Pesta Gol ke Gawang Persidago, Persebaya Tembus 8 Besar Piala Indonesia

Liputan6.com, Surabaya – Persebaya Surabaya membekuk Persidago Gorontalo 7-0 pada leg kedua babak 16 besar Piala Indonesia di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Sabtu (23/2/2019). Hasil ini membawa mereka ke perempat final.

Amildo Balde jadi bintang Persebaya dengan membuat empat gol (27, 30, 56, 87). Sedangkan gol lainnya disumbang Otavio Dutra (34), Hansamu Yama (37), dan Damian Lizio (45+1).

Pada 25 menit babak pertama berjalan, tuan rumah sempat kesulitan menembus pertahanan Persidago yang tampil ngotot dan memberikan perlawanan maksimal. Baru pada menit ke-27, top skorer Persebaya sementara di Piala Indonesia, Amildo Balde mencetak gol melalui tendangan keras kaki kanannya dari dalam kotak penalti memaksimalkan umpan terobosan Manuchehr Jalilov.

Tiga menit berselang, lagi-lagi kombinasi kerja sama Jalilov dan Balde membuat kiper Persidago Mario Fabiyo Londok memungut bola dari gawangnya setelah Balde mencetak gol keduanya. Gol ketiga Persebaya dicetak bek asing yang tidak lama lagi berstatus Warga Negara Indonesia (WNI), Otavio Dutra, menit ke-34 memanfaatkan bola muntah sundulan Balde yang terbentur tiang gawang.

Gol berikutnya Persebaya kembali dicetak pemain belakang, yang kali ini melalui Hansamu Yama lewat sundulan kepala memanfaatkan umpan terukur tendangan bebas Damian Lizio menit ke-37.

Pada injury time babak pertama, giliran striker baru asal Bolivia, Damian Lizio, yang membuktikan kualitasnya usai lolos jebakan offside untuk menaklukkan kiper Persidago.

Skor 5-0 bertahan hingga wasit Fariq Hitaba asal Yogyakarta membunyikan peluit tanda berakhirnya 45 menit babak pertama.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Babak kedua berjalan 11 menit, kembali Amildo Balde menunjukkan kelasnya sekaligus membuktikan pantas menggantikan peran David Da Silva yang musim lalu menjadi predator di Persebaya.

Gol tercipta memanfaatkan kesalahan bek Persidago yang gagal mengontrol bola silang kiriman Ruben Sanadi sehingga bola terlepas dan dicocor keras oleh Balde dari dalam kotak penalti.

Persidago bukannya tanpa serangan, berkali-kali striker bernomor punggung 14, Ismail Adam memaksa kiper Persebaya Abdul Rohim bekerja ekstra keras menghalau sejumlah peluang.

Menit ke-87, lagi-lagi Amildo Balde mengoyak jala Persidago yang kali ini melalui sundulan kepalanya usai menerima umpan silang matang Alwi Slamat. Gol keempat pemain yang pernah merumput di Celtic FC itu menjadi gol penutup laga, sekaligus menegaskan gol agregat menjadi 11-1 (leg pertama 4-1 untuk Persebaya).

3 dari 3 halaman

Satu Tempat Tersisa

Sementara itu, dari delapan tim yang akan berlaga di perempat final, sudah ada tujuh tim yang sudah memastikan lolos, yakni Persib, Madura United, Persija Jakarta, Borneo FC, PSM Makassar, Bali United dan Persebaya.

Satu tiket lagi masih diperebutkan antara PSIS Semarang dan Bhayangkara FC yang akan bermain pada Minggu (24/2/2019).

Real Madrid Siap Kirim Bale Kembali ke Tottenham

Liputan6.com, Madrid – Real Madrid sudah tidak tertarik memakai jsa Gareth Bale musim depan. Winger Timnas Wales itu berpotensi dilepas kembali ke klub lamanya, Tottenham Hotspur.

Seperti dilansir Marca, rencana menjual Bale tak lain demi memberikan ruang kepada Eden Hazard. Bukan rahasia lagi, Hazard ingin meninggalkan Chelsea untuk berkostum Real Madrid musim depan.

Keputusan untuk menjual Bale sudah dipikirkan Los Blancos dengan matang. Manajemen klub ibu kota Spanyol ini frustrasi terhadap kinerja pemain berusia 29 tahun itu.

Bale dinilai gagal menutupi kekosongan yang ditinggalkan Cristiano Ronaldo di skuat Real Madrid. Padahal, setelah Ronaldo hijrah ke Juventus musim panas lalu, Bale seharusnya jadi tumpuan El Real.

Selain itu, Vinicius Junior, juga mulai membuktikan talentanya di tim utama Real Madrid. Pemain berusia 18 tahun itu beberapa kali mendapat kepercayaan dan tidak mengecewakan.

2 dari 3 halaman

Masalah Bahasa

Ini merupakan musim keenam Bale bersama Real Madrid. Namun, mantan pemain Southampton ini masih belum mempelajari bahasa Spanyol.

Hal itu dianggap jadi penyebab Bale tidak pernah benar-benar dominan di La Liga. Sementara masalah cederanya adalah alasan lain yang perlu dikhawatirkan Real Madrid.

3 dari 3 halaman

Ubah Pikiran

Namun, masih ada waktu bagi Bale untuk mengubah pikiran Real Madrid mengenai situasinya. Kabarnya, Bale ingin sekali bertahan di El Real.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Hubungan Cinta Tak Bahagia, Lanjut Atau Sudahi Saja?

Liputan6.com, Jakarta – Memang tak melulu soal suka, namun kalau Anda pikir hubungan cinta Anda lebih banyak berisi nelangsa ketimbang bahagia, ada baiknya berpikir ulang dan tanya pada diri sendiri, ‘Apakah ini yang benar-benar Anda inginkan?’.

Dalam keadaan seperti ini, apalagi jika sudah tidak bisa didiskusikan dengan pasangan, sudah sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk mundur. Menjadi single tak semenakutkan terjebak dalam cinta yang salah.

Dirangkum Fimela.com, penelitian yang dimuat dalam American Psychological Association berjudul Settling for Less out of Fearing Being Single menunjukkan bahwa mereka yang takut jadi single hanya akan terjebak pada hubungan cinta tak bahagia.

Orang-orang ini biasanya berpikir lebih baik punya, tapi buruk, ketimbang sama sekali sendiri. Dengan kata lain, mereka menghapuskan kriteria-kriteria penting yang seharusnya dipegang untuk bisa memiliki hubungan cinta.

Peneliti juga menemukan bahwa partisipan yang mengejar atau mempertahankan hubungan buruk karena takut jadi single hanya akan menghabiskan waktu dan energi karena pikiran bakal dipenuhi hal negatif tentang menjadi single, merasa tidak bahagia, bahkan kesepian.

Jadi, tanya sekali lagi pada diri Anda, apa yang benar-benar diinginkan dalam hubungan cinta. Lebih baik menunggu sedikit lebih lama, menimbang lebih matang, dan berdamai dengan diri sendiri ketimbang harus bersama ia yang tak memberi bahagia di hidup Anda. (Febi Anindya Kirana/Fimela.com)


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Sandi: Sulit Cari Buah Lokal, Tapi Buah Impor Banyak

Banyuwangi – Cawapres nomor 02 Sandiaga S Uno mengunjungi Banyuwangi, Jawa Timur. Dalam kunjungannya pria yang beken disapa Sandi ini bicara sulitnya buah lokal bersaing dengan impor.

Pasangan dari Capres Prabowo Subianto ini juga prihatin dengan harga buah naga yang anjlok.

“Kami sangat kesulitan mencari buah lokal, tapi buah impor banyak sekali. Menurut saya ini ada yang salah dalam kebijakan penanganan buah impor,” ujar Sandiaga yang diamini oleh para petani Buah naga dan jeruk di Desa Wringinpitu, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi, Kamis (21/2/2019).


Menurut Sandi buah lokal kaya dengan vitamin dan bagus untuk kesehatan. Selain lebih fresh, harga buah lokal lebih murah dan bisa meningkatkan taraf hidup petani lokal. Sandi mencontohkan buah Naga.

“Buah naga sangat bagus untuk tubuh kita. Banyak vitamin dan jika kita konsumsi buah lokal pasti bisa membantu para petani. Jika Insyaallah terpilih, sektor pertanian akan kita prioritaskan. Jangan sampai harga anjlok petani merugi” kata Sandi.

Sandiaga juga sempat mendengarkan aspirasi para petani yang kesulitan dengan mahalnya harga pupuk, harga panen yang anjlok dan kurangnya diversifikasi hasil panen pertanian khususnya buah naga dan jeruk.

“Kami sangat terpukul dengan anjloknya harga buah naga. Saya pernah menjual buah naga yang terlalu matang Rp 500 kilogram. Hasilnya saya belikan sarung untuk ibadah. Sarungnya saya bawa ini. Dengan kerendahan hati sarung ini saya berikan ke Pak Sandiaga saja,” ujar Sulistio, salah satu petani buah naga di Banyuwangi.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga sempat memanen buah naga di salah satu kebun warga. Sandiaga terjun langsung ke kebun membaur dengan masyarakat.

“Pasti kami akan pedulikan nasib para petani ini. Jangan sampai ada harga yang membuat petani rugi. Jika kita terpilih, akan ada pabrik besar yang akan menampung panen petani dan masyarakat juga nanti bisa membuat usaha yang baik. Kita akan kawal mulai dari kebun, kemasan, hingga panen. Seperti Oke Oce yang sudah berhasil kita terapkan di Jakarta,” kata Sandi. (hns/hns)

Top 3 Berita Hari Ini: Membongkar Isi Lemari Dewi Sandra yang Disusun Sesuai Warna

Liputan6.com, Jakarta – Top 3 Berita Hari Ini menampilkan tentang rumah Dewi Sandra. Isi lemari penyanyi dan aktris itu banyak menarik perhatian saat videonya diunggah oleh Zaskia Sungkar dan Shireen Sungkar. Mereka melihat langsung rumah Dewi termasuk isi lemarinya.

Istri Agus Rahman ini memilih lemari besar berwarna putih dengan cermin besar berbingkai kayu. Dewi memberitahu Zaskian dan Shireen mana bagian-bagian lemarinya dan suami.

Deretan pakaian milik Dewi berjejer mulai dari berwarna hitam, bermotif, putih polos, dan beberapa yang tampak dilipat di bagian bawah. Berita kedua yang banyak diminati adalah tentang trik memasak nasi yang baik.

Nasi dipercaya bakal jadi lebih pulen dan tahan lama bila ditaruh di penghangat. Namun nasi yang ditaruk di rice cooker, biasanya akan lebih cepat kering, bahkan berubah warna jadi kuning, kemudian basi.

Supaya tetap bisa mendapatkan nasi pulen, tapi tidak cepat basi, Anda bisa menambahkan air perasan jeruk nipis pada beras yang akan di masak dalam alat pemasak nasi. Berita ketiga yang menarik perhatian adalah tentang gaya pakaian Arumi Bachsin.

Dengan gaya berbusana yang khas, pesona istri Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak ini berhasil menarik perhatian sekelilingnya.Selepas tak lagi aktif di layar kaca, Arumi tampil lebih sederhana. Yang paling kentara adalah penggunaan kerudung langsung nyaris di setiap momen.

Ketiga berita tersebut terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Mari kita simak rangkuman selengkapnya di bawah ini.

Membongkar Isi Lemari Dewi Sandra yang Disusun Sesuai Warna

Kehadiran walk-in wardrobe dalam sebuah hunian berfungsi sebagai ruang untuk meletakkan pakaian, sepatu, tas, aksesori dan lainnya. Ruang ini pula yang turut dihadirkan Dewi Sandra di kediamannya yang telah ditempati selama setahun itu.

Dewi Sandra memperlihatkan isi dari lemarinya dalam sebuah video yang diunggah oleh kakak beradik Shireen Sungkar dan Zaskia Sungkar lewat akun YouTube The Sungkars Family pada 14 Februari 2019 lalu.

Selanjutnya…

Trik Memasak Nasi supaya Tidak Cepat Basi

Nasi tentu bukanlah kuliner asing bagi orang Indonesia. Belum makan malah katanya kalau belum menyantap sajian dengan dominan kandungan karbohidrat ini. Walau sudah sebegitu familier, masak nasi ternyata punya trik tertentu.

Ya, nasi pulen dan enak nyatanya ditunjang dengan cara memasak yang benar dan tepat. Bukan hanya dengan mencuci beras, lalu memberi air dan memasaknya hingga matang. Tapi, bagaimana cara memasak nasi agar tanak dengan hasil yang baik.

Selanjutnya…

Ragam Gaya Berkerudung Arumi Bachsin yang Berulang Tahun Hari Ini

Arumi Bachsin, mantan aktris yang kini disibukkan oleh tugas sebagai istri Wakil Gubernur Jawa Timur, dilarikan ke rumah sakit karena mengalami pendarahan, pada Senin, 18 Februari 2019. Berdasarkan keterangan sang suami, Emil Dardak, Arumi sedang mengandung calon anak ketiganya.

Dilansir Antara, kondisi kesehatan Arumi menurun saat wajahnya terlihat pucat dalam proses serah terima jabatan Gubernur Jatim di DPRD Jatim. Emil pun langsung meminta sang istri kembali ke rumah untuk beristirahat.

Selanjutnya…

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Jalan Setapak dan Cerita Perjuangan Cut Meutia, Pahlawan dari Tanah Rencong

Liputan6.com, Aceh Utara – Selain Cut Nyak Dien, salah seorang pahlawan perempuan tersohor dari Tanah Rencong adalah Cut Meutia. Dia ikut berjuang melawan penjajah pada masanya.

Komunitas sepeda, Matang Kuli Bike Community (MBC), melakukan perjalanan ziarah ke Makam Cut Nyak Meutia di pedalaman hutan Kabupaten Aceh Utara, untuk mengenang dan menumbuhkan semangat kepahlawanan wanita Aceh itu.

“Tapak tilas yang dilakukan pada Sabtu (17/2) tersebut, bertujuan sebagai rasa hormat dan ta’zim anak negeri akan perjuangan dan komitmen Cut Meutia dalam melawan dan mengusir penjajah hingga beliau akhirnya gugur di medan perang,” kata Darnafis, Ketua MBC di Lhokseumawe, Senin, 19 Februari 2019, dilansir Antara.

Lanjutnya, kegiatan ziarah makam ke salah seorang pahlawan nasional yang dilakukan oleh 15 personel anggota MBC tersebut diisi dengan pembacaan doa kepada almarhumah dan juga membaca Surat Yasin, sekaligus membersihkan sekitar area makam.

“Dengan kunjungan ini, selain mengenang semangat patriotik sejati yang dimiliki oleh Cut Meutia, kami juga melakukan takziah (doa bersama untuk orang yang telah meninggal) dan juga membaca surat Yasin di pusaranya,” ujar Darnafis.

Dia menceritakan, perjalanan menuju pusara Cut Meutia yang terletak di pedalaman Aceh Utara tepatnya di Kecamatan Pirak Timu tersebut tidaklah mudah. Selain menempuh perjalanan yang panjang dari ibu kota kecamatan setempat, juga harus melewati medan yang terjal dan turunan yang curam.

Perjalanan diawali dari Matangkuli dengan mengayuh sepeda. Sesampainya di Alue Bungkoh (Ibu Kota Kecamatan Pirak Timu), berganti dengan moda transportasi roda empat modifikasi yang melewati tanjakan yang terjal dan turunan curam selama tiga jam hingga ke titi gantung.

Kemudian dilanjutkan dengan jalan setapak menyusuri sungai dan alur selama hampir dua jam dan baru sampai di pusara Cut Meutia, terangnya.


Simak video pilihan berikut ini:

Trik Memasak Nasi supaya Tidak Cepat Basi

Liputan6.com, Jakarta – Nasi tentu bukanlah kuliner asing bagi orang Indonesia. Belum makan malah katanya kalau belum menyantap sajian dengan dominan kandungan karbohidrat ini. Walau sudah sebegitu familier, masak nasi ternyata punya trik tertentu.

Ya, nasi pulen dan enak nyatanya ditunjang dengan cara memasak yang benar dan tepat. Bukan hanya dengan mencuci beras, lalu memberi air dan memasaknya hingga matang. Tapi, bagaimana cara memasak nasi agar tanak dengan hasil yang baik.

Nasi dipercaya bakal jadi lebih pulen dan tahan lama bila ditaruh di penghangat. Tapi, nasi yang ditaruk di rice cooker, biasanya akan lebih cepat kering, bahkan berubah warna jadi kuning, kemudian basi.

Supaya tetap bisa mendapatkan nasi pulen, tapi tidak cepat basi, Anda bisa menambahkan air perasan jeruk nipis pada beras yang akan di masak dalam alat pemasak nasi. Caranya, pastikan beras sudah dicuci bersih dan sudah dalam takaran air yang pas, lalu masukan perasan air jeruk nipis kira-kira 2 sdt, lalu diamkan hingga matang.

Cara ini bisa diterapkan oleh Anda yang terbiasa menaruh nasi di rice cooker maupun tidak. Lihat sendiri bagaimana rasa dan waktu ketahanan nasi berubah setelah Anda menerapkan trik sederhana ini. (Ega Maharni/Fimela.com)


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Pogba Lagi, Pogba Lagi

LondonPaul Pogba bersinar pada kemenangan Manchester United atas Chelsea. Pemain 25 tahun itu seakan menegaskan diri penting sejak MU ditangani Ole Gunnar Solskjaer.

MU memetik kemenangan 2-0 atas Chelsea dalam pertandingan yang berlangsung di Stamford Bridge, Selasa (19/2/2019) dinihari WIB, Ander Herrera dan Pogba menjadi pencetak gol MU.

Pogba pantas diberi predikat pemain terbaik dalam laga itu. Selain gol, dia juga menjadi otak gol Herrera. Umpan silang matang pemain Prancis itu memudahkan Herrera menjebol gawang Kepa Arrizabalaga.

Bagi Pogba, penampilan ini jelas menjadi penebusan. Dia menjadi pesakitan saat MU dikalahkan Paris Sain-Germain pada leg I babak 16 besar Liga Champions. Alih-alih memberi kontribusi positif, Pogba malah mendapat dua kartu kuning dalam pertandingan di Old Trafford tengah pekan ini.

Dengan tambahan gol dan assist ke gawang Chelsea, Pogba terlibat dalam 15 gol MU pada 12 pertandingan di semua ajang sejak ditangani oleh Solskjaer. Ada 9 gol dan enam assist yang berhasil dicatatkan.

“Tim membantu saya untuk mencapai penampilan terbaik. Saya mengerahkan segala kemampuan. Mereka membantu saya mencetak gol dan memberi assist. Kami menikmati bermain bersama,” kata Pogba merendah selepas pertandingan seperti dilansir dari BBC.

(cas/nds)

Manchester United Tumbangkan Chelsea di Stamford Bridge

Manchester United meraih kemenangan atas Chelsea dengan skor 2-0 di Stamford Bridge pada laga putaran kelima Piala FA. Gol kemenangan Manchester United dicetak Ander Herrera dan Paul Pogba.

Chelsea mendapat peluang emas pada menit ke-12. Pedro Rodriguez melepaskan tendangan, namun bola dapat diamankan melalui penyelamatan gemilang Sergio Romero.

Tak berapa lama, giliran Eden Hazard yang gagal memaksimalkan peluang. Bola tendangan Hazard hanya menyamping dari gawang Manchester United.

Manchester United balik menekan dan mendapat peluang melalui Ander Herrera. Tetapi, Kepa Arrizabalaga tampil hebat dalam menghalau bola.

Pada menit ke-17, Gonzalo Higuain berusaha mencatatkan namanya di papan skor. Higuain mendapat umpan matang dan memutuskan untuk menyundul bola, namun bola hasil sundulannya masih belum tepat sasaran.

Manchester United unggul pada menit ke-31. Berawal dari umpan Paul Pogba, Ander Herrera mleepaskan sundulan yang bolanya gagal dihalau kiper Chelsea.

Pada pengujung babak pertama, Manchester United menggandakan keunggulannya melalui gol yang dicetak Paul Pogba. Gol tersebut menyudahi babak pertama pertandingan dengan skor 2-0 untuk keunggulan Manchester United.

Memasuki babak kedua, Chelsea gencar untuk menyerang Manchester United. Namun, usaha yang dilakukan Pedro dan Hazard tak membuahkan hasil.

Kevin Friend sempat menghentikan laga pada menit ke-66 untuk melihat VAR. Namun, setelah melihat tayangan video, Friend memutuskan untuk tidak memberikan penalti kepada Chelsea.

Hingga laga berakhir, Chelsea gagal mencetak gol balasan. Laga berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Manchester United. Hasil itu membuat Chelsea tersingkir dari Piala FA.

Sumber: Bola.com

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 dari 2 halaman

Susunan Pemain

Chelsea (4-3-3): 1-Kepa Arrizabalaga; 28-Cesar Azpilicueta (21-Davide Zappacosta 82′), 2-Antonio Rudiger, 30-David Luiz, 3-Marcos Alonso; 7-N’Golo Kante, 5-Jorginho, 17 -Mateo Kovacic (8-Ross Barkley 71′); 11-Pedro Rodriguez (22-Willian 60′), 9-Gonzalo Higuain, 10-Eden Hazard

Manajer: Maurizio Sarri

Manchester United (4-3-1-2): 22-Sergio Romero; 18-Ashley Young, 12-Chris Smalling, 2-Victor Lindelof, 23-Luke Shaw; 21-Ander Herrera, 31- Nemanja Matic, 6-Paul Pogba; 8-Juan Mata (15-Andreas Pereira 76′); 10- Marcus Rashford (39-Scott McTominay 90′), 9-Romelu Lukaku (7-Alexis Sanchez 73′)

Manajer: Ole Gunnar Solskjaer

AP I Sudah Serap Anggaran Rp 2 Triliun untuk Bandara NYIA

Liputan6.com, Yogyakarta – Kemajuan pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) atau bandara NYIA mencapai 36 persen hingga pertengahan Februari 2019.

Project Manager Pembangunan Bandar Udara Internasional Yogyakarta, Taochid Purnomo Hadi mengatakan, sejak Oktober 2018, pihaknya mempercepat pembangunan fisik untuk mengejar April 2019 dapat beroperasi. 

“Kita produksi beton 6 ribu kubik per hari. Bisa sampai lima kilo artinya kita buat bandara NYIA hanya beberapa hari sudah jadi. Pengaspalan juga kita kejar progresnya sehari sekitar hampir dua ton perhari,” kata dia saat media visit di Hotel Ambarukmo, seperti ditulis Senin (18/2/2019).

Taochid mengatakan, anggaran pembangunan Bandara NYIA sudah terserap Rp 2 triliun hingga Februari 2019 dari total Rp 6,1 triliun. Jumlah ini di luar pengadaan tanah yang dikeluarkan sebelum pembangunan bandara. 

“Kalau Rp 152 miliar satu minggu kita kasih PP untuk dihabiskan kalau tidak habis maka progresnya melambat. Makanya, yang kita siapkan mengejar target April harus memindahkan Internationalnya ke NYIA,” kata dia.

Saat ini, menurut Taochid, pembangunan bandara NYIA terus membaik. Persiapan kebutuhan  saat bandara dioperasionalkan sudah dilakukan mulai dari pembangunan kantor dan tower bandara seluas 1 ha.

“Tower target April selesai tapi belum beroperasi karena materialnya import semua. Kita modular tower disiapkan di bandung awal maret akan dimobilisasi kesini tinggi 9 meter dengan peralatan yang diperlukan Airnav sudah siap di Maret,” kata dia.

Kebutuhan air, listrik dan telepon sudah disiapkan sesuai dengan MOU dengan Pemkab Kulon Progo. Termasuk wifi di lokasi bandara untuk memenuhi semua kebutuhan. 

“Wifi Maret harus sudah siap. Maret akan diuji apakah bisa atau tidak,” kata dia. 

Lokasi yang dekat dengan pantai selatan pihaknya juga memikirkan potensi bencana alam seperti gempa dan tsunami. Bangunan yang tahan gempa dan tsunami setinggi 15 meter sudah disiapkan dengan fasilitas air dan genset. 

“Barrier di luar dari pemda Kulon Progo buat vegetasi tertentu yaitu cemara udang tadi. Sisi airport sudah kami siapkan insyaalla tahan akan gempa,” kata dia.

Sementara itu, Agus Pandu Purnama, Juru Bicara Proyek Pembangunan Bandara NYIA mengatakan, pihaknya sudah  melakukan focus group discussion (FGD) dari berbagai elemen termasuk para ahli dari Jepang soal mitigasi bencana. Sehingga bangunan dan penanganan bencana sudah dibuat secara matang.  

“Kami ada juga lantai untuk evakuasi elevasi sekitar 15  meter. Masyarakat juga bisa akses ke bandara. Apakah kuat, terminal kita upayakan 8,8 SR itu menurut ahli bangunan sudah dicontohkan sekuat itu,” kata dia.

Ia mengatakan, kebutuhan air di bandara akan menggunakan air lokal. Harapannya pendapatan asli daerah (PAD) Kulon Progo naik.

“Tanggal 14-15 akan diverifikasi apakah layak atau tidak bandara ini,” ujar dia.


2 dari 2 halaman

Yogyakarta Jadi Tujuan Utama Wisata

Bandara NYIA menurut Pandu akan  mengurangi beban dari Bandara Adi Sutjipto pada  April 2019 ini. Sebab saat ini bandara Adi Sutjipto Yogyakarta sudah full kapasitas yaitu 8,4 juta penumpang dengan 188 penerbangan.

“Kami selalu berkeinginan international harus share dengan bandara baru,” katanya.

Selain itu ada keinginan penerbangan internasional pada April 2019. Sementara existing ada 6 maskapai yaitu Air Asia, Silk Air tujuan Singapura dan Kuala Lumpur akan dipindahkan ke Bandara NYIA April 2019.

“Ke depan akan membuka rute karena slot kami banyak di NYIA. Kalo optimum bisa sampai 300  flight per hari,” ujar dia.

Menurut Pandu, semua penerbangan Internasional dapat dipindahkan dari Adi Sutjipto pada Oktober nanti berkaitan dengan musim winter ke summer. Secara prinsip NYIA sudah siap direct flight bahkan dari Eropa. 

“Ada middle east dari Qatar, Turkish, Emitares juga Jepang Korea dan  Australia,” katanya.

Pandu mengatakan, pada tiga minggu lalu perwakilan dari Australia bertemu dengan pihak AP I. Hasilnya penerbangan ke Yogyakarta akan jadi penerbangan utama atau destinasi utama nantinya. 

“Karena bali overload. Dari survey Australia, Jogja jadi destinasi utama mereka. Bahkan ada penerbangan antar kota Brisbane  Jogja nantinya,” ujarnya. 

Saat operasional pada April 2019, operasional bandara sementara dimulai dari jam 6 pagi hingga jam 6 sore. Harapannya ada UMKM yang dikoordinir Dinas Koperasi memunculkan potensi lokal Yogyakarta khususnya.Kulon Progo.  “Baru ada 5 UMKM yang siap ini,” ujar dia.


Saksikan video di bawah ini: