Erick Thohir: Kepemimpinan Jokowi Makin Matang di Debat Pilpres Keempat

Liputan6.com, Jakarta – Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Erick Thohir menilai capres petahana Jokowi makin memperlihatkan kematangan seorang pemimpin dan negarawan saat melakoni debat keempat di Hotel Shangri-la, Jakarta, Sabtu (30/3/2019).

“Saya menilai, Jokowi sangat tenang sekali dan menguasai materi debat. Dia mampu mementahkan segala argumentasi Prabowo, dengan menunjukkan hasil kerja,” ujar Erick usai nonton debat.

Debat keempat yang hanya diikuti capres Jokowi dan Prabowo membahas masalah ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional.

Erick menyatakan, Jokowi mampu beradu debat dengan Prabowo sekaligus menjelaskan kerja serta bukti nyata yang sudah dijalankan selama lima tahun memerintah. Bahkan, dengan istilah yang kekinian seperti Dilan atau Digital Melayani.

Erick menambahkan, ketenangan yang diperlihatkan Jokowi tak hanya saat melontarkan istilah-istilah yang cerdas, seperti Dilan, E-Procurement, E-Government, atau E-Budgeting,  tapi juga menonjolkan sikap kearifan dan negarawan saat memberikan contoh kepada Prabowo.

Kepiawaian Jokowi, dinilai Erick, juga diperlihatkan saat membahas mengenai masalah pertahanan dan keamanan. Di bidang yang sebenarnya dikuasai Prabowo, malah berlangsung sebaliknya. Jokowi lebih mahir dalam menjelaskan bagaimana sistem pertahanan dan keamanan dibangun.

Jokowi sangat tenang, tidak emosi, dan matang sekali. Kalimat, ‘Pak Prabowo tidak percaya dengan TNI kita’ merupakan pernyataan yang cukup menohok dan tegas. Apalagi, Jokowi bercerita bahwa dirinya melihat langsung ke perbatasan di Natuna atau Sorong. Penjelasan soal investasi alutsista TNI dalam industri militer, termasuk juga dalam menghadapi perang terbuka dan tehnologi, sangat cerdas untuk pengalihan tehnologi,” tambah Erick melalui keterangan tertulis.

TKN Jokowi: Sidang Ratna Sarumpaet Perlihatkan Buruknya Leadership Prabowo

Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin bersyukur sidang kasus hoax Ratna Sarumpaet akhirnya digelar. Menurut TKN Jokowi-Ma’ruf, kasus Ratna menunjukkan bahwa kubu Prabowo mampu menggunakan segala cara untuk memenangkan kontestasi Pilpres 2019.

“Saya bersyukur sidang kasus Ratna Sarumpaet bisa digelar kemarin. Perkara Ratu hoax dari kubu hoax akhirnya disidangkan,” kata Wakil Sekretaris TKN Raja Juli Antoni kepada wartawan, Jumat (1/3/2019).

“Cara kubu Pak Prabowo yang mempergunakan segala cara untuk memenangkan kompetisi politik dengan keji dan kejam. Mereka berambisi untuk mem-framing Pak Jokowi sebagai pemimpin diktator dan otoriter. Kasus Ratna mereka ‘santap’ degan lezatnya. Diungkap ke media bukan dilaporkan ke kepolisian,” sambungnya.


Pria yang akrab disapa Toni itu menilai, sidang kemarin memperlihatkan buruknya kepemimpinan (leadership) Prabowo yang mudah mempercayai hoax yang direkayasa oleh Ratna. Menurut dia, Prabowo tampil sebagai pemimpin yang emosional karena menelan informasi tanpa melakukan klarifikasi.

“Kasus Ratu Hoax ini juga memperlihatkan buruknya leadership Prabowo. Prabowo pemimpin yang tidak matang dan emosional sehingga tidak mampu memproses sebuah informasi dengan tepat sehingga keputusan yang diambil sangat buruk. Grasa-grusu, semua informasi ditelan bulat-bulat tanpa klarifikasi sama sekali,” tutur Toni.

“Lalu apa yang diharap rakyat dari kubu penyebar hoax dengan calon presiden yang leadership yang buruk?” sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, Ratna menjalani sidang dakwaan di PN Jakarta Selatan, Jalan Ampera, Jakarta Selatan, Kamis (28/2). Jaksa penuntut umum (JPU) mendakwa Ratna Sarumpaet membuat keonaran dengan menyebarkan hoax penganiayaan. Ratna disebut sengaja membuat kegaduhan lewat cerita dan foto-foto wajah yang lebam dan bengkak yang disebut akibat penganiayaan.

Padahal kondisi bengkak pada wajah Ratna merupakan efek dari operasi plastik di RS Bina Estetika, Menteng. Jaksa mengungkap, Ratna memfoto dirinya saat menjalani perawatan medis, lalu menyebarkan foto ditambah keterangan soal terjadinya penganiayaan.
(azr/mae)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Gejala Sinusitis Pada Anak, Jangan Panik Ketahui Cara Mengatasinya di Sini

Liputan6.com, Jakarta Sinusitis merupakan salah satu gangguan kesehatan yang cukup menyiksa dan mengangggu pernapasan. Sinusitis dapat dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak. Gejala yang ditimbulkan oleh sinusitis mirip dengan gejala flu biasa.

Jika tak segera ditangani, sinusitis dapat menyebabkan komplikasi berupa infeksi tulang. Meski jarang terjadi, sinusitis juga dapat menyebabkan infeksi dan menyebar ke daerah sekitar mata, tulang, darah atau otak.

Sinusitis juga kerap terjadi pada anak. Jika Anda mendapati anak mengalami pilek yang tak kunjung sembuh atau sering kambuh Anda perlu mencurigai penyakit sinusitis pada anak.

Nah agar Anda dapat mewaspadai sinusitis pada anak, berikut penjelasan mengenai penyakit sinusitis dari penyebab, cara menangani dan gejala sinusitis pada anak yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis(28/2/2019).

2 dari 5 halaman

Mengenal Sinus dan Sinusitis

Sinus sendiri adalah struktur berupa rongga yang terletak di wajah. Rongga kosong ini terletak di ulang pipi (maxillary), bagian bawah dahi (frontal), bagian belakang rongga hidung (sphenoid), serta di antara hidung dan matang (ethmoid). Rongga sinus tidak tampak dari luar, tetapi fungsinya penting untuk mengurangi beban berat pada tengkorak kepala.

Salah satu tugas sinus adalah untuk menghasilkan mukus (cairan lengket dan tebal) di hidung. Mukus turut bekerja untuk mencegah masuknya kuman, allergen penyebab alergi, dan benda-benda asing yang dapat menyebabkan infeksi dalam tubuh.

Rongga sinus memiliki saluran yang menyambung dengan hidung. Karena itu, infeksi atau peradangan yang terjadi pada hidung, misalnya infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), dapat merambat ke sinus dan menyebabkan sinusitis. Sinusitis merupakan gangguan pada rongga sinus yang terjadi akibat sebuah peradangan.

Sebagian besar sinusitis sudah dapat didiagnosa hanya berdasarkan gejala yang dirasakan serta pemeriksaan fisik. Pada pemeriksaan fisik dokter akan melihat adanya kemerahan dan pembengkakan pada rongga hidung, ingus yang mirip nanah, serta pembengkakan disekitar mata dan dahi.

Selain itu diagnosa juga bisa dilakukan melalui pemeriksaan rhinoskopi. Ini adalah sebuah cara untuk melihat langsung ke dalam rongga hidung. Tujuannya adalah untuk melihat lokasi sumbatan.

Terkadang juga diperlukan penyedotan cairan sinus dengan menggunakan jarum suntik untuk pemeriksaan kuman. Pemeriksaan kuman berguna untuk menentukan jenis infeksi yang terjadi. Pemeriksaan menggunakan CT Scan dan MRI hanya diperlukan bila sinusitis gagal disembuhkan dengan pengobatan awal.

3 dari 5 halaman

Sinusitis Pada Anak

Sinusitis merupakan peradangan pada rongga sinus yang sering terjadi pada anak-anak. Anak-anak memang sering mengalami ISPA, sehingga risiko mereka untuk terkena sinusitis juga terbilang besar.

Setiap tahunnya, rata-rata anak mengalami 6-8 kali ISPA dibandingkan orang dewasa. Diperkirakan sebanyak 0,5%-10% ISPA mengakibatkan komplikasi sinusitis. Penelitian juga menemukan bahwa sebanyak 6%-13% anak sampai usia 3 tahun pernah menderita sinusitis.

Penyebab Sinusitis pada Anak

Pada kondisi normal, sel dinding sinus akan menghasilkan lendir (mukus) untuk membantu mengeluarkan alergen atau polutan dari rongga hidung.

Namun, bila terinfeksi lendir ini akan terperangkap, volumenya akan bertambah, dan berisi bakteri atau virus. Karena terinfeksi, sel-sel yang ada di dalamnya pun akan meradang.

Sinusitis dapat terjadi akibat infeksi maupun tanpa infeksi kuman (noninfeksi). Kuman yang paling sering menyebabkan sinusitis adalah virus, yang dapat diperparah dengan tambahan infeksi dari bakteri. Pada anak-anak dengan daya tahan tubuh yang rendah, sinusitis juga dapat dipicu oleh bakteri yang lebih kuat maupun jamur. Sedangkan penyebab noninfeksi pada sinusitis adalah kondisi alergi.

4 dari 5 halaman

Gejala Sinusitis Pada Anak

Gejala sinusitis pada anak maupun orang dewasa mirip dengan gejala flu, yaitu hidung mampet atau berair, keluar lendir berwarna kuning kehijauan dari hidung dan demam ringan. Namun, pada sinusitis terdapat nyeri di wajah terutama sekitar pipi, mata, dan dahi, penurunan indra penciuman, sakit gigi, dan bau mulut.

Anda dapat membedakan pilek biasa dari sinusitis dengan melihat perjalanan penyakit yang terjadi. Umumnya sinusitis ditandai dengan pilek yang tidak kunjung sembuh bahkan hingga 10 hari. Gejala pilek yang sempat membaik, namun memburuk kembali juga dapat menunjukkan adanya sinusitis. Batuk dan pilek yang sangat berat juga dapat dicurigai telah dikomplikasi dengan sinusitis.

Berikut gejala sinusitis pada anak yang perlu diwaspadai dan segera ditangani :

· Hidung tersumbat

· Pilek yang berlangsung lama atau kambuh berulang

· Dapat terjadi demam

· Bau mulut

· Ingus kental, dan terkadang ingus seperti mengalir di belakang hidung dan tenggorokan (disebut post-nasal drip). Post-nasal drip akan menyebabkan seseorang kerap berdeham untuk membersihkan lendir yang terasa mengalir di belakang tenggorokan

· Sakit kepala, misalnya saat menunduk (menandakan radang di sinus frontalis)

· Nyeri pada area wajah, misalnya pipi ketika sinus maksilaris mengalami radang

· Bengkak di area mata

Selain gejala sinusitis pada anak di atas, anak yang mengalami sinusitis biasanya menjadi lebih rewel, susah makan, dan suara yang terdengar bindeng.

5 dari 5 halaman

Penanganan Sinusitis

Gejala sinusitis pada anak memang mirip dengan flu biasa. Dengan mengenalinya Anda dapat memberikan penanganan tepat untuk mengurangi gejala sinusitis pada anak.

Setelah mengetahui gejala sinusitis pada anak maka Anda perlu mengetahui cara menangani sinusitis agar tidak terus menganggu aktivitas anak. Sinusitis dapat sembuh dengan sendirinya meskipun membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan flu biasa, yaitu sekitar 7–10 hari atau bahkan hingga 2 minggu.

Sinusitis yang ringan bisa dikatakan tidak berbahaya. Namun, tetap saja dapat mengurangi kualitas tidur, nafsu makan, serta aktivitas belajar dan bermain anak. Meski sangat jarang terjadi, sinusitis memang bisa menjadi sumber infeksi ke otak dan menyebabkan meningitis.

Periksakanlah anak ke dokter jika mencurigai adanya gejala sinusitis pada anak. Antibiotik adalah obat yang paling sering diresepkan untuk menangani sinusitis. Anda juga dapat memberikan asupan cairan yang cukup untuk anak. Selain itu, bila ingus anak sangat kental dan sulit dikeluarkan, gunakan cairan saline untuk mengencerkan ingus.

Hasil Liga Inggris: Penalti Aguero Antar Man City Kalahkan West Ham

Manchester – Penalti Sergio Aguero antarkan Manchester City mengalahkan West Ham United 1-0. Hasil ini membuat The Citizens terus menempel Liverpool di puncak klasemen Liga Inggris.

Berlaga di Stadion Etihad, Manchester City menang 1-0 saat menjamu West Ham, Kamis (28/2/2019) dini hari WIB. Gol tunggal tuan rumah tercipta melalui penalti Sergio Aguero di menit ke-59.

Kemenangan ini membuat The Citizens terus menempel Liverpool sebagai pemuncak klasemen Liga Inggris. Skuat Josep Guardiola kini berada di urutan kedua dengan 68 angka tertinggal satu poin dari The Reds, yang pada pertandingan lain menggilas Watford 5-0.

Sementara bagi West Ham kekalahan di Stadion Etihad membuat mereka kini menempat posisi ke-10. Anak asuhan Manuel Pellegrini mengumpulkan 36 angka hingga pekan ke-28.

Jalannya Pertandingan

Peluang emas dipunya City saat pertandingan baru berjalan empat menit. Tendangan Riyad Mahrez usai menerima umpan dari David Silva melayang di atas gawang, padahal dia melepaskan tembakan itu dari jarak dekat.

Hanya semenit berselang City kembali punya peluang matang yang gagal berujung gol. Umpan mendatar Kevin de Bruyne dari sisi kanan menemui Silva di kotak penalti. Bola yang dibelokkan arahnya oleh Silva berhasil melewati kiper Lukasz Fabianski, namun gagal menjadi gol karena terkena tiang gawang.

Gelombang tekanan City berlanjut dengan tendangan voli De Bruyne dari dalam kotak penalti yang melayang ke atas gawang. Sementara upaya Aguero mengarahkan bola ke dalam gawangnya menggunakan tumit saat meneruskan umpan De Bruyne juga gagal lantaran arahnya masih melenceng.

Aguero mengklaim penalti di menit 25. Sepakannya dari tengah kotak penalti terlihat mengenai lengan bek West Ham yang mencoba memblok sambil menjatuhkan diri. Namun wasit menyatakan tidak ada pelanggaran dalam momen itu.

Mahrez mengancam di menit 29 saat dia menusuk masuk ke kotak penati di sisi kanan. Usai memgecoh bek West Ham dia melepaskan tembakan dari sudut sempit, upayanya tak sampai menyulitkan kiper.

Meski sangat dominan dengan pengusaan bola sebesar 78 persen, tapi City nampak kesulitan menembus ketatnya pertahanan The Hammers. Ini terlihat dimana mereka hanya mencatatkan satu sepakan ke arah gawang di babak pertama.

Strategi Manuel Pellegrini ini terbukti ampuh. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

West Ham mengejutkan Ciy di awal babak kedua. Mereka nyaris saja membuka skor lewat Andy Carrol di menit ke-49. Umpan Manuel Lanzini mampu diteruskan Carrol dengan baik. Beruntung untuk tuan rumah, Ederson masih mampu menepis bola.

Upaya City untuk mencetak gol di laga ini akhirnya membuahkan hasil di menit ke-59. Pelanggaran terhadap Bernardo Silva di kotak penalti memaksa wasit menunjuk titik putih. Aguero yang ditunjuk sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik.

Unggul 1-0 membuat skuat Pep Guardiola makin gencar menekan lini pertahanan tim tamu. Di menit ke-65 mereka hampir saja menggandakan kedudukan.

Sepakan mendatar Raheem Sterling dengan gemilang mampu ditepis oleh Fabianski. Bola muntah yang kemudian disambar Bernardo Silva masih mampu diamankan lini pertahanan The Hammers.

Meski kedua tim mencatatkan beberapa peluang di sisa laga, tak ada gol tambahan yang tercipta. Skor 1-0 untuk The Citizens menutup laga di Stadion Etihad.

Susunan Pemain

Manchester City: Ederson; Danilo, Kompany , Otamendi,Zinchenko; De Bruyne, Gundogan, Silva; Mahrez (Sterling 55′), Aguero (Foden), Sane (Bernardo Silva).

West Ham : Fabianski; Fredericks, Issa Diop, Ogbonna,Johnson (Zabaleta 63′); Obiang, Rice; Michail Antonio,Nasri (Lanzini 46′), Anderson (Diangana 77′); Andy Carroll.
(din/din)

Top 3 Berita Hari Ini: Keajaiban Baking Soda dalam Membersihkan Rumah

Liputan6.com, Jakarta – Top 3 Berita Hari Ini tentang baking soda atau soda kue yang biasanya dikenal sebagai bahan pembuat kue. Tak hanya di bidang kuliner, bahan ini ternyata juga dipercaya sebagai bahan yang ampuh untuk membersihkan rumah.

Orang Mesir Kuno pun memakai baking soda sejak abad 3500 SM sebagai bahan pembersih dan proses mumifikasi. Baking soda bisa menyerap semua bau yang terdapat di ruangan Anda.

Uniknya, baking soda dinilai lebih ampuh dari lilin pewangi atau AC sebab kedua benda tersebut hanya menutupi bau yang ada di ruangan tersebut. Berita lainnya yang banyak menarik perhatian adalah tentang pernikahan. Ada orang yang menikah di usia muda dan ada juga di usia yang sudah tua.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Family Psychology dan dilakukan University of Alberta menemukan, mereka yang menikah di usia lebih tua atau lebih lambat dari teman-temannya ternyata mempunyai level kebahagiaan dan kepercayaan diri lebih tinggi dibanding mereka yang menikah muda.

Selain itu, menikah di usia matang juga menunjukkan rendahnya risiko depresi dan cerai. Satu lagi berita yang banyak diminati masih tentang Syahrini yang baru saja resmi menkah dengan Reino Barack.  Makeup penyanyi cantik yang selalu tampil maksimal ini ternyata bisa disontek.

Berawal di bagian mata yang jadi titik utama di bold makeup. Inces, begitu ia akrab disapa, sering kali memakai eyeliner di keseluruhan garis matanya. Namun, jika mata Anda cenderung hooded, skip langkah satu ini dan aplikasikan eyeliner hanya pada bagian atas mata.

Ketiga berita tersebut terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Yuk, mari kita simak rangkuman selengkapnya di bawah ini.

Keajaiban Baking Soda dalam Membersihkan Rumah

Soda kue atau dikenal dengan baking soda lebih populer digunakan untuk membuat kue. Fungsinya terlihat saat memanggang kue, di mana adonan kue yang dimasak akan mengembang akibat kandungan sodium bikarbonat di dalamnya.

Ternyata, fungsi baking soda ini tidak terletak di dunia kuliner saja. Malahan, bahan ini dipercaya sebagai bahan yang ampuh untuk membersihkan rumah. Kandungan kimia yang terdapat dalam pengembang adonan kue ini bekerja lebih baik ketika digunakan sebagai bahan pembersih.

Selanjutnya…

Studi: Orang Terlambat Menikah Justru Lebih Bahagia dan Percaya Diri

“Kapan menikah?” pertanyaan ini tidak jarang menjadi momok bagi mereka yang belum membina rumah tangga. Hal tersebut terasa semakin ‘mengganggu’ ketika usia telah matang hingga mapan secara finansial.

Jangan terburu-buru dan jangan gentar dengan hal-hal yang secara tidak langsung mendesak Anda. Fimela.com menulis menurut penelitian, menikah terlambat justru menjamin kebahagiaan pernikahan di masa mendatang.

Selanjutnya…

Makeup Badai Andalan Syahrini, Bisa Dicontek untuk Tampilan Sempurna di Pesta Pernikahan

Makeup bold sangat mungkin jadi salah satu opsi para mempelai perempuan untuk tampilan sempurna di hari bahagia. Inspirasi look-nya bisa disontek dari berbagai figur, termasuk penyanyi hits Syahrini.

Bagaimana tidak, di banyak kesempatan, perempuan 36 tahun tersebut cenderung memperlihatkan riasan wajah terkesan berani dengan sentuhan smokey eyes. Secara garis besar, look Syahrini satu ini sangat mungkin ditiru.

Selanjutnya…

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Ahok Pasang Badan untuk Puput yang Kena Tuduhan

JakartaBasuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok buka suara soal hubungannya dengan Puput Nastiti Devi (PND). Namun, bukan kabar baik yang disampaikan Ahok. Eks Gubernur DKI Jakarta itu bicara soal tuduhan miring terhadap puput yang berkaitan dengan pernikahannya.

Ahok meminta spekulasi berkaitan pernikahannya dengan Puput dihentikan. Sebab, langkah yang diambil merupakan keputusannya yang sudah dipertimbangkan matang.

“Mengenai hubungan saya dengan PND, tuduhan-tuduhan negatif dari Saudara-saudara itu, saya harap jangan berspekulasi dengan kehidupan pribadi saya. Dan saudara telah melakukan fitnah,” ujar Ahok dalam vlog, Selasa (26/2/2019).

Ahok menegaskan, setiap tindakannya sudah dikonfirmasikan dengan Yang di Atas. Lalu juga dengan ibunda dan keluarga lainnya. Maka dari itu, Ahok meminta tak ada yang menyalahkan Puput.

“Nah, itu sekali lagi, saya minta Saudara-saudara hentikan spekulasi kehidupan saya, hentikan menuduh PND macam-macam karena saya yang memutuskan. Kalau mau salahkan semua, salahkan pada saya, bukan salah PND,” tutur Ahok.

“Dan kalau saya mau disalahkan, saya tidak perlu memberikan bukti-bukti kepada Saudara mengapa saya melakukan suatu perceraian atau suatu pernikahan. Itu kehidupan pribadi saya. Yang paling penting dalam ilmu, etika,” lanjut dia.

Ahok juga mengklarifikasi soal tuduhan-tuduhan terkait keluarganya. Dia menegaskan setiap tindakannya mempunyai dasar pertimbangan yang kuat.

“Saya mengerti tindakan saya dengan baik. Saya sudah umur 52 tahun, saya bukan anak kecil kemarin. Saya berbuat apa pun saya berani selama saya mempunyai dasar Firman Tuhan. Saya mempunyai dasar kebenaran, taat kepada konstitusi dan Firman Tuhan, dan tentu pada ibu saya,” tuturnya.

Pria yang baru bergabung dengan PDI Perjuangan ini juga mengatakan hubungannya dengan ketiga anaknya baik. Komunikasi dengan anaknya, khususnya Daud Albeenner Purnama dan putrinya Nathania Purnama, dilakukan lewat WhatsApp dan video call.

“Dan saya walaupun mempunyai hak asuh tentu ketika anak-anak memilih tentu saya memberikan kebebasan,” tegasnya.
(idn/knv)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Beredar Video Prabowo ‘Marah ke Ulama’ di Sumenep, Ini Penjelasan BPN

Jakarta – Video capres Prabowo Subianto diduga marah-marah di hadapan ulama dan tokoh masyarakat di Sumenep beredar di media sosial. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno memberi penjelasan.

Berdasarkan potongan video yang beredar, Prabowo yang tengah berbicara di mimbar bertanya kepada seseorang yang diduga tengah berbicara sendiri. Awalnya Prabowo bicara soal duit WNI di luar negeri yang mencapai Rp 11 ribu triliun lebih. Prabowo menghentikan pidatonya. Sembari menunjuk, Prabowo bertanya apakah pihak tersebut ingin menggantikannya bicara di atas mimbar.

“Diwawancara….,” ujar Prabowo yang kemudian menghentikan kalimatnya.

“Kenapa kok? Ada apa you bicara sendiri di situ? Apa you aja yang mau bicara di sini?” lanjut Prabowo.

“Kalau nggak kamu aja yang bicara di sini,” sambungnya lagi.

“Nggak, Pak, terus, Pak, lanjut, Pak. Lanjut,” timpal para hadirin.

Video tersebut juga disertai narasi yang menunjukkan seolah Prabowo tengah marah di depan ulama Madura.

“BREAKING NEWS: PRABOWO MARAH DI DPN ULAMA MADURA ———————– Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto, ngambek dan marah di hadapan para kiai dan tokoh masyarakat di PP. Assadad, Ambunten, Sumenep, pada Selasa, 26 Februari 2019. Prabowo (ngambek): “Ada apa bicara sendiri di situ? Apa kamu aja yang mau bicara di sini?” begitu isi narasi yang beredar.

Juru Bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Viva Yoga, menegaskan sang capres tidak marah pada ulama maupun tokoh masyarakat yang ada. Viva mengatakan Prabowo saat itu menegur warga yang ikut hadir di acara silaturahmi di Ponpes Assadad di Sumenep, Jawa Timur.

“Dalam video itu, sikap Prabowo menegur audiens, bukan ulama, hanya menegur sayang, tidak menegur dengan kemarahan,” ujar Viva.

Viva mengatakan, tidak mungkin Prabowo marah kepada ulama. Sebab, capres nomor urut 02 itu sangat menghormati dan menyintai ulama.

“Pak Prabowo sangat menghormati dan mencintai ulama, kiai, habaib, habib, tokoh agama, maupun tokoh masyarakat. Sikap Prabowo seperti itulah yang menyebabkan dirinya dekat dengan ulama dan juga dicintai ulama,” katanya.

“Jadi, tidak mungkin jika Pak Prabowo memarahi ulama. Justru yang terjadi Prabowo sering dimarahi, dinasihati, dan dibimbing para ulama. Hal itulah yang menyebabkan dukungan sebagian besar ulama Indonesia ke Prabowo. Gerakan populisme Islam yang dimotori ulama itu adalah menjadi gerakan mendukung Prabowo di pilpres 2019,” imbuh Viva.

Politikus PAN itu juga menegaskan, ‘the new Prabowo’ adalah sosok yang matang, tegas tapi santun, bijak dan ikhlas. Adegan Prabowo meminta audiens untuk tidak berbicara sendiri hanyalah teguran semata, tanpa emosi.

“Jiwa militer Prabowo belum pudar. Prabowo ingin menegaskan bahwa dalam setiap forum dan acara apapun harus menjaga budaya bangsa Indonesia, yakni berdisiplin dan saling menghormati jika ada yang bicara sebaiknya didengar dan disimak. Prabowo hanya ingin agar budaya bangsa dijunjung tinggi,” tuturnya.

“(Jadi) Tidak benar jika Pak Prabowo memarahi ulama. Karena itu bukan sikap dan tingkah pola Pak Prabowo,” imbuh Viva.

Viva kembali menegaskan bahwa Prabowo tak akan berani marah kepada para ulama di Sumenep. Mengingat, saat debat capres pun Prabowo bersikap bijak meski ‘diserang’ oleh capres petahana Joko Widodo.

“New Prabowo adalah pribadi yang matang, tegas tapi santun, bijak, dan ikhlas. Buktinya, sewaktu mendapat ‘serangan’ di debat capres, Prabowo tetap cool dan bijak. Tidak membalas serangan. Bahkan memuji lawan debatnya. Hal ini adalah pribadi yang baik dari Pak Prabowo,” katanya.
(mae/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kocak! ABG Cewek di Sumsel Protes Jalan Rusak dengan Berfoto Ala Model

Palembang – Menyampaikan protes pada pemerintah ternyata tak hanya dilakukan dengan kekerasan atau berunjuk rasa. Di Batumarta, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, anak muda protes jalanan rusak dengan cara unik.

Protes jalan rusak ini dilakukan dengan seni fotografi para anak muda di daerah tersebut. Mereka membentuk kelompok untuk pemotretan dengan cara unik dan pose lucu agar direspons pemerintah.

Ada yang berpose sedang memancing, ada yang berpose romantis dan seolah duduk santai di tepi danau bahkan ada pula yang sampai mandi lumpur.

Mereka berhasil membuat pose konyol tapi di jalanan rusak yang seperti kubangan. Lubang di jalanan yang rusak seolah memberi banyak ide kreatif. Pemotretan sendiri dilakukan seorang fotografer bernama Robby Ari Sanjaya.

“Jalanan itu memang sudah lama rusak. Sudah lama tidak diperbaiki pemerintah setempat. Itu merupakan bentuk protes masyarakat yang sudah kesal karena ini tidak ada perbaikan jalan,” kata seorang warga, Syakirin Edo Lugan saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (27/2/2019).

Dikatakan Lugan, jalan rusak itu berada tepat di daerah Lubuk Raja dan menjadi akses penghubung masyarakat menuju pusat pemerintahan OKU. Bahkan jalan itu setiap hari dilalui oleh anak sekolah, petani dan masyarakat sekitar.

“Iya salah satu akses utama, petani, anak sekolah semua lewat jalan itu. Itu sangat rawan orang kecelakaan. Terutama pada malam hari jadi rawan kejahatan,” imbuh Lugan.

Sementara itu sang fotografer, Robby Ari Sanjaya menyebut pemotretan dilakukan Minggu (24/2) pagi. Untuk mendapatkan hasil maksimal, dia melibatkan kalangan anak muda yang ‘siap untuk malu’.

“Pemotretan itu sudah dipersiapkan dari jauh hari. Jadi ada empat anak muda di sini yang terlibat dengan berbagai peran serta berpose seperti beraktifitas sehari-hari. Mereka semuanya udah siap malu,” kata Robby.

Aksinya tersebut dilakukan karena kesal melihat kondisi jalan yang rusak dan tak kunjung diperbaiki. Sebagai aksi protes, Robby merencanakan aksinya itu secara matang.

“Sekitar seminggu saya persiapkan ide seperti itu. Ternyata banyak juga yang merespon, kemudian saya seleksi lagi untuk persiapan agar aksi protes sama seni bisa dipadukan dan sampai pada pemangku kebijakan,” katanya.

Kocak! ABG Cewek di Sumsel Protes Jalan Rusak dengan Berfoto Ala Model

ABG di Sumsel protes Jalan Rusak (dok Istimewa-Robby)

Aksinya ini, kata Robby, cukup berhasil karena hasil jepretannya mendapatkan banyak respons dari masyarakat. Tidak jarang warganet ikut membagikan dan menanggapi fotonya yang diposting di media sosial.

“Responsnya banyak, luar biasa. Kadang cara-cara kreatif seperti ini justru cukup menarik perhatian masyarakat. Jadi ini bukan hanya dari pemerintah setempat, tetapi juga nasional dan saya berharap segera ada perbaikan jalan,” tutupnya.
(ras/rvk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Liverpool Waspadai Watford yang Bermuka Dua

JakartaLiverpool mengantisipasi laga berat melawan Watford tengah pekan ini. Juergen Klopp menyebut Watford punya dua muka yang berbahaya.

Liverpool menjamu Watford di Anfield, Kamis (28/2/2019) dinihari WIB di laga pekan ke-28 Premier League. Setelah hanya meraih dua kemenangan di lima laga terakhir –tiga imbang–, tiga poin di partai ini jadi terasa lebih krusial untuk ‘Si Merah’.

Sebab meski kini memuncaki klasemen, selisih dengan Manchester City di posisi dua hanya satu poin saja. Liverpool butuh kemenangan untuk meredakan tekanan.

Watford sendiri bukan lawan yang enteng. Tim besutan Javi Gracia ini sekarang duduk di posisi tujuh klasemen, hanya kalah sekali di delapan laga terakhir (tiga kemenangan).

Manajer Liverpool Juergen Klopp mewaspadai dua muka Watford. Tim ini disebutnya bisa bermain dengan pendekatan proaktif maupun pasif. Perlu perencanaan matang untuk mengantisipasi dinamika di lapangan.

“Watford itu lawan yang sulit. Mereka dalam laju bagus dan mereka punya gaya bermain yang berbeda,” kata Klopp dikutip BBC.

“Melawan tim-tim enak besar, mereka tak punya banyak penguasaan bola. Tapi mereka adalah ancaman besar dari serangan balik, bagus dalam bola mati, dan di bola-bola kedua.”

“Situasinya berbeda ketika mereka menghadapi tim-tim lain, mereka jauh lebih proaktif. Kami perlu siap untuk kedua hal ini,” tandasnya.

(raw/rin)

Eks Pemain MU Puji Performa Kiper Liverpool

Liputan6.com, Liverpool – Manajer Liverpool Jurgen Klopp kembali mengandalkan Alisson Becker pada pekan ke-27 Liga Inggris. Kiper yang direkrut dari AS Roma pada musim 2018 itu dipercaya mengawang gawang The Reds dari serbuan lini serang Manchester United (MU) di Old Trafford.

Pada laga tersebut, Alisson tampil spektakuler mengawal gawang Liverpool. Ia menggagalkan sejumlah peluang emas MU, salah satunya adalah peluang matang yang dibuat oleh Jesse Lingard di babak pertama.

Mantan pemain MU Garth Crooks memuji performa Alisson. Ia percaya Alisson sudah menyelamatkan Liverpool dari kekalahan.

“Penyelamatan yang dibuat Alisson saat menghadapi Jesse Lingard mengubah jalannya pertandingan di Old Trafford,” ujar Crooks kepada BBC Sports.

2 dari 3 halaman

Nyaris Gol

Crooks menilai peluang yang dibuat oleh Lingard itu hampir 99% bakal masuk ke gawang Liverpool. Namun berkat kejeniusan Alisson, peluang berbahaya itu gagal dikonversikan menjadi gol.

“Terlepas dari aspek lain yang terjadi di lapangan, saya berpikir bahwa peluang itu nyaris berbuah gol. Apakah saya akan melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan Lingard? Tentu saja!”

3 dari 3 halaman

Kemampuan Kelas Atas

Crooks juga menilai penyelamatan yang dilakukan Alisson itu benar-benar luar biasa. Penyelamatan itu adalah bukti Alisson adalah kiper kelas dunia.

“Alisson benar-benar waspada dengan pergerakan penyerang lawan. Dia mampu menyapu bola dengan bersih sehingga timnya terlepas dari hukuman penalti,” ucapnya.

“Liverpool pun berhasil naik ke puncak klasemen dan saya rasa itu semua berkat kemampuan luar biasa Alisson.” tandas Crooks.

Sumber: Bola.net