Inspirator Pelestarian Lingkungan, Pemkot Bitung Resmikan Monumen Alfred Russel Wallace   

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kota Bitung beserta segenap elemen masyarakat pencinta lingkungan, menyelenggarakan kegiatan perayaan 100th Natuurmonument Goenoeng Tangkoko Batoeangoes pada tanggal 20 – 21 Februari 2019, bertempat di lapangan Singkanaung – Kampung wisata Batuputih. Kegiatan perayaan dikemas dalam berbagai kegiatan tontonan yang penuh tuntunan yang terdiri dari Workshop masyarakat & Komunitas, Talkshow, Pameran dan Konser Musik Alam.

Kegiatan talkshow akan menampilkan narasumber ahli diantaranya : Harry Hisler – UK; Dou Van Hoang – Vietnam ; Khouni Lomban Rawung dan Rahmi Handayani yang akan mengupas terkait pendekatan kampanye dan pelestarian lingkungan hidup melalui berbagai perspektif yang berbeda.

Kegiatan pameran akan melibatkan 24 komunitas lingkungan dan pariwisata yang bersama sama akan melandasi pengembangan kampung wisata Batuputih sebagai kampung wisata berbasis konservasi. Musisi Nugie dan Tanita bersama The early bird, lamp of bottle, jarank pulang dan 4play akan menyajikan konser alam yang mengajak seluruh pengunjung menghargai dan merawat alam melalui alunan musik.

Sebagai puncak kegiatan, akan diresmikan monumen Alfred Russel Wallace sebagai sosok inspirator dalam gerakan pemuliaan lingkungan bertempat di dalam Taman Wisata Alam Batuputih dan Batuangus. Monumen ini juga sekaligus menjadi simbol keunikan satwa endemik di Sulawesi serta menjadi peringatan bahwa mengkonsumsi satwa liar asli secara berlebihan bisa berujung pada kepunahan. Pada acara ini akan dihadir bapak Paul Smith OBE, Country Director British Councill Indonesia sebagai perwakilan negara sahabat.

Kota Bitung merasa bangga karena sejak kunjungan Wallace hingga hari ini, Batuputih mampu menarik para ilmuwan dan pelajar dari seluruh belahan dunia untukmempelajari keunikan dan kekayaan serta keanekaragaman hayati Sulawesi Utara di Tangkoko. Kehadiran monumen ini diharapkan dapat melindungi dan menghormati warisan alam kita sampai ke generasi yang akan datang.

Walikota Bitung, Max Lomban menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melanjutkan keteladanan para pendahulu dalam menjaga dan melestarikan lingkungan, namun juga turut mendorong percepatan pembangunan pariwisata di kawasan Batuputih. Akan turut diluncurkan paket wisata “Jelajah Tangkoko” sebagai paket unggulan bagi para wisatawan untuk dapat menjelajahi keunikan alam dan budaya di kawasan Tangkoko.

Hutan Tangkoko-Batuangus

Hutan Tangkoko-Batuangus, merupakan salah satu hutan konservasi tertua di Indonesia yang ditetapkan melalui surat keputusan Gubernur Jendral Hindia Belanda pada tahun 21 Februari 1919. Pada tanggal 24 Desember 1981, kementrian pertanian Republik Indonesia merubah status Cagar Alam Gunung Tangkoko Batuangus seluas 1.250 Ha menjadi Taman Wisata Alam Batuputih (615 Ha) dan TWA Batuangus (635 Ha).

Sesuai dengan penetapan awalnya, tujuan pengelolaan kawasan ini adalah untuk perlindungan dan pelestarian satwa endemik, dan kegiatan wisata. Dalam perkembangannya, cagar alam Gunung Tangkoko-Batuangus mengalami perubahan berdasarkan SK Mentri Kehutanan RI No SK/1826/Menhut-VIII/KUH/2014 tentang penetapan kawasan hutan pada kelompok hutan Dua saudara seluas 8.5045.07 Ha. Kawasan ini terdiri dari Cagar Alam Dua Saudara (7.247,46 Ha) TWA Batu putih (649 ha), TWA Batuangus ( 648.57 Ha)

Terlepas dari penamaan yang berganti, dunia tetap mengenal kawasan TANGKOKO sebagai salah satu laboratorium hidup dengan tempat keragaman ekologi yang menawan. Adalah Alfred Russel Wallace, seorang naturalis berkebangsaan Inggris yang memulai perjalanan dan pengamatannya dengan meneliti fauna di kepulauan Indonesia bagian timur. Hasil pengamatannya dituliskan dalam sebuah buku bertajuk “THE MALAY ARCHIPILAGO”. Sebuah buku yang menginspirasi jutaan generasi setelahnya tentang kekayaan biogeografi untuk sekelompok pulau yang dipisahkan oleh selat yang dalam yang memisahkan lempeng ASIA dan AUSTRALIA”.

Sepak Terjang Alfred Russel Wallace

Alfred Russel Wallace dikenal sebagai penemu teori evolusi melalui seleksi alam dan membuat tulisan bersama Charles Darwin yang membahas subjek tersebut. Beliau dianggap sebagai “Bapak dari Biogeografi”- sebuah studi mengenai distribusi secara geografi dari flora dan fauna.

Alfred Russel Wallace yang lahir pada 8 Januari 1823 dan meninggal pada 7 November 1913) adalah seorang naturalis, ahli biologi, penjelajah, geografer dan antropolog dari Britania Raya. Ia paling dikenal akan pemahamannya tentang teori evolusi melalui seleksi alam. Tulisannya yang membahas tentang subjek tersebut diterbitkan bersamaan dengan beberapa tulisan Charles Darwin pada tahun 1858. Hal ini mendorong Darwin untuk mempublikasikan gagasannya sendiri dalam bukunya yang berjudul “Origin of Species”(Asal Usul Spesies).

Wallace banyak melakukan penelitian lapangan, pertama-tama di lembah Sungai Amazon dan kemudian di Kepulauan Melayu (Nusantara),termasuk Celebes (Sulawesi). Observasinya yang tajam menyoroti keunikan dari biogeografi Sulawesi.

Di Indonesia, Wallace mengidentifikasi pembagian flora dan fauna yang sekarang dikenal dengan istilah Garis Wallace. Garis tak kasat mata ini melintang melewati di antara Bali dan Lombok ke arah utara di antara Borneo dan Sulawesi. Garis Wallace membagi kepulauan Indonesia menjadi dua bagian flora dan fauna yang berbeda, bagian barat terdiri dari fauna yang berasal dari Asia (primata, macan, harimau, gajah, badak, dsb) dan bagian timur terdiri dari fauna asal Australia (kakaktua, perkici, cendrawasih, marsupial, dsb).

Garis Wallace dan batasan biogeografi antara Papua dan Maluku kini didefinisikan sebagai area ekologis yang dikenal sebagai Wallacea. Wallacea dideskripsikan sebagai zona dengan persilangan flora dan fauna yang unik antara Asia dan Australia. Zona ini terdiri dari Sulawesi dan Kepulauan Maluku bagian utara, dan Kepulauan Nusa Tenggara bagian selatan.

Sekarang ini, zona tersebut dianggap sebagai salah satu dari titik dengan keanekaragaman hayati yang terkaya di dunia, dimana spesies baru yang bahkan belum pernah ditemukan oleh peneliti sebelumnya masih bermunculan sampai hari ini. Dalam sejarah taksonomi, penamaan spesies hewan berdasarkan nama Wallace jumlahnya lebih banyak jika dibandingkan dengan nama-nama yang lain.

Wallace melakukan perjalanan ke wilayah Minahasa dari bulan Juni sampai September 1859. Ia mengunjungi Batu putih selama seminggu pada pertengahan September tahun 1859 untuk mencari spesimen Maleo – burung endemik Sulawesi – sebagai bahan koleksi di museum sejarah alam di Inggris. Populasi Maleo di Batuputih sekarang sudah punah karena telur-telur mereka diambil oleh masyarakat untuk dikonsumsisecara berlebihan. Namun sampai saat ini sebagian masyarakat masih mengingat tempat bersarang Maleo yang terletak di sepanjang garis pantai ini di masa lampau.

Wallace mencatat bahwa masyarakat setempat biasanya berjalan sejauh 50 km untuk mengumpulkan telur Maleo di Batuputih, sebuah desa nelayan yang didirikan oleh warga keturunan Kepulauan Sangihe-Talaud. Burung Maleo, termasuk sarang dan telur mereka, kini sudah dilindungi hukum Republik Indonesia.

35 tahun setelah kunjungan Wallace, seorang Belanda ahli botani Dr. Sijfert Koorders melakukan survei di hutan Minahasa secara ekstensif pada tahun 1894-1895,tetapi ia sendiri tidak sempat mejelajahi Tangoko. Beliau sudah mempelajari publikasi dari Wallace dan mereka berdua surat-menyurat menggenai beberapa hal. Koorders juga sempat memberi nama sekelompok pohon di Sulawesi Wallaceodendron, sebagai tanda untuk menghormati Wallace. Dr. Koorders menjabat sebaga iketua Perkumpulan Perlindungan Alam Hindia Belanda (Nederlandsch-Indische Vereeniging tot Natuurbescherming), yang mengusulkan beberapa kawasan konservasidi Jawa, Sumatera, Sulawesi, Maluku dan Papua. Meskipun Koorders tidak pernah survei hutannya sendiri, “Goenung Tongkoko-Batoeangoes” di resmikan oleh pemerintah Hindia Belanda sebagai cagar alam pada 1919 karena memiliki “nilai ilmiah” berdasarkan flora dan fauna (Anoa, Babirusa dan Maleo).

Wallace sangat terpukau dengan Sulawesi karena keunikan formasi geologinya yang terbagi atas dua kawasan ekologi. Berdasarkan penelitiannya terhadap burung, serangga, mamalia, tumbuhan dan biota lainnya, ia bisa menjelaskan secara detail mengenai apa yang disebutnya sebagai “anomali dan eksentriknya sejarah alam di Sulawesi” Kata beliau, Sulawesi merupakan “..pulau yang kaya akan makhluk yang khas, banyak keistimewaan dan keindahan… sejumlah fauna disini begitu luar biasa dan tidak ada duanya di belahan dunia yang lain”

Sulawesi adalah satu-satunya wilayah di Asia yang mempunyai baik primata (seperti ragam spesies tarsius dan macaca) dan marsupial (seperti ragam spesies kuse kerdil dan kuskus beruang). Kita bisa melihat apa yang menjadi inspirasi di balik konsep biogeografi Wallace dan evolusi dari seleksi alam: “Maka dari itu, Sulawesi menunjukkan kepada kita bukti nyata mengenai pentingnya kita mempelajari distribusi geografis fauna.”


(*)

Sempat Tergelincir, Petugas Bandara Supadio Evakuasi Pesawat Lion Air

Liputan6.com, Jakarta – Pesawat Lion Air rute Jakarta-Pontianak dengan nomor penerbangan JT-714 tergelincir di Bandara Supadio Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (16/2/2019), pukul 15.00 WIB. Saat itu kondisi cuaca di sekitar lokasi tengah diguyur hujan deras. 

Kapolda Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Didi Haryono membenarkan kejadian pesawat Lion Air tergelincir.

“Seluruh penumpang dan crew selamat sudah dievakuasi,” kata Didi.

Sementara itu, menurut Syamhudi, penumpang yang baru saja tiba di Bandara Supadio menuturkan, situasi di bandara relatif normal. 

“Saya tiba di bandara aktivitasnya normal saja tadi,” ujar Syamhudi yang mengaku baru saja pulang dari Jakarta.

Sedangkan menurut saksi mata yang enggan namanya disebut menyebutkan Bandara Supadio sempat ditutup sementara saat insiden Lion Air tergelincir sampai menunggu pesawat di tarik.

Close sampai nunggu pesawat di tarik, soalnya ban terbenam,” ungkapnya.  

2 dari 3 halaman

180 Penumpang Lion Air Selamat

Sementara Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro membenarkan, pesawat Lion Air tersebut keluar landas pacu (over run) sesaat setelah mendarat di Pontianak.

“Saat situasi ini terjadi, jarak pandang dilaporkan memenuhi persyaratan pendaratan dan kondisi hujan. Penerbangan Lion Air JT-714 hari ini dipersiapkan secara baik,” kata Danang saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Sabtu (16/2/2019).

Menurut dia, pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LPS sebelum dioperasikan sudah melalui pengecekan lebih awal. Petugas menyatakan pesawat itu laik terbang.

Pesawat Lion Air yang membawa tujuh kru dengan 180 penumpang dewasa dan dua bayi itu landas dari Soekarno-Hatta pukul 13.50 WIB.

“Seluruh penumpang dan kru sudah dievakuasi dengan keadaan selamat. Saat ini sudah berada di ruang terminal bandar udara untuk mendapatkan layanan terbaik,” ucap Danang.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Tewaskan 5 Orang, Pelaku Penembakan di Illinois Baru Saja Dipecat

Illinois – Pelaku yang menewaskan lima orang dalam penembakan di kawasan industri Illinois, Amerika Serikat (AS) ternyata baru saja dipecat dari pekerjaannya. Penembakan itu dilakukan di kantor tempatnya bekerja dan para korban merupakan rekan kerjanya sendiri.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (16/2/2019), penembakan brutal itu terjadi di kompleks perusahaan bernama Henry Pratt Company yang ada di wilayah Aurora, sekitar 65 kilometer sebelah barat kota Chicago, Illinois, pada Jumat (15/2) waktu setempat.

Henry Pratt Company merupakan sebuah perusahaan manufaktur yang membuat katup untuk pipa air berukuran besar. Perusahaan ini memiliki sekitar 200 pegawai dan memiliki kantor seluas 2.600 meter persegi di distrik kelas pekerja di Aurora, kota terbesar kedua di negara bagian Illinois.

Dituturkan Kepala Kepolisian Aurora, Kristen Ziman, bahwa pelaku yang diidentifikasi bernama Gary Martin (45) itu diketahui bekerja di Henry Pratt Company selama 15 tahun sebelum penembakan terjadi. Martin ditembak mati polisi usai melepas tembakan brutal di dalam kompleks kantornya sendiri.
Dalam konferensi pers, Ziman menyatakan masih belum diketahui secara jelas apakah pelaku, yang bersenjatakan pistol tangan Smith & Wesson itu membawa senjata api saat dia dipecat atau dia ‘pergi untuk mengambil senjata’ sebelum melakukan aksinya.

Seorang saksi mata dan rekan kerja pelaku, menuturkan kepada CNN, bahwa dirinya melakukan pelaku berlari di dalam gedung perusahaan itu sambil membawa pistol yang dipasangi sinar laser.

Ditambahkan Ziman bahwa hingga kini, kepolisian masih belum bisa memastikan apakah penembakan ini telah direncanakan sebelumnya oleh pelaku.

“Informasi yang kami miliki mengindikasikan pelaku dipecat hari ini (Jumat-red),” ucap Ziman. Alasan pemecatan tidak diketahui lebih lanjut.

Penembakan yang dilakukan Martin itu menewaskan lima orang rekan kerjanya dan melukai lima personel kepolisian setempat serta satu orang lainnya. Ziman menyatakan para korban luka yang kini dirawat di rumah sakit setempat, diperkirakan akan selamat.

Kepolisian setempat masih menyelidiki hubungan antara pelaku dengan para korbannya, yang semuanya berjenis kelamin laki-laki.

Soal catatan kejahatan pelaku, Ziman mengaku pihaknya masih melakukan pemeriksaan. Namun catatan publik menunjukkan Martin pernah dinyatakan bersalah atas kasus penyerangan di Mississippi tahun 1995 lalu. Bagi orang yang pernah terjerat pidana, biasanya dilarang memiliki senjata api.

(nvc/fdn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kabar Buruk, 2 Winger MU Absen Lawan Chelsea dan Liverpool

Liputan6.com, Manchester – Manchester United (MU) mendapat kepastian terkait cedera dua penyerang sayap Jesse Lingard dan Anthony Martial. Keduanya menghilang 2-3 pekan.

Dengan kabar ini, MU tidak bisa menurunkan mereka pada dua laga besar di depan mata melawan Chelsea (Piala FA) dan Liverpool (Liga Inggris).

“Mereka absen 2-3 pekan. Saya mencoba mencari solusi di tim junior. Namun Mason Greenwood juga tengah dirawat. Mason kurang beruntung, tapi saya yakin kesempatan baginya segera datang,” kata manjer interim Ole Gunnar Solskjaer, dilansir Manchester Evening News.

Lingard (hamstring) dan Martial (pangkal paha) terpaksa meninggalkan pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions melawan Paris-Saint Germain, Selasa (12/2/2019).

Tanpa mereka, serangan MU kehilangan greget dan Solskjaer menderita kekalahan perdana dalam 12 pertandingan.

2 dari 3 halaman

Opsi Solskjaer

Tanpa Lingard dan Martial, Solskjaer bisa berpaling ke Romelu Lukaku, Alexis Sanchez, dan Juan Mata untuk mendampingi Marcus Rashford di lini depan. Masalahnya, ketiga pemain tersebut tidak meyakinkan.

Maka, Solskjaer membuka kesempatan bagi dua pemain muda Angel Gomes dan Tahith Chong. “Mereka sudah berlatih bersama tim utama dan bisa saja diturunkan,” ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Laga Lain

Selain versus Chelsea (tandang, Piala FA, 18 Februari) dan Liverpool (kandang, Liga Inggris, 24 Februari), Lingard serta Martial juga absen pada duel kontra Crystal Palace (tandang, Liga Inggris, 27 Februari), Southampton (kandang, Liga Inggris, 2 Maret), hingga Paris Saint-Germain (tandang, Liga Champions, 6 Maret).

Jokowi Menasihati CEO Bukalapak Agar Lebih Hati-Hati di Media Sosial

Liputan6.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertemu Pendiri dan CEO Bukalapak.com, Achmad Zaky di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (16/2/2019).

Pertemuan ini digelar setelah cuitan Zaky soal bujet research & development (R&D) Indonesia sempat ramai diperbincangkan di media sosial.

Dalam pertemuan, Jokowi menasihati Zaky agar lebih berhati-hati membuat pernyataan di media sosial.

“Beliau (Jokowi) menasihati Zaky supaya lebih hati-hati walaupun beliau juga sepakat dengan substansi yang diangkat Zaky soal R&D,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Teten Masduki di Istana Kepresidenan Jakarta, Sabtu (16/2/2019).

Menurut Teten, data yang disampaikan Zaky melalui Twitternya keliru. Saat ini, besaran dana R&D Indonesia meningkat. Namun, Teten enggan menyebut besarannya.

“Sekarang (R&D) sudah besar lah. Nanti dijelaskan oleh Presiden,” ujarnya.

2 dari 2 halaman

Hentikan Kegaduhan

Teten menambahkan, Jokowi sudah memaafkan kekhilafan Zaky. Jokowi berharap, kegaduhan cuitan Zaky segera dihentikan dan masyarakat beralih mendukung pengembangan Bukalapak.com.

Mantan Ketua Dewan Penasihat Ikatan Alumni Universitas Pendidikan Indonesia ini menyebut, di mata Jokowi Zaky adalah sosok anak muda yang baik dan berprestasi. Zaky juga dianggap sebagai aset bangsa karena telah berhasil membangun Bukalapak.com.

“Jadi jangan sampai ini kemudian menjadi rusak. Karena ini juga jadi kebanggaan kita. Ini salah satu dari empat unicorn Indonesia yang kuat di Asia Tenggara. Selain Go-Jek, Traveloka, Tokopedia dan banyak UMKM yang menggunakan marketplace nya di empat unicorn ini,” kata dia.


Reporter: Titin Suprihatin

Sumber: Merdeka.com


Saksikan video pilihan berikut ini:

7 Pose Unik Anjing Mirip dengan Pemiliknya Ini Lucu Banget

Liputan6.com, Jakarta – Anjing merupakan salah satu hewan peliharaan yang dekat dengan manusia. Biasanya, anjing peliharaan sering diajak main-main atau hanya berlari kecil keliling kompleks rumah. Tak jarang juga jika seseorang sudah sangat menyukai anjing peliharaannya, ia rela untuk mengeluarkan biaya yang cukup besar demi kenyamanan sang anjing.

Namun, sebagian orang beranggapan bahwa kebersamaan dengan hewan peliharaan lama-lama memunculkan persepsi kemiripan dengan pemiliknya. Seperti yang dilakukan oleh fotografer asal Wigan, Inggris bernama Gerrard Gethings. Pria ini membuat karya foto bertema anjing yang mirip dengan pemiliknya.

Kini ia pun membuat proyek bernama ‘Do You Look Like Your Dog’. Karyanya akan dibukukan dan dijual senilai Rp 216 ribu. Nah, penasaran kan dengan karya fotografer ini? Berikut Liputan6.com rangkum 7 pose unik anjing mirip dengan pemiliknya dari akun Instagram @gezgethings, Sabtu (16/2/2019).

2 dari 8 halaman

1. Gaya rambut dan warna bibirnya terlihat serupa

3 dari 8 halaman

2. Lirikan mata yang memesona

4 dari 8 halaman

3. Pasangan antara si nenek dan si kecil

5 dari 8 halaman

4. Si putih dan si gadis manis

6 dari 8 halaman

5. Walaupun terlihat berantakan namun tetap sama

7 dari 8 halaman

6. Hembusan angin membuat si pemilik dan peliharaannya terlihat mirip

8 dari 8 halaman

7. Jenggot dan jambul di kepalanya enggak ada bedanya

Eden Hazard di Mata Giroud

Liputan6.com, London – Striker Chelsea, Olivier Giroud, memuji Eden Hazard sebagai pemain terbaik yang pernah bermain bersamanya. Menurut dia, Hazard memiliki potensi menjadi salah satu pemain terbaik di dunia jika terus tampil konsisten.

Giroud baru saja membantu Chelsea mengalahkan Malmo (2-1) pada leg pertama 32 besar Liga Europa 2018/19, Jumat (15/2) dini hari WIB. Dia mencetak gol kemenangan Chelsea di menit ke-58, meski Malmo sempat membalas satu gol ujung laga.

Gol tersebut seakan-akan menjadi pembuktian Giroud bahwa kemampuannya masih mumpuni. Sebab, sejak kedatangan Gonzalo Higuain, Giroud lebih sering mengisi bangku cadangan. Dia hanya dimainkan di laga-laga yang tak begitu penting.

Menurut Giroud, Hazard adalah pemain terbaik yang pernah satu tim dengan dia. Posisi Giroud memang sempat terancam ketika Maurizio Sarri memainkan Hazard sebagai false nine beberapa waktu lalu, tapi baginya hal itu tidak masalah.

“Pelatih membuat Hazard bermain sebagai nomor 9, yang merugikan striker. Tapi dia adalah pemain terbaik yang pernah bermain bersama saya,” tegas Giroud di Independent.

“Ada sedikit rasa menyesal dan frustrasi. Publik mengharapkan pencetak gol untuk mencetak gol. Saya adalah pencetak gol terbaik nomor empat di sepak bola Prancis, dan tak ada yang bisa mengambil itu dari saya.”

2 dari 2 halaman

Kemenangan Penting

Lebih lanjut, Giroud mengakui kemenangan Chelsea atas Malmo tersebut sangatlah penting bagi kepercayaan diri skuat Chelsea. Sebelumnya, mereka dihajar Man City dengan setengah lusin gol, skuat Chelsea harus memberikan respons.

“Rasanya bagus bisa menang, ini baik untuk kepercayaan diri kami,” sambung Giroud.

Kini, bermodalkan kemenangan tersebut, Chelsea harus berusaha memberikan permainan terbaik mereka ketika melawan Manchester United di putaran kelima FA Cup, Selasa (19/2) mendatang. Laga itu juga penting untuk menjaga momentum Chelsea jelang final Carabao Cup melawan Man City.

Sumber: bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Top 3 News: Liburan Romantis Ala Ahok dan Puput Nastiti Devi di Jeju Korea

Liputan6.com, Jakarta – Top 3 news hari ini mengungkap sejumlah momen romantis seorang Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Puput Nastiti Devi di Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang. 

Lewat akun Instagram @sanggarguna dan @basuki_btp_lovers, sejumlah foto-foto kebersamaan keduanya tersebar luas di media sosial. Tak sedikit warganet yang dibuat baper karenanya.

Belakangan diketahui, momen romantis itu dilakukan Ahok dan Puput di Pulau Jeju Korea Selatan. 

Sementara itu, sebuah granat aktif meledak di permukiman warga di Desa Ciaruteun Ilir, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis, 14 Februari 2019. Dua orang bocah meninggal dunia dalam peristiwa tersebut.

Sementara, satu orang lainnya kini tengah menjalani perawatan intensif di RSUD Leuwiliang.

Berawal dari tiga orang bocah belasan tahun yang menemukan sebuah kaleng susu di area lapangan dan membawanya pulang. Kaleng tersebut sempat dibuang orangtua dari salah satu anak, namun kembali diambil untuk dimainkan bersama kedua temannya.

Tanpa tahu jika isi kaleng tersebut berisi granat aktif, Muhammad Ibnu Mubarok (11), Muhammad Doni (11) dan Khoirul Islami (10), memukul kaleng susu tersebut menggunakan batu hingga terjadi ledakan.

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Jumat, 15 Februari 2019:

2 dari 5 halaman

1. 3 Pose Ahok Puput di Hari Valentine yang Bikin Baper Netizen

Seiring rencana pernikahan keduanya yang disebut segera digelar, Ahok dan Puput belum lama ini menunjukkan beberapa momen kemesraan di Hari Kasih Sayang, Kamis, 14 Februari kemarin. Tak terlihat lagi rasa canggung di antara kedunya.

Baik Ahok dan Puput nampak kompak dalam balutan baju serba hitam dengan latar belakang hamparan bunga kuning dan laut biru di kejauhan.

Dalam foto yang diposting oleh @sanggarguna di akun Instagramnya, terlihat Ahok merangkul pinggang Puput dengan erat sambil duduk dengan latar pemandangan alam yang indah.

Selain disuguhkan dengan panorama alam, hamparan bunga kuning dan lautan lepas di belakang semakin menambah keromantisan yang terjalin antara Ahok dan mantan ajudan Veronica Tan ini.


Selengkapnya…

3 dari 5 halaman

2. 5 Fakta 2 Bocah di Bogor Tewas Akibat Ledakan Granat Kaleng Susu

Sebuah granat aktif meledak di permukiman warga, tepatnya di Kampung Wangun Jaya RT 02/06, Desa Ciaruteun Ilir, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dua bocah tewas dalam kejadian tersebut.

Cerita berawal saat tiga orang bocah tengah asyik bermain di sekitar lapangan tembak yang berada di kampung sebelah. Di sana mereka menemukan sebuah kaleng susu yang belakangan isinya ternyata granat aktif. 

Meski sang ibu telah membuangnya, salah satu korban kembali mengambil kaleng susu tersebut dan memainkannya. Ketiganya memukul-mukul kaleng berisi granat itu dengan menggunakan batu hingga terjadi ledakan.


Selengkapnya…

4 dari 5 halaman

3. Profil Achmad Zaky, Pendiri Bukalapak yang Sukses Berkarier di Usia Muda

From zero to hero mungkin predikat ini sangat pas disematkan untuk sosok Achmad Zaky, sebagai pendiri salah satu startup terbesar di Indonesia, yaitu Bukalapak. 

Sebenarnya apa alasan predikat tersebut pantas untuk disematkan pada pria kelahiran Sragen, Jawa Tengah, 32 tahun lalu ini?

Ketertarikan Achmad Zaky dengan dunia teknologi rupanya sudah tumbuh sejak dirinya menggeluti buku-buku pemrogaman yang dibelikan oleh pamannya, yaitu pada tahun 1997 silam.

Karena ketekunannya itu, saat menduduki bangku sekolah menengah atas di sebuah sekolah di Solo, Zaky berhasil meraih juara Olimpiade Sains Nasional (OSN) di bidang komputer.

Kesuksesan akademisnya itu tidak Zaky raih semata-mata hanya dengan belajar. Semasa kuliah, pria berkaca mata ini berkontribusi dalam menggagas ShARE Global Student Think-Tank bersama teman-temannya.


Selengkapnya… 

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Sejumlah Orang Terluka Akibat Penembakan di Illinois AS, Pelaku Ditangkap

Jakarta – Seorang pria bersenjata melepaskan tembakan di kawasan industri di pinggiran Chicago, Amerika Serikat pada hari Jumat waktu setempat. Insiden itu menyebabkan polisi dan masyarakat terluka.

Dilansir dari AFP, Sabtu (16/2/2019), saksi mata mengatakan kepada media setempat bahwa mereka mengunci diri di gedung-gedung terdekat ketika seorang pria berusia sekitar 30 atau 40-an memasuki kompleks manufaktur di Aurora, Illinios.

Polisi dengan perisai huru-hara mendatangi kawasan itu. Polisi berhasil menangkap pelaku penyerangan tersebut.

John Probst, yang berada di dalam gedung ketika penembakan itu dimulai tetapi dapat melarikan diri, mengatakan kepada afiliasi TV ABC setempat bahwa ia mengenali pria bersenjata itu sebagai rekan kerja.

“Apa yang kulihat adalah pria yang berlari di gang dengan pistol dengan laser di atasnya,” kata John Probst.

“Kami hanya takut,” sambungnya.

Sementara itu, surat kabar lokal Daily Herald, seperti dilansir AFP, melaporkan di situsnya bahwa empat petugas polisi dan banyak warga sipil telah terluka. Para korban langsung dibawa ke rumah sakit.

“Ada laporan yang belum dikonfirmasi bahwa setidaknya satu warga sipil tewas. Beberapa korban dilarikan ke Rumah Sakit Good Samaritan Advokat di Downers Grove,” katanya.
(knv/aud)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Chelsea Manatap Jadwal Padat Juga Berat

LondonChelsea akan menjalani jadwal padat sekaligus berat. The Blues harus menghadapi tiga tim raksasa dari empat laga hanya dalam 10 hari.

Chelsea sedang tampil naik turun. Sempat terlihat sebagai calon peraih gelar juara Premier League dengan catatan 12 laga pertama tanpa kekalahan, performa The Blues mulai menurun.

Si Biru sudah kalah enam kali di liga dan kini terlempar ke peringkat keenam klasemen sementara dengan 50 poin. Kekalahan besar juga ditelan saat melawan Bournemouth (0-4) dan Manchester City (0-6).

Cobaan buat skuat asuhan Maurizio Sarri masih akan berlanjut melihat jadwal berat di depan mata. Mereka akan meghadapi empat pertandingan penting dari empat kompetisi berbeda hanya dalam 10 hari.

Si Biru akan menghadapi MU pada babak kelima Piala FA, Selasa (19/2/2019) dini hari WIB. Tiga hari kemudian mereka harus melawan Malmo pada leg kedua 32 besar Liga Europa.

Selang dua hari, Si Biru akan menjalani laga krusial melawan City di final Piala Liga Inggris, Minggu (24/2/2019) malam WIB, hingga akhirnya diuji Tottenham Hotspur pada laga Liga Inggris tengah pekan, Kamis (28/2/2019) dini hari WIB.

Asisten manajer Chelsea, Gianfranco Zola, mengungkapkan kondisi ini. Ia tahu timnya berada dalam salah satu momen terpenting sejauh musim ini.

“Kami sadar ini adalah momen krusial. Ini sangat menantang. Saya pikir kuncinya adalah menghadapi tiap ujian hanya dengan memikirkan ujian yang bersangkutan,” kata Zola kepada Sky Sports.

“Yang pertama adalah United dan kami menghadapi laga ini setelah tampil bagus di Liga Europa. Ini tantangan bagus, sesuatu yang kami butuhkan saat ini,” tambah dia.

“Tak ada yang senang ketika Anda kalah dengan cara yang kami rasakan belakangan ini. Para pemain, pelatih, semuanya mengerti ini adalah momen untuk mengubah hasil.”

“Kami kerap bermain sangat bagus kemudian menjadi buruk dan ini sesuatu yang tak disukai. Kami tahu harus bisa konsisten. Penting bagi semuanya mengerti akan situasi ini dan mulai bekerja,” kata Zola.

(cas/cas)