Kalahkan Leganes, Barcelona Kian Kukuh di Puncak Klasemen

Barcelona – Barcelona menang 3-1 atas Leganes pada pertandingan pekan ke-20 La Liga Spanyol, di Camp Nou, Senin (21/1/2019) dini hari WIB. Hasil ini membuat Barca mengukir enam kemenangan beruntun di La Liga.

Sebelumnya, mereka menang 4-0 atas Espanyol, mengalahkan Levante lima gol tanpa balas, membungkam Celta Vigo dengan skor 2-0, menang 2-1 atas Getafe, dan menundukan Eibar 3-0.

Hasil ini pun membuat Los Cules makin nyaman berada di puncak klasemen sementara La Liga dengan nilai 46, unggul lima poin atas Atletico Madrid di urutan kedua. Sementara itu, Leganes di posisi 14 dengan 22 poin.

Bertindak sebagai tim tuan rumah, Barca tampil dominan sejak bola digulirkan. Akan tetapi, mereka baru mampu membuka keunggulan pada menit ke-32 lewat aksi Ousmane Dembele.

Bola hasil sepakan kaki kanan Dembele yang memanfaatkan umpan dari Jordi Alba, melesat mulus masuk ke dalam gawang Leganes. Sampai turun minum, skor 1-0 untuk keunggulan Blaugrana tetap bertahan.

Masuk interval kedua, Barcelona masih menguasai jalannya pertandingan. Akan tetapi, justru Leganes yang sukses mencetak gol sekaligus menyamakan kedudukan berkat bola hasil tembakan Martin Braithwaite pada menit ke-57.

Luis Suarez berhasil mencatatkan namanya di papan skor, sekaligus membawa Barca memimpin 2-1 pada menit ke-71. Sontekan kaki kiri Suarez yang memanfaatkan bola rebound hasil tendangan Lionel Messi, tak mampu dihentikan kiper.

Pada menit ke-90+2, giliran Messi yang mencatatkan namanya di papan skor. Umpan silang Jordi Alba berhasil dituntaskan La Pulga menjadi gol dengan tendangan kaki kanan. Sampai laga berakhir, skor 3-1 untuk kemenangan Barcelona tetap bertahan.

2 dari 2 halaman

Susunan pemain:

Barcelona (4-3-3): 1-Marc-Andre ter Stegen; 20-Sergi Roberto, 24-Thomas Vermaelen, 3-Gerard Pique, 18-Jordi Alba; 21-Carles Alena (10-Lionel Messi 64′), 5-Sergio Busquets, 8-Arthur (4-Ivan Rakitic 64′); 11-Ousmane Dembele (14-Malcom 69′), 9-Luis Suarez, 7-Philippe Coutinho.

Pelatih: Ernesto Valverde (Spanyol)

Leganes (5-4-1): 1-Ivan Cuellar; 12-Allan Nyom, 24-Kenneth Omeruo, 22-Dimitrios Siovas, 15-Rodrigo Tarin, 5-Jonathan Silva; 27-Oscar Rodriguez (10-Nabil El Zhar 86′), 23-Mikel Vesga (17-Javier Eraso 86′), 8-Recio, 26-Youssef En-Nesyri; 25-Martin Braithwaite (20-Michael Santos 78′).

Pelatih: Mauricio Pellegrino (Argentina)

Wasit: Ricardo De Burgos

Menangkan Jokowi, PDIP dan PPP Hidupkan Kembali Mega Bintang

Liputan6.com, Jakarta – PDI Perjuangan dan PPP menghidupkan kembali gerakan Mega-Bintang yang pernah masif saat pemilihan legislatif 1997. Gerakan Mega-Bintang Reborn ini adalah demi memenangkan pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi dan Ma’ruf Amin, serta kerja sama demi kemenangan Pemilu.

Mega-Bintang adalah gerakan akar rumput PDI Perjuangan dan PPP di tahun 1997. Saat itu, gerakan Mega-Bintang untuk melawan dominasi kekuasaan Presiden Soeharto dan Golkar.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto melakukan pertemuan dengan Koordinator PPP DKI Jakarta Matnoor Tindoan. Konsolidasi dua partai itu dalam rangka safari kebangsaan jilid V PDIP.

“Mudah-mudahan dengan pertemuan ini akan memberikan kejayaan PPP dan PDIP sebagaimana pernah terjadi di Jakarta tahun 1997 dan ini menjadi modal penting untuk kemenangan Pak Jokowi di pemilu besok,” ujar Hasto di kediaman Matnoor di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Minggu (20/1/2019).

Matnoor meyakini, Ibu Kota masih menjadi milik capres petahana Jokowi. Meskipun, ada pergeseran suara pada saat Pilkada DKI Jakarta di mana pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno yang diusung Gerindra dan PKS menang.

Secara hitungan politik, Matnoor meyakini Jakarta masih milik PDIP dan PPP. Dia menyebut, suara PKS tidak menjadi ancaman di DKI Jakarta.

“Besok kita ingin habis PDIP ranking satu ranking duanya PPP,” imbuhnya.

Matnoor menambahkan, strategi yang dipakai untuk memenangkan Jokowi-Ma’ruf adalah dengan kampanye blusukan ke masyarakat langsung.

2 dari 3 halaman

Nasionalis-Islam

Hasto meminta caleg PDIP dan PPP harus bekerjasama sama memenangkan Pilpres dan Pileg. Mereka sepakat yang menjadi lawan bersama adalah partai-partai pendukung pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga, seperti Gerindra, PKS, PAN, dan Partai Demokrat.

Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf itu percaya, keserasian partai nasionalis dan Islam membuat Jakarta menjadi milik pasangan calon presiden nomor urut 01.

“Ini yang kami bangun bahwa Jakarta, dengan rekam jejak sejarah yang panjang dari PDIP dan PPP akan memperkuat Jokowi dan Kiai Ma’ruf Amin. Itu misi utamanya,” pungkas Hasto.




Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

773 Juta Akun Email Bocor, Cek Apakah Milik Kamu Masuk Daftar?

Liputan6.com, Jakarta – Basis data besar yang berisi sekitar 773 juta (tepatnya 772.904.991) akun email unik dan lebih dari 21 juta kata sandi unik, baru-baru ini dilaporkan bocor dan telah di-posting ke forum peretasan online.

Peretasan pertama kali dilaporkan oleh Troy Hunt dari situs keamanan peretasan ‘Have I Been Pwned’, yang memungkinkan kamu memeriksa apakah akun email dan kata sandi kamu telah disusupi dan dari situs mana informasi kamu bocor.

Pengumpulan data secara keseluruhan, yang disebut “Collection #1,” tampaknya tidak berasal dari sumber tertentu, tetapi lebih merupakan kumpulan dari 2.000 database yang bocor–mencakup kata sandi yang telah di-crack. Demikiam menurut Wired, Sabtu (19/1/2019).

Itu artinya lapisan pelindung atau disebut “hashes“, sebuah kata sandi untuk mencegah kata sandi asli kamu yang tidak terlihat telah dipecahkan. Dan kata sandi tersebut telah digunakan di forum peretasan.

Namun, data dalam Collection #1 tidak disiapkan untuk dijual, seperti kebanyakan kebocoran data. Ini pertama kali diunggah di layanan cloud Mega sebelum akhirnya di-take down, kemudian di-posting di situs peretasan publik.

Collection # 1 adalah salah satu pelanggaran data terbesar dalam sejarah, setelah peretasan Yahoo yang memengaruhi sebanyak 3 miliar pengguna.

2 dari 2 halaman

Begini Cara Mengeceknya

Untuk memeriksa apakah data kamu terpengaruh atau tidak, kamu dapat menuju ke HaveIBeenPwned.com dan memasukkan alamat email.

Setelah kamu menekan enter (jika data kamu terpengaruh), kamu dapat menggulir ke bawah dan melihat apakah data kamu termasuk dalam kebocoran Collection #1.

Dari sana, kamu dapat menuju ke tab “Kata Sandi” di bagian atas situs web Have I Been Pwned dan mengetikkan kata sandi yang kamu gunakan di berbagai situs.

Jika sudah “terlihat”, saatnya untuk mengubah kata sandi di situs tempat kamu menggunakannya, dan berhenti menggunakan kata sandi itu lagi. 

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Klasemen La Liga: Barcelona Nyaman di Puncak

Liputan6.com, Barcelona – La Liga telah memasuki pekan ke-20. Barcelona masih mendominasi klasemen untuk sementara.

Blaugrana saat ini memimpin La Liga dengan mengoleksi 43 poin. Pasukan Ernesto Valverde unggul lima poin dari Atletico Madrid yang berada di urutan kedua.

Barcelona unggul 10 poin dari rival abadinya Real Madrid. Los Blancos terpuruk di posisi empat klasemen dengan sudah menelan enam kali kekalahan.

Adapun tempat ketiga klasemen La Liga menjadi milik Sevilla. Klub asal Andalusia itu unggul selisih gol saja dari Real Madrid.

Di pekan 20, La Liga, Barcelona cuma menghadapi tim papan bawah Leganes. Sedangkan Atletico akan bertemu Huesca di kandang lawan.

2 dari 2 halaman

Klasemen


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Pengundian Perempat Final Copa del Rey: Barcelona Hadapi Sevilla

Madrid – Drawing perempat final Copa del Rey yang berlangsung di Ciudad del Futbol in Las Rozas, Madrid, Jumat (18/1/2019) malam waktu setempat, telah rampung digelar. Hasilnya, Barcelona bersua dengan Sevilla.

Barca lolos ke fase delapan besar setelah meraih kemenangan agregat 4-2 atas Levante. Sementara itu, Sevilla menyingkirkan Athletic Bilbao dengan keunggulan agregat 3-2 pada laga 16 besar.

Andai mampu mengalahkan Sevilla, Barcelona akan lolos ke semifinal dan menjaga asa meraih trofi Copa del Rey musim ini. Los Cules pun berpeluang mempertegas dominasinya di Copa del Rey yang sejauh ini telah meraih 30 trofi, atau terbanyak dibandingkan klub Spanyol lainnya.

Sementara itu, Sevilla memiliki kesempatan untuk membalaskan dendam kontra Blaugrana. Pada final Copa del Rey 2017-2018, Sevillistas gagal keluar sebagai juara setelah menelan kekalahan 0-5 dari Barcelonadi Wanda Metropolitano, 21 April 2018.

Pada laga lain, Real Madrid akan menghadapi lawan yang tak terlalu berat. Madrid yang menang agregat 3-1 atas Leganes pada 16 besar, akan bersua Girona dalam pertandingan perempat final Copa del Rey.

Laga babak delapan besar Copa del Rey masih akan berlangsung dalam dua leg. Pertandingan leg pertama dihelat pada 22, 23, dan 24 Januari 2019, sedangkan leg kedua digelar pada 29, 30, dan 31 Januari 2019.

Berikut ini adalah hasil undian perempat final Copa del Rey:

Real Madrid* Vs Girona

Getafe* Vs Valencia

Sevilla* Vs Barcelona

Espanyol* Vs Real Betis

*Tim tuan rumah pada leg pertama

Sumber: AS

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

Barcelona Pakai Pemain Bermasalah, Levante Akan Protes ke RFEF

Liputan6.com, Barcelona – Presiden Levante Quico Catalan mengonfirmasi pihaknya bakal mengajukan protes resmi kepada Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF). Protes itu terkait penggunaan pemain ilegal oleh Barcelona saat menghadapi Levante pada leg pertama babak 16 besar Copa del Rey, 11 Januari 2019.

Seperti dilaporkan El Mundo, pemain bermasalah Barcelona itu adalah Juan Brandariz atau lebih dikenal sebagai Chumi. Pemain ini diketahui tengah mendapat sanksi bermain karena akumulasi kartu.

“Jika Barca berada dalam situasi yang sama dengan Levante, maka mereka akan melakukan hal serupa dan kita harus memahami itu,” kata Catalan seperti dilansir Cadena Cope, Jumat (18/1/2019).

Karena itu, Levante akan membawa masalah ini ke RFEF. Levante akan membawa masalah ke RFEF mengenai kemungkinan line-up Barcelona yang tidak memenuhi syarat,” ucap Catalan.

“Kami mengerti ada hukum yang kuat yang memungkinkan klub untuk membawa ini ke Federasi.”

2 dari 3 halaman

Kode Disiplin

El Mundo dalam laporannya menyebutkan Barcelona telah melanggar pasal 56.3 kode disipliner. Pasal tersebut menyatakan pemain yang terkena sanksi tidak akan dapat tampil di salah satu dari tim atau klub ini sampai jumlah hari dimana sanksi berlaku berakhir.

Selan itu, Barcelona juga nilai melanggar artikel 76 dari Kode Disiplin Federasi Sepak Bola Spanyol. Artikel itu menyebut klub yang secara tidak tepat menyelaraskan pemain karena tak memenuhi persyaratan peraturan untuk berpartisipasi dalam pertandingan, akan kehilangan pertandingan ini, menyatakan lawan mereka pemenang dengan hasil tiga tujuan sampai nol, kecuali mereka telah memperoleh skor yang lebih tinggi.

3 dari 3 halaman

Menang

Dalam leg kedua babak 16 besar Copa del Rey di Camp Nou, Jumat (18/1/2019) dini hari WIB, Barcelona menang 3-0 atas Levante. Ketiga gol Barcelona di laga tersebut dicetak Ousmane Dembele (2 gol) dan Lionel Messi.

Hasil tersebut membuat Barcelona lolos ke babak delapan besar dengan keunggulan agregat 4-2. Sebab di leg pertama, skuat racikan Ernesto Valverde ini kalah 2-4.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Hacker Bocorkan 22 Juta Password, Privasi Pengguna Terancam?

Liputan6.com, Jakarta – Lebih dari 87GB file yang berisikan alamat email dan password telah terekspos lewat sebuah folder bernama “Collection #1” oleh sejumlah hacker.

Dilansir Mashable pada Jumat (18/1/2019) sebagaimana dirinci oleh peneliti keamanan siber Troy Hunt, ‘harta karun’ berisi hampir 22 juta password unik dan lebih dari 772 juta alamat email ini disimpan di layanan penyimpanan cloud MEGA.

Bahayanya, tautan yang merujuk ke akses file tersebut telah dipublikasikan di forum peretas.

Hunt menjelaskan cache email dan password diduga telah dibentuk dari sejumlah peretasan data dari ribuan sumber yang dikumpulkan sejak tahun 2008.

“Seperti kebanyakan dari kalian yang membaca ini, saya pernah mengalami beberapa kali peretasan data yang sebelumnya mengakibatkan alamat email dan password bocor di publik,” tulis Hunt.

Hunt telah memasukkan alamat email dan password ke dalam situsnya, haveibeenpwned.com yang memungkinkan seseorang untuk diberitahu ketika email mereka telah diretas atau memeriksa apakah password telah terekspos.

Setelah selesai memeriksa, alangkah baiknya cari pengelola kata sandi dan simpan di sana. Alternatifnya, catat password yang sulit diingat di buku catatan.

“Ini mungkin bertentangan dengan pemikiran tradisional, tetapi menuliskan password di sebuah buku dan menyimpannya di dalam rumah, lebih aman, ketimbang menempatkannya di suatu situs,” tambah Hunt.

2 dari 3 halaman

Ini 25 Password Terburuk 2018

Perusahaan manajemen password SplashData, baru saja merilis daftar password terburuk pada 2018. Ada 25 password paling burukyang dirilis. 

Dilansir Business Insider pada Sabtu (15/12/2018), daftar password terburuk tersebut, dikumpulkan dari 5 juta password yang bocor di ranah maya. 

Password yang bocor ini ditengarai mudah dibobol karena mengusung kombinasi alfabetis dan angka yang terlalu mudah (seperti kombinasi “123456” dan “password”), sehingga bisa diretas oleh pihak tak bertanggung jawab. 

Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut daftar 25 password dengan kombinasi terburuk di sepanjang 2018.

3 dari 3 halaman

Ini Dia Daftarnya

Ada yang peringkatnya bergeser, ada yang tetap sama, dan ada juga password baru bertengger di daftar tersebut.

1. 123456

2. password

3. 123456789

4. 12345678

5. 12345

6. 111111

7. 1234567

8. sunshine

9. qwerty

10. iloveyou

11. princess

12. admin

13. welcome

14. 666666

15. abc123

16. football

17. 123123

18. monkey

19. 654321

20. !@#$%^&*

21. charlie

22. aa123456

23. donald

24. password1

25. qwerty123

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Libas Levante, Barcelona Lolos dari 16 Besar Copa del Rey

Jakarta Barcelona mengalahkan Levante tiga gol tanpa balas pada leg kedua babak 16 besar Copa del Rey, di Stadion Camp Nou, Barcelona, Kamis (17/1/2019) waktu setempat.

Hasil tersebut cukup untuk membawa Barcelona lolos ke babak berikutnya. El Barca unggul agregat 4-2 atas Levante yang sempat menang 2-1 pada pertemuan pertama.

Gol pembuka kemenangan Barcelona baru tercipta pada menit ke-30. Pemain muda asal Prancis, Ousmane Dembele, mencatatkan nama di papan skor untuk membawa Barcelona unggul 1-0.

Semenit kemudian, Dembele kembali mencetak gol untuk Barcelona. Dembele sukses memaksimalkan umpan Lionel Messi.

Pada babak kedua, Barcelona kembali menceploskan bola. Kali ini, Messi memperbesar keunggulan melalui golnya setelah memanfaatkan umpan Nelson Semedo.

Levante gagal membalas gol-gol Barcelona. Hingga laga berakhir, skor 3-0 bertahan untuk kemenangan Barcelona.

Susunan pemain

Barcelona: 13-Jasper Cillessen; 2-Nelson Semedo, 17-Jeison Murillo, 15-Clement Lenglet, 18-Jordi Alba (20-Sergi Roberto 73); 4-Ivan Rakitic, 8-Arthur, 22-Arturo Vidal; 11-Ousmane Dembele (6-Denis Suarez 77), 10-Lionel Messi, 7-Philippe Coutinho (9-Luis Suarez 63)

Pelatih: Ernesto Valverde

Levante: 25-Aitor Fernandez; 4-Roberto Suarez, 15-Sergio Postigo (23-Jason 71), 18-Erick Cabaco; 12-Coke, 24-Jose Campana (5-Cheikh Doukoure 68), 8-Sanjin Prcic, 7-Moses Simon; 10-Enis Bardhi; 2-Borja Mayoral (20-Raphael Dwamena 61), 21-Emmanuel Boateng

Pelatih: Paco Lopez

Wasit: Jose Gonzalez

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini:

Glass, Misteri dan Ketegangan di Sebuah Film Superhero

Liputan6.com, Jakarta – Pernah menonton film Unbreakable (2000) atau Split (2016)? Tahun ini, deretan karakter dari dua film tersebut dipertemukan oleh sang sutradara, M. Night Shyamalan dalam film terbarunya, Glass.

Glass kembali menghadirkan nuansa misteri dan ketegangan layaknya Unbreakable dan Split. Tema superhero yang disuguhkan dalam Unbreakable, dibawa kembali dalam film ini melalui narasi dari karakter Mr. Glass.

Menyusul dua film tersebut, Glass melengkapi trilogi bertema Eastrail 177 Trilogy karya M. Night Shyamalan. Selain karakter, alur ceritanya pun menjadi pengembangan dari Unbreakable dan Split.

Alur cerita dalam Glass terjadi bertahun-tahun setelah Unbreakable, dan beberapa waktu usai Split. Dikisahkan, tiga karakter utamanya, David Dunn (Bruce Willis), Kevin Wendell Crumb (James McAvoy), dan Elijah Price alias Mr. Glass (Samuel L. Jackson), ditangkap lalu dimasukkan ke dalam rumah sakit jiwa.

Ketiganya dihadapkan pada Dr. Ellie Staple (Sarah Paulson) yang berusaha meyakinkan bahwa kekuatan mereka hanyalah ilusi dari keterbelakangan mental masing-masing. Namun, beberapa dari mereka memiliki rencana untuk kabur dari rumah sakit sambil membuktikan kepada dunia bahwa kekuatan superhero itu ada.

2 dari 4 halaman

Masuk Akal

Menyaksikan Glass secara keseluruhan, M. Night Shyamalan nampaknya mulai unjuk kebolehan dalam membangun sebuah waralaba superhero versinya. Hasilnya pun patut diacungi jempol.

Alur cerita yang ditampilkan hampir 20 tahun lalu dalam Unbreakable, terasa masuk akal ketika dimasukkan untuk film Glass. Pengembangan karakter utama Split yang memiliki banyak kepribadian, termasuk si monster mengerikan, dimainkan lagi secara apik oleh James McAvoy.

Satu lagi yang patut diapresiasi adalah dilibatkannya aktor Spencer Treat Clark sebagai Joseph Dunn, putra dari David Dunn. Dalam Unbreakable, sang aktor kala itu masih anak-anak.

Kembalinya aktris Charlayne Woodard sebagai ibu dari Elijah serta Anya Taylor-Joy sebagai Casey Cooke juga semakin membuat kisah film ini dramatis.

Urusan misteri dan plot twist (kejutan cerita), M. Night Shyamalan lagi-lagi memasukkan unsur-unsur tersebut secara apik dan rapi. Bila kita menonton dua film sebelumnya, maka beberapa kejutan akan mencengangkan kita. Akhir ceritanya pun sukar ditebak, membuat film ini layak diberi tepuk tangan.

3 dari 4 halaman

Bukan Film Marvel atau DC

Dari segala kelebihan tersebut, Glass masih memiliki beberapa hal yang dirasa kurang memuaskan. Salah satunya adalah adegan perkelahian antar manusia super.

Glass memang bukan film Marvel atau DC yang sarat dengan pertempuran dan pertarungan mega dahsyat. Film ini bisa dianggap memiliki adegan perkelahian yang membumi sampai-sampai terlalu masuk akal.

Sayangnya, beberapa adegan laga selalu digambarkan secara lambat dalam waktu singkat.

Pada intinya, Glass bukanlah film superhero yang sarat dengan bumbu laga. Film ini lebih menekankan pada kondisi psikologis orang-orang yang memiliki kekuatan super.

4 dari 4 halaman

Kekecewaan

Banyaknya dialog yang menginterupsi momen perkelahian, dirasa bakal menimbulkan kekecewaan bagi para pecinta adegan laga yang menonton film ini.

Motif beberapa karakter untuk mencapai tujuannya ini bisa dianggap masuk akal. Meskipun, cara M. Night Shyamalan dalam menyibak misteri yang dihadirkan terkesan agak memaksakan. Misalnya saja dengan memasukkan cerita buku komik ke dalam salah satu motifnya.

Glass bisa menjadi satu hiburan menarik bagi para pecinta film berjenis ketegangan. Film ini juga menjadi penutup yang pas bagi Unbreakable dan Split.

Namun seperti yang sudah disampaikan, ini bukanlah film superhero yang sarat adegan laga. Jadi, siapkan ruang di dalam otak sebelum menontonnya agar bisa menerka-nerka berbagai misteri dalam film ini.

Pertamina Mulai Transisi Pengelolaan Blok Rokan

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) memulai masa transisi pengolahan Blok Rokan di Riau untuk menjaga tingkat produksi minyak. Transisi dilakukan sebelum Pertamina resmi ‎menjadi operator pasca kontrak Chevron Pacific Indonesia habis pada 2021.

Direktur Hulu Pertamina Dharmawan Samsu mengatakan, perusahaan sudah membuat anak usaha untuk mengelola Blok Rokan pada 22 Desember 2018, serta menandatangani ketentuan dimulainya masa transisi dengan Chevron Pacific Indonesia.

‎”Jadi sudah terjadi penandatanganan transisi antara Pertamina dan Chevron,”‎ kata Dharmawan, saat menghadiri Workshop Media 2019, di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Dia menyebutkan, dalam masa transisi Pertmina akan melakukan peremajaan ruas pipa Minas-Duri-Dumai, Balam-Bangko-Dumai. Pipa tersebut diganti lebih awal sebelum 2021, untuk menghindari penghentian kegiatan operasi saat Pertamina sudah menjadi operator.

Saat ini Pertamina sedang melakukan kajian untuk penggantian pipa, sehingga proyek tersebut bisa diesekusi pada tahun ini. Namun dia belum bisa menyebutkan investasinya.

“Harus diganti sebelum 2021 karena memang sudah harus diganti, tetapi kalau harus menunggu 2021 pipa itu bisa berhenti produksi harus dirawat,” tutur dia.

Dia melanjutkan, dalam masa transisi Pertamina juga melakukan pengeboran sumur di Blok Rokan. Hal ini untuk mempertahankan tingkat produksi minyak dari Blok Rokan yang menjadi andalan produksi nasional.

“Kedua adalah program pengeboran yang memungkinkan Pertamina partisipasi, ini tidak sederhanan karena secara legal masih dikelola Chevron‎,” tuturnya.

Menurut Dharmawan, dalam masa transisi akan dilakukan transfer pengetahuan pengelolaan Blok Rokan‎ dari pihak Chevron Pacific Indonesia.‎”Tindak lanjut komite dilakukan secara periodik, untuk mendesain rencana. Ini sebuah model sangat baik,” tandasnya.



2 dari 2 halaman

Pertamina Incar Beli 30 Ribu Barel Minyak Mentah Blok Cepu

PT Pertamina (Persero) terus melakukan negosiasi untuk meningkatkan penyerapan minyak bagian Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS). Negosiasi antara lain dilakukan kepada Exxon Mobile Limited selaku operator Blok Cepu.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Djoko Siswanto mengatakan, dari‎ seluruh produksi minyak Blok Cepu di atas 200 ribu barel per hari (bph), 180 ribu antaranya sudah dipasok ke dalam negeri.

Namun masih ada 30 ribu bph yang belum dijual ke dalam negeri.”180 ribuan sekian sudah ke domestik kan,” kata Djoko, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Menurut Djoko, saat ini sedang dilakukan negosiasi, agar 30 ribu bph minyak dari Blok Cepu yang sebelumnya diekspor, dapat dibeli Pertamina untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. “Tinggal 30 ribu kan lagi negosiasi. Siapa bilang batal,” tutur Djoko.

Penjualan minyak bagian KKKS ke [Pertamina]( 3867699 “”) diatur dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 42 Tahun 2018 Tentang Prioritas Pemanfaatan Minyak Bumi Untuk Pemenuhan Kebutuhan Dalam Negeri yang mulai berlaku pada 5 September 2018.

Pertamina telah sepakat melakukan pembelian minyak bagian PT Chevron Pacific Indonesia dari Blok Rokan sebanyak 2,5 juta barel per bulan.

Pertamina juga telah melakukan kesepakatan dengan KKKS lainnya seperti ; RH Petrogas Limited, PT SPR Langgak, PetroChina International Jabung Ltd, PT Bumi Siak Pusako, SAKA Pangkah Indonesia Ltd, PT Energi Mega Persada Tonga, Petronas Carigali Ketapang I Ltd, Husky CNOOC Madura Ltd dan PT Energi Mega Persada Tbk.

Seluruh upaya ini dapat mengurangi import minyak mentah dan kondensat sekitar 115.000 barrels per hari dan diharapkan dapat mengurangi pembelian impor menjadi 250 ribu barel per hari.