Manfaat Ban Serep yang Belum Anda Ketahui

Ban serep atau ban cadangan kerap jadi polemik pada mobil terbaru. Bagaimana tidak, model mobil teranyar bahkan mobil premium kerap tak dilengkapi dengan ban serep.

Bahkan Nissan Indonesia pada Juni 2018 lalu sempat digugat oleh para konsumen karena Nissan Tipe Elgrand 2.5 Highway Star (4X2) A/T tidak dilengkapi ban cadangan serta tempat ban cadangan.

Namun kini, perihal aturan mobil harus memiliki ban cadangan bisa saja dihilangkan. Hal itupun diungkapkan langsung Direktur Sarana Perhubungan Darat Direktorat Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Sigit Irfansyah.

 “Karena, di undang-undang kan mobil harus ada ban serepnya. Tetapi, Peraturan Menteri Perhubungan yang baru, kendaraan boleh tidak memiliki ban serep,” ucap Sigit saat ditemui beberapa waktu lalu di Jakarta.

Adapun kata Sigit, salah satu syarat mobil tidak menggunakan ban serep jika, produsen mobil telah menggunakan ban utama bertekonologi run flat tyre.

Bagi Anda yang tak tahu apakah ban run flat tyre, ban tersebut memang bisa berjalan dengan aman pada kecepatan tertentu, walau ban kempis atau bocor terkena benda tajam.

Dengan teknologi tersebut, ban cadangan menjadi sesuatu yang sudah tidak diperlukan kembali.

“Ini salah satunya untuk mengakomodasi teknologi zaman sekarang, termasuk untuk kendaraan listrik karena ini kan sudah banyak kendaraan yang enggak pakai ban serep lagi,” kata Sigit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *