Ini Tanggapan Jusuf Kalla soal Rencana Penutupan Taman Nasional Komodo

Liputan6.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK menanggapi rencana Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat menutup Taman Nasional Komodo selama satu tahun untuk wisatawan. JK mengaku paham akan wacana tersebut. Terlebih penutupan ini dengan pertimbangan untuk membudidayakan rusa.

“Kalau saya lihat alasan Gubernur Viktor itu untuk memperbanyak, mengembangbiakkan rusa,” ujar Jusuf Kalla di kantornya, Jakarta, Selasa 22 Januari 2019.

Meski tak secara langsung menyampaikan penolakan, Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) ini mengingatkan, penutupan Taman Nasional Komodo bukan satu-satunya solusi budi daya rusa.

“Jangan lupa, dikunjungi dan tidak dikunjungi (rusa) perlu makan. Jadi memang bisa saja, ini benar perlu makan rusa, kambing itu. Pertanyaannya, apa perlu dikembangbiakkan di situ atau dibawa ke tempat lain dulu baru ke situ?” ujar JK.

Sebelumnya, Viktor mengungkapkan rencananya menutup sementara Taman Nasional Komodo guna meningkatkan jumlah populasi rusa yang menjadi makanan utama komodo. Selain itu, pemerintah provinsi akan menata Taman Nasional tersebut supaya habitat komodo menjadi lebih berkembang.

2 dari 3 halaman

Kekhawatiran Viktor

Viktor mengkhawatirkan, rendahnya perhatian terhadap budi daya rusa mengakibatkan komodo saling memangsa. Apalagi, saat ini perburuan liar terhadap rusa di area taman tersebut semakin marak.

“Namanya taman itu harus indah dan biar habitat komodo di sana, bisa nyaman dan kita bisa lakukan rekayasa genetik untuk komodo kembalikan habitatnya, jangan makin lama makin kecil tapi dia makin membesar,” kata Viktor, Senin 21 Januari 2019.

Menurut mantan Ketua Fraksi Nasdem DPR itu, wisatawan masih diperbolehkan mengunjungi pulau-pulau yang ada di sekitar Labuan Bajo. Namun, tidak diizinkan untuk masuk ke Pulau Komodo.

“Boleh masuk tapi tidak boleh turun khusus untuk Pulau Komodo. Putar aja silakan putar dengan kapal kan bisa di Padar, masih bisa turun di Padar, di Rinca tapi kalau khusus untuk Pulau Komodonya kita tutup,” ujar Viktor.


Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Tottenham Hotspur Tanpa Dele Alli Selama 2 Bulan

London – Tottenham Hotspur dipastikan kehilangan Dele Alli hingga awal Maret 2019. Gelandang timnas Inggris itu tak bisa membela The Lilywhite akibat cedera hamstring. 

Dele Alli mengalami cedera tersebut ketika Spurs menang 2-1 atas Fulham, pada laga pekan ke-23 Premier League di Craven Cottage, Minggu (20/1/2019).

Bermain sejak menit awal, pemain 22 tahun itu terpaksa ditarik keluar lapangan pada menit ke-86. Alli yang menyumbangkan satu gol dalam pertandingan tersebut digantikan oleh Georges-Kevin N’Koudou.

Setelah menjalani pemeriksaan, Dele Alli diketahui mengalami cedera hamstring. Dia pun membutuhkan waktu hingga dua bulan ke depan untuk memulihkan kondisinya. 

“Setelah pemindaian dan penilaian klinis, kami dapat mengonfirmasi jika Dele Alli mengalami cedera hamstring. Cedera itu memaksa gelandang timnas Inggris untuk diganti ketika meraih kemenangan 2-1 atas Fulham, Minggu (20/1/2019),” bunyi pernyataan resmi Tottenham Hotspur.

“Dele sekarang akan menjalani masa rehabilitasi dengan staf medis kami dengan harapan kembali menjalani latihan pada awal Maret.”

Situasi ini pun menambah panjang daftar pemain Tottenham Hotspur yang dibekap cedera. Harry Kane telah lebih dulu masuk ke ruang perawatan akibat cedera ligamen pada 14 Januari 2019.

Sama seperti Dele Alli, Harry Kane juga baru akan kembali berlatih pada awal Maret tahun ini. Selain Kane dan Alli, masih ada tiga pilar penting Spurs yang juga mengalami cedera, yakni Victor Wanyama (cedera lutut), Moussa Sissoko (cedera pangkal paha), dan Lucas Moura (cedera lutut).

Bukan hanya itu, Tottenham Hotspur juga tak diperkuat Son Heung-min. Pasalnya, winger 26 tahun tersebut saat ini tengah membela timnas Korea Selatan di Piala Asia 2019.

Sumber: Tottenham Hotspur, Transfermarkt/Bola.com

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini:

Protes BBM di Zimbabwe, Warga Antre Berjam-jam di SPBU

HarareWarga Zimbabwe
Warga Zimbabwe mengantre untuk membeli gas dan BBM, tetapi belum tentu dapat. (Reuters)

Antrean panjang di berbagai stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di ibu kotaZimbabwe,Harare, masih terjadi menyusul keputusan pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) lebih dari dua kali lipat awal bulan ini.

Mereka terpaksa mengantre berjam-jam, bahkan ada yang harus bermalam, untuk membeli BBM, namun persediaan belum tentu ada.

Itulah pandangan mata yang disaksikan oleh Kepala Kanselerai KBRI dan Pelaksana Fungsi Ekonomi KBRI di Harare, Hutomo Bayu Listyaghi.

“Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk mengantre tiga sampai empat jam. Pada waktu puncaknya kemarin di beberapa titik, antreannya bisa mencapai 10 kilometer. Tapi kebanyakan perlu tiga sampai empat jam untuk mengantre,” paparnya kepada wartawan BBC News Indonesia, Rohmatin Bonasir, Selasa (22/02).

Meskipun telah mengantre selama berjama-jam, warga belum tentu bisa mendapatkan bahan bakar minyak.

“Beberapa mobil sampai ada yang menginap satu hari, dua hari untuk menunggu truk bensin atau diesel datang ke pom bensin. Kalau sudah datang, antrean bisa jalan, tapi kalau stok sudah habis lagi maka mereka akan menginap,” tambah Hutomo Bayu Listyaghi.

HargaBBM termahal di dunia

Kondisi ini terjadi setelah pemerintah Zimbabwe menaikkan harga bahan minyak lebih dari dua kali lipat pada awal bulan ini sebagai salah satu upaya untuk mengatasi kelangkaan BBM di negara yang terletak di Afrika bagian selatan.

Kelangkaan terjadi, menurut Presiden Emmerson Mnangagwa, karena peningkatan konsumsi dan karena perdagangan gelap yang “marak”.

Protes di HarareReuters Protes yang diwarnai kerusuhan pecah setelah pemerintah menaikkan harga bahan bakar di tengah kesulitan ekonomi warga.

Dengan kenaikan tersebut, harga BBM di Zimbabwe kini yang termahal di dunia, di atas Hong Kong, berdasarkan peringkat yang dikeluarkan oleh GlobalPetrolPrices.com, US$ 3.31 atau setara dengan Rp47.000 per liter.

Kenaikan harga BBM ini sangat memukul rakyat Zimbabwe yang telah terhimpit oleh krisis ekonomi selama bertahun-tahun terakhir. Kenaikan BBM ini sontak mendongkrak harga barang-barang keperluan sehari-hari, dan tentu saja ongkos transportasi.

“Kebanyakan masyarakat yang bekerja di ibu kota Harare ini tinggal di daerah-daerah luar kota. Mereka mengandalkan angkutan umum yang disebut kombi di sini.

“Dampaknya harga kombi naik 100%, yang semula satu bond note, sekarang jadi dua bond note. Tentunya itu menjadi beban tersendiri bagi masyarakat,” Kepala Kanselerai KBRI dan Pelaksana Fungsi Ekonomi KBRI di Harare, Hutomo Bayu Listyaghi.

Yang dimaksud bond note adalah surat hutang pengganti mata uang yang diterbitkan pihak berwenang Zimbabwe setelah nilai mata uang negara terus merosot ke titik yang tidak berharga di pasar keuangan. Satu bank note dipatok setara dengan US$1.

Sekolah tutup

Dengan digunakannya surat hutang sejak 2009-2010 sebagai pengganti mata uang maka rakyat Zimbabwe sekarang tidak perlu membawa uang kertas sampai bertas-tas untuk membeli barang-barang kebutuhan.

Keputusan pemerintah menaikkan harga BBM pekan lalu menyulut aksi protes yang diwarnai kekerasan di Harare dan beberapa kota lain, seperti kota terbesar kedua, Bulawayo.

NasabahReuters Nasabah juga harus mengantre untuk menarik uang dari bank.

Presiden Emmerson Mnangagwa mempersingkat lawatannya ke Eropa dan tiba kembali di Harare pada Senin malam (21/01). Semula ia dijadwalkan menghadiri pertemuan ekonomi di Davos untuk menarik investasi ke Zimbabwe.

Kelompok-kelompok HAM mengatakan setidaknya 12 orang terbunuh dalam aksi unjuk rasa selama satu minggu. Aparat keamanan dituduh bertindak sewenang-wenang ketika berusaha menghentikan gelombang unjuk rasa. Presiden Emmerson Mnangagwa berjanji segala penyimpangan akan diusut.

Gelombang protes yang dipicu oleh kenaikan harga BMM, kata Adi, seorang warga Indonesia yang tinggal di Bulawayo, sempat mengganggu aktivitas warga di kota terbesar kedua Zimbabwe itu.

Dikatakan oleh Adi, putranya baru masuk sekolah lagi Senin kemarin, setelah sekolah tutup.

“Minggu lalu shut down tapi anak saya mencoba masuk sekolah Kamis. Ternyata yang datang hanya sekitar 25%, kebanyakan bule karena membawa mobil atau diantar mobil, yang biasa pakai angkot tidak hadir karena tidak ada angkot. Akhirnya sekolah memutuskan agar Jumat esoknya diliburkan saja,” jelasnya.

Selain sekolah, bank dan kantor-kantor juga memilih tutup. Mulai Senin kemarin (21/01) kondisi mulai pulih, walaupun aparat keamanan masih berjaga-jaga.

“Kita masih melihat polisi, tentara masih berjaga di beberapa titik seperti di pom bensin, swalayan atau di depan gedung-gedung pemerintah. Tapi kami melihat kehadiran tentara maupun polisi sepertinya justru memberikan rasa aman,” papar Kepala Kanselerai KBRI dan Pelaksana Fungsi Ekonomi KBRI di Harare, Hutomo Bayu Listyaghi.


(zak/zak) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Saksi Ungkap Pengeroyokan Sadis terhadap Haringga Sirla di Depan Hakim

Liputan6.com, Bandung – Sidang kasus pengeroyokan suporter Persija Jakarta, Haringga Sirla, yang tewas di halaman parkir Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada 23 September 2018, kembali digelar di Pengadilan Negeri Bandung, Selasa (22/1/2019).

Ketujuh terdakwa yakni Aditya Anggara (19), Dadang Supriatna (19), Goni Abdulrahman (20), Budiman (41), Aldiansyah (21), Joko Susilo (32), dan Cepi Gunawan (20). Ketujuh pelaku didakwa Pasal 338 Jo Pasal 55 ayat (1) KUHP dan dakwaan kedua Pasal 170 ayat (2) ke-3 KUHP.

Tujuh terdakwa hadir menggenakan pakaian hitam putih yang dibalut rompi merah tahanan Kejari Bandung. Keluarga dan rekan terdakwa turut hadir dalam persidangan.

Sejumlah barang bukti dihadirkan dalam persidangan. Mulai dari papan kayu satu meter dan kayu 50 centimeter. Selain itu juga ada helm hitam, jaket, dan aksesori lainnya yang digunakan saat pengeroyokan.

Sidang juga menghadirkan tujuh orang saksi. Rizal Sutisna, saksi yang berada di TKP menyebut korban Haringga sudah tak bernyawa.

“Dari tubuh korban, yang mengalami luka paling parah itu di bagian kepala dan bagian vital. Saya tidak tahu dia masih hidup atau tidak, tapi secara kasat mata bisa disimpulkan bahwa dia sudah meninggal,” kata Rizal.

“Waktu itu korban (Haringga) yang sudah tergeletak mengenakan celana jeans, di mana celana itu melorot. Kayu tersebut masuk di sana,” imbuh dia.

Rizal saat itu merupakan aparat yang berjaga di Gerbang Biru Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Waktu kejadian, ia mengaku situasi Gerbang Biru tidak kondusif. Banyak Bobotoh, suporter Persib Bandung, yang memaksa masuk ke dalam stadion.

Salah seorang saksi yang bertugas di Polrestabes Bandung, Cecep Suhendar mengatakan, saat di TKP dirinya melihat sejumlah benda dengan bercak darah.

“Saat di TKP korban sudah tidak ada. Sudah dilarikan ke RS Sartika Asih. Di TKP sendiri banyak darah, ada batu bata, papan kayu,” ujarnya di hadapan majelis hakim M. Basir.

Setelah dari TKP, Cecep menemui korban di rumah sakit. Jasad Haringga saat itu sudah berada di ruang jenazah. “Melihat banyak luka, tubuhnya berlumuran darah. Ada kayu sepanjang 50 centimeter tertancap di tubuh korban. Darahnya paling banyak di bagian kepala,” ujarnya.

2 dari 2 halaman

Respon Terdakwa

Hakim M. Basir kemudian menanyakan kesaksian ketujuh anggota polisi tersebut pada tujuh terdakwa yang duduk di belakang saksi. Terkait kondisi Haringga, tidak ada satu pun terdakwa yang menyatakan keberatan.

Keberatan hanya diungkapkan Budiman. Menurutnya, ia memukul Haringga dengan besi. “Saya memukul pakai tangan kosong, tidak dengan besi,” kata Budiman.

Dalam dakwaan disebutkan sebelum aksi pengeroyokan itu terjadi, beberapa oknum Bobotoh melakukan sweeping terhadap korban. Saat itulah ditemukan identitas yang menandakan korban merupakan pendukung Persija Jakarta.

“Kemudian ada salah seorang Bobotoh yang berteriak mengumumkan ‘di sini ada The Jak’ setelah itu banyak Bobotoh yang menghampiri korban dan membabi buta memukul, menendang, dan menginjak-injak. Baik tangan kosong atau maupun alat berupa balok atau batu,” kata jaksa penuntut umum Melur Kimaharandika dalam surat dakwaan.

Terdakwa yang saat itu berada di sekitar tempat kejadian perkara (TKP) mendengar ada keributan. Mereka lalu datang dan ikut melakukan pengeroyokan tersebut. Masing-masing dari mereka memukul hingga menendang ke beberapa bagian tubuh korban yang saat itu sudah babak belur.

“Bahwa para terdakwa mengetahui dan menyadari jika perbuatan yang mereka lakukan dengan memukul dan melempar korban berkali-kali baik dengan tangan kosong maupun dengan menggunakan alat dapat menyebabkan korban mengalami luka-luka bahkan meninggal dunia,” kata jaksa.

Akibat perbuatannya, korban Haringga mengalami luka sangat parah. Berdasarkan hasil visum, korban mengalami luka di bagian kepala, patah tulang hidung dan leher, memar di bagian otak serta luka di bagian vital korban.

Sementara itu, kuasa hukum terdakwa Dadang Sukmawijaya mengatakan keterangan saksi baru berupa petunjuk. Sehingga masih membutuhkan keterangan saksi lain sebelum pihaknya membuatkan nota pembelaan.

“Itu merupakan bagian dari petunjuk. Tanggal 31 nanti akan menghadirkan saksi lain. Nanti petunjuk semua kita pertimbangkan bagaimana pembelaan kami untuk membela terdakwa,” ujar Dadang.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Ingin Seks Terasa Beda, Kaleng Pengharum Ruangan Malah Tersangkut di Anus

Liputan6.com, Jakarta Kasus ini menjadi pelajaran bagi Anda yang ingin mencoba benda-benda dirumah sebagai pengganti mainan seks (sex toys). Sebuah kaleng pengharum ruangan tersangkut di bokong seorang pria saat dia bercinta dengan istrinya.

Mengutip LAD Bible pada Selasa (22/1/2019), pria 40 tahun ini dilarikan ke Fransisco Morscoso Puello Hospital di Santo Domingo, Republik Dominika karena botol pengharum ruangan tersangkut ke dubur pria itu. Untuk mengeluarkan benda itu, pria ini harus menjalani operasi.

Sekitar dua jam operasi berjalan. Untungnya, tidak ada hambatan sehingga kaleng tersebut bisa lepas seperti disampaikan juru bicara rumah sakit mengatakan kepada media.

Media setempat melaporkan, sang istri mengatakan bahwa dia memasukkan kaleng pengharum ruangan ke bokong sang suami atas permintaan pasangannya itu. Hal ini mereka lakukan ketika sedang berhubungan seks.

Simak juga video menarik berikut ini:

2 dari 2 halaman

Praktek yang berbahaya

Ahli medis mengatakan bahwa memasukkan benda ke dalam tubuh demi kepuasan seksual adalah berbahaya. Praktik semacam ini bisa mempengaruhi kesehatan seseorang dan kehidupan seksualnya dalam jangka panjang. Mereka juga memperingatkan hal ini bisa menyebabkan pendarahan, kerusakan usus, atau cedera lainnya.

Seorang dokter mengatakan kepada media setempat bahwa pembicaraan semacam ini tidak lazim. Hal tersebut karena bisa menyebabkan rasa malu, serta menyebabkan sedikitnya orang yang datang dengan cedera terkait dengan alat kelamin. Terutama, ketika insiden tersebut melibatkan wanita.

Memasukkan benda-benda ke dalam bagian tubuh untuk mendapatkan kepuasan seksual sendiri merupakan kasus yang umum. Di Amerika Serikat misalnya, U.S. Consumer Product Safety Commission menyatakan bahwa di 2018, banyak orang memasukkan benda aneh ke dalam diri mereka.

Beberapa di antaranya memasukkan sikat gigi ke rektum dengan cara melompat ke tempat tidur. Sementara yang lain mengklaim bahwa mereka duduk di sofa dan tidak sengaja duduk di atas bolpoin yang masuk ke dalam rektumnya.

Selain itu, beberapa mengatakan ada kasus di mana vibrator tersangkut di rektum dan orang tersebut mencoba mengeluarkannya dengan obeng hingga rektum terkoyak.

Kurir 15 Kilo Sabu Malaysia Ditangkap Sedang Ngopi

Liputan6.com, Pekanbaru – Narkoba jenis sabu dari Malaysia tak henti-hentinya masuk ke Riau untuk dibawa ke Kota Pekanbaru. Setelah 37 kilogram sabu dan puluhan ribu ekstasi di Bengkalis, kali ini giliran petugas Polres Rokan Hilir menyita 15 kilogram sabu yang baru dijemput di sebuah pelabuhan rakyat.

Tiga orang kurir ditangkap dalam kasus ini dengan ancaman hukuman mati. Ketiganya sempat mengelabui petugas, di mana seorang kurir membawa mobil berbeda, lalu membiarkan dua rekannya di belakang memakai kendaraan lain.

“Namun petugas tidak menyerahkan hingga akhirnya pembawa sabu ditangkap saat ngopi di sebuah warung di pinggir jalan,” sebut Kapolres Rokan Hilir Ajun Komisaris Besar Sigit Adiwuryanto SIK, Selasa (22/1/2019).

Sigit menjelaskan, pengungkapan 15 kilogram sabu dari Malaysia ini diselidiki selama tiga pekan. Hal ini berdasakan informasi pengiriman sabu dari Malaysia dan dijemput tiga tersangka inisial AS (32), JM (23), dan RH (34), di Desa Sungai Paun, Kecamatan Pasir Limau Kapas, Rokan Hilir.

Kapolsek Panipahan setelah mendapat instruksi dari Sigit bekerjasama dengan Satuan Narkoba Polres. Tim dibentuk di bawah komando AKP Herman Pelani dan mengamati aktivitas di pelabuhan rakyat di desa itu.

“Sabu ini masuk ke Pelabuhan pada 18 Januari 2019 lalu,” ucap Sigit.

Tahu gerak-geriknya diintai, AS berangkat duluan agar petugas terkecoh. Benar saja, perhatian petugas mengarah ke AS dan mengejarnya di jalanan hingga mobil Avanza yang dikemudikannya dihadang petugas.

“Dia mengaku tidak membawa sabu dan itu memang tidak ada di mobilnya. Setelah diinterogasi cukup lama, barulah AS menyebut temannya RH dan JM membawa sabu pakai mobil lain,” terang Sigit.

2 dari 2 halaman

Terancam Hukuman Mati

Petugas lalu mengejar mobil Avanza merah yang diberitahukan AS. Buruan polisi akhirnya kelihatan berhenti di warung kopi untuk beristirahat. Petugas langsung menangkap dan menanyai di mana keduanya menyimpan sabu asal Malaysia itu.

Dari dalam mobil, petugas menemukan sebuah kardus yang berisi 15 bungkus teh beraksara China. Isi bungkusan itu sudah dilakban secara rapi dan terdapat serpihan berisi sabu dengan kualitas nomor satu.

“Mereka mengaku akan membawanya ke Pekanbaru, sudah ada pemesan. Penerima ini masih diusut, termasuk jaringan ketiga tersangka,” terang Sigit.

Sabu ini ditaksir berharga Rp 15 miliar dengan asumsi harga per kilonya Rp 1 miliar. Polisi juga mengklaim telah menyelamatkan 75 ribu ribu jiwa kalau seandainya sabu itu sempat beredar.

Atas perbuatannya, tiga tersangka dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) juncto Pasal 112 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

“Ancamannya dipidana mati atau pidana seumur hidup dan paling singkat penjara 6 tahun penjara,” tegas Sigit.

Hafiz / Gloria Tembus Babak Kedua Indonesia Masters 2019

Jakarta Ganda campuran tuan rumah, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, lolos ke babak kedua Indonesia Masters 2019setelah mengalahkan ganda Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing, 21-12, 13-21, 21-18, di Istora Senayan, Selasa (22/1/2019). 

Hafiz/Gloria memulai pertandingan tersebut dengan mulus. Mereka tak kesulitan memegang kendali pertandingan hingga terus memimpin, serta memenangi gim pertama dengan margin sembilan poin. 

Sayangnya, Hafiz/Gloria tak mampu menjaga konsistensi pada gim kedua. Tan/Lai balik memegang kendali pertandingan. Gim ini lepas dari genggaman pasangan Indonesia tersebut. 

Pada gim penentuan, Hafiz/Gloria tak mau melakukan kesalahan. Meskipun mendapat perlawanan sengit dari Tan/Lai, ganda tuan rumah itu akhirnya menyegel tiket babak kedua. 

Hasil positif juga ditorehkan ganda campuran Indonesia lainnya, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. Menghadapi ganda Rusia, Evgenij Dremin/Evgenia Dimova, di babak pertama, Rinov/Mentari menang dalam tiga gim 14-21, 21-11, 21-12. 

Tiket babak kedua Indonesia Masters 2019 juga masuk genggaman Rinov/Mentari. 

2 dari 2 halaman

Dua Pasangan Tersingkir

Sayangnya, langkah Praveen/Melati dan Rinov/Mentari gagal diikuti dua pasangan Indonesia lainnya. Alfian Eko Prasetya/Marsheilla Gischa Islami dan Akbar Bintang Cahyono/Winny Oktavina Kandow angkat koper. 

Alfian/Gischa takluk dari pasangan Inggris, Marcus Ellis/Lauren Smith. Mereka dipaksa bermain alot selama 56 menit sebelum menyerah dengan skor 19-21, 21-16, 10-21. 

Adapun Akbar/Winny gagal membendung unggulan keenam asal Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying. Mereka kalah secara straight set 19-21, 19-21. 

Teka-teki Lucu dan Jawabannya Ini Memang Receh Tapi Bisa Buat Hiburan Saat Jenuh

Liputan6.com, Jakarta Kamu pasti pernah merasakan momen saat berkumpul dengan teman-temanmu tapi mereka asyik dengan gadget masing-masing? Kualitas kebersamaanmu akan berkurang seiring dengan teman-temanmu yang memiliki dunia sendiri di gadgetnya.

Namun ada berbagai cara untuk memecah momen tak mengenakkan seperti ini. Salah satunya melalui teka-teki lucu. Memang melontarkan humor teka-teki lucu akan terkesan receh dan garing, namun cara ini dapat menghibur orang-orang di sekitarmu. Teka-teki lucu dan jawabannya ini juga dapat memancing perhatian mereka agar tidak terus berkutat pada gadgetnya. Banyak teka-teki lucu yang dibuat untuk menghibur dan mengasah kreativitas seseorang.

Teka-teki lucu yang receh seperti ini kadang membuat kita senyum-senyum sendiri saat membacanya. Nah kamu pasti tidak mau terlihat senyum-senyum sendiri kan? Maka dari itu kamu bisa berbagi teka-teki lucu dan jawabannya ini pada teman-temanmu saat berkumpul.

Dengan teka-teki lucu tersebut kamu bisa menghibur teman-temanmu saat berkumpul. Teman-temanmu juga mungkin punya teka-teki lucu lain sehingga kalian dapat berbagi teka-teki lucu lainnya. Dengan itu perhatian mereka pada gadget akan teralihkan dan waktu berkumpulmu akan makin berkualitas.

Berikut kumpulan teka-teki lucu dan jawabannya yang berhasil liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (22/1/2019).

2 dari 5 halaman

Hewan yang berbahaya

Kentut Ade Ray

Ade ray kalau kentut bunyinya gimana?

Brotot, brotot, brottott

Sandal Terenak

Sandal apa yang paling enak di dunia?

Sandal terasi.

Aksi Demo

Apa perbedaan aksi dengan demo?

Kalo aksi rodanya empat kalo demo rodanya tiga.

Pintu yang tak bisa dibuka

Pintu apa yang didorong nggak bakalan pernah bisa terbuka?

Pintu yang ada tulisannya geser

Belut Berbahaya

Belut apa yg paling bahaya?

belut-ang banyak ental bangklut

Kebo yang Bikin Lelah

Kebo apa yg bikin kita lelah?

kebogor jalan kaki

Payung dan Hujan

Ada 5 orang yang berjalan dibawah 1 payung kecil tapi anehnya tidak seorang pun yang kehujanan, kenapa?

Karena tidak hujan

Bebek yang muter kekiri

Bebek apa yang jalannya muter ke kiri terus?

Bebek dikunci stang

Kaki Seribu

Kaki seribu kalo belok kiri kakinya berapa?

Tetep 1000, karena belok kiri jalan terus

3 dari 5 halaman

Baju superman dan sarung kotak-kotak

Pohon Kelapa

Kenapa pohon kelapa di depan rumah harus ditebang?

Soalnya kalau dicabut berat

Burung Terbang

Mengapa burung terbang ke selatan saat musim dingin?

Karena jika harus berjalan terlalu jauh.

Rambut yang tidak pernah basah

Orang apa yang berenang tapi rambutnya tak pernah basah?

Orang botak

Tamunya didalam, pemiliknya diluar

Tamunya sudah masuk, malah yang punya diluar, apa?

Tukang becak.

Sepatu dan Jengkol

Apa bedanya sepatu sama jengkol ?

Kalo sepatu disemir, kalo jengkol disemur

Ayam yang bertelur dimanapun

Ayam apa yang bisa bertelur di gunung, di lembah, di kandang macan, pokoknya di semua sempat?

Ayam betina

Rambut Hijau

Rambut putih namanya uban, rambut merah namanya pirang, kalo rambut hijau namanya apa? Rambutan belum mateng

Baju Superman

Kenapa Superman bajunya pake huruf S?

Karena kalau pake M atau XL kegedean

Sarung dan Kotak

Apa bedanya sarung dan kotak?

Kalau sarung itu bisa kotak-kotak kalau kotak tidak bisa sarung-sarung

4 dari 5 halaman

Cara membuka pintu

Minta jeruk

Saya ada jeruk lima kamu minta minta satu, sisanya berapa?

Ya tetap lima soalnya kamu nggak dikasih

Sopir truk

Polisi melihat sopir truk di Rambu larangan tetapi tidak menangkapnya.

Kenapa? Karena sopir truk itu sedang berjalan kaki!

Adzan Maghrib

Siapa yang biasanya adzan di tv?

Saat. (ingat tulisan saat adzan maghrib untuk daerah jakarta dan sekitarnya)

Membuka Pintu

Kapankah waktu yang tepat untuk membuka pintu?

Saat pintu masih tertutup

Minyak Favorit laki-laki

Minyak, minyak apa yang disukai laki-laki?

Minyaksikan Pertandingan Sepakbola

Kayu yang Dimakan

Kayu, kayu apa yang bisa di makan?

Kayupuk

Cemilan

Cemilan itu apa?

Cebelum cepuluh, cecudah celapan

Hewan yang paling panjang

Hewan apa yang paling panjang?

Ular ngantri beras

Ayam yang Paling Besar

Ayam, ayam apa yang paling besar?

Ayam Semesta

Sepatu untuk masak

Sepatu, sepatu apa yang bisa di pakai masak?

Sepatula

Buah untuk Perang

Buah apa yang dulu di pake perang?

Jambu runcing

5 dari 5 halaman

Cara membayar taksi

Kacang panjang dan celana panjang

Apa bedanya kacang panjang dengan celana panjang?

Kalo kacang panjang dipotong namanya tetap kacang panjang sedangkan celana panjang di potong namanya jadi celana pendek.

Harimau selalu makan daging mentah

Kenapa harimau selalu makan daging mentah?

Karena harimau tidak bisa masak.

Nyamuk menghisap darah

Mengapa nyamuk menghisap darah?

Karena tidak punya uang untuk menghisap rokok.

Bayar saat naik taksi

Kenapa orang naik taksi tidak bayar uang dahulu?

Karena uang dahulu sudah tidak laku

Lampu yang mengeluarkan orang

Lampu apa yang bisa ngeluarin orang?

Lampu tetangga yang kamu pecahkan, yang punya akan keluar minta ganti rugi padamu.

Nah, itu tadi teka-teki lucu dan jawabannya. Semoga bisa dijadikan hiburan di tengah padatnya rutinitas harian.

Reporter: Anugerah Ayu Sendari

Kapitalisasi Pasar Saham BCA Tembus Rp 683 Triliun

Liputan6.com, Jakarta – Harga saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) mencatatkan level tertinggi tertinggi dalam lima tahun.

Berdasarkan data RTI, Selasa (22/1/2019), saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) naik 0,99 persen ke posisi 28.000 per saham. Saham BBCA sempat berada di level tertinggi 28.100 per saham dan terendah 28.000 per saham. Total frekuensi perdagangan saham 7.207 kali dengan nilai transaksi Rp 626,4 miliar.

Bila melihat data RTI, saham BBCA sentuh 28.100 merupakan level tertinggi dalam lima tahun yang diraih pada Selasa 22 Januari 2019. Sedangkan level terendah dalam lima tahun berada di kisaran 9.250 per saham pada 6 Desember 2013.

Adapun kenaikan harga saham BBCA pada Selasa pekan ini mendorong kapitalisasi harga sahamnya mencapai Rp 683 triliun. BCA pun mencatatkan kapitalisasi pasar saham terbesar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 22 Januari 2019.

Kemudian disusul PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) yang mencatatkan kapitalisasi pasar saham Rp 460 triliun. Lalu PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) mencetak kapitalisasi pasar saham Rp 439 triliun. Disusul PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) yang mencatatkan kapitalisasi pasar saham Rp 396 triliun.

PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) pun masuk lima besar kapitalisasi pasar terbesar di BEI. Tercatat kapitalisasi pasar saham PT Unilever Indonesia Tbk mencapai Rp 374 triliun.

Lalu kapitalisasi pasar saham PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) tercatat Rp 358 triliun. Selanjutnya PT Astra International Tbk (ASII) membukukan kapitalisasi pasar saham Rp 332 triliun. Disusul PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) yang mencetak kapitalisasi pasa rsaham Rp 171 triliun.

Lalu ada PT Gudang Garam Tbk (GGRM) yang mencatatkan kapitalisasi pasar saham Rp 159 triliun. Pada posisi 10, PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN) mecetak kapitalisasi pasar saham Rp 136 triliun.

Kapitalisasi pasar saham ini merupakan harga saham dikalikan jumlah saham yang beredar. Oleh karena itu, kapitalisasi pasar saham ini dapat berubah setiap hari.

2 dari 2 halaman

BCA Alokasikan Rp 5,2 Triliun buat Investasi Digital pada 2019

Sebelumnya, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyediakan dana sekitar Rp 5,2 triliun untuk investasi digital banking di 2019. Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk pengembangan ATM, server serta EDC agar menyamai laju pengembangan fintech di Indonesia.

“Banyak, tapi termasuk ATM, EDC, sekitar Rp 5,2 triliun tahun depan. Enggak kalah sama fintech. Untuk yang sudah ada di manintenance, pengembangan nambah EDC, ATM, server,” ujar Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmaja di JCC Senayan, Jakarta, Selasa 27 November 2018.

Jahja mengatakan, BCA juga akan melakukan transformasi aplikasi yang saat ini belum menggunakan QR (Quick Response) code. Sehingga ke depan, lebih digital dan tingkat kepatuhan terhadap penggunaan QR code meningkat.

“Kemudian transformasi dari aplikasi kita kan yang lama belum ada QR sekarang ada transformasi supaya lebih digital dan complience. Risiko itu harus diinvstasikan, dijaga supaya tetap compli dan sesuai ketentuan,” ujar dia.

Jahja menambahkan, tahun ini pihaknya sebenarnya sudah mencanangkan penggunaan QR code untuk tranfer dana. Di mana pedagang di sosial media dapat melakukan transfer sebesar Rp 100 juta per hari.

“Kita habis perkenalkan QR untuk meudahkan orang transfer dan bisa sampai Rp 100 juta per hari. Buat yang jualan IG, FB, itu gampang enggak perlu ketik nomor rekening kan takut salah, dengan QR bisa jalan,” tutur Jahja.

“Ini perlu disosialisasi saya kira, produk baru enggak boleh dalam waktu dekat bersamaan kita keluarkan. Yang penting educate customer, yang penting kesulitan kita punya melalui halo BCA bisa support bantu beri penjelasan edukasi nasabah,” kata dia.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Tim Prabowo Cek Pengakuan Ketua PA 212 Baru Tahu Masuk Struktur BPN

Jakarta – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo SubiantoSandiaga Uno akan mengecek pengakuan Ketua Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Ma’arif. Slamet mengaku baru tahu namanya masuk dalam jajaran BPN.

“Nanti akan kita komunikasikan, akan kita cek di mana missed link-nya,” ucap Juru Debat BPN Prabowo-Sandiaga, Ahmad Riza Patria, saat dihubungi wartawan, Selasa (22/1/2019).

Riza mengatakan tim BPN Prabowo-Sandiaga mungkin akan menggelar pertemuan informal dengan Slamet terkait persoalan itu. Baginya, hal itu bukanlah persoalan besar.

“Kan ada ratusan orang di sana (BPN). Misal saya merekomendasikan A, B, C. Lalu setelah masuk, saya belum memberi tahu. Itu bisa aja. Mungkin ada yang merekomendasikan nama Pak Slamet, lalu mungkin belum diberitahu. Ya itu soal teknis, akan diselesaikan baik-baik,” ujar Riza.

Slamet mengaku baru tahu masuk jajaran tim BPN itu setelah menjalani pemeriksaan di Bawaslu Surakarta karena diduga melakukan pelanggaran pemilu dalam Tablig Akbar PA 212 Solo Raya pada Minggu, 13 Januari kemarin. Perihal pelaporan Slamet ke Bawaslu itu, juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Andra Rosiade meyakini Slamet tidak bersalah.

“Kami meyakini ustaz Slamet Maarif akan lepas dari tuduhan tersebut, karena beliau datang dalam kapasitas sebagai Ketua PA 212. Acara tersebut tablig akbar 212. Tidak ada ustaz Slamet Maarif berkampanye seperti citra diri, penyampaian visi misi,” kata Andre sebelumnya.
(tsa/dhn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>