Masa Depan Pariwisata NTT di Mata Gubernur Viktor Laiskodat

Manggarai Barat – Gubernur NTT Viktor Laiskodat serius untuk mengembangkan sektor pariwisata daerahnya. Berbagai rencana akan dibuat di berbagai tempat.

Viktor mengatakan, bahwa pariwisata di NTT harus dibangun berdasarkan 5A. Hal-hal inilah yang menjadi landasan membangun dan mengembangkan untuk maju ke taraf internasional.

“Kalau bicara tourism kan berarti 5A essentials. Kalau attractive maka siapkan accessibility-nya bagus, darat, laut, udara, transportasi nya macam apa. Akomodasinya harus disiapkan juga, kita sudah siap merencanakan itu. Sekarang lagi berjalan, ” ujarnya saat ditemui dalam peluncuran KMP Komodo di Labuan Bajo, Sabtu (1/12/2018).

Viktor juga mengatakan, akan memajukan pariwisata NTT salah satunya dengan mengadakan aneka festival. Ini salah satu atraksi untuk menarik wisatawan lokal maupun nasional.

“Pasti kita mendorong banyak festival. Festival Kalimutu kita buat dengan baik, festival 3 gunung di Lembata, Festival Mangilikan di laut bebas itu kita siapkan dengan baik,” ujarnya.

Ia pun mengatakan bahwa pemerintah pusat juga telah membantu membangun dan mengembangkan pariwisata NTT.

“Tapi kalau pemerintah pusat sudah serius untuk pariwisata agar bisa dikembangkan. Telah dibantu untuk dikembangkan untuk menjadi destinasi-destinasi yang hebat. Kita punya resort dan hotel termahal dan terbaik di Sumba, Nihiwatu itu sangat mahal,” kata Viktor.

Bahkan, Viktor juga mengajak rakyat sekitar untuk turut serta memajukan ekonomi dari sektor pariwisata. Salah satunya Labuan Bajo, yang menjual dan menyediakan produk asli lokal kepada wisatawan.

“Tourism itu, bisa membantu kemiskinan kalau rantai pasoknya dari daerah situ. Nah rantai pasoknya salah satunya itu, minuman kemasan, sayur, buah, seluruh pasokan dari rakyat, dagingnya, ikannya, berasnya, tourism itu dibangun dari daerah tersebut,” papar Viktor.

(sna/fay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *