100 Persen Desa di Wilayah Terluar Sumbar Menikmati Listrik

Liputan6.com, Jakarta – Masyarakat di wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T) Sumatera Barat (Sumbar) telah menikmati listrik.

Hal ini ditandai dengan elektrifikasi desa 100 persen untuk Kabupaten Kepulauan Mentawai. Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN, Wiluyo Kusdwiharto mengatakan, dengan ada  program Ekspedisi Mentawai Terang, yang dicanangkan PLN UIW Sumbar pada 2018, PLN dapat memenuhi seluruh kebutuhan listrik masyarakat di daerah 3T.

Untuk Kepulauan Mentawai saat ini dipasok dari sembilan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yang tersebar di beberapa kecamatan dengan total 43 unit mesin pembangkit yang beroperasi dengan kapasitas 5.345 Klio Watt (kW) dan  beban puncak saat ini sebesar 3.364 kW.

“Khusus untuk PLTD Tua Pejat yang memiliki 8 unit mesin pembangkit dengan daya terpasang 4.120 kW. Saat ini melayani beban puncak sebesar 1.688 kW sehingga surplus 1.187 kW,” kata Wiluyo, di Jakarta Rabu (27/2/2019).

Saat ini Sumbar, memiliki pasokan listrik dengan kapasitas Pembangkit 703 Mega Watt (MW) dengan  beban puncak sebesar 593 MW. Selain dipasok dari pembangkit sendiri, Sumatera Barat juga dipasok dari Sistem interkoneksi 150 kV.

2 dari 2 halaman

Dorong Pertumbuhan Ekonomi dan Pariwisata

PLN tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan listrik masyarakat Sumatera Barat melainkan juga siap mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Sumatera Barat. Khususnya Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui ketersediaan pasokan listrik.

“Meski banyak halangan dalam proses melistriki seluruh negeri, tentu sudah menjadi kewajiban dan harapan kami agar tidak ada lagi masyarakat yang tidak mendapatkan listrik mengingat listrik adalah kebutuhan vital dan sudah menjadi kewajiban bagi PLN untuk memenuhi kebutuhan seluruh lapisan masyarakat,” papar Wiluyo.

Program Listrik Desa di Kabupaten Kepulauan Mentawai ini merupakan bagian dari Program Listrik Desa di seluruh Regional Sumatera, pada  2018 telah membangun sebanyak 1.954 kms Jaringan Tegangan Menengah, 1.710 kms Jaringan Tegangan Rendah  dan 647 gardu dengan kapasitas 50.000 kVA. 

Infrastruktur tersebut dapat melayani kebutuhan listrik 378 desa di Regional Sumatera. Jaringan baru sepanjang 19,2 KMs (JTM) dan 7,7 KMs (JTR) dengan memiliki lima unit gardu dengan kapasitas 250 KVA.

Adapun tiga gardu di Desa Bosua sebesar 150 KVA dan dua gardu di Desa Beriulou sebesar 100 KVA yang diharap harapkan mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat kedua desa.

Dengan ada program ini rasio elektrifikasi di Sumatera Barat meningkat 4,43 persen dari 88,53 persen menjadi 92,96 persen terhitung dari Desember 2017 hingga Desember 2018. Khusus di Kabupaten Kepulauan Mentawai Rasio Elektrifikasi meningkat 13,43 persen  dari 43,07 persen menjadi 56,50 persen. 

Rasio Desa Berlistrik Sumatera Barat pada 2018 telah mencapai 100 persen, dengan rincian 1.141 desa atau 98,5 persen berlistrik dari PLN dan 17 desa 1,4 persen berlistrik non PLN dengan total 1.158 desa.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan komitmen para insan PLN untuk mewujudkan mimpi masyarakat Desa Bosua dan Desa Beriulou untuk menikmati listrik selama 24 jam,” ujar dia.


Saksikan video pilihan di bawah ini:




Pesan Chat Bocor, Seungri Bigbang Dituding Sediakan PSK untuk Calon Investor

Seoul- Setelah terseret dalam kasus Burning Sun, Seungri Bigbang kembali terkena masalah baru. Baru-baru ini, ia dituding menyediakan pekerja seks komersial (PSK) kepada seorang kliennya yang kaya.

Dilansir dari Allkpop, Selasa (26/2/2019), hal ini diawali dengan penemuan SBS funE saat menyelidiki tentang kontroversi Burning Sun. Mereka mendapat pesan KakaoTalk antara Seungri Bigbang, penyanyi C, dan Mr Yu dari Yuri Holdings, seorang pria yang memimpin perusahaan tersebut bersama Seungri pada 2015.

Pesan tersebut bertanggal 6 Desember 2015 pukul 23.38 waktu Korea. Seungri Bigbang melakukan chatting dengan seseorang bernama Kim yang diketahui merupakan seorang karyawan di sebuah klub.

Dalam pesan itu, Seungri Bigbang meminta Kim untuk melakukan hal yang telah dipesankan sebelumnya. Berikut adalah isi percakapan antara Seungri dan orang-orang tersebut:


Simak berita menarik lain di JawaPos.com

2 dari 4 halaman

Percakapan (1)

“Kim, lakukan seperti yang B katakan dan booking Arena Main’s 3,4. Di sana ada klien dari Taiwan. Hubungi OO untuk meminta bantuan,” tulis Seungri.

Kim pun membalas pesan tersebut. “Gadis mana yang bisa aku hubungi sekarang? Dia adalah orang Tionghoa. Aku telah memperbaiki semua ruangan. B ingin wanita sendiri,” balasnya.

“Pastikan kamu mengelola B dengan baik sehingga dia tidak terjebak dengan orang lain,” ujar Mr. Yu yang juga bergabung dalam obrolan tersebut.

“Aku akan tetap berada bersamanya,” jawab Kim.

“Lakukan semuanya dengan benar, jangan mengacaukannya!” tambah Seungri.

“Pilih seseorang yang bisa melayaninya. Seseorang yang tidak bisa berbahasa Inggris. Seseorang seperti Lee (CEO Burning Sun saat ini),” kata Mr Yu.

“Kami memiliki dua ruang utama dan keamanan yang baik untuk mereka. Aku akan memperhatikan mereka dengan baik,” kata Kim lagi.

“Bagaimana dengan perempuannya? Pilih satu yang akan tidur dengan mereka tanpa keributan,” ujar Seungri lagi.

3 dari 4 halaman

Percakapan (2)

“Aku memanggil mereka, tetapi aku bertanya-tanya, apakah mereka akan menyerah? Mereka mungkin tidak akan tidur bersama jika bukan denganmu. Aku menghubungi yang murah. Wow, orang-orang harus menjaga gadis itu. Di sana ada tiga yang lebih ba** daripada aku. Aku menelepon (nama perempuan yang dihapus). Aku mendengar, mereka gangster Taiwan,” lanjut Kim.

“Orang Tionghoa suka gadis plastik,” tambah penyanyi C.

“Lakukan saja dengan baik!” kata Seungri kemudian.

Mr Yu lalu menambahkan bahwa ia sedang mempersiapkan para PSK itu.

“Jadi ketika mereka datang, Kim kamu urus mereka dan bawa ke ruangan hotel. Dua sudah cukup kan?” katanya.

“Iya, aku mengirim dua gangster ke kamar hotel,” ujar Kim.

4 dari 4 halaman

Investor

Disebut-sebut, klien B yang mereka dibicarakan dalam percakapan kemudian berpartisipasi sebagai investor utama di Yuri Holdings pada April 2016 lalu. Seungri sendiri telah mengundurkan diri sebagai CEO Yuri Holdings, perusahaan yang semula didirikan di bawah namanya. Nama perusahaan tersebut diganti setelah Mr Yu bergabung dengan perusahaan sebagai CEO.

Yuri Holdings sendiri dikabarkan berafiliasi dengan Burning Sun, klub yang saat ini tengah diinvestigasi karena ditemukan beberapa kasus. Mulai dari pemukulan yang merembet ke narkoba, dan pelecehan seksual.

Terkait temuan chat ini, YG Entertainment menolak untuk memberikan respons kepada SBS funE.

Sumber: JawaPos.com/  Deti Mega Purnamasari

Videoklip BTS Dituduh Hasil Jiplakan, Agensi Bersuara Keras

Seoul – Seorang fotografer asal Prancis bernama Bernard Faucon melemparkan tuduhan yang terbilang sangat serius kepada BTS. Ia menuding sejumlah gambar dalam videoklip BTS, adalah hasil plagiat. 

Faucon menyebutkan bahwa beberapa foto dari BTS, yakni The Most Beautiful Moment in Life yang dirilis tahun 2016,  serta latar belakang dan struktur produksi di beberapa klip dari musik video “Blood, Sweat & Tears”, menyerupai hasil karyanya yang bertajuk “Banquet” dari Summer Holidays seri 1978.

Saat itu Bernard menyatakan bahwa pakaian yang ditampilkan pada boneka, gambar background, serta elemen lainnya mirip dan hampir mendekati replika atas karyanya itu.

Ia juga mengklaim bahwa judul yang diambil BTS itu telah terinsiprasi dari proyek filmnya yang bertajuk The Most Beautiful Day of My Youth yang berlangsung di 25 negara pada tahun 1997 hingga 2003. Ia menuntut permintaan maaf serta kompensasi dari agensi BTS, Big Hit Entertainment. 


Simak berita menarik lain di JawaPos.com

2 dari 3 halaman

Permintaan Sang Fotografer

Tudingan ini sebenarnya telah ia kirimkan kepada Big Hit Entertainment, pada Agustus dan September 2018. Bernard Faucon juga mengirim surat yang ditulis tangan olehnya pada Oktober 2018 dan meminta Big Hit mengakui bahwa agensi ini telah terinspirasi atau menyebutkan bahwa ide-ide tersebut terinspirasi dan sebuah penghormatan terhadap karyanya.

 “Aku senang jika mereka terinspirasi oleh karyaku. Aku tidak berencana untuk menggugat, tapi aku harap mereka mengakui fakta bahwa mereka terinspirasi oleh pekerjaanku,” ujarnya dalam sebuah wawancara.

3 dari 3 halaman

Reaksi Big Hit

Meski dikemukakan beberapa bulan lalu, tudingan ini kembali mengemuka karena kembali diberitakan oleh media di Korea Selatan, baru-baru ini. Big Hit lantas bersuara atas tuduhan ini. Juru bicaranya menolak klaim tersebut dan mengeluarkan bantahan.

“Setelah memeriksa laporan yang dibuat hari ini, kami telah menyampaikan pendapat kami bahwa klaim kesamaan yang diajukan oleh sebuah galeri pada September tahun lalu tidak valid,” ujar Big Hit seperti dilansir dari Soompi, Senin (25/2/2019).

Big Hit menyatakan, foto dan klip dari album yang dikerjakan untuk BTS itu tidak sama dengan karya Bernard dan yang dituduhkan kepada mereka. Mereka berargumen, poin yang diklaim Bernard Faucon serupa dan sudah biasa digunakan untuk keperluan syuting.

Rencananya, Bernard akan menggelar konferensi pers terkait dengan permasalahan ini pada April mendatang.

Sumber: Jawapos.com

Penulis:  Deti Mega Purnamasari

Menteri ESDM Targetkan 3.000 MW Pembangkit Listrik Rampung 2019

Liputan6.com, Cilacap – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan menargetkan, sekitar 3.000 Mega Watt (MW) proyek pembangkit listrik baru yang akan selesai dan beroperasi (commercial operation date/COD) pada 2019.

Dia mengatakan, target itu sejalan dengan program proyek 35 ribu Mega Watt (MW) penyediaan listrik di seluruh Indonesia yang rencana rampung 2026.

“Program 35 ribu MW itu adalah program peningkatan kapasitas pembangkit yang akan kita selesaikan kira-kira sampai 2026. Tergantung dari prediksi pertumbuhan ekonomi yang dikonversikan menjadi prediksi permintaan tambahan tenaga listrik,” urai dia di Cilacap, Jawa Tengah, Senin (25/2/2019).

Pada 2019, dia menambahkan, bakal ada tambahan antara 2.500 sampai 3 ribu MW pembangkit baru yang mau dioperasikan. Adapun Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat ini baru saja meresmikan PLTU Cilacap Ekspansi Tahap I yang memiliki kapasitas 1×660 MW.

Sedangkan dalam waktu dekat, akan ada satu pembangkit listrik lain di wilayah sama yang bakal segera dioperasikan, yakni PLTU Cilacap Ekspansi Tahap II dengan kapasitas 1×1.000 MW.

“Tahun ini kira-kira ada sekitar 2.500-3 ribu MW (pembangkit baru). Salah satunya PLTU yang 1.000 MW ini,” tutur dia.

Sementara itu, Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah PT PLN (Persero) Amir Rosidin meneruskan, akan ada dua PLTU lainnya di Banten yang direncanakan beroperasi 2019, yaitu PLTU Jawa 7 dan PLTU Lontar.

“Selain yang akan operasi di Cilacap, kemudian di Jawa 7 (2.000 MW) di Banten dan yang di Lontar (450 MW) juga akan operasi di tahun ini,” ujar dia.

2 dari 2 halaman

Pasokan Listrik RI Bertambah 4.000 MW pada 2019

Sebelumnya, PT PLN (Persero) mencatat pasokan listrik Indonesia akan bertambah sebesar 4.000 Mega Watt (MW) pada 2019. Dengan beroperasinya pembangkit bagian dari program 35 ribu Mega Watt (MW).

Direktur Perencanaan Korporat PLN, Syofvi Felienty Roekman mengatakan, tambahan pasokan listrik sebesar 4 ribu MW, berasal dari pembangkit yang beroperasi pada 2019, di antaranya adalah Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Lontar dengan kapasitas 315 Mega Watt (MW).

Kemudian Jawa 7 Unit 1 dan Cilacap Unit 1 dengan total kepasitas ‎2300 MW, Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Tanjung Priok, Grati dan Muara Karang. 

Selain itu, juga ada pembangkit yang menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT) dengan total kapasitas 780 MW. Terdiri dari Pembangkit Listrik Tenaga Air‎ (PLTA) Jatiede dan Raja Mandala.

“Kurang lebih 4 ribu. Bagian dari 35 ribu MW, yang besar batu bara,” kata Syofvi, di Jakarta, Kamis 21 Februari 2019.

Syofvi menuturkan, jumlah tambahan pasokan listrik dari pembangkit program 35 ribu MW lebih besar pada 2019, dibanding tahun lalu sebesar 2 ribuan MW. Sedangkan total kapasitas pembangkit 35 ribu MW yang telah beroperasi sampai 2018 sekitar 10 ribu MW.

“2000-an lebih. Total empat tahun 2015-2018 sekitar 10 ribu MW tapi size-nya kecil-kecil,” tutur dia.

Syofvi menilai, pembangkit listrik tersebut dipercepat pengoperasianya beberapa bulan. Mayoritas pembangkit yang beroperasi terletak di Pulau Jawa. Hal ini untuk memenuhi pertumbuhan kebutuhan listrik di wilayah tersebut .

‎”Jawa pertumbuhan 2018 jauh lebih dari 2016 bagus sekitar 4 persen lebih, nasional 5,15 itu konsumsi listrik, tahun ini lebih dari 6 persen,”‎ kata dia.


 Saksikan video pilihan di bawah ini:

Pemenang Lotere Ini Jual Rumah Mewahnya Senilai Rp 365 Miliar

Liputan6.com, Jakarta – Eksekutif konstruksi asal California yang memenangkan lotere USD 180 juta atau Rp 2,5 triliun (asumsi kurs Rp 14.060 per dolar AS) menjual rumah mewahnya beserta properti seluas 350 hektare di San Bernardino County seharga USD 26 juta atau Rp 365,56 miliar.

Rick Knudsen, yang memenangkan lotere Mega Millions Agustus 2014 lalu, saat ini merencanakan proyek lain selain rumah chateu, peternakan kerbau dan restoran steak yang dia beli di Oak Glen, California, dilansir dari toptenrealestatedeals.com.

Dia mengatakan, dia sudah siap untuk pendekatan yang lebih rendah, dilansir dari The Scramento Bee.

“Saya tidak akan membeli rumah dengan boros lagi kali ini,” ujar Rick Knudsen kepada majalah People, yang dikutip Minggu (24/2/2019).

“Saya hanya akan membeli lahan dan membuat rumah serta peternakan yang cukup untuk keluarga saja,” ia menambahkan.

Setelah menang lotere yang dia beli seharga USD 5 atau Rp 70 ribu di toko serba ada dekat rumahnya, Knudson membeli rumah di California Selatan. Bangunan mewahnya itu memiliki luas 350 hektare lengkap dengan peternakan kerbau.

2 dari 2 halaman

Penampakan Rumah USD 26 Miliar Rick Knudsen

Di peternakannya terdapat 45 ekor kerbau, pondok untuk pengurus dan dua lumbung gandum; satu untuk peralatan beternak dan satu untuk penyimpanan jerami.

Daging kerbau di peternakan kemudian diolah menjadi steak dan disajikan di restoran steaknya, Knudson’s Oak Glen Steakhouse and Saloon.

Dikenal sebagai Eagle Crest Mountain Estate, properti ini terletak di ketinggian 9,000 kaki dan memiliki pemandangan Little San Gorgonio dan puncak Gunung San Jacinto, serta Laut Salton dan Pulau Catalina.

Rumah ini memiliki lima kamar tidur, garasi dan carport seluas 4.100 meter persegi, elevator tiga lantai, teater 17 kursi lengkap dengan sound system merek George Lucas, gym dengan peralatan lengkap, gudang anggur, sumber air sendiri, internet ramah lingkungan dan sistem tenaga surya di seluruh rumah.

Dengan luas sekitar 16 ribu meter persegi, dapur rumah ini didesain dengan elegan dan bernilai seni tinggi. Kamar tidur utamanya saja memiliki geladak khusus dan jacuzzi.

Selain itu, terdapat pula apartemen satu kamar tidur dengan pintu masuk terpisah dan dapur lengkap. Di bawahnya terdapat dapur outdoor, dua kolam serta kebun apel.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Cocok di Negara Kepulauan, RI Terus Kembangkan Terminal Mini Gas Alam

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah mendorong pembangunan terminal mini gas alam cair (Liquified Natural Gas/LNG) di berbagai wilayah di Indonesia. Infrastruktur ini dinilai tepat dipakai untuk menunjang pemenuhan kebutuhan gas di negara kepulauan.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Djoko Siswanto menyebutkan, terminal mini LNG pertama telah digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) di Sambera, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

LNG pembangkit ini berasal dari Bontang yang berjarak 80 kilo meter (km) dan diangkut dengan menggunakan truk. Setiap hari, sebanyak 24 truk bergantian mengisi Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG).‎

Terminal mini LNG juga akan dibangun di Ternate, Nabire, Jayapura, Kendari dan Flores.

“Ini (pembangunan terminal mini LNG) akan terus dikembangkan karena negara kita negara kepulauan. Potensi Small scale LNG cukup bagus dan di daerah (Indonesia) Timur akan dibangun oleh PGN,” kata Djoko, dikutip dari situs resmi Ditjen Migas, di Jakarta, Jumat (22/2/2019).

Pembangunan terminal mini LNG merupakan salah satu capaian Kementerian ESDM yang manfaatnya dapat langsung dirasakan masyarakat. Dengan masuknya LNG, biaya energi primer yang dihemat sebesar Rp 70 miliar per tahun.

“Penggunaan LNG juga dapat menurunkan biaya pokok produksi (BPP) pembangkit sebesar 38 persen,” tuturnya.

Selama ini lantaran keterbatasan infrastruktur, sebagian besar produksi LNG Indonesia diekspor.

Berdasarkan data Kementerian ESDM, pemanfaatan LNG untuk domestik baru sekitar 405,2 BBTUD. Sementara LNG yang diekspor mencapai 1.907,8 BBTUD.

“Dengan adanya terminal mini LNG, pemanfaatan LNG untuk domestik dapat ditingkatkan‎,” tandasnya.

Pasokan Listrik RI Bertambah 4.000 MW pada 2019

Liputan6.com, Jakarta – PT PLN (Persero) mencatat pasokan listrik Indonesia akan bertambah sebesar 4.000 Mega Watt (MW) pada 2019. Dengan beroperasinya pembangkit bagian dari program 35 ribu Mega Watt (MW).

Direktur Perencanaan Korporat PLN, Syofvi Felienty Roekman mengatakan, tambahan pasokan listrik sebesar 4 ribu MW, berasal dari pembangkit yang beroperasi pada 2019, di antaranya adalah Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Lontar dengan kapasitas 315 Mega Watt (MW).

Kemudian Jawa 7 Unit 1 dan Cilacap Unit 1 dengan total kepasitas ‎2300 MW, Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Tanjung Priok, Grati dan Muara Karang. 

Selain itu, juga ada pembangkit yang menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT) dengan total kapasitas 780 MW. Terdiri dari Pembangkit Listrik Tenaga Air‎ (PLTA) Jatiede dan Raja Mandala.

“Kurang lebih 4 ribu. Bagian dari 35 ribu MW, yang besar batu bara,” kata Syofvi, di Jakarta, Kamis (21/2/2019).

Syofvi menuturkan, jumlah tambahan pasokan listrik dari pembangkit program 35 ribu MW lebih besar pada 2019, dibanding tahun lalu sebesar 2 ribuan MW. Sedangkan total kapasitas pembangkit 35 ribu MW yang telah beroperasi sampai 2018 sekitar 10 ribu MW.

“2000-an lebih. Total empat tahun 2015-2018 sekitar 10 ribu MW tapi size-nya kecil-kecil,” tutur dia.

Syofvi menilai, pembangkit listrik tersebut dipercepat pengoperasianya beberapa bulan. Mayoritas pembangkit yang beroperasi terletak di Pulau Jawa. Hal ini untuk memenuhi pertumbuhan kebutuhan listrik di wilayah tersebut .

‎”Jawa pertumbuhan 2018 jauh lebih dari 2016 bagus sekitar 4 persen lebih, nasional 5,15 itu konsumsi listrik, tahun ini lebih dari 6 persen,”‎ kata dia.

2 dari 2 halaman

PLN Ganti Bahan Bakar Empat Pembangkit Listrik dengan Minyak Sawit

Sebelumnya, PT PLN (Persero) akan mengalihkan pemakaian bahan bakar keempat ‎pembangkit listrik menjadi menggunakan minyak kelapa sawit (Crude Palm Oil/CPO). Hal ini merupakan upaya mengurangi penggunaan energi fosil pada sektor ketenagalistrikan.

Direktur Perencanaan Korporat PLN, Syofvi Felienty Roekman mengatakan, empat pembangkit yang menjadi pelopor pengalihan pemakaian bahan bakar ke CPO sedang tahap uji coba.

Pembangkit tersebut adalah Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Batakan 50 Megawatt (MW) di Balikpapan, Kalimantan Timur, PLTD Supa di Pare-Pare dengan kapasitas 62 MW dan PLTD Kanaan di Bontang Kalimantan Timur berkapasitas pembangkit listrik sebesar 10 MW, dan‎ Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG)‎ PLTMG Jayapura dengan kapasitas 10 MW di Papua.

“Itu untuk tahun ini targetnya, yang eksisting diganti menjadi CPO,” kata Syovfi, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu 20 Februari 2019.

Menurut Syovfi, untuk mengalihkan bahan bakar pembangkit listrik tersebut, PLN harus memodifikasi pembang‎kit dan mengubah beberapa komponen.

Namun tak disebutkan nilai investasi yang dibutuhkan untuk peralihan penggunaan bahan bakar tersebut. “Ada investasi baru, tapi saya lupa angkanya berapa,” tutur Syovfi.

Direktur PLN Bisnis Regional Jawa Bagian Timur, Bali dan Nusa Tenggara Djoko Rahardjo Abumanan mengungkapkan, peralihan  bahan bakar yang digunakan pembangkit dari Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi CPO, akan menurunkan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) pada sektor kelistrikan sekitar 190 ribu kilo liter (kl) per tahun.

“Dalam satu tahun BBM yang bisa dikonversi bisa mencapai 190 ribu Kiloliter,” tutur Djoko. Djoko pun memastikan, empat pembangkit tersebut akan beropersi optimal pada tahun ini, setelah dilakukan ujicoba. Untuk pasokan CPO, PLN sudah mendapat kepastian dari produsen CPO.

“Uji coba sudah dimulai. Ya pokoknya tahun ini empat pembangkit itu sudah harus gunakan CPO,” tandasnya.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Pasokan Listrik RI bakal Bertambah 56,4 Ribu MW dalam 10 Tahun

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan PT PLN (Persero) menargetkan penambahan pasokan listrik sebesar 56,4 ribu Mega Watt (MW) dalam 10 tahun ke depan. Hal ini tercantum dalam Rancangan Usaha Penyedia Tenaga Listrik (RUPTL) 2019-2028.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan, dalam RUPTL 2019-2028 diproyeksikan rata-rata pertumbuhan konsumsi listrik 6-7 persen. Dengan total rencana pembangunan pembangkit baru sebesar 56,4 ribu MW.

“Total rencana pembangkit 56,4 GW ini tambahannya,” kata Jonan, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Dia mengatakan, dalam acuan program kelistrikan nasional selama 10 tahun ke depan, porsi batu bara dalam bauran energi sebesar 54,6 persen, Energi Baru Terbarukan 23 persen, gas 22 persen dan Bahan Bakar Minyak (BBM) sebesar 0,4 persen.

“BBM jadi 0,4 persen. Sekarang kan kira-kira masih 4 sampai 5 persen,” jelas dia.

Untuk total rencana pembangunan transmisi sepanjang 57 ribu kilo meter (km), Gardu Induk 124 ribu Mega Volt Amper (MV), dan total rencana pembangunan gardu distribusi 470 ribu MVa.

“Agak turun, karena sesuaikan dengan kebutuhan. Tapi yang penting rasio elektrifikasi terpenuhi,” tandasnya.

2 dari 2 halaman

Tarif Listrik Pelanggan 900 VA Non Subsidi akan Dapat Diskon

PT PLN (Persero) memberikan diskon tarif listrik kepada pelanggan R-I 900 Volt Amper (VA) Rumah Tangga Mampu(RTM) mulai 1 Maret 2019. Insentif diberikan karena adanya efisiensi pada golongan listrik ini, serta terjadinya penurunan harga minyak dan kurs Dolar Amerika Serikat (AS).

Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka mengatakan,‎ dengan pemberlakuan insentif ini maka pelanggan golongan R-1 900 VA RTM hanya membayar tarif listrik sebesar Rp 1.300 per kilowatt hour (kWh) dari tarif normal sebesar Rp 1.352 per kWh.

“Penurunan tarif ini berlaku bagi 21 juta pelanggan listrik R-1 900 VA RTM,” kata Made, di Jakarta, Jumat (15/2/2019).

Menurut Made, penurunan atau pemberian insentif tarif ini dilakukan karena PLN berhasil melakukan efisiensi diantaranya penurunan susut jaringan, perbaikan Specified Fuel Consumption (SFC) dan peningkatan Capacity Factor (CF) pembangkit.

Selain itu insentif diberikan juga mengingat kondisi harga ICP selama 3 bulan terakhir mengalami penurunan dari USD 62,98 per barel memjadi USD 56,55 per barel.

Dia mengungkapkan, listrik sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat saat ini. Seluruh aktivitas masyarakat ditopang oleh pasokan listrik.

Dengan adanya insentif ini, PLN ingin memberikan ruang untuk pelanggan R-1 900 VA RTM agar dapat lebih banyak memanfaatkan listrik untuk menunjang kegiatan ekonominya dan dalam kegiatan kesehariannya.

Made menambahkan bahwa insentif penurunan tarif bagi RTM 900 VA ini tidak menyertakan syarat apapun. “Silahkan nikmati penurunan tarif ini. Dan gunakan listrik PLN dengan nyaman dan tentu saja aman,” pungkasnya.

Luhut Buka Suara soal Ratusan Ribu Hektare Lahan Prabowo

Jakarta – Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menyinggung kepemilikan tanah tandingannya, Prabowo Subianto. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, penyebutan informasi tersebut oleh Jokowi bukanlah hal yang berlebihan mengingat data yang dipaparkan juga adalah data yang bisa mudah diakses oleh publik.

Luhut menjelaskan data seperti itu tak bisa disembunyikan. Misalnya saja informasi mengenai dirinya yang juga memiliki harta kekayaan seperti properti yang tak bisa disembunyikan datanya. Sebab, hal itu sudah berbentuk data umum.

“Itu kan (data) publik. Saya kan juga punya harta ketahuan. Saya kan nggak bisa bohong, oh Pak Luhut punya gedung di Kuningan ya memang punya masa mau disembunyiin,” kata dia usai pertemuan dengan Dubes Belanda di Raffles Hotel, Jakarta, Rabu (20/2/2019).


Lebih lanjut, ia menjelaskan masalah tanah yang disinggung Jokowi juga tidak menyerang Prabowo secara personal. Sebab, Prabowo juga sempat menyebut Luhut memiliki tanah.

“Nggak nyerang, Beliau (Prabowo) juga bilang kok, tanah Pak Luhut ada kok. Itu kan sekarang data publik,” ungkap dia.

Sementara itu, ia mengungkapkan keterbukaan data tanah di Indonesia telah ada sejak beberapa tahun terakhir. Hal itu dibuat dalam sistem one map policy.

Artinya, setiap orang akan diketahui jumlah harta melalui, kepemilikan tanah atau properti.

“Sekarang dengan one map policy saya ulangi, catat. Dengan one map policy yang sudah diumumkan, kamu bisa googling punya Si Poland berapa sih anunya, propertinya, di mana saja,” ungkap dia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun detikFinance, Luhut memiliki gedung di kawasan Mega Kuningan. Gedung bernama Sopo Del Office Tower tersebut diresmikan Luhut pada Januasri 2018 lalu.

Saksikan juga video ‘Ribut-ribut Soal Lahan Prabowo di Luar Arena Debat’:

(zlf/zlf)

Luhut Buka Suara soal Ratusan Ribu Hektar Lahan Prabowo

Jakarta – Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menyinggung kepemilikan tanah tandingannya, Prabowo Subianto. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, penyebutan informasi tersebut oleh Jokowi bukanlah hal yang berlebihan mengingat data yang dipaparkan juga adalah data yang bisa mudah diakses oleh publik.

Luhut menjelaskan data seperti itu tak bisa disembunyikan. Misalnya saja informasi mengenai dirinya yang juga memiliki harta kekayaan seperti properti yang tak bisa disembunyikan datanya. Sebab, hal itu sudah berbentuk data umum.

“Itu kan (data) publik. Saya kan juga punya harta ketahuan. Saya kan nggak bisa bohong, oh Pak Luhut punya gedung di Kuningan ya memang punya masa mau disembunyiin,” kata dia usai pertemuan dengan Dubes Belanda di Raffles Hotel, Jakarta, Rabu (20/2/2019).


Lebih lanjut, ia menjelaskan masalah tanah yang disinggung Jokowi juga tidak menyerang Prabowo secara personal. Sebab, Prabowo juga sempat menyebut Luhut memiliki tanah.

“Nggak nyerang, Beliau (Prabowo) juga bilang kok, tanah Pak Luhut ada kok. Itu kan sekarang data publik,” ungkap dia.

Sementara itu, ia mengungkapkan keterbukaan data tanah di Indonesia telah ada sejak beberapa tahun terakhir. Hal itu dibuat dalam sistem one map policy.

Artinya, setiap orang akan diketahui jumlah harta melalui, kepemilikan tanah atau properti.

“Sekarang dengan one map policy saya ulangi, catat. Dengan one map policy yang sudah diumumkan, kamu bisa googling punya Si Poland berapa sih anunya, propertinya, di mana saja,” ungkap dia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun detikFinance, Luhut memiliki gedung di kawasan Mega Kuningan. Gedung bernama Sopo Del Office Tower tersebut diresmikan Luhut pada Januasri 2018 lalu. (zlf/zlf)