Jokowi: Posisi Pemimpin Jangan Berikan untuk yang Masih Coba-Coba

Liputan6.com, Jakarta – Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Deklarasi 10.000 Pengusaha untuk Jokowi-Amin yang digelar Kelompok Relawan KerJo (Pengusaha Pekerja Pro Jokowi). Jokowi pun menerima helm proyek sebagai simbol penerimaan deklarasi dari Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri(KADIN) Rosan Roeslani.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan bagaimana seorang pemimpin harus berpengalaman. Menurutnya, Indonesia bagaikan sebuah kapal besar yang butuh nahkoda berpengalaman.

“Saya beruntung diberikan pengalaman mulai dari bawah sebagai wali kota dua periode, kemudian naik ke jenjang tengah sebagai Gubernur di DKI Jakarta, dan juga jadi presiden yang sekarang menginjak 4,5 tahun. Pengalaman itu memberikan keuntungan kepada saya dalam mengelola, menakhodai kapal besar negara kita, Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tutur Jokowi di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Karenanya, Jokowi menegaskan bahwa dalam memilih seorang pemimpin, masyarakat sebaiknya memilih seseorang yang sudah berpengalaman.

Sebab, dibutuhkan waktu yang tidak pendek bagi seseorang untuk menyesuaikan diri dalam memegang tanggung jawab kekuasaan.

“Artinya apa, jangan diberikan yang masih coba coba, gitu loh. Setuju nggak? Itu yang saya maksud. Saya ngomong apa adanya,” ujar Jokowi.

Salah satu inisiator acara deklarasi ini adalah pemimpin Sahid Group, Hariyadi Sukamdani. Acara deklarasi ini juga dihadiri sejumlah pengusaha besar seperti Ali Markus, Anindya Novan Bakrie, Arifin Panigoro, Rosan Roeslani, Sofyan Wanandi, dan Boy Thohir.

Diumumkan Senin, Tarif Ojek Online Masih Tarik Ulur

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menargetkan ketentuan tarif ojek online (ojol) bisa keluar pekan depan.

Dia pun terus mendorong agar para pengemudi ojol bisa menerima kesepakatan tarif yang ditentukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Namun, ia mengatakan, besaran tarif itu saat ini masih didiskusikan oleh pihaknya. “Ojol pak Dirjen Darat (Budi Setiyadi) masih diskusi. Belum selesai,” ujar dia seusai rapat kerja bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Senin (18/3/2019).

Dia pun menyatakan bakal terus merangkul pihak komunitas driver ojek online yang mengancam bakal menggelar demo bilamana pemerintah belum mau memenuhi tuntutan tarif sebesar Rp 3.000 per km.

“Ya kalau orang demo ada niat. Tapi kalau diajak ngomong siapa tahu niatnya berubah,” ungkap dia.

“Kalau akhirnya Rp 3.000 (per km), ya itulah hasilnya. Tapi kita masih berusaha untuk persuasi, jangan dikomporin,” dia menambahkan.

Sebelumnya, Menhub Budi sempat menawarkan hitungan rentang tarif  ojek online antara Rp 2.400-2.800 per km. Besaran tarif itu yang disebutkannya terus coba digaungkan kepada pihak pengemudi untuk bisa diterima.

“Oleh karenanya saya mengusulkan, tidak memutuskan, in between, sekitar Rp 2.400-2.800. Ini sebagai suatu angka usulan. Tapi kita persuasi lah kepada mereka (driver ojol),” sambungnya.

Targetnya, keputusan akhir tarif ojek online ini akan segera dikeluarkan pada pekan depan. “Satu minggu lagi selesai, akhir minggu,” pungkas dia.

Aturan Ojol Sudah Terbit, Tarif Masih ‘Digantung’

Jakarta – Pemerintah lewat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akhirnya merilis aturan untuk ojek online alias ojol. Dengan begitu, ojol punya payung hukum untuk operasi.

Aturan ojol tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat.

Regulasi ini mengatur sejumlah aspek seperti keselamatan, kemitraan, suspensi, dan biaya jasa atau sederhananya disebut tarif. Payung hukum diharapkan mengakomodasi sejumlah kepentingan, dari sopir atau driver, aplikator, hingga konsumen.

Meski aturan ini memuat tarif, tapi aturan itu belum memuat secara detil tarif ojol. Berikut berita selengkapnya dirangkum detikFinance:

(ang/ang)

Sri Mulyani Masih Blokir Anggaran Kemenhub Rp 900 M

Jakarta – Anggaran Kementerian Perhubungan (Kemenhub) senilai Rp 903 miliar diblokir oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dari total pagu anggaran 2019 sebesar Rp 41,5 triliun.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan hal itu dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR RI di Gedung DPR, Jakarta hari ini.

“Kita sampaikan bahwa ada yang masih diblokir sebanyak Rp 900 miliar dari pagu tersebut,” kata Budi Karya, Senin (18/3/2019).


Jika dirinci, anggaran yang diblokir untuk Sekretariat Jenderal Rp 57,1 miliar, Inspektorat Jenderal Rp 1,28 miliar, Ditjen Perhubungan Darat Rp 123,1 miliar, Ditjen Perhubungan Laut Rp 156,6 miliar, Ditjen Perhubungan Udara Rp 540,8 miliar, BPSDM Rp 23,2 juta, Balitbang Rp 682 juta.

Budi Karya menjelaskan, bila dilihat dari tahun ke tahun anggaran yang diblokir mengalami penurunan dibandingkan 2017 sebesar Rp 5,1 triliun, dan 2018 sebesar Rp 1,8 triliun.

“Dibandingkan 2017 dan 2018 blokir lebih sedikit karena penerapan e-Filing dan proses penganggaran dokumen perencanaan lebih baik,” tambahnya.

(ara/ara)

Laku 31.419 Unit, Penjualan Daihatsu Bulan Lalu Masih Andalkan Sigra

Liputan6.com, Jakarta – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali raih penjualan yang cukup positif pada Februari 2019. Pabrikan asal Jepang ini, mampu menjual secara retail (dealer ke konsumen) sebesar 31.419 unit dan wholesale (pabrik ke dealer) sebesar 31.074 unit.

Berdasarkan data yang diberikan PT ADM, terkait pasar otomotif nasional, penjualan retail sales Daihatsu meraih pangsa pasar (market share) 18,6 persen dari volume retail nasional 168.519 unit. Sementara wholesale Daihatsu, meraih pangsa pasar 19 persen dari volume wholesale nasional 163.675 unit.

Penjualan retail sales Daihatsu didominasi Sigra dengan 8.277 unit, berkontribusi sebesar 26,3 persen. Diikuti oleh Gran Max (PU) 6.426 unit (20,5 persen), dan Xenia 4.745 unit (15,1 persen).

Kemudian, disusul oleh Terios 4.489 unit (14,3 persen), Ayla 4.189 unit (13,3 persen), dan Gran Max (MB) 2.574 unit (8,2 persen). Untuk line-up Daihatsu lainnya, yakni Luxio, Sirion & Hi-Max, mencapai 719 unit (2,3 persen).

Pada sisi wholesale, Daihatsu juga dipimpin oleh Sigra sebanyak 8.154 unit (26,2 persen), Xenia sebesar 6.244 unit (20,1 persen), dan Gran Max (PU) 5.869 unit (18,9 persen).

PwC: Kehadiran Perempuan di Dunia Bisnis Global Masih Rendah

Liputan6.com, Jakarta – Dalam rangka mempringati Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada 12 Maret 2019, PwC Indonesia dan Family Business Network Asia menggelar diskusi dengan mengusung topik “Leading Women in Family Business” (Pemimpin Perempuan dalam Bisnis Keluarga) pada Jumat 15 Maret 2019.

Dalam diskusi ini, PwC juga mempublikasikan hasil Family Business Survey (FBS) 2018 yang menunjukkan bagaimana peran perempuan dalam memperkuat pertumbuhan bisnis keluarga di tengah ketakutan akan gagalnya bisnis tersebut.

Perempuan memiliki peran yang sangat banyak dalam sebuah bisnis keluarga, namun sayangnya hasil dari FBS 2018 menunjukkan bahwa kehadiran wanita dalam bisnis di Indonesia dan secara global masih sangat rendah, yaitu rata-rata 24 persen di Indonesia dan 21 persen secara global.

Tidak hanya itu saja, pada generasi selanjutnya, perempuan yang menggeluti dunia bisnis hanya ada 18 persen di Indonesia sementara di global hanya 23 persen.

Ini terjadi karena masih sedikit yang sadar bahwa perempuan memiliki potensi yang luar biasa dalam membangun sebuah bisinis. Masih banyak perusahaan yang menyepelekan kinerja kaum perempuan.

Menurut Komisaris Utama PT Kalbe Farma Tbk Irawati Setiady, yang hadir dalam diskusi, kesetaraan jumlah perempuan dan pria dalam suatu bisnis akan membawa dampak yang bagus yaitu keseimbangan, prespektif dan perencanaan startegi bisnis yang lebih baik. Karena perempuan memberi sensitivitas untuk melihat basis konsumen. Selain itu wanita juga lebih mengetahui bagaimana cara melakukan pemasaran yang lebih baik.

PwC pun menyebutkan bahwa sebenarnya potensi yang dimiliki oleh kaum hawa dapat dimaksimalkan dengan 4 cara yaitu kesetaraan dalam perekrutan, diberikan kesempatan untuk menjadi pimpinan, mendapatkan dukungan, serta adanya kebijakan yang tepat bagi para perempuan.

Keberadaan 1 WNI Masih Misterius Pasca Penembakan di Masjid New Zealand

Jakarta – Keberadaan satu orang warga negara Indonesia bernama Muhammad Abdul Hamid masih misterius pasca penembakan di Masjid Al Noor, Christchurch, Selandia Baru (New Zealand). Hingga saat ini, KBRI Wellington terus memonitor kondisi di lokasi.

“Dari 6 WNI yang diketahui berada di Masjid Al Noor pada saat kejadian penembakan hari ini, 5 orang telah melaporkan ke KBRI Wellington dalam keadaan sehat dan selamat. Sementara 1 orang atas nama Muhammad Abdul Hamid masih belum diketahui keberadaannya,” ujar KBRI Wellington dalam keterangan tertulisnya berdasarkan update per pukul 23.30 waktu setempat, Jumat (15/3/2019).

KBRI Wellington juga menyatakan dua orang WNI yang jadi korban luka akibat penembakan di Masjid Linwood masih dirawat di rumah sakit Christchurch. Kedua WNI tersebut merupakan ayah dan anak.
“Sementara dari Masjid Linwood, KBRI Wellington menerima bahwa terdapat 2 WNI, seorang ayah dan anaknya yang tertembak. Kondisi sang ayah atas nama Zulfirmansyah masih kritis dan dirawat di ICU RS Christchurch Public Hospital. Sementara anaknya dalam keadaan yang lebih stabil,” tulis keterangan tersebut.

Hingga saat ini, menurut KBRI, ada 49 orang tewas, terdiri dari 41 orang di Masjid Al Noor, 7 orang di Masjid Linwood, dan seorang lagi tewas saat dirawat di RS pasca penembakan. Pihak kepolisian Selandia Baru disebut telah menetapkan seorang tersangka dalam peristiwa ini dan segera dituntut ke pengadilan.

“Pihak Kepolisian Selandia Baru telah menetapkan seorang tersangka penembakan hari ini dan akan segera dituntut ke pengadilan Selandia Baru. Pemerintah Selandia Baru melalui PM Jacinda Ardern telah mengutuk aksi penembakan tersebut dan menyebut tindakan keji ini sebagai aksi terorisme. Airport di Christchurch sejak sore hari ini ditutup oleh otoritas setempat demi alasan keamanan,” sebut KBRI dalam keterangannya itu.

KBRI Wellington juga sudah mengeluarkan surat imbauan ke WNI di Selandia Baru untuk tetap tenang dan mematuhi imbauan dari pihak keamanan Selandia Baru. WNI di Christchurch dan sejumlah kota lain yang informasinya terdaftar di KBRI Wellington juga telah dihubungi untuk diketahui keadaannya.

“KBRI Wellington terus memonitor keadaan di lokasi kejadian, termasuk kondisi di airport Christchurch, dalam rangka pengiriman bantuan dan tim konsuler ke Christchurch. KBRI Wellington tetap membuka nomor hotline dengan nomor +64211950980, +6421366754, dan +64223812065,” pungkas keterangan tersebut.
(haf/haf)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jadi Pahlawan Tim, Ronaldo Masih Terbaik Ketimbang Messi

Lebih lanjut, Mendes merasa yakin bahwa Ronaldo akan menciptakan sejarah di Juventus, sama seperti ketika ia melakukannya di Real Madrid.

“Tanpa dia, Real Madrid tak akan meraih gelar juara sebanyak itu, dia merupakan cahaya pemimpin dan dia adalah pemain terbaik dalam sejarah Real Madrid,” tutur Mendes.

“Saya yakin dia akan membuat perbedaan juga di Italia. Dia akan membuat sejarah di Juventus. Cristiano epik, luar biasa, istimewa,” tukasnya.

Sumber: bola.net

Masih Ada 24 Ribu Rumah Mencantol Listrik dari Tetangga

Liputan6.com, Jakarta – PT PLN (Persero) mencatat masih ada 24.227 rumah di Indonesia yang sumber listriknya masih mencantol dari tetangga. Hal tersebut terjadi karena rumah tangga tersebut tidak mampu membayar biaya penyambungan listrik.

Direktur Regional Jawa Bagian Barat PLN Haryanto WS mengatakan, berdasarkan data yang dimiliki PLN saat ini sebanyak 24.227 rumah tangga masih menyalur atau mencantol listrik dari tetangga, diantaranya terdapat di Provinsi Banten.

“Seperti saya laporkan, masyarakat yang listriknya sudah ada tapi tidak bisa menyambung,” kata Haryanto, saat menghadiri program ‎Sinergi Untuk Rakyat, di Desa Sindangsari, Kabupaten Serang, Banten, Jumat (15/3/2019).

Program sambung listrik gratis dirasa sangat perlu untuk menekan jumlah tersebut. Sebab ‎kendala biaya menjadikan warga miskin belum dapat mengakses sambungan listrik dari PLN. Sehingga mereka menyambung listrik secara levering atau mencantol dari tetangga yang sudah berlistrik.

“Program bantuan listrik gratis yang tidak mampu ini kan sudah kita laksanakan di beberapa lokasi,‎” tuturnya.

Semua warga miskin yang mendapat bantuan program sambung listrik gratis ini akan mendapatkan sambungan listrik PLN daya 450 Volt Ampere (VA), dengan tarif bersubsidi, listrik yang digunakan adalah sistem layanan prabayar.

Haryanto mengungkapkan, masyarakat yang mendapat penyambungan listrik langsung dari PLN tagihan listriknya lebih kecuil, ketimbang listrik yang mencantol dari tetangga.

“Mesti lebih irit karena pengalaman di tempat lain, mereka mendapat yg sedikit membayar lebih mahal karena tidak ada ukurannya. Biasanya pemilik rumah asli uangnya nggk cukup maka dipasang tarif yang mahal,” tandasnya.