Mau Offroad, Begini Cara Pakai Sistem 4WD yang Benar

Liputan6.com, Jakarta – Mobil dengan sistem penggerak four-wheel-drive (4WD) diciptakan untuk memiliki kemampuan melewati medan-medan yang berat alias melahap medan offroad. Dari masa ke masa sistem penggerak ini berevolusi, salah satunya adalah kehadiran sistem penggerak all-wheel-drive (AWD).

Dilansir popularmechanics, pada umumnya sistem penggerak AWD tidak memiliki opsi untuk mematikan sistem tersebut dan bekerja secara otomatis sepenuhnya. Sedangkan mobil 4WD memiliki beberapa pengaturan yang dapat dipilih menyesuaikan kondisi medan. Beberapa di antaranya adalah 2WD, 4WD Auto, 4WD High dan 4WD Low. Bagaimana cara memilihnya?

2WD, 4WD Auto, atau 4WD High?

Jika Anda memiliki mobil dengan pilihan 2WD atau 4WD Auto, pilihan 4WD Auto akan bermanfaat saat jalanan basah. Pilihan 2WD memberikan keuntungan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan memperpanjang umur sistem penggerak roda depan.

4WD High akan lebih cocok jika Anda perlu melewati jalanan rendah traksi seperti kubangan lumpur dengan kecepatan relatif tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *