Kehadiran Mantan Wakapolri dalam Persidangan Nenek ‘Sahabat Satwa’

Rupanya sidang yang menimpa nenek K ini sangat istimewa karena mendapatkan perhatian dari Wakapolri tahun 2013-2014, Komjen Pol. Purnawirawan Oegroseno (63).

Dia jauh-jauh datang dari Jakarta untuk memberikan dukungan moral, serta ikut hadir menyaksikan sidang pembacaan tuntutan di Pengadilan Negeri Jember, yang dinyatakan terbuka untuk umum. Dia berharap kepada majelis hakim Pengadilan Negeri Jember, membaca dan memutus kasus tersebut, dengan hati nurani.

“Hak jaksa menuntut terdakwa hingga 3 tahun penjara. Saya tidak punya hak di situ. Kalau mendengar penjelasan tadi, ya arahnya pelanggaran administrasi,” tutur Oegroseno.

Oegroseno menjelaskan, dengan tuntutan jaksa itu, dia melihat peran pemerintah atau BKSDA dalam hal ini, hampir sama sekali tidak ada. Padahal masyarakat sudah berbuat baik untuk melestarikan sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.

“Kok dicari-cari dengan izin, yang masa berlaku habis tahun 2015. Izin kan gratis, otomatis pemerintah datang dong, memperpanjang,” katanya.

Dia juga berharap pemerintah, ke depannya, bisa melindungi rakyatnya. “Siapa lagi kalau tidak ke pemerintah, apa minta perlindungan ke luar negeri, terutama dari BKSDA,” katanya.

“Saya harapkan BKSDA bisa memosisikan diri sebagai pelayan, pelindung, pengayom masyarakat. Sama dengan aparatur pemerintah lainnya. Apalagi izinnya mati tahun 2015, tahun 2018 baru diproses. Itu yang saya sesalkan peran BKSDA saja,” dia menambahkan.

Menanggapi pernyataan mantan wakapolri itu, JPU, Dian Akbar Wicaksana menjelaskan, sesuai fakta dalam persidangan dan keterangan ahli, bahwa surat izin penangkaran mati selama 3 tahun, dari 2015 hingga tahun 2018.

“Sesuai keterangan ahli, surat izin yang mati selama 3 tahun, sama halnya dengan tidak memiliki izin. Karena itu, upaya penangkaran satwa yang dilindungi, tidak berizin adalah dilarang undang-undang,” kata Akbar.

Padahal sebelum izinnya mati, BKSDA sudah memberi peringatan kepada yang bersangkutan, untuk mengurus izin-izin terkait. Sebab, mengurus izin tersebut harus dilakukan minimal 3 bulan sebelum masa berlakunya habis.

Sebelumnya, Polda Jawa Timur mengamankan 443 ekor burung yang dilindungi, Selasa, 9 OKtober 2018. Dari 443 ekor berbagai burung yang dilindungi, 212 ekor nuri bayan (Eclectus Roratus), 99 ekor kakatua besar jambul kuning (Cacatua galerita), 23 kakatua jambul orange (Cacatua molluccensis), 82 ekor kakatua govin (Cacatua govineana).

Kemudian 5 ekor kakatua raja, 1 ekor kakatua alba, 1 ekor jalak putih, 6 ekor burung dara mahkota (Gaura victoria), 4 ekor nuri merah kepala hitam (Lorius lory), 4 ekor anakan nuri bayan, 6 nuri merah (Red nury), 61 butir telur burung bayan dan kakatua.

Simak video pilihan berikut ini:

Mantan Direktur Keuangan PT Pertamina Divonis 8 Tahun Penjara

Usai vonis yang dibacakan oleh Ketua Majelis Hakim Frangki Tambuwun pada pukul 21.30 WIB itu, Frederick langsung menyatakan kekecewaannya. Fredrick menilai majelis hakim mengesampingkan segala fakta persidangan dan justru menambahkan fakta baru.

Mantan Direktur Keuangan PT Pertamina itu menilai, majelis hakim hanya menyalin dakwaan jaksa penuntut umum. Padahal, imbuhnya, banyak fakta persidangan yang bertolak belakang dari dakwaan jaksa. Seperti tidak adanya persetujuan komisaris dan direksi atas investasi di blok Baster Manta Gummy (BMG) di 2009.

“Saya kira ini sesuatu yang tragis banyak fakta persidangan diabaikan. Dikatakan tidak ada persetujuan padahal dalam persidangan ada (persetujuan). Katanya ada surat dari Citi Bank padahal Citi Bank tidak pernah ada kirim surat,” ujar Fredrick, Senin.

“Katanya putusan majelis hakim adalah suara Tuhan tapi yang saya dengar adalah suara zalim. Jadi saya mohon maaf persidangan 27 kali, saya, Bayu (Bayu Kristanto, eks Manager Merger Pertamina) bahkan Karen semuanya sia sia,” imbuhnya.

Sementara itu, istri Fredrick, pingsan usai mendengar vonis hakim. Keluarga yang menyaksikan persidangan juga menangis.

Sebelumnya, Pertamina melalui anak peru­sahaannya, PT Pertamina Hulu Energi (PHE) melakukan akui­sisi saham sebesar 10% terhadap ROC Oil Ltd, untuk menggarap blok BMG. Investasi di blok BMG kemudian ditindaklanjuti tanpa didahului kajian terlebih dahulu oleh Bayu Kristanto bersama dua terdakwa lainnya yaitu Frederick dan Karen. Hal itu dianggap telah mengabaikan due diligence sebagaimana pedoman investasi Pertamina.

Meski belum ada landasan hukum, April 2009, Karen kemudian memutuskan Pertamina menjalankan investasi tersebut. Namun, bukan mendapat untung, Pertamina justru merugi dari pelaksanaan investasi itu.

Melalui dana yang sudah dikeluarkan setara Rp 568 miliar itu, perusahaan minyak pelat merah itu berharap blok BMG bisa memproduksi minyak hingga sebanyak 812 barrel per hari. Namun, blok BMG hanya dapat bisa menghasilkan minyak mentah untuk PHE Australia Pte Ltd rata-rata sebe­sar 252 barel per hari.

ROC Ltd, selaku perusahaan yang menawarkan imvestasi tersebut memutuskan tidak meneruskan memutuskan penghentian produksi minyak mentah. Alasannya, blok ini tidak ekonomis jika diteruskan produksi.

Akhirnya, investasi yang sudah dilakukan Pertamina tidak memberikan manfaat ataupun keuntungan dalam menambah cadangan dan produksi minyak nasional.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

Mantan Agnez Mo Akui sedang Dekat dengan Gisella Anastasia

Saat ditanya sejauh mana kedekatannya, mantan kekasih Agnez Mo itu enggan menjawab secara spesifik. Baginya, untuk membina hubungan spesial, tak mesti dikukuhkan dengan pernyataan cinta.

“Kita lagi dekat. Zaman sekarang mana ada sih main tembak-tembakan lagi. Ayok. Kalian juga gitu kan, mana ada sih tembak tembakan. Lagi dekat, lagi dekat kita,” ia menjelaskan.

Pesan Mantan Mendag Mari Elka Soal Tata Kelola Pangan di Indonesia

Para Mantan Menteri Perdagangan (Mendag) menyambangi Kementerian Perdagangan (Kemendag) pada hari ini. Kedatangan mereka untuk mengikuti focus grup discussion (FGD) terkait kondisi perdagangan baik global maupun domestik.

Hadir dalam FGD, Mantan Menteri Perdagangan, seperti Mari Elka Pangestu, Gita Wirjawan, Rahadi Ramelan, Muhammad Lutfi, Muhammad Hasan (Bob Hasan), dan Arifin M. Siregar. Turut hadir mantan Wakil Menteri Perdagangan Bayu Khrisnamurti.

Mari Elka Pangestu mengatakan dalam pertemuan tersebut, para mantan Menteri Perdagangan tidak hanya memberikan catatan, melainkan juga apresiasi terhadap Mendag Enggartiasto Lukita.

Salah satu apresiasi yang diterima Mendag Enggar adalah terkait penyelesaian sejumlah perjanjian internasional di masa kepemimpinannya sebagai Menteri Perdagangan.

“Kita semua tadi memberi selamat kepada Pak Enggar karena sudah banyak perjanjian perdagangan internasional yang kita memulai tapi tidak berhasil diselesaikan, diselesaikan di zaman Pak Enggar,” kata dia, di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin (11/3/2019).

Menurut dia, keuntungan dari perjanjian-perjanjian perdagangan internasional tidak hanya sebatas pembebasan atau penurunan tarif ekspor impor. Investasi juga akan masuk sejalan dengan ditekennya perjanjian dagang.

“Di luar tarif banyak sekali keuntungan. Seperti investasi, move of nature and person seperti yang kita peroleh di Australia (lewat IA-CEPA), lebih besar keuntunganmya,” jelas Mari Elka Pangestu.

Diketahui baru-baru ini, Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Australia secara resmi telah menandatangani Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA).

Dalam perjanjian yang telah tersebut, Indonesia akan memangkas bea impor sebesar 94 persen untuk produk asal Australia bertahap. Sebaliknya 100 persen bea impor produk asal Indonesia yang masuk ke Australia akan dihapus.

Reporter: Wilfridus Setu Umbu

Sumber: Merdeka.com

Hal yang Jadi Sorotan Para Mantan Mendag di Sektor Perdagangan

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita, mengundang sejumlah mantan Menteri Perdagangan Indonesia untuk melakukan focus group discussion (FGD) di kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jakarta.

Hadir dalam FGD, Mantan Menteri Perdagangan, seperti Mari Elka Pangestu, Gita Wirjawan, Rahadi Ramelan, Muhammad Lutfi, Muhammad Hasan (Bob Hasan), dan Arifin M. Siregar. Turut hadir mantan Wakil Menteri Perdagangan Bayu Khrisnamurti.

“Kami dalam rangkaian Raker Kemendag kami awali silturahmi dan minta masukan kepada senior saya. Kecuali pejabat atau menteri perindustrian yang masih jabat, seperti Pak Luhut dan Pak JK, Bu Rini Soemarno juga,” kata Enggar, di Kantornya, Jakarta, Senin (11/3/2019).

Menurut dia, pertemuan tersebut bertujuan untuk meminta masukan dan nasehat terkait situasi perdagangan RI serta upaya-upaya yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kinerja perdagangan. Misalnya masukan dan Mantan Mendag, Arifin M. Siregar, agar daya saya sektor perdagangan Indonesia terus diperbaiki.

“Kemudian semua bapak ibu (Mantan) Menteri bilang jangan melihat defist dari angka saja kini tapi justru penyebab yang terjadi akibat impor tinggi akibat bahan baku dan barang modal yang artinya juga investasi dan pembangunan yang meningkat yang dinikmati beberpa tahun kemudian,” jelas dia.

“Kemudian juga diperhatikan ekspor jasa, jadi bukan hanya manfaktur dan goods, saja, salah satu bentuknya adalah mendorong pariwisata,” ujar dia.

Pertemuan tersebut juga membahas tentang kebijakan-kebijakan yang sudah dilakukan oleh mantan menteri perdagangan. Kemudian kebijakan yang dinilai baik akan dipelajari dan dikaji untuk diterapkan.

“Banyak hal yang kami mendapatkan masukan, catatan, baik berdasarkan pengalaman masa lalu, tapi saya mengapresiasi, menikmati karena beliau masih mengikuti berbagai perkembangan, baik perdagangan di kancah internasional maupun kepentingan dalam negeri,” tandasnya.

 

Reporter: Wilfridus Setu Umbu

Sumber: Merdeka.com

Prabowo Melayat ke Rumah Duka Mantan Ketua Iluni UI

Liputan6.com, Jakarta – Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto melayat ke rumah duka mantan Ketua Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) Mayjen (Purn) Hariadi Darmawan di Kawasan Kemang Selatan VIII, Jakarta Selatan.

Saat tiba di rumah duka, mantan Danjen Kopassus itu langsung disambut pihak keluarga. Ia mengucapkan duka mendalam.

“Saya menyampaikan belasungkawa yang sebesar-besarnya, semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kekuatan, serta keikhlasan,” kata Prabowo di rumah duka, Minggu (10/3/2019).

Di mata Prabowo, selain sebagai seorang guru yang baik, Hariadi Darmawan juga merupakan panutan di TNI.

“Beliau orang baik yang memiliki hati ikhlas untuk bangsa dan negara. Beliau adalah senior yang kami sangat hormati,” ungkap Prabowo.

Mayjen (Purn) Hariadi Darmawan wafat di usia 79 tahun. Perwira tinggi TNI kelahiran 6 April 1939 itu dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Bahagia Cileduk, Bintaro. Selain merupakan mantan Ketua Iluni UI, almarhum juga menjabat sebagai Ketua Dewan Penasihat DPP Partai Gerindra.

Sedangkan di Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, almarhum menjabat sebagai anggota dewan penasihat.

Janji Wali Kota Kupang untuk Mantan PSK Karang Dempel

Liputan6.com, Kupang – Wali Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Jefrison Riwu Kore mengatakan pihaknya segera memproses pemulangan 145 mantan pekerja seks komersial (PSK) yang menempati lokalisasi Karang Dempel (KD). Lokalisasi itu telah ditutup pemerintah sejak 1 Januari 2019.

“Proses pemulangan para PSK di KD akan segera dilakukan dalam bulan ini. Pemerintah Kota Kupang sedang mempersiapkan proses pemulangan para PSK,” kata Wali Kota Kupang, Jefrison Riwu Kore di Kupang, Sabtu (9/3/2019), dilansir Antara.

Jefrison mengatakan hal itu terkait proses pemulangan para PSK Karang Dempel menyusul telah dilaksanakannya rapat kordinasi dengan Kemensos untuk membahas rencana pemulangan para PSK ke delapan provinsi di tanah air serta 10 kabupaten di Nusa Tenggara Timur.

Ia mengatakan, proses pemulangan para PSK dilakukan pada Maret 2019 apabila semua proses administrasi terkait pemulangan para PSK selesai dilakukan.

Pemerintah Kota Kupang telah mengalokasikan biaya pemulangan para PSK sebesar Rp5 juta/orang yang dialokasikan dari APBD II Kota Kupang.

Namun, kata Jefri setelah dilakukan penghitungan biaya transport pemulangan akibat keaikan harga tiket maka pemerintah Kota Kupang menambah biaya pemulangan para PSK menjadi Rp6 juta/orang.

“Biaya pemulangan para PSK kami naikkan karena ada kenaikan biaya transportasi sehingga pemerintah menaikan anggaran transport menjadi Rp6 juta per orang dari sebelumnya hanya Rp5 juta per orang,” kata Jefri.

Saksikan video pilihan berikut ini:

18 psk ditangkap di salah satu penginapan di Ambon. Mereka diduga ditangkap saat sedang pesta seks.

Pete Davidson Dinasihati Mantan Pacar Kate Beckinsale

Liputan6.com, Los Angeles – Tak butuh waktu lama bagi Pete Davidson untuk menemukan pengganti Ariana Grande. Pete kini sudah menjalin kedekatan dengan Kate Beckinsale yang memiliki beda usia 20 tahun.

Jika sebelumnya kamera media berhasil mengabadikan momen mesra mereka saat bergandengan tangan, kini Pete Davidson dan Kate Beckinsale tanpa segan mengumbar ciuman panasnya di depan umum. Pemandangan itulah yang terlihat jelas saat mereka menonton pertandingan hockey di New York pada Minggu (3/3/2019) lalu.

Di saat foto-foto ciuman Pete Davidson dan Kate menghebohkan media sosial, kini publik dikejutkan dengan kabar terbaru. Belum lama ini mantan pacar Kate Beckinsale buka suara melalui sebuah wawancara dengan TMZ.

Pria bernama Matt Rife itu menyampaikan pesannya untuk Pete Davidson. Berharap agar Pete bisa bahagia bersama Kate Beckinsale, Matt juga memberi peringatan pada bintang Set It Up itu.

2 dari 3 halaman

Nasihat untuk Pete

“Nasihat untuk Pete? Sebagai sesama pria, larilah. Nikmatilah selagi kamu bisa. Ku harap mereka berdua bahagia. Ku harap mereka bisa membangun hubungan baik dan serius. Aku berharap mereka bahagia. Aku tidak punya nasihat yang kuat, berhati-hati saja,” tutur Matt.

3 dari 3 halaman

Sudah Move On

Lebih lanjut, Matt juga berbagi cerita soal pengalamannya ketika menjadi kekasih Kate. Ia mengaku pernah menjalin hubungan selama kurang lebih 1 tahun, namun mengalami cukup banyak masalah.

“Kami berkencan selama setahun, hubungan kami sangat rumit. Banget. Ada banyak pasang surut. Tapi dia (Kate) sudah move on,” pungkasnya. (Soraya/Kapanlagi.com)

7 Selebrasi Gila Pemain dan Mantan Bintang Manchester United Usai Singkirkan PSG

Jakarta – Pecinta sepak bola terkejut melihat capaian Manchester United di Liga Champions. Tidak ada yang menyangka mereka bisa mengalahkan Paris Saint-Germain 3-1 di Parc des Princes, Kamis (7/3/2019) dini hari WIB.

Manchester United sukses melangkah ke babak perempat final Liga Champions usai mendepak PSG dengan agregat 3-3. 

Sumbangan dua gol dari Romelu Lukaku (menit 2′ dan 30′) serta tendangan penalti dari Marcus Rashford (90) membuat United unggul agregat dibanding PSG, yakni produktivitas mencetak gol di kandang lawan. Sebelumnya di Old Trafford PSG unggul 2-0 atas MU pada 13 Februari 2019 silam.

Gol penentu langkah The Red Devils ke perempat final terjadi di masa injury time. Wasit menunjuk titik putih setelah Presnel Kimpembe melakukan handball di kotak terlarang. Keputusan diambil dengan memanfaatkan teknologi VAR.

Pada leg kedua satu-satunya gol PSG dilesakkan Juan Bernat dengan memanfaatkan assist Kylian Mbappe pada menit ke-12.

PSG sebenarnya berpeluang mempertipis skor pada laga ini saat tendangan Angel di Maria menerobos masuk gawang Man United. Namun, gol itu dianulir wasit. Manchester United akhirnya menutup laga dengan skor 3-1.

Kemenangan ini menciptakan euforia bagi pemain maupun mantan pemain Manchester United. Pertandingan melawan PSG berasa partai final Liga Champions. Bola.com merangkum ekspresi mereka di sosial media Instagram, simak bagaimana keseruannya.

2 dari 8 halaman

Jesse Lingard

3 dari 8 halaman

Alexis Sanchez

4 dari 8 halaman

Diego Dalot

5 dari 8 halaman

Rio Ferdinand

6 dari 8 halaman

Ruang Ganti Manchester United

7 dari 8 halaman

Nemanja Matic

8 dari 8 halaman

Paul Pogba dan Patrice Evra