Walkot Jaksel Soal Banjir: Mau Nggak Mau, Warga Bantaran Kali Harus Pindah

Jakarta – Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matuli mengatakan banjir yang terjadi hari ini karena debit air besar. Salah satu solusi masalah ini yakni warga di bantaran kali pindah.

“Ini bukan mengurangi dampak banjir atau apapun. Ini memang debit air yang besar sekali, dan orang yang berada di pinggir Kali Ciliwung udah paham sekali. Satu satunya cara memang memindahkan orang yang berada di lintasan air ke tempat lain,” kata Marullah saat meninjau banjir di RT 05/RW 08, Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (26/4/2019).

Marullah mengatakan proses pembebasan lahan terus dilakukan. Seperti di wilayah Pejaten Timur ini, sudah ada beberapa bidang yang telah dibayar pemerintah.
“Sekarang sedang dilakukan pembebasan pembebasan lahan. Jadi mau nggak mau orang yang berada di lintasan air itu harus ngalah, dia harus pindahnya tempat lain. Seperti di sini ada beberapa bidang yang sebenarnya udah dibayar oleh pemerintah, tinggal nanti nunggu beberapa tetangganya belum selesai dibuat pada peta bidangnya habis itu dibayar oleh Dinas Sumber Daya Air. Mudah mudahan mereka bisa pindah dan ini bisa kita tata menjadi bantaran kali,” ujarnya.

Marullah mengatakan pembebasan lahan masih terus berjalan. Marullah menegaskan pembebasan lahan bukan hal yang mudah.

“Tahun ini ada programnya, dan terus kita jalankan. Soal pembebasan lahan ini bukan soal yang mudah. Ada masalah teknis, administrasi yang mesti diselesaikan. Kadang-kadang ada tanah yang nggak jelas pemiliknya, kadang-kadang pemiliknya bersengketa. Ada 1.600 bidang di kelurahan ini,” ujarnya.

Marullah menyampaikan, pemerintah sedang melakukan naturalisasi kali. Dia meminta warga mendukung program ini.

“Imbauannya yang pertama ini pemerintah sekarang sedang melakukan yang namanya naturalisasi kali. Dukungan dari masyarakat akan sangat baik sekali untuk pemerintah. Juga jangan buang sampah sembarangan terutama disaluran air seperti ini,” tuturnya.

(idh/dhn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ridwan Kamil: Amazon Mau Investasi Belasan Triliun di Jabar

Jakarta – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut bahwa perusahaan raksasa Amazon beminat membangun infrastruktur pusat data di Jawa Barat dengan nilai investasi mencapai belasan triliun.

“Ada enam bulanan dari tahun kemarin (komunikasi). Pintu masuknya dari BKPN (badan koordinasi penanaman modal) juga. Kita datangi diyakinkan Jabar sangat siap. Saya meeting sudah tiga kali,” katanya di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (25/4/2019).

“Rencananya masih negosiasi, tapi akan ada tiga daerah di Jabar, bukan Bandung Raya, yang menjadi tempat pembangunan fisik. Investasinya belasan triliun,” ucap Emil, sapaan akrabnya, mengungkapkan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Indonesia memang dilirik Amazon Web Services (AWS). Rencananya AWS akan membuka region infrastruktur di Indonesia akhir 2021 atau awal 2022. AWS sendiri merupakan sekumpulan layanan-layanan berbasis Cloud Computing yang disediakan oleh Amazon sejak tahun 2002

Dikatakan Emil, Indonesia memang dianggap potensial. Di antaranya karena pertumbuhan perusahaan-perusahaan start-up di Tanah Air.

“Jadi start-up di Indonesia kalau mau bikin sesuatu mayoritas nebeng ke fasilitas di Singapura yang paling dekat. Termasuk unicorn kita mereka nggak di Indonesia karena nggak ada fasilitas itu bukan hanya data base tapi sistem juga,” tuturnya.

“Amazon melihat Asia Pasifik ini masih kekurangan maka dia akan bangun di Indonesia,” Emil menambahkan.

Keberadaan pusat data di Indonesia, sebut Emil, nantinya akan memberikan keuntungan besar. Selain menyerap tenaga kerja, perkembangan teknologi digital juga bisa berkembang lebih cepat.

“Membuat banyak tenaga kerja, membuat semua potensi ekonomi digital lari ke luar, nilai investasi besar. Ini menunjukkan pasar global yakin dengan kualitas layanan masa depan dan ekonomi Jabar,” ujar Emil.

(mud/krs)

Tidur di Dalam Kentang Raksasa, Mau?

Boise – Penginapan instagramable kini menjadi pelengkap saat liburan. Yang unik di Amerika Serikat, ada penginapan yang terbuat dari kentang dengan ukuran raksasa.

Inilah Big Idaho Potato Hotel. Penginapan unik ini berbentuk kentang dengan ukuran raksasa, seperti yang diintip detikcom, Kamis (25/4/2019) dari situs Airbnb dan Fox.

Hotel kentang ini bukanlah buah raksasa sungguhan. Tadinya kentang ini dijadikan properti untuk pengenalan hasil tani negara bagian Idaho.

Setelah tur hampir selama 6 tahun di Amerika Serikat, pihak komisi tidak tahu apa yang harus diperbuat dengan properti seberat 6 ton ini. Kemudian tercetuslah ide untuk membuat penginapan dari kentang tersebut.

Penginapan ini diangkut dengan menggunakan alat berat di tanah pertanian seluas 400 hektar. Traveler akan benar-benar dibuat seperti menginap di dalam sebuah sayuran.

 (Airbnb) (Airbnb)

Lantas apa saja fasilitas yang diberikan oleh kentang rakasasa ini?

Big Idaho Potato Hotel memiliki panjang 8,5 meter, lebar 3,6 meter, tinggi 3,5 meter dan luas 102 meter persegi. Di dalamnya ada satu ruangan memanjang.

Fasilitas berupa kamar mandi hanya ada 1 unit, pendingin ruangan (AC), perapian, satu kasur berukuran queen, satu meja, dua buah kursi dan keperluan kamar mandi.

Baca Juga: Penginapan Unik di Denmark, Atapnya 32 Ton Rumput Laut

 (Airbnb) (Airbnb)

Penginapan ini hanya muat untuk 2 orang. Membawa anak-anak tidaklah disarankan. Nanum ruangan memanjang ini ditata dengan sangat apik. Sehingga terlihat nyaman dan tentu saja, fotogenik.

Untuk bisa menginap di hotel ini, traveler harus mengeluarkan kocek sebsar USD 200 atau sekitar Rp 2.818.650 per malam. Namun pengamalan yang diberikan memang sangat berbeda.

“Jika Anda benar-benar hanya ingin tahu seperti apa rasanya berada di dalam kentang, inilah peluang besar untuk mengalaminya,” Frank Muir, presiden dan CEO Komisi Kentang Idaho, mengatakan kepada KIVI Boise.

(Airbnb)(Airbnb)

(bnl/aff)

Mau Berburu Diskon Saat Traveloka Epic Sale? Simak Tips Jitunya!

Liputan6.com, Jakarta Tepat di tanggal 24 April 2019, Traveloka bersiap memanjakan para pelanggannya dengan menghadirkan promo Epic Sale. Bagi Anda yang berencana berlibur pada momen lebaran dan libur sekolah nanti, pastinya tidak mau ketinggalan, bukan? Apalagi diskon yang ditawarkan sangat spesial hingga 80% untuk beragam produk.  Siapa yang tak mau?

Nah, agar kamu bisa menikmati diskon spesial dari Traveloka, yuk simak trik jitu memburu diskon di Traveloka Epic Sale berikut ini!

Tandai produk yang akan dipesan sebelum promo dimulai

Selama periode promo Traveloka Epic Sale, Anda bisa menikmati diskon menarik sepanjang hari untuk tiket pesawat (hingga 70% dengan metode pembayaran menggunakan PayLater), hotel (diskon hingga 80%), paket pesawat+hotel (diskon hingga 1 Juta rupiah), tiket bus dan travel (diskon 50%), antar jemput bandara (diskon 50%), rental mobil (diskon Rp. 70k, min. Trx 400k). Ditambah lagi jika kamu menggunakan Epic Coupon, kamu akan mendapatkan diskon tambahan sebesar 10%.

Cek promo Epic Hour

Selain itu, pastikan untuk check promo Epic Hour yang berlangsung setiap jam 18.00-19.00 dimana terdapat diskon yang lebih menarik khusus untuk produk Hotel tanpa minimum biaya pembelian. Mengingat waktunya yang sangat singkat dan terbatas, ada baiknya Anda sudah terlebih dahulu memilih-milih produk yang diinginkan sebelum jam Epic Hour. Begitu Epic Hour dimulai, segeralah lakukan pembayaran secepatnya sebelum batas waktu berakhir. 

Manfaatkan fitur simpan pemesanan di aplikasi Traveloka

Anda bisa gunakan fitur simpan pesanan dalam aplikasi Traveloka untuk menghemat waktu saat melakukan pemesanan produk di Traveloka Epic Sale. Caranya mudah, yaitu dengan men-tap ikon bookmark pada bagian atas pojok kanan dalam halaman produk yang Anda kunjungi. Semua produk yang telah Anda simpan, bisa Anda cek pada menu Saved di bar navigasi bagian bawah. Sehingga nantinya, Anda bisa langsung melakukan proses pemesanan saat Epic Hour dan Epic Sale dengan lebih cepat tanpa melakukan proses pencarian produk lagi.

Bayar secepatnya selama promo berlangsung

Setelah melakukan tahapan di atas, segera lakukan pembayaran sebelum batas waktu yang ditentukan. Untuk metode transfer via ATM, pastikan kamu tahu letak ATM terdekat. Sedangkan untuk pembayaran via kartu kredit dan e-banking, pastikan limit atau saldo kamu cukup ya. Selain itu Traveloka juga menawarkan metode PayLater dimana kamu dapat mencicil biaya hingga 12 bulan kedepan.

Meski dilakukan serba cepat, tips jitu memburu diskon saat Traveloka Epic Sale di atas harus tetap dilakukan secara teliti, ya! Jangan lupa untuk memeriksa kembali daftar transaksi Anda. Mulai dari tanggal keberangkatan, tanggal menginap, data diri hingga jam keberangkatan. Jadi, sudah siap memborong banyak produk untuk liburan Anda di Traveloka Epic Sale nanti?

Mau Beli Rumah di Lokasi Syuting Game of Thrones? Cek Harganya

Liputan6.com, Dubrovnik – King’s Landings adalah ibu kota Tujuh Kerajaan di serial Game of Thrones. Kota ini terletak di timur Westeros menghadap teluk Blackwater Bay.

Pada adaptasi televisi, kota Dubrovnik di Kroasia menjadi pilihan lokasi King’s Landings. Ini tak terlepas berkat suasana kuno bangunan kota serta menghadap perairan.

Dilansir dari Homes and Property, bagi para pecinta Game of Thrones  dapat membeli hotel enam kamar. Lokasi hotelnya dekat tembok kota Dubrovnik tempat syuting Game of Thrones.

“Properti seluas 240 meter persegi ini direnovasi sepenuhnya. Bangunan ini memiliki enam apartemen yang sepenuhnya furnished bertipe studio dengan dapur kecil,” tulis pihak penjual.

Harga rumahnya adalah 1,8 juta euro atau setara Rp 28,5 miliar (1 euro = Rp 15.834). Pemilik hotel ini pun dapat diuntungkan oleh banyaknya penggemar Game of Thrones yang berkunjung ke Dubrovnik.

Pada 2015, Forbes menyebut efek Game of Thrones membuat Dubrovnik kebanjiran turis.

Dua tahun kemudian, Quartz menyebut turisme di Dubrovnik ikut membantu ekonomi  Kroasia. Namun, pada 2017 wali kota setempat membatasi turis yang datang menjadi 4.000 per hari agar kota tidak terlalu padat.

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

BEI Sebut Ada Perusahaan Fintech yang Mau IPO

Sebelumnya, manajemen PT Bursa Efek Indonesia (BEI)  mengaku telah melakukan pendekatan intensif kepada empat unicorn di tanah air.

Unicorn itu antara lain Go-Jek, Traveloka, Bukalapak, dan Tokopedia untuk mencatatkan saham di BEI.

Direktur Penilaian Perusahan BEI, I Gede Nyoman Yetna menuturkan, pihaknya telah bertemu dan berdiskusi dengan keempat startup unicorn tersebut untuk mengajak melakukan penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO).

“Sudah diskusi dan sudah ketemu. Tapi tergantung dari pemegang saham mereka,” ujar dia di Jakarta, Rabu, 20 Maret 2019.

Nyoman menambahkan, pihaknya telah melakukan relaksasi aturan untuk mengakomodasi perusahaan startup melakukan IPO. 

“Kami sudah akomodasi, bukan hanya bagi perusahaan manufaktur. Tetapi juga, bagi perusahaan yang valuasinya berdasarkan intangible,” kata dia.

Menurut Nyoman, direksi keempat unicorn itu membutuhkan persetujuan dari pemegang saham terkait ajakan IPO. Lantaran, para pemegang saham antara lain adalah investor-investor asing.

“Mereka perlu approval dari pemegang sahamnya untuk melakukan IPO,” ungkapnya.

Nyoman memastikan, BEI telah menyiapkan infrastruktur bagi perusahaan unicorn maupun perusahaan rintisan lainnya yang akan IPO atau menawarkan sahamnya kepada publik.

“Pintu sudah kami buka. Call-nya ada di mana? Ya ada di mereka,” pungkasnya.

Mau Kerja di BRI Syariah? Cek Lowongan Kerja Terbarunya di Sini

Kualifikasi:

1. Usia maksimal 25 tahun (S1) dan 28 tahun (S2);

2. Telah menyelesaikan pendidikan minimal S1;

3. IPK S1 minimal 3,00 (skala 4,00) dan S2 minimal 3,20 (skala 4,00);

4. Semua jurusan kecuali Ilmu Kesehatan, Kedokteran, dan Kebidanan;

5. Score TOEFL minimal 400;

6. Belum menikah;

7. Memiliki tinggi badan minimal 165 cm (Pria) dan 158 cm (Wanita);

8. Bersedia menjalani ikatan dinas selama 5 tahun sejak Trainee;

9. Penempatan awal sebagai Account Officer & Auditor;

10. Bersedia ditempatkan di Kantor Cabang BRIsyariah seluruh Indonesia.

Anies Mau Tambah PBB Gratis untuk Guru hingga Pejuang

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana memperluas kebijakan gratis Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dengan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) sampai dengan Rp 1 miliar. Perluasan kebijakan ini menyasar ke sejumlah profesi dari guru, pensiunan, hingga para pahlawan.

Hal tersebut sekaligus menepis kabar jika Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyetop PBB gratis untuk NJOP sampai dengan Rp 1 miliar.

“Bahkan, mulai tahun ini, semua guru bebas PBB di Jakarta, kemudian termasuk pensiunan guru, jadi yang di bawah Rp 1 miliar itu malah ditambah sekarang, kalau dulu hanya di bawah Rp 1 miliar,” katanya di Balaikota Jakarta, Selasa (23/4/2019).


“Kalau sekarang semua guru bebas PBB semua veteran, kemudian purnawirawan TNI, polisi, pensiunan PNS, lalu para perintis kemerdekaan, para pahlawan nasional kemudian juga penerima bintang kehormatan dari presiden, para mantan presiden, wakil presiden semua akan mendapatkan pembebasan PBB, siapa orang itu? mereka adalah orang-orang yang dianggap berjasa pada bangsa,” paparnya.

Anies menyebut, pembebasan PBB untuk perintis kemerdekaan sampai tiga generasi. Kemudian, guru sampai dua generasi atau sampai anaknya.

“Jadi keluarganya pun yang tinggal di rumahnya, untuk apa? Untuk rumah pertamanya, satu rumah. Kalau mereka punya satu rumah, rumah kedua nggak. Tapi untuk rumah pertama yang ditinggali itu dibebaskan,” jelasnya. (zlf/zlf)

Kapitra Mau Jemput Habib Rizieq, BPN: Sia-sia, Ketemu Jokowi Saja Tak Mau

Jakarta – Juru Kampanye Nasional (Jurkamnas) Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Eggi Sudjana, tertawa mendengar janji caleg PDIP Kapitra Ampera menjemput Habib Rizieq Syihab jika Joko Widodo (Jokowi) dinyatakan menang Pilpres 2019. Apa sebabnya?

“Hahaha.. Saya ketawa dulu. Kenapa? Ada dua hal. Pertama, Habib Rizieq sudah terang benderang menyatakan Kapitra bukan lawyer-nya. Jadi sia-sia. Kalau Habib mau, Habib nggak tahu diri dong? Dia udah ngomong kalau Kapitra bukan lawyer-nya,” kata Eggi saat dihubungi, Senin (22/4/2019) malam.

Eggi menilai janji Kapitra hanya cari sensasi. Dia menganggap Kapitra sedang mencari panggung karena sudah tak dianggap Rizieq dan komunitas 212.


Alasan kedua Eggi tertawa ialah karena menyatakan Jokowi menang berdasar hitung cepat (quick count). Menurutnya, ukuran yang sah ialah saat KPU sudah menyampaikan hasil penghitungan suara nanti.

“Kedua, itu sangat prematur menyatakan Jokowi menang lewat quick count. Ukuran sah suara itu bukan quick count, tapi dari KPU tanggal 22 Mei. Jadi dia sudah jelas konstelasi panggungnya. Ingin diaku lagi, pengen diaku Habib Rizieq,” tuturnya.

Eggi yang juga pengacara Rizieq mengatakan Imam Besar FPI itu akan menolak uluran tangan Kapitra. Eggi mengaku dirinya sendiri merasa tak punya wewenang untuk menjemput Rizieq.

Menurutnya, yang berwenang yakni Prabowo jika nanti sudah dinyatakan menang. Eggi menyebut Rizieq pun menolak bertemu Jokowi saat capres petahana itu umrah beberapa waktu lalu.

“Jangankan Kapitra, kemarin Jokowi umrah saja tidak mau Habib (bertemu). Apalagi Kapitra yang sudah tak dianggap,” katanya.

“Bukan kewenangan saya untuk begitu-gitu. Yang berwenang itu Pak Prabowo jika nanti jadi presiden, punya kewenangan diskresi. Kalau saya apa, nggak ada artinya. Cuma lawyer-nya aja,” sambungnya.

Sebelumnya, Kapitra berjanji menjemput Rizieq jika Jokowi dinyatakan menang dalam Pilpres 2019. Kapitra berharap Habib Rizieq segera pulang.

“Nuansa kebatinan Habib Rizieq, saya pikir tentu ada kekecewaan kalau Prabowo-Sandi yang kalah. Karena apa? Karena Prabowo telah memberikan sebuah janji akan menjemput dan akan memulangkan Habib Rizieq,” ujar Kapitra di Posko Pemenangan Jokowi, Jl Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (22/4).

“Dan saya juga lebih dulu membangun kesepakatan dengan partai saya maupun dengan kelompok Pak Jokowi. Kalau Pak Jokowi menang, saya harus jemput Habib Rizieq dan peluang untuk Habib Rizieq ada pada saya dan kelompok di TKN ini ya. Saya akan jemput, nanti,” imbuh Kapitra yang pernah menjadi pengacara Habib Rizieq.
(jbr/aik)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Taksi Listrik Pertama Mengaspal di Indonesia, Mau Coba?

Jakarta

Perusahaan transportasi umum Blue Bird kemarin (22/4) meluncurkan taksi berbahan bakar listrik pertama di Indonesia. Pada tahap awal ada sebanyak 30 unit taksi listrik yang segera dioperasikan mulai Mei 2019 di Jakarta.

Sejumlah menteri hadir dalam seremoni peluncuran tersebut, yaitu Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) lgnasius Jonan.

Kira-kira berapa tarif taksi listrik? Cara pesannya bagaimana? detikFinance mengulasnya secara lengkap pada halaman berikut.

(ang/ang)