Pesta 3 Hari 3 Malam ala Masyarakat Cirebon untuk Merawat Perdamaian

Bahkan, usai menggelar pemilihan kepala desa, masyarakat menggelar sebuah syukuran. Kepala desa yang menang mentraktir makan seluruh warga desanya.

“Sudah turun temurun dan jadi tradisi makan-makan tiga hari tiga malam setiap pedagang yang lewat dipanggil kepala desa pemenang dan semua merasakan. Termasuk kepala desa dan pendukungnya yang kalah,” kata dia.

Seiring berjalannya waktu, kehidupan berdemokrasi yang diwariskan Ki Gedeng Alang-alang dan Pangeran Cakrabuana itu berubah. Seiring datangnya penjajah, kehidupan demokrasi Cirebon yang tulus tanpa tedeng aling-aling bernuansa politis.

“Sekitar abad 17 mulai berubah kepala desa harus memberi upet sampai setiap ada yang ingin maju menjadi calon kepala desa harus sowan dulu ke Sultan Belanda atau Jepang. Padahal dulu tidak dan Sultan itu tugasnya hanya melantik,” kata dia.

Sejak saat itu, tidak sedikit masyarakat, kepala desa hingga keluarga besar keraton melakukan perlawanan. Padahal, kata Opan, pada masa Sunan Gunungjati, tidak pernah menerapkan sistem upeti ke masyarakat Cirebon.

Opan menjelaskan, Sunan Gunungjati menerapkan sistem zakat kepada warga nya. Melalui kepala desa, zakat tersebut dikelola untuk ketahanan pangan dan warga tidak mampu.

“Terlihat sejak era Sultan Matangaji Sultan ke V Keraton Kasepuhan,” ujar dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Masyarakat Tionghoa memiliki tradisi ziarah ke makam leluhu yang diberi nama Cheng Beng

Mengapa Penampakan Hantu Kerap Terlihat di Malam Hari? Ini Jawabannya

Liputan6.com, Jakarta – Pernahkah Anda terbangun di tengah malam dan melihat bayangan aneh yang menakutkan? Atau sendirian di rumah pada malam hari dan melihat sesuatu bergerak, seperti sesosok hantu yang keluar dari sudut mata Anda?

Satu benang merah yang menyatukan itu semua adalah: terjadi di malam hari. Mengapa bisa begitu?

Dikutip dari Collective Evolution pada Kamis (25/4/2019), keakuratan visi manusia terhadap hal-hal paranormal bervariasi, tetapi setiap orang memiliki karunia untuk dapat melihat dan berkomunikasi dengan makhluk dari sisi lain.

“Ini adalah bagian dari indra keenam kita,” ujar Steven Webber, ahli neurologi dan pemerhati isu-isu paranormal dari University of Richmond, Amerika Serikat (AS),

Beberapa orang dapat melihat hantu dengan lebih jelas karena mereka kurang menghalangi pandangan mereka. Hal-hal yang dapat menghentikan Anda dari benar-benar melihat sesuatu yang bersifat paranormal adalah kepercayaan, emosi yang kuat seperti ketakutan atau fobia, serta pengalaman negatif di masa lalu.

Webber menambahkan bahwa penglihatan terhadap aktivitas paranormal lebih terasa oleh anak-anak dibandingkan orang dewasa. Hal ini dikarenakan mereka berpikiran terbuka dan rileks, sehingga lebih memungkinkan untuk melihat makhluk di sisi lain.

“Ketika kita berada dalam keadaan santai, otak berubah dari gelombang beta, yang diproduksi ketika kita waspada dan fokus pada tugas yang dihadapi, menjadi gelombang alfa, yang lebih lambat dan lebih santai,” jelas Webber.

“Saat tubuh dalam kondisi santai, pertahanan alami kita turun dan kita menjadi lebih terbuka. Pandangan kita tentang lingkungan kita menjadi lunak, bahkan kabur pada saat-saat sebelum kita tidur, seolah-olah dunia luar memudar dari pandangan. Pada titik inilah, di mana kita menghilangkan segalanya, kita kadang-kadang bisa melihat bayangan melesat dari satu bagian ruangan ke bagian lain atau fenomena paranormal lainnya,” lanjutnya menjelaskan.

Webber menambahkan bahwa pemandangan tersebut biasanya cukup untuk membuat seseorang tersentak bangun, dengan demikian mengubah keadaan gelombang otak kembali ke beta, sehingga menyebabkan kita mempertanyakan apakah itu benar hantu atau tidak.

Ingin Miliki Payudara Indah? Oleskan Ini Setiap Malam

Liputan6.com, Jakarta – Memiliki payudara yang indah adalah dambaan setiap wanita. Mayoritas wanita mengaku, dengan payudara yang berukuran sedang/besar akan menambah kepercayaan diri mereka.

Biasanya,wanita akan memilih prosedur operasi untuk mendapatkan payudara yang indah. Tapi bila Anda bisa mendapatkannya tanpa risiko besar seperti operasi, apakah Anda mau mencobanya?

Nah, tahukah Anda kalau Vaseline dapat membuat ukuran payudara menjadi lebih besar bila dipakai secara rutin? Skeptis? Coba dulu tips berikut ini.

Melansir dari Betterme.tips, satu-satunya yang perlu Anda lakukan adalah mengoleskan Vaseline ke seluruh permukaan payudara. Setelah itu, taruh sedikit pasta gigi pada puting susu Anda.

Tidak, ini bukan lelucon meski terdengar sangat aneh. Efeknya tak akan mengecewakan Anda sama sekali.

Ulangi prosedur tersebut setiap malam untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan. Niscaya, Anda akan terkejut dengan hasilnya.

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

Cerita Misteri di Balik Kisah Pemuda Bugis Memeluk Jenazah Istri di Malam Pertama

Muhammad Aksa Hatta tidak pernah menyangka akan ditinggal pergi oleh istrinya, Mita, begitu cepat. Gadis cantik yang baru ia nikahi itu meninggal dalam pelukan Aksa saat malam pertama usai resepsi pernikahan mereka. 

“Iya, istrinya meninggal saat malam pertama,” kata Andi Putri Maya Sari, salah seorang warga yang tingal di sekitar kediaman Aksa, Senin, 23 April 2019.

Aksa dan Mita melangsungkan pernikahan pada Jumat, 19 April 2019 di Desa Kampale, Kecamatan Dua Pitue, Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan. Cerita tragis dua sejoli ini pun menjadi viral di media sosial setelah salah seorang pengguna Facebook mengunggahnya beberapa waktu lalu.

Aksa begitu terpukul. Dalam video berdurasi pendek yang beredar di media sosial ia menangis histeris di hadapan jenazah istrinya itu. Aksa dan Mita telah lama menjalin hubungan kasih hingga akhirnya menikah. 

“Sudah lama pacaran baru nikah, makanya dia sangat sakit hati. Mudah-mudahan dia diberi kesabaran,” ucap Putri.

Ucapan belasungkawa terus mengalir ke laman Facebook dan Instagram milik Aksa. Mereka semua prihatin. Tidak ada yang mengetahui persis penyebab Mita meninggal dunia pada malam usai pesta pernikahannya itu. Selama ini gadis cantik itu tidak memiliki riwayat penyakit apa pun.

“Tidak ketahuan, dia cuma mengaku kalau perasaan dia sedang tidak enak. Selama ini dia tidak pernah diketahui ada penyakit apa pun,” Putri menjelaskan

Putri menceritakan, usai rangkaian pesta pernikahan Aksa dan Mita, keduanya sempat ngobrol dengan sanak keluarga hingga larut malam. Menjelang Subuh, Mita terbangun dan memberitahukan kepada sang suami bahwa perutnya sakit. 

“Saat malam sempat ngobrol, dia sehat. Pas Subuh katanya dia bangun karena sakit perut, Aksa sempat tawari untuk memanggil ibunya, tapi Mita menolak,” kata Putri.

Mita dan Aksa pun kembali tidur. Saat itu Aksa memeluk Mita sambil berharap sakit perut istrinya itu segera reda. “Saat itulah Mita meninggal dunia,” kata Putri.

Mita sempat dilarikan ke klinik terdekat, tapi nyawanya tidak berhasil diselamatkan. Hingga kini tidak ada yang mengetahui persis apa penyebab utama Mita hingga meninggal sehari setelah ia menikah.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

tradisi akad nikah suku Bugis

Orgasme, Kunci Tidur Nyenyak di Malam Hari

Liputan6.com, Jakarta Sebuah studi membuktikan, mencapai orgasme atau kepuasan seksual juga membuat individu, terutama pria, dapat tidur nyenyak.

Para peneliti dari Central Queensland University melakukan survei terhadap 800 pria dan wanita mengenai kehidupan seks mereka. Hasilnya, 59 persen wanita dan 68 persen pria menjadi lebih lelap tertidur setelah bercinta kilat.

Bagi 68 persen wanita dan 74 persen pria, mencapai klimaks bercinta penting untuk membantu mereka tidur nyenyak.

Dari jumlah tersebut memang tampak bahwa manfaat orgasme untuk tidur lelap lebih terasa pada pria ketimbang wanita. Hal itu juga dicermati oleh kepala peneliti, Michele Lastella.

“Ada perbedaan gender yang signifikan terhadap persepsi seks dengan pasangan serta dampaknya pada kualitas tidur,” ujar Lastella.

Sering Terbangun Mendadak di Malam Hari? Waspadai Penyakit Serius Ini

Liputan6.com, Jakarta Beberapa masalah penyakit bisa menyebabkan kamu terbangun dari tidurmu secara mendadak di malam hari. Selain itu, kamu juga bisa mengalami kesulitan tidur hingga mengalami insomnia karena penyakit yang kamu derita. Penyakit yang kamu derita ini sering kali tidka kamu ketahui atau kamu sadari ada di tubuhmu. 

Jika dibiarkan mungkin penykit ini bisa berbahaya dan sangat menganggu kesehatan tubuh. Bahkan akibat ringan dari terbangun di malam hari secara tiba-tiba, bisa membuat dirimu sulit tidur kembali, detak jantung yang tidak normal, dan lain sebagainya.

Kemudian jika kamu mengalami sulit tidur atau insomnia, bisa menganggu aktivitasmu sehari-hari. Karena jika pola tidurmu terganggu, maka waktu istirahatpun ikut terganggu.

Pola istirahat yang tidak bagus juga akan menyebabkan berbagai penyakit dan merugikan tubuhmu. Sering terbangun dimalam hari juga memiliki resiko terkena serngan jantung sebesar 99 persen, kemudian bisa terkena stroke 37 persen lebih besar.

Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa penyakit yang menyebabkan kamu sering terbangun mendadak di malam hari hingga sulit tidur dari beberapa sumber, Rabu (24/4/2019).

Kisah Pemuda Bugis yang Memeluk Jenazah Istri Saat Malam Pertama

Liputan6.com, Sidrap – Muhammad Aksa Hatta tidak pernah menyangka bahwa ia akan ditinggal pergi oleh Mita begitu cepat. Gadis cantik yang baru ia nikahi itu meregang nyawa dalam pelukan Aksa saat malam pertama mereka usai resepsi pernikahan keduanya.

“Iya, istrinya meninggal saat malam pertama,” kata Andi Putri Maya Sari, salah seorang warga yang tingal disekitar kediaman Aksa, Senin 23 April 2019.

Aksa dan Mita melangsungkan pernikahan pada Jumat, 19 April 2019 di Desa Kampale, Kecamatan Dua Pitue, Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan. Cerita tragis pasang sejoli ini pun menjadi viral di media sosial setelah salah seorang pengguna Facebook mengunggahnya beberapa waktu lalu.

Aksa begitu terpukul, dalam video berdurasi pendek yang beredar di media sosial ia menangis histeris di hadapan jenazah istrinya itu. Aksa dan Mita telah lama menjalin hubungan kasih hingga akhirnya menikah.

“Sudah lama pacaran baru nikah, makanya dia sangat sakit hati. Mudah-mudahan dia diberi kesabaran,” ucap Putri.

Ucapan belasungkawa terus mengalir ke laman Facebook dan Instagram milik Aksa. Mereka semua prihatin.

Tidak ada yang mengetahui persis penyebab Mita meregang nyawa pada malam usai pesta pernikahannya itu. Selama ini gadis cantik itu tidak memiliki riwayat penyakit apapun.

“Tidak ketahuan, dia cuma mengaku kalau perasaan dia sedang tidak enak, selama ini dia tidak pernah diketahui ada penyakit apapun,” Putri menjelaskan

Putri menceritakan, usai rangkaian pesta pernikahan Aksa dan Mita, keduanya sempat ngobrol dengan sanak keluarga hingga larut malam. Menjelang subuh, Mita terbangun dan memberitahukan kepada sang suami bahwa perutnya sakit.

“Saat malam sempat ngobrol, dia sehat. Pas subuh katanya dia bangun karena sakit perut, Aksa sempat tawari untuk memanggil ibunya, tapi Mita menolak,” kata Putri.

Mita dan Aksa pun kembali tidur. Saat itu Aksa memeluk Mita sambil berharap sakit perut istrinya itu segera reda. “Saat itulah Mita meninggal dunia,” lanjut Putri.

Mita sempat dilarikan ke klinik terdekat, namun nyawanya tidak berhasil diselamatkan. Hingga kini tidak ada yang mengetahui persis apa penyebab utama Mita hingga meninggal sehari setelah ia menikah.

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

tradisi akad nikah suku Bugis

Kuliner Malam Jogja yang Terkenal dengan Cita Rasa Khas, Wajib Kamu Cicipi

Liputan6.com, Jakarta Kuliner malam Jogja tidak selalu soal Nasi Gudeg yang juga menjadi makanan khas Jogja. Banyak jenis kuliner malam Jogja yang bisa kamu nikmati mulai dari berbagai macam olahan nasi, hingga bakmi bisa kamu temui di sudut-sidut kota Jogja dan jangan kaget karena pasti banyak pembelinya. 

Jogja memang terkenal dengan tempat wisata yang memiliki banyak tempat hiburan. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, peninggalan sejarah, candi, hingga wisata moderen seperti mall, toko souvenir, dan wisata kuliner.

Wisata kuliner Jogja juga cukup beragam. Mulai dari kuliner khas Jogja seperti gudeg, aneka camilan khas Jogja seperti bakpia, hingga minuman dan aneka makanan ringan lainnya.

Selain wisatawan yang selalu berdatangan setiap harinya, bahkan setiap jamnya, Jogja seperti tidak pernah tidur untuk menyuguhkan hiburan bagi yang mencarinya. Selain itu, Jogja sebagai salah satu kota pelajar di Indonesia membuat banyak kafe-kafe dan tempat nongkrong yang buka hingga malam hari dan menjadi tempat berkumpul para pelajar tersebut.

Wisatawan yang datang ke Jogja juga tidak perlu bingung jika malam hari tiba-tiba terasa lapar atau ingin menikmati kuliner malam Jogja, karena di Jogja terdapat berbagai macam kuliner malam yang bahkan buka hingga 24 jam.

Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa kuliner malam Jogja yang cukup terkenal dan wajib kamu cicipi ketika kamu berada di Jogja, yang dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (23/4/2019).

Usai Teror Bom Gereja dan Hotel, Sri Lanka Berlakukan Jam Malam

Kolombo – Pemerintah SriLanka menerapkan jam malam di seluruh negeri hingga waktu yang tidak ditentukan menyusul serangan terkoordinasi di sejumlah gereja dan hotel pada Minggu (21/04).

Hingga kini sedikitnya 207 orang meninggal dunia dan 450 lainnya mengalami luka dalam serangan bertepatan dengan perayaan Paskah itu.

Menteri Pertahanan Ruwan Wijewardane mengatakan larangan keluar pada malam hari diberlakukan “hingga pemberitahuan lebih lanjut”.

“Kami akan menempuh segala tindakan yang diperlukan untuk melawan kelompok ekstrem yang beroperasi di negara kami,” tegasnya.

Sejauh ini belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas peristiwa itu. Kementerian Pertahanan mengatakan serangan kemungkinan dilakukan oleh satu kelompok, tanpa merinci kelompok yang disebut.

Selain memberlakukan jam malam, pihak berwenang juga memblokir sementara akses ke media sosial sebagai langkah mencegah berbagai spekulasi atau informasi menyesatkan terkait serangan tersebut.

‘Tidak ada informasi WNI yang menjadi korban’

Di antara 207 orang yang meninggal terdapat 27 warga negara asing. Menteri Luar Negeri Belanda Stef Blok mengatakan seorang warga negaranya meninggal dunia. Adapun kantor berita Turki Anadolu melaporkan dua warga negara Turki juga turut menjadi korban meninggal dunia.

Sementara itu Kementerian Luar Negeri Indonesia dalam pernyataannya pada Minggu (21/04) mengatakan, “Hingga saat ini tidak ada informasi mengenai WNI yang menjadi korban dalam insiden tersebut.”

Menurut Kemenlu RI, terdapat sekitar 374 WNI di Sri Lanka, termasuk sekitar 140 orang di antaranya berada di Kolombo.

Bagi keluarga dan kerabat yang membutuhkan informasi lebih lanjut, Kemenlu menyarankan agar mereka menghubungi nomor hotline KBRI Kolombo +94772773127, akan tetapi sambungan telepon gagal masuk ketika BBC News Indonesia mencoba menghubungi nomor tersebut beberapa kali.

Kecaman dunia

Masih dalam pernyataan Kementerian Luar Negeri Indonesia, disebutkan bahwa Indonesia mengecam keras aksi pengeboman di berbagai lokasi di Sri Lanka.

“Pemerintah dan rakyat Indonesia menyampaikan duka cita mendalam kepada korban dan keluarga korban.”

Delapan ledakan dilaporkan terjadi, termasuk di tiga gereja di Negombo, Batticaloa dan Kochchikade di Kolombo ketika dilangsungkan perayaan Paskah.

Serangan bom juga menyasar empat hotel, termasuk tiga hotel mewah di ibu kota: Shangri-La, Kingsbury dan Cinnamon Grand.

Perdana Menteri Inggris Theresa May mengunggah pernyataan lewat Twitter dengan mengatakan “aksi kekerasan di gereja-gereja dan hotel-hotel di Sri Lanka benar-benar mengerikan”.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyampaikan “duka cita mendalam” atas “serangan teroris yang mengerikan”.

Paus Fransiskus mengecam serangan sebagai “kekerasan yang begitu kejam” dengan sasaran umat Kristen yang sedang merayakan Paskah.

Kardinal Kolombo, Malcolm Ranjith, mengatakan kepada BBC: “Situasi ini sangat sulit dan sangat menyedihkan bagi kami semua karena kami tidak pernah memperkirakan hal ini akan terjadi dan khususnya di Hari Paskah.”

Di jajaran pemerintahan, Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe juga mengutuk serangan.

“Saya mengutuk keras serangan pengecut terhadap rakyat kami hari ini. Saya menyerukan kepada seluruh rakyat Sri Lanka untuk tetap bersatu dan kuat dalam situasi tragis ini.”

Agama di Sri Lanka

Buddha Theravada tercatat sebagai agama terbesar di Sri Lanka. Berdasarkan sensus terbaru, sekitar 70,2% penduduk negara itu memeluk agama Buddha.

Agama itu dianut oleh etnik Sinhala yang merupakan etnik mayoritas. Buddha mendapat tempat utama dalam hukum di Sri Lanka dan bahkan secara khusus dicantumkan dalam konstitusi.

Selain Buddha, terdapat pula penganut Hindu sekitar 12,6% dan Muslim sekitar 9,7% dari total penduduk.

Berdasar sensus tahun 2012, sekitar 1,5 juta penduduk Sri Lanka beragama Kristen, sebagian besar adalah Katolik Roma.


(dnu/dnu)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Minggu Malam, Magelang Dicekam Suara Tembakan Berkali-kali

Liputan6.com, Magelang – Minggu, (21/4/2019) malam suasana kota Magelang sangat mencekam. Selain kerumunan massa, suara tembakan terdengar di pusat kota.

Ini akibat perkelahian antara dua kelompok pemuda. Keributan ini mulai memanas sekitar jam 20.00.

Kapolres Kota Magelang AKBP Idam Mahdi SIK dihubungi Liputan6.com menjelaskan, keributan yang terjadi pada Minggu (21/4) sekitar pukul 20.00 merupakan kelanjutan dari insiden antara dua kelompok yang terjadi sebelumnya.

Menurut Kapolres, dua kelompok pemuda itu ribut sebelumnya dan salah satu luka.

“Dua orang yang ribut sudah kita amankan. Kejadian malam ini kelanjutan dari kejadian malam sebelumnya,” kata Kapolres.

Keributan melibatkan ratusan orang dari dua kelompok. Dimana, untuk menghalau kedua kelompok polisi menyekat sehingga dua kelompok itu tidak sampai bertemu.

“Kita keluarkan tembakan keatas untuk memisah keduanya. Tidak ada senjata tajam atau barang bukti yang kita amankan. Kita masih konsen menghalau kedua kelompok. Kondisi Kota Magelang saat ini sudah aman,” katanya.

Keributan antara dua kelompok terjadi di Seputaran Pasar Rejowinangun, Kota Magelang. Dimana, dari sejumlah vidio yang beredar sejumlah pemuda tampak membawa pentungan dan senjata. Suara tembakan menghiasi video itu.

Sementara itu salah satu aktivis Gerakan Pemuda Ka’bah (GPK) Magelang menyebutkan bahwa tawuran itu tak melibatkan GPK. Itu murni tawuran antar pemuda kampung.

“GPK tidak terlibat sama sekali dengan hal-hal semacam ini. Kami belum tahu apakah ada anggota GPK yang terlibat, namun pasti tak mengatasnamakan GPK,” katanya.

Satu orang dikabarkan meninggal dunia akibat peristiwa ini.

Simak video terkait kerusuhan Magelang itu di tautan ini:

simak video menarik berikut