TNI AL dan Tentara Jerman Latihan Bersama di Laut Mediterania

Jakarta – TNI Angkatan Laut (AL) menggelar latihan bersama dengan tentara Jerman menggunakan kapal perang masing-masing di Laut Mediterania. Latihan itu bertujuan memberikan pelatihan bagaimana menambah dukungan logistik yang habis tanpa harus kembali ke pangkalan.

“Latihan bersama mailbag transfer yang dilaksanakan antara KRI Sultan Hasanuddin-366 dan FGS Oldenburg F-263 merupakan bagian dari latihan pembekalan di laut dengan tujuan untuk memberikan tambahan dukungan logistik kepada unsur kapal yang membutuhkan agar tetap bisa melaksanakan tugas di laut tanpa harus melaksanakan bekal ulang di pangkalan,” ujar Komandan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-K UNIFIL Letkol Laut (P) Cecep Hidayat, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/3/2019) malam.

Lebih lanjut, Cecep mengatakan latihan bersama ini menggunakan lebih dari satu kapal dengan pembagian tugas yang berbeda. Ada kapal yang bertugas pemberi dan ada juga berlaku sebagai penerima bantuan.

“Latihan ini dilakukan oleh dua kapal atau lebih dengan salah satu unsur kapal sebagai delivering ship atau kapal pemberi, sedangkan unsur kapal yang lain sebagai receiving ship atau kapal penerima,” ucapnya.

TNI AL dan Tentara Jerman Latihan Bersama di Laut Mediterania KRI Sultan Hasanuddin-366 dan FGS Oldenburg F-263 asal Jerman gelar latihan bersama di Laut Mediterania (Foto: Dok. Istimewa)

Selain memperkuat profesionalisme prajurit, jelas Cecep, tujuan latihan bersama ini juga berguna untuk mempererat hubungan diplomasi Indonesia dengan Jerman.

“Latihan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan profesionalisme prajurit dan mempererat hubungan diplomasi Angkatan Laut Indonesia dengan Angkatan Laut Jerman,” paparnya.

Dalam latihan mailbag transfer ini, Satgas MTF TNI Konga XXVIII-K/UNIFIL melibatkan 120 prajurit pengawak KRI Sultan Hasanuddin-366 dan Helikopter Dauphin AS-365 N3+ on board di KRI yang saat itu dilibatkan dalam kegiatan latihan.
(eva/nvl)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

6 Inspirasi Menu agar Diet Mediterania Anda Sukses

Liputan6.com, Jakarta – Diet Mediterania telah disebut sebagai diet terbaik tahun 2019. Di samping mengontrol berat badan, diet ini juga diklaim baik untuk usus Anda. Prosedur yang terbilang mudah membuatnya makin menggoda untuk diikuti.

Tanpa memotong banyak hal, Anda hanya diminta fokus pada makan makanan yang bersih dan segar. Diet ini membuat Anda mendapat banyak protein tanpa lemak dan tidak banyak susu, Anda masih bisa makan keju, daging merah, dan anggur meski tak lebih dari seminggu sekali.

Dilansir dari Pop Sugar, Sabtu, 23 Februari 2019, berikut sejumlah rekomendasi menu makanan yang dipercaya membuat diet Mediterania Anda sukses. Sebagian besar dari mereka membutuhkan porsi lain, apakah itu daging atau biji-bijian.

Oatmeal Slow-Cooker

Oatmeal slow-cooker bisa jadi opsi sarapan paling baik saat menjalani diet mediterania. 

Telur Frittata Mini

Sebagai varian, Anda juga bisa memulai hari dengan memakan telur mini yang dipadukan dengan sajian nasi merah.

Lemon Herb Ayam Panggang

Penyajian lemon herb ayam panggang harus Anda lengkapi dengan sayuran kukus yang ditaburi minyak zaitun dan biji-bijian pilihan Anda.

Blewah dengan Yogurt

Blewah isi yogurt cocok untuk sarapan yang menyegarkan. Sajian makanan satu ini dengan sepotong roti gandum.

Salad Brokoli

Salad Brokoli bisa disajikan dengan ayam dan nasi merah atau sebagai tambahan salad untuk melengkapi makan Anda.

Ikan Bakar Dengan Mie Zucchini

Makanan lengkap ini hanya perlu ditambahkan biji-bijian atau sepotong roti gandum untuk jadi menu santap selama menjalani diet Mediterania. (Indah Permata Niska)


Saksikan video pilihan di bawah ini :

4 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Bibir, Tampak Merah Merona Secara Alami

Liputan6.com, Jakarta Minyak zaitun telah lama dikenal memiliki banyak manfaat. Minyak zaitun banyak dimanfaatkan untuk bahan kecantikan dan kesehatan. Sejak dulu hingga sekarang pun masih banyak orang yang memanfaatkan minyak zaitun sebagai bahan alami untuk perawatan yang aman dan ampuh.

Minyak zaitun atau olive oil adalah minyak yang didapat dari buah zaitun (Olea europaea) yang berasal dari pohon tradisional dari basin Mediterania. Minyak zaitun berasal dari pohon zaitun yang tumbuh lebat, memiliki batang keriput berwarna abu-abu ramping dengan banyak cabang.

Buah zaitun memiliki bentuk bulat berwarna hijau ketika mentah dan berwarna kekuning-kuningan ketika sudah matang. Pada umumnya minyak dari buah zaitun dapat digunakan untuk memasak, bahan kosmetik, obat herbal, sabun dan bahan bakar untuk lampu minyak.

Minyak zaitun sangat bermanfaat untuk merawat tubuh karena dalam minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang tinggi, utamanya asam oleik dan polifenol. Kini banyak produk minyak zaitun yang mudah didapatkan. Kamu bisa mendapatkan dengan mudah minyak zaitun yang banyak dijual di toko-toko obat herbal di seluruh Indonesia.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (24/2/2019) minyak zaitun sangat baik digunakan sebagai bahan merawat tubuh. Salah satunya adalah manfaat minyak zaitun untuk bibir.

Dengan cara yang alami, manfaat minyak zaitun untuk bibir bisa menjadi salah satu cara jika kamu memiliki masalah pada bibirmu. Manfaat minyak zaitun untuk bibir sudah dibuktikan oleh banyak orang karena mengandung nutrisi. Manfaat minyak zaitun untuk bibir adalah sebagai berikut:

2 dari 5 halaman

1. Menjaga kelembaban bibir

Minyak zaitun yang kaya akan nutrisi membuat manfaat minyak zaitun untuk bibir ini banyak digunakan oleh banyak orang khususnya wanita. Minyak zaitun dapat memberikan nutrisi pada bibir, membuat bibir lembab dan segar. Agar mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk bibir, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut.

· Gunakan air hangat untuk membersihakn bibir

· Kemudian gunakan handuk bersih dan lembut untuk mengeringkannya

· Oleskan secara merata minyak zaitun pada permukaan bibir

· Kemudian pijat secara perlahan bibirmu dengan lembut agar minyak zaitun dpat meresap dengan baik

· Diamkan sampai keesokan harinya

· Lalu bersihkan minya zaitun dari bibir.

Untuk dapat melembabkan bibirmu, kamu harus gunakan minyak zaitun dengan cara tersebut secara teratur namun tetap jangan sampai berlebihan. Jika berlebihan ada kemungkinan justru kulitmu akan berminyak.

3 dari 5 halaman

2. Meremajakan bibir

Manfaat minyak zaitun untuk bibir selanjutnya dalah minyak zaitun mampu meremajakan bibirmu. Caranya sebagai berikut,

· Campurkan sedikit minyak zaitun dengan pisang yang sudah dihaluskan sebelumnya

· Aduk minyak zaitun dengan pisang tersebut hingga menyatu

· Oleskan dan pijat bibirmu agar camouran minyak zaitun dan pisang dapat menyerap dengan baik

· Tunggu sampai 20 menit kemudian bilas dan bersihkan dengan air hangat

4 dari 5 halaman

3. Menghilangkan warna hitam pada bibir

Warna bibir yang hitam tentu membuatmu menjadi tak percaya diri. Setiap orang menginginkan bibir yang berwarna merah merona dan tampak segar. Manfaat minyak zaitun untuk bibir tentunya bisa membantumu dalam mengatasi masalahmu tersebut. Langkah untuk mendapatkan bibir yang tampak lebih merah alami sebagai berikut.

· Campur minyak zaitun dengan madu sebanyak satu sendok teh dan tuang pada gelas

· Oleskan campuran minyak zaitun dan madu pada bibirmu yang sudah bersih

· Pijat perlahan agar minyak zaitun dan madu dapat meresap

· Diamkan beberapa menit

· Lalu cuci dengan air hingga bersih.

Manfaat minyak zaitun untuk bibir yang hitam ini cukup ampuh digunakan karena dalam minyak zaitun terdapat kandunan vitamin E dan vitamin K yang bisa memberikan warna alami pada bibir. Kmau bisa melakukan cara tersebut setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

5 dari 5 halaman

4. Mengangkat sel kulit mati pada bibir

Bibir juga memiliki sel kulit mati yang perlu dibersihkan. Cara membersihkannya kamu bisa menggunakan minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun pada bibir tak hanya memberikan efek lembab dan memberikan warna bibir secara alami tetapi juga mampu mengangkat selsel kulit mati pada bibir. Langkanya sebagai berikut.

· Campurkan satu sendok teh minyak zaitun dan gula

· Oles menggunakan sikat gigi yang lembut pada bibir

· Gunakan pada bibir selama tiga menit

· Kemudian bilas dan bersihkan dengan air hangat dan handuk yang bersih.

Untuk mendapatkan bibir yang cantik tentunya kamu juga tidak boleh melupakan aspek kesehatannya. Kamu bisa memperoleh bibir yang cantik sekaligus sehat dengan memanfaatkan minyak zaitun. Minyak zaitun sudah terkenal dengan manfaatnya yang luar biasa untuk merawat tubuh.

Demikian manfaat minyak zaitun untuk bibir yang bisa kamu coba untuk mempercantik bibirmu agar tampak merah merona secara alami dan sehat. Dengan cara yang alami ini, kamu tak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli kosmetik yang belum tentu menyehatkan bagi bibirmu.

HEADLINE: Tak Ada Salju, Mengapa Super Snow Moon Bisa Terlihat di Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta – Sinar rembulan di daerah Watukosek, Pasuruan, Jawa Timur terlihat tak seperti biasa. Selasa malam, 19 Februari 2019, Bulan terlihat lebih besar sehingga menyemburkan cahaya yang sangat benderang.

Ini lantaran fenomena alam, Super Snow Moon, menyapa dunia termasuk Indonesia. Kejadian tersebut merupakan peristiwa alam ketika Bulan berada pada jarak terdekatnya dari Bumi (perigee), di mana posisi rembulan berada dalam jarak kurang lebih 356,761 kilometer dari planet manusia. 

“Itu gerhana bulan biasa, cuma ini jaraknya paling dekat sekitar 14 persen. Cahayanya lebih terang 40 persen. Yang cuacanya bagus, pasti kelihatan. Di daerah Watukosek itu kelihatan,” ujar Kepala Bagian Humas Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Jasyanto kepada Liputan6.com, Rabu (20/2/2019).

Orang Amerika dan Eropa menyebutnya sebagai fenomena Super Snow Moon karena pada saat peristiwa ini terjadi, wilayahnya tengah mengalami musim salju yang lebat. Namun hal itu tidak berlaku di Indonesia.

“Secara ilmiah, (anggapan) itu belum bisa dibuktikan,” ucap Jasyanto.

Infografis Fenomena Super Snow Moon (Liputan6.com/Abdillah)

Dia menjelaskan, negara Barat menafsirkan Super Snow Moon sebagai penanda musim salju yang lebat. Namun itu berbeda dengan Indonesia. “Tempat kita enggak ada salju. Di sini hanya musim hujan dan kemarau,” ujar dia.

Pendapat serupa diutarakan Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin. Dia memastikan tak ada kaitan antara Super Snow Moon dengan iklim tertentu di sebuah negara. Peristiwa ini murni fenomena alam semata.

“Tidak ada hubungannya. Purnama yang terjadi saat puncak musim dingin (Februari) ada yang menyebutnya Snow Moon. Itu sekadar sebutan oleh orang-orang yang mengalami musim dingin saja,” jelas Thomas saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (20/2/2019).

Pria kelahiran 57 tahun lalu itu menjelaskan, peristiwa Super Snow Moon adalah kejadian purnama biasa. Saat itu posisi Bulan lebih dekat sehingga ukurannya terlihat agak besar. Namun masyarakat awam sulit melihat perbedaannya jika tidak memotret dan membandingkan dengan kondisi pada umumnya.

Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer LAPAN Pasuruan menangkap fenomena Super Snow Moon. (Dokumentasi Lapan)

“Supermoon sama dengan purnama biasa, terlihat mulai maghrib sampai menjelang matahari terbit. Seluruh dunia bisa melihatnya,” ucap Thomas.

Fenomena Super Snow Moon merupakan kejadian kedua pada tahun ini dan menjadi yang terbesar. Peristiwa serupa juga pernah ada pada 21 Januari 2019 namun disebut Super Blood Wolf Moon.

Supermoon berikutnya dipastikan akan kembali menghiasi langit pada 21 Maret mendatang. Bedanya, jarak bulan dengan perigee mencapai 360.000 kilometer.

2 dari 3 halaman

Dampak Super Snow Moon

Di balik pancarannya yang menawan, Super Snow Moon memiliki dampak tak baik bagi pergerakan air laut, terlebih mereka yang tinggal di pesisir.

Menurut Kepala Bidang Humas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofosika (BMKG) Akhmad Taufan Maulana, Super Snow Moon berpengaruh terhadap air pasang. Namun itu tidak berdampak pada tinggi gelombang.

“Ini dua hal berbeda. Gelombang karena faktornya angin sedangkan air pasang karena gaya grativasi. Salah satunya terjadi bulan purnama yang disebut Super Snow Moon,” kata Taufan saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (20/2/2019).

Untuk itu, BMKG sempat meminta masyarakat untuk mewaspadai potensi adanya rob. Kondisi ini akan berlangsung sehari saja. “Hanya hari ini dampaknya. Pada hari berikutnya, tidak ada kaitan,” ujar Taufan.

Dalam catatan BMKG, sejumlah daerah yang terkena imbas adanya fenomena Super Snow Moon adalah daerah pesisir utara Jakarta, pesisir utara Jawa Barat, pesisir utara Jawa Tengah, pesisir utara Jawa Timur, dan pesisir Kalimantan Barat.

Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer LAPAN Pasuruan menangkap fenomena Super Snow Moon. (Dokumentasi Lapan)

Kondisi ini berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.

Sementara itu, BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya juga telah mengeluarkan peringatan kepada warga Jawa Timur (Jatim) terkait Supermoon 19 Februari 2019.

Bahkan sejak Senin hingga Rabu, 18-20 Februari 2019, warga Jawa Timur diminta mewaspadai rob lantaran adanya Supermoon.

“Supermoon tibaa !!! Fenomena Supermoon terjadi akibat bulan berada dalam posisi terdekatnya dengan bumi,” tulis BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya di instragram-nya, Minggu 17 Februari 2019.

Dalam unggahan instagram, BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya menyebut puncak hujan masih akan terjadi pada Februari 2019.

3 dari 3 halaman

Penampakan di Belahan Dunia

Bulan penuh paling terang sepanjang tahun, Super Snow Moon, telah menampakkan diri di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia pada Selasa malam, 19 Februari 2019. Kehadirannya, seperti dilansir dari CNN, Rabu (20/2/2019), membuat langit memiliki paras paling terang sepanjang tahun.

Seperti dikutip dari People, Rabu (20/2/2019), fenomena ini terjadi karena orbit bulan berada di posisi paling dekat dengan Bumi, sehingga penampakannya terlihat lebih terang, juga lebih besar.

Penggunaan kata snow yang biasa dipakai untuk mendeskripsikan bulan penuh di bulan Februari dilatarbelakangi kondisi di belahan bumi utara, di mana biasanya salju paling deras akan turun di bulan kedua dalam hitungan kalender Masehi tersebut.

Sementara, suku asli Amerika biasa menyebut fenomena Super Snow Moon sebagai Full Snow Moon, Hunger Moon, Bony Moon, dan Little Famine Moon karena temperatur merosot dan cuaca buruk yang membuat mereka susah berburu.

Terlepas dari ragam sebutan yang disematkan, penampakan Super Snow Moon nyatanya mencuri hati para fotografer di seluruh dunia. 

Berikut penampakan Super Snow Moon yang berhasil diabadikan:

1. Yunani

Fenomena super snow moon terlihat di antara patung Alexander Agung (kanan) dan Diogenes of Sinope (kiri) di Corinth, Yunani, Selasa (19/2). Super snow moon menampakkan diri di berbagai belahan dunia. (Valerie GACHE/AFP)

Penampakan Super Snow Moon tertangkap kamera berada di antara patung Alexander the Great (Alexander Agung) dan Diogenes of Sinope di kota Corinth, yang berjarak 83 kilometer dari Athena.

Super Snow Moon juga terlihat di Republik Makedonia, tepatnya di kota Skopje. Cahayanya seolah terbias, lantaran diambil bersamaan dengan deretan lampu jalan.

Meninggalkan bagian utara Bumi, Super Snow Moon terlihat di wilayah Mediterania, tepatnya di Ajaccio yang merupakan wilayah kekuasaan Prancis. 

Super Snow Moon pun terlihat jelas di lepas pantai Marina Beach, Chennai, India. Di wilayah bagian timur negara di selatan Asia ini, bulan penuh terebut tampak sedikit kemerahan, namun tidak sekentara Super Blood Moon.

Super Snow Moon di Skopje, Republik Makedonia, 19 Februari 2019. (ROBERT ATANASOVSKI / AFP)

Fakta bahwa Supermoon pada Februari tahun ini disebut sebagai Snow Moon, tidak ada hubungannya dengan salju. 

Menurut Farmers’ Almanac, anggapan itu datang karena bulan purnama jatuh setiap Februari. Di Negeri Paman Sam, berbagai suku asli Amerika menyebutnya dengan banyak julukan. 

Februari adalah bulan yang penuh salju di AS bagian utara dan timur, karena inilah disebut sebagai Super Snow Moon. Selain itu, ada juga yang menamainya dengan Hunger Moon — julukan yang tidak begitu menawan.

Astronom NASA, Gordon Johnston, menulis bahwa secara historis, penamaan Bulan tidak terikat dengan penanggalan kalender sebagai karakteristik musim.

Bulan purnama kali ini juga merupakan penanda musim dingin terakhir di Belahan Bumi Utara. Dengan kategorisasi tersebut, Supermoon juga akan dinamai “crows” (gagak), “worm” (cacing), “crust” (kerak), “sap” (getah), atau “sugar” (gula). Semua julukan itu tergantung pada kondisi lokal.


Saksikan video pilihan berikut ini:

2 Warga Palestina Ditemukan Tewas Keracunan Gas di Terowongan Gaza

Liputan6.com, Gaza – Dua orang warga Palestina ditemukan meninggal dunia akibat menghiruo gas di sebuah terowongan yang terletak di perbatasan Gaza. Salah satu di antaranta adalah seorang polisi Hamas.

Dikutip dari laman aljazeera.com, Selasa (12/2/2019) hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri, Iyad al-Bozum.

Polisi yang turut tewas dalam kejadian itu adalah Abdel Hamid al-Akar (39) dan seorang warga bernama Sabhy Abu Qurashayn (28).

“Dua korban ditemukan dalam keadaan tak bernyawa. Diduga akibat gas beracun yang ada di dalam terowongan,” ujar juru bicara kementerian itu.

Setelah berita hilangnya kedua korban terdengar, petugas berwajib langsung disiagakan guna menemukan keduanya.

“Perlu waktu berjam-jam demi mengeluarkan kedua jasad korban,” jelas Bozum.

Sumber keamanan Palestina mengatakan, militer Mesir telah menggunakan gas untuk menghentikan penggunaan terowongan ilegal yang ditemukan di sepanjang perbatasan Gaza.

Pihak tentara Mesir tidak langsung memberi tanggapan saat dimintai komentar.

Namun pada 2010, Kairo telah dengan tegas membantah tuduhan serupa, setelah empat warga Palestian meninggal di sebuah terowongan perbatasan.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Jadi Jalan Alternatif

Sudah sejak lama, lokasi terowongan dijadikan sebagai jalur alternatif bagi warga palestina yang hendak melewati wilayah blokade.

Terowongan-terowongan itu pada masanya sempat menjadi jalur penghidupan dari dua juta penduduk yang terjepit di antara Israel, Mesir, dan perairan Laut Mediterania itu.

Tetapi jalur tersebut juga telah banyak digunakan untuk membawa persenjataan oleh Hamas, yang telah terlibat peperangan sebanyak tiga kali dengan Israel sejak 2008.

Otoritas Mesir telah menutup dan menghancurkan puluhan terowongan lintas perbatasan dengan Gaza sejak digulingkannya Presiden Mohammed Morsi, yang dikenal sebagai sekutu Hamas, pada 2013.

PM Spanyol akan Bongkar Makam Diktator Franco dari Valley of The Fallen

Madrid – Pemerintah Spanyol berencana menyetujui dekrit yang memerintahkan pemindahan jasad diktator Francisco Franco dari monumen Valle de los Caídos atau Valley of The Fallen. Rencana pemindahan itu sebelumnya telah tertunda karena penolakan dari keluarga Franco.

Dilansir dari Reuters, Selasa (12/2/2019), setelah pemindahan disetujui, Perdana Menteri Pedro Sanchez memberi keluarga Franco 15 hari untuk memilih tempat bagi jasad diktator untuk dimakamkan kembali. Lebih dari 40 tahun setelah dia meninggal, era Franco masih menjadi subjek yang sensitif di Spanyol.

Selama pemerintahan Franco pada 1939-1975, puluhan ribu lawannya tewas dan dipenjara dalam kampanye untuk menghapus perbedaan pendapat. Sebanyak 500.000 pejuang dan warga sipil tewas dalam perang saudara.

Mengubah Valley of The Fallen, yang ditandai dengan salib setinggi 152 meter, dari monumen yang mengingatkan kepemimpinan fasis menjadi monumen rekonsiliasi untuk memeringati korban kebrutalan perang sipil, merupakan ambisi dari Partai Sosialis.

PM Spanyol akan Bongkar Makam Diktator Franco dari Valley of The FallenFoto: REUTERS/Sergio Perez

Janji Sanchez untuk memindahkan jasad Franco sebelum masa jabatannya berakhir adalah salah satu dari beberapa tindakan penting yang ditujukan untuk menarik pemilih sayap kiri, di samping menyebutkan kabinet mayoritas perempuan dan pada awalnya menerima lebih banyak migran yang diselamatkan di Mediterania.

Rencana untuk menyetujui keputusan itu muncul ketika spekulasi berkembang bahwa Sanchez mungkin akan mengadakan pemilihan awal jika pemerintahannya, yang mengendalikan kurang dari seperempat kursi di parlemen, gagal membujuk para anggota parlemen untuk mendukung anggarannya pada hari Rabu.

Keluarga Franco mengatakan bahwa jika jasad sang diktator itu disingkirkan, maka harus dipindahkan kembali di Katedral Katolik Roma Almudena di Madrid pusat. Tempat putrinya dimakamkan dan di mana keluarga memiliki ruang pemakaman. Tetapi sebuah laporan pemerintah Desember lalu menyimpulkan bahwa katedral itu tidak cocok sebagai tempat pemakaman karena alasan keamanan.

Keturunan Franco bermaksud untuk mengajukan banding atas keputusan apa pun untuk memindahkan jasad Franco.
(mae/abw)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Donald Trump Klaim Suriah dan Irak 100 Persen Bebas ISIS Pekan Depan

Liputan6.com, Washington DC – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengklaim, wilayah Suriah dan Irak yang diduduki ISIS bisa “100 persen” dibebaskan pada awal pekan depan.

“Harus diumumkan, mungkin beberapa waktu pekan depan, bahwa kita akan memiliki 100 persen wilayah yang terbebas,” katanya pada pertemuan mitra koalisi global melawan ISIS, seperti dikutip dari BBC, Kamis (7/2/2019).

Namun, dia juga mengingatkan bahwa dia ingin “menunggu kata resmi” seputar hal itu.

Trump mengejutkan sekutu koalisi pada Desember 2018 ketika dia menyatakan bahwa ISIS telah dikalahkan, di tengah laporan dia ingin menarik tentara AS dalam waktu 30 hari.

Namun dia kemudian memperlambat penarikan setelah beberapa pengunduran diri dari pejabat pertahanan utama dan kritik keras dari Partai Republik dan sekutu di luar negeri.

Para pejabat militer dan intelijen AS telah lama mengatakan bahwa ISIS dapat muncul kembali tanpa adanya tekanan kontra-terorisme yang berkelanjutan dari pihak-pihak yang memerangi mereka.

Koalisi global melawan ISIS, yang kini berjumlah hampir 80 negara, dibentuk pada 2014 setelah kelompok itu menyerbu wilayah dan terus melancarkan serangan teror di luar kawasan.

“Tanah mereka hilang,” kata Trump pada konferensi hari Rabu di Washington. “ISIS telah dihancurkan.”

Tetapi kelompok itu masih memiliki “bagian kecil yang bisa sangat berbahaya”, katanya, dan “pejuang asing tidak boleh mendapatkan akses” ke AS.

Dia juga merujuk ke mesin propaganda ISIS, yang merekrut pejuang dari Eropa dan daerah lain.

“Untuk jangka waktu tertentu mereka menggunakan internet lebih baik daripada kita,” katanya. “Mereka menggunakan internet dengan cemerlang tetapi sekarang tidak begitu cemerlang.”

Pemimpin AS itu mengucapkan terima kasih kepada mitra koalisi, dengan mengatakan, “Kami akan bekerja sama untuk tahun-tahun mendatang.”

Menteri Luar Negeri Mike Pompeo berjanji AS akan terus berperang melawan ISIS, meski menarik pasukan dari Suriah.

Dia menyebut penarikan pasukan itu sebagai “perubahan taktis … bukan perubahan dalam misi”, dan mengatakan dunia memasuki “era ekstremisme yang ter-desentralisasi”.


Simak video pilihan berikut:

2 dari 2 halaman

Benarkah IS di Irak dan Suriah Telah Kalah?

ISIS jelas telah kehilangan kendali atas sebagian besar wilayah yang diserbunya, termasuk benteng Mosul di Irak dan Raqqa di Suriah.

Namun, pertempuran terus berlanjut di timur laut Suriah, tempat Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang dipimpin Kurdi mengatakan mereka menangkap puluhan pejuang asing dalam beberapa pekan terakhir.

Pada Selasa 5 Februari, kepala Komando Pusat AS (USCENTCOM), Jenderal Joseph Votel, mengatakan kepada sebuah komite Senat bahwa hingga 1.500 militan ISIS bertahan di dalam kantong wilayah seluas 52 km persegi di perbatasan Suriah dengan Irak.

Kelompok itu, kata Votel, masih memiliki “para pemimpin, pejuang, fasilitator, sumber daya, dan ideologi yang mendorong upaya mereka”.

Sementara itu, sebuah laporan oleh pengawas Kementerian Pertahanan AS mengutip USCENTCOM yang mengatakan bahwa tanpa tekanan berkelanjutan ISIS “kemungkinan akan bangkit kembali di Suriah dalam waktu enam hingga 12 bulan”.

Tantangan lain adalah apa yang harus dilakukan dengan ratusan militan teroris asing (FTF) yang ditangkap oleh SDF, serta keluarga mereka.

Pemerintah di negara asal mereka enggan untuk menerima kembali militan radikal yang bersumpah setia kepada ISIS, khawatir akan adanya potensi terorisme domestik.

5 Teror Menerpa Pegawai hingga Pimpinan KPK

Liputan6.com, Jakarta – Lagi, pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendapatkan teror. Teror yang baru saja terjadi adalah dua pegawai KPK dianiaya orang tak dikenal di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu 2 Februari 2019.

“Dua Pegawai KPK yang bertugas tersebut mendapat tindakan yang tidak pantas dan dianiaya hingga menyebabkan kerusakan pada bagian tubuh,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

Sebelum peristiwa terjadi kedua pegawai tersebut tengah bertugas untuk mengintai adanya dugaan praktek korupsi. Sedangkan saat penganiayaan terjadi, kedua pegawai sempat memperlihatkan surat tugas yang dikantonginya. Akan tetapi, penganiayaan tersebut terus berlangsung.

Namun jauh sebelum itu, penyidik KPK Kompol Apip Julian Miftah juga pernah diteror. Saat itu, sebuah kotak yang diduga bom ditemukan di depan rumah Apip, Minggu 5 Juni 2015 malam.

Berikut rangkaian teror yang sempat dialami pegawai hingga pimpinan KPK dihimpun Liputan6.com:

2 dari 7 halaman

1. Teror Bom Palsu

Penyidik KPK Kompol Apip Julian Miftah juga pernah diteror. Saat itu, sebuah kotak yang diduga bom ditemukan di depan rumah Apip, Minggu 5 Juni 2015 malam.

Rumah yang beralamat di Jalan Anggrek, Blok A Nomor 160, Perumahan Mediterania Regency, Kelurahan Cikunir, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi itu diteror oleh orang tidak dikenal dengan cara menyimpan kotak yang isinya lilitan dibungkus lakban di depan pagar rumah Apip, sekitar pukul 23.00 WIB.

Kepala Polresta Bekasi Kota AKBP Asep Edi Suheri memastikan bahwa kotak tersebut bukan alat peledak bom. Dari hasil pengecekan Tim Gegana diketahui bahwa isi kotak hanya styrofoam yang dililit kabel dan tidak memiliki daya ledak apa pun.

“Kepastian itu setelah Tim Gegana melakukan pengecekan benda diduga bom di lokasi kejadian,” kata Asep Edi Suheri kepada wartawan di Bekasi, kala itu.

Asep mengatakan, kejadian itu murni ulah dari pihak yang tidak bertanggung jawab, dan hanya ingin membuat korbannya khawatir dengan aksi teror yang dilakukan.

Namun, bukan kali ini saja Apip mendapatkan teror. Sebelumnya dia juga pernah diteror dengan cara yang berbeda-beda dalam sepekan ini. Teror pertama pelemparan telur busuk dan pengempesan ban menggunakan benda tajam, penyiraman air keras ke mobil, dan terakhir ancaman bom yang diletakkan di gerbang rumah korban.

3 dari 7 halaman

2. Kasus Novel Baswedan

Novel Baswedan kala itu sedang berjalan kaki sendirian di kompleks rumahnya usai melaksanakan salat Subuh pada Selasa, 11 April 2017. Ia rupanya menjadi target penyerangan.

Dua orang yang berboncengan sepeda motor menyiramkan air keras ke wajahnya. Cairan asam pekat tersebut mengenai bagian mata. Sakitnya bukan kepalang. Menurut Novel, rasanya seperti bola mata dicabut paksa dari akarnya.

Operasi demi operasi dijalani hingga ke Singapura. Namun, baru mata kanannya yang pulih. Peristiwa itu membekas dalam diri Novel Baswedan, secara fisik juga psikis.

Apa yang dialami Novel Baswedan ini juga membuka mata banyak orang, tentang risiko yang dihadapi para penyelidik KPK. Namun, hingga kini, kasus tersebut belum juga terungkap. Puluhan saksi sudah diperiksa dan nomor hotline center sudah disebar untuk membuat kasus ini terang. Hasilnya, nihil.

Komjen Ari Dono Sukmanto yang saat itu masih menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri mengungkapkan, penyerangan terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan masuk dalam kategori hit and run. Kasus semacam ini, kata dia, sulit untuk diungkap.

“Jadi itulah yang saya sampaikan, kalau model kasus-kasus hit and run ini memang relatif sulit,” kata Ari di Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu 2 November 2017.

Bahkan, menurut Ari, kasus semacam ini baru bisa terungkap setelah bertahun-tahun diselidiki. Artinya, butuh waktu lama untuk mengungkapnya.

“Ada yang sudah empat tahun baru ketangkap dia pelakunya,” ucap Ari.

4 dari 7 halaman

3. Teror Pimpinan KPK

Sebuah botol berisi spirtus dengan sumbu, mirip bom molotov, ditemukan di depan garasi sebuah rumah di Jalan Kalibata Selatan No 42C, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan. Jam masih menunjukkan pukul 05.30 WIB, hari itu, Rabu 9 Januari 2019.

Rumah tersebut merupakan kediaman Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode Muhamad Syarif.

Setelah dicek melalui CCTV, rupanya, sekitar pukul 01.00 WIB, ada dua orang mencurigakan beraktivitas di depan rumah Laode Syarif.

Laode mengaku tak tahu kejadian ini berhubungan dengan kasus yang tengah ditangani KPK atau tidak. Dia mengatakan, hal tersebut merupakan risiko dari sebuah pekerjaan.

“Biasa lah itu kerja di KPK , saya santai aja. Iya ada pengamanan dari Polri ya yang mengamati rumah, insyaallah oke, aman. (Kaitan dengan kasus yang tengah ditangani KPK?) Kami juga enggak tahu ya,” kata Laode saat ditemui di kedamaian di Jalan Kalibata Selatan No 42C, Jakarta Selatan, Rabu 9 Januari 2019.

Sementara itu, sebuah benda mirip bom ditemukan di pagar rumah Ketua KPK Agus Rahardjo di Bekasi, Jawa Barat. Benda itu terdiri dari beberapa kabel, pipa, paku, detonator, baterai, dan serbuk itu sebagai bom rakitan atau fake bomb (bom palsu).

Polri pun memastikan benda mencurigakan yang ditemukan di rumah Ketua KPK Agus Rahardjo adalah fake bomb atau bom palsu. Kesimpulan itu diperoleh setelah benda menyerupai bom rakitan itu diuji di laboratorium forensik Polri.

“Yang di rumah Pak Agus itu adalah fake bomb atau bom palsu, jadi itu bukan bom,” ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal.

Memang benda yang ditemukan terdiri dari beberapa kabel, pipa paralon, baterai dan material lain menyerupai bom rakitan. Namun polisi memastikan benda itu tidak berbahaya. Serbuk putih yang ditemukan juga bukan kategori bahan peledak.

“Tidak merupakan firing divices yang selayaknya bom. Detonator tidak ada sama sekali,” tuturnya.

5 dari 7 halaman

4. Ditabrak Motor

Kejadian pegawai KPK ditabrak motor terjadi saat penangkapan mantan Ketua DPRD Jawa Timur, Wisnu Wardhana. Penangkapan terpidana kasus korupsi itu berlangsung dramatis sebelum akhirnya digelandang menuju Kejaksaan Negeri Surabaya, Jawa Timur.

Tidak seperti koruptor lain ketika terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT), Wisnu diciduk di jalanan. Dia ditangkap dalam mobil yang dikendarai anaknya.

Menurut Kasi Penkum Kejati Jatim, Richard Marpung, mobil yang membawa Wisnu tak mau berhenti ketika dikejar. Bahkan, sampai masuk ke gang-gang.

Tak kehabisan akal, tim kejaksaan mengejar menggunakan sepeda motor.

“Saat penggerebekan Wisnu mengenakan jaket, topi dan masker. Mobil tersebut sengaja tidak bersedia menghentikan laju kendaraannya ketika petugas menghentikannya,” tutur Richard, Rabu, 9 Januari 2019.

Richard mengungkap, Wisnu Wardana telah menjadi kejaran tim kejaksaan selama sebulan terakhir.

Pada akhirnya, tim Kejari Surabaya berhasil mengadang mobil yang membawa Wisnu. Tim menahan laju mobil tersebut di tengah jalan.

Namun bukannya berhenti, mobil tersebut justru tetap melaju dengan sengaja. Akibatnya, salah satu sepeda motor yang dikendarai tim kejaksaan ditrabak dengan cukup kencang.

“Setelah Wisnu berhasil didahului, sepeda motor petugas itu langsung berhenti di tengah jalan untuk menghalangi laju mobilnya. Namun, mobil tersebut justru menabrakkan mobilnya ke sepeda motor petugas,” kata Richard.

Akibatnya, ban depan mobil itu tersangkut sepeda motor yang ditabrak. Mobil tersebut tidak dapat melaju lagi.

6 dari 7 halaman

5. Pegawai KPK Dianiaya

Dua pegawai KPK dianiaya orang tak dikenal di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu 2 Februari 2019.

“Dua Pegawai KPK yang bertugas tersebut mendapat tindakan yang tidak pantas dan dianiaya hingga menyebabkan kerusakan pada bagian tubuh,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dihubungi di Jakarta Minggu, 3 Februari 2019.

Febri menjelaskan, sebelum peristiwa terjadi kedua pegawai tersebut tengah bertugas untuk mengintai adanya dugaan praktek korupsi. Sedangkan saat penganiayaan terjadi, kedua pegawai sempat memperlihatkan surat tugas yang dikantonginya.

Akan tetapi, kata Febri, penganiayaan tersebut terus berlangsung. Bahkan saat ini kedua pegawai harus mendapatkan perawatan di rumah sakit.

“Sekarang tim sedang dirawat dan segera akan dilakukan operasi, karena ada retak pada hidung dan luka sobekan pada wajah,” paparnya.

Karena hal itu, Febri mengatakan pihaknya telah melaporkan peristiwa tersebut ke Polda Metro Jaya. Dia juga mengaku sangat menyesalkan adanya perbuatan melanggar hukum tersebut.

“Kami memandang penganiayaan yang dilakukan terhadap dua pegawai KPK dan perampasan barang-barang yang ada pada pegawai tersebut merupakan tindakan serangan terhadap penegak hukum yang sedang menjalankan tugas,” jelasnya.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Peta Kuno Ini Kuak Sosok Orang Terkaya Sepanjang Sejarah: Dia Seorang Muslim

Liputan6.com, Illinois – Bukan Jeff Bezos atau Bill Gates yang layak menyandang predikat orang terkaya dalam sejarah manusia. Ada seorang pria dari masa lalu lebih tajir daripada bos Amazon dan bos Microsoft itu.

Naskah dari Abad Pertengahan, yang disebut The Catalan Atlas menguak identitasnya. Dalam manuskrip yang menggambarkan rute perdagangan itu terlihat sosok raja dari Afrika Barat yang sedang memegang sekeping uang emas. Namanya adalah Mansa Musa. Ia mungkin adalah orang terkaya di muka Bumi.

Reproduksi atlas tersebut kini dipajang dalam pameran bertajuk ‘Caravans of Gold’ atau Karavan Emas yang dibuka pada Sabtu 26 Januari 2019 di Block Museum of Art di Northwestern University, Evanston, Illinois.

Tema pameran tersebut menyoroti soal kekayaan luar biasa dan pengaruh besar Afrika selama Abad Pertengahan. Peta tersebut dibuat di Majorca, sebuah pulau di Mediterania pada 1375.

“Jelas, Mansa Musa dan Afrika Barat, juga sumber daya emasnya memiliki arti penting yang sangat besar,” kata Kathleen Bickford Berzock, kurator pameran di Block Museum, seperti dikutip dari situs sains Live Science, Kamis (31/1/2019).

Siapa orang terkaya dalam sejarah? Bukan Bill Gates ataupun Henry Ford, namun Mansa Musa I, Kaisar Mali Abad ke-12.

Menurut dia, pameran tersebut bertujuan untuk menghilangkan prasangka atau stereotip tentang Afrika.

Sejumlah sejarawan dan akademis telah banyak mendokumentasikan arti penting Afrika di dunia pada Abad Pertengahan. Namun, di sisi lain, benua itu sering dianggap terbelakang dalam imajinasi publik.

Keterbelakangan itu dipicu serangan kekuatan kolonialis, yang melucuti Afrika dari orang-orang hebat dan sumber dayanya. Juga menghapus banyak warisan budaya dan sejarahnya yang kaya.

“Pameran ini memberi tahu kita banyak hal tentang dunia di mana kita hidup saat ini, untuk memahami sejarah panjang pertukaran dan interaksi pada skala global,” kata Bickford Berzock kepada Live Science.

“Juga membantu orang berpikir tentang sejarah Afrika sebelum keterlibatan Barat, misalnya dalam perdagangan budak Atlantik.”

Mansa Musa pada zamannya adalah sosok fenomenal. Penguasa Mali itu punya kendali penuh atas produksi emas.

Emas yang ditambang di Mali adalah yang paling murni. Yang paling diincar orang-orang kala itu.

“Sulit membayangkan ada orang yang memiliki kekayaan sebanyak itu hari ini,” kata dia, “Pada dasarnya, ia punya akses tanpa batas ke pundi-pundi harta.”

Bahwa Afrika bukan hanya sekadar tempat yang dijarah Eropa untuk bahan mentah, juga tergambar dalam sejumlah artefak.

Benua itu kaya akan budaya, seni patung, seni tekstil, dan lainnya. Salah satu artefak yang dipamerkan adalah sebuah patung, yang menggambarkan seseorang sedang duduk, ditemukan di Nigeria.

Patung itu terbuat dari tembaga yang kemungkinan ditambang di Eropa. Ada juga cetakan koin dinar dari Tadmekka, Mali, masih dengan serbuk emas yang menempel.

Penemuan cetakan itu mengkonfirmasi isi teks-teks bahasa Arab pada saat itu, yang menyebut Tadmekka sebagai sumber dinar, demikian menurut Bickford Berzock. Itu juga yang bikin Mansa Musa jadi orang terkaya.

2 dari 2 halaman

Perjalanan Mansa Musa ke Makkah

Pada tahun ke-17 kepemimpinannya, 1324, ia melakukan perjalanan ke Makkah. Perjalanan itu menyadarkan dunia akan kekayaan Mali.

Dalam perjalanannya ke Kairo, Mansa Musa I didampingi karavan dan dikawal 60.000 orang, termasuk rombongan 12.000 orang budak yang kesemuanya mengenakan busana brokat dan sutra Persia.

Sang Raja sendiri naik kuda dan diikuti oleh 500 budaknya — masing-masing membawa tongkat emas.

Kemurahan hati dan ketakwaan Mansa Musa, ditambah penampilannya yang menawan menjadikan dirinya sosok yang berkesan.

Ahli sejarah al-‘Umari, yang mengunjungi Kairo 12 tahun setelah kedatangan Mansa Musa, menemukan bahwa para penduduk kota yang populasinya satu juta, kerap memuja-muja sang raja Mali. 

Sang kaisar yang kerajaannya pernah menjadi yang terbesar di dunia dikabarkan melebarkan daerah kekuasaannya dengan menjadi pemilik Ibukota Songhai, Gao.

Di Gao dan Timbuktu — sebuah kota lain di Songhai yang ketenarannya hampir menyaingi Gao.

Sehingga, Mansa Musa meminta Abu Ishaq al-Sahili, penyair dan arsitek Granada yang pernah bepergian dengannya dari Makkah, untuk membangun sebuah masjid.

Masjid Djinguereber, warisan Mansa Musa (Wikipedia)

Masjid Gao itu dibangun dengan batu bata, yang bukan bahan bangunan umum di Afrika Barat.

Menurut Encyclopaedia Britannica, di bawah Mansa Musa, Timbuktu menjadi kota perdagangan penting, dengan armada karavan yang menyambungkan ke Mesir dan pusat perdagangan penting lainnya di Afrika Utara.

Sayangnya, setelah kematian Mansa Musa I pada tahun 1331, pewarisnya tak bisa mempertahankan harta itu. Hasilnya, semua habis untuk membiayai perang.

Melihat Desain Masjid di Gaza Palestina Karya Ridwan Kamil

Liputan6.com, Bandung – Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil yang juga seorang arsitek, mengumumkan desain masjid untuk Gaza, Palestina kepada publik dan desain karyanya tersebut kemudian dititipkan ke organisasi Aman Palestin untuk kemudian dilakukan sosialisasi penggalangan dana.

“Kita ada aspirasi dari masyarakat Gaza Palestina karena masjidnya hancur akibat peperangan, ini inisiatif Aman Palestin memberikan gagasan bagaimana kalau kita rakyat Indonesia minimal Jawa Barat, untuk melakukan ‘udunan,’ bagaimana kita bisa memberikan bantuan membangun kembali masjid yang hancur itu,” kata Emil di Masjid Salman ITB Bandung, Minggu (27/1/2019).

Gubernur Emil menyebut, desain masjid untuk Palestina, dipilih sesuai permintaan warga di sana. Dari empat desain yang diperlihatkan Emil sebagai opsi, masyarakat Gaza memilih desain kubah.

“Konsepnya lima kubah utama yang menyimbolkan rukun Islam,” jelas Emil. Adapun dinding masjid, menggambarkan relief Asmaul Husna. Sementara ornamen khas Jawa Barat juga akan diadaptasi pada interior masjid.

Terkait anggaran, Emil memperkirakan masjid ini membutuhkan dana sekitar Rp 20 miliar. Masjid akan dibangun di atas tanah seluas 1.200 meter.

“Alhamdulillah sekarang desainnya sudah selesai. Kita rilis ke publik dan akan kita mulai proses penggalangan dana. Entah kapan selesai tapi minimal kita niatkan dulu,” katanya.

“Feeling saya, dana Rp 20 miliar ini terkumpul dalam tiga bulan,” imbuh Emil dilansir Antara.

Untuk mengumpulkan dana tersebut, Emil mengajak seluruh masyarakat Indonesia, khususnya warga Jawa Barat, agar turut berkontribusi dengan menyisihkan dana untuk pembangunan masjid dua lantai, dengan luas bangunan 1.500 meter itu.

Sementara itu, Direktur Aman Palestin, Miftahuddin Kamil menyatakan, masjid dengan desain karya Ridwan Kamil akan dibangun di atas tanah bekas Masjid Syekh Ajlin yang hancur rata akibat peperangan.

“Masjid tersebut berada di jalur Gaza atau 50 kilometer dari Kota Gaza dan berdekatan dengan Laut Mediterania,” ungkapnya.

Harapannya, masjid karya Gubernur Jawa Barat ini, juga akan menjadi masjid Jawa Barat, atau bahkan masjid Indonesia pertama yang berdiri megah di tanah Palestina.

Saksikan video pilihan berikut ini: