaita di sudut kiri bawah gawang.

MU akhirnya membunuh pertandingan di 10 menit terakhir. Bekerja sama dengan Lukaku di luar kotak penalti, Pogba mengirim bola terobosan kepada Ashley Young yang melakukan overlapping. Dari dalam kotak penalti, Young menceploskan sepakan mendatar ke gawang Palace.

Susunan Pemain

CRYSTAL PALACE: Guaita, Tomkins, Kelly, Ward, Van Aanholt (Kouyate 83′), Schlupp, McArthur (Meyer 61′), Townsend, Milivojevic, Zaha, Batshuayi (Benteke 78′)

MANCHESTER UNITED: De Gea, Young, Smalling, Lindelof, Shaw, Dalot (Bailly 77′), Pogba, Fred (Garner 90′), McTominay, Sanchez (Rashford 77′), Lukaku
(rin/raw)

Indonesia Jadi Pemimpin Ekonomi Digital di Asia Tenggara pada 2025

Liputan6.com, Jakarta – Indonesia memiliki peluang besar untuk menjadi negara raksasa pasar digital ekonomi di Asia. Peluang itu bisa dilihat dari sisi jumlah pengguna internet, infrastrukstur telekomunikasi yang mulai merata, serta maraknya kehadiran stratup atau perusahaan rintisan.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Rosan P Roeslani, memproyeksikan bahwa pada 2025 Indonesia berpotensi memiliki pasar ekonomi digital hingga mencapai Rp 2.000 triliun. Sementara, untuk pasar Asia pada 2025 mencapai USD 240 miliar atau sekitar Rp 3.480 triliun (kurs Rp 14.500).

“Kalau kita lihat dari angka angka itu Indonesia menjadi leader Asia Tenggara,” kata Rosan dalam acara Kadin Enterpreneurship Forum 2018, di Satoo Garden, Shangri-La Hotel Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Rosan mengatakan, untuk mencapai itu, Indonesia perlu memanfaatkan bonus demografi yang diperkirakan dimulai pada 2030 mendatang.

“Tentunya kita harus banyak melakukan banyak hal termasuk bagaimana kita memanfaatakn bonus demografi yang kita sedanag alami sekarang dan akan berakhir pada tahun 2040,” jelasnya.

Di samping itu, lanjut Rosan, para pelaku usaha juga perlu melihat jeli peluang usaha dan konsisten terhadap suatu bisnisnya. Tidak hanya memanfaatkan digital ekonomi, namun juga perlu menciptakan lapangan pekerjaan dan mendatangkan investasi.

“Dan tentunya yang kita harapkan dan melahirkan digital literasi anak muda pada entepreneurship terutama pada UMKM,” katanya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

2 dari 3 halaman

Konsumen Paling Banyak Keluhkan Produk Ekonomi Digital, Apa Saja?

Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi mengatakan sebagian besar pengaduan masyarakat yang masuk ke pihaknya terkait kerugian di sektor ekonomi digital.

Berdasarkan data Bidang Pengaduan dan Hukum YLKI, tercatat pengaduan yang terkait ekonomi digital menduduki peringkat pertama selama tiga tahun terakhir. Jumlahnya berkisar 16-20 persen dari total komoditas pengaduan yang diterima YLKI. 

“Pengaduan itu berupa transaksi produk e-commerce, dan atau pinjaman online,” kata dia, di Kantornya, Jakarta, Jumat (25/1/2019). 


Hal ini, kata Tulus, karena pengawasan dan regulasi pemerintah terhadap sektor bisnis daring alias ekonomi digital masih lemah. Dia mengatakan, saat ini pelaku pinjaman online yang terdaftar di OJK hanya 72 saja, tetapi di lapangan yang beroperasi mencapai lebih dari 350 pelaku. 

“Kenapa dibiarkan? Padahal mereka adalah ilegal, OJK bisa langsung bersinergi dengan Satgas Waspada Investasi dan Kementerian Kominfo, untuk langsung memblokir pinjaman online yang ilegal tapi masih bergentayangan. Demikian juga dalam hal belanja online, e-commerse,” ungkapnya.

Dia menuturkan, tentu amat berbahaya bila transaksi antara konsumen dengan pedagang berjalan tanpa pengawasan oleh regulator. Sebab potensi pelanggaran hak konsumen sangat besar.

“Terbukti, menurut data 24 persen uang konsumen hilang dalam transaksi tersebut, alias teljebak aksi transaksi penipuan. Belum lagi pengaduan seperti barang yang diterima konsumen rusak, tidak sesuai, atau terlambat dalam pengiriman,” ujar Tulus.

Dari sisi aturan, lanjut dia, harus diakui jika sampai sekarang belanja online belum ditopang dengan regulasi yang memadai. Mulai belum adanya UU Perlindungan Data Pribadi, sampai Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Transaksi Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

“Sampai sekarang masih tersimpan di laci Sekretariat Negara. Alias mangkrak! Padahal transaksi e-commerse saat Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional), angka pertumbuhannya melompat sampai dua digit. Jika Harbolnas 2012 angkanya hanya mencapai Rp 67,5 miliar; maka pada 2017 melambung menjadi Rp 4,7 triliun,” tegasnya. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Manchester City Kalahkan Chelsea di Final Piala Liga Inggris

Jakarta Manchester City mengalahkan Chelsea lewat drama adu penalti pada final Piala Liga Inggris di Wembley, London, Minggu (24/2/2019) waktu setempat. The Citizens berhasil mempertahankan gelar tersebut.

Pertandingan dimulai dengan tempo sedang. Chelsea sendiri memilih untuk bermain lebih bertahan dan tak menggunakan taktik pressing tinggi seperti saat The Blues kalah 6-0.

City sendiri bermain dominan dan menyerang. Akan tetapi mereka memilih untuk bermain dengan cukup berhati-hati. Alhasil hingga 20 menit laga berjalan tak ada peluang yang bisa diciptakan kedua tim.

Pada menit 21, Aguero melepas tembakan ke gawang Kepa. Namun Bola malah melambung. Ini adalah percobaan tendangan pertama yang tercipta di laga tersebut.

Setelah itu tak ada peluang nyata yang tercipta. Baru pada menit 45+2, nyaris terjadi gol. Gawang City nyaris jebol oleh tandukan Otamendi yang sebenarnya berusaha menghalau bola kiriman Willian.

Pertandingan di awal babak kedua tak jauh beda dari babak pertama. Namun pada menit 56, City bisa mencetak gol melalui Aguero.

Gol itu kemudian dianulir wasit. Sebab aguero diklaim sudah berada di posisi offside. Wasit juga sempat melihat VAR, namun pada akhirnya gol Aguero tetap dianggap tidak sah.

Setelah itu pertandingan kembali berjalan alot. Beberapa peluang sempat tercipta namun tak terlalu berbahaya. Pada akhirnya sampai laga babak kedua berakhir, plus waktu tambahan selama enam menit, tak ada gol yang tercipta.

Pertandingan pun dilanjutkan ke babak extra time. City bermain lebih agresif dan mendominasi penguasaan bola. Namun mereka cukup kesulitan menembus pertahanan Chelsea.

Hingga extra time babak pertama berakhir, tak ada gol yang tercipta. Pertandingan pun dilanjutkan ke babak extra time kedua.

Pada menit ke-110, sempat terjadi kemelut di gawang Chelsea. Sterling sukses menembus kotak penalti dan kemudian memberikan umpan tarik pada Aguero. Bola tendangan pemain Argentina ini berhasil diblok oleh Azpilicueta dan kemudian bola liar berhasil ditinju oleh Kepa.

Aguero kemudian mendapat peluang lagi pada menit ke-118. Namun tendangan kerasnya dari luar kotak penalti yang mengarah ke pojok kiri bawah berhasil diblok dengan sempurna oleh Kepa. Setelah terjadi drama di mana kepa mengabaikan instruksi Sarri dan tak mau digantikan oleh Caballero, pertandingan babak kedua ini kemudian berakhir tanpa gol dan dilanjutkan ke babak adu penalti.

Di kesempatan pertama, Jorginho gagal melaksanakan tugasnya karena bola berhasil diblok Ederson. Setelah itu ekseskusi Gundogan tak bisa dibendung Kepa.

Eksekutor kedua Chelsea adalah Azpilicueta dan dengan mudah ia bisa memasukkan bola ke pojok kiri atas gawang Ederson. Aguero jadi penendang berikutnya dan ia sukses mencetak gol meski bola sempat tertahan oleh Kepa.

Emerson jadi penendang ketiga dan ia sukses melaksanakan tugasnya. Sane kemudian jadi penendang ketiga, namun bola sepakannya berhasil ditepis Kepa.

David Luiz ditunjuk jadi eksekutor keempat, namun bola tendangannya mengenai tiang kiri gawang Ederson. Di sisi lain, Bernardo Silva bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Hazard jadi penendang kelima, dan dengan tendangan panenkanya, ia sukses mengelabui Ederson. Raheem Sterling dipilih jadi eksekutor kelima City, dan ia berhasil melakukan tugasnya dengan sempurna.

Hasil ini membuat Manchester City menang dengan skor 4-3. Mereka pun sukses mempertahankan trofi yang mereka menangkan musim lalu.

Susunan Pemain:

Chelsea (4-3-3): Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta, David Luiz, Antonio Rudiger, Emerson; N’Golo Kante, Jorginho, Ross Barkley; Willian, Eden Hazard, Pedro.

Manchester City (4-3-3): Ederson; Kyle Walker, Nicolas Otamendi, Aymeric Laporte, Oleksandr Zinchenko; Kevin De Bruyne, Fernandinho, David Silva; Bernardo Silva, Sergio Aguero, Raheem Sterling.

Sumber: bola.net

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini:

Manchester City Juara Piala Liga Inggris

LondonManchester City berhasil menjadi juara Piala Liga Inggris 2018/2019. The Citizens menang atas Chelsea, dalam laga sampai adu penalti yang selesai 4-3.

Pertandingan di Wembley, Minggu (24/2/2019), tak ada gol hingga 120 menit. City melepaskan sebanyak 12 tembakan tiga di antaranya menemui bidang, sementara Chelsea tujuh kali mengancam tak ada yang bisa mencapai sasaran.

Laga lanjut ke babak adu kiper, dua eksekutor Chelsea, Jorginho dan David Luiz gagal. City cuma ada satu penenang gagal, Leroy Sane. City berhasil menjadi juara Piala Liga Inggris skor akhirnya saat tos-tosan 4-3.

Jalannya Pertandingan

Chelsea vs City dalam 90 menit. Chelsea cuma melepaskan satu percobaan di babak pertama, itu juga tak menemui bidang. Sementara City empat kali menembak, satu tepat sasaran.

Percobaan City yang tepat sasaran dicatatkan oleh Nicolas Otamendi pada menit ke-43. Bolanya merupakan hasil umpan Oleksandr Zinchenko.

Selepas restart, City mendapatkan peluang pada menit ke-48. Tendangan Fernandinho masih jauh di atas mistar.

Sama halnya dengan dengan sundulan Otamendi meneruskan umpan sepak pojok Kevin De Bruyne pada menit ke-56. Bolanya masih menyamping.

N’Golo Kante mengancam City pada menit ke-66. Eden Hazard melakukan penetrasi dari sayap kiri lalu melepaskan umpan tarik, Kante melepaskan tendangan keras yang masi melambung.

Chelsea memanfaatkan lebar lapangan. Willian bisa mengontrol bola daerah, lalu mengumpan ke Ross Barkley. Eksekusi terakhirnya pada menit ke-71 masih melesat.

Antonio Ruediger dikartu kuning pada menit ke-73. Dia melakukan pelanggaran pada David Silva di muka kotak penalti Chelsea. Tendangan bebas di eksekusi Kevin De Bruyne, arahnya masih jauh dari sasaran.

Oleksandr Zinchenko melakukan intersep krusial. Dia menghalau umpan tarik Pedro agar tak ke muka gawang City.

Tendangan keras David Luiz pada menit ke-87 belum membuahkan hasil. Bolanya juga berhasil diblok barisan pemain belakang tim Manchester biru.

Ederson membukukan penyelamatan untuk City pada menit-menit akhir. Tendangan bebas Willian bisa ditip keluar lapangan.

City ditinggal Fernandinho di masa injury time. Dia tampak kesakitan saat meninggalkan lapangan. Tak lama kemudian laga selesai. Dalam 90 menit belum ada gol, babak tambahan pun digelar.

Pada babak tambahan, City mendapat peluang pada menit ke-93. Sepakan Ilkay Guendogan masih melesat.

Percobaan Chelsea pada menit ke-101 belum tepat sasaran, Jorginho yang melakukan percobaan. Dua menit berselang, Hazard yang gagal mengarahkan bola ke gawang.

Aguero melepaskan tembakan pada menit ke-117, juga belum menjadi gol.

Chelsea mengganti pemain pada menit ke-120. Tapi, Kepa Arrizabalaga menolak diganti oleh Maurizio Sarri. Willy Caballero sudah bersiap di sisi lapangan. Manajer asal Italia itu sempat meninggalkan lapangan, lalu kembali ke muka bangku cadangan. Laga akhirnya berlanjut ke babak tambahan.

Chelsea pertama mengambil penalti, tendangan Jorginho ditepis Ederson. City unggul usai Guendogan menjaringkan bola. Cesar Azpilicueta bisa menyamakan kedudukan.

Aguero menjadi eksekutor kedua City, nyaris gagal. Kepa sudah melakukan antisipasi tepat, tapi bola tetap masuk ke gawang. Emerson, penendang ketiga Chelsea, kembali membuat skor menjadi 2-2.

Leroy Sane! Tendangannya ditepis Kepa, skor tetap 2-2. David Luiz menjadi penendang keempat Chelsea, tendangannya membentur tiang.

Bernardo Silva membawa City unggul 3-2. Eden Hazard penendang kelima City, dengan sukses menyamakan kedudukan 3-3. Raheem Sterling Memastikan City menjadi juara. Penaltinya berhasil, City menang 4-3.

Susunan Pemain

Chelsea: Kepa; Azpilicueta, David Luiz, Rüdiger, Emerson; Kanté, Jorginho, Barkley (Loftus-Cheek 89); Willian (Higuain 95), Hazard, Pedro (Hudson Odoi 79)

Man City: Ederson, Zinchenko, Laporte(Kompany 46), Otamendi, Walker, Fernandinho, Silva (Guendogan 79), De Bruyne (Sane 86), Bernardo, Sterling, Aguero

(cas/yna)

52 Hari Jelang Coblosan, Sandiaga Minta Relawannya Fokus Isu Lapangan Kerja

Makassar – Cawapres 02, Sandiaga Uno menyapa relawan di Rumah Djoeang di Makassar, Sulawesi Selatan. Kepada para relawan, Sandiaga berpesan agar sisa hari jelang Pemilihan Pilpres dimanfaatkan dengan baik untuk meyakinkan kepada masyarakat.

“Saya hadir di sini saya menyapa para relawan dari relawan Rumah Djoeang ini memiliki sejarah tersendiri karena relawan ini tulang punggung pemenangan Pilgub DKI dan sekarang sudah tidak hanya di DKI tapi menyebar di seluruh Indonesia dan hari ini se-Sulawesi Selatan berkumpul mendapat arahan-arahan saya,” kata Sandiaga, di Makassar, Minggu (24/2/219) malam.

Sandiaga meminta para relawan untuk bekerja dengan maksimal untuk memenangkan dirinya dan Prabowo Subianto di Pilpres 2019. Dia meminta para relawan untuk menggaungkan isu lapangan pekerjaan yang diusungnya bersama Prabowo.
“Pertama bahwa kita punya 52 hari fokus pada isu pertama pekerjaan dan Prabowo-Sandi akan membuka lapangan pekerjaan terutama anak muda,” ujarnya.
Selain itu, para relawan juga diminta untuk meyakinkan masyarakat bahwa di bawah kepemimpinannya kelak, harga kebutuhan pokok akan stabil. Sehingga masyarakat dapat hidup dengan sejahtera dan tidak terbebani harga-harga yang melambung tinggi.

“Juga kita pastikan bahwa bahan pokok di bawah Prabowo-Sandi akan kita buat stabil terjangkau kemungkinan akan kita turunkan dan sehingga harga-harga tidak membebani masyarakat khususnya menengah kebawa,” pungkas Sandiaga.
(mae/mae)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Final Piala Liga Unggris: Chelsea Vs City Lanjut ke Babak Tambahan

LondonChelsea vs Manchester City sudah mementaskan 90 menit. Final Piala Liga Inggris tahun ini sampai babak tambahan, skornya masih 0-0.

Dalam pertandingan di Wembley, Minggu (24/2/2019), Chelsea vs City minim tembakan on target dalam 90 menit berdasar data dari ESPN FC. Cuma ada 1 percobaan tepat sasaran, City yang membukukannya.

Chelsea vs City tanpa gol di babak pertama. Chelsea cuma melepaskan satu percobaan di babak pertama, itu juga tak menemui bidang. Sementara City empat kali menembak, satu tepat sasaran.

Percobaan City yang tepat sasaran dicatatkan oleh Nicolas Otamendi pada menit ke-43. Bolanya merupakan hasil umpan Oleksandr Zinchenko.

Selepas restart, City mendapatkan peluang pada menit ke-48. Tendangan Fernandinho masih jauh di atas mistar.

Sama halnya dengan dengan sundulan Otamendi meneruskan umpan sepak pojok Kevin De Bruyne pada menit ke-56. Bolanya masih menyamping.

N’Golo Kante mengancam City pada menit ke-66. Eden Hazard melakukan penetrasi dari sayap kiri lalu melepaskan umpan tarik, Kante melepaskan tendangan keras yang masi melambung.

Chelsea memanfaatkan lebar lapangan. Willian bisa mengontrol bola daerah, lalu mengumpan ke Ross Barkley. Eksekusi terakhirnya pada menit ke-71 masih melesat.

Antonio Ruediger dikartu kuning pada menit ke-73. Dia melakukan pelanggaran pada David Silva di muka kotak penalti Chelsea. Tendangan bebas di eksekusi Kevin De Bruyne, arahnya masih jauh dari sasaran.

Oleksandr Zinchenko melakukan intersep krusial. Dia menghalau umpan tarik Pedro agar tak ke muka gawang City.

Tendangan keras David Luiz pada menit ke-87 belum membuahkan hasil. Bolanya juga berhasil diblok barisan pemain belakang tim Manchester biru.

Ederson membukukan penyelamatan untuk City pada menit-menit akhir. Tendangan bebas Willian bisa ditip keluar lapangan.

Dalam 90 menit belum ada gol, babak tambahan pun digelar.

City ditinggal Fernandinho di masa injury time. Dia tampak kesakitan saat meninggalkan lapangan. Tak lama kemudian laga selesai.

Susunan Pemain

Chelsea: Kepa; Azpilicueta, David Luiz, Rüdiger, Emerson; Kanté, Jorginho, Barkley; Willian, Hazard, Pedro (Hudson Odoi 79)

Man City: Ederson, Zinchenko, Laporte(Kompany 460, Otamendi, Walker, Fernandinho, Silva (Guendogan 79), De Bruyne (Sane 86), Bernardo, Sterling, Aguero
(cas/yna)

Hasil Piala AFF U-22: Indonesia ke Final Usai Kalahkan Vietnam 1-0

JakartaIndonesia melangkah ke final Piala AFF U-22. Tim ‘Merah-Putih’ sukses menaklukkan Vietnam 1-0 berkat gol Muhammad Luthfi Kamal.

Bertanding di Olympic Stadium, Phnom Penh, Minggu (24/2/2019) sore WIB pada laga babak semifinal, Indonesia langsung mendesak Vietnam selepas sepak mula. Gian Zola sempat melepaskan percobaan di menit keenam, tapi masih melebar.

Laga berjalan keras. Vietnam mendapatkan peluang saat laga memasuki 20 menit, dengan sundulan Tran Duc Nam masih mengarah ke atas gawang.

Sejumlah tekanan dilancarkan Vietnam, namun bisa diredam. Indonesia mendapatkan peluang dari Sani Rizki di menit ke-35, hanya saja tembakan dari luar kotak penalti bisa dihentikan kiper Phan Van Bieu.

Vietnam membalas tiga menit kemudian dari situasi bola mati. Umpan lambung gagal disapu pertahanan Indonesia dan disundul pemain Vietnam. Bola cuma melesat ke samping gawang. Babak pertama berakhir tanpa gol.

Baru dua menit babak kedua berjalan, Indonesia mendapatkan kans. Umpan Witan disambar Marinus Wanewar, tapi gagal di tangan Phan Van Bieu.

Vietnam mengancam lewat Tran Duc Nam pada menit ke-60, yang upayanya masih bisa diamankan Awan Setho. Percobaan lain dari Vietnam melalui sundulan semenit kemudian jauh dari gawang.

Indonesia memimpin di menit ke-70. Mendapatkan tendangan bebas di depan kotak penalti, eksekusi Muhammad Luthfi Kamal meluncur ke pojok kanan tanpa bisa dihentikan Phan Van Bien.

Peluang lain gagal dimaksimalkan Indonesia di menit ke-73. Umpan silang Witan dari kiri tak mampu dicocor Osvaldo di tengah kotak penalti.

Vietnam mendapatkan peluang di menit ke-83, saat Tran Duc Nam menyambar umpan silang dengan kepalanya. Bola masih melambung.

Tiga menit kemudian, giliran Nguyen Van Dat mengancam. Kali ini sundulannya melebar dari gawang Awan Setho.

Sampai pertandingan berakhir, tak ada gol lain tercipta. Indonesia pun melangkah ke final dan akan menghadapi pemenang antara Kamboja vs Thailand.

Susunan pemain:

Vietnam: Phan Van Bieu, Nguyen Van Dat, Tran Duc Nam, Tran Tnanh Son, Dung Quang Nho, Nguyen Huu Thang, Nguyen Van Hanh, Phan Tnanh Hau, Nguyen Hoang Duy, Nguyen Thien Duc, Le Van Xuan

Indonesia: Awan Setho, Asnawi Mangkualam, Nurhidayat, Bagas Adi, Firza Andika, Gian Zola, M Luthfi, Sani Rizki, Osvaldo Haay, Witan Sulaiman, Marinus Wanewar
(raw/mrp)

Hasil Liga Italia: Dramatis, Gol Dzeko di Injury Time Menangkan Roma

FrosinoneAS Roma menang secara dramatis di markas Frosinone dalam lanjutan Liga Italia. Gol Edin Dzeko di injury time babak kedua memberi Roma kemenangan 3-2.

Tandang ke Stadio Benito Stirpe pada pertandingan pekan ke-25 Liga Italia, Minggu (24/2/2019) dini hari WIB, Roma sempat unggul 2-1. Namun gol Andrea Pinamonti di menit ke-80 membuat kedudukan jadi imbang 2-2.

Dzeko kemudian jadi pahlawan Roma lewat golnya di masa injury time. Striker internasional Bosnia & Herzegovina itu mencetak gol pada menit ke-95 untuk menyegel kemenangan Roma.

Roma sempat kebobolan lebih dulu saat laga baru berjalan lima menit. Kombinasi kesalahan Steven Nzonzi dan Robin Olsen membuat Roma tertinggal.

Operan Nzonzi yang tak akurat di area permainan sendiri dipotong oleh Camillo Ciano. Ciano kemudian melepaskan tembakan yang ditepis oleh Olsen. Namun penyelamatan Olsen tak sempurna karena bola justru melambung masuk ke gawang sendiri.

Ciano nyaris menggandakan keunggulan Frosinone ketika sepakannya dari jarak dekat melambung di atas mistar gawang. Di sisi lain, Roma mulai nyetel dan mengancam gawang Frosinone lewat sundulan Stephan El Shaarawy yang ditepis di bawah mistar oleh Marco Sportiello.

Kesalahan lini belakang Frosinone berbuah gol untuk Roma pada menit ke-30. Edoardo Goldaniga membiarkan bola yang memantul di dekatnya. Edin Dzeko muncul dari belakang Goldaniga untuk mencuri bola dan kemudian melepaskan tembakan dengan kaki kanan ke arah tiang dekat.

Tak sampai dua menit, tepatnya 72 detik, Roma membalikkan keadaan. Berawal dari serangan balik, Dzeko mengoper bola kepada El Shaarawy yang berlari di sisi kanan.

El Shaarawy melepaskan tembakan dan ditepis oleh Sportiello. Bola muntah langsung disambar oleh Lorenzo Pellegrini untuk membawa Roma unggul.

Di babak kedua, Roma kehilangan Kostas Manolas yang cedera. Ketiadaan Manolas membuat lini belakang Roma rapuh. Frosinone pun menyamakan skor pada menit ke-81.

Dari serangan balik, Andrea Pinamonti dan Ciano masuk ke area pertahanan Roma. Tiga bek sekaligus mencoba menghentikan Ciano yang kemudian mengoper kepada Pinamonti. Tak terkawal, Pinamonti menembak dari jarak dekat untuk menjebol gawang Roma.

Saat laga seperti akan berakhir imbang, Roma mencuri kemenangan di detik-detik terakhir pertandingan. Bola dari Daniele De Rossi dikontrol dengan baik oleh El Shaarawy yang ada di sisi kiri kotak penalti. El Shaarawy kemudian melepaskan umpan yang langsung disambar oleh Dzeko tepat di depan gawang.

Dengan kemenangan ini, Roma terus menjaga jarak dengan empat besar. Giallorossi menempati peringkat kelima dengan 44 poin dari 25 laga, terpaut satu angka dari AC Milan yang ada di urutan keempat. Sementara itu, Frosinone masih berkutat di zona degradasi dengan menempati posisi ke-19 dengan 16 poin.

Susunan Pemain

Frosinone: Sportiello; Goldaniga, Salamon, Capuano; Zampano, Chibsah (Trotta 76), Viviani, Cassata, Beghetto (Molinaro 59); Ciano, Ciofani (Pinamonti 67)

Roma: Olsen; Santon, Manolas (Fazio 76), Marcano, Kolarov; De Rossi, Nzonzi (Cristante 65); El Shaarawy, Pellegrini, Perotti (Zaniolo 65); Dzeko

(nds/ran)

Ada Koleksi 40 Senapan dan Barang yang Tak Akan Dijual di Rumah Parto Patrio

Liputan6.com, Jakarta – Salah satu grup lawak yag pernah melambung namanya adalah Patrio, terutama di akhir 90-an dan awal 2000-an. Grup yang beranggotakan Parto, Akri dan Eko termauk laris dan sering tampil di televisi.

Program Ngelaba yang mereka bawakan di sebuah stasiun televisi sempat jadi hits selama bertahun-tahun. Namun beberapa tahun belakangan, grup Patrio sudah vakum karena kesibukan masing-masing personilnya.

Akri sibuk dengan kegiatan dakwah, Eko di dunia politik sedangkan Parto Patrio tetap konsisten tampil di televisi. Bahkan acara OVJ (Opera Van Java) yang dibawakannya sukses besar dan melambungkan nama pemainnya, ternasuk Andre Taulany, Sule dan Azis Gagap.

Konsistensi Parto dalam dunia komedi berbuah manis, ia kini mempunyai sebuah rumah yang megah. Baru-baru ini Andre Taulany berkunjung ke rumahnya yang berkonsep minimalis tapi terdapat ruang yang spesial.

Ruangan tersebut digunakan Parto Patrio untuk menyimpan koleksi senapannya yang beragam. Selain itu masih ada sejumlah barang yang dikoleksi komedian yang punya nama asli Eddy Supono ini. Seperti apa rumah Parto yang megah bisa dilihat di Youtube di akun Taulany TV, Jumat, 22 Februari 2019.

Andre memperlihatkan ruang tamu rumah Parto yang bergaya minimalis dan dilengkapi dengan hiasan dinding warna-warni. Di rumah yang terdiri dari dua lantai, ada tempat khusus untuk menyimpan beberapa koleksi barang.

Ada koleksi topi dan buku komik cerita rakyat dan daerah yang dipajang di sebuah lemari khusus. Di lantai dua rumahnya, juga ada satu ruangan khusus untuk menyimpan koleksi senapan. Parto memang dikenal hobi mengkoleksi senjata baik berupa pistol maupun senjata api ukuran besar yang jumlahnya sekitar 40-an buah.

2 dari 2 halaman

Senapan Angin dan Karaoke

Meski begitu semuanya merupakan senapan angin dan hanya sesekali dipakai untuk menyalurkan hobi menembaknya. “Ini semua senapan angin dan masih termasuk ukuran standar yang nggak perlu ijin khusus untuk dibeli dan dikoleksi, jadi aman semua,” ucap Parto.

Pria yang sering disebut mirip dengan Ariel Noah ini biasanya menggunakan senapan untuk berburu, terutama untuk menumpas hama sepert tikus. Tempat koleksi senapan itu ternyata di desain oleh istri Parto.

“Jadi istri saya yang bikin konsepnya, dan setelah saya setuju kita panggil Yang Maha Kuasa, eh maaf salah hehehe, maksudnya kita panggil ahlinya untuk mengerjakan konsep desain dari istri saya,” tutur Parto dengan logat khasnya yang medok.

Di ruangan tersebut juga ada koleksi korek api gas merek Zippo yang cukup banyak. Meski jarang merokok, Parto mengaku suka mengkoleksi Zippo sejak lama.

Bagian lain yang diperlihatkan adalah dapur yang bernuansa hitam putih yang bersih dan terlihat elegan. Dan ternyata Parto sudah menyiapkan makanan untuk tamunya.

“Wah memang enak kalo ke rumah mas Parto, rumahnya keren dan bagus, terus dikasih salah satu koleksinya eh dikasih makan pula, kayaknya mesti sering-sering mampir nih,” canda Andre.

Satu lagi ruangan yang diperlihatkan adalah ruang keluarga dengan fasiilitas karaoke dengan layar besar. Di ruangan yang dipenuhi gambar komik ini juga terdapat peralatan band. Salah satunya adalah organ yang ternyata sudah dimilik Parto sejak belasan tahun lalu.

“Organ ini banyak kenangannya, jadi nggak akan pernah saya jual. Ini program lagunya sudah diisi lagu dangdut semua. Nyanyi sambil main organ ini kegiatan favorit saya di rumah,” pungkas Parto Patrio yang kemudian bernyanyi bareng Andre Taulany.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Kejutan Mengharukan untuk Polisi yang Rajin Bersedekah

Liputan6.com, Kebumen – Barangkali, Parsono adalah nama polisi yang paling dikenal di Kecamatan Pejagoan, Kebumen, Jawa Tengah. Polisi baik hati ini dikenal dengan kedermawanan dan keramahannya kepada semua orang.

Belakangan, nama polisi berpangkat Aiptu ini semakin terkenal. Rupanya, ada warganet Kebumen yang mengunggah kedermawanan Aiptu Parsono ke dunia maya.

Mendadak namanya melambung. Banyak warganet yang salut dengan kedermawanan Parsono.

Rambutnya mulai memutih. Namun, sejak memulai karir di Polri pada tahun 1989, Parsono tak pernah melupakan pesan orangtuanya untuk berbagi rezeki kepada yang membutuhkan.

Setiap hari, terutama pagi hari, polisi baik hati ini selalu meluangkan waktu bersedekah untuk orang yang membutuhkan. Tugasnya sebagai Kanit Binmas Polsek Pejagoan membuatnya paham, lokasi-lokasi para duafa yang membutuhkan uluran tangan.

Pagi itu, seperti biasanya, setelah pengaturan lalu lintas pagi, ia bergegas ke salah satu rumah penduduk miskin. Kali ini, ia singgah ke rumah, atau lebih tepat, gubuk milik Bera (60) warga Desa Kedawung, Kecamatan Pejagoan, Kebumen.

Parsono datang ke gubuk itu untuk mengetahui kondisi Bera sekaligus membagikan sembako dan sedikit uang untuk membantu meringankan kebutuhannya sehari-hari. Bera adalah warga penyandang tunanetra dan hidup sebatang kara di sebuah gubuk reyot.

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari, ia mengandalkan bantuan dari warga karena keterbatasannya. Kondisi Bera tak luput dari pantauan Parsono.

“Enggak seberapa sih. Namun, kebiasaan ini sudah saya lakukan bertahun-tahun kepada orang yang membutuhkan. Bantuan ini murni dari penghasilan saya. Karena saya ingin berbagi,” ucap polisi baik hati ini, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Rabu, 20 Februari 2019.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Penghargaan dari Kapolres Kebumen

Dia pun yakin, berbagi atau bersedekah tak bakal membuat seseorang menjadi susah. Keyakinan itu telah tertanam jauh hari, sejak masa muda.

Terbukti, meski hanya berpangkat Aiptu, ia mampu mengnyekolahkan anaknya hingga jenjang S2 dan kini menjadi Dosen di UIN Walisongo Semarang. Anak kedua, masih kuliah di UGM Yogyakarta dan yang terakhir anak perempuannya masih kelas 5 SD.

“Kami yakin, pendapatan kita berdua (istri) bisa untuk menyekolahkan anak dan berbagi. Istri saya bekerja sebagai Guru SD,” dia mengungkapkan.

Di mata rekan kerjanya, Aiptu Parsono merupakan pribadi yang disiplin dan agamis. Bahkan, di tengah kesibukkannya menjadi anggota Polri, ia menyempatkan waktunya menjadi Takmir Masjid di Desa Tanggerang, Kecamatan Sruweng, tempat tinggalnya.

“Jadi muazin juga,” kata polisi yang tiga tahun lagi bakal memasuki masa pensiun ini.

Aksi bersedekah tanpa pamrih Parsono ini rupanya menjadi perhatian pimpinan Polres Kebumen. Selasa, 19 Februari 2019, Parsono memperoleh penghargaan dari Kapolres Kebumen, AKBP Robert Pardede dalam sebuah upacara penyerahan penghargaan.

Wakil Kepala Polres Kebumen Kompol Prayudha Widiatmoko yang menjadi inspektur upacara dan menyerahkan piagam penghargaan dari Kapolres Kebumen kepada Aiptu Parsono. Suasana begitu khidmat ketika Aiptu menerima penghargaan ini.

Parsono tak bisa menyembunyikan betapa hatinya haru. Tentu, polisi baik hati ini tak pernah mengira sedekahnya yang tanpa pamrih diperhatikan oleh pimpinan.

“Kami sangat berterima kasih sekali kepada Bapak Kapolres serta institusi, karena apa yang saya lakukan ini mendapat apresiasi. Karena, bagi saya bersedekah itu hal biasa. Dan merupakan anjuran agama untuk menyisihkan penghasilan kita untuk orang yang kurang mampu,” Parsono menuturkan.

Aiptu Parasono mungkin salah satu contoh sisi lain anggota Polri yang belum diketahui banyak orang. Di balik sosok disiplin anggota Bhayangkara, tersimpan jiwa-jiwa lembut kemanusiaan.