Impor Pangan Diprediksi Jadi Debat Panas Jokowi vs Prabowo

Jakarta – Calon pasangan nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan mengikuti debat putaran II. Pengamat ekonomi pun menilai permasalahan akan menjadi isu yang besar.

Menurut Direktur Eksekutif Center Of Refrom On Economics (Core), Mohammad Faisal saat ini kondisi pangan di Indonesia masih berkaitan dengan masalah, mulai dari impor hingga distribusi pencadangan pangan.

“Paling besar permasalahan pangan ini sering kali yang mendominasi itu impor. Bukan hanya impor, tapi dari sisi produksi suplai. Nah yang kurang itu sebetulnya menyentuh ke permasalahan yang krusial, yaitu di distribusi pencadangan dan tata kelola cadangan pangan peran Bulog dan sebagainya,” kata dia usai diskusi media di Hong Dong Cafe, Thamrin, Jakarta, Jumat (15/2/2019).


Lebih lanjut, ia mengungkapkan akibat adanya masalah distribusi membuat pemerintah menekan harga di tingkat petani. Padahal, itu tidak menyelesaikan masalah karena yang mesti diperbaiki adalah distribusi.

“Sering kali ketika ingin mendorong harga pangan yang terjangkau yang dilakukan adalah menekan harga ditingkat petani. Ini tidak menyelesaikan permasalahan terjadi di distribusi padahal harga ditingkat petani ditekan,” ungkap dia.

Selain itu, ia juga menyoroti persoalan lain, yaitu terkait data pangan yang tidak konsisten antara lembaga yang satu dengan yang lain. Alhasil, hal itu mempengaruhi kebijakan yang akhirnya diambil tidak tepat, misalnya impor.

“Pada saat bulan ini harus segera impor menjadi telat menjadi permasalahan. Lagi karena kalau dia terlambat mengimpor misalkan cadangan dalam negeri menjadi sangat tipis harga menjadi melambung,” terangnya.

Maka dari itu, ia pun mengingatkan pemerintah agar tidak melakukan impor di waktu yang bersamaan. Hal tersebut dengan melakukan pembenaran data pangan.

“Kesalahan data itu tadi itu bisa menjadi kelebihan over suplai atau kelebihan cadangan di Bulog seperti terjadi sekarang. Bahkan sampai ada isu akan ada ekspor lagi itu karena kesalahan manajemen pangan tata kelolanya,” jelasnya.

“Semoga persoalan-persoalan terkait kebijakan impor tersebut juga mampu dibahas lebih ke how to atau bagaimana mencari cara-cara menyelesaikan tersebut,” tutup dia.

Sebagai informasi, debat Capres dan Cawapres putaran ke-II akan berlangsung pada 17 Februari 2019 mendatang. Dalam debat, tema yang dibahas terkait pangan, energi, infrastruktur, sumber daya alam dan lingkungan hidup.

(eds/eds)

Formasi: Menanti Drama Fase Gugur Liga Champions 2018/19

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 16 tim terbaik Eropa akan tampil pada fase gugur Liga Champions 2018/19. Hasil di leg pertama bakal menentukan langkah masing-masing tim menuju babak berikutnya. 

Babak 16 besar Liga Champions musim ini bakal dimulai, Rabu, 13 Februari 2019 dinihari WIB. Di hari pertama, Manchester United bakal menjamu Paris Saint Germain (PSG) di Old Trafford. Sementara AS Roma bakal bertemu wakil Portugal, FC Porto di Stadio Olimpico.  

Ini jadi ujian perdana MU bersama Solskjaer di ajang Liga Champions. Kecerdikan pelatih asal Norwegia itu kembali diuji setelah sukses menorehkan 10 kemenangan dari 11 laga. 

Seperti diketahui, performa MU mencuri perhatian sejak ditinggal Jose Mourinho akhir tahun lalu. Kehadiran Solskjaer yang ditunjuk sebagai manajer sementara mengubah Setan Merah menjadi tim yang belum terkalahkan. Bahkan kemenangan demi kemenangan yang ditorehkan membawa MU ke posisi empat klasemen sementara Liga Inggris musim ini. 

MU mulai melewati rival-rival terkuat seperti Chelsea yang kini terpaut 1 poin. The Blues harus rela tergusur setelah tim besutan Maurizzio Sarri itu dihancurkan Manchester City 0-6. MU melambung setelah sehari sebelumnya berhasil mengalahkan Fulham dengan skor 3-0. 

Performa gemilang MU bersama Solskjaer kini mendapat ujian di level yang lebih tinggi. Mental bertanding para pemain bakal kembali diuji saat menjamu PSG di Old Trafford. Hanya saja, Solskjaer harus memutar otak mengingat laga berat lain juga menanti Setan Merah. 

Rotasi pemain pun jadi pilihan terbaik Solskjaer. Sejumlah pemain disimpan saat MU bertemu Fulham. Marcus Rashford yang kembali bersinar disimpan dalam duel ini. Begitu juga dengan bek tangguh, Victor Lindelof. Mereka diharapkan bisa pulih saat bertemu PSG. 

“Ada beberapa ketidaknyaman, Marcus Rashford mengalami keram saat melawan Leicester City. Kami tidak ingin mengambil risiko,” kata Solskjaer. 

“Di belakang, Victor Lindelof memang cedera. Tapi tidak terlalu mengkhawatirkan. Keduanya seharusnya baik-baik saja untuk hari Selasa,” ujar mantan pemain MU tersebut. 






2 dari 4 halaman

Tanpa Neymar

Meski demikian, tuan rumah setidaknya bisa bernafas lega. Pasalnya, tim lawan datang dalam kondisi compang-camping. Les Parisien harus kehilangan striker andalannya Neymar. Pemain asal Brasil itu dipastikan absen melawan MU karena mengalami cedera cukup parah. 

Neymar menderita cedera metatarsal saat PSG bertanding melawan Strasbourg pada ajang Coupe de France beberapa waktu lalu. Kondisi mantan pemain Santos itu bertambah buruk karena cedera tersebut berada di tempat yang membuatnya absen 4 bulan musim lalu. 

Kehilangan Neymar tentu saja jadi pukulan telak bagi PSG. Sebab, pemain yang diboyong dari Barcelona itu merupakan salah satu mesin gol Les Parisien. Musim ini saja, Neymar sudah mengemas 20 gol dalam 23 penampilan bersama PSG di semua kompetisi. 

“Sekarang, ini waktu yang sulit bagi kami karena Ney (Neymar) cedera. Bagi kami, Ney adalah pemain yang sangat penting, karena dia telah melakukan hal-hal luar biasa untuk tim selama tiga bulan terakhir,” kata kiper PSG, Gianluigi Buffon seperti dilansir Four Four Two.

Beban pelatih PSG, Thomas Tuche, semakin bertambah setelah penyerang lain, Edinson Cavani juga dipastikan absen saat bertemu MU. Pemain asal Uruguay itu mengalami cedera panggul saat PSG mengalahkan Girondins de Bordeaux, Sabtu lalu. Diagnosa dokter usai pertandingan juga menunjukkan hasil yang kurang baik. Mantan pemain Napoli tersebut ternyata  mengalami otot paha kanan yang memaksanya absen hingga bulan depan.

Selain Neymar dan Cavani, PSG juga terancam tanpa bek andalannya, Thomas Meunier. Posisi pemain asal Belgia tersebut mengalami gegar otak ringan usai bertabrakan dengan rekannya, François Kamano saat latihan kemarin. Posisinya lalu digantikan Colin Dagba. 

Menurut Solskjaer, absennya pemain-pemain hebat bakal mengurangi bobot duel MU vs PSG. “Saat Anda bertemu tim hebat, Anda ingin bertarung melawan para pemain. Publik ingin melihat pemain-pemain terbaik. Sangat mengecewakan bagi Old Trafford,” katanya.

Tanpa pemain bintang, pertandingan menurut Solskjaer bakal terasa hambar. Sebab kehadiran pemain-pemain hebat juga memberikan semangat tambahan bagi pemain. 

 “Saya sudah beberapa kali bermain saat kami bertemu Real Madrid dan Ronaldo dan Figo dan semua yang pernah ke Old Trafford.  Ini memberikan semangat tambahan,” katanya. 



3 dari 4 halaman

Kiprah Pemain Debutan

Sementara itu, babak 16 besar Liga Champions 2018/19 bakal jadi panggung bagi sejumlah pemain baru. Sebab seluruh kontestan tidak melewatkan kesempatan untuk memasukkan 3 nama baru sesuai aturan UEFA untuk memperbesar peluang meraih gelar juara.  

Satu nama yang mencuri perhatian adalah Arlvaro Morata yang akan memperkuat Atletico Madrid. Pemain asal Spanyol tersebut baru saja diboyong dari Chelsea dan langsung didaftarkan untuk tampil pada babak 16 besar. (Ikuti berita lengkapnya di sini). 

Liverpool juga memanfaatkan kesempatan ini untuk memasukkan nama Alex Oxlade Chamberlain setelah sempat absen selama setengah musim akibat cedera. Sedangkan Barcelona memasukkan nama Kevin Prince Boateng yang baru dipinjam dari Sassuolo.



4 dari 4 halaman

Jadwal Leg 1

13 Februari 2019

Manchester United vs PSG

AS Roma vs FC Porto


14 Februari 2019

Tottenham Hotspur vs Borussia Dortmund

Ajax Amsterdam vs Real Madrid


20 Februari 2019

Olympique Lyonnais vs Barcelona

Liverpool vs Bayern Munchen


21 Ferbruari 2019

Schalke 04 vs Manchester City

Atletico Madrid vs Juventus


Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Hasil Liga Italia: Juventus Atasi Sassuolo 3-0

JakartaJuventus membawa pulang tiga poin dari lawatan ke Sassuolo. Sami Khedira, Cristiano Ronaldo, dan Emre Can memastikan Bianconeri menang 3-0.

Pada laga yang dihelat di Mapei Stadium, Senin (11/2/2019) dini hari WIB, Juve menunjukkan kelasnya. Meski penguasaan bola berimbang 50%-50%, Bianconeri menebar lebih banyak ancaman.

Total 14 tembakan dilepaskan dengan lima di antaranya on target. Sementara tuan rumah punya sembilan percobaan, hanya dua yang mengarah ke gawang.

Juventus membuka keunggulan saat laga berjalan 23 menit. Gol kedua La Vecchia Signora dibuat Cristiano Ronaldo lewat tandukan di menit ke-70, disusul gol Emre Can pada menit ke-86.

Hasil ini melanjutkan catatan tak terkalahkan Juventus di Serie A, kini menjadi 20 kemenangan dan 3 hasil imbang. Mereka kini mengumpulkan 63 poin, berjarak 11 poin dari Napoli di peringkat kedua. Sementara Sassuolo masih ada di peringkat ke-11 dengan 30 poin.

Jalannya Pertandingan

Sassuolo memulai dengan cukup meyakinkan di babak pertama. Mereka bahkan membuat kesempatan pertama pada laga ini di menit kedua, ketika tembakan Stefano Sensi masih melebar.

Selang tiga menit, Sensi kembali mendapat kesempatan. Tapi lagi-lagi tembakannya belum mengarah ke gawang Juventus yang dijaga Wojciech Szczesny.

Juventus baru membuat kesempatan pertama di menit ke-19. Blaise Matuidi yang menusuk dari sisi kiri melancarkan tembakan yang masih melambung tinggi.

Empat menit kemudian, Bianconeri membuka keunggulan. Berawal dari tembakan keras Cristiano Ronaldo yang ditepis Andrea Consigli, bola mengarah ke Sami Khedira yang dengan mudah menembak ke gawang kosong. Juventus unggul 1-0.

Gol ini membuat Juventus semakin gencar melakukan serangan. Tapi upaya yang dibuat Ronaldo, Khedira, hingga Federico Bernardeschi tak ada yang berbuah hasil. Babak pertama berakhir 1-0 untuk sang juara bertahan.

Babak kedua dimulai, Juventus langsung mengambil kontrol permainan. Pada menit ke-51 Ronaldo sebenarnya berhasil mencetak gol, tapi wasit menganulirnya karena Ronaldo terlebih dahulu dalam posisi offside.

Sassuolo mendapat peluang emas tiga menit kemudian. Szczesny mencoba menyapu bola setelah cukup jauh meninggalkan gawang, tapi tendangannya tidak sempurna.

Domenico Berardi berhasil mengambil bola tersebut. Beruntung bagi Juve, tembakan jarak jauh kapten Sassuolo itu masih sedikit menyamping.

Juve pada prosesnya menambah gol pada menit ke-70. Memanfaatkan tendangan sudut Miralem Pjanic, Ronaldo menyambut bola dengan tandukan ke dalam gawang.

Empat menit sebelum waktu normal usai, Juve menutup kemenangannya lewat tembakan terarah Emre Can. Laga berakhir dengan skor 3-0 untuk Bianconeri.

Susunan pemain:

Sassuolo: Consigli; Rogerio, Peluso, Magnani, Lirola; Locatelli, Sensi, Bourabia (Magnanelli 79′); Djuricic (Matri 56′), Babacar (Boga 59′), Berardi

Juventus: Szczesny; Sandro, Rugani, Caceres, De Sciglio; Matuidi (Can 85′), Pjanic, Khedira (Bentancur 66′), Bernardeschi (Dybala 83′); Ronaldo, Mandzukic
(raw/raw)


TKN Jokowi Nilai Kubu Prabowo Pakai ‘Propaganda Rusia’ untuk Cuci Otak

Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin sependapat dengan guru besar FISIP UI, Prof Arbi Sanit yang menyebut ‘propaganda Rusia‘ dipakai untuk mencuci otak masyarakat kelas bawah. TKN menilai strategi itu dipakai kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Pendapat Prof Arbi Sanit tentang propaganda Rusia ini sejalan dengan analisis yang selalu saya sampaikan soal firehose of falsehood. Apa yang disampaikan Prabowo-Sandi memiliki kemiripan dengan strategi propaganda ini. Memang tujuannya adalah untuk mempengaruhi pemilih kelas menengah ke bawah yang merupakan pemilih Pak Jokowi. Lihat saja karakter pemilih Pak Jokowi yang menurut survei memang sangat kuat di kalangan itu,” ujar Jubir TKN Jokowi-Ma’ruf, Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Sabtu (9/2/2019) malam.

“Dengan propaganda ala Rusia, yang terus menerus diulang-ulang dapat mencuci otak mereka. Sehingga data-data objektif itu tidak dinilainya lagi,” imbuh Ketua DPP Golkar ini.
Ace menjabarkan ‘propaganda Rusia’ atau firehose of falsehood yang dipakai kubu Prabowo. Kubu Prabowo disebut memakai cara yang memancing kontroversi, menuduh lawan politik melakukan kebohongan, hingga membuat masyarakat takut.
“Coba perhatikan dengan seksama pernyataan Prabowo-Sandiaga yang memiliki kemiripan dengan ciri di atas. Selain kasus hoax Ratna Sarumpaet, juga paslon 02 mengulang-ngulang mengangkat isu kriminalisasi nelayan dan juga kepala desa yang disampaikan pada debat pertama,” papar Ace.

“Sebelumnya kita mendengarkan retorika tahun 2030 Indonesia bubar, Indonesia Punah, 99% rakyat Indonesia hidup pas-pasan, Tempe setipis ATM, Menteri Pencetak Utang, harga-harga bahan pokok melambung tinggi, chickhen rice di Singapura lebih murah daripada di Indonesia, kriminalisasi ulama, antek asing, antek aseng, Selang cuci darah di RSCM dipakai 40 orang, Hardi meninggal bunuh di Grobogan karena terlilit utang, tampang Boyolali, ketidakpercayaan terhadap penyelenggara pemilu, 7 kontainer kertas suara, dan lain-lain,” bebernya.

Sebelumnya, Arbi mengatakan propaganda ala Rusia adalah upaya mencuci otak. Arbi menjelaskan–dalam konteks Indonesia kekinian–propaganda ala Rusia bertujuan mencuci otak masyarakat kelas bawah.

“(Pernyataan kontroversial Presiden Jokowi tentang propaganda) ini kan memang ada Rusia-rusianya. Nah Rusia-rusianya itu setahu saya dulu dimulai dengan percobaan terhadap anjing. Anjing dilemparkan sesuatu, disuruh ambil, kalau diambil, dikasih makanan, diulang terus, sehingga akhirnya anjingnya hafal,” kata Arbi dalam diskusi bertajuk ‘Propaganda Rusia, Ancaman bagi Demokrasi Kita?’ di Jalan Prof Dr Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (9/2).

“Intinya apa? Cuci otak. Otak rakyat, pemilih dicuci. Nah caranya ada dua, pertama ulang terus, kedua berikan substansi yang baru di luar pengetahuan masyarakat. Saya kira ini yang sedang berlangsung untuk mengisi waktu kampanye,” sambung Arbi.

Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.
(dkp/dwia)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Koneksi Prancis Bawa MU Hajar Fulham

Liputan6.com, London – Manchester United (MU) mendapat modal positif jelang duel melawan Paris-Saint Germain (PSG) di Liga Champions. Mereka menghajar Fulham 3-0 pada lanjutan Liga Inggris di Craven Cottage, Sabtu (9/2/2019). 

Melakukan banyak perubahan dalam tim jelang laga versus PSG, Selasa (12/2/2019), MU berjaya berkat kontribusi pemain Prancis. Paul Pogba (’14, ’65) dan Anthony Martial (’23).

Hasil tersebut memperpanjang rekor positif The Red Devils bersama manajer interim Ole Gunnar Solskjaer. Mereka tidak terkalahkan dalam 11 pertandingan, 10 di antaranya berupa kemenangan. 

MU kini naik ke peringkat empat klasemen sementara dengan perolehan 51 angka dari 26 pertandingan. The Red Devils unggul satu nilai atas Chelsea yang baru bertanding Minggu (10/2/2019) melawan juara bertahan Manchester City. 

Di sisi lain, Fulham masih menempati zona merah. Pasukan Claudio Ranieri baru memiliki 17 poin. 

2 dari 3 halaman

Jalan Pertandingan

Melalui serangan balik, Fulham hampir merobek gawang tim tamu. Sayang tendangan Luciano Vietto hanya menerpa jala gawang dari samping.

Tidak lama berselang, gililiran Aleksandar Mitrovic dan Andre Schurrle yang mengancam gawang David de Gea. 

Namun, hanya sebatas itu tuan rumah mengancam. Perlahan MU menguasai pertandingan dan memimpin melalui Pogba. 

Martial lalu menggandakan keunggulan The Red Devils setelah menunjukkan aksi individu dengan mendribel bola dari setengah lapangan. Melewati dua bek lawan, dia tanpa kesulitan menaklukkan kiper Sergio Rico. Skor lalu tidak berubah hingga babak pertama. 

Selepas jeda, MU tetap menguasai laga. Setelah tendangan Ander Herrera tepat ke arah Rico, pasukan Solskjaer mendapat penalti usai Juan Mata dijatuhkan di area terlarang. 

Pogba kemudian menunaikan tugasnya sebagai algojo dengan baik untuk mencetak gol ke-13 di seluruh kompetisi pada musim ini. 

Dengan duel PSG di depan mata, Solskjaer menarik Martial dan Pogba. Sebagai penggantinya hadir Alexis Sanchez dan Scott McTominay yang hampir memperbesar pesta gol tim tamu.

Lolos dari lini belakang Fulham, Sanchez menyaksikan usahanya dimentahkan Rico. Sedangkan tandukan McTominay masih melambung. Skor pertandingan tidak berubah sampai wasit meniup peluit akhir.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Fulham: Sergio Rico, Odoi, Le Marchand, Ream, Bryan (Sessegnon 81), Chambers, Seri, Babel (Cairney 77), Schurrle (Christie 53), Vietto, Mitrovic


Manchester United: De Gea, Dalot, Smalling, Jones, Shaw, Herrera (Bailly 85), Matic, Pogba (McTominay 74), Mata, Lukaku, Martial (Sanchez 70)

Hasil Liga Inggris: Liverpool Diimbangi West Ham

LondonLiverpool bertandang ke markas West Ham United dalam lanjutan Premier League. The Reds sempat unggul duluan, sebelum akhirnya ditahan imbang 1-1.

Bertanding di London Stadium, Selasa (5/2/2019) dinihari WIB, Liverpool mampu mengungguli West Ham lebih dulu lewat gol Sadio Mane di menit ke-22.

West Ham bereaksi dengan cepat. Gol balasan didapat di menit ke-28 lewat Michail Antonio. Gol tersebut menutup babak pertama dengan skor 1-1.

Kedua tim saling bergantian melancarkan serangan. Ada beberapa peluang yang diciptakan, namun tak satupun yang berbuah gol tambahan hingga laga tuntas.

Hasil ini tak mengubah posisi Liverpool dari puncak klasemen, namun jarak mereka terpangkas dengan Manchester City. The Reds mengumpulkan 62 poin, unggul tiga poin dari City yang ada di posisi kedua. West Ham tetap di posisi ke-12 dengan koleksi 32 poin.

Jalannya Pertandingan

West Ham membuka serangan saat pertandingan memasuki menit ketiga. Tendangan Chicharito memanfaatkan umpan dari Nobel Declan hanya menyamping di sisi kiri gawang Liverpool.

Ancaman kembali datang dari West Ham di menit ke-10. Aaron Cresswell melepas tendangan keras, namun masih menyamping.

Liverpool mengancam pertahanan West Ham di menit ke-20. Roberto Firminho melepas tembakan, tapi laju bola masih sangat lemah dan mudah ditangkap oleh Lukasz Fabianski.

Dua menit berselang Liverpool berhasil membobol gawang West Ham. Adalah Sadio Mane yang mencetak gol usai menerima umpan dari James Milner. 1-0 The Reds memimpin.

Menit 28, West Ham berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Tendangan Michail Antonio memanfaatkan umpan Felipe Anderson berhasil membobol gawang Liverpool.

Skema bola mati West Ham nyaris membuahkan gol kedua di menit ke-42. Declan Rice ada di posisi bebas untuk menyundul bola, namun arahnya masih melambung di atas gawang.

Tak ada gol tambahan hingga turun minum. Skor 1-1 bertahan di babak pertama.

West Ham bikin peluang pertama di babak kedua pada menit ke-48. Bola sundulan Issa Diop dari hasil sepak pojok Robert Snodgrass masih sedikit melayang di atas gawang.

Menit ke-51, gantian Liverpool yang menebar ancaman. Salah melepaskan tembakan kaki kiri dari luar kotak penalti, namun bola masih mengarah tepat ke dekapan Fabianski.

Tempo permainan dari kedua tim semakin tinggi di pertengahan babak kedua. West Ham dan Liverpool saling bergantian menyerang, tapi belum ada yang berbuah gol sampai menit ke-75.

Serangan West Ham sedikit mengendur di 10 menit akhir pertandingan. Liverpool mengurung pertahanan The Hammers.

Usaha keras Liverpool untuk mencari gol kemenangan tak ada yang membuahkan hasil. Skor 1-1 bertahan hingga laga tuntas.

Susunan Pemain:

West Ham: Lukasz Fabianski; Ryan Fredericks, Issa Diop, Angelo Ogbonna, Aaron Cresswell; Robert Snodgrass, Mark Noble, Declan Rice, Felipe Anderson; Michail Antonio, Chicharito.

Liverpool: Alisson; James Milner, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Fabinho, Naby Keita; Sadio Mane, Adam Lallana, Mohamed Salah; Roberto Firmino.

(ran/mrp)


Awal Pekan, IHSG Diproyeksi Melemah

Liputan6.com, Jakarta Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan tertekan pada perdagangan saham di awal pekan. Performa indeks diprediksi analis akan terkoreksi untuk hari ini.

Secara teknikal, indeks diasosiakan melemah melihat pola bearish spinning candle yang mengindikasikan IHSG akan bergerak negatif pada perdagangan saham Senin. Indeks pun berpeluang menuju ke area support.


Dari sisi eksternal, aksi ambil untung yang terjadi di pasar global terutama di bursa saham Amerika Serikat (AS) diperkirakan berdampak besar di pasar Asia. Hal ini akan menjadi sentimen mixed yang cenderung negatif bagi indeks.

“Oleh sebab itu IHSG kemungkinan melemah dengan diperdagangkan pada level 6.480-6.610,” jelas Fund Manager PT Valbury Capital Management Suryo Narpati di Jakarta, Senin (4/2/2019).

Adapun pada pekan ini, investor asing akan wait and see (mengamati) perkembangan kemajuan negosiasi terkait perang dagang antara AS-China.

“Investor akan fokus pada babak baru pembicaraan kesepakatan perdagangan AS-China. China berencana untuk membeli lebih banyak barang pertanian dan energy Amerika,” ungkap Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi.

Lanjar memprediksi IHSG akan berlabuh di teritori negatif di kisaran 6.460-6.555 pada hari ini.

Untuk saham yang dianjurkan hari ini, Suryo menyarankan saham PT Gudang Garam Tbk (GGRM), PT Gajah Tunggal Tbk (GJTL), PT Harum Energy Tbk (HRUM), dan PT Indika Energy Tbk (INDY).

Kemudian Lanjar merekomendasikan saham PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), PT Adhi Karya Tbk (ADHI), PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), serta PT United Tractors Tbk (UNTR).

2 dari 2 halaman

IHSG Kemarin

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bertahan di zona hijau meski sempat melemah pada perdagangan saham Jumat (1/2/2019).

Berdasarkan data RTI, IHSG naik tipis 5,66 poin atau 0,09 persen ke posisi 6.538,63. Pada awal pembukaan perdagangan, IHSG sempat melesat ke posisi 6.552,05. Indeks saham LQ45 naik 0,26 persen ke posisi 1.041,67. Sebagian besar indeks saham acuan menguat.

Menjelang akhir pekan ini, IHSG sempat berada di level tertinggi 6.581,73 dan terendah 6.516,43.

Sebanyak 196 saham menguat sehingga mengangkat IHSG ke zona hijau. 189 saham melemah dan 147 saham diam di tempat.

Transaksi perdagangan saham cukup ramai. Total frekuensi perdagangan saham 419.883 kali dengan volume perdagangan 12,3 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 9,1 triliun. Investor asing beli saham Rp 821,13 miliar di pasar regular. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di kisaran 13.940.

Sebagian besar sektor saham tertekan. Sektor saham infrastruktur melemah 1,03 persen, dan catatkan penurunan terbesar. Disusul sektor tambang melemah 0,66 persen. Sektor saham barang konsumsi merosot 0,48 persen.

Sementara itu, sektor saham perdagangan naik 0,94 persen, dan bukukan penguatan terbesar. Disusul sektor saham keuangan menanjak 0,72 persen dan sektor saham industri dasar mendaki 0,27 persen.

Saham-saham yang membukukan penguatan terbesar antara lain saham CANI melonjak 24,87 persen ke posisi 236 per saham, saham KONI menanjak 24,63 persen ke posisi 334 per saham, dan saham JIHD melambung 17,65 persen ke posisi 600 per saham.

Sedangkan saham-saham yang tertekan antara lain saham MABA merosot 20,29 persen ke posisi 110 per saham, saham MAYA tergelincir 15,94 persen ke posisi 5.800 per saham, dan saham JKON terpangkas 15 persen ke posisi 340 per saham.

Bursa saham Asia pun bervariasi. Indeks saham Hong Kong Hang Seng melemah 0,04 persen, indeks saham Korea Selatan Kospi susut 0,06 persen dan indeks saham Singapura turun 0,13 persen.

Selain itu, indeks saham Jepang Nikkei menguat 0,07 persen, indeks saham Shanghai mendaki 0,70 persen dan indeks saham Shanghai menanjak 1,3 persen.

Hasil Liga Inggris: Chelsea Hajar Huddersfield

JakartaChelsea menang telak 5-0 saat menjamu Huddersfield Town di lanjutan Premier League. Gonzalo Higuain dan Eden Hazard masing-masing menyumbang dua gol.

Menjamu Huddersfield di Stamford Bridge, Sabtu (2/2/2019) malam WIB, The Blues membuka keunggulan lewat Gonzalo Higuain di menit ke-16. Gol penalti Eden Hazard di menit ke-45 menutup babak pertama dengan 2-0.

Hazard lalu bikin gol kedua di menit ke-66, disusul Higuain tiga menit berikutnya. David Luiz tak mau ketinggalan pesta, juga bikin gol di menit ke-86.

Dengan kemenangan ini, Chelsea pun sementara naik ke posisi empat dengan 50 poin dari 24 pekan. Sementara Huddersfield belum beranjak dari dasar klasemen, mengumpulkan 11 poin.

Jalannya Pertandingan

Baru tiga menit laga berjalan, Chelsea sudah menebar ancaman. Ross Barkley melepaskan sepakan dari luar kotak penalti, namun masih melebar.

Huddersfield merespons empat menit kemudian. Chris Lowe mengirimkan umpan silang dari kiri dan ditanduk Aaron Mooy. Melambung saja di atas mistar gawang Kepa Arrizabalaga.

Chelsea kembali mengancam di menit ke-12. Eden Hazard mencoba peruntungan dari luar kotak penalti, yang masih bisa dihentikan oleh Jonas Lossl.

Empat menit berselang, Chelsea memetik keunggulan. Gonzalo Higuain lolos dari jebakan offside dan menerima uumpan terobosan dari N’Golo Kante. Dengan dingin, Higuain melepaskan tembakan keras yang tak mampu dibendung Lossl.

Higuain mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol kedua di menit ke-21. Marcos Alonso mengirim umpan silang mendatar dan disambar Higuain. Hanya saja bola masih melebar ke kiri gawang.

Peluang lain untuk Chelsea di menit ke-32. Kali ini David Luiz mendapatkan kesempatan saat menyambut umpan Willian dalam posisi relatif bebas. Tapi tandukannya melebar.

Di menit ke-45, Chelsea mendapatkan penalti setelah Azpilicueta dijatuhkan Elias Kachunga. Huddersfield sempat memprotes karena menilai pelanggaran terjadi masih di luar kotak penalti.

Hazard maju sebagai eksekutor dan sukses mengatasi Lossl. Babak pertama berakhir dengan skor 2-0.

Tiga menit babak kedua berjalan, Willian sudah menciptakan peluang untuk Chelsea. Menerima umpan Higuain, winger asal Brasil ini menusuk dan melepaskan tembakan melengkung yang masih melambung tipis.

Chelsea mencetak gol ketiga di menit ke-66. Menerima umpan dari Ross Barkley, Hazard lantas melewati kiper dan menceploskan bola ke dalam gawang.

Tiga menit kemudian, Higuain bikin gol tambahan. Di depan kotak penalti, Kante menyodorkan bola ke Higuain dan disambar sepakan terukur ke pojok kanan atas gawang. Lossl tak kuasa menghentikannya.

Chelsea makin nyaman mengontrol laga. Pada menit ke-75, tendangan Higuain meneruskan operan Alonso diblok dan hanya menghasilkan korner.

Tuan rumah makin tak terbendung. Dari sepak pojok di menit ke-86, umpan silang Willian disambar sundulan David Luiz. Bola lantas berbelok usai mengenai kaki Christopher Schindler dan bergulir ke dalam gawang.

Skor 5-0 bertahan sampai pertandingan selesai.

Susunan pemain:

Chelsea: Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta (c), Andreas Christensen, David Luiz, Marcos Alonso; N’Golo Kante (Ruben Loftus-Cheek 83′), Jorginho (Mateo Kovacic 69′), Ross Barkley; Willian, Gonzalo Higuain, Eden Hazard (Hudson-Odoi 77′)

Huddersfield: Jonas Lossl; Tommy Smith (c), Christopher Schindler, Terence Kongolo, Chris Lowe; Aaron Mooy, Juninho Bacuna, Philip Billing (Ahearne-Grant 67′); Isaac Mbenza (Steve Mounie 27′), Elias Kachunga, Adama Diakhaby (Pritchard 84)
(raw/mrp)


Hasil Liga Inggris: Comeback, Tottenham Kalahkan Watford 2-1

LondonTottenham Hotspur memetik poin penuh kala menjamu Watford dalam lanjutan Liga Inggris. Sempat tertinggal lebih dulu, Tottenham berbalik menang 2-1.

Dalam pertandingan pekan ke-24 Liga Inggris di Stadion Wembley, Kamis (31/1/2019) dini hari WIB, Tottenham kebobolan lebih dulu di babak pertama oleh gol Craig Cathcart. Tapi gol dari Son Heung-Min dan Fernando Llorente di paruh kedua membawa Tottenham membalikkan keadaan.

Tottenham kembali menurunkan Son di starting XI. Son telah kembali usai memperkuat Korea Selatan di Piala Asia 2019.

Son langsung menebar ancaman pada menit kesembilan. Mendapat bola dari Moussa Sissoko, Son kemudian melepaskan tembakan ke arah pojok atas gawang. Namun bola sedikit melebar dari gawang Watford.

Christian Eriksen mencoba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Meski sempat membentur Mariappa dan berbelok, bola bisa diantisipasi oleh Foster.

Tottenham kebobolan pada menit ke-38. Berawal dari tendangan sudut, bola disundul oleh Craig Cathcart. Hugo Lloris yang sudah telanjur maju tak bisa berbuat banyak melihat bola bergulir masuk ke gawang.

Di babak kedua, Tottenham sempat dapat peluang emas untuk menyamakan skor. Umpan mendatar dari Sissoko diteruskan oleh Llorente dan memaksa Foster melakukan penyelamatan.

Bola kembali ke arah Llorente. Tapi sepakannya justru melambung di atas mistar gawang Watford.

Foster kembali menggagalkan peluang Tottenham. Ia menepis upaya Llorente yang meneruskan tendangan bebas Eriksen.

Tottenham akhirnya menyamakan kedudukan pada menit ke-80. Llorente mengontrol bola di dekat kotak penlti dan kemudian menyodorkannya kepada Son. Penyerang asal Korea Selatan itu langsung melepaskan tembakan yang tak bisa diantisipasi oleh Foster.

Llorente lantas jadi pahlawan kemenangan Tottenham. Ia mencetak gol pada menit ke-87 untuk membawa Tottenham berbalik unggul. Llorente menuntaskan umpan Danny Rose dengan sundulan.

Dengan tambahan tiga angka, Tottenham yang masih menempati peringkat ketiga kini mengumpulkan 54 poin. Sementara itu, Watford turun ke posisi sembilan dengan 33 poin.

Susunan Pemain

Tottenham Hotspur: Hugo Lloris; Toby Alderweireld, Davinson Sanchez, Jan Vertonghen; Serge Aurier, Harry Winks, Moussa Sissoko, Danny Rose; Christian Eriksen, Son Heung-Min; Fernando Llorente

Watford: Ben Foster; Daryl Janmaat, Adrian Mariappa, Craig Cathcart, Jose Holebas; Will Hughes, Tom Cleverley, Etienne Capoue, Roberto Pereyra; Troy Deeney, Gerard Deulofeu

(nds/mrp)

Hasil Coppa Italia: Juventus Disingkirkan Atalanta

BergamoJuventus dipastikan tersingkir dari ajang Coppa Italia. Ini terjadi usai mereka kalah 0-3 dari Atalanta di babak perempatfinal.

Atalanta berlaga menghadapi Juventus di Stadion Atleti Azzurri d’Italia pada babak perempatfinal Coppa Italia, Kamis (31/1/2019) dini hari WIB. La Dea tampil menjanjikan di awal laga dengan menekan Juventus.

Alejandro Gomez membuka peluang bagi tuan rumah pada menit ke-4. Saat sepakan kerasnya masih melambung dari gawang Juventus.

Penyerang asal Argentina ini kembali menebar ancaman bagi gawang Si Nyonya Tua. Pada menit ke-23, tembakan jarak jauhnya memaksa Wojciech Szczesny melakukan penyelamatan gemilang.

Terus menyerang Atalanta akhirnya mampu membobol gawang Juventus pada menit ke-37 melalui Timothy Castagne. Gol ini diawali dari kesalahan Joao Cancelo.

Bola yang dikuasai oleh pemain asal Portugal tersebut mampu dicuri oleh Castagne. Sayap Atalanta ini kemudian menggiring bola hingga depan kotak penalti lalu melepas sepakan yang menembus gawang Juventus.

Selang dua menit dari gol pertama Atalanta kembali mampu membobol gawang Juventus. Kali ini giliran Duvan Zapata yang mencatatkan namanya di papan skor.

Umpan pendeknya dengan Mario Pasalic di kotak penalti Juventus diakhiri Zapata dengan sepakan keras. Bola yang melaju kencang menghujam jala gawang Szczesny.

Sepanjang babak pertama, Juventus kesulitan untuk mengembangkan permainan. Cristiano Ronaldo dkk bahkan tak sekalipun melakukan tembakan ke arah gawang.

Pada babak kedua Juventus berusaha bangkit. Meski begitu usaha mereka terhalang solidnya lini pertahanan tuan rumah.

Peluang emas bagi Juventus baru datang di menit ke-68. Bola liar dari tendangan bebas mampu dimanfaatkan Sami Khedira untuk melepaskan tendangan voli. Namun ancaman tersebut dengan sigap diamankan Etrit Berisha.

Ketika Juventus tengah membutuhkan gol, Mattia De Sciglio justru membuat kesalahan fatal pada menit ke-86. Ia melakukan umpan backpass yang terlalu lemah kepada Szczesny. Akibatnya bola mampu dimanfaatkan Zapata untuk mencetak gol ketiga Atalanta.

Gol Zapata tersebut membuat Atalanta menutup laga ini dengan keunggulan 3-0 atas Juventus.

Hasil ini memastikan Juventus yang merupakan juara bertahan tersingkir dari Coppa Italia. Sedangkan Atalanta melaju ke semifinal untuk berhadapan dengan Fiorentina.

Susunan Pemain

Atalanta : Berisha; Toloi, Djimsiti, Palomino (Masiello); Hateboer, Freuler, De Roon (Gosens 90′) ,Castagne, Papu Gomez; Ilicic (Pasalic 26′), Zapata

Juventus : Wojciech Szczesny; De Siglio, Rugani, Chiellini (Cancelo 27′), Alex Sandro; Bentancur, Khedira (Pjanic 71′), Matuidi, Benadeschi, Ronaldo, Dybala (Doglas Costa 62′).

(nds/mrp)