Ma’ruf Amin Bicara Al-Makiyun, Sandiaga ke Makam Kakek di Gorontalo

Jakarta – Cawapres nomor urut 01 KH Ma’ruf Amin hadir di peresmian Rumah Aspirasi Rakyat 01 bersama para relawan. Sementara cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno berziarah ke makam kakeknya di Gorontalo.

“Di Indonesia ini banyak Al-Makiyun, Al-Makiyun itu bukan ahli Mekah, tapi ahli maki-maki. Tentu kita ubah lah cara-cara komunikasi itu dengan cara yang santun dan baik, dan kita ingin membikin itu di rumah aspirasi ini. Semoga rumah ini bisa memberikan pencerahan ke depan,” ujar Ma’ruf dalam sambutannya di peluncuran Rumah Aspirasi Rakyat 01, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (4/11/2018).

Ma'ruf Amin Bicara Al-Makiyun, Sandiaga ke Makam Kakek di GorontaloFoto: Sandi berziarah ke makam kakek dari ayahnya, Abdul Uno dan Ruaida Uno Monoarfa di Gorontalo (Ajis Halid-detikcom).

Ma’ruf menjelaskan, bahasa yang kerap digunakan Jokowi saat ini adalah mengajak masyarakat untuk berkomunikasi dengan lebih baik. Dia mengajak relawan untuk menghindari komunikasi yang dapat menimbulkan benturan dan konflik.

“Bahasa yang sering dipakai Pak Jokowi kita akan hijrah ke arah yang yang lebih baik dari ketidakbaikkan komunikasi, komunikasi yang kurang lancar, komunikasi yang berbenturan, konflik,” katanya.

Baca Juga: Tiba di Gorontalo, Sandiaga Ziarah ke Makam Kakek

Sementara itu, Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno melakukan kunjungan ke Sulawesi. Sandiaga mengunjungi makam kakeknya yang berada di Gorontalo.

Sandiaga mengunjungi makam kakek dari ayahnya, Abdul Uno dan Ruaida Uno Monoarfa, di makam keluarga di Desa Bulila, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, Minggu (4/11). Sandiaga mengatakan ziarah ke makam kakek merupakan rutinitas yang dilakukan saat pulang kampung ke Gorontalo.

Baca Juga: Prabowo: Kita Islam yang Damai, Bukan Islam yang Ekstrem

“Sewaktu masih kampanye di DKI dan setelah terpilih saya juga menyempatkan datang ke sini,” kata Sandiaga.

Usai melakukan ziarah, Sandiaga disambut dengan prosesi adat Tilolo yang merupakan upacara khusus untuk menyambut calon pemimpin dan pemimpin di Gorontalo. Gorontalo merupakan kunjungan keenam Sandiaga usai mengunjungi Kota Palu, Sulawesi Tengah, Kabupaten Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat, hingga ke Kota Parepare dan Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Ma’ruf Amin: Indonesia Banyak Al Makiyun, Ahli Maki-maki

(fdu/bag)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *