1,2 Juta Rumah Tangga Tak Mampu Bayar Penyambungan Listrik

Liputan6.com, Jakarta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meminta PLN dan pemerintah daerah (pemda) untuk memberi keringanan kepada masyarakat terkait penyambungan listrik. Pada tahun lalu, rasio elektrifikasi telah mencapai 89,3 persen. Sedangkan pada tahun ini ditargetkan bisa mencapai 99,9 persen.

“Tentang perluasan akses kelistrikan tahun lalu, ada dari PLN, APBN, swasta rasionya 89,3 persen. Ini sudah lumyan naik 14 persen dalam 4 tahun terakhir. Tahun ini kita canangkan 99,9 persen, kita coba,” ujar dia di Kantor Pusat, PLN, Jakarta, Senin (18/3/2019).

Dia mengungkapkan, untuk meningkatkan rasio elektrifikasi tersebut, salah satu kendala yaitu biaya penyambungan listrik yang dianggap sebagian masyarakat terlalu mahal.

“Tantangannya daya beli masyarakat, ada yang belum mampu bayar biaya penyambungan. Sampai PLN sepakat biayanya Rp 500 ribu untuk yang 450 VA, itu banyak yang tidak mampu,” jelas dia.

Menurut Jonan, masih ada sekitar 1,2 juta rumah tangga yang tidak mampu membayar biaya penyambungan listrik. Akibatnya, mereka tidak bisa menikmati layanan listrik meski pasokan listrik ke daerahnya sudah tersedia.

“Kalau ada yang tidak mampu, PLN siapkan CSR, cuma memang terbatas. APBN kita siapkan Rp 6 triliun tahun ini. Yang belum tersambung mungkin 1,2 juta pelanggan rumah tangga, ini belum tercover. Kalau bisa disisikan dari APBD untuk sambungan listrik,” ungkap dia.

Jonan menyatakan, untuk meningkatkan rasio elektrifikasi ini, bukan hanya persoalan ketersediaan pembangkit listrik, tetapi juga soal kemampuan masyarakat melakukan penyambungan listrik.

“Di Gunung Kidul masih ada rumah yang tidak ada layanan listrik. Mudah-mudahan tahun ini selesai. Saya waktu diskusi di Provinsi DIY ada 38 ribu rumah. Kita harapkan hasil elektrifikasi 99 persen tapi harus tetap terjangkau. Karena ini kita berusaha melayani semaksimal mungkin,” tandas dia.

Usai Krisis 1998, RI Mampu Cetak Pertumbuhan Ekonomi Stabil

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution menjamin pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini akan terus membaik. Hal ini terlihat dari pertumbuhan ekonomi nasional terus naik sejak 2015 hingga 2018.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tercatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2015 sebesar 4,79 persen. Kemudian pada 2016 naik sebesar 5,02 persen. Kenaikan terjadi lagi pada 2017 hingga 2018 yang masing-masing sebesar 5,07 persen dan 5,17 persen.

“Walaupun ekonomi dunia melambat, pertumbuhan ekonomi kita naik walaupun pelan- pelan. Tapi itu tanda bahwa ekonomi Indonesia istilahnya cukup kuat terhadap ekonomi dunia yang sedang bergejolak,” kata Menko Darmin saat Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan, di Jakarta, Selasa 12 Maret 2019.

Dia mengatakan pencapaian pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus naik itu juga turut dibarengi penurunan tingkat kemiskinan secara terus menerus. Kemudian dibarengi penurunan gini ratio dan tingkat pengangguran di Indonesia.

“Secara terus menerus menunjukan bahwa dalam kaidah ekonomi kualitas pertumbuhan ekonomi kita baik,” imbuh dia.

Seperti diketahui, penduduk dengan pengeluaran per kapita per bulan di bawah garis kemiskinan di Indonesia pada September 2018 mencapai 25,26 juta orang atau sebesar 9,66 persen. Angka ini menurun 0,28 juta orang dibandingkan Maret 2018.

Kemudian tingkat ketimpangan pengeluaran penduduk Indonesia yang diukur oleh gini ratio sebesar 0,384 pada September 2018. Angka tersebut menurun sebesar 0,005 poin jika dibandingkan dengan gini ratio Maret 2018 yang sebesar 0,389.

Sementara itu, jika dibandingkan dengan gini ratio September 2017 sebesar 0,391, turun sebesar 0,007 poin. Adapun jumlah pengangguran di Indonesia berkurang sebanyak 40.000 dalam satu tahun terakhir. Hal ini sejalan dengan tingkat pengangguran terbuka (TPT) yang turun menjadi 5,34 persen pada Agustus 2018

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mendorong para pelaku startup terus mengembangkan diri, hingga berstatus unicorn.

Shan United vs Persija: Riko Optimistis Mampu Bikin Kejutkan

Jakarta – Riko Simanjuntak penuh percaya diri menjalani pertandingan Persija Jakarta melawan Shan United pada laga Grup G Piala AFC 2019 di Stadion Thuwunna, Yangon, Selasa (12/3/2019). Riko optimistis, Macan Kemayoran bakal memberi kejutan kepada tim tuan rumah. 

Persija harus menghadapi Shan United di tengah jadwal yang padat. Sebab ini menjadi laga ketiga Macan Kemayoran dalam 10 hari terakhir. Bagi Persija, pertandingan ini penting setelah hanya bermain imbang tanpa gol dengan Becamex Binh Duong di laga pertama Grup G Piala AFC di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, 26 Februari lalu.

Riko menegaskan target Persija adalah meraih poin di Yangon. Berbekal pengetahuan melihat permainan tim tuan rumah lewat video, Riko yakin Persija bisa meraih hasil positif.

“Saya sudah melihat permainan mereka lewat Youtube. Mungkin mereka akan lebih percaya diri karena bermain di kandang sendiri. Namun, yang penting kami harus optimistis dan lebih agresif daripada mereka. Semoga kami bisa mengamankan poin,” ujar Riko Simanjuntak.

Berita video tentang tekad Persija Jakarta yang ingin mempertahankan gelar juara Piala Presiden.

Kecewa Berat, Supardi Yakin Persib Mampu Bangkit

Liputan6.com, Bandung – Langkah Persib Bandung tak juga membaik di Piala Presiden 2019. Di dua laga awal, Tim Maung Bandung harus menelan pil pahit, ditekuk lawan-lawannya.

Di laga pertama, Sabtu (2/3), Persib dipermalukan Tira Persikabo 1-2. Sementara di laga kedua, giliran Persebaya Surabaya yang menghajar Persib di depan bototoh mereka. Di ajang yang disiarkan Indosiar ini Persib takluk 2-3 dari Persebaya.

Seperti pemain lainnya, Supardi, mengaku sangat kecewa dengan dua hasil buruk itu Namun, kapten Tim Pangeran Biru itu mengaku yakin, Persib mampu bangkit dari periode negatif ini.

“Ya, memang ini tentu bukan hasil yang kami semua harapkan. Tapi, saya pribadi dan teman-teman di tim berusaha untuk terus lebih baik, bekerja keras lagi,” kata pemain bernomor punggung 22 ini seperti dirilis situs Persib.

Supardi menyebut, Persib harus mengambil pelajaran berharga dari dua kekalahan ini. Mereka harus bangkit kembali meraih prestasi gemilang.

Ini Bukti 5 Hewan Mampu Prediksi Bencana Alam?

Liputan6.com, Jakarta – Semua hewan di dunia memiliki insting kuat untuk menjaga diri ketika hidup di alam bebas. Binatang umumnya dikaruniai sistem pertahanan alami untuk memastikan kelangsungan hidup mereka.

Para ilmuwan di dunia kemudian meneliti berbagai jenis hewan untuk mencari tahu apa yang bisa didapatkan oleh manusia.

Ternyata, sejumlah hewan juga konon memiliki kemampuan untuk membantu manusia mendeteksi adanya bencana. Sejumlah bencana besar di dunia, seperti tsunami 2004 bahkan mampu diprediksi oleh hewan.

Seperti dikutip dari laman storypick.com, Senin (4/3/2019), berikut 5 di antaranya hewan yang mampu mendeteksi bencana:


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 6 halaman

1. Flamingo

Flamingo yang berkembang biak di suaka margasatwa Point Calimere di India, meninggalkan daerah perkembangbiakan yang letaknya di kawasan rendah dan terbang ke tempat yang lebih tinggi sebelum tsunami yang melanda garis pantai Sri Lanka dan India pada Desember 2004.

Tsunami besar-besaran dipicu oleh gempa berkekuatan 9 di lepas pantai pulau Sumatra utara pada 26 Desember. Gelombang raksasa itu menggulung Samudera Hindia, menewaskan lebih dari 150.000 orang di sejumlah negara.

3 dari 6 halaman

2. Anjing

Seseorang yang tinggal di pantai dekat Galle, Sri Lanka, melaporkan bahwa kedua anjingnya menolak untuk pergi jalan-jalan ke pantai.

Di sepanjang pantai Cuddalore India, menjadi tempat ribuan orang tewas akibat Tsunami 2004. Kantor Berita Indo-Asian News melaporkan bahwa kerbau, kambing, dan anjing ditemukan tidak terluka.

4 dari 6 halaman

3. Gajah

Di Sumatra, gajah-gajah yang memberi tumpangan kepada wisatawan mulai melakukan sangkakala saat gempa terjadi.

“Saya terkejut kala melihat gajah menangis,” kata Dang Salangam, yang memelihara delapan gajah di pantai Khao Lak.

“Mereka tidak percaya pada pawang, terus berlari ke bukit,” kata Wit Aniwat, yang bekerja dengan gajah.

Tiga perempat dari bahasa gajah adalah infrasonik – yang artinya terlalu dalam untuk kita pahami. Suara-suara itu berada di nada rendah sehingga manusia beberapa puluh meter jauhnya merasa sulit untuk didengar.

5 dari 6 halaman

4. Kuda

Biasanya, kuda akan selalu bergerombolan baik dalam keadaan aman dan tidak nyaman. Mereka akan ke padang rumput untuk mencari makan. Dan pulang ke kandang bila waktu malam tiba.

Hewan yang satu ini juga mempunyai insting yang sangat baik. Pasalnya, mereka mampu mendeteksi kondisi alam terutama bencana. Apabila Anda melihat gerombolan kuda berlarian dan meninggalkan satu wilayah, itu patut diwaspadai.

Bisa jadi wilayah itu akan terkena bencana.

6 dari 6 halaman

5. Kelelawar

Pada tahun 2004, tsunami melanda Asia Tenggara dan menewaskan lebih dari 200.000 orang.

Tetapi hampir tidak ada hewan liar. Anjing, gajah, kijang, kelelawar, dan bahkan flamingo melarikan diri dari tempat kejadian sebelum gelombang menghantam. Kelelawar dan serangga dapat membedakan suara ultra yang tidak terdengar oleh manusia.

Mobil Tanpa Sopir Harus Bisa Menepi Jika Diberhentikan Polisi

Liputan6.com, Jakarta – Kendaraan autonomus alias tanpa sopir diyakini bakal benar-benar terjadi di masa depan. Namun, masih ada beberapa hal yang harus dipenuhi sebelum mobil otonom ini benar-benar menggantikan peran pengemudi manusia seperti yang ada saat ini.

Melansir Carscooops, Jumat (1/3/2019), salah satu hal yang paling sulit bagi pembuat mobil dan perusahaan teknologi, adalah memastikan kendaraan tanpa sopir dapat berinteraksi dengan lingkungan seperti yang dilakukan pengemudi manusia.

Membuat mobil tanpa sopir yang mampu berhenti saat lampu lalu lintas merah, masih cukup sederhana, begitu juga dengan mendeteksi pejalan kaki. Tapi, jika mobil tanpa sopir saat ditilang polisi bisa menepi seperti sesuatu yang tidak mungkin.

Sementara itu, berbicara soal fitur tersebut, Waymo telah bekerja keras untuk memastikan prototipe otonomnya dapat mengenali petugas polisi dan menanggapi berbagai permintaan.

Misalnya, pada Januari lalu, sebuah kendaraan uji Waymo berhenti di lampu merah yang gelap di Tempe, Arizona tak lama setelah listrik padam.

Seorang petugas polisi sedang berdiri di persimpangan mengatur lalu lintas, dan mobil menunggu sebelum melanjutkan perjalanan setelah dilambaikan oleh petugas.

Selain itu, Waymo juga telah mengembangkan perangkat lunak yang menginstruksikan kendaraannya untuk berhenti ketika mendeteksi lampu polisi berkedip di belakangnya.

2 dari 2 halaman

Mobil Nirsopir Mulai Antar Barang Belanjaan

Mobil tanpa sopir alias nirsopir bukan hanya isapan jempol semata. Bahkan sebuah perusahaan jaringan supermarket Kroger, bersama startup Nuro, menghadirkan mobil tanpa sopir yang mampu mengantarkan barang belanjaan konsumen hingga ke depan pintu rumah.

Proyek yang masih dalam program percontohan ini mulai beroperasi 16 Agustus 2018 dengan melibatkan Fry’s Food Store milik Kroger di East McDowell Road, Scottsdale, Arizona, Amerika Serikat.

Dilansir thespoon.tech, Senin (20/8/2018), Konsumen bisa saja melakukan pemensanan dengan sentuhan jari. Sebab, pemesanan bisa melalui  frysfood.com atau aplikasi Fry.

Barang yang sudah terpesan dapat diatur jadwal pengirimannya, baik hari yang sama atau hari berikutnya, dengan biaya per pengiriman US$ 5,95 atau sekitar Rp 85 ribu tanpa batasan pesanan minimum.

Untuk sementara, armada nirsopir menggunakan Toyota Prius yang dibantu seseorang di belakang kemudi. Bagian kompartemen mobil dimodfikasi sedemikian rupa hingga mampu menampung enam kantong barang.

Alasan SBY Tunjuk AHY Jadi Penanggung Jawab Pemenangan Demokrat

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yufhoyono (SBY) menyerahkan tongkat komando kampanye pemenangan pemilu 2019 kepada putranya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Ketua DPP Partai Demokrat, Didik Mukrianto mengungkap  alasan mengapa SBY lebih memilih AHY ketimbang putra keduanya Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas.

Dalam pemenangan pemilu SBY justru menugaskan Ibas dalam Komisi Pemenangan Pemilu (KPP). Sedangkan AHY, mendapat tugas pemenangan pemilu melalui jabatan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma).

Menurut Didik, ada pertimbangan lain hingga akhirnya SBY menunjuk AHY sebagai tonggak pemenangan pemilu. Alasannya, kata dia, AHY dianggap mampu mengatur strategi dan ritme.

“Mas AHY kan memang menjadi komisi pemenangan pemilu kita, itu tugasnya sangat berat dibanding tugas lain, karena harus menentukan strategi, mengatur ritme pertarungan dan bertanggung jawab terhadap rencana aksinya,” kata Didik saat dihubungi, Jumat (1/3/2019).

Didik juga mengungkap alasan kenapa bukan Ibas yang ditugaskan sebagai ketua pemenangan kampanye. Ibas, lanjutnya harus fokus pada pemenangannya sebagai caleg.

“Dan Mas Ibas sendiri strategi kampanye soal dapur Partai Demokrat sendiri, mereka berdua memang menjadi bagian magnet center, pada saatnya nanti Mas Ibas akan memperkuat Mas AHY,” ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Fokus Pengobatan Ani Yudhoyono

Diketahui, SBY memang tengah fokus merawat sang istri Ani Yudhoyono yang sedang sakit kanker darah di Singapura. Terkait Persiapan menghadapi pemilu serentak 17 April nanti, SBY telah memberikan sejumlah pesan.

Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan, surat dituliskan SBY, demi menjawab ketidakhadirannya dalam dua bulan terakhir sisa masa Pemilu 2019, karena harus mendampingi sang istri yang mengidap kanker darah.

“Karena sementara waktu, secara fisik tidak bisa menjalankan kampanye sampai 17 April, oleh karena itu beliau sampaikan pesan untuk memaksimalkan kerja-kerja Partai, DPP sampai ke tingkat ranting,” kata Hinca di Kantor DPP Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis (28/2/2019).


Reporter: Sania Mashabi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Akting di Cinta Buta SCTV, Ratu Rizky Nabila Jadi Selingkuhan Anjasmara

Liputan6.com, Jakarta – Penyanyi Ratu Rizky Nabila menjejak panggung hiburan ke ranah akting. Di depan kamera, meski tak sedang mengolah vokal, ia tetap mampu memberikan hiburan melalui aktingnya di layar kaca.

Ratu Rizky Nabila terlibat dalam sinetron Cinta Buta yang tayang di SCTV. Dalam sineton itu, ia berperan sebagai selingkuhan Anjasmara.

Tentunya, berhadapan langsung dengan aktor yang sudah malang melintang di layar sinetron dianggap sebagai tantangan khusus. Ratu Rizky Nabila menyadari, akting yang diperlihatkannya tak boleh biasa-biasa saja.

“Siapa yang enggak tahu akting Mas Anjas (Anjasmara-red). Buat aku kebanggaan banget bisa adu akting dengan beliau,” kata Ratu Rizky Nabila saat dihubungi di Jakarta, Jumat (1/3/2019).

2 dari 3 halaman

Pendalaman Karakter

Karena tahu lawan mainnya di sinetron yang dibintangi Nikita Willy dan Rezky Aditya tak sembarangan, Ratu Rizky Nabila melakukan sejumlah persiapan sebelum proses syuting dimulai.

Salah satunya dengan mendalami karakter yang dimainkan. “Script itu enggak cuma aku hafal. Tapi aku masukin banget karakter cewek yang diselingkuhi dan terbiasa selingkuh seperti apa,” dia menjabarkan.

3 dari 3 halaman

Totalitas

Bagi Ratu Rizky Nabila, dipercaya untuk membintangi sinetron garapan SinemArt merupakan prestasi besar dalam kariernya di panggung hiburan.

“Jadi harus 100 persen totalitas. Aku orangnya berusaha menjawab profesionalitas kerja dengan kualitas. Enggak cuma ramai diomongin di media sosial, tapi sebagai entertainer kita harus tanggung jawab dengan pekerjaan dan karya yang sedang kita buat,” dia menukas.

3 Pelatih yang Doyan Bongkar Pasang Skuat, Jose Mourinho Salah Satunya

Jakarta – Jose Mourinho dikenal sosok pelatih dan manajer yang gemar memborong pemain bintang dan membongkar pasang tim. Pria asal Portugal itu kerap meminta dibelikan pemain baru di tim yang dilatihnya termasuk saat di Manchester United.

Selama 2,5 musim di Old Trafford, Jose Mourinho telah menghabiskan 455 juta euro atau sekitar Rp 7,2 triliun untuk membeli pemain baru. Mereka antara lain Paul Pogba, Nemanja Matic, Alexis Sanchez, dan Romelu Lukaku.

Namun selama karier kepelatihannya, Jose Mourinho juga gemar menjual pemain. Sudah puluhan pemain yang dijual mantan pelatih Inter Milan dan Real Madrid itu.

Yang bikin fans MU jengkel, tingkah boros Mourinho itu ternyata tak mampu mendatangkan prestasi, sehingga akhirnya dia dipecat dan digantikan Ole Gunnar Solksjaer.

Berikut 3 pelatih yang ahli menjual pemain, termasuk Jose Mourinho:

2 dari 4 halaman

Jose Mourinho (510,59 Juta Pound)

Jose Mourinho kini berstatus bebas. Pria asal Portugal itu belum kembali melatih klub setelah dipecat Manchester United pada Desember 2018.

Sepanjang karier kepelatihannya, mantan pelatih Inter Milan dan Real Madrid itu telah menjual total 64 pemain. Nilainya 510,59 juta pound atau sekitar Rp 9,2 triliun.

Sejumlah pemain yang pernah dijual Mourinho antara lain Mohamed Salah, Romelu Lukaku, serta Kevin De Bruyne. Mereja jadi pemain hebat di klub lain.

3 dari 4 halaman

Massimiliano Allegri (595,59 Juta Pound)

Massimiliano Allegri berpeluang memenangkan Scudetto Liga Italia kelima bersama Juventus. Selain itu, perekrutan Cristiano Ronaldo pada 2018 membuat Juventus diunggulkan meraih trofi Liga Champions musim ini.

Selama karier kepelatihannya, Allegri telah menjual 100 pemain. Jumlahnya mencapai 595,59 juta pound atau sekitar Rp 10,8 triliun.

4 dari 4 halaman

Leonardo Jardim (785,66 Juta Pound)

AS Monaco kembali menunjuk Leonardo Jardim, kurang dari empat bulan setelah digantikan legenda Arsenal Thierry Henry. Pelatih berusia 44 tahun itu sebelumnya sukses membawa Monaco juara Ligue 1 2016/17.

Namun, terpuruknya prestasi Monaco di musim ini diakibatkan kesalahan klub. Sebab dalam beberapa tahun terakhir, klub telah menjual sejumlah pemain terbaik.

Mereka di antaranya Kylian Mbappe (PSG), Bakayoko (Chelsea), Benjamin Mendy (Manchester City), Bernando Silva (Manchester City), Fabinho (Liverpool), dan Thomas Lemar (Atletico Madrid).

Secara total, Jardim telah menjual 52 pemain di lima klub yang telah dilatihnya sejauh ini. Nilai seluruh pemain itu mencapai 785,66 juta pound.

Sumber: Bola.net